You are on page 1of 11

Tugas 1

1. Faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi perilaku bisnis? Jelaskan!
Perilaku bisnis bisa didefinisikan sebagai segala tindakan yang dilakukan sebuah
perusahaan unntuk mencapai tujuan, menghadapi masalah dan memperthankan
kelangsungan perusahaan tersebut. Perilaku bisnis suatu perusahaan
dipengaruhi oleh beberapa faktor dan secara garis besar dibagi menjadi dua
faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
Faktor Internal.
Faktor internal muncul atau timbul dari dalam tubuh perusahaan itu sendiri.
Secara garis besar faktor internal terdiri dari:
1. Pemegang saham/Pemilik Perusahaan.
Pemegang saham/pemilik perusahaan memiliki hak dan kewenangan
dalam menentukan kebijakan dan/atau tujuan yang akan dicapai
perusahaannya. Hal ini membuat perilaku bisnis perusahaan akan
mengikuti pola kebijakan yang mereka buat. Seperti apakah
perusahaan akan berfokus dalam pencapaian profit, berfokus pada
pengembangan sistem internal, perluasan bisnis, diversifikasi produk,
dll
2. Dewan Direksi (Board of directors) beserta Head of Department/
Manajer.
Dewan direksi, Kepala Bagian dan/atau Manajer bertugas untuk
memberikan masukan kepada Pemegan Saham dan/atau Pemilik
perusahaan. Masukan tersebut didasarkan atas analisis pasar dimana
perusahaan itu bergerak. Mereka melakukan analsisi tersebut untuk
menentukan tindakan apa yang harus dilakukan perusahaan tersebut
untuk menghadapi masalah dan/atau mencapai tujuan perusahaan.
Mereka juga bertugas untuk menginisiasi project internal untuk
mengembangkan efisiensi perkerjaan dalam perusahaan tersebut.
Dengan memberi masukan kepada Pemegang Saham dan/atau
Pemilik perusahaan, mereka memeberikan bahan pertimbangan
mengenai tindakan, kebijakan dan perilaku bisnis yang harus diambil
oleh perusahaan tersebut.
3. Karyawan.
Karyawan sebagai organ yang menjalankan semua kegiatan bisnis dan
administrasi dalam suatu perusahaan juga memiliki fungsi yang tidak
kalah pentingnya dalam menentukan perilaku bisnis perusahaan
tersebut. Ketika mereka menemukan masalh, isu atau pun pendapat,
mereka diwajibkan untuk memberitahukan kepada atasannya agar hal-

Faktor Eksternal. Konsumen merupakan sumber pendapatan suatu perusahaan. maka perusahaan tersebut akan ditinggalkan oleh konsumennya. Kondisi tersebut mempengaruhi kebijakan dan pergerakkan bisnis suatu perusahaan. maka perilaku bisnis masing-masing pelaku bisnis tersebut akan saling mempengaruhi satu sama lain. 3. Dengan demikian perilaku bisnis mereka pun akan mengikuti perkembangan situasi yang ada. Globalisasi . oleh karena tiu perusahaan akan berusaha sebaik mungkin untuk mengikuti tren permintaan konsumen. Sossial dan Budaya. Faktor-faktor yang berada di luar tubuh suatu perusahaan. 5. Hukum dan kebijakkan pemerintah mengatur hubungan antar pelaku bisnis. pemasaran. Teknologi Perkembangan teknologi mempengaaruhi perushaan dalam hal efisiensi perkerjaan. Konsumen Konsumen dapat mempengaruhi perilaku bisnis suatu perusahaan. Kompetitor Pesaing dalam suatu bisnis mendorong suatu perusahaan untuk terus berinovasi dan melakukan permbenahan dalam produk dan/atau jasa yang mereka tawarkan. Hal ini dikarenakan karyawan lah yang lebih mengetahui kondisi real di lapangan. Kondisi Politik.hal tersebut dapat dtitindaklanjuti untuk diselesaikan. konsumen dengan negara. Secara garis besar faktor eksternal terdiri dari: 1. inovasi produk dan/atau jasa. 6. 2. perilaku bisnis perusahaan tersebut tidak akan terpengaruh oleh faktor ini. Hukum dan Kebijaka Pemerintah. serta kegiatankegiatan umum suatu bisnis seperti promosi. Apabila suatu perusahaan tidak bisa memenuhi kebutuhan konsumen. Ketika suatu pasar hanya dikuasai oleh satu pemain pasar (monopoli). 4. kegiatan produksi dll. hal ini membuat perusahaan untuk berhati-hati dalam menetukan langkahlangkah yang diambil dalam menjalankan bisnisnya. Hukum mengatur apa yang legak dan ilegal untuk dilakukan dalamm menjalankan suatu bisnis. ekonomi. Ketika suatu pasar terdirri dari beberapa pelaku bisnis.

design. Apabila anda seorang Wirausahawan bagaimana menggambarkan rencana bisnis anda? dan jelaskan keputusan awal yang diambil oleh bisnis tersebut serta identifikasikan sumber bantuan keuangan yang tersedia untuk perusahaan tersebut. seperti business plan dan business canvas.Perkembangan arus gllobal atau dunia juga mempengaruhi perilaku bisnis perusahaan. brand. 2. brand. Poin-poin yang harus diperhatikan adalah: 1. SDA. tren pasar. harga. 3. Apabila suatu perusahaan sudah memasuki pasar global maka semua faktor-faktor diatas akan mempengaruhi dengan signifikan karena lingkup pasar dimana perusahaan terebut bergerak akan menjadi lebih besar dengan risiko semakin banyak hukum. hubungan dengan konsumen. jalur distribusi dan pendapatan. modal. hak paten. kompetito. tujuan dan motivasi dalam menjalin partnership atau kerjasama adalah optimalisasi bisnis dan ekonomi. Key partners dapat disebut juga sebagai supplier dimana kita mendapatkan sumber daya pendukung bisnis kita. Value Propositions Mendeskripsikan apa yang ditawarkan suatu bisnis kepada konsumennya. Key Partners Membahas siapa yang akan dijadikan partner kunci dalam s. Business plan dan business canvas berisi poin-poin yang harus diperhatikan dalam merintis suatu bisnis. 2. Key resources Sumber daya utama yang dibutuhkan untuk menciptakan produk. efisiensi dan aksesbilitas. Key activities . kustom. dll yang harus dihadapi oleh perusahaan tersebut. performansi. 4. Setiap segmen konsumen memiliki kebutuhan dan permintaan yang berbeda-beda oleh karena itu analisis pasar sangat diperlukan. Hal ini bergantung pada segmen konsumen yang dibidik oleh bisnis tersebut. Sumber daya dapat berupa SDM. kebijakan. Untuk itu kita memerlukan beberapa tools. design. pengurangan risiko dan pembagian dalam aktivitas bisnis dan sumber daya yang diperlukan. aset dll. Sebagai seorang enterpreneur banyak yang harus diperhatikan dalam merintis suattu usaha. Hal yang harus diperhatikan dalam suatu produk atau jas yang ditawarakan adalah nilai inovasi.

Subsidi dari pemerintah . kesadaran konsumen akan jasa dan produk yang ditawarkan serta masukkan dari konsumen. 5. Serta layanan purna jual. Kegiatan utama ini dapat berupa produksi. hubungan dengan konsumen. beban iklan dll. jalur distribusi dan penjualan produk ataupun jasa. Cost structures Memperhatikan struktur biaya-biaya yang dikeluarkan dalam pembuatan produk dan penyediaan jasa. Menurut Anda Hal apa sajakah yang mendorong Usaha kecil / bisnis kecil mengalami kegagalan dan keberhasilan ?Jelaskan! Faktor pendorong kemajuan UKM dapat berupa: 1. Channels Hubungan dengan konsumen dalam hal pemasaran prdouk dan jasa Bisnis tersebut. 7. Disni juga harus diperhatikan faktor biaya pengadaan layanan tersebut. Kemudahan pengurusan izin hak paten 3. beban penyusutan. aplikasi mobile dll. Hal yang harus diperhatikan adalah kondisis demografi.Kegiatan utama untuk mendukung produk dan jasa yang ditawarkan. melakukan kegiatan bisnis dan pengadaan sumber daya utama apakah sudah efisien atau belum. Bantuan permodalan 2. Revenue streams Apa yang didapat dari produk dan jasa serta nilai apa yang akan dibayrkan oleh konsumen atas produk dan jasa. umur. Meliputi kemudahan cara pembayaran dan preferensi cara pembayaran 8. Bebarapa faktor yang harus diperhatikan disini adalah seberapa mudah konsumen dapat mendapatkan produk dan jasa. Seperti layanan konsumen. pendapatam pasar bebas. Customer relationships Hubungan dengan konsumen baik seblum dan sesudah penjualan barang ataupun jasa. promosi. pengiriman produk dan jasa. Seperti ongkos produksi. pemecahan masalah dll. 7. 3. website. Customer segments Segmen konsumen yang akan ditargetkan oleh bisnis beserta dengan konsumen-konsuumen potensial. beban gaji. sosial dll 6.

Kepala Bagian dan/atau Manajer bertugas untuk memberikan masukan kepada Pemegan Saham dan/atau Pemilik perusahaan. Jelaskan mengenai lingkungan internal dan eksternal perusahaan! Lingkungan Internal. Dengan memberi masukan kepada Pemegang Saham dan/atau Pemilik perusahaan. Masukan tersebut didasarkan atas analisis pasar dimana perusahaan itu bergerak. 2. 2. Mereka melakukan analisis tersebut untuk menentukan tindakan apa yang harus dilakukan perusahaan tersebut untuk menghadapi masalah dan/atau mencapai tujuan perusahaan. 5. Hal-hal yang mempengaruhi suatu perusahaan yang timbul dari dalam tubuh perusahaan itu sendiri. Dewan Direksi (Board of directors) beserta Head of Department/ Manajer. 6. mereka memeberikan bahan pertimbangan mengenai tindakan. Karyawan sebagai organ yang menjalankan semua kegiatan bisnis dan administrasi dalam suatu perusahaan juga memiliki fungsi yang tidak . Dewan direksi. 7. Pemegang saham/Pemilik Perusahaan. Pelatihan ketrampilan Seminar mengenai pengetahuan bisnis Penggunaan teknologi tepat guna Mendatangkan SDM Ahli Pengelolaan dan manajemen bisnis yang baik Faktor Penghambat Kemajuan UKM dapat berupa: 1. Karyawan. Pemegang saham/pemilik perusahaan memiliki hak dan kewenangan dalam menentukan kebijakan dan/atau tujuan yang akan dicapai perusahaannya. 6. 7. kebijakan dan perilaku bisnis yang harus diambil oleh perusahaan tersebut 3. Mereka juga bertugas untuk menginisiasi project internal untuk mengembangkan efisiensi perkerjaan dalam perusahaan tersebut. Permodalan yang terbatas Kebijakan pemerintah Pajak yang tinggi Kurangnya SDM ahli Tidak mengikuti perkembangan teknologi Tidak melakukan inovasi produk atau jasa Kurangnya pengetahuan mengenai manajemen bisnis yang benar 4. 3. Secara garis besar faktor internal terdiri dari: 1. 8.4. 4. 5.

Ketika suatu pasar terdirri dari beberapa pelaku bisnis. e. Sossial dan Budaya. kegiatan produksi dll. Konsumen Konsumen merupakan sumber pendapatan suatu perusahaan. Hukum dan Kebijaka Pemerintah. Globalisasi Perkembangan arus gllobal atau dunia juga mempengaruhi perusahaan. serta kegiatankegiatan umum suatu bisnis seperti promosi. Dengan demikian perilaku bisnis mereka pun akan mengikuti perkembangan situasi yang ada. inovasi produk dan/atau jasa. maka perilaku bisnis masing-masing pelaku bisnis tersebut akan saling mempengaruhi satu sama lain. ekonomi. Kondisi tersebut mempengaruhi kebijakan dan pergerakkan bisnis suatu perusahaan. pemasaran. Kompetitor Pesaing dalam suatu bisnis mendorong suatu perusahaan untuk terus berinovasi dan melakukan permbenahan dalam produk dan/atau jasa yang mereka tawarkan. d. Hal-hal yang berada di luar tubuh suatu perusahaan. konsumen dengan negara. Lingkungan Eksternal. oleh karena tiu perusahaan akan berusaha sebaik mungkin untuk mengikuti tren permintaan konsumen. Hukum dan kebijakkan pemerintah mengatur hubungan antar pelaku bisnis. perilaku bisnis perusahaan tersebut tidak akan terpengaruh oleh faktor ini. b. maka perusahaan tersebut akan ditinggalkan oleh konsumennya. Teknologi Perkembangan teknologi mempengaaruhi perushaan dalam hal efisiensi perkerjaan. c. f. Ketika suatu pasar hanya dikuasai oleh satu pemain pasar (monopoli). hal ini membuat perusahaan untuk berhati-hati dalam menetukan langkahlangkah yang diambil dalam menjalankan bisnisnya. Hukum mengatur apa yang legak dan ilegal untuk dilakukan dalamm menjalankan suatu bisnis. Kondisi Politik. Apabila suatu perusahaan sudah memasuki pasar global maka semua faktor-faktor diatas akan mempengaruhi dengan . Apabila suatu perusahaan tidak bisa memenuhi kebutuhan konsumen.kalah pentingnya dalam menentukan perilaku bisnis perusahaan tersebut. Secara garis besar faktor eksternal terdiri dari: a.

laba yang diperoleh dari usaha tersebut untuk dibagi bersama-sama. Kontinuitas kerja karyawan terbatas Firma (Fa) persekutuan/perserikatan untuk menjalankan usaha antara dua orang atau lebih dengan nama bersama. maka harta benda pribadi juga merupakan kekayaan perusahaan. Jelaskan mengenai kelemahannya! bentuk-bentuk badan usaha serta kelebihan dan PerusahaanPerseorangan Perusahaan perseorangan adalah salah satu bentuk usaha yang dimiliki oleh seseorang dan ia bertanggung jawab sepenuhnya terhadap semua resiko dan kegiatan perusahaan. Motivasi usaha yang tinggi f. Rahasia perusahaan terjamin e. Memiliki kebebasan dalam bergerak b. dll yang harus dihadapi oleh perusahaan tersebut 5. semua anggota firma ikut menanggungnya. Proses pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan cepat g. tetapi hanya kepada pajak pemilik sepenuhnya c. Menanggung tanggung jawab hukum dan keuangan yang tak terbatas b. Penguasaan terhadap keuntungan yang diperoleh d. Keterbatasan kemampuan keuangan c. Keterbatasan kemampuan manajerial d. tren pasar. Dengan tidak adanya pemisahan pemilikan antara hak milik pribadi dengan milik perusahaan. Jadi ada beberapa orang yang bersekutu untuk menjalankan suatu perusahaan. Para anggota yang berkumpul merupakan anggota aktif sehingga satu perusahaan dikelola dan dimiliki oleh beberapa orang. begitupun sebaliknya bila terjadi kerugian. Sedangkan. Penanganan aspek hukum yang minimal Kekurangan a. kebijakan. kompetito.signifikan karena lingkup pasar dimana perusahaan terebut bergerak akan menjadi lebih besar dengan risiko semakin banyak hukum. . yang setiap saat harus menanggung utangutang perusahaan Kelebihan a. dengan tanggung jawab masing-masing anggota firma tidak terbatas. Pemerintah tidak memungut pajak perusahaan.

Keterbatasan kemampuan manajemen. Anggota aktif merupakan anggota yang mengelola usahanya serta bertanggung jawab penuh terhadap utang perusahaan. .a. sehingga dalam CV. Dengan perkataan lain Commanditaire Vennootschap (CV) adalah sebuah perusahaan yang dibentuk oleh dua orang atau lebih. d. dan tidak bersedia memimpin perusahaan. ada dua macam anggota. Keterbatasan keuangan Keterbatasan kontinuitas karyawan PerserikatanKomanditer(CV) suatu bentuk perjanjian kerja orang yang bersedia sama untuk berusaha bersama antara orang- memimpin. dan memiliki dengan orang-orang yang memberikan pinjaman. c. yaitu: anggota aktif dan anggota pasif. d. Meminimalisir risiko keuangan a. Kelebihan Penguasaan terhadap keuntungan tinggi meskipun harus dibagi dengan anggota kongsi yang lain. bertanggung jawab sebatas pada moda lyang disetorkan saja. c. serta memiliki tanggung jawab terbatas pada kekayaan yang diikutsertakan dalam perusahaan tersebut. b. Mengandung tanggung jawab keuangan yang tidak terbatas walaupun sudah dibagi antaranggota. Kekurangan Sering terjadi konflik antar anggota terkait dengan pembagian keuntungan dan strategi bisnis. Motivasi usaha yang tinggi Penanganan aspek hukum minimal namun lebih rumit dari perusahaan perseorangan. mengatur perusahaan. tanggung jawab penuh dengan kekayaan pribadinya. sedangkan anggota pasif merupakan anggota yang hanya menyetorkan modalnya saja dan tidak ikut mengelola perusahaan. b. e.

keagamaan.maupunkekayaanlain yang diperoleh yayasan. Penanganan aspek hukum minimal a. Kelebihan Memiliki masa hidup yang tidak terbatas. Biaya pembentukkan yang trelatif tinggi Kurang terjaminnya rahasian perusahaan Yayasan Pengertian yayasan menurut Undang-Undang Nomor16 tahun 2001 tentang Yayasan. b. Kemampuan manajemen yang tinggi. Mengandunn tanggungjawabkeuangan sekutuaktiftakterbatas. Kontinuitas kerja karyawan tinggi. c. barang. e.Kelebihan Kekurangan a.meski punsudah dibagi dengan anggota aktif yang lain.Kekayaan yayasan baik berupa uang. pengawas. atau pihak lain yang mempunyai kepentingan terhadap yayasan . Motivasi usaha tinggi c. b.dan kemanusiaan yang tidak mempunyai anggota”. c. c.di mana perusahaan memberikan kesempatan kepada masyarakat luas untuk menyertakan modalnya ke perusahaan dengan cara membeli saham perusahaan. Kemampuan keuangan yang sangat besar.pengurus. Sulit dalam mengumpulkan modal. d K ii d CV PerseroanTerbatas(PT) Perserikatan beberapa pengusaha swasta menjadi satu kesatuan untuk mengelola usaha bersama.meskipunharusdibagid engan anggota kongsi yang lain b. a. “Yayasan adalah badanusahayangterdiriatas kekayaan yang dipisahkan dan diperuntukkan untuk mencapai tujuan tertentu di bidang soial. Berdasarkan undang-undang ini dilarang dialihkan atau dibagikan secara langsung atau tidak langsungkepadapembina. Penguasaanterhadapkeuntu ngan tinggi. Pemisahan kekayaan dan utang-utang antara pemilik dan perusahaan. d. Kekurangan Pajak yang besar Penanganan aspek hukum yang rumit. karyawan. a. d. Status hukum CV belum badan hukum sehingga susah dapat proyek besar. b.

Jelaskan artinya! Pengorganisasian adalah suatu proses penyusunan struktur organisasi yang sesuai dengan tujuan. chain of command. 2. 1. adalah rincian tugas/pekerjaan yang harus dilakukan seseorang agar setiap orang yang terlibat dalam organisasi bertanggungjawab melaksanakan aktifitas yang menjadi beban tanggungjawabnya. Work Specialization. sumber daya yang dimiliki. departementalization.departementalization. Dalam merancang struktur organisasi yang layak. chain of command.yang anggotanya adalah orang-orang atau badan hukum koperasi yang tergabung secara sukarela atas dasar persamaan hak dan kewajiban. Sedangkan pengertian koperasi menurut pasal1ayat 1 Undang-Undang Nomor 25 tahun1992 tentang perkoperasian. dan lingkungan yang melingkupinya. dan span of management control. Secara umum dapat dikatakan bahwa koperasi adalah suatu badan usaha yang bergerak dalam bidang ekonomi. dan span of management control. Ada 4 aspek utama penyusunan struktur organisasi yaitu work specialization. “Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan”. Departementalization adalah pengelompokan dari berbagai aktifitas kerja suatu organisasi supaya berbagai aktifitas yang sama bisa digabungkan dalam satu unit kerja. harus memperhatikan beberapa hal. Chain of Command yaitu proses pengintegrasian beberapa tujuan aktifitas pada satuan-satuan yang terpisah (departemen atau bidang-bidang . 6. 3. antara lain work specialization. melakukan satu macam usaha atau lebih untuk meningkatkan kesejahteraan para anggota khususnya dan masyaraka t pada umumnya.Koperasi Kata koperasi berasal dari kata Co yang artinya bersama dan operation yang artinya bekerja.

Ini untuk mencegah seseorang berbuat untuk kepentingannya sendiri. 4. adalah kemampuan manajer untuk melakukan koordinasi secara efektif yang sebagian besar tergantung kepada jumlah bawahan yang melapor kepadanya.fungsional) dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi. Span of Management Control. .