You are on page 1of 6

RUMAH SAKIT

MENGGUNAKAN ALAT PELINDUNG DIRI

TMC

NO. DOKUMEN:

NO REVISI:

HALAMAN:
1/1

Ditetapkan oleh Direktur
STANDAR
PROSEDUR

TANGGAL TERBIT

OPERASIONAL
PENGERTIAN

Dr. Victor Sugiarto, MM
APD adalah suatu alat yang apabila dipakai akan berfungsi untuk melindungi dan
meminimalkan kejadian kontaminasi dari zat-zat yang mengandung mikroorganisme baik
dari tubuh mahluk hidup, benda maupun lingkungan dan atau mencegah terjadinya
kontaminasi mikroorganisme dari orang yang memakai APD terhadap orang lain, benda

TUJUAN

dan lingkungan.
1. Kebenaran melakukan suatu tindakan/kegiatan
2. Mencegah terjadinya kontaminasi mikroorganisme dari dan atau kepada

KEBIJAKAN
PROSEDUR

pemakainya
3. Mencegah terjadinya infeksi nosokomial
Kebijakan PPI RS TMC
Persiapan alat:
1. Handrub
2. APD sesuai kebutuhan dan spesifikasi (nomor/ukuran sesuai pemakai): sarung
tangan (hands schoon), masker, alat pelindung mata, topi, gaun pelindung,
apron, pelindung kaki
Pelaksanaan:
2. Sebelum dan sesudah memakai APD harus mencuci tangan
3. Pakai APD yang akan digunakan dengan langkah yang benar dengan tujuan
untuk memudahkan memakainya dan untuk memaksimalkan manfaat APD
4. Setelah selesai tindakan, lepas APD buang ke tempat sampah infeksius (bila
APD SEKALI PAKAI) atau simpan pada tempat kotor (untuk selanjutnya
dicuci/dibersihkan)
 APD SARUNG TANGAN

Siapkan masker yang bersih/steril sesuai kebutuhan 2. Tali masker bagian atas ditarik ke belakang kepala dan ditalikan dengan kuat (tetapi tidak ketat) dengan simpul 4. Ambil masker. Atur posisi masker sehingga nyaman .1. Tali masker bagian bawah ditarik ke belakang dan ditalikan dengan kuat (tetapi tidak ketat) dengan simpul 6. kenakan masker dengan benar: ujung atas berada di daerah hidung menutupi lubang hidung tetapi tidak menutupi rongga mata 3. Ambil sarung tangan sesuai ukuran tangan. Bila memungkinkan cek adanya robekan/rusak. buka dari kemasan/bungkus. Tentukan mana sarung tangan untuk tangan kanan/kiri 3. Masukan tangan secara hati-hati sampai jari-jari tangan masuk ke dalam tempat yang benar. Tangan dalam keadaan bersih. Tarik ujung sarung tangan yang dekat pergelangan tangan agar sarung tangan terpakai rapih 5. Ambil satu sarung tangan . kering dan tidak berkuku panjang 2. Lakukan hal yang sama untuk tangan yang sebelah lagi  APD MASKER 1. Masker bagian bawah diatur sedemikian rupa sehingga menutupi seluruh rongga mulut dan berada dibawah dagu 5. lebih baik dahulukan untuk tangan yang biasanya lebih dominan saat melakukan tindakan 4.

tidak longgar dan tidak terlalu ketat . Pakai topi dengan benar: topi harus menutupi seluruh bagian kepala dan rambut. APD ALAT PELINDUNG MATA 1. Pakai alat pelindung mata dengan benar: alat pelindung mata harus menutupi seluruh rongga mata baik bagian depan maupun bagian samping. Sediakan topi sesuai kebutuhan (steril atau bersih) dan topi harus cukup ukurannya pada pemakai 2. Sediakan alat pelindung mata sesuai ukuran 2.  APD TOPI 1.

Sediakan gaun pelindung sesuai kebutuhan dan ukuran 2. Petugas harus menggunakan apron dibawah gaun penutup ketika melakukan perawatan langsung pada pasien. APD pelindung kaki digunakan untuk melindugi kaki dari percikan darah. sekresi atau ekskresi dari pasien saat melakukan perawatan. cairan tubuh atau ekskresi  APD PELINDUNG KAKI 1. cairan . 3. Pakai gaun pelindung dengan benar: gaun pelindung dipakai untuk melapisi baju dan kulit petugas sehingga dapat menghindari kemungkinan petuugas terpercik/tersemprot dari darah. membersihkan pasien atau melakukan prosedur dimana ada resiko tumpahan darah. APD GAUN PELINDUNG 1. cairan tubuh. Sediakan apron sesuai kebutuhan dan ukuran (terbuat dari pelastik/karet) 2. Gaun pelindung jangan terlalu longgar atau ketat sehingga akan mengganggu petugas saat melakukan tindakan  APD APRON 1.

Leaflet indikasi pemakaian APD 4. topi. DepKes 2008 2. alat pelindung HAL-HAL YANG PERLU mata. Pakailah pelindung kaki yang sesuai dengan ukuran kaki Selalu menjaga kebersihan pelindung kaki dan kebersihan kaki UNIT TERKAIT Seluruh unit Perawatan. sekresi atau benda padat yang mungkin jatuh secara tidak sengaja ke atas kaki. IPSRS. . pelindung kaki. masker. Untuk unit pelayanan/kegiatan tertentu menggunakan sepatu booth (misalnya: laundry. Untuk di ruang perawatan biasa gunakan sepatu dari bahan kulit dengan model yang menutupi semaksimal mungkin bagian kaki 3. gaun pelindung. Indikasi Pemakaian APD Pada Pasien dengan Diagnosa Khusus APD yang lengkap terdiri dari: sarung tangan (handschoon). petugas kebersihan DOKUMEN 1. ekskresi. penunjang medis. 2. Buku Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di Rumah Sakit dan Fasilitas TERKAIT Pelayanan Kesehatan Lainnya. Penggunaan APD disesuaikan DIPERHATIKAN dengan tindakan/kegiatan yang akan dilakukan. apron.tubuh. penanganan sampah dll) 4. Instrumen kepatuhan penggunaan APD 3.