You are on page 1of 35

PETUNJUK PENULISAN

PROPOSAL DAN SKRIPSI

JURUSAN TEKNIK GEOLOGI
FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS GAJAH MADA
YOGYAKARTA
2014

DAFTAR ISI
Daftar Isi

ii

I.

Pengantar

1

II.

Proposal Skripsi

1

A. Bagian Awal

1

B. Bagian Utama

2

C. Bagian Akhir

4

Skripsi

6

A. Bagian Awal

6

B. Bagian Utama

9

C. Bagian Akhir

11

Tata Cara Penulisan

13

A. Bahan dan Ukuran

13

B. Pengetikan

13

C. Penomeran

16

D. Tabel (daftar) dan Gambar

16

E. Bahasa

18

F. Penulisan Nama

19

G. Catatan Kaki, Istilah Baru dan Kutipan

21

III.

IV.

V.

Lampiran
1. Contoh halaman judul usulan penelitian

22

2. Contoh halaman persetujuan

23

3. Contoh cara penunjukan sumber pustaka

24

4. Contoh daftar pustaka

26

5. Contoh halaman sampul depan

30

6. Contoh halaman pengesahan

31

7. Contoh halaman pernyataan bebas plagiarisme

32

ii

Jurusan Teknik Geologi FT UGM

I. Pengantar
Skripsi merupakan karya tulis yang harus dipersiapkan mahasiswa secara ilmiah
dan sebagai karya tulis ilmiah dari hasil penelitian yang mandiri untuk memenuhi
persyaratan memperoleh gelar pendidikan S1 (sarjana). Untuk memperoleh
keseragaman dalam penulisan, maka diadakan Petunjuk Penulisan Usulan Penelitian
dan Skripsi. Petunjuk ini menyajikan cara penulisan usulan penelitian (proposal
skripsi) dan skripsi.

II. Usulan Penelitian (Proposal Skripsi)
A. Bagian Awal
Bagian awal memuat halaman judul dan halaman persetujuan.

1. Halaman Judul
Halaman judul memuat nama institusi, judul, jenis tulisan ilmiah,
lambang UGM, nama dan nomor mahasiswa, dan waktu pengajuan (lihat
Lampiran 1).
a. Instansi yang dituju ialah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
Universitas Gadjah Mada, Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Geologi.
b. Judul penelitian dibuat sesingkat-singkatnya, jelas, dan menunjukan
secara tepat pokok masalah yang akan diteliti, serta tidak membuka
peluang penafsiran yang beragam.
c. Jenis tulisan ilmiah adalah proposal skripsi.
d. Lambang UGM berbentuk lingkaran dengan diameter 5,5 cm.
e. Nama mahasiswa ditulis secara lengkap, tidak boleh disingkat. Di bawah
nama dicantumkan nomor mahasiswa.
f. Waktu pengajuan ditunjukkan dengan menuliskan bulan dan tahun di
bawah Yogyakarta.

Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi - 1

calon pembimbing pendamping. b. a. dan faedah yang dapat diharapkan. dan perlu dilakukan penelitian. atau dinyatakan dengan tegas perbedaan penelitian yang sedang berlangsung dengan penelitian yang sudah pernah dilaksanakan. tinjauan pustaka. penting. Kecuali dapat diuraikan kedudukan masalah yang akan diteliti itu dalam lingkup permasalahan yang lebih luas. cara penelitian. Perumusan maslah memuat penjelasan mengenai alasan-alasan mengapa masalah yang dikemukakan dalam usulan penelitian itu dipandang menarik. Halaman Persetujuan Halaman ini berisi persetujuan calon pembimbing utama. keaslian penelitian. Tujuan Penelitian Dalam bagian ini disebutkan secara spesifik tujuan yang ingin dicapai. Keaslian penelitian dikemukakan dengan menunjukan bahwa masalah yang dihadapi belum pernah dipecahkan oleh peneliti terdahulu. tujuan penelitian.Jurusan Teknik Geologi FT UGM 2. dan para penguji lain (dosen wali akademik dan dosen penguji serumpun) lengkap dengan tanda tangan dan tanggal persetujuan (lihat Lampiran 2). 1. 2. dan jadwal penelitian. Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi . B. Bagian Utama Bagian utaman usulan penelitian memuat latar belakang. Latar Belakang Latar belakang berisi perumusan masalah. Faedah yang dapat diharapkan ialah faedah bagi perkembangan ilmu Geologi dan aspek terapannya. landasan teori. c. hipotesis.2 .

Kondisi dan tataan geologi daerah penelitian maupun regional dipaparkan dalam bab ini. Dalam penyajian ini hendaknya ditunjukkan bahwa permasalahan yang akan diteliti belum terjawab atau belum terpecahkan secara maksimal.Jurusan Teknik Geologi FT UGM 3.3 . Tinjauan Pustaka Tinjauan pustaka memuat uraian sistematis tentang hasil-hasil penelitian yang idapat oleh peneliti terdahulu dan memiliki hubungan dengan penelitian yang akan dilakukan. alat. Landasan Teori Landasan teori dijabarkan dari tinjauan pustaka dan disusun sendiri oleh mahasiswa sebagai tuntunan untuk memecahkan masalah penelitian dan untuk merumuskan hipotesis. model matematis. 5. Landasan teori dapat berbentuk uraian kualitatif. Fakta-fakta yang dikemukakan diambil dari sumber aslinya. 6. jalan penelitian. Contoh cara penunjukan sumber pustaka tertera pada Lampiran 3. sehingga tidak ada pencampuran antara data dan interpretasi geologi oleh peneliti terdahulu. variable dan data yang akan dikumpulkan dan analisis hasil. Cara Penelitian Cara penelitian mengandung uraian tentang bahan atau materi penelitian. Semua sumber yang digunakan harus disebutkan dengan mencantumkan nama penulis dan penerbit. Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi . Data dan interpretasi geologi harus disitir dengan hati-hati dan dinyatakan dengan jelas. atau persamaan-persamaan yang langsung berkaitan dengan bidang ilmu yang diteliti. Hipotesis Hipotesis memuat pernyataan singkat yang disimpulkan dari landasan teori atau tinjauan pustaka dan merupakan jawaban sementara terhadap masalah yang dihadapi. dan masih harus dibuktikan kebenarannya. 4.

Tahap-tahap penelitian b. yaitu materi penelitian yang telah dikumpulkan oleh pihak lain (perusahaan industri. atau individu peneliti lain) namun masih harus diolah dan dianalisis oleh peneliti.4 . dapat berujud sampel batuan. serpih pemboran (cutting). Waktu yang diperlukan untuk melaksanakan setiap tahap Jadwal penelitian dapat disajikan dalam bentuk matriks atau uraian. data pemboran (drilling report). Bahan penelitian dapat berupa: (i) data primer. Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi . Alat yang dipakai untuk menjalankan penelitian harus diuraikan dengan jelas dan disertai dengan gambar dan keterangan-keterangan. dan sejenisnya. 7. Bahan atau materi penelitian harus dikemukakan dengan jelas dan disebutkan sifat-sifat atau spesifikasi yang harus ditentukan. dapat berupa data geologi bawah permukaan seperti data seismik. d. mineral. conto inti (core). data sumuran (well-logging). c. institusi riset. (ii) data sekunder. dan sejenisnya. data citra penginderaan jauh. fosil. Jalan penelitian memuat uraian yang cukup detail tentang cara melaksanakan penelitian dan mengumpulkan data. yaitu bahan yang dikumpulkan sendiri oleh peneliti. Rincian kegiatan pada setiap tahap c. b. Bagian Akhir Bagian akhir terdiri atas daftar pustaka dan lampiran (jika memiliki). C. Jadwal Penelitian Dalam jadwal penelitian ditunjukkan: a.Jurusan Teknik Geologi FT UGM a. Analisis hasil mencakup uraian tentang model dan cara menganalisis.

Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi . misalnya kuesioner atau peta yang dicetak besar. Contoh penulisan daftar pustaka terdapat pada Lampiran 4. dan sifatnya hanya melengkapi usulan penelitian. Daftar Pustaka Daftar pustaka hanya memuat pustaka yang diacu dalam usulan penelitian dan disusun ke bawah menurut abjad nama akhir penulis pertama. Lampiran Jika memiliki lampiran harus menyertakan keterangan atau informasi yang diperlukan pada pelaksanaan penelitian. 2.Jurusan Teknik Geologi FT UGM 1.5 .

dan tahun penyelesaian skripsi (lihat Lampiran 5). Bagian Utama.5 cm.Jurusan Teknik Geologi FT UGM III.6 . yaitu Bagian Awal. arti lambang dan singkatan. Halaman judul Halaman judul berisi tulisan yang sama dengan halaman sampul depan. Tahun penyelesaian skripsi ialah tahun ujian skripsi terakhir dan ditempatkan dibawah Yogyakarta. Universitas Gadjah Mada. skripsi juga terdiri dari tiga bagian. f. jenis karya ilmiah. Jenis karya ilmiah adalah skripsi. Nomor mahasiswa dicantumkan dibawah nama. Nama Mahasiswa yang mengajukan skripsi ditulis lengkap. A. e. judul. daftar isi. lambang UGM. Lambang UGM berbentuk lingkaran dengan diameter 5. halaman judul. tetapi diketik diatas kertas putih. Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi . daftar lampiran. dan intisari. 1. prakata. akan tetapi memiliki isi yang lebih luas. Nama instansi ialah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. a. SKRIPSI Sama halnya denagn usulan penelitian. halaman pengesahan. Fakultas Teknik. nama dan nomor mahasiswa. Halaman sampul depan Halaman sampul depan memuat nama institusi. dan Bagian Akhir. daftar tabel. c. d. tidak boleh disingkat. Bagian Awal Bagian awal mencakup halaman sampul depan. daftar gambar. Judul skripsi dibuat sesingkat-singkatnya seperti yang sudah diuraikan pada Proposal Skripsi. b. Jurusan Teknik Geologi. 2.

sub judul. Contoh halaman pengesahan terdapat pada Lampiran 6. 7. Dalam prakata tidak terdapat hal-hal yang bersifat ilmiah. Nama-nama pihak yang diberikan ucapan terima kasih hendaknya ditulis secara formal. Tetapi jika hanya terdapat beberapa tabel maka tidak dibutuhkan daftar tabel.Jurusan Teknik Geologi FT UGM 3. harus dimasukkan pula dalam daftar isi. 5. Bila terdapat lampiran. maka diperlukan daftar tabel yang memuat urutan judul tabel beserta dengan nomor halamannya. 4. Halaman pernyataan Halaman ini berisi pernyataan bahwa isi skripsi bukan merupakan hasil jiplakan serta bukan juga hasil karya orang lain. Ucapan terima kasih hendaknya diurutkan sesuai dengan kontribusi dan keterlibatan pihak yang dimaksud dalam pelaksanaan penelitian dan penyusunan Skripsi. Daftar isi Daftar isi dimaksudkan untuk memberikan gambaran secara menyeluruh tentang isi skripsi dan sebagai petunjuk bagi pembaca yang ingin langsung melihat suatu bab atau anak sub judul. baik lampiran terikat maupun lampiran lepas.7 . Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi . penjelasanpenjelasan. Di dalam daftar isi tertera urutan judul. 6. Halaman pengesahan Halaman ini memuat tanda tangan para pembimbing dan para penguji. Daftar tabel Jika dalam skripsi terdapat banyak tabel (daftar). anak sub judul disertai dengan nomor halamannya. dan tanggal ujian. dan ucapan terima kasih. Contoh pernyataan terdapat pada Lampiran 7. Prakata Prakata mengandung uraian singkat tentang maksud sripsi.

MPa. α) dan singkatan (misal µg. Pemberian nomor halaman bersifat terpisah dari draft Skripsi. cara diperaskan dari jalan penelitian. dan merupakan uraian singkat tetapi lengkap tentang tujuan penelitian. 11. Intisari (abstract) Intisari ditulis dalam 2 bahasa. yaitu lampiran yang tidak dijilid dalam draft Skripsi. Ω. 9. yaitu lampiran yang dijilid bersama dengan draft Skripsi dan ditempatkan setelah halaman terakhir Daftar Pustaka. umumnya diletakkan dalam kantong yang menempel pada halaman dalam sampul belakang. Daftar gambar Daftar gambar berisi urutan judul gambar dan nomor halamannya. bila dalam laporan dipergunakan banyak simbol (misal µ. Daftar lampiran Sama halnya dengan daftar tabel dan daftar gambar. dan hasil penelitian. hasil penelitian dan kesimpulan. sama persyaratannya dengan daftar tabel. umumnya intisari terdiri dari tiga alinea dan jumlahnya tidak melebihi 300 kata. Tujuan penelitian disarikan dari tujuan penelitian pada pengantar. Lampiran terdiri dari 2 jenis: (i) Lampiran terikat. yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Karena itu. (ii) Lampiran lepas. jtl). 10. Perlu tidaknya suatu daftar gambar tersendiri. ppm.Jurusan Teknik Geologi FT UGM 8. Pemberian nomor halaman masih mengikuti dan melanjutkan halaman draft Skripsi. Arti lambang/simbol ilmiah dan singkatan Arti lambang/simbol ilmiah dan singkatan berupa daftar lambang/simbol ilmiah dan singkatan yang digunakan dalam skripsi disertai dengan arti dan satuannya.8 . cara. Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi . daftar lampiran dibuat bila skripsi dilengkapi dengan lampiran yang banyak dan isinya ialah urutan judul lampiran dan nomor halaman.

Pendahuluan Bab pendahuluan memuat latar belakang dan tujuan penelitian. singkat. kesimpulan dan saran. 1. Kajian terhadap kondisi dan tataan geologi regional maupun daerah penelitian yang berdasarkan penelitian terdahulu dan bersifat mendukung penelitian agar dipaparkan dengan baik. b. nama metode. bisa berupa nama daerah. Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi . Latar belakang dalam skripsi hampir sama dengan yang ada dalam proposal skripsi namun telah lebih diperluas. B. c. dan mungkin telah diperluas dan disempurnakan. 2.9 . keaslian penelitian. Sebab dalam latar belakang skripsi juga ada perumusan masalah.Jurusan Teknik Geologi FT UGM Bagian bawah intisari hendaknya dicantumkan kata kunci (key words) yang merupakan kata-kata penting dalam penelitian yang memudahkan pembaca dalam mengingat hasil penelitian. nama temuan. dan manfaat yang dapat diharapkan. Maksimum jumlah kata kunci adalah 5 kata. Landasan teori juga tidak berbeda dengan yang disajikan pada usulan penelitian. Tinjauan pustaka isinya hampir sama dengan yang dikemukakan pada usulan penelitian. b. Bagian Utama Bagian utama skripsi mengandung bab-bab: pendahuluan. tinjauan pustaka. Tinjauan Pustaka a. Tujuan penelitian juga sama dengan yang sudah disajikan dalam proposal skripsi. hasil penelitian dan pembahasan. dan jelas hubungannya dengan penelitian. cara penelitian. a. dan mungkin telah diperluas dengan keteranganketerangan tambahan yang dikumpulkan selama pelaksanaan penelitian.

Hasil penelitian sedapat-dapatnya disajikan dalam bentuk daftar (tabel). foto. kesulitan-kesulitan dan cara pemecahannya.10 . cara penyiapan. dan hampir sama dengan yang sudah dipaparkan pada usulan penelitian. termasuk apakah sifatnya data primer atau data sekunder (lihat Proposal Skripsi). Bahan atau materi penelitian harus dinyatakan spesifikasinya selengkaplengkapnya. kuantitatif. grafik. analisis hasil. berupa penjelasan teoritik. atau secara statistik. Kesulitan-kesulitan yang timbul selama penelitian dan cara pemecahannya perlu ditampilkan. baik secara kualitatif. d. c. 3. b. dan susunan kimia bahan yang dipakai. agar para peneliti yang akan berkecimpung dalam bidang penelitian yang sejenis terhindar dari hal-hal yang tidak menyenangkan.Jurusan Teknik Geologi FT UGM d. serta hasil penelitian. sifat fisis. 4. a. alat. termasuk cara mengumpulkan data dan jenisnya. Pembahasan Pembahasan tentang hasil yang diperoleh. atau bentuk lain. e. Hipotesis berisi uraian singkat yang dijabarkan dari landasan teori atau tinjauan pustaka. yang kemudian diperjelas dengan penjelasan atau narasi dalam teks. Alat yang dipergunakan untuk melaksanakan penelitian diuraikan secara jelas dan sedapat-dapatnya disertai ilustrasi (gambar). Hasil penelitian hendaknya dibandingkan dengan hasil penelitian sebelumnya dan diberikan Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi . Hal ini perlu dikemukakan agar peneliti lain yang ingin menguji ulang penelitian itu tidak sampai salah langkah. Untuk penelitian di laboratorium haruslah disebutkan asal. Jalan penelitian berupa uraian yang lengkap dan rinci tentang langkahlangkah yang telah diambil pada pelaksanaan penelitian. Cara dan Hasil Penelitian Pada cara penelitian terdapat uraian rincian tentang: bahan atau materi penelitian. jalan penelitian.

karena ukuran kertasnya lebih dari A3. Kesimpulan Kesimpulan dan saran harus dinyatakan secara terpisah. Lampiran dapat terdiri dari 2 jenis: (i) Lampiran terikat. atau maksimal dua kalinya (ukuran A3) yang dilipat ke arah dalam. yang ingin melanjutkan atau mengembangkan penelitian yang sudah diselesaikan. C. 2. Lampiran terikat dibuat dengan ukuran kertas yang sama dengan draft Skripsi. Lampiran Lampiran dipakai untuk menempatkan data atau keterangan lain yang berfungsi untuk melengkapi uraian yang telah disajikan dalam bagian utama skripsi. yaitu lampiran yang dijilid bersama dengan draft Skripsi dan ditempatkan setelah halaman terakhir Daftar Pustaka. Kesimpulan merupakan pernyataan singkat dan tepat yang dijabarkan dari hasil penelitian dan pembahasan untuk membuktikan kebenaran hipotesis. Lampiran lepas dilipat dengan rapi dengan ukuran lebih kecil dari A4 dan diletakkan dalam Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi . yaitu A4. b.Jurusan Teknik Geologi FT UGM penjelasan yang memadai mengenai perbandingan tersebut. yaitu lampiran yang tidak dapat dijilid dalam draft Skripsi. 1. (ii) Lampiran lepas. Saran dibuat berdasarkan pengalaman dan pertimbangan penulis. a.11 . Hal ini juga dilakukan terhadap bahasan kondisi dan tataan geologi regional maupun daerah penelitian. ditujukan kepada para penelitidalam bidang sejenis. 5. Saran tidak menjadi keharusan. Bagian Akhir Bagian akhir mengandung daftar pustaka dan lampiran. Daftar Pustaka Daftar pustaka disusun seperti pada usulan penelitian (Lampiran 4).

.judul skripsi. Setiap lembar lampiran lepas harus dicantumkan: .identitas penyusun (nama dan nomor mahasiswa). Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi . dan . .Jurusan Teknik Geologi FT UGM kantong yang menempel pada halaman dalam sampul belakang.tahun penyusunan skripsi.nama institusi (Jurusan Teknik Geologi FT UGM).12 .

Tata Cara Penulisan Tata cara penulisan meliputi bahan dan ukuran. b.Jurusan Teknik Geologi FT UGM IV. bilangan dan satuan. dan untuk seluruh naskah harus dipakai jenis huruf yang sama. bab dan sub bab. 1. Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi . penomoran. Sampul Sampul dibuat dari kertas buffalo atau yang sejenis. Naskah Naskah dibuat di atas kertas HVS 80g/m² dan tidak bolak-balik. A. 4. B. Naskah diketik dengan huruf Times New Roman 12 (12 huruf dalam 1 inci). 2. Bahan dan Ukuran Bahan dan ukuran mencakup naskah. warna sampul. pengetikan. jarak baris.13 . pengisian ruangan. dilaminating. sampul. daftar dan gambar. 1. 3. Warna sampul Warna sampul adalah biru tua. dan penulisan nama. batas tepi. alinea baru. permulaan kalimat. dan ukuran. Ukuran Ukuran naskah ialah 21 cm x 28 cm (A4). dengan judul dicetak dalam warna kuning emas. Jenis huruf a. perincian ke bawah. Khusus untuk keterangan gambar dan tabel dipergunakan huruf Times New Roman 10. dan letak simetris. Pengetikan Pada pengetikan disajikan jenis huruf.

atau hal-hal yang khusus. Pengisian ruangan Ruangan yang terdapat pada halaman naskah harus diisi penuh. Bilangan dan satuan a.5 mg). bukan titik (misal: berat sampel bubuk 50. - keterangan gambar dan tabel. g. kg. misalnya m. dan d. Tepi kanan : 3 cm. Tepi bawah : 3 cm. persamaan daftar. 2. artinya pengetikan harus dari batas tepi kiri sampai ke batas tepi kanan. - daftar tabel dan daftar gambar yang lebih dari 2 baris. b. 5. Huruf miring dipergunakan untuk kata atau kalimat dalam bahasa asing. Tepi atas : 4 cm. b. Jarak 1 spasi dipergunakan khusus untuk: - intisari dan abstract. Tepi kiri : 4 cm. Jarak baris a. dan jangan sampai ada ruang yang terbuang-buang kecuali kalau akan mulai dengan alinea baru. dan - daftar pustaka. b. c. 3. c. gambar. Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi . Jarak antara 2 baris kalimat dibuat 2 spasi. Bilangan diketik dengan angka (misal: 10 mm panjang). 4.14 . Satuan dinyatakan dengan singkatan resminya tanpa titik dibelakangnya. Bilangan desimal ditandai dengan koma. cal. ditinjau dari tepi kertas. diatur sebagai berikut: a. Batas tepi Batas-batas tepi pengetikan.Jurusan Teknik Geologi FT UGM c.

kecuali kata penghubung dan kata depan. Contoh: II. harus ditulis lengkap (misal: Sepuluh juta tahun).Jurusan Teknik Geologi FT UGM 6. atau rumus kimia yang memulai suatu kalimat. dan lain-lain a. Permulaan kalimat Bilangan. tanpa diakhiri titik. 7. Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi . Alinea baru Alinea baru dimulai pada ketikan yang ke-6 dari batas tepi kiri. Bab.2. Nomor anak sub bab mengikuti nomor sub bab dalam angka Arab. Tinjauan Stratigrafi Regional c. anak sub bab. Penggunaan garis penghubung (-) yang ditempatkan di depan rincian tidaklah dibenarkan. Sub bab ditulis dari tepi kiri. dan tanpa diakhiri dengan titik. Contoh: BAB I PENDAHULUAN b. Sub bab diberi nomor dalam angka Arab mengikuti nomor bab dalam angka Romawi. 8. hanya huruf pertama saja yang berupa huruf besar. Hasil interpretasi seismik 3 dimensi 9. Sub bab ditulis dengan huruf pertama kapital. dicetak tebal (bold). tanpa diakhiri titik. Anak sub bab diketik mulai dari batas tepi kiri. tidak dicetak tebal. pakailah nomor urut dengan angka atau huruf yang sesuai dengan derajat rincian. Bab ditulis dengan huruf besar (kapital).4. Contoh: IV.2. dicetak tebal (bold). sub bab.15 . Rincian ke bawah Jika pada penulisan naskah ada rincian yang harus disusun ke bawah. Bab ditulis di tengah halaman dan diberi nomor bab dalam angka Romawi. lambang.

Misalnya: CaSO4 + K2C3 = CaCo3 = K2SO4 (3) D. Nomor halaman ditempatkan di sebelah kanan atas. tabel (daftar). Nomor halaman diketik dengan jarak 3 cm dari tepi kanan dan 1. 2. Bagian awal laporan.5 cm dari tepi atas atau tepi bawah. 4.Jurusan Teknik Geologi FT UGM C. diberi nomor halaman dengan angka Romawi kecil. dan lain-lainnya dengan angka Arab di dalam kurung dan ditempatkan di dekat batas tepi kanan. Gambar Gambar dinomori dengan angka Arab. b. Tabel (daftar) dan Gambar 1. c. Persamaan Nomor urut persamaan yang berbentuk rumus matematis. dan persamaan. Tabel (daftar) a. tanpa diakhiri dengan titik. mulai dari pengantar (Bab I) sampai ke halaman terakhir. kecuali pada halaman judul bab nomornya ditulis di sebelah kanan bawah. Nomor tabel yang diikuti dengan judul diketik dengan ukuran huruf 10. gambar. memakai angka Arab sebagai nomor halaman. reaksi kimia. mulai dari halaman judul sampai ke intisari.16 . Penomoran Bagian ini dibagi menjadi penomoran halaman. Tabel (daftar) Tabel (daftar) diberi nomor urut dengan angka Arab. Bagian utama dan bagian akhir. Judul tabel ditempatkan simetris di atas tabel Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi . 3. Halaman a. 1. d.

Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi .Jurusan Teknik Geologi FT UGM bila hanya terdiri dari 1 baris. Di atas dan di bawah tabel diberi spasi 1. Tabel diketik simetris. 2. Apabila judul tabel melebihi 2 baris. Gambar a. Nomor gambar yang diikuti dengan judul diketik dengan ukuran huruf 10. kecuali kalau memang panjang. Tabel yang menempati kertas berukuran lebih dari dua halaman atau yang harus dilipat. Contoh: Gambar 2. grafik. g. Model ketinggian digital Gorontalo Gambar 5. sehingga tidak memungkinkan untuk diketik pada satu halaman. dan foto semuanya disebut gambar (tidak dibedakan). Distribusi gunungapi di Jawa Tengah Tabel 6. f. sehingga harus dibuat memanjang kertas (lay-out landscape). maka ditulis penuh dari tepi kiri dan diberi indentasi mulai baris kedua. Bagan. Kolom-kolom diberi nama dan dijaga agar pemisahan antara yang satu dengan yang lainnya cukup tegas. Tabel tidak boleh dipenggal. tanpa judul.17 . maka bagian atas tabel harus diletakkan di sebelah kiri kertas. Hubungan antara mekanisme longsoran tipe nendatan dan rayapan terhadap kemiringan batuan kedap air b. ditempatkan pada lampiran. agar terpisah dari uraian pokok dalam makalah. e. Sebaran kawasan hunian rawan bencana gempabumi Kabupaten Bantul dan lingkaran jarak horisontal dari titik pusat gempabumi 27 Mei 2006 c. Contoh: Tabel 3. maka ditulis penuh dari tepi kiri dan diberi indentasi mulai baris kedua. b. Judul gambar ditempatkan simetris di bawah gambar bila hanya terdiri dari 1 baris. Jika tabel lebih lebar dari ukuran lebar kertas. peta. Pada halaman lanjutan tabel dicantumkan nomor tabel dan kata lanjutan. Apabila judul gambar melebihi 2 baris. Contoh: Tabel 6 (lanjutan) c. Gambar tidak boleh dipenggal. d.

Bagan dan grafik dibuat dengan tinta hitam. saya diganti dengan penulis. Istilah a. Skala pada grafik harus dibuat agar mudah dipakai untuk mengadakan interpolasi atau ekstrapolasi. Bahasa yang dipakai Bahasa yang dipakai ialah bahasa Indonesia yang baku (ada subyek dan predikat. ditambah dengan obyek dan keterangan). f. Ukuran gambar (lebar dan tingginya) diusahakan supaya sewajarnya (jangan terlalu kurus atau terlalu gemuk). Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi . Bila gambar dilukis melebar sepanjang tinggi kertas. Pada penyajian ucapan terima kasih pada prakata. 3. kita. Bentuk kalimat Kalimat-kalimat tidak boleh menampilkan orang pertama dan orang kedua (saya. Keterangan gambar dituliskan pada tempat-tempat yang lowong di dalam gambar dan jangan pada halaman lain. Istilah yang dipakai ialah istilah Indonesia atau yang sudah diindonesiakan. Letak gambar diatur supaya simetris E. i. maka bagian atas gambar harus diletakkan disebelah kiri kertas. aku. Jika dipaksakan harus memakai istilah asing. kami. tuliskan kata atau kalimat tersebut dalam cetak miring (italic). g. b. h. 2. tetapi dibuat dalam bentuk pasif. e.18 . engkau. Bahasa 1.Jurusan Teknik Geologi FT UGM d. dan lainnya). dan supaya lebih sempurna.

Whitford. Anomali negatif gayaberat ke arah timur (Sandwell dan Smith.A. Kata depan. Menurut Hall (2002) … b.L. 1980) … Contoh c berjumlah 4 orang penulis. daftar pustaka.19 . Dalam bahasa Indonesia bentuk yang demikian tidaklah baku dan jangan dipakai. misalnya diletakkan di depan subyek (merusak susunan kalimat). Nama penulis yang diacu dalam uraian Penulis yang tulisannya diacu dalam uraian dalam uraian hanya yang disebutkan nama akhirnya saja. D. Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi . seperti sehingga.J. Tanda baca harus dipergunakan dengan tepat. Taylor. d. dan kalau lebih dari 2 orang. yaitu I. sering dipakai tidak pada tempatnya. 1. Harris. Nicholls. nama dengan garis penghubung. dan nama yang diikuti dengan singkatan. nama yang lebih dari satu suku kata. Kata dimana dan dari kerap kurang tepat pemakaiannya.Jurusan Teknik Geologi FT UGM 4. Penulisan Nama Penulisan nama penulis yang diacu dalam uraian. e. dan sedangkan. dan diperlakukan tepat seperti kata where dan of dalam bahasa Inggris. c. Komposisi rerata produk vulkanisme modern adalah andesit basaltis (Nicholls dkk. 1997) menerus ke arah Selat Madura … c. F. tidak boleh dipakai untuk memulai pada suatu kalimat. hanya nama akhir penulis pertama yang dicantumkan diikuti dengan dkk atau et al. Awalan ke dan di harus dibedakan dengan kata depan ke dan di. a. Kata penghubung. misalnya pada. Kesalahan yang sering terjadi a. K. b. dan B.

saja. Contoh: Nicholls. I. atau nama akhir diikuti dengan suku kata nama depan tengah dan seterusnya. Harris.I. Nama penulis lebih dari satu suku kata Jika nama penulis terdiri dari 2 suku kata atau lebih. W. yang semuanya diberi titik. Awang Harun. Dickinson ditulis Dickinson. dan tidak boleh hanya penulis pertama ditambahkan dkk atau et al. I. b.I. D. Nama yang diikuti dengan singkatan Nama yang diikuti dengan singkatan. tengah dan seterusnya.L. Miwardi A. Nama penulis yang diacu dalam daftar pustaka Dalam daftar pustaka.A. dan Taylor... 1980 . Contoh: a. Awang Harun Satyana ditulis Satyana A. S.. dianggap bahwa singkatan itu menjadi satu dengan suku kata yang ada di depannya. Tidak boleh hanya: Nicholls.. semua penulis harus dicantumkan namanya..A.. Sam Boggs Jr. ditulis Miwardi A.Jurusan Teknik Geologi FT UGM 2. cara penulisannya adalah nama akhir diikuti dengan koma.. Nama dengan garis penghubung Kalau nama penulis dalam sumber aslinya ditulis dengan garis penghubung di antara dua suku katanya. b.H. Contoh: Soeria-Atmadja ditulis Soeria-Atmadja. William R. maka keduanya dianggap sebagai satu kesatuan. singkatan nama depan.A..R. B. I. 5. 3..20 . Contoh: a. dkk atau Nicholls. 4. Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi . et al. atau Satyana. Whitford.J. ditulis Boggs Jr. K.

Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi . Kalau banyak sekali penggunaan istilah baru. Istilah Baru Istilah-istilah baru yang belum dibakukan dalam bahasa Indonesia dapat digunakan asal konsisten.Jurusan Teknik Geologi FT UGM G. Pada penggunaan yang pertama kali perlu diberikan padanannya dalam bahasa asing (tanda dalam kurung). Catatan Kaki.21 . Diketik menjorok ke dalam (indentasi). kalau lebih dari 3 baris. dan kalau kurang dari 3 baris. namun boleh dibahas sesuai dengan kata-kata penulis. diketik satu spasi. sebaiknya dibuatkan daftar istilah di belakang. Tidak diterjemahkan. Kutipan Kutipan ditulis dalam bahasa aslinya. Istilah Baru dan Kutipan 1. 3. 2. dua spasi. Catatan Kaki Tidak diperkenankan menggunakan catatan kaki.

LAMPIRAN .

Contoh halaman judul dan usulan penelitian KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS GADJAH MADA FAKULTAS TEKNIK JURUSAN TEKNIK GEOLOGI GEOLOGI DAN POSISI STRATIGRAFI PITHECANTHROPUS HOMOSOLOENSIS DI KAB.1. BLORA-JAWA TENGAH MELALUI PENERAPAN METODE … Proposal Skripsi diajukan oleh: Nama Nomor Mahasiswa Yogyakarta November. 2014 22 .

Penguji.2. 23 . Calon Pembimbing Utama Calon Pembimbing Pendamping Nama Dosen NIP Dosen Nama Dosen NIP Dosen Penguji. NIP ………………………. Blora-Jawa Tengah melalui Penerapan Metode … yang dipersiapkan dan disusun oleh nama mahasiswa nomor mahasiswa telah dipresentasikan di depan Dewan Penguji pada tanggal 1 November 2014 dan dinyatakan telah diperbaiki sesuai hasil ujian proposal Susunan Tim Penguji Ketua Penguji. Contoh halaman persetujuan Proposal Skripsi Geologi dan Posisi Stratigrafi Pithecanthropus Homosoloensis di Kab. Nama Dosen NIP Dosen Nama Dosen NIP Dosen Yogyakarta. 17 November 2014 Sekretaris Bidang Akademik Jurusan Teknik Geologi FT UGM ………………………………. Dosen Wali Akademik Penguji.

dan berasal dari lapisan Pleistosen Tengah”. lembah Bengawan Solo fosil Pithecanthropus Robustus ditemukan oleh Weidenreich dan Von Koenigswald (1939)”. Jawa Timur. maka kedua-duanya harus dicantumkan. Contoh cara penunjukan sumber pustaka Penunjukan sumber pustaka dalam uraian.3. dapat dijalankan sebagai berikut : a) Nama penulis pada bagian permulaan kalimat “Menurut Von Koeningswald (1933) makhluk ini lebih tinggi tingkatannya dibandingkan dengah Pithecanthropus Erectus”.. d) Penulis 2 orang Jika penulis terdiri atas 2 orang. c) Nama penulis pada bagian akhir kalimat “Di Trinil. 2008)”. b) Nama penulis pada bagian tengah kalimat “Fosil ini ditemukan oleh Eugene Dubois pada tahun 1890 di desa Trinil. 2008)”. e) Penulis lebih dari 2 orang Kalau penulis terdiri lebih dari 2 orang. maka yang dicantumkan hanya penulis pertama diikuti dengan dkk atau et al. “Weidenreich dan Von Koenigswald menemukan fosil Pithecanthropus Robustus pada tahun 1939 di Trinil. “Tahap akhir vulkanisme Pegunungan Selatan ditandai dengan erupsi Semilir (Smyth dkk. “Tahap akhir vulkanisme Pegunungan Selatan ditandai dengan erupsi Semilir (Smyth et al. Ngawi. lembah Bengawan Solo”. 24 .

g) Pengutipan dari sumber kedua Pengutipan dari sumber kedua harus menyebutkan nama penulis aslinya dan nama penulis yang buku atau majalahnya dibaca: “Van Leeuwen dan Muhardjo (2005) menunjukkan hasil penanggalan zirkon di Komplek Malihan Malino pada kisaran umur yang sama (Smyth dkk.f) Yang diacu lebih dari 2 sumber 1. 2006)”. 2. aktivitas vulkanisme di Busur Sunda dan Busur Banda berakhir pada akhir Miosen Tengah”. Jika penulis tidak masuk dalam uraian. Kalau nama penulis masuk dalam uraian. maka antara sumber-sumber itu dipasang tanda titik koma. Hall. Dalam hal ini yang terdapat dalam daftar pustaka hanyalah tulisan Smyth dkk (2008). 2008)”.. dengan urutan tahun publikasi dari yang tertua hingga termuda: “Menurut Hall (2002) serta Macpherson dan Hall (2002). 2000. yaitu dalam van Leeuwen dan Muhardjo (2005). 2002. semua sumber disebutkan. dengan urutan tahun publikasi dari yang tertua hingga termuda: “Proses subduksi di Palung Sunda dimulai pada Eosen Tengah ketika Benua Australia mulai bergerak dengan cepat ke arah utara (Müller et al. Schellart et al. Sedapat-dapatnya yang dibaca ialah sumber aslinya. 25 ..

The application of tephrochronology in Iceland. J. J. State University of New York. R. M. and Martínez Catalán. S. d) Program komputer (software) Lahr. Karmosky. Introduction to the Petroleum Geology of the North Sea (third edition): Oxford.S. 2007. Doordrecht.Zechstein. eds. San Francisco. J. 28th. and Schneider.. D. magnitude. D. P.B. AGU. http://www. Will a warmer west Antarctic also bring a wetter ice sheet?: Abstract C21E-07 presented at 2013 Fall Meeting. Upper Permian . S. D..P... McBride. 2005. 2011. Abstracts.109-134. W. Cambridge University Press. D.B. and Fisher. Shin. HYPOELLIPSE: A computer program for determining local earthquake hypocentral parameters.. b) Buku Allmendinger.M. p. 1990.. p. Oh.. Jr.ams.C.... 153–190.. Contoh daftar pustaka (mengacu pada Geological Society of America) a) Sari (abstrak) Fitzgerald.. Stony Brook.. 9–13 December.html. R.D. and Sparks. Taylor. 1989.. and first-motion pattern: U.. W. 1999.G.C.. in Self. J. Hatcher. Lindquist. Blackwell. H. 2013.4. Lee.W. c) Bab dalam buku Thorarinsson. N..W.. eds. Venkatarangan.R.J. Cardozo. C. Lampkin. 3DMA-Rock: A software package for automated analysis of rock pore structure in 3-D computed microtomography images: Department of Applied Mathematics and Statistics.. D.C.. 4-D Framework of Continental Crust: Geological Society of America Memoir 200. Uplift and formation of Transantarctic Mountains: Applications of apatite fission track analysis to tectonic problems: International Geological Congress. Geological Survey Open-File Report 99-23.. California.. and Prodanovic.. Structural Geology Algorithms: Vectors and Tensors in Structural Geology: New York. Washington. 26 . p..sunysb. 1. Reusch. S.M.P..B. in Glennie.C. 632 p. M. Tephra Studies: Reidel Publication Co.edu/~lindquis/3dma/ 3dma_rock/3dma_rock. 491.. 1981. 304 p.. K. UK... A. v. S.H. ed. Carlson.

1989.. p.gov/regional/qfaults/ (accessed June 2012). J. 27–36.A. and Shelly.. central Wyoming. W. J.. G. p. L.R.. American Geophysical Union. Dissolution and recrystallization in modern shelf carbonates: Evidence from pore water and solid phase chemistry: Royal Society of London Philosophical Transactions.. v. doi:10. and Hsieh.C. Modern average global sea-surface temperature: U. h) Artikel dalam jurnal daring (online journal) Balco. 2006.M... Stone. 232. 1993. Ohta. g) Artikel dalam jurnal luring (offline journal atau jurnal cetak) Coogan. D.C. Ide. v. U. and Mason.. 28th. doi:10. Patterson. ser. Numerical ages for PlioPleistocene glacial sediment sequences by 26 Al/10Be dating of quartz in buried paleosols: Earth and Planetary Science Letters.A.R. Geological Survey Digital Data Series DDS-10.e) Basis data (database) Schweitzer. v. D.P.A.12.. p.. 179–191..S. Wyoming Sedimentation and Tectonics: Wyoming Geological Association.. S.. Field Trip Guidebook T385: Washington.L. Do the trace element compositions of detrital zircons require Hadean continental crust?: Geology. Rocky Mountain foreland exemplified by the Owl Creek Mountains. 34. and Hinton. Walter.2004. C. v. T. 2009.epsl... p. 1990. A. 2005. 41st Annual Field Conference. P. in Specht. J.013. R. ed. 36 p. Brown.W. Bridger Range and Casper Arch. Physical and hydrologic-flow properties of fractures. 633– 636. 344.L. 2006. 27 . L.1029/2009GL040027. Geological Survey. 151–166.1016/j. Bischof.. in International Geological Congress. Beroza.S. 36... L19306. Blackstone.A..O. P. G. Jr.. 1993. R. Deep low-frequency earthquakes in tremor localize to the plate interface in multiple subduction zones: Geophysical Research Letters. D. Quaternary fault and fold database for the United States: http://earthquake. S. f) Buku panduan (guidebook) Barton.usgs. Guidebook.N.. K.C.. and Lyons.

Suminto..H.000. M.S... 23–77..pdf (accessed March 2014).. R. Volume 1: Washington.D. University of California). Mines and Resources. W.C.S. MacLeod. U. Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi.. scale 1:24. S. j) PDF daring (online PDF) Bureau of Land Management. Creep measured in deep potash mines vs. Sumatera Barat. Endharto. University of California.C..W. Gunawan. E. 1993. Government Printing Office (Lawrence Berkeley Laboratory.. 2001. M. 1990.. Geology of the Pacheco Pass quadrangle. central California Coast Ranges: Geological Society of America Map and Chart Series MCH078. Laporan Intern PKIGT. 465–474. 1972. k) Prosiding seminar dan konferensi Baar. Edmonton: Ottawa. p. Bandung (Tidak diterbitkan). 7th. l) Skripsi/Tesis/Disertasi Wopat.i) Peta Gafoer.. T. dan Susanto. May 1975. Satria. dan Pardede. Plan amendment/final EIS for the Genesis Solar Energy Project. 277 p. San Francisco. W. Sumatera: Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi.G. Walker. in Proceedings. 12 p. p.. Jalisco. E. 1 sheet.. D. Vol 1: http://energy. N.gov/sites/prod/files/ nepapub/nepa_documents/RedDont/EIS-0455-FEIS-01-2010. m) Laporan tidak diterbitkan Bachri. Geothermal significance of eastward increase in age of upper Cenozoic rhyolitic domes in southeastern Oregon. C. Second United Nations Symposium on the Development and Use of Geothermal Resources. S. 1976. Canada Department of Energy. Amin. 28 .A.. in Proceedings.A.. 1 lembar. theoretical predictions. Peta Geologi Lembar Bengkulu. and McKee. G. Ernst.. southwestern Mexico [unpublished Ph. Quaternary alkaline volcanism and tectonics in the Mexican Volcanic Belt near Tequila.000. D. Penelitian Stratigrafi dan Sedimentologi di Cekungan Ombilin. 2010. Canadian Rock Mechanics Symposium. text. sekala 1:250. 1992. thesis]: Berkeley.

Johnson.seismo.edu/margins/SEIZE_sci_plan html (accessed July 2001). A. Raw data for relay stations AB1–AB15 in the Mojave Desert: http://www.n) Situs web (website) MARGINS. 2001.edu/mojave (accessed December 2001).. 29 . The Seismogenic Zone Experiment (SEIZE): Science plan: http://www.B.berkeley. 1999.hawaii.soest.

5. BLORA-JAWA TENGAH MELALUI PENERAPAN METODE … Skripsi diajukan oleh: Nama Nomor Mahasiswa Yogyakarta November. Contoh halaman sampul depan KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS GADJAH MADA FAKULTAS TEKNIK JURUSAN TEKNIK GEOLOGI GEOLOGI DAN POSISI STRATIGRAFI PITHECANTHROPUS HOMOSOLOENSIS DI KAB. 2014 30 .

BLORA-JAWA TENGAH MELALUI PENERAPAN METODE … Yang dipersiapkan dan disusun oleh nama mahasiswa nomor mahasiswa telah dipertahankan di depan Dewan Penguji pada tanggal 1 November 2012 dan dinyatakan telah lulus memenuhi syarat Susunan Tim Penguji Ketua Penguji. Pembimbing Utama Pembimbing Pendamping Nama Dosen NIP Dosen Nama Dosen NIP Dosen Penguji. 31 .6. Dosen Wali Akademik Penguji. 17 November 2014 Ketua Jurusan Teknik Geologi FT UGM ………………………………. Penguji. Nama Dosen NIP Dosen Nama Dosen NIP Dosen Yogyakarta. Contoh halaman pengesahan SKRIPSI GEOLOGI DAN POSISI STRATIGRAFI PITHECANTHROPUS HOMOSOLOENSIS DI KAB. NIP ……………………….

dan sepanjang pengetahuan saya juga tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah ditulis atau diterbitkan oleh orang lain. Contoh halaman pernyataan bebas plagiarisme PERNYATAAN Dengan ini saya menyatakan bahwa dalam skripsi ini tidak terdapat karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjanaan di suatu Perguruan Tinggi.7. kecuali yang secara tertulis diacu dalam naskah ini dan disebutkan dalam daftar pustaka. Yogyakarta. Nama Mahasiswa NIM 32 .