You are on page 1of 7

PROPOSAL SKRIPSI

PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
HANDUK TERRY PALMER

1.1 Latar Belakang Masalah
Ketika konsumen memutuskan untuk membeli suatu produk sebenarnya
mereka memiliki alasan-alasan tertentu dalam memilih sebuah produk, misalnya
merasa puas dengan kualitas dan pelayanan yang ditawarkan produk tersebut. Ada
pula konsumen yang membeli barang berdasarkan kebutuhan akan suatu barang
dan tidak sedikit konsumen yang membeli suatu produk secara spontanitas,
maksudnya konsumen membeli produk tersebut tanpa ada rencana untuk membeli
sebelumnya atau tanpa adanya pertimbangan-pertimbangan khusus ketika
memutuskan untuk membeli.
Menurut Peter dan Olson (2000:162) keputusan pembelian adalah proses
pengintegrasian yang mengkombinasikan pengetahuan untuk mengevaluasi dua
atau lebih perilaku alternatif dan memilih salah satu diantaranya. Jika konsumen
tidak memiliki pengalaman dengan suatu produk, mereka cenderung untuk
mempercayai merek yang disukai atau yang terkenal (Schiffman dan Kanuk
2008:173). Alasan inilah yang mendorong perusahaan untuk memperkuat posisi
mereknya agar tercipta citra merek yang positif dan menancap kuat di benak
konsumen karena melalui citra merek, konsumen mampu mengenali sebuah
produk, mengevaluasi kualitas, mengurangi resiko pembelian, dan memperoleh
pengalaman dan kepuasan dari diferensiasi produk tertentu (Lin dkk, 2007:122).

menjaga kualitas produk. seperti terus-menerus menciptakan strategi-strategi dan ide-ide yang inovatif. 2008:165). Komponen dari brand image menurut Biel (1992) dalam jurnal Xian. Berbagai macam strategi yang telah dilakukan oleh Terry Palmer diharapkan mampu memperkuat citra positif Terry Palmer serta mempertahankan kepemimpinan Terry Palmer sebagai produk handuk yang paling disukai di Indonesia dan pada akhirnya diharapkan citra merek ini dapat mempengaruhi konsumen dalam memutuskan keputusan pembelian. . membuka gerai-gerai baru dan online shopping dengan tujuan agar dapat lebih dekat dengan konsumen. Berbagai macam strategi pemasaran telah dilakukan oleh Terry Palmer guna memperkuat citra mereknya di benak konsumen. Kondisi persaingan pasar yang semakin ketat mendorong Terry Palmer untuk secara terus menerus memperkuat citra mereknya agar dapat meraih posisi tertinggi di hati konsumen. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut penulis memandang penting mengangkat kasus di atas ke dalam skripsi ini dengan mengambil judul: PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDUK TERRY PALMER. citra pemakai dan citra produk. dkk (2011:1876) terdiri dari citra perusahaan.Brand image adalah persepsi tentang merek yang merupakan refleksi memori konsumen akan asosiasinya pada merek tersebut (Ferrinadewi. Hal ini dibuktikan dengan terpilihnya Terry Palmer sebagai top brand dalam kategori handuk di Indonesia untuk tahun 2014 berdasarkan survei yang dilakukan oleh Top Brand Award. Terry Palmer merupakan salah satu produk handuk yang memiliki citra merek yang kuat.

citra produk memiliki pengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian handuk Terry Palmer? . citra pemakai. Identifikasi Masalah Berdasarkan latar belakang masalah di atas. Bagaimana citra merek handuk Terry Palmer? 2. citra produk memiliki pengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian handuk Terry Palmer? 4. citra produk memiliki pengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian handuk Terry Palmer.2. Citra merek terdiri dari 3 elemen yaitu citra perusahaan. maka dapat diidentifikasikan masalah sebagai berikut: 1. citra pemakai. Rumusan Masalah Berdasarkan identifikasi masalah di atas. Bagaimana keputusan pembelian handuk Terry Palmer? 3. Seberapa besar pengaruh citra merek handuk Terry Palmer yang terdiri dari 3 elemen yaitu citra perusahaan. Citra merek terdiri dari 3 elemen yaitu citra perusahaan. 2. citra pemakai. citra produk memiliki pengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian handuk Terry Palmer. maka dapar dirumuskan permasalahan sebagai berikut: 1. citra pemakai. 3. Seberapa besar pengaruh citra merek handuk Terry Palmer yang terdiri dari 3 elemen yaitu citra perusahaan.

Kegunaan Teoritis Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi tambahan untuk memperkuat teori yang ada yang berhubungan dengan kemasan dan keputusan pembelian. 5. . citra produk memiliki pengaruh yang disignifikan terhadap keputusan pembelian handuk Terry Palmer secara parsial.4. 2. 2. Kegunaan Penelitian Adapun kegunaan yang diharapkan dapat diperoleh melalui pelaksanaan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. citra produk memiliki pengaruh yang disignifikan terhadap keputusan pembelian handuk Terry Palmer secara simultan. Tujuan Penelitian Tujuan dari dilaksanakannya penelitian ini adalah sebagai berikut. citra pemakai. Mengetahui elemen-elemen citra merek yang terdiri dari citra perusahaan. Kegunaan Praktis Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dari seluruh perusahaan yang memiliki produk handuk dalam merumuskan kebijakan strategis berkaitan dengan perilaku konsumen. 1. citra pemakai. Mengetahui elemen-elemen citra merek yang terdiri dari citra perusahaan.

Tujuan pemberian merek adalah untuk mengidentifikasi produk atau jasa yang dihasilkan sehingga berbeda dari produk atau jasa yang dihasilkan oleh pesaing (American Marketing Association. Perilaku konsumen pada dasarnya merupakan proses memilih. Kerangka Berpikir Upaya membangun citra merek merupakan tujuan utama bagi perusahaan dalam meningkatkan kinerjanya karena citra produk merupakan gambaran total dari pikiran konsumen atau pelanggan sasaran terhadap produk dan merek. mempunyai reputasi dan kompetensi merek. membeli dan menggunakan produk untuk memenuhi kebutuhan. Citra merek menyangkut kinerja merek dapat diramalkan. Pemasaran Citra Perusahaan Citra Merk Citra Pemakai Citra Produk Keputusan Pembelian .6. dalam Rangkuti 2002). Citra merek berkaitan dengan kepercayaan konsumen terhadap suatu merek.

3) Bab III Metode Penelitian Bab ini mencakup lokasi penelitian. metode penentuan sampel. identifikasi variabel. . definisi operasional variabel.7. rumusan masalah. metode pengumpulan data. identifikasi masalah. Sistematika Penulisan Penelitian ini terdiri dari lima bab yang saling berhubungan antara bab yang satu dengan yang lainnya dan disusun secara terperinci dan sistematis untuk memberi gambaran dan mempermudah pembahasan tentang penelitian ini. 4) Bab IV Pembahasan Hasil Penelitian Bab ini menguraikan dan membahas permasalahan dalam penelitian ini dengan didukung oleh teori-teori yang relevan digunakan. dan teknik analisis data. tujuan penelitian. Sistematika dari masing-masing bab dapat diperinci sebagai berikut: 1) Bab I Pendahuluan Bab ini memuat latar belakang masalah. jenis data. yang didalamnya diuraikan mengenai kesimpulan yang diperoleh dari hasil pembahasan dan saran-saran bagi kepentingan perusahaan yang diteliti. objek penelitian. 5) Bab V Penutup Bab ini merupakan bagian akhir dari skripsi ini. kegunaan penelitian dan sistematika penyajian 2) Bab II Kajian Pustaka dan Rumusan Hipotesis Bab ini memuat teori-teori dari berbagai literatur yang dianggap relevan dengan permasalahan yang ada serta hipotesis yang digunakan.