2 KA 14 [SISTEM OPERASI

]

CONTROL PANEL
SNMP (Simple Network Management Protocol)

Disusun Oleh : Eko Ma’arif Siti Rahayu Yolanda 10108686 11108852 12108090

SISTEM INFORMASI – FAKULATAS ILMU KOMPUTER

UNIVERSITAS GUNADARMA

SNMP ( Simple Network Management Protocol )

2 KA 14 [SISTEM OPERASI] Kontrol Panel adalah sebuah folder khusus yang berisi alat-alat (sistem perangkat lunak) yang digunakan untuk mengkonfigurasi perangkat keras dan perangkat lunak. Di dalam control panel terdapat beberapa icon untuk mengkonfigurasi system yang ada dalam computer kita dengan beberapa fungsi sebagai berikut : 1. Accessibility Option Untuk mengatur settingan display dan mobilitas Cara menjalankan program: klik dua kali pada ikon tersebut, kemudian setting sesuai dengan keinginan. 2. Add or Remove Program nstall atau menghapus program dan komponen windows Cara menjalankan program: klik dua kali pada ikon tersebut, kemudian pilih program yang ingin dihapus dari computer, bila setuju tekan tombol Cahnge/Remove 3. Automatic Update Mengatur windows untuk menerima update yang penting secara otomatis Cara menjalankan program: klik dua kali pada ikon tersebut, kemudian setting sesuai dengan keinginan 4. Date and Time Mengatur tanggal, waktu dan zona waktu untuk computer Cara menjalankan program: klik dua kali pada ikon tersebut, kemudian seting tanggal dan waktu sesuai dengan keinginan 5. Display Mengubah tampilan di desktop, seperti background, secreen saver, warna, ukuran huruf dan resolusi layer Cara menjalankan program: klik dua kali pada ikon tersebut, kemudian setting sesuai dengan keinginan 6. Folder Options Mengatur tampilan dari file dan folder, mengubah asosiasi file, dan membuat file-file jaringan tersedia secara offline Cara menjalankan program: klik dua kali pada ikon tersebut, apabila ingin menampilkan file/folder tersembunyi, pilih tab menu View, pada bagian Hidden Files and Folders, pilih Show Hidden Files and Folders. Pilih OK. 7. Font Menambah, mengubah dan memanage huruf-huruf di computer
SNMP ( Simple Network Management Protocol )

2 KA 14 [SISTEM OPERASI] Cara menjalankan program: klik dua kali pada ikon tersebut, untuk menambah huruf, anda tinggal copy-paste saja huruf-huruf yang ingin anda masukkan. 8. Game Controller Menambah, menghapus dan mengkonfigurasi control game, seperti joystick and gamepad Cara menjalankan program: klik dua kali pada ikon tersebut, 9. Intel® GMA Driver Mengontrol grapic dari fitur perangkat keras di computer Cara menjalankan program: klik dua kali pada ikon tersebut, 10. Internet Options Mengatur tampilan internet dan setting koneksi Cara menjalankan program: klik dua kali pada ikon tersebut, 11. Keyboard Mengatur setting keyboard seperti rasio kedip kursor dan rasio pengulangan karakter Cara menjalankan program: klik dua kali pada ikon tersebut, 12. Mail Profile Microsofts Outlook Cara menjalankan program: klik dua kali pada ikon tersebut, 13. Mouse Mengatur setting mouse seperti komfigurasi tombol, kecepatan double klik, pointer mouse dan kecepatan gerakan mouse Cara menjalankan program: klik dua kali pada ikon tersebut, 14. Network Connections Untuk mengoneksikan ke computer lain, jaringan dan internet Cara menjalankan program: klik dua kali pada ikon tersebut, 15. Power Options Mengatur settingan energi simpanan untuk computer Cara menjalankan program: klik dua kali pada ikon tersebut, 16. Printer and Faxes Untuk menampilkan printer yang terinstall dan printer fax dan membantu untuk menambah baru Cara menjalankan program: klik dua kali pada ikon tersebut,

SNMP ( Simple Network Management Protocol )

2 KA 14 [SISTEM OPERASI] 17. Realtek HD Sound Effect Manager Realtek HD Audio panel control Cara menjalankan program: klik dua kali pada ikon tersebut, 18. Regional and Language Options Mengatur settingan untuk tampilan bahasa, angka, waktu dan tanggal Cara menjalankan program: klik dua kali pada ikon tersebut, 19. Scanners and Cameras Menambah, menghapus dan mengkonfigurasi scanner dan kamera Cara menjalankan program: klik dua kali pada ikon tersebut, 20. Scheduled Tasks Mengatur jadwal computer untuk dijalankan secara otomatis Cara menjalankan program: klik dua kali pada ikon tersebut, 21. Security Center Untuk melihat status dari keamanan yang ada dan settingan untuk akses-akses penting Cara menjalankan program: klik dua kali pada ikon tersebut, 22. Sounds and Audio Devices Mengubah skema suara untuk computer atau mengkonfigurasi settingan untuk speaker dan alat rekam Cara menjalankan program: klik dua kali pada ikon tersebut, 23. Speech Mengubah settingan untuk kalimat menjadi suara atau pengenalan suara (jika terinstal) Cara menjalankan program: klik dua kali pada ikon tersebut, 24. System Untuk melihat informasi tentang system computer dan mengubah setting perangkat keras, performanya dan update otomatis Cara menjalankan program: klik dua kali pada ikon tersebut, 25. Taskbar and Start Menu Mengatur start menu dan taskbar seperti mengatur berapa jumlah item yang akan ditampilkan dan bagaimana seharusnya ditampilkan Cara menjalankan program: klik dua kali pada ikon tersebut, 26. User Accounts Mengubah setting akun pengguna dan password untuk orang yang berbagi computer

SNMP ( Simple Network Management Protocol )

2 KA 14 [SISTEM OPERASI] Dalam control panel terdapat menu Administrative Tools yang berisi option-option untuk mengkonfigurasi sistem Windows XP salah satunya adalah SNMP (Simple Network Management Protocol). SNMP digunakan untuk melakukan Administrasi system dan IP juga untuk troubleshooting routers. SNMP dapat digunakan untuk:
  

Melakukan konfigurasi secara remote Melakukan monitoring terhadap performa network Dapat mendeteksi Network Faults dan Inappropiate access seperti adanya access denied pada server, "low disk space" pada server, kegagalan koneksi pada router.

INSTALASI SNMP Pada Winodws XP Instalasi SNMP dapat dilakukan dengan cara :

Buka control panel

SNMP ( Simple Network Management Protocol )

2 KA 14 [SISTEM OPERASI]

Pilih Add Remove Programs, dan double click.

Setelah Control Panel terbuka, pilih add/remove windows components.

SNMP ( Simple Network Management Protocol )

2 KA 14 [SISTEM OPERASI]

Akan terlihat beberapa menu checklist, scroll down ke bawah dan pilih "Management and Monitoring Tools"

 

Lalu klik Next dan proses instalasi akan berlangsung. Sampai ini anda telah berhasil melakukan instalasi SNMP di Windows XP Professional

ADMINISTRASI SNMP Untuk melakukan seting administrasi SNMP maka perlu diperhatikan langkah – langkah sebgaia berikut

Buka control panel

SNMP ( Simple Network Management Protocol )

2 KA 14 [SISTEM OPERASI]

Lakukan Double Click pada Administrative tools untuk melakukan setting pada SNMP.

Setelah itu pilih "Computer Management"

SNMP ( Simple Network Management Protocol )

2 KA 14 [SISTEM OPERASI]

Setelah itu pilih menu disebelah kiri anda dan pilih menu "Services" seperti terlihat dibawah ini.

Lalu pilih di sebelah kanan anda menu "SNMP Services” kemudian klik kanan pada menu "SNMP Service" dan pilih properties.

SNMP ( Simple Network Management Protocol )

2 KA 14 [SISTEM OPERASI]

Setelah muncul kotak dialog seperti dibawah, maka kita dapat melakukan seting dengan memperhatikan 3 Option tab yang ada yaitu: 1. Agent Dalam agent ini dapat disetup informasi dari pengguna dan nama komputer itu. 2. Traps Digunakan untuk melakukan setup "Community Name" 3. Security Digunakan untuk mengecek dan accept SNMP message dari host yang lain.

TROUBLESHOOT SNMP Jika ternyata komputer anda Windows Firewallnya dalam keadaan ON maka dapat mengikuti langkah berikut untuk melakukan setting.

Buka Firewall setting pada windows XP anda.

SNMP ( Simple Network Management Protocol )

2 KA 14 [SISTEM OPERASI]

Klik kanan maka akan keluar menu seperti dibawah ini. Lalu pilih "Change Windows Firewall Settings"

Maka akan terbuka menu baru. Pilih menu "Exceptions" untuk melakukan setup pada windows firewall anda.

SNMP ( Simple Network Management Protocol )

2 KA 14 [SISTEM OPERASI]

Setelah menu exceptions terbuka maka anda dapat melihat port yang dapat diconfigure.

Klik "Add Port..." untuk menambahkan port untuk SNMP.

SNMP ( Simple Network Management Protocol )

2 KA 14 [SISTEM OPERASI] Note: Anda harus menambahkan dua buah port untuk membuat SNMP dapat berjalan melalui windows firewall.
o o o

Untuk setting dari server ke agent gunakan Port UDP 161 Untuk setting dari agent ke server gunakan Port UDP 162 Isikan setting portnya sesuai dengan port dibawah ini.

Untuk point no.1 isikan nama port yang ingin dibuka, contoh SNMP In. Lalu untuk no.2 isikan port UDP yang akan digunakan dalam hal ini Port 161, jangan lupa pilih option UDP. Lalu klik ok. Begitu juga untuk setting SNMP Out isikan no.1 dengan SNMP Out dan no.2 dengan port number 162, dan terakhir klik Ok.

Referensi : http://www.ez.net.id/faq_docsnmp.php http://arfinhakim.blogspot.com/2009/06/pengertian-dalam-control-panel.html

SNMP ( Simple Network Management Protocol )

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful