“Creative industry is now as growing part of the global economy”

INDUSTRI KREATIF

CREATIVE INDUSTRIES
 Industri kreatif (atau sering disebut Creative Economy) merujuk pada seperangkat sektor industri yang saling mengunci (interlocking) dan sering disebut-sebut sebagai bagian yang sedang tumbuh di ekonomi global.
2

CULTURAL INDUSTRIES
 Cultural Industries adalah sektor tambahan (adjunct-sector) dari Creative Industries, termasuk di dalamnya:
 Cultural tourism & Heritage  Museums & Libraries  Sports & Outdoor activities

 Melalui beragam gaya hidup, dari kontes binatang piaraan ke kontes hobi.
3

CULTURAL INDUSTRIES
 Perbedaan:
 Cultural Industries lebih mengarah pada menyampaikan nilai SELAIN nilai moneter kepada masyarakat. Misalnya: kesejahteraan budaya atau sosial, studi budaya, pendidikan budaya.
4

DEFINISI
 Industri kreatif: industri yang fokus pada mengkreasikan dan mengeksploitasi produk kekayaan intelektual (intellectual property) seperti seni, film, games atau desain fesyen, atau layanan kreatif untuk business-to-business misalnya iklan.

5

11 SEKTOR KREATIF
1. Advertising 2. Architecture 3. Arts and Antique Markets (incl. Restoration) 4. Crafts 5. Design (incl. Communication Design) 6. Designer Fashion 7. Film, Video and Photography 8. Software, Computer Games and Electronic Publishing 9. Music and the Visual and Performing Arts 10. Publishing 11. Television and Radio
6

DATA 2007

DATA 2007
 Industri kreatif yang saat ini tengah menggeliat ditargetkan dalam 5-8 tahun mendatang dapat menyumbang PDB sebesar 10%.

 Tahun 2007, industri kreatif baru menyumbang 5% ke PDB (produk domestik bruto).
8

DATA 2007  Di Indonesia, contoh industri kreatif adalah industri yang bergerak di sektor seni, musik, fashion, periklanan, kuliner, dan kerajinan

9

DATA 2007
 Hambatan yang dihadapi adalah:
 Konsistensi kualitas, misalnya: pengemasan delivery yang belum sesuai standar  Sulit memenuhi order yang besar dalam waktu yang singkat mengingat rata-rata industri kreatif adalah UKM
10

DATA 2007
 Mutiara sudah memasok 40% kebutuhan dunia dalam bentuk raw. Mengapa tidak dalam bentuk perhiasan? Harga lebih meningkat.  Saat ini baru empat negara utama di Uni Eropa yang jadi tujuan ekspor Indonesia yakni Jerman, Prancis, Inggris dan Belanda
11

MEMBANGUN INDUSTRI KREATIF

Lingkungan Ekonomi
 Memahami pengorganisasian proses kreatif di lingkungan masyarakat berbasis pengetahuan: bagaimana kreatifitas di stimulasi dan berkelanjutan untuk menghasilkan inovasi yang sukses?  Memahami lingkungan ekonomi dan sosial yang menentukan keberhasilan pengembangan dan pendirian industri kreatif.
13

Knowledge Based Economy
 Industri kreatif sangat penting untuk mengembangkan ekonomi berbasis pengetahuan (knowledgebased economy).  Dibangun berdasar bakat alam dan ditandai dengan pertumbuhan cepat, penambahan nilai yang tinggi, dan perspektif sosial yang positif.

14

“How creative workers are counted”

KLASIFIKASI PEKERJA

Perusahaan vs Pekerja
 Perusahaan kreatif ditetapkan berdasar produk utama yang dihasilkan. Perusahaan yang menghasilkan rekaman diklasifikasi kedalam sektor industri musik.  Pekerja kreatif ditetapkan berdasar pekerjaan yang utama yang dilakukan. Pekerja yang bermain piano diklasifikasi sebagai musisi.
16

PEKERJA KREATIF
 Semua pekerja yang dipekerjakan di industri kreatif (mis: musisi, satpam, pembersih, akuntan, manajer, dsb yang bekerja untuk perusahaan rekaman)  Semua pekerja kreatif dan TIDAK bekerja untuk industri kreatif (mis: guru piano). Termasuk orang-orang dengan pekerjaan kreatif sampingan mis: menghasilkan karya seni di waktu luang, atau sebagai hobi.
17

ACTION PLAN

JANGKA PENDEK
 Identifikasi industri kreatif yang ada di Indonesia (existing condition)  Menyusun klasifikasi sektor industri dan pekerja kreatif  Identifikasi jenis produk industri kreatif  Identifikasi kompetensi pekerja kreatif  Restrukturisasi program studi dan kurikulum pelatihan berjangka untuk pekerja kreatif
19

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.