You are on page 1of 16

TUGAS MATA KULIAH PBAK

KORUPSI DUKUNGAN

DI SUSUN OLEH :
1. Larantika Hidayati
2. Mauditia Pratiwi
3. Ni Luh Gita Dewi L
4. Ni Luh Nopita Pratami
5. Ni Nyoman Ariwidiani
6. Nurul Hikmah
KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN MATARAM
JURUSAN ANALIS KESEHATAN
PRODI DIPLOMA EMPAT
2015

1

Demikian makalah ini kami buat semoga bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya dalam memahami tentang Korupsi dukungan dan contoh kasusnya. kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan. Mataram. Oleh karena itu. Karena berkat kemurahan-Nya makalah ini dapat penulis selesaikan. mengingat kurangnya pengetahuan dan pengalaman kami. 16 September 2015 Penyusun DAFTAR ISI 2 . Dalam makalah ini penulis membahas “Korupsi Dukungan” Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dari laporan ini. baik dari materi maupun teknik penyajiannya.KATA PENGANTAR Puji syukur yang kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa.

.............................................................................................................................13 BAB III................................................................................................................. LANDASAN TEORI... FAKTOR PENDORONG TERJADINYA KORUPSI................................................. DAMPAK KORUPSI..................................................... 2 BAB I............................................................................................................................. KASUS................................................................................................................................. 10 E................................................... 5 C..................... RUMUSAN MASALAH........................................................ 4 B................... 6 B............................................................................................. TUJUAN............................................................ KESIMPULAN............................... 9 D...... 15 DAFTAR PUSTAKA....................... PANDANGAN AGAMA TERHADAP KORUPSI................. 16 BAB I PENDAHULUAN 3 .................... LATAR BELAKANG.................................................................................................................................................................. PEMBAHASAN................................................. 6 A.... 5 BAB II.................................................. 15 A.................................................................................................................................KATA PENGANTAR........ 4 A..................8 C.......... 12 F....................................................

pada umumnya masyarakat masih dinilai belum menggambarkan upaya sungguh dari pemerintah dalam peberantasan korupsi di Indonesia. LATAR BELAKANG Indonesia. Indonesia memiliki UU No. 20 Tahun 2001 TENTANG PERUBAHAN UU No. kemudian tidak kurang dari 10 UU Antikorupsi. Berbagai upaya pemberantasan korupsi. kemudian yang paling monumental dan strategis. 30 Tahun 2002. dan pikiran kita dari tindak korupsi. Masyarakat menduga masih ada praktik tebang pilih dalam pemberantasan korupsi di Indonesia. yang menjadi dasar hukum pendirian komisi pemberantasan korupsi (KPK). Dengan demikian pemberantasan dan pencegahan korupsi telah menjadi gerakan nasional. Masyarakat Indonesia bahkan dunia terus menyoroti upaya Indonesia dalam mencegah dan memberantas korupsi. antara lain TAP MPR XI tahun1980. Berbagai sorotan kritis dari public menjadi ukuran bahwa masih belum lancarnya laju pemberantasan korupsi di Indonesia.A. yang sampai saat ini telah memiliki banyak sekali rambu-rambu berupa peraturan-peraturan. Masyarakat dan bangsa Indonesia harus mengakui. dan selamat tercapai. Karena itu pula upaya penangan korupsi harus dilakukan secara komprehensif melalui strategi atau 4 . sebagai salah satu Negara yang telah merasakan dampak dari tindakan korupsi. Sesungguhnya korupsi dapat dipandang sebagai fenomena politik. bahwa prestasi tersebut tidak terlepas dari kiprah KPK sebagai lokomotif pemberantasan dan pencegahan korupsi di Indonesia. dan partisipasi masyarakat tersebut akan semakin menjauhkan sikap. bahwa hal tersebut merupakan sebuah prestasi dan juga harus jujur mengatakan. diantaranya : UU No. dan sebagai fenomena pembangunan. fenomena budaya. 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Selain itu. fenomena ekonomi. Seharusnya dengan sederet peraturan. Sorotan masyarakat yang demikian tajam tersebut harus dipahami sebagai bentuk kepedulian dan sebagai motivator untuk terus berjuang mengerahkan segala daya dan strategi agar maksud dan tujuan pemberantasan korupsi dapat lebih cepat. fenomena social. diperlukan dukungan yang besar dari segenap kalangan akademis untuk membangun budaya antikorupsi sebagai komponen masyarakat berpendidikan tinggi. terus berupaya secara konkrit dimulai dari pembnahan aspek hukum.

Korupsi terjadi karena monopoli kekuasaan. Diharapkan dari pembuatan makalah ini kita lebih mengerti bagaimana cara untuk bisa memerangi korupsi di negeri ini. TUJUAN Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah untuk mensosialisasikan apa itu korupsi dan bagaimana korupsi itu terjadi di Indonesia. ditambahkan adanya kesempatan. mari kita berusaha untuk menghilangkan korupsi di Indonesia. karena korupsi merupakan salah satu karakter atau sifat Negara. sehingga Negara=kekuasaan=korupsi.pendekatan Negara/ politik. ekonomi. Apakah pengertian dari korupsi? 2. Maka dari itu. korupsi di Indonesia dipahami sebagai perilaku pejabat dan atau organisasi (Negara) yang melakukan pelanggaran. RUMUSAN MASALAH 1. ditambah kewenangan bertindak. menjadi wajah bila korupsi sangat sulit untuk diberantas apalagi dicegah. social dan budaya. Korupsi dipahami sebagai kejahatan Negara (State Corruption). pendekatan pembangunan. B. Jika demikian. Kondisi yang mendukung munculnya Korupsi? 3. Apa saja jenis-jenis tindak korupsi? 4. Apakah dampak dari korupsi? C. 5 . dan penyimpangan terhadap normanorma/ peraturan-peraturan yang ada. Serta bagaimana upaya pemberantasan masalah terbesar dinegara ini. Berdasarkan pengertian. Kitapun dapat sedikit berpartisipasi memerantasi korupsi setelah kita mengerti dengan jelas korupsi di Indonesia. dikurangi pertanggung jawaban.

baik politikus atau politisi maupun pegawai negeri. Dari sudut pandang hukum. yaitu "menyalahgunakan jabatan pemerintahan untuk keuntungan pribadi". atau untuk melanggar aturan-aturan pelaksanaan beberapa tingkah laku pribadi". c) memperkaya diri sendiri. Selain itu terdapat beberapa jenis tindak pidana korupsi yang lain. atau korporasi.BAB II PEMBAHASAN A. tindak pidana korupsi yang diatur dalam Undang Undang Nomor 30 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi mencakup unsur-unsur sebagai berikut: a) perbuatan melawan hukum. memutarbalik. LANDASAN TEORI Korupsi secara etomologis berasal dari bahasa Latin: corruptio dari kata kerja corrumpere yang bermakna busuk. atau sarana. menggoyahkan. yang secara tidak wajar dan tidak legal memperkaya diri atau memperkaya mereka yang dekat dengannya. dengan menyalahgunakan kekuasaan publik yang dipercayakan kepada mereka. Kemudian Robert Klitgaard dalam bukunya Controlling Corruption (1998) yang dikutip oleh Wiwit (2010) mendefinisikan korupsi sebagai "tingkah laku yang menyimpang dari tugas-tugas resmi sebuah jabatan Negara karena keuntungan status atau uang yang menyangkut pribadi (perorangan. Menurut Komberly Ann Elliott dalam Corruption and The Global Economy yang dikutip oleh Wiwit (20101) menyajikan definisi korupsi. menyogok). d) merugikan keuangan negara atau perekonomian negara. b) penyalahgunaan kewenangan kesempatan. kelompok sendiri). rusak. di antaranya: 6 . Secara harfiah. korupsi adalah perilaku pejabat publik. keluarga dekat. orang lain.

c) Korupsi defensif (defensive corruption) Orang yang bertindak menyeleweng karena jika tidak dilakukannya. urusan akanterhambat atau terhenti (perilaku korban korupsi dengan pemerasan.blogspot. d) Korupsi investif (investive corruption) Pemberian barang atau jasa tanpa memperoleh keuntungan tertentu. b) penggelapan dalam jabatan. c) pemerasan dalam jabatan. e) menerima gratifikasi (bagi pegawai negeri atau penyelenggara negara) Sedangkan berdasarkan syed husen alatas (1997) yang dikutip didalam http://leinadunam. b) Korupsi yang memeras (extortive corruption) Pemerasan adalah korupsi di mana pihak pemberi dipaksa menyerahkan uang suapuntuk mencegah kerugian yang sedang mengancam dirinya. e) Korupsi perkerabatan atau nepotisme (nepotistic corruption) Jenis korupsi ini meliputi penunjukan secara tidak sah terhadap Sanak-Saudara atauteman dekat untuk menduduki jabatan dalam pemerintahan.html secara sosiologis korupsi terdiri dari : a) Korupsi transaktif (transactive corruption) Jenis korupsi ini disebabkan oleh adanya kesepakatan timbal balik antara pihak pemberi dan pihak penerima demi keuntungan kedua belah pihak dan secara aktif merekamengusahakan keuntungan tersebut. kepentingannya atau sesuatuyang berharga baginya. Imbalan yang bertentangandengan norma dan peraturan itu mungkin dapat berupa uang. fasilitas khusus dan sebagainya f) Korupsi otogenik (autogenic corruption) 7 . selain keuntunganyang masih dalam angan-angan atau yang dibayangkan akan diperoleh di masa mendatang.com/2010/05/memahami-korupsi-dan-modusoperandinya. d) ikut serta dalam pengadaan (bagi pegawai negeri atau penyelenggara negara).a) memberi atau menerima hadiah atau janji (penyuapan). jadi korupsinya dalamrangka mempertahankan diri).

need (kebutuhan) dan Exposes (hukuman).Bentuk korupsi yang tidak melibatkan orang lain dan pelakunya hanya satu orangsaja. B. Keserakahan timbul karena adanya sifat tidak pernah puas yang dimiliki oleh manusia. Teori GONE yang dicetuskan oleh Jack Bologne menguraikan bahwa akar penyebab korupsi berasal dari greed (keserakahan). Kesempatan merupakan suatu keadaan yang menjadi faktor penarik tindakan kriminal. Dengan penghasilan yang sudah tinggi pun jika dikuasai keserakahan yang dilandasi akan rasa tidak pernah puas akan kebutuhan yang dipenuhi maka korupsi pun akan dilakukan. 8 . sebagai kepala SKK Migas dan komisaris Bank Mandiri gaji yang diperoleh berkisar 260 juta perbulan tetapi dengan penghasilan tersebut RR diduga mau menerima suap dari Kernel Oil. FAKTOR PENDORONG TERJADINYA KORUPSI Banyak teori yang membahas mengenai penyebab timbulnya korupsi. Pada tulisan ini akan dibahas secara khusus mengenai langkah langkah yang bisa dilakukan untuk memperbaiki penegakan hukum tersebut. Jika pada keserakahan didorong oleh rasa tidak pernah puas. maka kebutuhan menyebabkan korupsi dikarenakan adanya keadaan yang mengharuskan seseorang untuk memberanikan diri melakukan perbuatan korupsi tersebut. g) Korupsi dukungan (supportive corruption) Korupsi yang dilakukan untuk melindungi atau memperkuat korupsi yang sudah adamaupun yang akan dilaksanakan. Need atau kebutuhan merupakan salah satu penyebab lain dari korupsi. opportunity (kesempatan). Contoh yang ditemui baru baru ini adalah pada kasus Suap kepada mantan Kepala SKK Migas yang berinisial RR. Ekposes/ hukuman menjadi salah satu penyebab korupsi karena jika hukuman yang diterapkan kepada para koruptor lemah ataupun penegakan hukumnya bisa dilakukan hanky panky tentunya tidak aka efek jera dalam penindakan korupsi tersebut. Didalam tindak pidana korupsi. kelemahan peraturan ataupun kekuasaan yang dimiliki menjadikan seseorang memiliki kesempatan untuk melancarkan aksinya.

b. Bahaya korupsi terhadap masyarakat dan individu. Korupsi Cenderung Menggerogoti Pemerintah yang Didukung Publik Masyarakat Sebagian Besar Menderita Baik Dalam Dunia Ekonomi. akibat korupsi dapat dijelaskan seperti berikut: a.A Abbas (1975). Setiap individu dalam masyarakat hanya akan mementingkan diri sendiri (self interest). baik aspek kehidupan sosial. Administrasi. politik. Salah satu efek negatif yang paling berbahaya dari korupsi pada jangka panjang adalah rusaknya generasi muda. Bahaya korupsi bagi kehidupan diibaratkan bahwa korupsi adalah seperti kanker dalam darah. C. need dan expose diatas bisa saling berdiri sendiri atau bisa juga timbul menjadi faktor faktor yang saling mendukung untuk mendorong seseorang melakukan perbuatan korupsi. anak tumbuh dengan pribadi antisosial. korupsi berakibat sangat berbahaya bagi kehidupan manusia. Dalam masyarakat yang korupsi telah menjadi makanan sehari-harinya. Abbas (2010) menguraikan bahaya bahaya akibat korupsi adalah : K. ekonomi. opportunity. Norma-Norma Masyarakat Dirusak Oleh Persekongkolan-Persekongkolan. DAMPAK KORUPSI Menurut Soejono Karni (2010) korupsi/ dampak dampak yang ditimbulkan oleh perbuatan korupsi adalah : Merusak Sistem Tatanan Masyarakat. Jika korupsi dalam suatu masyarakat telah merajalela dan menjadi makanan masyarakat setiap hari. Tidak akan ada kerjasama dan persaudaraan yang tulus. Sedangkan K.A. bahkan selfishness. Politik dan Hukum Terjadi Biaya Ekonomi Tinggi Sulit Meningkatkan Efisiensi Kemiskinan Banyak Orang Yang Menjadi Putus Asa Dan Frustasi. dan individu. Bahaya korupsi terhadap generasi muda. tidak ada sistem sosial yang dapat berlaku dengan baik.Keempat faktor greed. selanjutnya generasi muda akan menganggap bahwa korupsi sebagai hal biasa (atau bahkan budayanya). maka akibatnya akan menjadikan masyarakat tersebut sebagai masyarakat yang kacau. sehingga perkembangan pribadinya menjadi terbiasa dengan sifat tidak jujur dan tidak 9 . sehingga si empunya badan harus selalu melakukan “cuci darah” terus menerus jika ia menginginkan dapat hidup terus. Secara aksiomatik. birokrasi.

penggelepan dalam pelaksanaannya dan lain-lain bentuk korupsi dalam projek). Birokrasi Korupsi juga menyebabkan tidak efisiennya birokrasi dan meningkatnya biaya administrasi dalam birokrasi. Jika demikian keadaannya. Hanya orang yang berpunya saja yang akan dapat layanan baik karena mampu menyuap. nepotisme dalam penunjukan pelaksana projek. d. 10 . KASUS Pemilihan Sutiyoso Untuk Bagi-Bagi Kursi Jabatan [JAKARTA] Wakil Ketua Setara Institute Bonar Tigor Naipospos menilai pemilihan Letjen TNI (Purn) Sutiyoso sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) tidak lebih dari sekadar bagi-bagi kursi jabatan oleh Presiden Joko Widodo kepada para pendukungnya. maka pertumbuhan ekonomi yang diharapkan dari projek tersebut tidak akan tercapai. akibatnya mereka tidak akan akan patuh dan tunduk pada otoritas mereka. Kekuasaan politik yang dicapai dengan korupsi akan menghasilkan pemerintahan dan pemimpin masyarakat yang tidak legitimate di mata publik. dan kualifikasi akan tidak pernah terlaksana. D. ketidaksetaraan sosial dan selanjutnya mungkin kemarahan sosial yang menyebabkan jatuhnya para birokrat. Ekonomi Korupsi merusak perkembangan ekonomi suatu bangsa.bertanggungjawab. e. Keadaan ini dapat menyebabkan meluasnya keresahan sosial. maka masyarakat tidak akan percaya terhadap pemerintah dan pemimipin tersebut. c. Kualitas layanan pasti sangat jelek dan mengecewakan publik. maka prinsip dasar birokrasi yang rasional. Jika suatu projek ekonomi dijalankan sarat dengan unsur-unsur korupsi (penyuapan untuk kelulusan projek. bisa dibayangkan betapa suramnya masa depan bangsa tersebut. Jika generasi muda suatu bangsa keadaannya seperti itu. efisien. Bahaya korupsi terhadap politik. Jika birokrasi telah dikungkungi oleh korupsi dengan berbagai bentuknya.

Ketua DPR Setya Novanto mengatakan telah menerima surat dari Presiden Jokowi terkait penunjukan Sutiyoso sebagai Kepala BIN menggantikan Marciano Norman. Bonar mengatakan intelijen ibarat telinga dan mata bagi pemerintahan. "Pemilihan Sutiyoso juga menjadi tradisi baru." kata Bonar Tigor Naipospos dihubungi di Jakarta. Jakarta. Karena itu. mengingat posisinya pada waktu itu sebagai Pangdam Jaya. pertama kalinya seorang ketua umum partai yang tidak memiliki satu kursi pun di DPR diangkat menjadi pejabat pemerintahan."Pemilihan Sutiyoso juga menunjukkan kebingungan Jokowi untuk menentukan siapa orang yang tepat dan yang paling penting loyal dan tidak berbahaya baginya. apakah tidak ada figur lain yang lebih muda dan memiliki kapasitas. Rabu (10/6). "Dia juga harus terbuka pada kasus lainnya seperti saat menjelang pergantian kekuasaan Soeharto. Namun. Sutiyoso memang memiliki latarbelakang militer dan mungkin ada pengalaman intelijen. Terkait posisi Sutiyoso yang masih menjabat sebagai Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) Indonesia. Bonar mengatakan Sutiyoso bila menjadi Kepala BIN harus membuktikan dengan bekerja sama dengan Komisi Nasional HAM bahwa dirinya tidak terlibat dalam pelanggaran hak sipil dan politik. Rabu. Menurut Bonar. 11 ." kata Setya Novanto di Gedung Nusantara III DPR. Setya menjelaskan pada Selasa (9/6) malam sudah berkomunikasi langsung dengan Presiden Jokowi di Solo terkait pergantian Panglima TNI dan Kepala BIN. Bonar mengatakan yang bersangkutan seharusnya mundur dari jabatan di partai politik. Sebelumnya. Terkait isu pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang dikaitkan kepada Sutiyoso. pemilihan Sutiyoso sebagai Kepala BIN menimbulkan pertanyaan." ucapnya." tuturnya. dia berpendapat Presiden Jokowi akan membuat tradisi baru bila memilih figur sipil yang memiliki pengetahuan tentang keamanan dan pertahanan sebagai Kepala BIN. "Presiden menunjuk Pak Sutiyoso menggantikan Pak Marciano.

atau oleh pemberi hadiah atau janji dianggap melekat pada jabatan atau kedudukan”. Apabila kasus tersebut terbukti maka pelaku melanggar Undang-Undang No. dilakukan atau tidak dilakukan dalam jabatannya”. akan dilakukan uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI dan calon Kepala BIN yang telah ditunjuk Presiden. yang bertentangan dengan kewajibannya. atau memberi sesuatu kepada pegawai negeri atau penyelenggara negara karena atau berhubungan dengan sesuatu yang bertentangan dengan kewajiban. "Mudah-mudahan berjalan baik karena merupakan hak prerogatif Presiden." tukasnya.com/home/pemilihan-sutiyoso-untuk-bagi-bagi-kursijabatan/89384 E. kedua surat mengenai pergantian Panglima TNI dan Kepala BIN sudah diterima pada Selasa malam dan akan segera ditindaklanjuti. "Akan segera ditindaklanjuti ke paripurna lalu diteruskan ke Badan Musyawarah DPR. Undang-Undang No. PEMBAHASAN Pada kasus di atas murupakan kasus dugaan korupsi dukungan. karena sesuai dengan definisinya korupsi dukungan merupakan Korupsi yang dilakukan untuk melindungi atau memperkuat korupsi yang sudah adamaupun yang akan dilaksanakan.Menurut Setya. 20 Tahun 2001 Pasal 11 yang berbunyi “Pegawai negeri atau penyelenggara negara yang menerima hadiah atau janji padahal diketahui atau 12 . 20 Tahun 2001 pasal 5 yang berbunyi “Setiap orang atau pegawai negeri sipil/penyelenggara negara yang memberi atau menjanjikan sesuatu kepada pegawai negeri atau penyelenggara negara dengan maksud supaya pegawai negeri atau penyelenggara negara tersebut berbuat atau tidak berbuat sesuatu dalam jabatannya. Dalam kasus di atas disebutkan bahwa pemilihan Letjen TNI (Purn) Sutiyoso sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) tidak lebih dari sekadar bagi-bagi kursi jabatan oleh Presiden Joko Widodo kepada para pendukungnya sehingga dapat di kategorikan kasus korupsi dukungan. 31 Tahun 1999 pasal 13 yang berbunyi “Setiap orang yang memberi hadiah atau janji kepada pegawai negeri dengan mengingat kekuasaan atau wewenang yang melekat pada jabatan atau kedudukannya. Menurut dia." ujarnya. Sumber : http://sp.beritasatu. Undang-Undang No.

Sementara itu korupsi adalah mencuri dengan cara diam-diam. padahal diketahui atau patut diduga bahwa hadiah tersebut diberikan sebagai akibat atau disebabkan karena telah melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatannya yang bertentangan dengan kewajibannya” F.Negara di Amerika Latin yang mayoritas penduduk nya non-muslim memiliki “Citra” yang serupa di mata dunia terkait korupsi yang terjadi di masing-masing Negara. Dalam 10 Perintah Tuhan. atau yang menurut pikiran orang yang memberikan hadiah atau janji tersebut ada hubungan dengan jabatannya” dan Undang-Undang No.patut diduga. jauhkan koruptor. maupun Negara. (b) yang berbunyi “pegawai negeri atau penyelenggara negara yang menerima hadiah. agar terus jaga tatanan hidup. Hukum korupsi dalam berbagai ajaran agama. Karena agama merupakan dasar dari segala kepercayaan dan keyakinan setiap individu. 10 Perintah Tuhan adalah salah satu norma yang dituangkan di Alkitab Perjanjian Lama dan merupakan inti dari etika Alkitab Perjanjian Lama. bahwa hadiah atau janji tersebut diberikan karena kekuasaan atau kewenangan yang berhubungan dengan jabatannya. Demikian jelasnya larangan Tuhan untuk tidak mencuri. Dalam Keluaran 20:15. hidup adalah perjuangan. PANDANGAN AGAMA TERHADAP KORUPSI Pandangan agama terhadap korupsi. padahal diketahui atau patut diduga bahwa hadiah atau janji tersebut diberikan untuk menggerakkan agar melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatannya. yang bertentangan dengan kewajibannya”. Dalam semua ajaran agama tidak ada ada yang mengajarkan umatnya untuk berlaku atau melakukan tindakan korupsi. 20 Tahun 2001 pasal 12 (a) yang berbunyi “pegawai negeri atau penyelenggara negara yang menerima hadiah atau janji. Namun sebuah Negara yang beragama tidak menjanjikan kebersihan Negara itu sendiri dari praktik korupsi. Larangan mencuri juga dikemukakan Yesus dalam 13 . agama merupakan salah satu hal yang sangat berhubungan erat dengan kasus korupsi. larangan kedelapan adalah larangan untuk mencuri. dan secara sadar atau tidak terjadi dalam segala aspek kehidupan terutama kehidupan sehari-hari. Allah berfirman : Jangan mencuri. Namun pada kenyataannya praktik korupsi sudah menjadi kegiatan yang tidak asing. Indonesia sebagai Negara yang memiliki penduduk mayoritas muslim. takut kepada Tuhan. dengan cara halus mengurangi hak negara atau orang lain demi kepentingan pribadi. antara lain : Kristen: suap dapat butakan mata (hati).

pendosa tak diakui oleh Tuhan dan kena karma. suap sebagai pintu masuk dosa. Hukum ini sama dengan hukumpertama. Lukas 10:27 ). Bahkan perbuatan tersebut berdampak sangat luas serta berdampak menambah kuantitas masyarakat miskin BAB III PENUTUP 14 .bentuk yang berbeda. Islam : Tindak Pidana Korupsi untuk memperkaya diri dari harta negara adalah perbuatan zhalim (aniaya). Mark 12:31. yaitu hukum mengasihi sesamamanusia seperti diri sendiri ( Matius 22:39. etika “kau rasakan apa yang kurasakan”. karena kekayaan negara adalah harta yang dipungut dari masyarakat termasuk masyarakat miskin yang mereka peroleh dengan susah payah. agar terus hidup sederhana. Hindu: pemimpin korup tak akan hidup kembali. yaitu hukum untuk mengasihi Tuhan Allah dengan segenap hati dan dengan segenap akal budi.

15 pada 12 September 2015. KESIMPULAN Korupsi sudah merupakan masalah yang kronik yang terjadi di bangsa Indonesia. opportunity (kesempatan). DAFTAR PUSTAKA [1]“GONE Theory.wordpress.” 2013. Penegakan hukum atas tindak pidana korupsi juga masih jalan ditempat khususnya pada aparat kejaksaan dan kepolisian.com/2009/02/04/gone-theory/. Didalam tindak pidana korupsi. sektor pelayanan publik yang cenderung birokratis dan tidak efisien. Fenomena fenomena yang terjadi adalah budaya permisif yang timbul di masyarakat dimana haus akan hadirnya Negara yang bebas dari korupsi tetapi masih mempraktekkan perilaku perilaku koruptif. Need atau kebutuhan menyebabkan korupsi dikarenakan adanya keadaan yang mengharuskan seseorang untuk memberanikan diri melakukan perbuatan korupsi tersebut. Pengetahuan. Keserakahan timbul karena adanya sifat tidak pernah puas yang dimiliki oleh manusia.A. Sedangkan Ekposes/ hukuman menjadi salah satu penyebab korupsi karena jika hukuman yang diterapkan kepada para koruptor lemah tentunya tidak akan efek jera dalam penindakan korupsi tersebut. Kesempatan merupakan suatu keadaan yang menjadi faktor penarik tindakan kriminal. Diakses http://roeshanny. kelemahan peraturan ataupun kekuasaan yang dimiliki menjadikan seseorang memiliki kesempatan untuk melancarkan aksinya. . sektor swasta yang juga tak sungkan mempraktikan upaya upaya korupsi demi keuntungan yang sebesar besarnya dan yang paling penting adalah sistem pemilihan pemimpin di legislative dan eksekutif yang boros juga jadi penyebab suburnya korupsi Akar penyebab korupsi berasal dari greed (keserakahan). need (kebutuhan) dan Exposes (hukuman).

Zambia. [3]KPK. [4] KPU.go. Wiwit. Diakse pada 13 September 2015 http://www. 2010.antikorupsi. Komisi Anti Korupsi Di Luar Negeri (Deskripsi Singapura.org/id/content/potensi-korupsi-dalam-pelaksanaan- pemilu 16 . http://issuu.html [6] Widjoyanto. Kenya Dan Tanzania). Transparency. Jakarta: Deputi Pencegahan KPK. Diakses pada 12 September 2015. Bambang.” Issuu.com/2013/03/upaya-pemberantasan-korupsi-di- indonesia.com/transparencyinternational/docs/global_corruption_report_2009.pdf. Thailand. diakses pada 13 September 2015 http://www. Diakses pada 12 September 2015 http://acch. Modul I Pemilu Bagi Pemula.[2] International.id/dmdocuments/modul_1c. Diakses pada 12 September 2015.id/documents/10157/27925/Komisi-Anti-Korupsi-di-LuarNegeri. 2010. 2008.go. “Global Corruption Report 2009. 2006. Madagascar. Hongkong.kpk.pdf [5] Nur Asih.blogspot. http://wiwitna. Upaya Pemberantasan Korupsi di Indonesia.kpu. Potensi Korupsi dalam Pelaksanaan Pemilu. 2010.