Andrea Stevens Karnyoto (RedSpam) andrekarnyoto@yahoo.com, http://www.empatpilar.

com

MENGGUNAKAN FRAME DI DELPHI 2010
Penggunaan Frame pada pemrograman Delphi penting untuk pembagian halaman kerja, selain itu juga memudahkan programmer agar dapat membaca listing program dengan cepat berdasarkan bagian-bagian yang akan atau telah diatur. Berikut adalah contoh penggunaan frame dalam program sederhana : Pertama kita harus membuat project dulu dengan cara : Klik File > New > VCL Form Application - Delphi

Sekarang tinggal membuat framenya yang akan dimasukkan kedalam formnya, jadi misalnya saja dalam tabsheet1 dimasukkan frame 1 dan pada tabsheet2 akan di masukkan frame2, ikuti langkah2 berikut : Pilih Menu File > New > Other dan tab Delphi Files. Setelah itu masukkanlah TPageControl dalam tab win32:

Dan tambahkan tab dengan cara mengklik kanan pada form lalu pilih new page(buat 2 buah page) : Akan tampil frame baru seperti dibawah ini : nah sekarang coba masukkan sebuah button dan edit box.

klik 2x button1 dan masukkan listing program seperti ini : edit1.text := ‘selamat siang‘;
May 2010

Andrea Stevens Karnyoto (RedSpam) andrekarnyoto@yahoo.com, http://www.empatpilar.com

Sekarang tinggal memasukkan frame tersebut dalam tabsheet1, caranya berpindah ke form1 dan klik pada bagian dalam dari tabsheet1 sehingga terlihat seperti dibawahi ini :

Coba jalankan programnya, dengan menekan F9, memang kalau tabsheetnya hanya 1 maka lebih mudah jika tidak menggunakan frame tetapi jika banyak maka sebaiknya menggunakan frame karena dalam mengedit programnya akan lebih mudah. Jika ingin mengedit tabsheet1 maka kita tinggal mencari file frame yang berada dalam tabsheet1.. mudah, selamat mencoba..

Setelah itu pilih component Frame pada tab Standart pada tools pallete.

Setelah itu pilih component Frame pada tab Standart pada tools pallete dan klik pada bagian dalam dari tabsheet1

maka tampilannya akan tampak seperti dibawa ini :

May 2010