You are on page 1of 4

IDENTIFIKASI PASIEN

No. Dokumen

No. Revisi

Halaman

RSUP
RATATOTOK
BUYAT
Direktur,
Standar
Prosedur
Operasional
(SPO)

Tanggal Terbit

Vally Ch. H. Ratulangi

PENGERETIAN
TUJUAN

KEBIJAKAN

Identifikasi pasien adalah mencocokan pasien sesuai
dengan identitas yang ada dalam Rekam Medik
Meningkatkan Mutu Pelayanan di RSUP Ratatotok Buyat
1. Untuk keselamatan dan keamanan pasien.
2. Untuk menghindari kesalahan terhadap pasien dalam
setiap melakukan pelayanan medis, pelayanan
keperawatan, dan penujang medis.
3. Identifikasi
pasien
menjadi
budaya
sebelum
melakukan pelayanan.
1. Identifikasi dilakukan dengan dua identitas: dengan
menanyakan nama dan nomor rekam medik pasien
untuk Rawat Inap maupun Rawat Jalan.
2. Gelang identitas dibedakan berdasarkan jenis
kelamin: gelang warna biru untuk pasien laki-laki,
gelang warna merah muda untuk pasien perempuan.
3. Gelang identitas dipasang ditempat pertama kali
pasien masuk pada tangan kanan, bila tidak
memungkinkan maka dipasang pada tangan kiri.
Lakukan
pemasangan
pada
kaki
bila
tidak
memungkinkan. Jika tangan dan kaki juga tidak
memungkinkan misalnya pada pasien yang alergi

Gelang tambahan warna merah untuk pasien alergi. warna kuning untuk pasien resiko jatuh. dengan bahan gelang. 8. Rawat Inap. Revisi Halaman RSUP RATATOTOK BUYAT Direktur. Identifikasi pasien dilakukan sebelum memberikan obat. 9. sebelum pengambilan darah. gelang kedua sesuai jenis kelamin bayi( identitas bayi) yang sudah ada nomor seri gelang. Apabila ada pasien tidak sadar dan tanpa keluarga beri nama: Mr X/ Mrs Y. . Dokumen No. H. dan warna ungu untuk pasien not resusitasi dipasang ditempat data diperoleh. Penggunaan Gelang Identitas diberikan kepada Semua pasien IGD. Ratulangi 4. Untuk ibu yang melahirkan diberi dua identitas yaitu gelang pertama sesuai identitas ibu. 6. 5. sebelum pengambilaan spesimen lain dan sebelum melakukan tindakan prosedur serta asuhan keperawatan. 7. Standar Prosedur Operasional (SPO) Tanggal Terbit Vally Ch. sebelum memberikan produk darah/ transfusi.IDENTIFIKASI PASIEN No. maka Gelang Identitas dipasang di pakaian. Untuk bayi baru lahir dipasang satu gelang pada kaki warna sesuai jenis kelamin.

Pasien yang tidak bisa menyebutkan nama dan tidak ada keluarga: gelang identitas diperiksa dengan mencocokan dengan data rekam medik oleh dua orang petugas. 1. Lakukan identifikasi pasien dengan menanyakan dua identitas: nama dan nomor rekam medik sebelum dilakukan seperti sebelum memberikan obat. Dokumen No.IDENTIFIKASI PASIEN No. 11. Standar Prosedur Operasional (SPO) Tanggal Terbit Vally Ch. sebelum mengambil spesimen yang lain dan sebelum melakukan tindakan prosedur dan asuhan keperawatan. sebelum mengambil sampel darah. H. Jelaskan tujuan pemasangan gelang dan prosedur yang akan dilakukan 3. Ucapkan salam dan perkenalkan diri petugas 2. kemudian mencocokan dengan gelang pasien. Bila identitas sesuai lanjutkan dengan prosedur . Ratulangi PROSEDUR 10. pasien anak atau pasien yang mengalami keterbatasan lainnya. Revisi Halaman RSUP RATATOTOK BUYAT Direktur. 4. identitas ditanyakaan pada penunggu pasien dan cocokkan dengan gelang pasien. sebelum pemberian tranfusi darah atau produk darah. Untuk pasien tidak sadar.

IDENTIFIKASI PASIEN No. Sebelum pasien pulang Gelang Identitas dilepas dengan cara digunting kemudian dibuang pada tempat sampah infeksius. VK).2. Rawat Jalan. Kls 1. 5. Laboratorium. IGD. Standar Prosedur Operasional (SPO) Tanggal Terbit Vally Ch. Gizi. . H. Radiologi. Revisi Halaman RSUP RATATOTOK BUYAT Direktur. Farmasi. Dokumen No.3. Ratulangi UNIT TERKAIT tindakan yang akan dilakukan pada pasien. Rawat Inap (Vip.