You are on page 1of 13

PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

KONTRAKSI OTOT JANTUNG IKAN

BIDANG KEGIATAN:
PKM Artikel Ilmiah

Diusulkan oleh:
Friesca Edrian Putri
Galih Fiel Arddhiagung
Satya Jati Nugroho

C14053405
C14052531
C14062974

INSTITUT PERTANIAN BOGOR
BOGOR
2009

(2005)
(2005)
(2006)

PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA KONTRAKSI OTOT JANTUNG IKAN BIDANG KEGIATAN: PKM Artikel Ilmiah Diusulkan oleh: Friesca Edrian Putri Galih Fiel Arddhiagung Satya Nugroho C14053405 C14052531 C14062974 INSTITUT PERTANIAN BOGOR BOGOR 2009 (2005) (2005) (2006) .

/HP : Jl. Alamat email : cha_chan071106@yahoo. Nama Lengkap dan Gelar : Dr.132 169 277 . Soka VI/10./HP : Komplek Darmaga Regency Blok B No.id 4. Jurusan : Budidaya Perairan d. Alamat Rumah dan No Tel. Dosen Pendamping a. Ir. Odang Carman ) NIP. Bogor. Taman Cimanggu. Anggota Pelaksana Kegiatan/Penulis : 3 orang 5. Judul Kegiatan : Pengamatan Kontraksi Otot Jantung Ikan 2. Tel. Bidang Kegiatan : (√) PKM-AI ( ) PKM-GT 3. Nama Lengkap : Friesca Edrian Putri b.1.C14053405 Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dosen Pendamping (Prof. Bogor (08129863163) Bogor. Institut : Institut Pertanian Bogor e. 131 437 999 (Dr. NIP : 132 169 277 c. NIM : C14053405 c. 131 578 847 (Friesca Edrian Putri) NIM. Tatag Budiardi b. Tatag Budiardi) NIP. MS) NIP. Ketua Pelaksana Kegiatan a. Alamat Rumah dan No Tel. 3 April 2009 Menyetujui Ketua Jurusan Ketua Pelaksana Kegiatan (Dr. 7 Dramaga. (085768426525) f.co. Yonny Koesmaryono. Dr.

Praktikum kontraksi otot jantung bertujuan untuk mengamati bagaimana kerja otot jantung tanpa pengaruh organ tubuh lain dan membuktikan bahwa otot jantung adalah otot lurik tetapi bekerja seperti otot polos. Ikan yang masih hidup tersebut dipingsankan dengan menusuk bagian saraf di otak. Praktikum dilakukan dengan mengamati 2 ekor ikan dengan ukuran yang berbeda lalu ditimbang. Galih Fiel Arddhiagung.5 berat tubuhnya) serta larutan fisiologisnya. Praktikum dilaksanakan pada hari Sabtu. Setelah dibedah. energi yang terkandung dalam darah lebih banyak dibanding ikan kecil. detak jantung ikan dihitung tiap menit hingga tidak berdetak lagi. anti bodi (kekebalan) dan senyawa N.KONTRAKSI OTOT JANTUNG IKAN Friesca Edrian Putri. Pada tabel dan grafik hasil praktikum terlihat bahwa waktu bertahan otot jantung ikan besar di luar tubuh lebih lama daripada ikan kecil. ukuran. karena jantung terputus dari organ lain maka tidak ada pengisian kembali ke jantung sehingga terjadi repolarisasi. dari tempat asal ke seluruh bagian . Kata kunci : Jantung ikan. Hal ini dikarenakan pada ikan besar. Institut Pertanian Bogor ABSTRAK Ikan mempunyai organ sirkulasi darah dalam tubuh yang disebut jantung dan terletak pada ruang perikardial di sebelah posterior insang. Satya Jati Nugroho Departemen Budidaya Perairan-Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Namun. Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan.00 – 17. karbondioksida. 21 April 2007 bertempat di Laboratorium Fisiologi Hewan Air pukul 14. umur dan berat ikan (berat jantung ikan hampir 0. serta mengetahui ketahanan jantung ikan di luar tubuh. Perbedaan waktu bertahan disebabkan oleh jenis spesies yang berbeda. oksigen. Jantung ikan memiliki jeda waktu untuk berdenyut karena jangka waktu yang diperpanjang itu memungkinkan pemompaan darah keluar dari ventrikel dan mengisinya lagi sebelum denyut berikutnya. Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan. garamgaram. Kontraksi otot jantung ikan merupakan sarana untuk mengkonversi energi kimiawi menjadi energi mekanik dalam bentuk tekanan dan aliran darah.00 WIB. kontraksi otot jantung. zat nutrisi. Institut Pertanian Bogor. PENDAHULUAN Latar Belakang Makhluk hidup memerlukan suatu sistem transportasi untuk melakukan pengangkutan dan penyebaran enzim.

Setelah itu ikan dibedah mulai dari anus kearah depan hingga insang. Ikan yang masih hidup tersebut dipingsankan dengan menusuk bagian saraf di otak. lalu mengambil 2 ekor ikan dengan ukuran yang berbeda dan ditimbang. Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan. Setelah itu diamati dan dihitung detak jantung ikan tersebut tiap menit hingga jantung ikan tersebut tidak berdetak lagi. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. baki. Bahan yang digunakan adalah ikan mas (Cyprius carpio) dan larutan fisiologis. Tujuan Praktikum kontraksi otot jantung ikan bertujuan untuk mengamati mekanisme kerja otot jantung tanpa pengaruh organ tubuh lain dan membuktikan bahwa otot jantung adalah otot lurik tetapi bekerja seperti otot polos. Institut Pertanian Bogor pada pukul 14. Antara sinus venosus dengan atrium terdapat katup sinustrial. Jantung merupakan suatu pembesaran otot yang spesifik dari pembuluh darah atau suatu struktur muskular berongga yang bentuknya menyerupai kerucut dan dilingkupi atau diselimuti oleh kantung perikardial (perikardium). Jantung ikan terdiri dari dua ruang yaitu atrium (auricle) yang berdinding tipis dan ventrikel yang berdinding tebal serta terdapat ruang tambahan berdinding tipis yang disebut sinus venosus. jantung pada organisme akuatik (ikan. Metode Pengamatan dilaksanakan pada hari Sabtu. Pada ikan. Sistole adalah keadaan pada saat ventrikel menyempit dan mengalami kontraksi. amphibia dan reptil) mempunyai tiga kamar utama yang terdiri dari dua atrium dan satu ventrikel.tubuh. cawan petri. Ruang ini berfungsi sebagai penampung darah dari ductus cuvieri dan vena hepaticus. Praktikum dimulai dengan menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Alat-alat yang dipergunakan pada praktikum ini antara lain: alat bedah. Darah kemudian dikirim ke ventrikel untuk mencegah darah tersebut kembali ke atrium dilakukan oleh katup antrioventricular. serta mengirimkannya ke atrium. jantung terletak pada ruang perikardial di sebelah posterior insang. Kontraksi otot jantung ikan yang ditimbulkan merupakan sarana untuk mengkonversi energi kimiawi menjadi energi mekanik dalam bentuk tekanan dan aliran darah. 21 April 2007 bertempat di Laboratorium Fisiologi Hewan Air.00 WIB. Sistem kerja jantung yang seperti pompa memiliki dua mekanisme gerak yaitu sistole dan diastole. stopwatch. sedangkan diastole adalah keadaan pada saat ventrikel mengembang dan mengalami relaksasi. Berdasarkan strukturnya. serta mengetahui ketahanan jantung ikan di luar tubuh.00 – 17. . timbangan. lalu dipisahkan organ jantung dan diletakkan pada larutan fisiologis. lap/tissue dan alat tulis. Ikan mempunyai organ sirkulasi darah dalam tubuh yang disebut jantung.

Jumlah Detak Jantung Ikan Mas Ukuran Besar .Hasil dan Pembahasan Tabel 1.

Jumlah Detak Jantung Ikan Mas Ukuran Kecil .Tabel 2.

denyut jantung dibagi menjadi dua tipe yaitu neurogenik dan jantung meogenik. Hubungan Waktu dengan Jumlah Detak Jantung Ikan Mas (Cyprinus carpio ) Ukuran Besar. Jantung meogenik terdapat pada jaringan otot jantung khusus yang membuat simpul (nodal tissue) yang merupakan penggerak jantung. Menurut Affandi (2002). didapatkan bahwa jantung masih dapat berdetak walaupun berada di luar tubuh tanpa adanya jaringan sistem saraf. Letak simpul pada ikan dan amfibi pada sinus venosus. Jantung neurogenik adalah jantung pada hewan tingkatan rendah (invertebrata). 2002). Bahkan bila jantung katak diambil selagi masih hidup dan ditaruh dalam larutan fisiologis yang sesuai akan tetap berdenyut. maka terbukti bahwa otot . Hubungan Waktu Dengan Jumlah Detak jantung Ikan Detak jantung 120 100 80 60 40 20 0 1 4 7 10 13 16 19 22 25 28 31 34 37 40 43 46 49 52 55 58 Ikan Kecil I Ikan Kecil II Ikan Kecil III Ikan Kecil IV Ikan Kecil V Ikan Kecil VI Ikan Kecil VII Ikan Kecil VIII Ikan Kecil IX Ikan Kecil X Waktu (Menit) Gambar 2. Dengan demikian. 1985 dalam Affandi. Hubungan Waktu dengan Jumlah Detak Jantung Ikan Mas (Cyprinus carpio) Ukuran Kecil. yang aktivitasnya diatur oleh sistem syaraf sehingga jika hubungan syaraf dengan jantung diputuskan maka jantung akan berhenti berdenyut. simpul yang mengeluarkan impuls yang ritmis itu letaknya pada atrium dekat vena cava yang disebut simpul sinoatrial (SA) (Watasasmita. Berdasarkan pengamatan pada Tabel 1 dan 2 serta Gambar 1 dan 2. Jantung miogenik denyutnya akan tetap ritmis meskipun hubungan dengan syaraf diputuskan. Pada vertebrata yang lebih tinggi.Hubungan Waktu Dengan Jumlah Detak Jantung Ikan Besar Denyut Jantung 120 100 80 60 40 20 0 1 4 7 10 13 16 19 22 25 28 31 34 37 40 43 46 49 52 55 58 Ikan Besar I Ikan Besar II Ikan Besar III Ikan Besar IV Ikan Besar V Ikan Besar VI Ikan Besar VII Ikan Besar VIII Ikan Besar IX Ikan Besar X Waktu (Menit) Gambar 1.

maka tidak ada pengisian kembali ke jantung sehingga terjadi repolarisasi. Jantung terus berdenyut walaupun semua syaraf yang menuju kepadanya dipotong. Hasil praktikum (Tabel 1 dan 2 serta Gambar 1 dan 2) memperlihatkan. Di lain pihak. karena jantung terputus dari pembuluh darah. Darah mengangkut O2 dan zat yang penting untuk diedarkan ke seluruh tubuh. artinya dalam darah terdapat energi maka semakin besar ukuran ikan. kandungan di dalam darah semakin melimpah dan energi yang diangkutnya semakin banyak pula. maka ukuran jantung juga semakin besar sehingga darah yang terkandung atau yang dialirkan oleh jantung pun semakin banyak. Semakin besar bobot ikan. . Meskipun frekuensi denyut ikan kecil lebih cepat namun energi di dalam jantung lebih banyak pada ikan besar sehingga ikan besar mampu berdetak lebih lama tetapi dengan kecepatan yang lebih lambat. Waktu bertahan otot jantung di luar tubuh pada ikan kecil lebih singkat daripada ikan besar. Jantung ikan memiliki jeda waktu untuk berdenyut karena jangka waktu yang diperpanjang itu memungkinkan pemompaan darah keluar dari ventrikel dan mengisinya lagi sebelum denyut berikutnya. Dengan demikian. Frekuensi denyut jantung berbanding terbalik dengan bobot tubuh hewan.jantung adalah otot lurik dan bekerja tanpa pengaruh saraf sadar atau bekerja tanpa sadar. Namun. yaitu proses pecahnya sel-sel jantung sehingga proses metabolisme dan kerja jantung terganggu. Hal ini dikarenakan pada ikan besar. Perbedaan waktu jantung bertahan dikarenakan oleh ukuran ikan yang berbeda antara ikan mas besar dan ikan mas kecil. Pada larutan yang hiperosmotik. Karena jantung tenggelam maka jantung akan mendapatkan tekanan hidrostatik yang lebih besar dari posisi semula yang akan mempengaruhi kerja otot jantung. Kondisi larutan fisiologis yang hipoosmotis menyebabkan cairan dari larutan masuk ke sel-sel otot jantung sehingga jantung akan mengembang. maka darah yang mengalir melewati jantung pun terhenti seketika dan tidak diedarkan lagi. Pada ikan besar lebih banyak energi yang terkandung dalam darah dibanding ikan kecil. Pada saat jantung diambil dengan cara memutuskan pembuluh darah. Energi yang disalurkan ke darah ada energi kinetik dan energi potensial. Perbedaan waktu bertahan jantung ikan antara perlakuan yang satu dengan yang lain dapat terjadi salah satunya adalah karena perbedaan lama waktu pembedahan dan pengambilan jantung ikan dari tubuh serta tidak langsung mengalami perendaman di dalam larutan fisiologis. bahwa waktu bertahan otot jantung ikan besar di luar tubuh lebih lama daripada ikan kecil. Perbedaan waktu dikarenakan ukuran ikan dan jenis ikan sendiri. Hal ini disebabkan oleh adanya jaringan permanen khusus dalam jantung yang berfungsi membangkitkan potensial aksi yang berulang (pace maker). energi yang terkandung dalam darah lebih banyak dibanding ikan kecil. Ketahanan jantung di luar tubuh ikan menurun namun berfluktuasi dan diiringi oleh fase istirahat. Energi yang disalurkan ke darah adalah energi kinetik dan energi potensial yang dihasilkan dari perombakan energi kimia yang terlarut di dalam darah yang berasal dari makanan. cairan akan keluar dari sel-sel jantung secara difusi sehingga jantung mengkerut dan berat jenisnya semakin besar yang selanjutnya akan tenggelam secara perlahan-lahan. cairan didalam sel akan mengalami dialisis. ikan akan mengalami suatu keadaan shock akibat pembedahan ataupun pendarahan tersebut. Jumlah kedua energi tersebut pada ikan besar lebih besar daripada ikan kecil sehingga aliran darah dan tekanannya juga lebih besar.

org. 2001. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Skripsi. Syamsiah. Ikan berukuran lebih kecil memiliki frekuensi detak jantung yang lebih tinggi namun kemampuan bertahan di luar tubuh lebih singkat daripada ikan berukuran besar. 2002. Jurusan Budidaya Perairan.ucsc. Institut Pertanian Bogor.google. Fisiologi Hewan Air. H. Jurusan Budidaya Perairan. Pekanbaru: Unri Press. Daftar Pustaka Affandi R.V. Zn. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Institut Pertanian Bogor. .Kesimpulan Otot jantung ikan masih dapat berdetak di luar tubuh ikan karena memiliki tipe jantung meogenik. dan Usman MT.) Betina dan Ikan Nilem (Osteochilus hasselti C.lb/en/themes/Sciences/Zoology/ClassesFish/ClassesFish/Cl assesFish. dan Pb dalam Air dan Ikan Nila (Orechromis niloticus) dalam Keramba Jaring Apung. 2005. http://bio.org.lb/en/themes/S ciences/Zoology/ClassesFish/ClassesFish/fshcrc.GIF http://images.cartage. Karakteristik Morfometrik dan Meristik Benih Ikan Hibrida antara Ikan Mas (Cyprinus carpio L.classes.id/imgres?imgurl=http://www. Waduk Saguling.edu/bio137/images/hrtgill. Kandungan Logam Berat Cu.htm&h=174&w=322&sz=4&tbnid=tewNN1ZvreVAUM:&tbnh =61&tbnw=114&hl=id&start=8&prev=/images%3Fq%3Dfish%2Bheart %26svnum%3D10%26hl%3Did%26lr%3D%26sa%3DN Shindu.gif&imgrefurl=http://ww w.cartage.co.) Jantan. Skripsi.

Lampiran (Cyprinus carpio) Sistem peredaran darah .

Fish Circulation .