You are on page 1of 10

MAKALAH

Kebangkitan Dan Pembaharuan Islam Di Asia
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas kuliah

Disusun Oleh :

Susi Riyanti

Institut Agama Islam Negeri
Sultan Maulana Hasanudin Banten
(IAIN SMHB)
2013 – 2014

untuk itu kritik dan saran yang membangun dari semua pihak sangat kami harapkan demi kesempurnaannya dan semoga dapat memberi manfaat pada kita semua. Amin. Adapun dalam pembuatan karya ilmiah ini ternyata masih jauh dari sempurna.. Penyusun. i . hidayah serta inayah-Nya kepada penulis.Kata Pengantar Segala puji syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan taufiq. sehingga penulisan dapat menyelesaikan makalah sejarah peperadaban islam yang berjudul kebangkitan dan pembaharuan islam di Asia dengan baik.

....... 7 ii ....................................................... 5 BAB IV PENUTUP .................................................................... 2 A...................................... 6 B........................................................................................................................................................................................................................ Kesimpulan ........................................................................................................... Saran-saran .............................................................................................. ii BAB I PENDAHULUAN ........... 1 BAB II PEMBAHASAN ........................................ Gagasan-gagasan Tentang Kebangkitan dan Pembaharuan Islam di Asia .................... 3 C.............. Kebangkitan dan Pembaharuan Islam di Asia ... i Daftar Isi ...........................................................DAFTAR ISI Halaman Kata Pengantar ......... 2 B................ 6 A........................................................................................................................................................................Latar Belakang Pembaharuan Dalam Islam ..................................................... 6 DAFTAR KEPUSTAKAAN .........

aliran. kemudian di Damaskus. Untuk lebih jelasnya pemakalah akan membahas mengenai apa pengertian kebangkitan dan pembaharuan islam di asia dan apa saja yang melatar belakangi lahirnya kebangkitan dan pembaharuan islam di asia .BAB I PENDAHULUAN Modernisasi mengandung pengertian pemikiran. Jamaludin Al Afghani. Berdasarkan pemaparan di atas maka lahirlah para pemikir seperti . adat istiadat. Abad pertengahan merupakan abad gemilang bagi umat Islam. dan terakhir di Bagdad. Muhammad Iqbal dan Muhammad Ali Jinnah. 1 . Namun bukan berarti pembaharuan mengubah isi Al-Quran dan Hadits. Abad inilah daerahdaerah Islam meluas di barat melalui Afrika Utara sampai Spanyol. gerakan. Daerah-daerah ini kepada kekuasaan kholifah yang pada mulanya berkedudukan di Madinah. di Timur Melalui Pesia sampai India.Muhammad Abduh. Ahmad Khan. institusi-institusi lama dan sebagainya. dan usaha untuk mengubah paham-paham. Agar semua itu dapat disesuaikan dengan pendapat-pendapat dan keadan baru yang ditimbulkan oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi modern.

Dialog tidak mengandung arti bahwa umat Islam tengah "memaksakan" doktrin agamanya untuk menerima modernitas. melainkan sebagai bagian tak tepisahkan dari proses pembaruan yang selalu muncul. Eropa Barat mengalami kemajuan dengan pesat. sebab kebangkitan itu berlandas pada tradisi Islam. Ketika tiga kerajaan besar Islam sedang mengalami kemunduran di abad ke-18. Jadi kebangkitan Islam terkait dengan proses take and give dengan peradaban barat. Dari kerangka bepikir ini. Kerajaan Safawiyah mengalami kemunduran. Seiring dengan adanya interaksi dengan peradaban Barat di abad ke-18. sehingga pada tahun 1722 M berhasil menduduki Asfahan. dan usaha untuk mengubah paham-paham. Kebangkitan Islam di Asia Tenggara bukan sebagai reaksi terhadap modernitas barat. gerakan. Kata modernisasi lahir dari dunia barat. Hal itu menjelaskan bahwa kebangkitan Islam adalah sebuah dorongan dan dinamika internal. Interaksi tersebut berlanjut menjadi media refleksi dan digunakan sebagai kesempatan untuk mempelajari peradaban barat. karena tidak hanya mendapat serangan dari kerajaan Turki. melainkan membaca ulang doktrin agama dengan pisau analisa modernitas. institusi-institusi lama dan sebagainya. yang menunjukan keberlangsungan tradisi Islam dalam sejarah. adat istiadat. umat Islam menyadari keterbelakangan peradabannya dibandingkan barat.BAB II PEMBAHASAN A. Dalam masyarakat barat kata modernisasi mengandung pengertian pemikiran. Sejarah mencatat kebangkitan Islam Asia tenggara pada abad ke-19 hingga 21 adalah sebuah fenomena global. Agar semua itu dapat disesuaikan dengan pendapat-pendapat dan keadaan baru yang ditimbulkan oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi modern. kebangkitan Islam di Asia Tenggara dapat dilihat sebagai sebuah wacana alternatif dunia Islam. ketimbang sebagai ancaman bagi barat juga bukan sebagai ancaman bagi umat Islam sendiri. Demokrasi diterima sebagai milik sendiri lantaran dalam doktrin Islam banyak ayat-ayat Alqur'an yang sejalan dan mendukung demokrasi. KEBANGKITAN DAN PEMBAHARUAN ISLAM di ASIA Kata pembaharuan lebih akrab dikenal dengan istilah modernisasi. adanya sejak terkait dengan masalah agama. Kehendak baik itu tercermin dari kemauan mendialogkan doktrin agama dengan modernitas barat. aliran. yaitu berturut-turut Raja Afganistan. kemudian disusul oleh serangan Dinasti Zand yang pada tahun 2 . tetapi juga mendapat serangan dari kalangan Dinasti yang tunduk pada Safawiyah yang ingin merdeka.

B. Berdasarkan pengalamannya belajar di Tanta dan Universiti al-Azhar. ialahtidak boleh bertentnagnan dengan kehendak al-Quran dan Sunnah. GAGASAN – GAGASAN TENTANG KEBANGKITAN DAN PEMBAHARUAN ISLAM DI ASIA 1. Beliau menolak dengan tegas konsep Taqlid al-A'ma (Bahasa Arab: ‫)تقليد األعمى‬ atau taklid buta.1750 M berhasil menguasai seluruh Persia. Dari fenomena – fenomena diatas maka lahirlah pemikir – pemikir islam yang mengungkapkan gagasan – gagasanya tentang kebangkitan dan pembaharuan Islam di Asia. Maka berakhirlah kekuasaan kerajaan Safawi di pertengahan abad ke-18[1]. Menurut Jamaludin Al-Afghani Menurut Jamaludin Al-Afghani pembaharuannya berdasarkan atas keyakinan bahwa Islam adalah yang sesuai untuk semua bangsa. semua zaman dan semua keadaan. 2. sehingga disifatkan anak muda yang belajar di situ senantiasa dibendung rasa putus asa. beliau mendapati keadaan pembelajaran di Tanta terlalu mundur. Menurut Muhammad Abduh Menurut Syah Muhammad Abduh ada beberapa bidang penyebab kebangkitan dan pembaharuan islam di asia. Penyesuaian yang diperoleh dengan mengadakan interpretasi baru tentang 3 .  Bidang Integrasi ilmu: Syeikh Muhammad Abduh mendapati sistem pendidikan pada waktu itu hanya tertumpu pada bidang-bidang agama dalam bentuk uraian kitab-kitab klasik tanpa menyesuaikan dengan kebutuhan saat ini. diantaranya :  Bidang Akidah Syeikh Muhammad Abduh menyeru umat Islam agar kembali kepada ajaran yang murni murni serta menyesuaikannya dengan kebutuhan pada saat ini. Syaratnya. Beliau mengajak umat Islam mempelajari ilmu-ilmu Fardu Ain dan Fardu Kifayah untuk membina umat yang mempunyai daya fikir yang tinggi dan seterusnya mampu keluar darip belenggu penjajahan.

Menurut Iqbal islam sebagai way of life yang lengkap mengatur kehidupan manusia. karena telah meninggalkan ajaran-ajaran Islam yang sebenarnya dan mengikuti ajaran-ajaran yang datang dari luar Islam. Untuk interpretasi itu diperlukan ijtihad dan pintu ijtihad akan selalu terbuka. Iqbal telah merintis upaya pemikiran ulang terhadap Islam demi kemajuan kaum muslimin. Di dalam dirinya berhimpun kualitas kaliber internasional sebagai seorang sastrawan. filosof dan mujtahid. tidak sesuai dengan perubahan zaman dan kondisi baru. dengan menanggalkan baju keislaman mereka. Suatu sebab lain ialah salah pengertian tentang maksud hadits yang mengatakan bahwa umat Islam akan mengalami kemunduran di akhir zaman. Umat Islam mundur. Sayyid Ahmad Khan denganm idenya tentang pentingnya ilmu pengetahuan. disengaja atau tidak. negarawan. di masa remaja ia telah pergi ke London untuk meneruskan studi dan di sanalah ia memperoleh kesarjanaannya dalam bidanghukum di tahun 1896. Namun karena kehidupan manusia yang cendrung dinamis malah menjadikan umat Islam menjadi pembebek terhadap Bangsa Barat. Sayyid Amir Ali dengan idenya 4 . ahli hukum. Sebagai pemikir Muslim dalam arti yang sesungguhnya. Iqbal Muhammad Iqbal merupakan sosok pemikir multidisiplin. Menurut M. Ali Jinnah Muhammad Ali Jinnah adalah anak seorang saudagar dan lahir di Karachi pada tanggal 25 Desember 1876.ajaran-ajaran Islam seperti yang tercantum dalam al-Qur`an dan Hadits. dalam perwujudan Pakistan. namun ia berusaha mengugah cara pandang kaum muslimin yang selama ini terjebak dalam cara pandang yang statis dalam memandang dunia. Sedangkan kemunduran umat Islam bukanlah karena Islam. Dari sinilah Iqbal merekonstruksi paradigma kaum muslimin agar mampu hidup dalam dinamika kehidupan yang normal namun tetap dalam koridor sebagai seorang muslim yang mengabdi kepada Tuhannya. Iqbal tidaklah menetapkan suatu pandangan praktis dalam filsafatnya. 4. ditantang untuk bisa mengantisipasi dan mengarahkan gerak dan perubahan tersebut agar sesuai dengan kehendak-Nya. 3. Pembaharuan-pembaharuan di India mempunyai peranan masingmasing. Menurut M. pendidik. sebagaimana dianggap.

umat Islam maju di zaman klasik karena mereka mementingkan ilmu pengetahuan. maka umat Islam tidaklah akan mengalami kemajuan. LATAR BELAKANG PEMBAHARUAN DALAM ISLAM Di antara yang mendorong timbulnya pembaharuan dalam Islam antara lain : 1. 2. untuk itu perlu adanya pembaharuan yang berusaha memberantas kejumudan. C. Umat Islam maju karena adanya persatuan dan kesatuan. akhirnya mengalami kekalahankekalahan di tangan Barat.hasil dari kontak yang terjadi antara dunia Islam dengan Barat. untuk menciptakan negara dan masyarakat Islam modern di anak benua India. yang seratus tahun yang lalu masih merupakan masyarakat yang berada dalam kemunduran. 3. Maka untuk mempersatukan kembali umat Islam bangkitlah suatu gerakan pembaharuan.bahwa Islam tidak menentang kemajuan modern. terutama sekali ketika terjadinya peperangan antara kerajaan Usmani dengan negara-negara Eropa. karena adanya persaudaran yang diikat oleh tali ajaran Islam. Paham tauhid yang dianut kaum muslimin telah bercampur dengan kebiasaankebiasaan yang dipengaruhi oleh tarekat-tarekat. namun pembaharuan di bidang lain disertakan pula. pemujaan terhadap orang-orang yang suci dan hal lain yang membawa kepada kekufuran. Dengan adanya kontak ini umat Islam sadar bahwa mereka mengalami kemunduran dibandingkan dengan Barat. tidak mungkin mengalami kemajuan. 4. dan Iqbal dengan ide dinamikanya. Menurut mereka rahasianya terletak pada kekuatan militer modern yang dimiliki Eropa. 5 . yang biasanya tentara kerajaan Usmani selalu memperoleh kemenangan dalam peperangan. amat membantu bagi usaha-usaha Jinnah dalam menggerakan ummat Islam India. hal ini membuat pembesar-pembesar Usmani untuk menyelidiki rahasia kekuatan militer Eropa yang aru muncul. oleh karena itu selama umat Islam masih bersifat jumud dan tidak mau berfikir untuk berijtihad. umat Islam selalu berpecah belah. Sifat jumud membuat umat Islam berhenti berfikir dan berusaha. sehingga pembaharuan dipusatkan di dalam lapangan militer.

Umat Islam selalu berpecah belah. Sifat jumud membuat umat Islam berhenti berfikir dan berusaha. Setelah menyadari keterbelakangan peradabannya dibandingkan Peradaban barat. 2. Hasil dari kontak yang terjadi antara dunia Islam dengan Barat. Ahmad Khan. maka penulis menyarankan hendaknya umat islam kembali kepada ajaran Islam yang sebenarnya dan meninggalkan ajaranajaran yang menyimpang untuk mencapai kebangkitan yang sempurna. Saran – Saran Berdasarkan pembahasan diatas. B. Diantara hal – hal yang melatar belakangi pembaharuan dalam islam antara lain : a. Kesimpulan Berdasarkan pembahasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa : 1. Jamaludin Al Afghani. d. umat Islam menyadari keterbelakangan peradabannya dibandingkan barat. 6 . sehingga sulit untuk maju. Muhammad Iqbal dan Muhammad Ali Jinnah 3. c. diantaranya : Muhammad Abduh. pemujaan terhadap orang-orang yang suci dan hal lain yang membawa kepada kekufuran.BAB III PENUTUP A. maka lahirlah pemikir – pemikir islam yang mengungkapkan gagasan – gagasanya tentang kebangkitan dan pembaharuan islam di asia. Paham tauhid yang dianut kaum muslimin telah bercampur dengan kebiasaankebiasaan yang dipengaruhi oleh tarekat-tarekat. Seiring dengan adanya interaksi dengan peradaban Barat di abad ke-18. kebangkitan Islam Asia tenggara pada abad ke-19 hingga 21 adalah sebuah fenomena global. b.

Abdul. Mundzirin dkk (ed). Yatim.1992. PT. harun. Sejarah Peradaban Islam : Dirasah Islamiyah II. Bulan Bintang . Pustaka Book Publisher : Yogyakarta. Sejarah Peradaban Islam : Dari Masa Klasik Hingga Modern.2008. Yogyakarta. LESFI . Jakarta. Pembaharuan Dalam Islam : Sejarah Pemikiran dan Gerakan. 7 . Pustaka : Yogyakarta. Sejarah Peradaban Islam di Indonesia. Yusuf. Karim. Nasution. Dudung.cetakan kedua. Raja Grafindo Persada : Jakarta.Daftra Pustaka Abdurrahman. 2006.2004. M. Sejarah Pemikiran dan Peradaban Islam. 2007. Badri.