You are on page 1of 9

PENDIDIKAN KESEHATAN

GAGAL JANTUNG KONGESTIF

Mengetahui tindakan pengobatan pada penyakit gagal jantung kongestif di Rumah Sakit . Mengetahui tentang penyakit gagal jantung kongestif 2.APA SIH TUJUANNYA MENGIKUTI PENDIDIKAN KESEHATAN Tujuan Secara Umum Setelah mengikuti penyuluhan kesehatan keluarga pasien diharapkan dapat mengerti tentang penyakit gagal jantung kongestif dan tindakan pengobatan di Rumah Sakit Tujuan secara Khusus Setelah mengikuti penyuluhan selama 25 menit diharapkan mampu: 1. Mengetahui tentang etiologi/Penyebab penyakit gagal jantung kongestif 3.

yang mengganggu kemampuan ventrikel (bilik jantung) untuk mengisi dan mengeluarkan darah ke sirkulasi. baik pada saat istirahat atau saat aktivitas) yang disebabkan oleh kelainan struktur atau fungsi jantung. .PENGANTAR Gagal jantung atau payah jantung adalah sindrom klinis (sekumpulan tanda dan gejala) ditandai oleh sesak napas (dispneu) dan mudah lelah (fatigue).

APAKAH GAGAL JANTUNG KONGESTIF ITU???? Gagal Jantung Kongestif adalah suatu kondisi dimana jantung tidak secara mampu memompa darah untuk memenuhi kebutuhan tubuh (Black. 2009) .

MENGAPA GAGAL JANTUNG KONGESTIF DAPAT TERJADI??? .

Gagal jantung dapat disebabkan oleh:      Penyakit darah tinggi Penebalan pada pembuluh darah di jantung Infeksi pada jantung Gaya Hidup yang tidak sehat Kekurangan Sel Darah Merah (Anemia) BAGAIMANA PENGOBATAN PADA GAGAL JANTUNG KONGESTIF??? .

Tujuan Pengobatan: Memperlambat perkembangan penyakit dan perkembangan gagal jantung  Diberikan oksigen  Istirahat yang cukup/aktivitas dibatasi  Diberikan obat untuk menguatkan kerja otot jantung: digitalis misalnya Digoxin  Diberikan makanan yang rendah garam  Diberikan obat untuk memperlancar air kencing agar bengkak berkurang. misalnya Lasix .

.

SEKIAN DAN TERIMAKASIH SEMOGA BERMANFAAT .