Indonesia Raya

Sebuah Perjalanan Musikal

Untuk Kalangan Sendiri . Tidak Diperdagangkan

Editor :
Osmond Bobby Gunarso
Yogya-Purworejo 2014

Sekadar Pengantar
Puji Syukur penulis haturkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa sebab
hanya karena anugerah Kasih dan BerkatNya lah penulis dapat
menemukan dan memperbandingkan antara partitu-partitur ini.
Semua ini berawal dari keinginan penulis untuk mendokumentasikan
sebaik mungkin Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dari waktu ke waktu.
Penulis mulai menemukan kendala,bagaimana mungkin bisa
memperoleh partitur Indonesia Raya untuk Orkes Simfoni terutama?
Selama 5 (lima) tahun pertanyaan penulis tak terjawab,bahkan
dianggap tak realistis karena memang langkanya partitur
Partitur ini secara tidak sengaja ditemukan oleh seorang kenalan
penulis yaitu Bapak Hendra Rayana dalam sebuah blog buku antik di
internet. Setelah beliau menemukan blog tersebut,penulis mencoba
menghubungi pemilik blog dan setelah penulis hubungi harga partitur
aslinya ialah Rp. 1.000.000,00. Penulis merasa kewalahan akan hal
tersebut,sebab jumlah tersebut terlalu mahal bagi penulis dan
penulispun tidak mempunyai dana untuk membeli,setelah melalui
proses negosiasi,akhirnya jadilah partitur scan yang dapat pembaca
nikmati. Berapakah harganya? Biarlah itu jadi rahasia dari penulis.
Maksud buku ini pula,bukanlah untuk mencari laba atau membuat lagu
kebangsaan kita jadi obyek untuk bersenang-senang. Sebab,sudah ada
lembaran Negara yang mengatur akan lagu kebangsaan dan sanksi yang
dikenakan adalah jelas. Penulis ingin memperkenalkan kepada
pembaca,bagaimana sih,bentuk susunan dan orkestrasi dari Lagu
Kebangsaan Indonesia Raya? Mengingat kelangkaan itu,penulis
memberanikan diri untuk menyusun partitur itu.

3.yang menjadi inspirasi penulis dalam bermusik selalu. Untuk sahabatku Yohanna Lu T. Juga untuk tempat curahan hati penulis 2.khususnya para orkestrator dan arranger.karena setelah 5 tahun mencari. Papa.penulis mengucapkan terima kasih untuk 1. D. Patung Wage Rudolf Soepratman dekat rumah penulis di Jalan Pantok Purworejo. Untuk Bapak Ari Wibowo J. temanku menggila bersama saat ujian 6. Untuk Mas Ezra Putrada Setiawan dan Bapak Hendra Rayana.Mama. 7 September 2014 Osmond Bobby Gunarso .. terima kasih untuk semangat yang diberikan untukku 5. Akhir kata.Ternyata penulispun merasa terharu.menasehati dan membimbing hidup penulis dalam tiap waktu. yang aksesibel untuk para pembaca. 4. Kepala SMM Jakarta. Purworejo – Yogyakarta.anggota koor Caecillia Jakarta yang mendorong penulis untuk memperoleh copy dari partitur ini. Untuk cintaku : Margaretta Ukhefike . yang tak jemu-jemu mengingatkan penulis.Billy dan Emak.barulah partitur ini dapat disusun oleh penulis dan didokumentasikan dalam bentuk pdf.

.

.

.

Hidoeplah neg'rikoe. Di sanalah aku berdiri. Indonesia kebangsaankoe. Rajatnja. Rakyatku. Untuk Indonesia Raja. Bangsaku. Bangoenlah badannja. Bangsanya. Sedarlah boedinja. Marilah kita mendoa. Bangunlah djiwanja. Sadarlah budinja. Kebangsaan tanah airkoe. Bangunlah jiwanya. Bangoenlah rajatnja. Indonesia. Suburlah tanahnya. Indonesia. Hidoeplah tanahkoe. Sedarlah hatinja. Indonesia kebangsaanku. Oentoek Indonesia Raja. Marilah kita berseroe: "Indonesia Bersatoe". semoea. Tanah kita yang kaya. Oentoek Indonesia Raja. Marilah kita berseru. Disanalah akoe berdiri. Indonesia tanah airku. tanah jang mulia. Sadarlah hatinja. Indonesia bahagia. Hiduplah tanahku. Indonesia bahagia. Indonesia. Indonesia tanah airku. II Indonesia. Bangunlah badannja. Bangsa dan tanah airku. Sadarlah hatinya. Soeboerlah djiwanja. Tanah toempah darahkoe. Untuk s'lama-lamanya. Mendjaga Pandoe Iboekoe. tanah yang mulia. Untuk Indonesia Raja. Di sanalah aku berdiri. Bangsanja. Bangsa dan tanah airku.Lirik asli. Hiduplah neg'riku. Bangsaku. Rajatku. Tanah tumpah darahku. Disanalah aku berdiri. Sadarlah budinya. Marilah kita berseru. ejaan 1958. P'saka kita semuanja. Suburlah tanahnja. Hiduplah neg'riku. rajatnja. Bangunlah badannya. Soeboerlah tanahnja. Untuk Indonesia Raya. semuanya. sem'wanja. Marilah kita mendoa. Jadi pandu ibuku. Disanalah akoe hidoep. semoeanja. P'saka kita semuanya. . Poesaka kita semoea. Tanah tumpah darahku. Untuk s'lama-lamanja. tanah pusaka. Untuk Indonesia Raya. Tanah kita jang kaja. Indonesia. dan EYD Lirik asli (1928) Lirik resmi (1958) Lirik modern INDONESIA RAJA[1] INDONESIA RAJA[4] INDONESIA RAYA[5] I I I Indonesia. Bangsanja. tanah airkoe. Oentoek s'lama-lamanja. tanah pusaka. tanah jang moelia. Djadi pandu ibuku. sem'wanja. tanah poesaka. Tanah kita jang kaja. Indonesia bersatu. Hiduplah tanahku. Indonesia bersatu. Rakyatnya. Marilah kita mendoa: "Indonesia Bahagia". semuanya. Indonesia kebangsaanku. Suburlah jiwanya. Bangsakoe. Suburlah djiwanja. II II Indonesia. djiwakoe. Disanalah aku berdiri.

Tanahku. Madjoelah neg'rinja. sem'wanja. Merdeka. Pulaunya. Majulah pandunya. Indonesia Raya. Marilah kita berjanji. Tanahkoe. Indones'. S'lamatlah rakyatnya. Indonesia. merdeka. Oentoek Indonesia Raja. Refrain Refrain Refrain Indones'. merdeka. neg'riku yang kucinta! Indonesia Raya. tanah berseri. Di sanalah aku berdiri. Tanah jang terkoetjintai. Madjulah Neg'rinja. Ndjaga ibu sedjati. Moelia. Hiduplah Indonesia Raja. Moelia. Mendjaga Iboe sedjati. neg'riku jang kutjinta! Indonesia Raja. Madjulah pandunja. tanah berseri. Marilah kita berdjandji: "Indonesia Bersatoe" Indonesia. Tanahku. Pulaunja. Indones'. Hiduplah Indonesia Raya. tanah yang suci. Madjoelah Pandoenja. tanah jang sutji. Indonesia. N'jaga ibu sejati. S'lamatlah rakjatnja. Indonesia. Marilah kita berdjandji. Indonesia abadi. Indonesia Raja. Majulah Neg'rinya. Merdeka. tanah jang soetji. Moelia. Untuk Indonesia Raja. Tanah kita jang sakti.III III III Indonesia. Disanalah aku berdiri. Tanah kita yang sakti. lautnja. Indones'. Hidoeplah Indonesia Raja. S'lamatlah putranja. merdeka. S'lamatlah rajatnja. merdeka. S'lamatlah poet'ranja. neg'rikoe jang koetjinta. Poelaoenja. Disanalah kita berdiri. lautnya. semuanya. semoea. laoetnja. Merdeka. Tanah jang aku sajangi. Indonesia. Indonesia abadi. . Tanah yang aku sayangi. Bagi kita disini. Moelia. S'lamatlah putranya. Untuk Indonesia Raya. tanah berseri. Merdeka.

Notasi .

44 Tahun 1958 .Protokol Lagu kebangsaan Indonesia Raya dan penggunaannya diatur dalam Peraturan Pemerintah No.

72 Partitur Lagu “Indonesia Raja” Untuk Orkes Fanfare . TH.1958 L. 1958 No.44 TH.LAMPIRAN I DARI PERATURAN PEMERINTAH No. N.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

Partitur Lagu “Indonesia Raja” Untuk PIANOFORTE .