ACTIVE MARGIN AND PASSIVE MARGIN

Tugas Analisis Cekungan

oleh
Nama : Putri Turnip
NPM : 270110120155
Kelas A

FAKULTAS TEKNIK GEOLOGI
UNIVERSITAS PADJADJARAN
JATINANGOR
2015

1. ACTIVE MARGIN
: Active margin terdapat pada batas tepi benua ( active boundary ), dimana pada
batas tepi benua tersebut dipengaruhi oleh proses-proses akibat adanya
“subdaction zone” atau sebagai akibat adanya strike slip fault. Hal ini ditandai
oleh adanya ‘uplift’ , busur magmatik pada kerak benua dan island arc di kerak
samudra yang saling berinteraksi pada subduction zone, dimana daerah tersebut
merupakan daerah-daerah active margin. Contoh daerah active margin adalah
daerah Samudera Pasifik dan bagian Timur Samudera India.

serta terbentuknya aktivitas magmatisme. Active Margin .Active Margin dan distribusi dari active margin di dunia Daerah active margin adalah daerah yang tidak stabil. ataupun pegunungan patahan/lipatan akibat besarnya intensitas gaya-gaya endogen yang terjadi. Pada tepi batas lempeng inilah daerah rawan gempa. seperti pembentukkan rangkaian jalur gunung api. banyak terjadi proses deformasi yang dipengaruhi oleh proses kompresional pada zona subduction serta aktifnya kegiatan vulkanisme di daerah ini. karena menjadi pertemuan antara lempeng-lempeng yang saling bergerak satu sama lain.

Daerah passive margin adalah daerah yang relatif stabil. PASSIVE MARGIN : Passive margin adalah suatu daerah dimana tidak ada lagi tanda-tanda dari adanya pergerakkan “strike slip fault” atau aktivitas tektonik yang dipicu oleh “ subduction zone”. Salah satu contoh mature passive margin adalah estuarine. Africa. Passive margin terdapat di samudra dan continental boundary . Terdapat juga di pantai Timur Amerika Utara . Greenland . Ada berbagai macam tipe dari passive margin yang diklasifikasikan berdasarkan:  Geometri dari formasi / map-view formation geometry (rifted. Eropa barat. Amerika Selatan. dan Asia Timur. karena pada umumnya merupakan hasil dari rifting yang telah mengalami spreading hingga ke tepi benua ( continent ) yang didahului oleh adanya proses rifting di daerah Mid Oceanic Ridge ( Gambar 2 ). and transtensional)  Asal dari transitional crust ( vocanic/ non volcanic ) . Daerah-daerah passive margin dapat diemukan di Atlantic Ocean. Arctic Ocean Samudera India bagian barat . India. dan Australia.2. Coastal plain didominasi oleh fluvial process. sedangkan continental shelf di dominasi oleh proses deltaic dengan proses longshore current. Distribusi dari daerah-daerah passive margin dibandingkan dengan distribusi plate boundary di dunia Passive margin terdiri dari onshore coastal plain dan offshore continental shelf. sheared.

sedimentation. and migration. Morfologi passive margin Tipe – tipe cekungan . and abyssal plain. active subsidence. Proses-prose yang sangat aktif terjadi pada daerah passive margin antara lain. Bentuk-bentuk morfologi dari passive margin merupakan cerminan dari transitional crust dan sedimentasi di atasnya. continental slope. growth faulting. pore fluid formation. Apakah transitional crust memperlihatkan perubahan yang menerus dari normal continental dan normal oceanic crust atau apakah pergerakannya termasuk dalam “isolated rift” atau stranded continental blocks  Proses sedimentasi Morfologi dari passive margin sendiri secara umum terbagi menjadi continental shelf. continental rise.

com/2014/04/22/ringkasan-cekungansedimen-based-on-sam-boggs-jr-2nd-vol/ https://millilight.com/2012/12/31/tepi-benua-continental-margin/ .html https://gprgindonesia.com/academy/lesson/active-passive-continental-margins.wordpress.Daftar Pustaka http://study.wordpress.