You are on page 1of 7

STANDAR PROSEDUR OPERASIONAL

(SOP)
PENDAFTARAN PASIEN
No. Kode
: ...........
Pemerintah Kota
Surakarta

Terbitan

:

No. Revisi

:

Tgl. Mulai Berlaku

:

Halaman

:

UPTD Puskesmas
Pucangsawit

Kepala UPTD Puskesmas
Pucangsawit
Ditetapkan Oleh

TTD
Drg. Bintang SN
NIP. 19640727 199203 1 013

1. Tujuan
2. Kebijakan
3. Definisi
4. Prosedur

Prosedur ini bertujuan untuk memberi jasa pelayanan awal sebelum pasien
mendapat tindakan medis dan sebagai tempat penyimpanan data rekam medis
pasien dalam bentuk kartu status rekam medis dan aplikasi SIMPUS
Langkah langkah pasien pendaftaran pasien diharapkan sesuai
dengan langkah langkah SOP ini
Suatu pempat pelayanan awal bagi masyarakat/ pasien yang memerlukan
pelayanan kesehatan di Puskesmas Pucangsawit
1. Petugas mempersilahkan pasien mengambil nomor antrian
2. Petugas mempersilahkan pasien duduk di ruang tunggu
3. Petugas memanggil nomor antrian pasien
4. Petugas menanyakan apakah pasien sudah memiliki Kartu
berobat, bila sudah punya berarti pasien lama , bila belum punya
punya berarti pasien baru
5. Petugas menanyakan kartu jaminan kesehatan yang dimiliki
pasien , apakah pasien BPJS atau pasien umum
6. Pasien baru dicatat dan dimasukkan dalam SMPUS dan diberi
kartu berobat Puskesmas Pucangsawit dan dibuatkan Kartu
rawat jalan (rekam medis)
7. Untuk pasien baru, petugas menanyakan :

bila berobat kembali kartu berobat harus dibawa dan tidak boleh hilang  Petugas menanyakan kepada pasien ingin berobat . status perkawinan. petugas meminta kartu bpjs pasien untuk dimasukkan kedalam P.Care  Apabila tidak punya kartu BPJS pasien dientry kedalam SIMPUS (untuk pasien umum) dan membayar biaya pendaftaran sesuai PERDA  Apabila pasien tidak punya kartu BPJS . Apakah pasien punya kartu jaminan kesehatan bpjs?  Apabila punya kartu bpjs . pekerjaan . Petugas menanyakan identitas pasien (nama. agama. status keluarga dll)  Petugas mencatat identitas pasien ke dalam buku register baru  Petugas memasukkan data pasien kedalam SIMPUS  Petugas mencatat identitas pasien ke dalam Form rekam medis  Petugas memberi cap tanggal dalam kartu RM  Petugas menulis kode pembiayaan dibawah tanggal di RM  Petugas mencatat identitas pasien ke dalam Kartu tanda berobat  Petugas menyerahkan kartu tanda berobat kepada pasien  Petugas memberitahu kepada pasien. alamat. status pendidikan. tanggal lahir.

pelayanan KIA atau yang lain  Untuk pasien BPJS petugas mengentry di P-Care sesuai unit pelayanan yang dituju  Untuk pasien umum petugas menginput data di SIMPUS sesuai unit pelayanan yang dituju . Apakah unit pelayanan umum.kemana? / unit pelayanan mana yang dituju. pelayanan KIA atau yang lain  Untuk pasien BPJS petugas mengentry di P-Care sesuai unit pelayanan yang dituju  Untuk pasien umum petugas menginput data di SIMPUS sesuai unit pelayanan yang dituju  Petugas mencari RM pasien sesuai dengan nomor pada kartu berobat  Petugas menyerahkan status RM dan resep sesuai yang terdaftar pada unit pelayanan yang dituju  Petugas mempersilahkan pasien duduk dan menunggu panggilan dari unit pelayanan yang diinginkan 8. pelayanan gigi. pelayanan gigi. Apakah unit pelayanan umum. Untuk pasien lama petugas menanyakan :  Apakah pasien sudah pernah berobat ke puskesmas pucangsawit?  Petugas meminta kartu tanda berobat puskesmas pucangsawit  Petugas menanyakan kepada pasien ingin berobat kemana? / unit mana yang dituju.

Pelayanan umum b. Pelayanan KIA d. Pelayanan gigi dan mulut c. Referensi c. Pelayanan KB e. Formulir rekam medis b. Unit Terkait b. Distribusi a. Dokumen Terkait a. Rekaman historis perubahan . Petugas mencari RM pasien sesuai dengan nomor pada kartu berobat  Petugas menyerahkan status RM dan resep sesuai yang terdaftar pada unit pelayanan yang dituju  Petugas mempersilahkan pasien menunggu panggilan dari unit pelayanan yang diinginkan a. Buku register d.

.... Revisi : Tgl. Kode : ....mulai diberlakukan DAFTAR TILIK PEMBERIAN TABLET TAMBAH DARAH (Fe) BAGI IBU HAMIL No. Mulai Berlaku : Halaman : UPTD Puskesmas Pucangsawit ..No Yang dirubah Isi Perubahan Tgl.. Pemerintah Kota Surakarta Terbitan : No..

5 Apakah petugas Melaporkan hasil distribusi dan pemberian tablet Fe setiap bulan berikut dengan stok/sisa ke dinas kesehatan setiap tanggal 5 bln berikutnya 11 Apakah Petugas mendokumentasikan kegiatan pemberian tablet tambah darah kepada ibu hamil Jumlah Compliance rate (CR) : …………………………………% …………………………….. Menghitung Kebutuhan tablet Fe d.…… TB . Mengecek ketersediaan Tablet Tambah Darah (Fe) c.Ditetapkan Oleh Kepala UPTD Puskesmas Pucangsawit Drg. 19640727 199203 1 013 TTD Unit : ………………………………………………………………………… Nama Petugas : ………………………………………………………………………… Tanggal Pelaksanaan : ………………………………………………………………………… No 1 Langkah Kegiatan Ya Tidak Apakah Petugas : a Menyiapkan data jumlah sasaran ibu hamil b.. Mengajukan kebutuhan tablet tambah darah (Fe) e. Membuat rencana Distribusi tablet fe 2 Apakah Petugas kesehatan menginformasikan kepada lintas program dipuskesmas dan menginformasikan kepada ketua posyandu tentang rencana distribusi tablet Fe 3 4 Apakah Petugas Bekerjasama dengan petugas pengelola obat mendistribusikan tablet tambah darah ke bidan pembina wilayah sesuai dengan kebutuhan setiap bulan Apakah Petugas Mencatat hasil distribusi tablet Fe bersama bidan pembina wilayah setiap bulan. Bintang SN NIP.

............. NIP: ………………................Pelaksana / Auditor ……………………………. ....