Latar Belakang

Indonesia adalah salah satu negara beriklim tropis yang endemik penyakit-penyakit yang
diperantarai penyebarannya oleh nyamuk. Nyamuk selama ini memang telah menjadi momok bagi
manusia. Gigitan nyamuk sangat menganggu manusia yang menyebabkan tubuh manusia menjadi
gatal-gatal tidak karuan, atau bahkan menyebabkan penyakit-penyakit berbahaya yang sangat
beresiko. Serangga bernama nyamuk ini memang ukurannya sangat kecil, dan manusia pun sangat
lebih besar ukurannya daripada nyamuk, namun sebuah gigitannya yang dilancarkan manusia akan
menyebabkan manusia gatal-gatal dan beresiko mendapat penyakit yang cukup berbahaya. Terdapat
banyak jenis nyamuk yang mampu menyebabkan penyakit pada manusia antara lain nyamuk
Anopheles (malaria), nyamuk Culex sp, Mansonia sp, Aedes sp, dan Anopheles sp (kaki gajah/
filariasis), nyamuk Aedes aegypti, Aedes albopictus, Culex sp, dan Mansonia sp (chikungunya),
serta nyamuk Aedes aegypti
Upaya-upaya untuk mencegah penyakit-penyakit tersebut telah banyak dilakukan, di
antaranya dengan pengendalian nyamuk itu sendiri maupun perlindungan terhadap gigitan nyamuk
(Tawatsin et al., 2001). Dan sampai saat ini sudah banyak obat anti nyamuk yang dikembangkan
manusia yang beredar di pasaran, salah satunya adalah obat nyamuk lotion.
Kajian teori
A. Nyamuk
Klasifikasi nyamuk:
Kingdom

: Arthropoda

Kelas

: Serangga (insect)

Ordo

: Diptera

Famili

: Culicidae
Dalam bahasa Inggris, nyamuk dikenal sebagai “Mosquito”, berasal dari sebuah kata dalam

bahasa Spanyol atau bahasa Portugis yang berarti lalat kecil.Penggunaan kata Mosquito bermula
sejak tahun 1583. Di Britania Raya nyamukdikenal sebagai gnats. Di antara yang mempunyai
kebiasaan menghisap darah manusia. Dalam hal ini nyamuk betinalah yang berperan
menghisap darah dan nyamuk jantan bertugas menghisap nectar untuk memenuhi kebutuhannya

Nyamuk betina hanya kimpoi satu kali untuk seumur hidupnya.5 km/jam. Makanan nyamuk betina yaitudarah.yang tidak mengandung protein. Selama periode jentik dalam pertumbuhannya akan berganti kulit selama 4 kali. Nyamuk betina memerlukan protein untuk pembentukan telur dan oleh karena diet nyamuk terdiri dari madu dan jus buah. Setelah 8-10 hari maka jentik ituakan berubah menjadi kepompong (pupa).Larva nyamuk besar ini merupakan pemangsa jentik-jentik nyamuk yang lain. Umur nyamuk relatif pendek dimana nyamuk jantan umummnya berumur kurang dari seminggu. sedangkan nyamuk betina umurnya lebih panjangsekitar rata-rata 1-2 bulan. Obat Nyamuk Menurut Triyadi (2013) Obat anti nyamuk atau obat nyamuk adalah obat (ramuan) pembasmi (pengusir) nyamuk. Nyamuk termasuk serangga yang melangsungkan siklus kehidupan di air. Nyamuk mengeluarkan telur sebanyak 100-300 butir sekali bertelur dan besarnya telur sekitar 5 mm. Tingkatan ini memerlukan waktu 1-2 hari.Pada nyamuk betina. kepompong akan berubah menjadi nyamuk dewasa yangtelah dapat dibedakan antara jantan dan betina dari alat kelaminnya. Nyamuk jantan akan terbang di sekitar tempat perindukannya dan makan cairan tumbuhan yang ada disekitarnya. kebanyakan nyamuk betina perlu menghisap darah untuk mendapat protein yang diperlukan. yang dibutuhkan untuk pertumbuhan telurnya.Obat anti nyamuk terdapat dalam beberapa jenis : 1. bagian mulutnya membentuk probosis panjang untuk menembus kulit mamalia (atau dalam sebagai kasus burung atau juga reptilian danamfibi untuk menghisap darah).5 hingga2. makanan dan spesies nyamuk. dengan bagian mulut yang tidak sesuai untuk menghisap darah. sayap. Setelah 1-2 haritelur itu menetas menjadi jentik yang sangat halus seperti jarum.Kepompong merupakan tingkatan (stadium) istirahat dan tidak makan. dan kaki.(Kardinan. Waktu yangdiperlukan untuk pertumbuhan jentik menjadi kepompong sekitar 8-10 haritergantung suhu. Nyamuk yang baru keluar akan terbang dan mencari darah untukmakanannya. Nyamuk dewasaakan meletakkan telurnya dipermukaan air.2003:4). B. Perkimpoian biasanyaterjadi 24-48 jam setelah keluar dari kepompong.Setelah cukup waktu. Nyamuk mampu terbang antara 1.Pada stadium ini terjadi proses pembentukan alat-alat tubuh nyamuk dewasaseperti alat kelamin.Kelangsungan hidup nyamuk akan terputus apabila tidak ada air.Berat nyamuk hanya 2 hingga 2.5 mg. Obat nyamuk bakar . Nyamuk jantan berbeda dengannyamuk betina.

masalah pernapasan pun kerap kali dialami oleh pengguna obat nyamuk bakar. Obat nyamuk elektrik mempunyai sifat hanya sebagai pengusir bukan sebagai pembasmi tetapi untuk kandungan racun yang terdapat di dalamnya hampir sama dengan apa yang terkandung dalam obat nyamu bakar dan spray 3. permetrin. Obat nyamuk elektrik Obat nyamuk elektrik merupakan inovasi atau perkembangan dari obat nyamuk bakar. Obat nyamuk lotion Obat anti nyamuk atau lotion anti nyamuk (Repellent) adalahsalah satu jenis anti nyamuk yang digunakan untuk melindungi tubuh (kulit) dari gigitan nyamuk. Sebuah penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa asap dari obat nyamuk adalah setara dengan 100 batang rokok. Effek samping yang paling cepat adalah allergi pada permukaan kulit. pine. Dan pada penggunaan DEET > 30% dapat menyebabkan kanker kulit. 2. pennyroyal.Karena alasan tidak ramah lingkungan maka bahan ini banyak dihindari. iritasi. bawang putih. Akibatnya. verbena. Akhirnya diganti dengan bahan-bahan campuran . Di dalam lotion anti nyamuk terkandung zat . Obat nyamuk Spray Obat nyamuk spray adalah anti nyamuk yang berbentuk cair yang penggunaannya dengan disemprotkan. Dalam obat nyamuk bakar ternyat sangat berbahaya. 4.minyak tanahdigunakan untuk pelarutanya. Penggunaan jenis repellent yang mengandung DEET > 30%yang terlampau sering dan berlebihan juga dapat menimbulkan efek samping. geranium. picaridin. Selain itu ada juga bahan yang berasal dari tumbuhan seperti citronella. lavender.Sedangkan untuk bahan bantu untuk pelarut bahan aktif dan penyemprotannya.Obat nyamuk bakar adalah bahan insektisida serta bahan kimiayang berbentuk padat dan penggunaanya dengan cara dibakar. dan eritema (kemerahan pada kulit). cedar.Obat nyamuk elektrik adalah suatu bahan kimia yang dipadatkan yang kemudian dipanaskan menggunakan listrik dan menghasilkan aroma yang tidak disukai oleh nyamuk.zat kimiawi seperti DEET.

sesak napas dan kejang.Diethyltoluamide tidak hanya aktif tetapi juga efektif untuk sebagai dapat membubarkan beberapa plastik.Transfluthrin dapat menyebabkan gejala keracunan termasuk termor gugup.beberapa bahan tersebuat adalah: 1) Propoxur (elektrik. 3) Dichlorvos(elektrik. 5) Cyfluthrin (bakar. n-butana dan isobutana. Propoxur adalah insektisida non-sistemik dengan knockdown cepat dan efek residu yang lama digunakan untuk melawan rumput.kejang. sakit kepala.alergi kulit. Paparan berlebihan dapat menyebabkan mual.sakit kepala. dan hama rumah tangga dan kutu. Ini adalah senyawa organik kompleks. kain sintetis lainnya.lotion dan spray. 4) Diethyltoluamide (lotion) adalah cairan aktif yang digunakan penolak serangga. dan permukaan yang dicat atau dipernis termasuk cat kuku.kecemasan.diare. Pembahasan .senyawa hidrokarbon seperti propana.spray) adalah piretroid insektisida dengan penetrasi yang rendah dan relative mudah menguap.sesak di dada.bakar. dan produk komersial dijual sebagai campuran isomer.di dapat beberapa bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi manusia baik itu berupa efek jangka pendek ataupun efek jangka panjang.berkeringat. kelemahan otot.iritasi.MIC.spray) adalah organofosfat yang banyak digunakan sebagai insektisida untuk mengendalikan hama rumah tangga.spray) merupakan turunan piretroid sintetis yang digunakan sebagai insektisida dalam penggunaan pestisida terbatas dan pestisida rumah tangga biasa.elektrik. Kandungan Zat Pembunuh Nyamuk Dari data bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan obat anti nyamuk baik bakar. Dichlorvos menyebabkan. kehutanan.mual. spandex.dan perut kram. 2) Transfluthrin (bakar.air liur.spray) merupakan insektisida karbamat dandiperkenalkan pada tahun 1959. pernah menewaskan ribuan orang dan menyebabkan kerusakan syaraf ratusan ribu orang lainnya dalam kasus Bhopal di India). dimethyl ether (DME) dan methyl ethyl ether C.dan serangga.muntah. (senyawa antaranya. air liur.Penggunaan Diethyltoluamide yang belebihan dalam jangka panjang juga akan menyebabka kanker pada kulit manusia.bersin. rayon.penglihatan kabur.

felandren beta. p-simen. sitronil asetat. beta-elemen. beta-bergamoten. Bahan aktif tersebut antara lain dichlorovynil dimethyl phosfat (DDVP). limonen. Kayu putih (Melaleuca leucadendron L. n-desialdehida. eugenol dan metileugenol. benzena. Dalam praktikum ini. . α- terpineol dan ester asetatnya. lomonen. (2) 6.Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan obat pengusir nyamuk (insect reppelant) antara lain (1) 3. dan kariofilen oksida. beta-kadinen. Senyawa lain adalah geranial. Obat nyamuk dari serai aman digunakan karena tidak mengandung bahan aktif yang termasuk golongan organofosfat yang berbahaya bagi tubuh. Dalam buku “Herbal Indonesia Berkhasiat” disebutkan bahwa daun sereh mengandung minyak atsiri yang terdiri dari sitrat. Cara membuatnya sangatlah sederhana.8-cineol) insektisida dan (komponen wangi-wangian. borneol. farnesol. sitronelol. dan (5) botol semprot. serai dapat dibuat menjadi obat nyamuk. dipenten. metil heptanenon. cis-osimen. geraniol. baik berupa tanaman ataupun berupa minyaknya. dan limonen. Selain itu. Maka dari itu. Bahan utama spiritus adalah etanol dan bahan tambahan terdiri dari metanol. sitronelal. propoxur (karbamat). sabinen. obat nyamuk dari serai juga berbau harum. Minyak serai dapat digunakan sebagai pengusir (reppelent) nyamuk. Selain dicampurkan dengan serai dan spiritus. inyak paling banyak. mirsen. Selain tidak berbahay. a-terpineol. terpinol. Minyak serai adalah minyak atsiri yang diperoleh dengan jalan menyuling bagian atas tumbuhan tersebut. fungsi penggunaan minyak kayu putih dalam pembutan obat nyamuk adalah untuk mengatasi gatal dan bentol akibat gigitan nyamuk. elemol. α-pinen. Spiritus merupakan salah satu jenis alkohol yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.) merupakan tanaman yang tidak asing bagi masyarakat di Indonesia karena dapat menghasilkan minyak kayu putih (cajuput oil) yang berkhasiat sebagai obat. geranil asetat. trans-metilsoeugenol. terpinen -4-ol. geranil butirat. terpinil astet. ini sekitar mengandung 60%). geranilformat. penggunaan minyak kayu putih sebagai obat nyamuk dapat juga dengan menempatkan tanaman kayu putih di sekitar rumah atau didalam ruangan untuk mengusir nyamuk. dan diethyltoluamide. terutama eukaliptol (1. beta-kariofilen. bornilasetat. kamfen. Dari sekian banyak kandungan sereh tersebut. yakni sitronela. fungsi minyak kayu putih adalah sebagai pemberi aroma atau bau yang tidak disukai nyamuk. (3) 90. metilheptenon.4 ml spiritus bakar. ada kandungan yang tidak disukai oleh nyamuk. yakni dengan mencampurkan semua bahan kedalam botol semprot kemudian dikocok agar larutan dapat tercemapur secara homogen.4 ml minyak kayu putih. a-pinen.2 ml minyak sereh.

litbang. (http://balittro.dan piridin. Jakarta: Pusat Perbukuan.21. Daftar Pustaka Yriyadi. 2013. fungsi spiritus adalah sebagai pemberi rasa dingin pada kulit serta sebagai pelarut.com/2013/01/bahayaobat-nyamuk. Dedi. Dalam praktikum ini. 2010.pdf) diakses 16 Maret 2015 . (online). (http://dtriyadi.no.vol. (online). Departemen Pendidikan Nasional Kardinan. 2009. Kimia 3 : Untuk SMA/ MA Kelas XII. dkk.go.pertanian. sehingga dapat menyebabkan iritasi pada tangan jika digunakan terus menerus dengan takaran yag berlebihan.id/ind/images/publikasi /bul.blogspot. Namun pemberian spiritus ini haruslah diperhatikan takarannya karena mengandung zat H2O2 .html) diakses 16 Maret 2015 Sukmanawati. Potensi Adas (Foeniculum Vulgare) Sebagai Bahan Aktif Lotion Anti Nyamuk Demam Berdarah (Aedes Aegypti). Bahaya Obat Nyamuk.1/potensi %20adas. W.

Related Interests