You are on page 1of 9

SATUAN ACARA PENYULUHAN (SAP

)
”PADA KELUARGA Ny. DJ
DENGAN MANAJEMEN NYERI”
STASE KEPERAWATAN KELUARGA
PUSKESMAS KEDUNGKANDANG
MALANG

DI SUSUN OLEH:

DEWI RAHMAWATI
201420461011056

PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI NERS
FAKULTAS ILMU KESEHATAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
2015

Menyebutkan pengertian nyeri b.SATUAN ACARA PENYULUHAN Pokok bahasan : Nyeri Sub pokok bahasan :Manajemen nyeri Sasaran :Ny. diharapkan keluarga mengerti tentang manajemen nyeri. Penyebab nyeri c. S  Jadwal. GARIS BESAR MATERI a.00 WIB) Waktu : 45 menit Tempat :Rumah tinggal Ny. pengorganisasian. Cara mengurangi nyeri C. Pengertian nyeri b. penyebab dan cara mengurangi nyeri yang diberikan mahasiswa kesehatan. alat bantu atau media. KRITERIA EVALUASI  Evaluasi Struktur  Penyelenggaraan penyuluhan dilaksanakan di rumah Ny.00-15. S Hari / Tanggal : Senin. Menyebutkan cara mengurangi nyeri B. S A.  Evaluasi Proses  Keluarga antusias terhadap materi penyuluhan . Tujuan Khusus: Setelah mengikuti penyuluhan manajemen nyeriselama 1 X 45 menit diharapkan dapat: a. TUJUAN 1. Menyebutkan penyebabnyeri c. Tujuan Umum : Setelah mendengarkan penyuluhan pengertian. 1 Juni 2015 (14. proses penyuluhan dilakukan sebelumnya. 2.

botol berisi air hangat. Keluarga mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan secara benar  Evaluasi Hasil  Keluarga mengerti tentang :  Pengertian nyeri  Penyebab nyeri  Cara mengurangi nyeri D. METODE  Prolog  Ceramah  Demonstrasi  Tanya jawab E.  Menjelaskan tujuan dari penyuluhan.  Menyebutkan materi yang akan diberikan . MEDIA  Lembar Balik dan Leaflet. handuk F. SETTING TEMPAT - Peserta duduk di kursi Penyaji disebelah kanan klien KEGIATAN PENYULUHAN KEGIATAN PENYULUH  Membuka kegiatan dengan mengucapkan salam.

Mengucapkan salam penutup 10 menit . Pe ngertian nyeri  Pe ncegahan nyeri  Pe nanganan nyeri      Mendengarkan Mendemonstra sikan Me ndemostrasikan kompres hangat Tanya jawab Menyimpulkan hasil materi Mengucapkan terima kasih atas peran serta.

Menurut International Association for Study of Pain (IASP). atau menggambarkan kondisi terjadinya kerusakan b. 1993). nyeri adalah merupakan pengalaman sensoris subyektif dan emosional yang tidak menyenangkan yang didapat terkait dengan kerusakan jaringan yang nyata. berpotensi rusak. Nyeri merupakan pengalaman sensoris dan emosional yang tidak menyenangkan yang dihubungkan dengan kerusakan jaringan yang telah atau akan terjadi yang digambarkan dengan kata-kata kerusakan jaringan ( Torrance.Pengertian Nyeri a. 1997).Penyebab nyeri a. 2. Secara umum nyeri dapat didefinisikan sebagai suatu rasa yang tidak nyaman baik ringan maupun berat. Nyeri dapat dibedakan nyeri akut dan nyeri kronis (Priharjo. Trauma .Lampiran Materi NYERI 1. c.

Peradangan Nyeri terjadi karena kerusakan ujung-ujung saraf reseptor akibat adanya peradangan atau terjepit oleh pembengkakan. luka dan lainlain. b. Neoplasma 1) Jinak 2) Ganas c.1) Mekanik Rasa nyeri timbul akibat ujung-ujung saraf bebas mengalami kerusakan. Gangguan sirkulasi darah dan kelainan pembuluh darah 3. dingin. misalnya akibat benturan. Misalnya : abses d. 3) Kimia Timbul karena kontak dengan zat kimia yang bersifat asam atau basa kuat 4) Elektrik Timbul karena pengaruh aliran listrik yang kuat mengenai reseptor rasa nyeri yang menimbulkan kekejangan otot dan luka bakar. misal karena api dan air. 2) suhu Nyeri timbul karena ujung saraf reseptor mendapat rangsangan akibat panas.Tindakan Sederhana Untuk Mengurangi Nyeri a) Kompres Panas 1) Definisi . gesekan.

3) Metode Kompres Hangat 1) Dengan menggunakan kantong air hangat / botol berisi air hangat dengan temperatur 40-43oC atau panasnya sesuai dengan kenyamanan klien. Kompres menggunakan air hangat akan meningkatkan aliran darah. 2) Suatu kantong air hangat yang diletakkan diatas bagian badan tertentu hanya boleh terisi sepertiganya untuk menghindari berat yang tidak diperlukan. Gerbang sinap menutup transmisi impuls nyeri. 3) Pemakaian kantong air hangat. 1992). 4) Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memberikan Kompres Hangat.Mengurangi kejang otot . dan meredakan nyeri dengan menyingkirkan produk-produk inflamasi.Kompres hangat adalah suatu metode dalam penggunaan suhu hangat setempat yang dapat menimbulkan beberapa efek fisiologis. harus dilapisi kain flanel atau handuk. histamin.J. dan prostaglandin yang menimbulkan nyeri . terutama pada penggunaan yang berlangsung lama. Kompres hangat dapat digunakan pada pengobatan nyeri dan merelaksasi otot-otot yang tegang (Gabriel F.Menurunkan kekakuan tulang sendi (Snyder.Mengurangi nyeri . 3) Pemberian kompres menggunakan air hangat dapat dilakukan dalam waktu 20 menit. 2) Kompres menggunakan air hangat pada area yang nyeri. 2000). Proses ini menurunkan transmisi nyeri melalui serabut C dan deta-A berdiameter kecil. 5) Pengaruh Kompres Hangat Terhadap Nyeri Teori gate control mengatakan bahwa stimulasi kulit mengaktifkan transmisi serabut saraf sensori A-beta yang lebih besar dan lebih cepat. seperti bradikinin.Meningkatkan aliran darah . 2) Pengaruh Kompres Hangat Efek terapeutik pemberian kompres hangat : . jangan lupa memeriksa kulit penderita. 1) Kantong air hangat sama sekali tidak boleh diletakkan di bagian tubuh yang telanjang.

. Aplikasi kompres dingin adalah mengurangi aliran darah ke suatu bagian dan mengurangi perdarahan serta edema. 2005). 5) Ketegangan otot menurun yang berguna untuk menghilangkan nyeri. b) Kompres Dingin 1) Definisi Pengertian kompres dingin adalah suatu metode dalam penggunaan suhu rendah setempat yang dapat menimbulkan beberapa efek fisiologis. Panas akan merangsang serat saraf yang menutup gerbang sehingga transmisi impuls nyeri ke medula spinalis dan ke otak dihambat. mengurangi inflamasi. disisi tubuh yang berlawanan tetapi berhubungan dengan lokasi nyeri. 3) Metabolisme sel menurun untuk mengurangi kebutuhan oksigen pada jaringan.lokal. atau dilokasi yang terletak antara otak dan lokasi nyeri. 2) Kompres menggunakan air dingin dilakukan didekat lokasi nyeri. 5-10 menit dan 20-30 menit (Potter & Perry. Mekanisme lain yang mungkin bekerja adalah bahwa persepsi dingin menjadi dominan dan mengurangi persepsi nyeri (Price. 2) Pengaruh Kompres Dingin Efek terapeutik pemberian kompres dingin : 1) Vasokonstriksi untuk menurunkan aliran darah ke daerah tubuh yang mengalami cedera. 4) Viskositas darah meningkat untuk meningkatkan koagulasi darah pada tempat cedera. 2) Anestesi lokal untuk mengurangi nyeri lokal. mencegah terbentuknya edema. 2005). Diperkirakan bahwa terapi dingin menimbulkan efek analgetik dengan memperlambat kecepatan hantaran saraf sehingga impuls nyeri yang mencapai otak lebih sedikit. 3) Metode Kompres Dingin 1) Kedalam sebuah kirbat es kita masukkan air es atau air dingin. 3) Pemberian kompres menggunakan air dingin dapat dilakukan dalam waktu. <5 menit.

. 1996). Gerbang sinap menutup transmisi impuls nyeri. 2009). Proses ini menurunkan transmisi nyeri melalui serabut C dan deta-A berdiameter kecil. kalau kulit pasien berwarna merah jambu masih bisa dilakukan pengompresan. b) Pemberian metode ini tidak diberikan kepada pasien yang mempunyai alergi dingin (Rohmah. tapi kalau kulit pasien berwarna merah gelap metode ini tidak dapat dilakukan (Bouwheizen.4) Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memberikan Kompres Dingin a) Perhatikan kulit pasien. Kompres dingin akan menimbulkan efek analgetik dengan memperlambat kecepatan hantaran saraf sehingga impuls nyeri yang mencapai otak lebih sedikit. 5) Pengaruh Kompres Dingin Terhadap Nyeri Teori gate control mengatakan bahwa stimulasi kulit mengaktifkan transmisi serabut saraf sensori A-beta yang lebih besar dan lebih cepat. Mekanisme lain yang mungkin bekerja adalah bahwa persepsi dingin menjadi dominan dan mengurangi persepsi nyeri.