You are on page 1of 5

DHESTIANA SULISTYANINGSIH

PAPER STONE CRUSHER
Pengertian Stone Crusher
Proses stone crusher atau proses pemecahan batu yaitu proses dimana batu diolah untuk menjadi
produk batu pecah yang sesuai kebutuhan dari batu tersebut sehingga memenuhi gradasi yang
diperlukan. Batu yang diproses biasanya batu alam, karena batu alam yan ditambang dari alam
biasanya berukuran besar dan mempunyai penampang yang belum memenuhi standar dari proses
pelaksanaan pembangunan.
Jenis – jenis alat yang digunakan sesuiat dengan tahapan dalam pemecahan, yaitu :
Primary crusher, menggunakan mesin tipe :
a. Jaw crusher (pemecah tipe rahang )
Fungsinya yaitu untuk mengurangi besar butiran pada tingkat pertama untuk kemudian di pecah
lagi dengan menggunakan mesin pemecah lainnya. Tipe ini efektif digunakan untuk tipe batuan
yang paling keras, seperti batu granit atau basalt.
Keuntungan dengan menggunakan mesin tipe ini yaitu konstruksi mesin sederhana, ekonomis
dan memerlukan tenaga yang relative kecil. Kapasitas dalam proses pemecahan yaitu 90% dari
bukaan yang dapat di terima.
b. Gyratory Crusher
Bagian crusher pemecah berbentukk conis atau cone crusher, tipe ini hampir sama dengan tipe
jaw crusher, perbedaaanya terletak pada cara pemberian tekanan dimana untuk gyratory tekanan
diberikan dari arah samping. Hasil dari pemecahan ini biasanya berbentuk kubus dan agak
seragam, karena bentuk lengkung dari cone dan bowl yang mempunyai permukaan cekung.
c. Impact crusher ( pemecah tipe pukulan )
Impact crusher biasanya digunakan untuk memecah batu tipe kapur. Hasil dari proses dengan
impact crusher ini biasanya berbentuk kubus meskipun semula merupakan batu lempengan serta
meningkatkan kualitas agregat dan mempertinggi kapasitas plant.

PELAKSANAAN PERKERASAN JALAN RAYAPage 1

dimana tidak memerlukan primer crusher. biasanya digunakan untuk memecah batuan yang lembab dan tidak menguntunbgkan jika digunakan untuuk memecahkan batuan abrasive. Hammer mill (pemecah tipe pukulan ) Digunakan untuk batu kapur berkualitas tinggi. menggunakan tipe : a. b. Roll crusher Digunakan untuk menghasilkan produk dengan ukuran tertentu. dengan kadar abrasive kurang dari 5% menghasilkan jumlah besar material halus.  Double roll  Triple roll c. roll crusher (pemecah tipe silinder ) b. Bagian – bagian dari stone crusher Bebrapa bagian dari crusher yaitu : a. untuk mendapatkan material yang lebih halus c. Feeder dan hopper PELAKSANAAN PERKERASAN JALAN RAYAPage 2 . yaitu :  Single roll. dengan hasil yang bervariasi pemcahan yang lebih besar dibandingkan dengan jenis crusher lainnya. Hammer mill dapat menerima feed material berukuran sampai dengan 20 cm. lebar roda dan kecepatan roda berputar. Ball mill (pemecah tipe bola ). Kapasitas dari crusher ini tergantung jenis batuan. rod mill ( pemecah tipe batang ). Tertiary Crusher. Cone crusher Digunakan untuk memecah batuan dengan butir awal 20-25 cm. menggunakan tipe : a. untuk mendapatkan material yang lebih halus. Tipe roll crusher berdasarkan jumlah rollnya.DHESTIANA SULISTYANINGSIH Secondary crusher. ukuran batuan yang diinginkan.

Fungsi feeder adalah mengatur aliran bahan batuan yang masuk ke dalam pemecah batu. dipakai untuk material yang diambil dari gravel pit. biasanya material berukuran kecil yang kadang kadan tidak perlu pemecahan sehingga harus dikeluarkan dari material yang besar. konstruksinya berupa batang batang besi pararel yang satu sama lainya diberi jarak antara. pada chain feeder batu masuk karena berat sendiri melalui sutu penyalur. Bin dan hooper bawah adalah komponen pada peraaltan pemecah batu yang berfungsi untuk menampung sementara atau sebagai container yang bsar untuk penyimpanan material ermanen dari material dari stock pile.DHESTIANA SULISTYANINGSIH Adalah komponen dari peralatan pemecah batu yang berfungsi mengatur aliran dan pemisah bahan – bahan serta penerimaa bahan baku (raw material). Scalping unit (saringan kisi –kisi ) Digunakan sebagia lanjutan feeder. Gambaran proses pemecahan batu dengan menggunakan stone crusher PELAKSANAAN PERKERASAN JALAN RAYAPage 3 . b. Appron feeder. 2. 4. c. scalping unit ini berupa kisi kisi (grid) yang terdiam atau bergetar. Tipenya yaitu : 1. tidak masuk ke dalam crusher. dipasang miring kearah pit sehingga batu yang ukurannya lebih besar dari jarak antara batang batang tadi hanya akan melewatinya. Grizzly bar (batang batang pemisah) Grizzly bar juga dipakai pada scalping unit. Reciprocating plate feeder. e. Conveyor atau bucket elevator adalah komponen dari peralatan pemecah batu yang berfungsi untuk memindahkan material secara langsung dalam suatu proses dari satu unit ke unit lain. fngsinya untuk menyaring ukuran yang lebih kecil dari feeder untuk boisa keluar dari apron. d. 3. umumnya dipakai untuk batuan yang akan dimasukkan ke dalam primary crusher. Grizzly feeder ( saringan pemisah pertama). Chain feeder.

c PELAKSANAAN PERKERASAN JALAN RAYAPage 4 . Dari secondary crusher disalurkan ke saringan batu.DHESTIANA SULISTYANINGSIH Material batu dari alam dimasukkan ke dalam primary crusher c Dari primary crusher. kemudian disalurkan ke secondary crusher.

DHESTIANA SULISTYANINGSIH Batu yang telah melewati secondary crusher disaring. kemudian di salurkan ke coveyor. c Hasil batu pecah stone crusher PELAKSANAAN PERKERASAN JALAN RAYAPage 5 .