You are on page 1of 8

Si Skripsweeet...

Posted by Timo Dalam Kategori : Berbagi..

Alohaa!
Hahaha. Kali ini gw menyapa kalian para tamu dengan kata "ALOHA". Tau
dong artinya? Kata itu mengingatkan gw sama salah satu film favorit gw,
Fifty First Dates tahun 2004. Aloha adalah ucapan salam dari bahasa
Hawaii.
kalo
kata
Opung
Wiki
Aloha dalam bahasa
Hawaii berarti cinta, rasa kasih, perdamaian, perasaan, dan kemurahan
hati. Sejak pertengahan abad ke-19, aloha juga dipakai sebagai ucapan
salam yang berarti halo atau selamat jalan. Nah! Penasaran sama
filmnya? gw yakin sih udah pada tau kan. Hahaha, kalo belum bukan dosa
kok, langsung aja klik judulnya di atas, ok?
Anyway bukan itu yang mau gw bahas, kali ini gw mau berbagi tentang
skripsi gw yang belum rampung. Hahaha, bukan berbagi kisah sedih dan
perjuangan gw ngerjain skripsinya yah. Apalagi kaya lagu 'Kisah Sedih Di
Hari Minggu'. Yang gw mau bagi disini adalah topiknya yang menurut gw
jarang diangkat dan disepelekan umat kita, manusiaaah.. Langsung aja,
daripada semakin ga jelas dan ribet. Topik Skripsi gw untuk meluluskan
jalan
gw
mendapat
gelar
S1
adalah
#jeengJengjengJeeeeNG
mengenai. Body Mass Index. Hahaha. yak! Sebagian besar dari
masyarakat belum mengenal apa itu Body Mass Index atau BMI.
Bagaimana dengan kamu?? hahaha. mudah-mudahan blog post yang satu
ini membantu kalian.
BMI (Body Mass Index) atau dalam Bahasa Indonesia adalah Indeks
Masa Tubuh (IMT) adalah sebuah ukuran “berat terhadap tinggi badan”
yang umum digunakan untuk menggolongkan seseorang ke dalam

Kalau pada anak-anak dan remaja. manusia 'berotot' dan terdapat beberapa hal yang akan membedakan perhitungan nilai BMI pada anak-anak dan remaja. Umur . Pertanyaannya adalah. metode yang satu ini ditemukan antara tahun 1830-1850 oleh seorang Belgia yang bernama Adolphe Quetelet. Perhitungan BMI ini tidak berlaku pada ibu hamil. Wanita lebih mungkin memiliki persentase lemak tubuh yang lebih tinggi dibandingkan pria dengan nilai BMI yang sama. Normal.kategori Underweight (kekurangan berat badan). BMI tidak mengukur lemak tubuh secara langsung. orang yang lebih tua memiliki lebih banyak lemak tubuh dibandingkan orang yang lebih muda. untuk itu diperlukan beberapa penyesuaian dalam pengukurannya. Menurut CDC (Centers for Disease Control and Prevention) BMI untuk anak adalah BMI yang dihitung dari berat badan anak dan tinggi badan anak. Masuk akal juga kan? masa 2 orang dihitung 1? . Nah. BMI merupakan suatu metode yang mudah untuk menilai status berat badan seseorang yang kemudian dapat mengindikasikan masalah kesehatan yang mungkin timbul. Pada BMI yang sama. Masuk akal kan idenya si Adolphe ini?? BMI atau IMT ini merupakan salah satu parameter penting yang digunakan untuk menilai status kesehatan dan status gizi seseorang. Overweight (kelebihan berat badan) dan Obese (kegemukan). BMI adalah indikator yang dapat diandalkan untuk mendeteksi kasus kegemukan tubuh bagi kebanyakan anak dan remaja. BMI sebenarnya adalah rasio yang dinyatakan sebagai berat badan (kilogram) dibagi dengan kuadrat tinggi badan (meter persegi).p. bagaimana kita tahu yang mempengaruhi massa indeks massa tubuh kita itu lemak atau bukan? Metode ini mempunyai pandangan bahwa hubungan antara lemak dan BMI dipengaruhi oleh usia dan jenis kelamin. Kalau pada anak-anak dan remaja yang katanya mengalami pertumbuhan dan perkembangan seiring bertambahnya usia akan mempengaruhi cara perhitungannya. tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa BMI berkorelasi langsung dengan lemak tubuh.

27.99 ≥30.99 ≥25. .50 <18.16.99 35.00 .29.00 Moderate thinness 16.39.99 ≥25.29.00 .18. Tabel 2.00 .00 Source: Adapted from WHO.49 27.49 37.99 Obese class III ≥40.34.24.50 .18.50 .00 ≥40.32.37.00 25.24.99 Obese class II 35.00 .50 .00 .99 16.39.00 <16.00 .99 ≥30. Rumus perhitungan BMI atau IMT dapat dilihat di bawah ini: BMI atau IMT= BB(Tb*Tb) IMT atau BMI = (BB)/(TB*TB) BMI atau IMT= BB(Tb*Tb) Keterangan: IMT atau BMI = Indeks Massa Tubuh BB = Berat Badan (kg) TB = Tinggi Badan (m) Hasil dari Perhitungan BMI untuk orang dewasa kemudian dicocokan dengan kategori statatus berat badan seseorang melalui nilai batas BMI yang ada pada Tabel 2. WHO.49 32. Klasifikasi Kategori Indeks Masa Tubuh BMI(kg/m2) Classification Principal cut-of points Additional cut-of points <18. 2000 and WHO 2004. 1995.00 .00 30.00 .22.00 25.34.49 17.49 Underweight Severe thinness Normal range Overweight Pre-obese Obese 18.50 .50 <16.99 Mild thinness 17.00 .00 .99 23.00 Obese class I 30.99 18.dan jenis kelamin berpengaruh pada perhitungan BMI untuk anak-anak.16.1.1.50 .00 .

Kategori status berat badan anak-anak dengan persentil yang bersesuaian menurut CDC disajikan pada tabel di bawah ini: Tabel 2. disini gw berusaha untuk membantu para orang tua wali siswa usia sekolah dasar untuk memantau kesehatan anaknya dengan menggunakan salah satu indikator kesehatan yang cukup ampuh. Yak! Apalagi kalo bukan yang kita bahas.2. Persentil menunjukkan posisi relatif BMI anak di antara nilai BMI anakanak dengan jenis kelamin dan usia yang sama.. Kategori status berat badan subjek akan sangat bergantung pada hasil persentil BMI. healthy weight.. and obese). Perhitungan BMI untuk anak-anak dan remaja memiliki beberapa penyesuaian. Banyak sumber yang memberikan kita informasi mengenai indeks massa tubuh. Pandangan sebagian besar orang terdahulu yang menyatakan perhitungan BMI dan IMT hanya bisa dilakukan untuk orang dewasa kini mulai melemah. tapi kebanyakan hanya memberi informasi tersebut untuk usia dewasa. kenapa?? Sabar. Grafik pertumbuhan menunjukkan kategori status berat badan yang digunakan anak-anak dan remaja (underweight. Ada yang mengatakan mulai dari 18 tahun dan sebagainya. Hasil BMI anak dan usia remaja akan dicocokan dengan tabel yang disesuaikan dengan umur subjek penelitian.Bagaimana dengan anak-anak dan remaja?? Nah. ini dia jawabannya.1. yang menurut pandangan sumber pun berbeda-beda patokan mengenai usia dewasa. Perhitungan BMI untuk anak dan usian remaja dapat dilakukan. selanjutnya hasil perhitungan akan diplot pada grafik pertumbuhan BMI untuk anak. yang membedakan penelitian yang gw lakukan. Pada anak-anak dan remaja. Setelah melakukan perhitungan untuk BMI anak-anak. hasil perhitungan BMI tidak dicocokan dengan kategori BMI yang ada pada Tabel 2. Melalui kalkulasi Indeks Massa Tubuh-nya. (Kategori BMI usia dewasa).. overweight... Klasifikasi Kategori Indeks Masa Tubuh Anak-Anak Menurut CDC . Kenapa? Karena usia dewasa dianggap tidak mengalami pertumbuhan lebih lanjut sperti tinggi badan. ini dia yang membedakannya.

baik dalam jangka waktu dekat atau panjang. hanya sebagai indikator awal adanya kemungkinan bahaya penyakit. berat badan ideal. Grafik Pertumbuhan Anak Laki-Laki (Kiri) dan Anak Perempuan (Kanan) . Diperlukan penilaian lebih lanjut oleh praktisi kesehatan. Untuk anak-anak.. sekarang bagian contoh perhitungan BMI pada anak-anak yah. Nah. kelebihan berat badan. Walaupun demikian BMI bukan alat diagnosa. atau kurus.. Berikut adalah gambar grafik pertumbuhan yang menunjukan posisi relatif nilai BMI anak Bingung?? Hahaha. CDC dan American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan penggunaan BMI untuk memantau status berat badan anak mulai dari usia 2 tahun.Weight Status Category Percentile Range Underweight Less than the 5th percentile Healthy weight 5th percentile to less than the 85th percentile Overweight 85th to less than the 95th percentile Obese Equal to or greater than the 95th percentile (Sumber: Dimodifikasi dari CDC 2012) BMI digunakan untuk menilai status berat badan anak-anak.3. (Amerika): diatas belum ada contoh penggunaannya. BMI digunakan untuk menilai status obesitas. Jangan khawatir. Gambar 2.

sekarang bagian contoh perhitungan. Dapat kita lihat pada gambar 2 contoh penggunaan grafik. 2000) Bingung?? Hahaha.. Jangan khawatir.. Nah. diatas belum ada contoh penggunaannya. dimulai dari contoh perhitungan BMI pada anak-anak yah. Satu tambahan .(Sumber: CDC.

A dapat dibawa lebih lanjut untuk diperiksa dan ditinjau kembali. Nah. anak usia pria 12 tahun dengan tinggi badan 1. Dari indikasi ini. grafik yang dibuat dengan mensurvei anak-anak di Amerika. dengan banyak tambahan berupa indikator lingkar Badan. Akan didapatkan hasil nilai BMI melalui perhitungan .. Penggunaan grafik di atas adalah grafik pertumbuhan anak-anak Amerika. inilah letak inti skripsi gw. dimulai dari populasi anak Ibu kota dulu. Mungkin ga se-Indonesia juga buatnya. Dari rumus Perhitungan BMI.. mengingat fungsi nilai BMI menjadi indikator awal bagi orang tua wali anak. Apa dampaknya?? Jelas berdampak. .2m) hasilnya 25. Belum rampung! Mohon bersabar. Menurut acuan KTP sih usia dewasa itu 17 tahun. Gw berniat untuk membuat grafik tersebut untuk anak-anak usia sekolah dasar di negerii kita tercintah Endoneshaaa. Sekali lagi gw tekankan hal di atas tidak berlaku mutlak untuk anak-anak karena faktor pertumbuhan dan sebaran lemak yang berbeda untuk tiap anak dengan gender dan usia berbeda. hal tersebut mengindikasikan bahwa A mengalami Obesitas.contoh perhitungan lagi dari gw. Sounds good?? Hahaha.. Nilai BMI A berada di atas garis persentil 95.5 Setelah itu kita lihat grafik pertumbuhan BMI versus Usia berdasarkan sumber di atas.p Tapi. menurut perhitungan BMI usia dewasa bisa dimulai dari 18 tahun.51 atau dibulatkan menjadi 25.. Nah.2 meter dan berat badan 50 Kg. Seperti contoh di atas..7 m. misalkan bapak B dengan berat badan (BB) 70 Kg dan tinggi 1. grafik di atas masih bisa diandalkan. Misalkan A. saran gw amannya usia perhitungan BMI dewasa ini dimulai dari umur 20 tahun. kita dapat mengetahui nilai indeks massa tubuh A adalah 50Kg:(1. seperti yang kita ketahui bareng-bareng kalo anak Amerika sedikit berukuran 'lebih' dari anak-anak Asia normal seperti halnya di Indonesia jadi dapat dikatakan grafik di atas belum terbukti compatible untuk anak-anak Indonesia meskipun keberagaman subjek anak-anak di Amerika tersebut. Kenapa? Karena pada umur 20 tahun dianggap rata-rata manusia pria terlebih wanita sudah tidak mengalami pertumbuhan lagi.. Untuk usia dewasa.2m*1.. Next.

.22.1 dan hasil menunjukan bahwa status berat badan bapak b berada dalam kategori normal range. Coba Digunakan yang ini yah. bapak B bisa tenang dan menjaga kesehatannya. Sebelumnya perhatikan satuan pengukurannya ~>> BMI For Adults Widget .rumus adalah 24. So. Simple? atau masih kurang simple? Okee. gw tambahkan satu lagi kalau kalian ga mau repot.. Selanjutnya kita lihat Tabel 2.