BAB 1

LATAR BELAKANG
Nama Perusahaan

: Meong pus (Cat shop)

Bidang Usaha

: Peternakan

Jenis Produk

: Kucing anggora dan peralatan perawatannya

Alamat Perusahaan

: nologaten. Gg selada,seleman Yogyakarta

Nomor Telepon

: 085764137933

1.1 Identifikasi Peluang Bisnis
Bisnis yang akan dijalankan ini adalah bisnis ternak dan jual kucing
anggora dengan peralatan perawatan yang diperlukan, seperti makanan,
sampo, vitamin bulu, kalung dan accessories kucing anggora yang lainnya.
Bisnis jual kucing anggora ini mungkin sudah banyak, namun bedanya dengan
bisnis yang akan saya jalankan ini adalah terletak pada harga kucing anggora
per ekornya yang lebih murah dari umumnya, namun tetap memiliki kualitas
yang tidak kalah bagus/ sama dengan yang dijual pada umumnya. Kucing
anggora yang dijual ini merupakan kucing yang jenisnya murni anggora.
Selain itu, bisnis ini cukup menjanjikan, sebab terbukti dari dulu, bisnis
ini tidak pernah surut, dan pecinta kucing anggora pun semakin meningkat.
Pecinta kucing juga tidak pandang bulu, mulai dari anak kecil, remaja, sampai
dewasa sekalipun.
1.2. Penjelasan produk
Meong pus merupakan perusahaan yang bergerak di bidang ternak dan
jual kucing anggora dan peralatannya. Peralatan yang sementara ini dijual
adalah makanan, sampo, vitamin bulu, kandang dan kalung untuk kucing
anggora.
Masa hamil kucing anggora ini sekitar 60-70 hari. Dan bisa beranak
sampai 10 ekor, namun umumnya 5-6 ekor. Kucing anggora ini
membutuhkan perawatan yang khusus, sebab makanan kucing ini tidak boleh

1

sembarangan. Kucing anggora tidak boleh memakan makanan selain
makanan khususnya tersebut, sebab dapat berpengaruh pada kondisi bulunya
(bulunya bisa rontok).
1.3. Latar Belakang Bisnis
Minat dari masyarakat untuk memelihara kucing anggora yang bisa
dibilang stabil, tidak menyusutnya bisnis ini, dan karena tawaran dari seorang
teman, membuat saya ingin mendalami bahkan dapat menjalankan bisnis ini,
meskipun saya tidak seberapa suka dengan kucing.
Selain itu, kucing anggora mempunyai bulu yang sangat tebal, halus
dan indah, sehingga tidak jarang orang menyebutnya kucing yang lucu dan
imut.. Kucing ini juga biasanya berada di lingkungan yang tidak jorok dan
pemberian makanannya pun juga tidak boleh sembarangan. Kucing anggora
ini pun dapat menjadi hewan peliharaan yang ramah dan penurut. Oleh sebab
itu, banyak orang yang menyukai jenis kucing ini.
Berdasarkan alasan-alasan itulah, rencana bisnis ini muncul dan dibuat.
1.4 Tujuan
1. Tujuan Umum
Menjual kucing anggora kepada konsumen secara langsung maupun
pet shop
2. Tujuan Khusus
a. Mempromosikan produk Meong pus (Cat shop) kepada konsumen,
terutama para pencinta kucing
b. Menarik minat masyarakat terhadap kucing anggora
c. Menumbuhkan minat masyarakat (selain pecinta kucing) untuk dapat
menyukai kucing jenis anggora
1.5. Potensi Bisnis
Berdasarkan analisa peluang pasar sementara ini, bisnis jual kucing
anggora beserta peralatan perawatannya ini dapat berkembang dan dapat
diterima masyarakat luas. Bertambahnya jenis kucing yang ada selama ini
dapat menjadi peluang bagi perusahaan Meong pus (Cat shop). Keunggulan
dari bisnis ini adalah harga kucing anggora per ekornya yang lebih murah dari

2

namun tetap memiliki kualitas yang tidak kalah bagus/ sama dengan yang dijual pada umumnya serta kucing anggora yang dijual merupakan kucing yang jenisnya murni anggora. Perusahaan Meong pus ini dapat menjadi pilihan alternatif bagi konsumen dalam memilih kucing anggora yang akan dibeli/ dimiliki. BAB II Analisis SWOT 3 .umumnya.

2. Opportunities (a) Target pasar yang sangat luas Target pasar dari perusahaan Meong pus (Cat shop) ini ditujukan untuk semua lapisan masyarakat. dan tidak memerlukan tempat yang luas untuk memeliharanya. dan dewasa sekalipun dapat memelihara hewan lucu ini. setiap orang senang mengikuti trend yang ada. tidak berada dalam lingkungan yang jorok. Kegemaran memelihara kucing anggora telah lama muncul. Dan binatang ini sudah lama dikenal dan disukai oleh masyarakat. cooking. (b) Mempunyai atau memelihara binatang tertentu telah dijadikan trend Di jaman sekarang ini. Sehingga nantinya ancaman ini dapat menghambat proses pemasaran dan penjualan yang dilakukan.2. Trend ini bisa muncul dari fashion. maupun pet. karena bentuknya yang lucu.1. indah dengan bulu halus dan tebal. remaja. Threats (a) Turunnya minat konsumen Menurunnya minat konsumen ini dapat dikarenakan hobi mempunyai sekaligus memelihara kucing anggora bukan merupakan suatu trend lagi atau karena biaya perawatannya yang membutuhkan biaya yang tidak kecil. 2. mulai dari anak kecil.1.1.1. Lingkungan Eksternal 2. sebab hobi memelihara atau kesukaan dengan kucing anggora ini tidak pandang bulu. life style. (b) Berhadapan dengan kompetitor lama maupun baru 4 .

peluang bisnis saya dapat terancam dengan keberadaan kompetitor-kompetitor lama ataupun baru yang menjual produk yang sama atau serupa.. apabila didukung pula dengan menjual peralatan perawatan dan accessories-nya.Dengan melihat bisnis yang akan saya lakukan ini merupakan bisnis yang sudah ada sejak dulu.000.per ekor. (b) Merupakan kucing anggora murni Kucing anggora yang dijual di perusahaan Meong pus ini merupakan kucing jenis anggora murni. Strengths (a) Harga jual yang relatif lebih murah Kekuatan utama dari perusahaan Meong pus ini terletak pada harga kucing anggora per ekor yang ditawarkan kepada konsumen.000. sebab harga jual kucing anggora per ekornya yang tinggi. (d) Lokasi usaha yang strategis Lokasi perusahaan Meong Cs ini terletak di daerah sleman. bahkan dengan harga yang lebih murah.2. 2.. maka kemungkinan besar. Lokasi ini dekat dengan pabrik makanan hewan ternak (Pokphand). meskipun masih berusia beberapa bulan. Lingkungan Internal 2. Pada umumnya. di perusahaan Meong pus (Cat shop) ini kucing anggora yang berusia 3 bulan tersebut hanya dijual dengan harga sekitar Rp 600. Selain itu. Namun. kucing anggora yang baru berusia 3 bulan dijual seharga Rp 800.2. keuntungan yang diperoleh akan menjadi lebih besar. alamat tepatnya jln nologaten.per ekor di pasaran. Yogyakarta. bukan jenis campuran. gang.1. 5 . Selada no 113 . (c) Merupakan bisnis yang menjanjikan Dikatakan bisnis yang menjanjikan.

2. pengetahuan saya pribadi tentang perawatan kucing anggora yang masih kurang.Sehingga. Sisa kucing anggora yang dimilikinya saat ini berjumlah 5 ekor. Lima ekor kucing anggora ini terdiri dari 2 ekor kucing anggora besar (jantan dan betina) dan 3 ekor kucing anggora kecil (masih berusia sekitar 4 bulan). Selain itu.2.2. Selain itu. perlu bagi saya untuk mengetahui dan memahami secara mendalam mengenai kucing anggora. Untuk media online bisa dilakukan saat waktu luang. dikarenakan pemasaran dilakukan melalui media online dan secara langsung. Oleh karena itu. makanan kucing anggora yang diternakkan tersebut dapat berasal langsung dari pabriknya. (e) Tidak membutuhkan modal awal yang cukup besar Dalam mendirikan perusahaan Meong Cs ini. yaitu di ambarukmo plaza dan sekitarnya. saya telah bekerjasama dengan teman saya sendiri yang hobi memelihara kucing anggora. Weaknesses (a) Minimnya pengalaman untuk berwirausaha Kelemahan dari bisnis kucing anggora ini adalah minimnya pengalaman berwirausaha di dunia kucing anggora yang saya miliki. (b) Manajemen waktu Pembagian waktu antara pemasaran bisnis kucing anggora ini dengan jadwal kuliah sebenarnya tidaklah sulit. karena 4 ekor kucing anggora yang berusia 3 bulan sudah terjual. lokasi usaha Meong Cs ini juga tidak jauh dengan wilayah pemasaran dari perusahaan Meong Cs ini sendiri. Untuk yang 6 .

permasalahan manajemen waktu ini terletak pada proses perawatan kucing-kucing anggora yang ada. Namun. Sehingga.secara langsung akan dilakukan tiap weekend (dengan menyebar brosur. 7 . leaflet dll). hal ini akan diatasi dengan meminta saudara atau orang tua untuk mengganti merawat kucing tersebut selama kami kuliah ataupun kerja. mengingat jarak kampus/ tempat kerja dengan rumah usaha yang lumayan jauh.

00 5 Kalung kucing Rp 50. 3. 3.2.2.000. 5.00 Rp 1. Pembiayaan 3. 6. sasaran utama untuk promosi awal ditujukan kepada rekan/ teman terdekat dari pemilik perusahaan Meong Cs ini sendiri.00 3.00 Rp 15.540.00 6 Vaksinasi seumur hidup Rp 50.000.2.000.00 2 Kandang (uk 1x1x1 m) 3 buah Rp 3 Kandang kecil 2 buah Rp 300. Biaya Variabel 1.000.000.00 4 Tempat minum dan makan Rp 40.000.000.2.00 Rp 60. sampai dewasa.000. 4. 2. Namun.1.00 Rp 50.000. Sasaran dan Target Pasar Sasaran dari Perusahaan Meong Cs (Cat shop) ini adalah semua kalangan mulai dari anak kecil. 350.000. Biaya Tetap 1 Rak Rp.1.BAB III PERENCANAAN BISNIS 3.00 Rp 40.00 + TOTAL 750. Makanan Sampo Vitamin bulu Pasir 2 kg Obat anti kutu dan jamur Obat nafsu makan Rp 150.000.00 Rp 65.00 8 .000.000. remaja.

2.00/ ekor b.000.00 Total biaya variabel ini untuk 5 kucing anggora dengan umur yang berbeda-beda.33 ÷ 5 = Rp 111.000.970.540.000.333. Biaya pemeriksaan Rp 50.333. 3. yaitu : 1 ekor kucing anggora berumur 3 tahun.4. dan 3 ekor kucing anggora baru berumur 2 bulan. Dijual ke pet shop dengan harga Rp 1. 430. Dijual ke konsumen secara langsung dengan harga Rp 700.7.333. Modal Awal Modal Awal = Biaya Tetap + Biaya Variabel 9 .000.000.00 = Rp.400.000. 1 ekor kucing anggora berumur 1 tahun.666.33 Jadi biaya per ekor hamster adalah : = Biaya Perawatan Per Bulan ÷ Jumlah Kucing Per Bulan = Rp.00 + TOTAL Rp 430. 128.000.540.000 ÷ 12 bulan = Rp.2.33 + Rp.00/ ekor Harga jual per ekor kucing anggora usia dewasa > 1 tahun (bukan anakan) : a.67/ ekor b.00/ ekor 3.33 Biaya Perawatan 1 Bulan : = Biaya Tetap per Bulan + Biaya Variabel 1 Bulan = Rp.000. Biaya per ekor Biaya Tetap yang dibutuhkan dalam 1 bulan = Biaya Tetap ÷ 12 bulan = Rp.00/ ekor b.000. Dijual ke pet shop dengan harga Rp 500. Harga Jual Per ekor Harga jual per ekor kucing anggora usia 4 bulanan (anakan) : a.00 = Rp 1.333. 1.800. 558. Dijual ke konsumen secara langsung dengan harga Rp 1.5. Biaya dan Harga Per ekor a. Biaya Total Biaya Total = Biaya Tetap + Biaya Variabel = Rp 1.2.3.000. 558.00 + Rp 430. 128.00 3.

000. 3. 558.000.666.00 3. perusahaan Meong Cs belum menjualnya ke pet shop – pet shop yang ada.00.100. Analisis Titik Impas (Break Even Point) Analisis titik impas atau Break Even Point ada 2 : a.00 + Rp 430.8 ekor apabila harga per ekor Rp 700.00 ÷ Rp 700.67 Asumsi kucing yang siap dijual adalah kucing anggora anakan (yang berumur 4 bulanan) b.00 = Rp 1. Meong Cs belum menjual ke pet shop yang ada. 700.2.666.7. perusahaan Meong Cs akan mengalami titik impas dengan jumlah kucing anggora yang terjual sebanyak 2.000. bila harga Rp 656.000.000. Total pendapatan kucing anggora yang dijual sendiri secara langsung (asumsi jumlah kucing yang siap dijual adalah 3 ekor kucing anakan) Total Pendapatan Total Biaya Perawatan 1 bulan = Harga per ekor x Jumlah hamster = Rp. mengingat pada tahap awal penjualan.540. 2.970.8 ekor Asumsi harga jual yang tersebut di atas merupakan harga jual ke konsumen secara langsung.000.000.970.00 = 2.00 x 3 ekor = Rp.2.333. Analisis Keuntungan Analisis keuntungan ini diperoleh hanya dari penjualan kucing secara langsung ke konsumen.33 10 .6.000.000.= Rp 1.67/ ekor BEP 3 ekor harus terjual dalam 1 bulan.00 = Rp. BEP harga BEP harga = Total biaya ÷ Jumlah kucing yang siap dijual = Rp 1.00 ÷ 3 = Rp 656.970. BEP produksi BEP produksi = Total biaya ÷ Harga jual = Rp 1. Artinya. Karena untuk bulan pertama/ penjualan awal.

666.33 = Rp 1.8. Pada bulan-bulan selanjutnya jumlah hamster yang dijual akan semakin banyak sebab banyak yang berkembang biak.67 = 0.67.00 ÷ Rp 1.541.00 – Rp 558.000.00 per ekor secara langsung ke konsumen dalam 1 bulan adalah Rp.541.67 Jadi.000. Keuntungan tersebut merupakan keuntungan pada bulan pertama dilakukan penjualan.000. sehingga keuntungan akan menjadi lebih besar. sebab laba usaha sebesar Rp 1. 1.666.541.540. 3.99 Artinya. 11 .541.666.333. keuntungan yang diperoleh dengan menjual 3 ekor kucing anggora anakan dengan harga Rp 700.67 merupakan laba usaha selama 1 bulan. Pengembalian Modal Asumsi kucing yang harus dijual per bulan adalah minimal 3 ekor (yang berasal dari kucing anggora anakan) Pengembalian Modal = Total biaya (tetap + variabel) ÷ Laba usaha = Rp 1.Keuntungan = Total Pendapatan − Total Biaya Perawatan = Rp 2.666.100. modal akan kembali dalam waktu 1 bulan.2.

4. jawa tengah dan sekitarnya. alat-alat maupun makanan yang digunakan dalam perawatan dan 12 . Lokasi pemasaran yang akan dituju adalah daerah jogja .1 Lokasi Lokasi usaha perusahaan Meong Cs ini terletak di jln nologaten.2 Sarana dan Prasarana Sarana dan prasarana yang mendukung usaha ini sangat menunjang keberhasilan usaha ini. Alat-alat yang telah dimiliki oleh perusahaan Meong Cs antara lain kandang kucing. peralatan perawatan kucing anggora pun tersedia di tempat ini.BAB IV STUDI KELAYAKAN 4. dan vitamin bulu. Selain itu.sleman . Selain itu. perawatan dan pemeliharaan kucing-kucing anggora tersebut dilakukan. Di tempat inilah.Yogyakarta . kalung kucing.

Satu orang bertugas sebagai manajer pemeliharaan dan keuangan. maka diharapkan usaha ini dapat berkembang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.1. Pemilihan peran SDM dalam usaha ini disesuaikan dengan kemampuan dan keahlian masing-masing individu/ anggota. 4.3 Sumber Daya Manusia Sumber daya manusia yang ada dalam perusahaan meong Cs ini hanya berjumlah 2 (dua) orang yang masing-masing berperan sebagai manajer. selain itu.1. Pengembangan Produk Fokus pemasaran kami pertama kali adalah melakukan promosi dan penjualan kucing anggora. Namun. BAB V OPERASI RENCANA BISNIS 5.1. kami juga akan melakukan promosi dan penjualan peralatan perawatan beserta accessories kucing anggora lainnya. Namun. Dengan pembagian SDM ini. kedua orang ini juga bekerjasama saling membangun dan memajukan perusahaan Meong Cs (Cat shop) ini bersamasama. Oleh karena tujuan pengembangan bisnis yang 13 .1. dan yang lain menjabat sebagai manajer pemasaran.1 Strategi Pemasaran Tahap pemasaran merupakan faktor yang paling penting dalam proses penjualan produk suatu usaha. Strategi pemasaran yang akan kami lakukan.1. antara lain : 5.pemeliharaan kucing anggora juga mudah didapat dan harganya pun terjangkau. Rencana Manajemen 5. Peralatan perawatannya yang dijual pun juga akan semakin beragam seiring dengan semakin berkembangnya perusahaan Meong Cs ini sendiri dan semakin meningkatnya laba yang diperoleh.

3. Pamflet ini ditempel di tempat-tempat yang strategis. Kegiatan promosi dan pemasaran yang tim kami lakukan antara lain: a. seperti facebook. 5. twitter. di daerah Sidoarjo. Pemasaran melalui media online dan jejaring sosial. b. maka dalam pelaksanaannya memerlukan keuletan. inovasi. dan kreativitas yang tinggi dari seluruh anggota tim perusahaan.1. google dan lain-lain. Melakukan promosi melalui selebaran (leaflet dan pamflet). Kegiatan Promosi dan Pemasaran Laku atau tidaknya barang yang dijual. dalam hal ini kucing anggora tergantung dari keberhasilan pemasaran yang telah dilakukan pada konsumen. Strategi Pengelolaan dan Pengembangan Sumber Daya 5.2. Surabaya dan sekitarnya. Untuk rencana awal. seperti mading.1. 5. Kegiatan promosi dan pemasaran ini dilakukan setiap saat dan seluas-luasnya. c. Pengelolaan SDM yang Tersedia 14 .1.2.1.1. maka kata “pemasaran” ini tidak boleh hilang dari mindset kita. kegiatan pemasaran akan dilakukan pada teman-teman/ kerabat terdekat.1. Sedangkan leaflet banyak disebar di tempat-tempat keramaian yang sangat memungkinkan sebagai pasar potensial. Melakukan pemasaran seluas-luasnya adalah misi dari perusahaan Meong Cs (Cat shop).2.1.seperti itu. d. Pengembangan Wilayah Pemasaran Apabila bisnis yang akan kita jalankan ingin semakin sukses. 5. . Melakukan personal selling (melakukan promosi secara langsung kepada konsumen yang dituju atau bisa juga dibilang menyebarkan info penjualan dari satu mulut ke mulut yang lain). Penitipan beberapa kucing anggora perusahaan Meong Cs ke Pet Shop yang lebih besar dan sudah berkembang lebih dulu dari Meong Cs.

3.1. akan dilakukan pembagian tugas dari 2 (dua) anggota perusahaan. Keunggulan dari perusahaan Meong Cs ini adalah harga jual kucing anggora yang relatif lebih murah dari yang di pasaran dengan kualitas yang sama bagusnya.2. tugas dan peran dua anggota perusahaan Meong Cs tersebut masih merangkap-rangkap.1. sehingga apa yang tersedia 15 . kalung dan lainlain. kami akan merekrut beberapa karyawan untuk membantu kerja pemeliharaan.Dalam pengelolaan SDM ini. Perekrutan Tenaga Baru Saat bisnis dari Meong Cs ini semakin sukses. Strategi ini meliputi penyesuaian harga pada pembelian banyak dan eceran. Strategi Penetapan Harga Upaya yang dapat dilakukan untuk menarik minat dan menjaga kestabilan permintaan konsumen pada produk perusahaan Meong Cs (Cat shop) ini adalah dengan penetapan harga yang seimbang. sebab terbatasnya jumlah SDM yang ada. pemberian diskon untuk pelanggan tetap dan lain sebagainya. seperti makanan. mungkin akan dikembangkan variasi peralatan perawatan yang dijual. 5. sampo. Dalam hal ini.4 Rencana Pengembangan Produksi 5. kandang. 5. perawatan dan pemasaran kucing anggora dan peralatan perawatannya.2.1. bertugas sebagai manajer pemasaran. yaitu satu orang bertugas sebagai manajer pemeliharaan dan keuangan. 5. Pengembangan variasi produk Variasi produk yang akan dijual terletak pada peralatan perawatan kucing anggora. Dan yang lainnya. vitamin bulu. pasir untuk kotoran kucing. dimana kedua belah pihak baik produsen maupun konsumen saling diuntungkan/ tidak ada yang dirugikan.1.1.4. Dalam tahap awal ini.

untuk kedepannya diharapkan perusahaan Meong Cs mempunyai jasa pengiriman kucing anggora ke luar kota Surabaya dan Sidoarjo sendiri. Analisis terhadap risiko usaha merupakan sesuatu yang penting. outlet/ shop yang dibangun nantinya berada di pusat kota Surabaya. baju kucing. 5. Harapannya. 5. Sehingga akan 16 . apabila perusahaan Meong Cs sudah memiliki stand/ shop sendiri. karena mobilitas masyarakat umumnya berada di pusat kota Surabaya. karena tidak menutup kemungkinan. Variasi produk peralatan perawatan yang akan dikembangkan antara lain : menyediakan pula pita. Sistem pemeliharaan dan perawatan kucing anggora Proses pemeliharaan dan perawatan kucing anggora dilakukan oleh tenaga sendiri secara manual. Beberapa hal yang berpotensi menjadi risiko perusahaan antara lain : a.dan dijual di perusahaan Meong Cs ini menjadi lebih lengkap. hairdryer khusus kucing anggora dan lain sebagainya. sebab mempengaruhi antisipasi yang akan dilakukan untuk meminimalisasi risiko yang terjadi. nantinya perusahaan Meong Cs (Cat shop) akan melebarkan sayapnya dan menerima pesanan dari luar kota Sidoarjo dan Surabaya. Pengembangan outlet dan promosi Akan lebih baik lagi. secara garis besar adalah apa yang telah disebutkan seperti di atas.1.4. Namun. dimana tidak lagi bergabung dengan tempat tinggal salah satu pemilik dari Meong Cs ini. tempat minum dan makan. obat nafsu makan. obat anti kutu dan jamur. Selain itu.1.2. Analisis Risiko dan Antisipasinya Bisnis jual kucing anggora dan peralatan perawatannya tentu tidak terlepas dari risiko-risiko yang dapat menghambat keberadaan bahkan proses perkembangan bisnis ini.5.

Dengan teridentifikasinya risiko-risiko tersebut. Pemasaran Strategi pemasaran produk Meong Cs yang belum maksimal dapat menjadi salah satu risiko perusahaan. tenaga dan pikiran. e. maka dapat dilakukan antisipasi yang menyeluruh sehingga sistem dalam perusahaan dapat berjalan dengan baik. Sistem pemeliharaan dan perawatan kucing anggora 17 . Modal ini tidak digunakan untuk membeli kucing anggora lagi. Modal ini digunakan untuk membeli peralatan perawatan kucing anggora secara grosir (dalam partai besar). Minimnya alat bantu dikhawatirkan akan mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen.memakan banyak waktu. Adapun antisipasi yang dapat dilakukan meliputi: a. Hal ini juga berpengaruh pada harga kucing anggora per ekor-nya. sebab kucing-kucing anggora yang akan dijual telah dimiliki oleh salah satu anggota perusahaan yang merupakan asal dari pemberian saudaranya. Hal ini yang mungkin dapat menghambat proses penjualan dan memperpanjang waktu balik modal dari perusahaan Meong Cs ini. b. Peralatan pemeliharaan untuk kucing anggora yang akan dijual Biaya untuk peralatan perawatan untuk kucing anggora yang akan dipelihara terkadang mengalami naik turun. Kadang murah. kadang mahal. meskipun telah direncanakan dengan matang. c. Modal Modal awal yang dikeluarkan oleh Perusahaan Meong Cs berasal dari uang pribadi dari dua anggotanya. d. Pesaing Tidak dapat dipungkiri bahwa pet shop yang menjual kucing anggora dan peralatan perawatannya sudah banyak dijumpai. Konsep pemasaran belum dapat diakomodasi/ dijalankan dengan baik dan maksimal.

Melakukan pemeriksaan kesehatan kucing anggora secara rutin dan teratur. Modal 18 . sehingga diperlukan beberapa strategi terkait untuk mengantisipasi terhambatnya sistem pemasaran. 3. Pembinaan dan peningkatan skill mengenai cara pemeliharaan dan perawatan yang tepat agar kualitas produk (kucing anggora) yang dihasilkan selalu terjamin. diantaranya dengan mengoptimalkan semua SDM yang ada untuk melakukan tindakan marketing dan menambah jumlah produk (kucing anggora) yang dimiliki. c. dan diminati oleh para pelanggan. sebenarnya kita tidak perlu resah. Pesaing Bila kita sudah punya “value” dimata konsumen/ pelanggan. Oleh karena itu. penyusunan rencana pemasaran selama minimal satu tahun juga diperlukan agar pemasaran yang akan dilakukan menjadi terarah dan terintegrasi dengan baik. d. dirasakan. Selain itu. Pemasaran Produk Pemasaran yang dilakukan secara menyeluruh dan terus menerus dapat mendukung jumlah penjualan kucing anggora beserta alat-alat perawatannya.Antisipasi terhadap pemenuhan sistem pemeliharaan dan perawatan yang baik dapat dilakukan sebagai berikut : 1. Melengkapi alat perawatan yang belum dimiliki secara bertahap sehingga produktivitas meningkat. b. yang perlu dilakukan oleh perusahaan Meong Cs adalah menjaga agar “value” tersebut masih dapat dilihat. 2.

maka perlu dikeompokkan tersendiri laba yang diperoleh dengan uang yang digunakan untuk perkembangan perusahaan selanjutnya. Peralatan pemeliharaan untuk kucing anggora yang akan dijual Dalam mengatasi masalah pemasokan/ pemenuhan kebutuhan peralatan perawatan untuk kucing anggora yang hendak dijual. Sebagai antisipasi waktu tenggang pinjaman. maka dapat melakukan pinjaman kepada pihak lain.Apabila modal yang terkumpul masih kurang untuk menjalankan bisnis ini. 19 . dan dapat dinego untuk urusan harga. dapat dipercaya dalam kualitas bahan. maka diperlukan jalinan kerjasama dengan pemasok bahan dan alat-alat yang diperlukan yang merupakan produsen utama dari pembuat alat-alat maupun bahan/ makanan yang dibutuhkan untuk memelihara dan merawat kucing anggora. e. Cara pembagian remunerasi yang proporsional dilakukan sesuai dengan modal yang telah diberikan oleh masing-masing anggota perusahaan Meong Cs. Pemasok ini juga harus merupakan pemasok yang bertanggung jawab.

diperlukan suatu usaha inovasi dan variasi agar produk yang ditawarkan dapat semakin menarik minat konsumen. Bertahannya suatu usaha/ bisnis tertentu juga tergantung dari komitmen dari masing-masing anggota perintis usaha/ bisnis tersebut. Harga jual kucing anggora per ekornya ini relatif lebih murah dari harga pasaran pada umumnya.1 Kesimpulan Perusahaan Meong Cs (Cat shop) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang peternakan dan penjualan kucing anggora beserta peralatan perawatannya. Untuk tahap awal. SDM yang dimiliki oleh perusahaan Meong Cs ini berjumlah hanya 2 (dua) orang. Untuk sementara ini. 6. bukan anggora palsu. Selain itu. agar produk yang dijual nantinya dapat diterima oleh konsumen/ pelanggan. kedua orang ini saling bekerjasama dalam membangun dan memajukan perusahaan Meong Cs (Cat shop) bersama-sama. Satu orang bertugas/menjabat sebagai manajer pemeliharaan dan keuangan. Kucing anggora yang dijual ini merupakan kucing jenis anggora murni/ asli. Oleh karena itu.2 Saran Dalam pendirian suatu bisnis diperlukan suatu kerja keras dan analisis pasar yang matang.BAB VI PENUTUP 6. Lampiran 20 . dan dengan kualitas yang sama bagusnya dengan produk di pasaran umumnya. Pemasaran produk perusahaan Meong Cs ini utamanya dilakukan melalui media online (lewat internet) dan personal selling. hal penting yang perlu diperhatikan adalah membuat usaha yang baru saja dirintis dapat bertahan dan berlanjut sampai ke periode berikutnya dan dapat berkembang menjadi usaha yang lebih besar. yang lainnya bertugas/ menjabat sebagai manajer pemasaran.

21 .