You are on page 1of 22

KUMPULAN MOTIVASI DARWIS TERE LIYE

Author : Rofi Qy
Pilihlah pasangan yang kaya. Tapi bukan kaya hartanya,
melainkan kaya waktunya, sehingga dia punya banyak waktu
untuk dihabiskan bersama kita--termasuk saat dia sibuk
sekalipun.
Karena hari ini, orang2 sebenarnya lebih banyak
bercengkerama dengan pasangan nempel terusnya, yaitu
gagdet macam HP, laptop, dsbgnya.
*Tere Liye
Teman-teman terbaik, selalu bersama kita hingga kapanpun.
Tidak peduli meski jarak, sekolah, pekerjaan telah
memisahkan.
*Tere Liye
Jangan cemas kehilangan seseorang yang tidak cemas
kehilangan kita.
Tapi khawatirlah kehilangan seseorang yang juga sungguh
khawatir kehilangan kita.
*Tere Liye
“Aku harus segera menyibukkan diri. Membunuh dengan tega
setiap kali kerinduan itu muncul. Berat sekali melakukannya,
karena itu berarti aku harus menikam hatiku setiap detik.”
--Tere Liye, novel "Sunset Bersama Rosie"

*Mungkin sebaiknya kita tahu
Satu, hanya teman terbaik yang berani bicara jelek tentang
kita di hadapan kita, yang bisa berbeda pendapat, bilang salah
jika itu memang salah. Jika dia hanya bicara manis selalu,
setiap saat bilang iya, itu tidak selalu berarti kabar baik.
Boleh jadi di belakang kita, dia bicara buruk.
Dua, hanya teman terbaik yang akan ada di sekitar kita,
bahkan dalam situasi terburuk sekalipun. Rajin bertanya di
saat susah, datang menemui saat kita sakit, dan situasi
lainnya. Sementara teman palsu, dia bahkan mulai lupa saat
kita tidak lagi kaya, populer, dsbgnya.
Tiga, hanya teman terbaik yang menolak memanfaatkan
temannya. Dia tidak ingin ikut kaya, populer, mendapatkan
pekerjaan karena temannya. Pertemanan baginya bukan
kesempatan, melainkan respek, saling menghargai. Sebaliknya,
teman KW, alias abal-abal, dia tidak tahu malu, memanfaatkan
setiap sisi yang ada.
Empat, terakhir, jika kita ingin punya teman terbaik, maka
mulailah menjadi orang yang baik. Sejarah mencatat, bahkan
Nabi pun memiliki sahabat-sahabat sejati. Semakin baik
kualitas seseorang, maka semakin baik pula teman yang
dimilikinya. Jangan bertanya apakah orang lain bisa menjadi
teman terbaik, tapi bertanyalah, apakah kita bisa menjadi
teman terbaik tersebut.
*Tere Liye

--Tere Liye "Rasa sakit hati itu indah. maka semoga suasana hati akan lebih ringan. biar momen menunggu itu tetap berkualitas. kita tidak bisa menghentikannya. mari di-isi dengan hal2 yang positif. hingga selesai dengan sendirinya. Bagaimana kita akan menghentikan tetes air yang turun dari langit? Hanya bisa ditunggu. Hanya batu atau kerikil yang tidak sakit hati. Sebagian besar dari mereka bisa menunggu dengan sabar datangnya kepastian tersebut. buku "Berjuta Rasanya" dan "Sepotong Hati yang Baru" Kenapa kita mengenang banyak hal saat hujan turun? Karena kenangan sama seperti hujan. Sibukkan diri dengan aktivitas2 bermanfaat. *Tere Liye. Nah. menunggu dan terusss menunggu. Lepaskanlah. *Tere Liye Wanita adalah mahkluk kepastian. malah nyantol ke tempat lain." *Tere Liye. novel "HUJAN" Mencintai dalam diam adalah seperti menari takjim sendirian di antara kabut pagi di sebuah padang rumput yang megah dan . Ketika dia datang. Setidaknya patah hati memberikan sensasi bahwa kita memang masih hidup. maka semoga yang lebih baik akan datang. menunggu. Terus memperbaiki diri. Maka. setidaknya momen menunggunya tidak sia-sia. kalau ternyata si mister x itu nggak nyadar2 juga ditungguin.Lepaskanlah.

mengerti semua tentang kita. Semoga besok lusa bisa menari bersama dalam ikatan yang direstui agama." *Novel "RINDU". Dan meski tidak tersampaikan. sepanjang kita jg sungguh2 bersedia memahaminya. maka sederhana jadinya. tahu kebiasaan kita. *Tere Liye "Kita tidak akan pernah menemukan orang yang benar2 memahami kita. Tere Liye Jika kau merasa bahagia dan sakit di waktu bersamaan. demi menjaga kehormatan perasaan. Ada saja takdir hebat yang tercipta untuk kita. rilis tahun 2016 . Merasa senang sekaligus cemas menunggu hari esok. kita selalu tahu itu sungguh tetap sebuah tarian cinta. Impossible. *Tere Liye.indah. Dan itu lbh dari cukup." *Tere Liye “Lepaskanlah. dia pasti akan kembali dengan cara mengagumkan. novel "HUJAN". jika dia adalah cinta sejatimu. Merasa yakin dan ragu dalam satu hela nafas. Tapi kita bisa menemukan orang yg sungguh2 bersedia memahami kita. kau sedang jatuh cinta. itu bukan cinta sejatimu. Tak pelak lagi. Maka esok lusa. tidak terucapkan. Jika dia tidak kembali. dicatat oleh negara.

Karena coba dongakkan wajah ke atas. tatap langit. penghasilan. kalian punya cinta. Tetapi langit punya penghiburan. Benar-benar kosong. sesekali dihiasi pelangi. mapan agar segera bisa menikah? Kenapa tidak sekolah yang baik. sesekali melintas awan. Kosong. kan? Kalau memang punya. penghasilan. *Tere Liye . Bukan malah pacaran melulu. Yang diperlukan hanya cinta. Maka indah sudahlah kehampaannya. dapat pekerjaan? Kan katanya punya cinta. Ada banyak hal lebih penting yang harus segera diurus. *Tere Liye Jangan suka bilang hidup kita hampa. Jangan habiskan waktu sia-sia. Bergegas. hujan. punya kegiatan yang indah. Apalagi yang tidak jelas dan tidak pasti. harusnya itu cukup sebagai energi untuk kongkret mulai berubah. menikah itu tidak perlu pekerjaan tetap. segera lulus. Nah. Sejak jaman dinosaurus hingga jaman android hari ini. mapan. Tinggalkanlah.Saya kira ada benarnya juga. dan sejenisnya. sesekali di penuhi titik bintang dan bulan. nilai bagus. *Tere Liye Hal yang sudah jelas dan pasti saja kadang berakhir menyakitkan. lantas kenapa kalian belum punya pekerjaan tetap. maka ijinkan saya bertanya. itu langit sudah hampa.

ternyata memang belum tentu akan begitu. memang sayang sama kita. dia berisik amat mengganggu tiada banyak manfaatnya. Buat apa? Sama sekali tidak perlu. belum tentu akan tidur. Mungkin saja dia memang perhatian . kita bisa terkejut dengan betapa dalam dasarnya. langsung terlihat dasarnya. Sebaliknya. terpercik kemana-mana.Seorang guru pernah menasehati: Semakin dalam sebuah sungai.” *Tere Liye. orang2 yang perhatian sama kita. semakin dangkal sebuah sungai. Tidak beriak walau se-mili. Jangan merepotkan diri sendiri dengan penilaian orang lain. cuma sebetis kaki. Orang yang bawa piring. Tapi dangkal saja. dia tenang mengagumkan. pada akhirnya tetap kita sendiri yang tahu persis apakah kita memang sebaik itu. Di dunia ini banyak sekali yang sudah terlihat begitu. berisik. Tapi jangan coba2 loncat ke dalam sungai itu. maka permukaannya akan terlihat tenang. juga belum pasti akan makan. kalaupun orang lain menganggap kita demikian. novel "RINDU" Orang bawa bantal. bergemuruh. Orang bawa handuk. *Tere Liye “Kita tidak perlu membuktikan pada siapapun bahwa kita itu baik. pun belum tentu bakal mandi. Begitu juga manusia. Termasuk salahsatunya. Karena toh. Semakin dangkal wawasannya. Semakin dalam pengetahuannya. belum tentu memang suka. airnya mengalir deras.

*Tere Liye Nabi pernah berwasiat: Berteman dengan penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi. Sedangkan . dilupakan. dan kalaupun tidak. atau kitanya yang korslet. hargailah halhal baik yang pernah mereka lakukan. Pastikan saja. Banyak orang besar lahir dari sakit hati. Dengan demikian. maka ingatlah hal-hal baik yang pernah mereka berikan.dan baik ke semua orang. dicaci. kita selalu bergerak menjadi lebih baik. Untuk orang-orang yang telah mengkhianati kita. belajar dari sakit hati dan hinaan orang lain. semoga kita bisa berdamai dengan diri sendiri. *Tere Liye Tidak apa sering sakit hati. Untuk orang-orang yang meninggalkan dan melupakan kita. *Tere Liye Untuk orang-orang yang telah menyakiti kita. Tidak masalah sering dihina. kenanglah hal-hal jujur yang pernah mereka perbuat. ditinggalkan. engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. merasa GR duluan. atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya. Banyak orang mulia lahir dari seluruh penghinaan dan cacian.

. Terlebih jika itu hanya prasangka. *Tere Liye ika kita menyukai seseorang. Dunia ini akan benar2 gelap gulita jika semua ucapan orang dimasukkan ke dalam hati. bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu. Siapa teman kita. Wasiat ini bukan berarti itu pandai besi jelek. melainkan perumpamaan. maka itulah yang akan mempengaruhi kita. Jika menganggu kita. dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap. ambil jalan aman dengan menjaga jarak. apalagi penilaian sepihak dari orang yang kenal juga tidak dengan kita. tukang bohong. dan kita disuruh melakukan refleksi. si penjual minyak bagus. berpikir. dan sejenisnya. Lebih baik fokus terus memperbaiki diri. apalagi memahami kita. Maka jauhilah berteman dengan para tukang nyontek.berteman dengan pandai besi. *Tere Liye Tidak semua ucapan orang lain itu harus didengarkan. maka tidak otomatis seseorang itu juga menyukai kita. Bukan itu maskudnya. Nanti malah ikutan. kesimpulan. atau bila perlu bangun benteng kokoh dari orang2 ini.

Bukan angkot. apalagi soal mewujudkan perdamaian dunia. Jaga kehormatannya.Ini bukan soal keadilan. ingin ini. orang-orang yang kaya-raya tapi tetap hidup sederhana. Lari. ketika kita ingin melupakan orang yg pernah kita sayangi. *Tere Liye *Melupakan Ketika kita mencoba melupakan kejadian menyakitkan. itu hati milik kalian sangat istimewa. orang-orang yang biasa-biasa saja tapi ingin bergaya kaya. mekanisme menyebalkan justeru terjadi saat kita berusaha lari menghindar. Sunggung buntung. *Tere Liye Dek. Lebih banyak yang bertepuk sebelah tangan. hal2 indah yang telah berlalu. sejatinya kita sedang berusaha lari dari kenangan atau sisa kenyataan tsb. Hati kalian lebih istimewa. melupakan orang yg membuat rasa sakit itu. --Tere Liye Sungguh beruntung. hak asasi. Pun sama. ini simpel tentang: tidak semua cinta itu harus terbalas. Maka. Pun maju-mundur ngasih PHP ke penumpang. Tiada tergoda dengan materi dunia. ingin itu. Kabar buruk buat kita semua. ingatan . maka sesungguhnya kita sedang berusaha menghindari kenyataan tersebut. yang siapapun bisa naik-turun. Kemudian ngetem.

kita justeru berhasil mengenyahkan ingatan itu. Biarkan saja dia hadir. mekanisme menakjubkan akan terjadi. karena sy tahu." Letakkan kenangan tsb dalam posisi terbaiknya. jelas bisa dibiasakan. Ketahuilah. Perlahan tapi pasti. saat dibiasakan. dia justeru mengambang di atas kepala. Terima seluruh ingatan itu.tersebut malah memerangkap diri sendiri. levelnya sama dengan seperti kenangan kita pernah beli bakso depan rumah. Jangan lari dari kenangan tersebut. racun paling mematikan sekalipun. Apalagi kenangan. Terima dengan senang hati. malah semakin erat buhul ikatannya. dengan dosis yang tepat. Bilang ke diri sendiri: "Sy punya masa lalu seperti ini. pernah dekat dengan orang menyakitkan itu. dia bagai bumerang kembali menghujam deras. Maka. Akan saya ingat dengan lega. setetes demi setetes dimasukkan dalam tubuh. Berdamai. sy terima semua kenyataan tersebut. kenangan tersebut justeru menjadi tidak penting. bila perlu peluk erat. *Tere Liye . besok lusa sy bisa jadi lebih baik--dan semua orang berhak atas kesempatan memperbaiki diri. Pelan tapi pasti. Bagaimana mengatasinya? Justeru resep terbaiknya adalah kebalikannya. Apa itu? Mulailah dengan perasaan tenteram terhadap diri sendiri. hanyut dibawa oleh hal2 baru yg lebih seru. biasa-biasa saja. besok lusa jika kita tdk semaput oleh racun tsb. maka justeru dengan mengingatnya. Semakin kuat kita ingin melupakan. kita justeru akan jadi kebal. Dan semakin kita terbiasa. Dilempar jauh2. Itulah hakikat dari: jika kalian ingin melupakan sesuatu atau seseorang. Diteriaki disuruh pergi. Logika terbalik.

Belajar mandiri. Melainkan dengan terus memperbaiki diri sendiri. kita ternyata tidak mendapatkan jodoh terbaik. Jika di ujung cerita. kita telah tumbuh menjadi lebih baik. semakin indah tiada tara *Tere Liye Bagaimana mencari jodoh terbaik? Bukan dengan pacaran. toh. teman. Sekolah. kenalan. Menambah pengetahuan. Siap menerima skenario apapun dari Tuhan. dengan pemahaman terbaik. Pun jika ingin bekerja.*Sajak 'jangan biarkan' Orang-orang bisa membuat kita melengkung Tapi jangan biarkan mereka mematahkan hidup kita Setiap lengkung akan terlihat menawan Seperti instalasi seni bermutu tinggi Orang-orang bisa menyiramkan air Tapi jangan biarkan kita tenggelam Serap saja seperti sebuah spons Kemudian keluarkan dengan tenang Orang-orang bisa menggosok kasar kehidupan Tapi jangan biarkan kita pecah Jadilah seperti batu mulia Semakin digosok. *Tere Liye . berbisnis. tidak masalah. bisa dilakukan. Melakukan aktivitas dan hobi yang bermanfaat.

bersyukur. yaitu ketika Tuhan menghukum kita. Lah. Urusan ini tentang keras kepala. "Eh gue lagi diuji. Berhati-hatilah atas jenis yang kedua. padahal terbentang jelas. 2. Kesulitan yang timbul karena kita sendiri. maka contoh takabur adalah: tidak mau menegakkan shalat lima waktu. Mulai dari yang ringan. smile emotikon *Tere Liye Ada dua jenis kesusahan hidup itu: 1. yaitu ketika Tuhan mengirimkan kesulitan hidup agar kita semakin matang. repos postingan tahunan silam Jika kita muslim. semakin tangguh dan bersyukur. siapa yang nguji? Sekolah kagak pernah. Azab.Dulu. shalat kagak ngerti. hingga yang serius mencuri. *Tere Liye. dsbgnya. sok suci. korup. bilangnya. Urusan ini bukan sok alim. sepert pemalas. Ujian. berbohong. menunda-nunda waktu. Dan jangan mudah GR. . maksiat. Zainuddin MZ suka ceramah begini: "Sujud kagak pernah. Merasa Tuhan menguji kita. Pas lagi kena musibah. tiba2 ngikut ulangan?" Mungkin menarik untuk dipikirkan. Kesulitan yang datang padahal kita sudah senantiasa bekerja keras. nih". berzina. Tuhan justeru mengirimkan peringatan. bahkan kepada Tuhannya sendiri. Besar sekali rasa congkaknya. ibadah susah. agar kita tahu diri. sok baik.

Karena mereka mengajarkan Besok-lusa kita tidak akan mempersulit orang lain.*Tere Liye Sebenarnya.. No way. lebih banyak orang-orang yang tidak peduli dengan apa yang kita rasakan. lebih banyak orang-orang yang bahkan tidak menyadari ada air mata di pipi kita. Berterima-kasihlah pada orang-orang yang mengkhianati kita. saat kita menangis. Saat kita susah hati. Hanya teman sejati yang bisa menyaksikan tangisan di antara senyuman. *Tere Liye *Sajak "Berterima-kasihlah" Berterima-kasihlah pada orang-orang yang membuat sulit hidup kita. tidak mau tertimpa masalah. Karena mereka mengajarkan Besok-lusa kita tidak akan jadi pengkhianat.. Berterima-kasihlah pada orang-orang yang hanya ingat jika butuh Tapi lupa dan pergi jika kita sedang masalah Karena mereka mengajarkan . orang-orang justeru menjauh.. Saat kita kesulitan. apalagi menusuk dari belakang.

Novel "Sunset Bersama Rosie" . ayolah.Besok lusa. Novel "Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin" “Hanya orang-orang dengan hati damailah yang boleh menerima kejadian buruk dengan lega. Mengerti.” ― Tere Liye.” ― Tere Liye. walau menyakitkan itu harus dilalui agar langkah kita menjadi jauh lebih ringan. Novel "Rembulan Tenggelam Di Wajahmu" “Mengerti bahwa memaafkan itu proses yang menyakitkan. memaafkan orang lain sebenarnya jauh lebih mudah dibandingkan memaafkan diri sendiri. kita tidak akan menjadi orang seperti mereka Kita bisa lebih baik. Ketahuilah. Sibuk menghubungkan banyak hal agar hatinya senang menimbun mimpi. *Tere Liye “Orang yang memendam perasaan seringkali terjebak oleh hatinya sendiri. Sibuk merangkai semua kejadian di sekitarnya untuk membenarkan hatinya berharap. Sehingga suatu ketika dia tidak tahu lagi mana simpul yang nyata dan mana simpul yang dusta.” ― Tere Liye.

dia membiarkan dirinya jatuh begitu saja. sempurna di mata kita. Tak masalah meski lewat kejadian yang sedih dan menyakitkan.Tidak ada yang kebetulan di muka bumi. tapi boleh jadi itu pilihan yang baik. seseorang itu mungkin terlihat perfect. *Tere Liye . Tak melawan.” — Tere Liye. novel “Daun yang jatuh tak pernah membenci Angin” Seseorang itu mungkin terlihat banyak kekurangan di mata kita. pengertian. mengikhlaskan semuanya. Semua adalah skenario Tuhan. agar tibalah skenario yang lebih baik lagi. pemilik rencana paling sempurna. Bahwa hidup harus memahami. pemahaman itu datang. kita bisa menerima kejadian apapun dengan lapang dada sambil terus memperbaiki diri. penerimaan yang indah. pemahaman yang tulus. pengertian yang benar. Bahwa hidup harus menerima. Bahwa hidup harus mengerti. Dengan meyakini semua adalah skenario dari Tuhan. *Tere Liye “Daun yang jatuh tak pernah membenci angin. Tak peduli lewat apa penerimaan. Sebaliknya. tapi boleh jadi itu pilihan yang buruk.

maka dia justeru lomba lama2an. memangnya kita janji dgn siapa? Jika belum datang jodohnya terus bersabar. Kalau menikah itu harus dianalogikan dengan lomba. Telat jadinya. *Tere Liye .. Tdk akan rugi orang2 yg bersabar. bahagia dunia akherat itu baru menang. langgeng. Maka. jelas tdk ada itu 'telat menikah'. awet. Lagipula. Lah.5 Rule: Kesalahan selalu bisa dilupakan Jika seseorang bisa berbesar hati mengakuinya Kesedihan selalu bisa dihapus Jika seseorang berani memeluknya. Rasa sakit selalu bisa diobati Jika seseorang tulus mampu memaafkan Kegagalan selalu bisa diatasi Jika seseorang "keras kepala" terus berusaha Kehilangan selalu bisa dilewati Jika seseorang kuat dapat melepaskan *Tere Liye Telat itu kalau kita ada janji.. lantas datang terlambat. Siapa paling lama. menikah itu bukan lomba cepat2an.

" *Novel "RINDU". ada yang memutuskan tinggal. Maka esok lusa. Jika dia tidak kembali. melupakan dan tidak peduli. dia pasti akan kembali dengan cara mengagumkan. Ada orang-orang yang menyayangi. maka sebesar apa pun wujud kehilangan. Maka. kau akan siap menghadapinya. *Tere Liye “Jika harapan dan keinginan memiliki itu belum tergapai. ada orang-orang yang memilih pergi. Ada orang-orang yang melupakan. Tere Liye . maka teruslah memperbaiki diri sendiri. itu bukan cinta sejatimu.Di dunia ini. Bukan yang pergi. Jika pun kau akhirnya tidak memiliki. maka sederhana jadinya. mengingat dan menyayangi. ada yang memilih mengingat. Sekali kau bisa mengendalikan harapan dan keinginan memiliki. fokuslah pada yang tinggal. Tere Liye “Lepaskanlah. belum terwujud. besok lusa kau akan memperoleh pengganti yang lebih baik. sibukkan dengan belajar. agar kita senantiasa bahagia. jika dia adalah cinta sejatimu. pun ada yang tidak peduli lagi. Ada saja takdir hebat yang tercipta untuk kita. Jangan dibalik.” *Novel "RINDU".

bukan! Kita memutuskan memaafkan seseorang karena kita berhak atas kedamaian di dalam hati. Maka. maka jangan suka membuka tutup pintu hati. menangis. jangan mau digombalin oleh orang yg terbiasa sekali membuka tutup pintu hatinya. dia sudah berhasil menaklukkan diri sendiri. tetap merembes. Justeru kita akan mengerti hakikatnya saat kita melepaskannya. sebal. --Tere Liye "Kita tidak akan pernah mengerti hakikat memiliki. membahayakan seluruh bendungan. tidak merembes. yang kapanpun aman dibuka tutup. belum niat serius.“Saat kita memutuskan memaafkan seseorang. maka susah payah menutupnya kembali. sekali pada akhirnya bisa tulus melepaskan. novel 'Sunset Bersama Rosie' . sekali pintu hati dibiarkan terbuka. dan kita benar. jika kita terlalu ingin memilikinya. bahkan lubang bocornya jebol dimana2. Apakah orang itu memang jahat atau aniaya. Meski sakit hati. itu bukan persoalan apakah orang itu salah. *Tere Liye 'Pintu hati' itu tidak seperti pintu bendungan. marah2. Dalam urusan perasaan. Tere Liye Hanya orang2 kuatlah yang bisa melepaskan sesuatu. Dan tentu saja." --Tere Liye. jika kita belum siap.” *Novel "RINDU".

hakikat "bersyukur" selalu bicara tentang penerimaan. maka mau apalagi? Toh. Yang akan menggantikan.Ingatlah selalu: Yang akan tiba. selalu memaksakan jalan cerita. novel "kau. serta berbagai perangai norak lainnya. Termasuk "kebetulan2" yang menakjubkan. yang telah pergi. menggantikan. serta kesempatan baru itu ternyata memang lebih jelek. telah tergantikan. Kesempatan baru. *Tere Liye Cinta sejati selalu menemukan jalan. orangorang yang mengaku sedang dirundung cinta justru sebaliknya. atau apalah sebutannya. Ada saja kebetulan. selalu lebih baik dibanding yang telah pergi. pun lebih baik dibanding kesempatan lama. cemas. Tapi sayangnya. Karena jikalaupun yang tiba. nasib. takdir. --Tere Liye. khawatir. aku & sepucuk angpau merah" . Bukan tentang membanding-bandingkan. dan kesempatan lama sudah tidak lagi menjadi bagian dari kita? Itulah kenapa. Jika berjodoh. Tuhan sendiri yang akan memberikan jalan baiknya. juga lebih baik dibanding yang telah tergantikan.

untuk kemudian kembali sedih Padahal sungguh buat apa? Wahai perasaan Kau buat aku seperti orang bingung Semua serba salah Kau buat aku tidak selera makan.. . Wahai perasaan Kau buat aku berlari di tempat Semakin berusaha berlari. dan malam semakin gulita Kau buat beberapa menit lalu aku gembira. itu. Mencoret2 buku tanpa tujuan Mudah lupa dan ceroboh sekali Wahai perasaan Cukup sudah Kita selesaikan sekarang juga Karena. malas melakukan apapun Memutar lagu itu2 saja.. kaki tetap tak melangkah Kau buat aku berteriak dalam senyap Kau buat aku menangis tanpa suara Kau buat aku tergugu entah mau apalagi Wahai perasaan Kau buat aku seperti orang gila Mengunjungi sesuatu setiap saat. soreku jadi kelam Kau buat siangku jadi gelap. untuk kemudian bersedih hati.*Sajak "Jalanku Masih Panjang" Wahai perasaan Kau buat pagiku jadi mendung. untuk memastikan sesuatu Padahal buat apa? Ingin tahu ini.

dan kita masih terus berdiri tegak menyelesaikan tugas. takdir. selalu memaksakan jalan cerita. atau apalah sebutannya. . Termasuk "kebetulan2" yang menakjubkan. maka itulah yang disebut kegigihan. dan kita masih terus mencoba.. aku & sepucuk angpau merah" *Ketika Ketika semua pintu sudah tertutup. selangkah demi selangkah. orangorang yang mengaku sedang dirundung cinta justru sebaliknya. cemas.. Jika berjodoh. Ketika semua amunisi habis. Ketika semua jalan buntu.Jalanku masih panjang Aku berhak atas petualangan yang lebih seru Selamat tinggal Jalanku sungguh masih panjang.. Tapi sayangnya.. terus gagal lagi. nasib.. Tuhan sendiri yang akan memberikan jalan baiknya. dan kita masih terus maju. serta berbagai perangai norak lainnya.. Ada saja kebetulan. *Tere Liye Cinta sejati selalu menemukan jalan. maka itulah yang disebut pantang menyerah. tidak ada lagi yang bisa membantu. maka itulah yang disebut persisten. Ketika semua cara telah berkali-kali dicoba. --Tere Liye. maka itulah yang disebut ketekunan. novel "kau. dan kita masih terus berusaha. gagal lagi. khawatir.

Nasehat ini bukan menyuruh orang jadi berburuk sangka. *Tere Liye . Pun kalau nasib ternyata gagal. Sungguh dekat sekali orang-orang ini dengan keberhasilan. Berbahagia dengan usaha yang telah dilakukan. terasa jleb. melainkan agar lebih pandai membawa diri. sakit itu lawan. Tidak semua yang bermanis2 ria kepada kita itu sahabat.Dan ketika semua orang lain sudah berhenti. *Tere Liye Tidak semua yg tersenyum pada kita itu teman. maka itulah yang disebut keyakinan. dia tetap dekat dengan kebahagiaan. dan tidak semua yang berkata tegas. dan tidak semua yang menyakiti kita itu musuh. dan kita masih terus berusaha.