You are on page 1of 20

RENCANAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) TEMATIK

Nama Sekolah
Tema
Kelas/Semester
Alokasi Waktu

: SD NEGERI 2 MUANG
: Hiburan
: II / 1
: 3 minggu

Standar Kompetensi :
1. PKn
 Membiasakan hidup bergotong royong
2. IPS
 Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
3. IPA
 Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan
dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup.
4. Matematika
 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
5. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
 Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara
 Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan
bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca
 Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis
 Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
6. Seni Budaya Keterampilan
 Seni Musik
: Mengapresiasi karya seni musik
Mengekpresikan diri melalui karya seni musik.
 Seni Tari
: Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa.
Kompetensi Dasar :
1. PKn
 Melaksanakan hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong di rumah dan di
sekolah.
 Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam
2. IPS
 Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita.
 Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
.3. IPA



Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan disekitar rumah dan sekolah
melalui pengamatan.
Mengidentifikasi cirri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar.
Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dengan kegunaanya melalui pengamatan.

.4. Matematika
 Melakukan penjumlahan dan pengurangan sampai 500.
5. Bahasa Indonesia
 Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
 Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun
berbahasa.
 Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
 Menulis kalimat sedrhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung
dan memperhatikan penggunaan huruf capital, tanda titik.
6. Seni Budaya Keterampilan.
 Mengidentifikasi unsure musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilan benda
bukan alat musik
 Menggerakkan tubuh secara spontan, mengikuti bunyi perangsang gerak.
I. Tujuan Pembelajaran****:
Siswa dapat :
 Membuat daftar kegiatan pembagian tugas di rumah.
 Melaksanakan piket di kelas.
 Menjelaskan cara merawat tumbuhan dengan baik.
 Menjelaskan cara merawat hewan peliharaan di rumah.
 Menyebutkan jenis koleksi barang keluarga.
 Menceritakan peristiwa yang menyenangkan di rumah.
 Mengidentifikasi buah yang berbiji banyak.
 Mengidentifikasi buah yang berbiji sedikit.
 Mengelompokkan benda padat yang ada di lingkungan sekitar.
 Mengelompokkan benda cair yang ada di lingkungan sekitar.
 Menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di lingkungan kelas.
 Membaca symbol +, - , = dalam pengerjaan hitung bilangan.
 Menggunakan symbol +, - , = dalam pengerjaan hitung bilangan.
 Mengubah kalimat pengurangan ke bentuk penjumlahan.
 Menjumlah bilangan tanpa teknik menyimpan.
 Menjumlah bilangan denga satu kali teknik menyimpan.
 Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan penjumlahan bilangan
 Mengurangkan bilangan tanpa teknik meminjam.
 Mengurangkan bilangan dengan menggunakan satu kali teknik meminjam.

Menunjukkan kesesuai gerakan / tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperdengarkan. Menulis kalimat dengan bentuk huruf yang indah Menulis pengalaman sendiri Menyusun kata menjadi kalimat Membuat kalimat. Menceritakan kegiatan Memberi tanggapan pada kegiatan Menyusun gambar Menceritakan gambar yang telah urut. Menyusun kalimat menjadi cerita. Meringkas isi bacaan. Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan lisan.] Menunjukkan kesesuaina gerak dengan iringan Menunjukkan kesesuaian gerak berpindah tempat dengan ruang. Mendefinisikan nada. Menjawab pertanyaan bacaan secara lisan. Menulis karangan pendek dengan memperhatikan tanda titik. Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung. Menyelesaikan soal hitung campuran dalam bentuk cerita. Menceritakan kembali isi bacaan. Mendefinisikan irama. Menuliskan kaliamt yang didikte guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik Menentukan sumber bunyi .  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) Kerja sama ( Cooperation ) Toleransi ( Tolerance ) . Menyelesaikan soal hitung campuran . Menyimak cerita bacaan pendek.                                  Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan pengurangan bilangan. Menjawab pertanyaan Menceritakan peristiwa. Membaca teks dengan bersuara Mengajukan pertanyaan bacaan. Membedakan nada dan irama. Mendengarkan pesan teks pendek yang dibisikan oleh teman. Membedakan kuat dan melemahnya bunyi dengan gerakan / tepukan. Menyempaikan pesan yang didengar pada orang lain.

 Mengurutkan bilangan. III.  Manfaat dokumen.  Demontrasi.  Maca wacana kakawihan.Percaya diri ( Confidence ) Keberanian ( Bravery ) II.  Bagian utama tumbuhan dan hewan  Sifat benda  Perubahan wujud benda  Oprasi bilangan  Nilai tempat.  Pemberian tugas.  Menulis pengalaman  Menulis kalimat dengan huruf indah  Unsur musik  Gerakan tari sesuai iringan. Metoda Pembelajaran :  Ceramah  Diskusi.  Dokumen pribadi dan keluarga  Peristiwa penting. Langkah-langkah pembelajaran : A.  Mengumpulkan tugas/ PR B. model. Materi Ajar ( Materi Pokok ) :  Hidup gotong royong. berdoa. mempersiapkan materi ajar. IV. Kegiatan inti : .  Percakapan  Melengkapi kalimat.  Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis.  Kawih.  Mendengarkan teks pendek. Kegiatan awal : Apresepsi/ Motivasi :  Mengisi daftar kelas .  Tanya jawab. alat peraga. membaca.

dan = dalam pengerjaan hitung bilangan.  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis. siswa dapat mendenganrkan teks pendek yang dibisikkan oleh teman.  Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi. . memberikan penguatan dan penyimpulan Pertemuan ke dua 2 x 35 menit ( Matematika.  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran. .  memberi kesempatan untuk berpikir.  Melalui pengamatan yang ditugaskan guru yang berhubungan dengan koleksi.  Dengan penjelasan guru tentang permainan bisik pesan.  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.  Menyampaikan pesan yang didengar pada orang lain..  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi. diskusi. serta produk yang dihasilkan. . menyelesaikan masalah. secara individual maupun kelompok. festival. dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis. siswa dapat membaca simbol +. dan bertindak tanpa rasa takut. guru:  Melalui penjelasan guru. guru:  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugastugas tertentu yang bermakna.  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif. menganalisis. guru:  Melalui penjelasan guru. dan = dalam pengerjaan hitung bilangan. turnamen. B. Indonesia )  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi.  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik. siswa dapat membaca simbol +.  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi.Minggu ke 1 Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( Matematika. guru:  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugastugas tertentu yang bermakna. siswa dapat menyebutkan barang-barang koleksi yang dimiliki keluarga. guru:  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman.  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok.IPS)  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi.  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas..

turnamen. menyelesaikan masalah.  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis.  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.  memberi kesempatan untuk berpikir.  memberi kesempatan untuk berpikir.  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas. secara individual maupun kelompok. memberikan penguatan dan penyimpulan  Peretemuan ke tiga 3 x 35 menit ( Matematika. diskusi. . dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis. menganalisis.  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran.  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.  Dengan mendengarkan cerita yang disampaikan guru sehingga siswa dapat menceritakan kembali isi teks yang dibacakan guru dengan lisan. diskusi. dan bertindak tanpa rasa takut. festival. dan = dalam pengerjaan hitung bilangan. dan bertindak tanpa rasa takut. .  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok. serta produk yang dihasilkan. turnamen.  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis. menyelesaikan masalah.  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok.  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar. dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis. menganalisis. B Indonesia )  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi.  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif. festival.  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran. secara individual maupun kelompok. guru:  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman. siswa dapat membaca simbol +.  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi. serta produk yang dihasilkan..memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas.  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar. guru:  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugastugas tertentu yang bermakna. .  Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi. guru:  Melalui penjelasan guru.

 Melalui penjelasan guru. IPA. ( B.  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi. guru:  Melalui demontrasi . guru:  Menjawab pertanyaan pada cerita yang disampaikan teman. Matematika )  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi. cerita dan penjelasan guru yang berhubungan dengan cerita bergambar sehingga siswa mampu menyusun gambar dan menceritakan gambar yang berurutan dengan kalimat yang sedrhana. Indonesia. siswa mampu mengubah kalimat pengurangan ke dalam bentuk penjumlahan. memberikan penguatan dan penyimpulan  Pertemuan ke empat 2 x 35 menit. IPS.  Dengan penjelasan guru tentang pengerjaan hitung bilangan.  Melalui pengamatan dan eksperimen sederhana sehingga siswa mampu mengidentifikasi buah yang berbiji banyak. memberikan penguatan dan penyimpulan Pertemuan ke enam 5 x 35 menit (Matematika.  Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi. siswa mampu menceritakan kegiatan dan memberikan tanggapan secara lisan.  Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi. guru:  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman. I.  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi.  Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi. Indonesia. SBK ) . siswa mampu menjelaskan cara merawat dan menjaga koleksi barang keluarga. guru:  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman. IPA. guru:  Dengan pengamatan langsung yang ditugaskan guru. guru:  Melalui penjelasan dan cerita yang disampaikan guru. memberikan penguatan dan penyimpulan Pertemuan ke lima 4 x 35 menit ( B. pengamatan dan diskusi sehingga siswa mampu membuat daftar kegiatan pembagian tugas di rumah. guru:  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman.memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.Indonesia. PKn )  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi.

siswa mampu menyebutkan jenis koleksi keluarga. siswa dapat menjawab pertanyaan dan menceritakan peristiwa kepada teman. guru:  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman. Indonesia )  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi. siswa mampu menentukan sumber bunyi.  Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi.  Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi. Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi.  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi. guru:  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman. guru:  Melalui penjelasan guru tentang penjumlahan siswa mampu menghitung penjumlahan dengan satu kali teknik menyimpan. guru:  Melalui penjelasan. guru:  Melalui penjelasan guru tentang penjumlahan sehingga siswa mampu menghitung penjumlahan pada bilangan tanpa teknik menyimpan. memberikan penguatan dan penyimpulan Minggu ke 2 Pertemuan pertama 3 x 35 menit (Matematika.  Elaborasi . B.  Melalui peragaan yang didemontrasikan guru tentang musik. cerita dan demontrasi siswa mampu menceritakan gambar dengan urut dan kalimat sederhana.  Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian bunyi yang didengarkan. IPS )  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi.  Mampu membedakan kuat dan melemahnya bunyi dengan gerakan / tepukan. memberikan penguatan dan penyimpulan Pertemuan ke dua 2 x 35 menit (Matematika. guru:  Melalui pengamatan yang ditugaskan guru yang berhubungan dengan koleksi keluarga.  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi.  Dengan penjelasan gurudan memberi contoh hariring. sehingga siswa mampu menyanyikan kakawihan secara individu maupun klasikal. guru:  Dengan mendengarkan cerita guru.

Indonesia. guru:  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman. guru:  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman. B. memberikan penguatan dan penyimpulan Pertemuan ke lima 4 x 35 menit (B. guru:  Melalui peragaan / contoh dari guru sehingga siswa mampu membacakan teks dengan bersuara lantang dan benar.  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi. guru:  Melalui penjelasan guru. Indonesia )  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi. kemudian melaksankananya pada piket di kelas.  Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi. PKn )  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi. guru:  Melalui pemberian contoh dan penjelasan guru yang berhubungan dengan penjumlahan dan pengurangan siswa dapat menyelesaikan sosl cerita yang berhubungan dengan penjumlahan dengan satu kali teknik menyimpan. guru:  Dengan penjelasan dan mendemontrasikan tentang penjumlahan melalui soal cerita . IPA.  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi. memberikan penguatan dan penyimpulan Pertemuan ke empat 2 x 35 menit (B. guru:  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman. Indonesia. IPS. siswa mampu menjawab pertanyaan yang diajukan kemudian menceritakan dan meringkas isi bacaan. guru:  Dengan mendengarkan teks yang dibacakan guru. Matematika )  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi. memberikan penguatan dan penyimpulan Pertemuan ke tiga a 3 x 35 menit (Matematika. pengamatan dan diskusi siswa mampu membuat daftar kegiatan pembagian tugas di sekolah . siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan penjumlahan bilangan.  Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi.  Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi.Dalam kegiatan elaborasi. guru: .

 Dengan penjelasan dan pemberian contoh dari guru.  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran. B. dan sumber belajar lainnya.  Melalui pengamatan yang berhubungan dengan seni musik siswa mampu mendefinisikan nada. siswa mampu menyelesaikan soal pengurangan tanpa teknik meminjam dengan cara bersusun pendek.  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran.Melalui penjelasan guru tentang cara melengkapi kalimat sehingga siswa mampu menyusun kalimat menjadi cerita yang benar. guru:  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman.  Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi.  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi. guru:  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa . yang berhubungan dengan pengurangan. mendefinisikan irama. guru:  Melalui pengamatan langsung yang ditugaskan guru sehingga siswa mampu menyebutkan koleksi barang keluarga dan cara merawatnya  Malalui pengamatan dan eksperimen sederhana siswa mampun membuat daftar data tentang buah yang berbiji banyak dan berbiji sedikit . atau lapangan. media pembelajaran. lingkungan.  Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi. memberikan penguatan dan penyimpulan  Pertemuan ke enam 5 x 35 menit (Matematika. siswa mampu menuliskan karangan pendek dengan membubuhi tanda titik.  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru. IPA. dan  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium. siswa mampu menyelesaikan soal pengurangan tanpa teknik meminjam.  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi. dan sumber belajar lain.  Melalui pengamatan dan demontrasi siswa dapat mengelompokkan benda padat yang ada di lingkungan sekitar. SBK )  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi. studio. Indonesia. guru:  Melalui pemberian contoh dan penjelasan guru. membedakan nada dan irama. guru:  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber.  Dengan penjelasan guru yang berhubungan dengan karangan pendek.

B.  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran. media pembelajaran. tentang cara melengkapi kalimat siswa mampu menuliskan kalimat dengan bentuk huruf yang indah. media pembelajaran. studio. guru: . dan  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium. lingkungan.  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran.  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru. memberikan penguatan dan penyimpulan Pertemuan ke dua 2 x 35 menit (Matematika. dan sumber belajar lain.  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi.  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran. studio. dan  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium. atau lapangan.  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran. IPS )  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi. dan sumber belajar lain. guru:  Melalui penjelasan guru dan pemberian contoh yang berhubungan dengan pengurangan siswa mampu menghitung pengurangan dengan teknik satu kali meminjam. memberikan penguatan dan penyimpulan Minggu ke 3 Pertemuan pertama 3 x 35 menit (Matematika. guru:  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman.  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru.  Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi. dan sumber belajar lainnya. atau lapangan. lingkungan. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman. dan sumber belajar lainnya.  Melalui contoh guru.  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi. Indonesia )  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi. guru:  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber. guru:  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber.

PKn)  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi. media pembelajaran. siswa mampu menceritakan pengalaman peristiwa yang menyenangkan di rumah secara kronologis.  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran. atau lapangan. studio. Indonesia )  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi. guru:  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber.  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi. siswa mampu menghitung pengurangan dengan teknik satu kali meminjam dengan bersusun panjang. media pembelajaran. memberikan penguatan dan penyimpulan  Pertemuan ke tiga 3 x 35 menit (Matematika. guru:  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman. guru:  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman.  Melalui contoh dan penjelasan guru tentang penulisan cerita sederhana sehingga siswa mampu menuliskan pengalaman sendiri dengan menggunakan huruf tegak bersambung. dan sumber belajar lain.  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran.  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.  Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi.  Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi. lingkungan. memberikan penguatan dan penyimpulan Pertemuan ke empat 2 x 35 menit (B. siswa mampu menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan pengurangan bilangan.Indonesia. dan sumber belajar lain.  Melalui pengalaman siswa yang pernah dialami.Melalui penjelasan guru dan pemberian contoh. guru:  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber.  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru. guru:  Dengan peragaan dan penjelasan guru tentang pengurangan . dan sumber belajar lainnya. B. dan  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium. tentang pengurangan . .

guru:  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman.  Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi. guru:  Dengan penjelasan guru tentang penulisan kalimat yang benar. lingkungan. media pembelajaran. memberikan penguatan dan penyimpulan  Pertemuan ke lima 4 x 35 menit (B. IPA.  Dengan pemberian contoh dan penjelasan guru tentang penjelasan dan pengurangan. pengamatan dan melakukan langsung.  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi. Indonesia.  Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi. dan sumber belajar lainnya. siswa mampu melihat kalimat dengan tulisan yang dapat terbaca oleh orang lain.  Melalui pengamatan dan penjelasan guru.  Menyalin kalimat dengan menggunakan huruf sambung.  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran. guru:  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber.  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran. siswa mampu menyusun kata menjadi kalimat dengan benar. guru:  Dengan penjelasan guru tentang penulisan kalimat.  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi. Matematika )  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi.  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran. sehingga siswa mampu menjelaskan cara merawat tumbuhan dan hewan peliharaan di rumah. dan sumber belajar lain.  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru. dan sumber belajar lainnya. atau lapangan. lingkungan. siswa mampu mengelompokkan benda cair yang ada di lingkungan sekitar. studio. siswa mampu menghitung/ menyelesaikan soal hitung campuran. IPS. dan  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium. siswa menceritakan perististiwa yang menyenangkan di sekolah. guru:  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa .  Melalui penjelasan guru.memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru.  Melalui pengalamn yang dialami . atau lapangan. dan  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium. studio.

memberikan penguatan dan penyimpulan C. IPA. Penerbit Buku relevanPratama  Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 2 Penerbit Buku relevan. siswa mampu menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperjhatikan huruf kapital dan tanda titik. guru:  Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan. Alat dan Sumber Belajar  Buku Sumber :  Buku Pengetahuan sosial SD kelas 2 Penerbit Buku relevan  Buku Sains SD Kelas 2 Penerbit Buku relevan  Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 2SD . memberikan penguatan dan penyimpulan Pertemuan ke enam 5 x 35 menit (Matematika.  Buku Piwulang Basa SD Kelas 2 Penerbit Buku relevan.  Mengerjakan post tes  Pemberian PR / tugas V. B. dan melompat.  Alat Peraga :  Kartu bilangan . guru:  Melalui peragaan dan penjelasan guru tentang penjumlahan dan pengurangan .  Dengan peragaan dan contoh dari guru tentang gerakan tari spontan .  Melalui penjelasan guru dan diskusi sederhana . melenggang.  Siswa memperagakan gerakan berpindah tempat . SBK )  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi. guru:  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman. Indonesia.  Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi. siswa dapat menyelesaikan soal hitung campuran dalam bentuk cerita. melangkah. guru:  Dengan penjelasan guru tentang penulisan kalimat sedehana yang didiktekan guru. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman. siswa mampu menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di lingkungan sekitar kelas. Kegiatan akhir Dalam kegiatan akhir. siswa dapat memperagakan gerakan tari yang sesuai antara gerakan dan iringan.  Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 2 Penerbit Buku relevan  Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 2 Penerbit Buku relevan.  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi.

. PKn :  Membuat daftar kegiatan Tes lisan Tes tertulis pembagian tugas di rumah.  Laksanakanlah piket di kelas.  Menjelaskan cara merawat hewan peliharaan di rumah. Foto-foto keluarga.  Mengelompokkan benda padat yang ada di lingkungan sekitar. Gambar tanaman dan binatang Contoh akte .  Melaksanakan piket di kelas.  Jelaskanlah cara merawat hewan peliharaan di rumah.  Jelaskanlah cara merawat tumbuhan dengan baik.  Menceritakan peristiwa yang menyenangkan di rumah. PKn :  Buatkanlah daftar kegiatan pembagian tugas di rumah. 2. = 3. 4. Matematika :  Bacakanlah symbol +. .  Jelaskanlah buah yang berbiji sedikit. 4..  Mengidentifikasi buah yang berbiji sedikit.  Menjelaskan cara merawat tumbuhan dengan baik. Matematika :  Membaca symbol +.. VI. IPS :  Sebutkan jenis koleksi barang keluarga. benda padat.  Kelompokkan benda padat yang ada di lingkungan sekitar. kartu keluarga.  Menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di lingkungan kelas.  Kelompokkan benda cair yang ada di lingkungan sekitar.  Sebutkan kegunaan benda padat yang ada di lingkungan kelas. Penilaian Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Teknik 1. .  Menceritakan peristiwa yang menyenangkan di rumah. IPS :  Menyebutkan jenis koleksi barang keluarga. IPA :  Mengidentifikasi buah yang berbiji banyak. KTP. 2. Bentuk Instrumen uraian isian Contoh Instrumen 1. 3.  Mengelompokkan benda cair yang ada di lingkungan sekitar.   Contoh benda cair. IPA :  Jelaskanlah buah yang berbiji banyak.

. Gurangkan bilangan dengan menggunakan satu kali teknik meminjam. Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan penjumlahan bilangan Mengurangkan bilangan tanpa teknik meminjam. Gunakanlah symbol +. Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan pengurangan bilangan. Selesaikan soal cerita yang berhubungan dengan penjumlahan bilangan Gurangkan bilangan tanpa teknik meminjam.  Menyempaikan pesan yang didengar pada orang lain. . .  Menyimak cerita bacaan pendek. Selesaikan soal cerita yang berhubungan dengan pengurangan bilangan.. Gubahkanlah kalimat pengurangan ke bentuk penjumlahan. = dalam pengerjaan hitung bilangan. Selesaikan soal hitung campuran . Mengurangkan bilangan dengan menggunakan satu kali teknik meminjam. Jumlahkanlah bilangan denga satu kali teknik menyimpan.  Simakanlah cerita bacaan pendek. 5. Menjumlah bilangan denga satu kali teknik menyimpan. = dalam pengerjaan hitung bilangan. Bahasa Indonesia :  Dengarkan pesan teks pendek yang dibisikan oleh teman. 5.  Ceritakan kembali isi teks bacaan dengan lisan. Menggunakan symbol +. Menyelesaikan soal hitung campuran .  Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan lisan.  Sempaikan pesan yang didengar pada orang lain. Menyelesaikan soal hitung campuran dalam bentuk cerita. Penilaian Teknik Bentuk Instrumen           Contoh Instrumen = dalam pengerjaan hitung bilangan.Indikator Pencapaian Kompetensi           dalam pengerjaan hitung bilangan. Bahasa Indonesia :  Mendengarkan pesan teks pendek yang dibisikan oleh teman. Menjumlah bilangan tanpa teknik menyimpan. Jumlahkanlah bilangan tanpa teknik menyimpan. Selesaikan soal hitung campuran dalam bentuk cerita. Mengubah kalimat pengurangan ke bentuk penjumlahan.

Ceritakan kembali isi bacaan. Tuliskanlah kalimat dengan bentuk huruf yang indah Tuliskanlah pengalaman sendiri Susunkanlah kata menjadi kalimat Buatkanlah kalimat. Menuliskan kaliamt yang didikte guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik Seni Budaya dan Keterampilan : Penilaian Teknik Bentuk Instrumen                   Contoh Instrumen Jawabkanlah pertanyaan bacaan secara lisan. Ceritakan kegiatan Berikanlah tanggapan pada kegiatan Susunkanlah gambar Menceritakan gambar yang telah urut. Ceritakan peristiwa. Menyusun kalimat menjadi cerita. Menceritakan kegiatan Memberi tanggapan pada kegiatan Menyusun gambar Menceritakan gambar yang telah urut. Ringkaskanlah isi bacaan. Menceritakan kembali isi bacaan. Menulis karangan pendek dengan memperhatikan tanda titik. Menjawab pertanyaan Menceritakan peristiwa. Meringkas isi bacaan.Indikator Pencapaian Kompetensi                    6 Menjawab pertanyaan bacaan secara lisan. Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung. Tuliskanlah kaliamt yang didikte guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik . Membaca teks dengan bersuara Mengajukan pertanyaan bacaan. Menulis kalimat dengan bentuk huruf yang indah Menulis pengalaman sendiri Menyusun kata menjadi kalimat Membuat kalimat. susunkanlah kalimat menjadi cerita. Tuliskanlah karangan pendek dengan memperhatikan tanda titik. Bacakanlah teks dengan bersuara Gajukan pertanyaan bacaan. Salinkanlah kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.

]  Tunjukkan kesesuaina gerak dengan iringan  Tunjukkan kesesuaian gerak berpindah tempat dengan ruang. Penilaian Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen 6 Seni Budaya dan Keterampilan :  Tentukan sumber bunyi .  Jelaskanlah irama.  Jelaskanlah nada.  Bedakan kuat dan melemahnya bunyi dengan gerakan / tepukan. Mendefinisikan irama. Membedakan nada dan irama.  Tunjukkan kesesuai gerakan / tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperdengarkan.Indikator Pencapaian Kompetensi         Menentukan sumber bunyi . Mendefinisikan nada. .  LKS  Lmbar observasi.] Menunjukkan kesesuaina gerak dengan iringan Menunjukkan kesesuaian gerak berpindah tempat dengan ruang.  Membedakan nada dan irama. Menunjukkan kesesuai gerakan / tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperdengarkan. Membedakan kuat dan melemahnya bunyi dengan gerakan / tepukan.

...... 2..........Lembar Kerja Siswa IPA Kelompok : ............... ............ Berilah tanda  untuk benda yang dapat kering oleh matahari ! Nama Benda Pakaian Celana Handuk TV Kasur Topi Lemari es Komputer Tas  Kriteria Penilaian  .............. ..................... Anggota : 1. Ayo tulis 10 macam peralatan yang menggunakan tenaga listrik dan peralatan yang tidak menggunakan listrik........................................... No Peatalatan menggunakan listrik Peralatan tidak menggunakan listrik 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Matahari dapat mengeringkan benda. ........ ............ 5... 3.... ......................... 4............

3. CATATAN : Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10. 9. Performansi No. 2.. Aspek 1.Pd NIP. S. 8. Lembar Penilaian No Nama Siswa Performan Kerjasama Partisipasi Produk Jumlah Skor 1. . Produk ( hasil diskusi ) No. Aspek Konsep 2.…………20 Guru Tematik kls 2 Nilai . 1. 19640506 199111 1 002 PPAI Kec. 10. Partisipasi Kriteria Skor * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah 4 3 2 1 Kriteria * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama Skor 4 2 1 * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif 4 2 1 3. 6. Kerjasama 2. 5.1. Mengetahui Kepala Sekolah BASUKI. 7. 4.