You are on page 1of 25

A

1. ABBAD NAILUN NABHAN : Laki-laki yang tekun beribadah dan mendapatkan
kemuliaan
2. ABDAN KHAIRI TSABIT : Seorang hamba yang selalu konsisten berbuat
kebaikan
3. ABDAN NU`MAN WAFIE : Seorang hamba yang memiliki kenikmatan yang
sempurna
4. ABDAN RAJA SYADID : Seorang hamba yang memiliki harapan yang kuat
5. ABDU ARIQIN HALIM : Seorang hamba yang berbudi baik dan lembut
6. ABDUH HUBBU SYARIF : Hamba Allah yang mencintai kemuliaan
7. ABDUL LATIF ABBASY : Hamba Allah yang lembut dan rajin berusaha
8. ABDUL WAHAB KHALAF : Anak laki-laki yang baik sebagai hamba Allah Yang
Maha Memberi
9. ABDULLAH ANWAR RABBANI : Hamba Allah yang memancarkan cahaya
ketuhanan
10. ABU DZAR AL-GHIFARI : : Anak laki-laki yang selalu memaafkan bagaikan
debu yang beterbangan
B
1 .BAHIR SHIRAJ ADDIEN : Pelita agama yang bersinar terang
2. BAHRIE AHSAN ASSHOBAR : Lautan keindahan dalam bersabar
3. BAHRU AYAD ASSYAKUR : Lautan kenikmatan dalam bersyukur
4. BAHTIAR JEFRY HUSNI : Tanah perdamaian yang kaya dan indah
5. BAIT AL-QARIS QURRATAAIN : Rumah yang sangat sejuk dan sedap dipandang
mata
6. BAKRIE MUNIR JAUHAR : Permata yang bersinar di pagi hari
7. BANI KHAFID : Keturunan laki-laki penghafal Al-Qur`an
8. BANU MIBRAS NAUFAL : Putra pemberani dan dermawan

9. BARIE GHANDUR HABIBULLAH : Pemuda tampan dan cerdas kekasih Allah
10. BARIQ KHALAF MAHDY : Anak yang baik yang mendapat hidayah dan cahaya
C
Cakra Birawa = Senjata sejenis panah yang sangat dahsyat
Cakra : senjata sejenis panah (Jawa)
Birawa : dahsyat, hebat (Jawa)
Cakra Birawa Rafael = Laki-laki yang bagai cakra dahsyat yang diberkati
Cakra = Senjata sejenis panah
Birawa = Dahsyat, hebat
Rafael = Yang diberkati
Cakra Dikara Cendekia = Laki-laki yang menjalani kehidupan dengan bijaksana
dan tindakan mulia
Cakra = Roda, cipta
Dikara = Mulia
Cendekia = Pintar dan bijak
Calesto Elpida Aurelius = Laki-laki yang bagaikan surga harapan kaisar Aurelius
Marcus
Calesto = Surga
Elpida = Harapan
Aurelius = Kaisar roma 161-180 M
Camilo Deven Kahraman = Laki-laki yang menjadi sang pembebas menjadi
pahlawan untuk Tuhan
Camilo = Sang pembebas
Deven = Untuk Tuhan
Kahraman = Pahlawan
Candra Tristan Fauzan = Laki-laki yang memiliki kejayaan sang rembulan dengan
gagah berani
Candra = Rembulan
Tristan = Gagah berani
Fauzan = Kejayaan
Candra Untaro Dawala = Naiknya rembulan putih menyilaukan
Candra = Rembulan (Jawa)
Untaro = Naik (Jawa)
Dawala = Putih menyilaukan (Jawa)
Carl Sweeney = Pahlawan kecil dan kuat seperti laki-laki
Carl : kuat seperti laki-laki (Inggris)
Sweeney : Pahlawan kecil (Inggris

bapak Taksonomi dari Swedia Afkar = Buah pikiran Malik = Yang memiliki. gigih dan tabah Casey = Gagah berani Juvenal = Anak muda Jianheeng = Gigih dan tabah Casimira Gustin Alvaro = Laki-laki menjadi pembawa perdamaian yang agung dan bijaksana Casimira = Pembawa kedamaian Gustin = Agung Alvaro = Bijaksana Catra Baswara = Payung kebesaran raja yang bercahaya Catra = Payung kebesaran raja (Jawa) Baswara = Berkilau. bercahaya. gemilang (Jawa) Cavan Hadrian = Laki-laki dari samudera yang tampan Cavan : tampan (Barat) Hadrian : laki-laki dari samudera(Barat) Cayadi Calya Cayarini = Laki-laki memiliki bayangan tajam dan indah tanpa cacat Cayadi = Bayangan indah Calya = Tanpa cacat Cayarini = Bayangan yang tajam . berkuasa Carya Budiharja = Pengembara yang bijak tindakannya Carya = Pengembara (Jawa) Budiharja = Tindakannya bijak (Jawa) Casey Juvenal Jianheeng = Anak muda laki-laki yang gagah berani.Carlen Hafiz Masato = Laki-laki yang memilik kekuatan sebagai penjaga keadilan Carlen = Si kuat Hafiz = Penjaga Masato = Keadilan Carlin Edsel Faustin = Laki-laki yang si juara kecil yang memiliki pemikiran cermat dan beruntung Carlin = Si juara kecil Edsel = Pemikirannya cermat Faustin = Beruntung Carol Afkar Malik = Laki-laki yang menjadi bapak taksonomi yang memiliki buah fikiran Carol = Carolus Linaeus.

Yunani) Khalfani= Dilahirkan untuk menjadi pemimpin (Swahili) Culbert Jerrick = Penguasa berbakat yang cemerlang dan cerdik Culbert : cemerlang dan cerdik (Jerman) Jerrick : penguasa berbakat. kuat dan tampan Cleosa = Terkenal Nicolas = Orang yang berjaya Hamizan = Cerdas. cikal bakal komputer Ivander = laki-laki yang terbaik Chenoa Ardani Aziz = Laki-laki bagaikan burung merpati putih yang suci dan perkasa Chenoa = Burung merpati putih Ardani = Suci Aziz =Yang Maha Perkasa Citrahayi Pancha = Hati muda yang cemerlang dan bebas Citrhayi = Hati muda yang cermelang (Jawa) Pancha = Bebas (Spanyol) Cleosa Nicolas Hamizan = Laki-laki yang terkenal sebagai orang yang jaya berupa kecerdasan. makmur serta baik dan ramah Changyi = Terbuka dan bermurah hati Deshi = Makmur Liangyi = Baik dan ramah Charles Babbage Ivander = Laki-laki terbaik yang menjadi penemu teknik analitik Charles Babbage = penemu teknik analitik.Cetta Medea Nadhif = Laki-laki yang berpengetahuan luas dan memerintah dengan bersih Cetta = Berpengetahuan luas Medea = Memerintah Nadhif = Bersih Changyi Deshi Liangyi = Laki-laki yang terbuka dan bermurah hati. kuat (Amerika . tampan Conan Apuila Ivander = Laki-laki yang terbaik bagaikan rajawali yang terkenal Conan = Yang terkenal Apuila = Rajawali Ivander = Laki-laki yang terbaik Crisann Khalfani = Dilahirkan untuk menjadi pemimpin dan penolong umat manusia Crisann = Penolong umat manusia (Inggris. kuat.

DZAKIR KHAFADI : Penghafal Al-Qur’an yang memiliki daya ingat kuat E Ebiet Sunarta Supriyasa = Laki-laki yang kreatif dan cemerlang dapat membawa harapan Ebiet = Kreatif Sunarta = Cahaya. Periang Dhahi : Yang keluar dari persembunyian Dhahir : Yang membantu Dhahy : Tempat yang terang Dhaif : Tamu.D Dani : Dekat Daris : Pembaca. DARIS TAMIM SADAD : Pelajar yang memiliki daya cipta yang sempurna dan bertindak tepat 6. Orang yang belajar Dary : Orang pandai yang arif bijaksana Daub : Rajin bekerja . Orang yang singgah Dhaifullah : Tamu Allah Dhamir : Yang langsing 1. DARU SYARIF FIRDAUS : Orang yg terhormat dan mulia memiliki tempat yang damai di surga 7. sinar Supriyasa = Laki-laki pembawa harapan Edo Waldi Wistara = Laki-laki yang tekun dan pandai . DHIRGHAM HAIDAR ARHAB : Singa pemberani yang berfikir tajam 10. bijaksana dan memiliki kelebihan 3. DARY MUHADZDZIB : Orang yang bijaksana dan memiliki akhlak terpuji 8. DAI RIJAL EL-RAFIF : Anak laki-laki pejuang dakwah yang berakhlak baik 4. DAHLAN ZAINUL ARIFIN : Orang yang baik. DHAWY TAJUDDIN SAFAR : Mahkota agama yang bersinar di bulan Safar 9. DAFFA IBNU HAFIDZ : Anak laki-laki yang memelihara sesuatu dan memiliki pertahanan diri 2. DANY FAYYADHI ZHAFAR : Orang yang dekat dengan kemenangan yang mulia 5. Giat Dawam : Tetap . Kokoh Dhafir : Menang Dhahak : Yang banyak tertawa .

putra pertama Ksatria = Bersifat ksatria Wardani = Kesucian tubuh Eka Putra = Anak laki-laki pertama Eka = Satu. pintar Edsel Leif Ericson = Laki-laki yang seperti Leif Ericson yang pemikirannya cermat sebagai penemu Amerika utara Edsel = Pemikirannya cermat Leif Ericson = Penemu Amerika utara Edwin Priya Prospera = Laki-laki yang dapat memperoleh kemakmuran dan keberuntungan hidup Edwin = Sahabat yang makmur Priya = Laki-laki Prospera = Keberuntungan Eka Ksatria Wardani = Putra pertama yang bersifat ksatria selalu dijaga kesucian tubuhnya Eka = Satu. cermat Susila = Lebih indah budinya Wicaksono = Bijaksana .Edo = Pekerja tekun Waldi = Jantan. kebahagiaan Ardiyanto = Tegas Aswono = Semangat Elpida Jevera Ardhani = Laki-laki yang memiliki harapan kehidupan untuk bersuci Elpida = Harapan Jevera = Kehidupan Ardhani = Suci Enrick Rahman Hakam = Laki-laki yang mejadi kepala rumah tangga dan pengasih merupakan hakim yang bijaksana Enrick = Kepala rumah tangga Rahman = Yang Maha Pengasih Hakam = Hakim yang bijaksana Eri Susila Wicaksono = Laki-laki yang cermat serta indah budinya dan bijaksana Eri = Tajam. putra pertama (Jawa) Putra = Anak laki-laki (Jawa) Eko Ardiyanto Aswono = Laki-laki tegas dan semangat yang memperoleh tempat kehidupan bahagia Eko = Kehormatan. laki-laki Wistara = Pandai.

ganteng Estiawan = Laki-laki yang bercita-cita Erland Faith = Pemimpin besar seperti rajawali Erland : Rajawali (Anglosaxon) Faith : 1) Iman (Inggris). bersemangat. terpuji Haidar = Pemberani Ervin Blandino Bonaventura = Lelaki pujaan yang tampan dan adil mendapat keberuntungan Ervin = Tampan dan adil Blandino = Lelaki pujaan Bonaventura = Keberuntungan Ervito Paramaditya = Anak pertama yang lincah dan bersemangat seperti matahari Ervito : Lincah. laki-laki Kencana = Emas.Erlambang Endra Estiawan = Laki-laki tampan bercita-cita tinggi dan dapat membaca tanda-tanda keberuntungan Erlambang = Pertanda Endra = Tampan. teman Ahmad = Paling membanggakan. juara + Raditya : Matahari Estiawan Galih = Laki-laki yang memiliki cita-cita dan suka berpikir Estiawan = Laki-laki yang memiliki cita-cita (Jawa) Galih = Suka berpikir (Jawa) Ethelind Patrick = Bangsawan yang bijaksana dan arif Ethelind= Bijaksana dan arif (Jerman) Patrick = Bangsawan (Latin) Evan Ziggy Saverio = Pemimpin muda yang tangguh bersinar dengan terang Evan : Pejuang muda (Hebrew) Ziggy : Pemimpin yg tangguh (Amerika) Saverio : Bersinar dengan terang (Arab. Latin) F . mulia Ervin Ahmad Haidar = Laki-laki yang menjadi teman paling membanggakan dan pemberani Ervin = Sahabat laut. ceria Paramaditya/Parama : Pertama. 2) Pemimpin besar (Arab) Erlangga Wira Kencana = Anak Laki-laki baik dan setia memiliki jiwa satria dan tindakan yang mulia Erlangga = Anak baik dan setia Wira = Pahlawan.

GHANY YAZID KHAIRY : Kekayaan yang semakin bertambah adalah kebaikan 4. HAIDAR ALMAIRI TSAQIB : Pangeranku yang pemberani dan cerdas . FAIZ JUNAIDI : Tentara yang menang 4. FARID ATALLAH : Karunia Allah yang tidak ada bandingnya 8.1. FAQIH KHAIRY RAHMAN : Ahli fiqih yang banyak memiliki kebaikan dan kasih sayang 7. FAKHRIE ZHAFRAN KHAIRY : Kebanggaan orang yang menang dalam kebaikanBy :Achilq 5. GHAFAR ARIEF : anak laki-laki yang suka memaafkan dan bijaksana 2. FAITH SYUJA RUSYDI : Pemimpin pemberani yang menunjukan jalan yang lurus 3. bijaksana dan tinggi martabatnya 3. FAISAL KHALIL : Sahabat yang dapat dipercaya sebagai pemisah yang benar dan yang salah 2. GHAZALY DZAKIR : Daya ingat yang kuat secepat kijang 5. GHAZY GHALIBIE : Prajurit yang menang 6. FATHAN AL-MAISAN ZHAFAR : Bintang pembuka kemenangan 9. GHALY SAAD RIFAI : Anak laki-laki yang berharga. FALAH ASSAHIB RAHMAT : Teman yang beruntung dan mendapat kasih sayang Allah 6. GHUFRON SAJADI TAISIR : Anak laki-laki yang bersujud kepada Allah mendapat pengampunan dan kemudahan H 1. FAYI RIJAL SHABUHA : Laki-laki yang harum wajahnya berseri-seri 10. FIKRI NAKHLA RAFIE : Orang besar dan pandai yang memiliki cita-cita tinggi G 1.

HAIL QURUNUL BAHRI : Mutiara laut yang luar biasa 4. HAMDANI KHAFIE NAJIH : Pujian yang tersembunyi sebagai anugerah sebuah petunjuk 5. Pelindung agama Ishlah : Perdamaian Ishmat : Kekuatan menjauhi maksiat Iskandar : Rumah . Tempat tinggal yang tenang . Sadar diri Insyirah : Senang . HAUZAN IRHAB NABIL : Manusia yang berfikir tajam dan terhormat 9. Pelindung . Terhindar dari dosa. Kenaikan Is’ad : Yang mengembirakan Isam : Terpelihara Isham : Penjaga . Anugrah Inas : Sopan-santun . Kelebihan In’am : Kenikmatan . Gembira Intishar : Pertolongan Iqbal : Pujangga muslim Irfan : Pengetahuan . HAIDAR SAADI : Singa yang bijaksana 3. Imtinan : Mengingat kebaikan Imtitsal : Ketaatan menjalankan perintah Imtiyaz : Keistimewaan . HARIS ATHA : Kerinduan adalah sebuah anugerah 7. Keimanan Imanul Alamin : Imamnya banyak alam Imran : Nama ayahanda Maryam a.2. HANIF ABBAD : Muslim yang teguh dan tekun beribadah 6. Maksum Ishamuddin : Penjaga . Ria . HAZIM ZHAFRAN : Orang yang menang adalah yang berkemauan keras 10. Kearifan Irsyad : Petunjuk Irtifa’ : Peningkatan . HARUN ABDURRAHMAN : Semoga seperti Nabi Harun hamba dari Allah yang maha pengasih 8. Imam Iman : Kepercayaan . Ramah Insan : Manusia Inshaf : Insaf .s. HELMI YAQDHAN : Orang yang sabar dan berakal dan selalu terjaga I Imaduddin Qawim : Tiang agama yang kokoh Imam : Pemimpin .

JABAR ASYAMIE : Pemimpin mulia yang memiliki kekuatan dan kekuasan 2. IHSAN JALALUDDIN : Kebajikan dan keluhuran agama 3. IRFAN YUSRAN : anak laki-laki yang memiliki pengetahuan dan kekayaan 9. ISMAT YAQDHAN : Anak laki-laki yang terjaga kekuatannya untuk mejauhi maksiat 10. IFAT AS-SYARIF : Orang yang terhormat dan mulia yang senantiasa menjaga diri 2. Ceria I’tidal : Keadilan 1. pasrah dan taat kepada Allah. JALIL SYARIF FAWWAZI : Laki-laki terhormat yang memiliki kekuasaan besar dan keberuntungan 5. Pengawasan Isyraq : Sinar . IQBAL ARKAB GHAFUR : Anak laki-laki yg sejahtera dan memiliki hati yg lapang serta suka memaafkan 8. IMRAN MAMUN : Pemimpin yang dipercaya 7. ILHAM AYADI : Isyarat yang baik dari sesuatu yang dapat menguatkan 5. IKHWAN MARUF YAFIE : Laki-laki baik yang tinggi dan terhormat 4. JAMAL JAWAHIR : Permata-permata yang indah . ILHAM GHALIB AHNAF : Anak laki-laki yang menjadi petunjuk kemenangan yang lurus 6.Islam : Agama Islam . ISTADZ MUNIB : Guru yang berada di jalan Allah J 1. JAFAR SHAFWAN FIRDAUS : Bagaikan sungai yang jernih di surga Firdaus 4. masuk ke dalam kedamaian Ismat : Kekuatan untuk menjauhi keburukan Ismatuddzakwan : Orang yang tahan menjauhi maksiat dan harum namanya Isra’ : Perjalanan di malam hari Istiqlal : Merdeka . Bebas Isyraf : Perhatian . JABIR FAKHRUDDIN : Pembaharu yang agung sebagai kebanggaan agama 3. Selamat Islam : Agama yang lurus.

KAMIL MUHYIDDIN : Anak laki-laki yang sempurna menghidupkan agama 3. KAZHIM ZAINAL ARIEF : Orang yang dapat mengekang amarah. baik dan bijaksana 4. Nikmat yang banyak Kazhim : Yang dapat menahan amarah Kazhim : Menahan diri Khabir : Mengetahui .JAWAHIR BARRAQ ASYRAF : Permata-permata yang lebih mulia dan berkilauan K Kattab : Ahli pidato Kaukab : Gugusan bintang Kautsar : Nama sungai di surga . JAMHURI TSAQIEB : Ilmuan yang cerdas 8. KHAFID NUMAN RIFAI : Laki-laki penghafal Al Qur’an sebagai anugerah hidup yang tinggi . JAMALUDDIN FARID : Keindahan agama yang tidak ada bandingnya 7. KAMIL AHSAN EL-JUNDI : Prajurit yang sempurna kebaikannya 2. Ulama belakangan 1.6. Pandai Khabir Abdur Rauf : Yang pandai. hamba Allah yang Maha Mengasihi Khadhi : Orang yang rendah hati Khadir : Hijau atau Akhdhar Khahttab : Ahli pidato Khaidir : Nama Nabi Khairan : Kebaikan Khairi : Kebaikanku Khairi Ismatun Awwaly : kebaikanku yang utama adalah kemampuan untuk menjaga diri dari maksiat Khairuddin : Kebaikan agama Khairuddin Anwar : Kebaikan agama (yang penuh) cahaya Khairuddin Wasilun Adhim : Kebaikan agama adalah wasilah yang agung Khairul ‘Anam al Khodhi : Sebaik-baik manusia yang tawaddu’ / rendah hati Khairul Anis al Khalish : Sebaik-baik teman yang ikhlas Khairullah : Kebaikan (dari) Allah Khairullah Nabhani : Kebaikan dari Alloh yang mulia Khairullah Syafaatullah : Kebaikan dari Alloh dan syafaat-Nya Khairun Katsir : Kebaikan yang banyak Khairy : Yang banyak kebaikannya Khalaf : Anak yang baik. JAMIL ALAWI QODAMA : Semoga seperti keturunan Ali bin abi Thalib yang tampan dan pemberani 9. JAWAD KHALAF HUBBAN : Anak baik yang pemurah dan penuh cinta kasih 10. Pengganti.

KHALIQ JUNAIDI AKMAL : Pencipta prajurit yang lebih sempurna 7. Tumpukan batu-batu merah di laut Marsa : Pelabuhan Marsallah Maqamul Ibad : Pelabuhan Alloh dan tempatnya para hamba Ma’ruf : Kebaikan. KHALIL ZAYAN : Sahabat yang dapat dipercaya sangat elok wajahnya 6. LATHIEF AKMAL EL-AZZAM : Laki-laki yang memiliki kelembutan dan kemauan kuat yang lebih sempurna 3. KHASYI SALAHUDDIN : Laki-laki yang khusyu dalam sholat dan menegakkan tiang agama 9. KHALIQ NAJAMUDDIN ZUHDI : Bintang agama yang menciptakan kerendahan hati 8. KHATAM LAAL BARRAQIE : Cincin intan berwarna merah yang berkilauan 10. Terkabul Maqshud : Orang yang selalu dikehendaki orang lain Maram : Tujuan . LUAY AKHDAN MAHFUDZ : Kekuatan seorang sahabat yang terpelihara 4. LAMYA NAJMU ADDIEN : Laki-laki yang berkilau bagaikan bintang agama 2. LUTHFIE SAKHI ZAIDAN : Laki-laki lembut yang murah hati dan memiliki banyak kelebihan M Manshur : Yang ditolong Manshur Mubarok : Yang ditolong lagi diberkahi Maqbul : Diterima .5. Yang dikenal . KHIAR KHATAM RAMADHAN : Kebaikan yang diterima di penghujung bulan Ramadhan L 1. LUQMAN HAKIM AYYASI : Mudah mudahan seperti Luqman yang bijaksana dan berumur panjang 5. Maksud Marami Nailur Ridho : Tujuanku memperoleh keridhoan Mar’i : Yang terpelihara (dari kejelekan) Mar’i Muhammad : Yang terjaga dari keburukan lagi terpuji Mar’ie Alauddin : Terpeliharanya kemuliaan agama Ma’rifatullah al-mushaddaq : Pengetahuan Alloh yang dapat dipercaya Marjan : Batu permata marjan Marjan : Butir-butir mutiara.

Teman Nadimun Halim : Teman setia yang welas asih Nadir : Jarang . Bahagia. MALKA SYARIEF FIRDAUS : Tempat bertemunya orang yang mulia dan terhormat adalah di surga Firdaus 5. Langka . MIRZA UKAIL : Anak laki-laki yang baik dan pandai 6. MAJDI BADRANI : Kemuliaan dua bulan purnama 3.Ma’ruf Sirajuddin : Orang yang terkenal sebagai pelita agama Marwan : Urusan yang lurus. Indah. MAHBUB JUNAIDI : Prajurit yang dicintai 2. Elok Nadhmi : Teratur. selamat Nadim : Pendamping . MUHSIN TAMAM : Laki-laki yang berbuat kebaikan dengan sempurna 7. Seorang khalifah dari Bani Umayah Marwan Karamullah : Yang lurus dan menjadi kemuliaan All 1. Antik Nafi’ : Yang memberi manfaat. terpuji. MUNADHIL ISMAN HALIM : Suami setia yang menolong dengan penuh kelembutan dan kesabaran N Nadhim : Pengatur Nadhimuddin al-Hakim : Pengatur agama yang adil Nadhir : Bagus . kenikmatan Naimurrahman : Kenikmatan Alloh Yang Maha Pengasih Naizar : Sedikit bicara Naji : Yang terbebas dari keburukan . dan penuh kebaikan Nahar : Siang hari Nahid : Anak dalam masa puber Nahsif : Adil Naif : Berkedudukan. Menonjol Nail : Yang suka memberi Na’il : Yang memperoleh Na’il Fadhail Ilah : Yang memperoleh karunia Tuhan Nailul Huda : Yang memperoleh petunjuk Nailul Khair Annabih : Yang suka memberi kebaikan lagi mulia Na’im : Yang senang . MAJID FAKHRUDDIN : Anak laki-laki yang berbudi luhur yang merupakan kebanggaan agama 4. Salah satu asma Allah Nafil : Tambahan Nafis : Berharga . Disiplin Nadhmuddin Mukhtar : Keteratutan agama yang terpilih Nadi : Tempat pertemuan. Banyak harta Nafis Ahmad Ma’ruf : Yang berharga.

karunia dari Tuhan Oliver = Baik dan penuh kasih sayang Nathaniel = Karunia Tuhan Chandra = Cakep Omar Ali Lais Arsalan = Laki-laki anak pertama memiliki umur yang panjang. kekasih Allah Najih : Yang sukses Najih : Yang dianugrahi taufiq. Ojwala = Menjulang ke angkasa (Jawa) Indurasmi = Sinar rembulan (Jawa) Oliver Nathaniel Chandra = Anak ganteng/ cakep dan baik. NUWAIR BADRUN : Anak laki-laki yang bagaikan cahaya bulan purnama O Ojwala Indurasmi = Menjulang ke angkasa bagaikan sinar rembulan. NAUFAL AFKAR : Anak laki-laki yang dermawan dan bijak 5. Baik keturunannya Najib Habibullah : Yang mulia. NURHAN AFKAR FADHIL : Cahaya raja yang bijak dan utama 9. yang tinggi kedudukannya Lais = Berani Arsalan = Singa . mulia dan pemberani bagaikan singa Omar = Anak pertama yang memiliki umur panjang.Najib : Mulia . NABIL FAYADH : Anak laki-laki yang cerdik dan murah hati 3. NAWAF SYIHABUDDIN YAFIQ : Bintang Agama yang tinggi dan mulia 6. yang memakmurkan Ali = Yang mulia. Yang berjalan dengan cepat Najih Mumtaz Abdul Majid : Yang berhasil. penuh dengan kasih sayang. istimewa dan hamba Allah Yang Maha Suci Najmi : Bintangku Najmi al Lami’ : Bintangku yang berkilau Najmuddin : Bintang agama Najmuddin : Bintang agama Najmuddin Jawwad : Bintang agama yang pemurah 1. NIYAZ KHALIL : Harapan dari seorang sahabat 8. NAJDAT ALTAMIS : Panglima yang pemberani 4. NABIHAN KHALIQ : Anak laki-laki yang mulia dan kreatif 2. NAZRAN SAADUDDIN : Visi agama yang membahagiakan 7.

Opal Suwardi = Batu permata yang memancar dengan indah Opal = Batu permata (Jawa) Suwardi = Memancar dengan indah (Jawa) Orea Gavin Albern = Laki-laki yang laksana garuda putih dari pegunungan yang gagah dan berani Orea = Pegunungan Gavin = Garuda putih Albern = Gagah berani. penyanyi (Jawa) Mencari Nama Bayi Otadan Janeeta Gustin = Laki-laki ibarat hadiah berlimpah ruah dari Tuhan yang agung Otadan = Berlimpah ruah Janeeta = Hadiah dari Tuhan Gustin = Agung Ozora Samitra = Laki-laki berharga yang memiliki kekuatan dari Tuhan Ozora = Kekuatan dari Tuhan Samitra = Batu mulia P Ozzie Mahardika = Prajurit Tuhan yang berbudi luhur Ozzie = Prajurit Tuhan (Inggris) Mahardika = Berilmu. bangsawan Orlando Lantos = Laki-laki yang terkenal sebagai pemain musik Orlando = Terkenal kepenjuru negeri Lantos = Pemain musik Orlando Maxine Marcopolo = Laki-laki seperti Marcopolo yang terbesar dan terkenal ke penjuru negeri Orlando = Terkenal kepenjuru ngeri Maxine = Yang terbesar Marcopolo = Pencetus pengembaraan ke cina Osmond Nohan = Laki-laki bahagia yang mampu menjadi pelindung Osmond = Pelindung yang perkasa Nohan = Merasa bahagia Ota Waranggana = Berwajah elok (penyanyi) dan makmur Ota = Makmur (Ceko) Waranggana = Berwajah elok. berbudi lihur (Jawa) Padika Dama Rangkaibumi = Syair tentang cinta yang merangkai bumi .

Pandji : Yg diberi kelebihan (Jawa) + Putra : Anak laki-laki Nugraha. cahaya Sang Pengasih Panyun Wang Zeming = Laki-laki yang berprestasi tinggi dan berwawasan luas Panyun = Berprestasi tinggi Wang Zeming = Berwawasan luas Parama Rajendra Wardana = Laki-laki paling unggul dan tampan merupakan hadiah yang bernilai Parama = Paling unggul Rajendra = Tampan .Padika = Syair (Sansekerta) Dama = Ikatan Kasih (Sansekerta) Rangkaibumi = Merangkaibumi Padraic Bobby = Bangsawan yang sangat brilian Padraic : bangsawan (Irlandia) Bobby : sangat brilian (Inggris) Palawa Yoga Anindito = Anak Laki-laki yang tumbuh bersemi menjadi manusia yang sempurna Palawa = Bersemi Yoga = Anak Anindito = Sempurna. anugerah (Indonesia) Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Dan Artinya Pandu Wijaya Kusuma = Bunga berwarna putih kekuningan yang memiliki keunggulan Pandu = Putih kekuningan (Melayu) Wijaya Kusuma = Bunga yang memiliki keunggulan (Jawa) Pangestu Romero = Pengembara yang mendapat berkat dan restu Pangestu = Mendapat berkah dan restu (Jawa) Romero = Pengembara (Barat) Panji Pangestu Dhiaurrahman = Laki-laki yang menjadi tanda kehormatan mendapat berkah restu dan cahaya dari Sang Pengasih Panji = Bendera. tanda kehormatan Pangestu = Berkah restu Dhiaurrahman = Sinar. Nugroho : Pemberian. unggul Pandji Putra Nugroho = Anak laki-laki yang di anugerahi serta diberi kelebihan Pandji = Yang diberi kelebihan Putra = Anak laki-laki Nugroho = Pemberian. anugerah Pandjiputra Nugraha = Anak laki-laki yang diberi kelebihan dan anugerah Pandjiputra/Panji.

laki-laki yang bersemangat agung dan bijaksana Pericles = Pembangun athena 462 SM Clayton = Laki-laki yang bersemangat Elfredo = Agung dan bijaksana Pirata Dharma Aryasatya = Laki-laki yang berjiwa welas asih dan penuh kemuliaan Pirata = Jiwa Dharma = Welas asih Aryasatya = Kemuliaan Praba Perwira = Laki-laki gagah berani dan bersinar terang Praba = Cahaya. terang Perwira = Gagah berani Pradipta Raditya = Semoga menjadi anak yang berguna.Wardana = Hadiah yang bernilai Partaya Sarkara = Laki-laki menjadi sumber kebaikan yang terpercaya Partaya = Yang terpercaya Sarkara = Madu Pericles Clayton Elfredo = Pericles. memberi penerangan dan pencerahan bagi siapa saja. permata yang bersinar Pramata : Mutiara. berbudi luhur (Jawa) Pratisara Yudanta = Pejuang di garis depan yang kuat dalam peperangan . permata (Jawa) Rahagi : Bersinar (Jawa) Pranaja Zayan = Anak laki-laki yang sangat elok wajahnya Zayan = Sangat elok wajahnya (Arab) Pranaja = Anak laki-laki (Jawa) Pratama Najib Sadajiwa = Putra pertama menjadi keturunan yang mulia dan hidup selamanya Pratama = Pertama Najib = Keturunan yang mulia Sadajiwa = Hidup selamanya Prataya Mahardika = Terpercaya dan berbudi luhur Prataya = Terpercaya (Jawa) Mahardika = Berilmu. seperti cahaya matahari. Pradipta = Cahaya Raditya = Matahari Pramata Rahagi = Mutiara.

Q 1. QINDI IZZATUL MUNAWWIR : Pelita kemuliaan yang bersinar 4. Ombak bersifat terus menerus/senantiasa ada Tulodho = Teladan. pelindung (Mahana) Mencari Nama Bayi dan Artinya Prima Aditya = Laki-laki pertama yang pandai dan bijaksana Prima = Yang utama. QAID JAMAIL : Panglima perang yang tampan 2. Eka = Pertama Putrama Alun Tulodho = Putra pertama yang senantiasa bagaikan ombak. QARY AHNAF : Pembaca Al-Qur’an yang memiliki keteguhan iman yang lebih 3. bisa menjadi suri teladan dimanapun dia berada. pertama Aditya = Pandai dan bijaksana Purwa Pramusita Mahardika = Anak pertama yang lapang hatinya dan berbudi luhur Purwa = Pertama Pramusita = Kelapangan hati Mahardika = Bebas. QOWIYYAN AMIN : Ank laki-laki yang kuat dan terpercaya . Putrama = putra pertama Alun = Ombak.Pratisara = Pejuang di garis depan (Jawa) Yudanta = Kuat dalam peperangan (Jawa) Prawira Wanikiya = Elang yang pemberani Prawira = Pemberani (Jawa) Wanikiya = Elang (Lakota) Prayagati Yudanta = Kuat dalam peperangan dan bersiaga dalam tindakan Prayagati = Bersiaga dalam tindakan (Jawa) Yudanta = Kuat dalam peperangan (Jawa) Pricha Kamali = Pelindung (pembimbing) yang pandai Pricha = Pandai (Thailand) Kamali = Pembimbing. berbudi luhur Putra Immanuel Eka Putra = Anak laki-laki Immanuel = Tuhan Beserta Kita.

Bulan ke tujuh dari tahun Hijriyah Rajab : Pemimpin Raji : Berpengharapan Rajih : Jelas . Malu. Lebih diutamakan Rajih : Pendapat yang mantap 1.5. Pemberian Raihan : Tumbuhan yang harum Raihan Khairul Anam : Pemberian manusia terbaik Raja : Tujuan . RAMADHAN AHNAF : Bulan Ramadhan yang penuh dengan keteguhan iman 6. RAIF ANAQIE : Sang penyayang yang indah menawan hati 4. SABIQ EL-FATHIN : Anak laki-laki cerdas yang terdepan . Harapan . RAFIQI HAMLAN : Sahabat yang mandiri 2. RAZIQ HANAN : Anak laki-laki yang murah rizeki dan dikasihi Allah 7. RUZAIN ANWAR : Tempat yang tentram dan bercahaya S 1. Asa Raja Izzuddin Huwaidi : Harapan kebanggaan agama yang kembali kepada jalan yang benar Raja Ridha Rabbihi : Yang mengharapkan ridha dari Tuhannya Raja Samahan Maimun : Orang yang mengharapkan toleransi yang diberkahi Alloh Rajab : Pengagungan. RIYAD JINAN FAYI : Taman Surga yang wangi 9. QUTHBIE ZAYAN : Pemimipin yang sangat elok wajahnya R Raid : Perintis atau pelopor Raidul Islam Annadif : Pemimpin Islam yang bersih Ra’if : Sangat penyayang Raihan : Rizki . RAID KHADIM SHALIHAN : Pemimpin sukarelawan yang baik 3. RAIHAN MAWARDI KHALIS : Air mawarku yang wangi dan suci 5. Terang Rajih : Teguh. RIYADH HAFIZH : Taman yang terpelihara 10. RIFQIE NADIM UKAIL : Sahabat yang lemah lembut dan pintar 8.

SAIFUL HADZIQ AFIF : Anak laki yang memiliki kecerdasan yang tajam dan senantiasa menjaga kesucian diri 8. SAIFULLAH MUHAIMIN : Pedang Allah yang menjaga dan memelihara 9. Memakmurkan Taqiuddin : Takwa dalam agama Taqiuddin Uzmaturrahman : Perisai agama ini adalah keagungan Tuhan Yang Maha Pengasih Taqiyuddin : Takwa dalam beragama Taqiyyuddin Kamil : Ketakwaan dalam beragama yang sempurna Taqwa : Taat atau takut kepada Allah Taqy : Yang bertaqwa. SABQIE HAMZAH AZIB : Keutamaanku adalah kebijaksanaan dan kesabaran 3. SAID KHAIRUL IKHWAN : Anak laki-laki yang bahagia adalah saudara yang baik 7. Banyak rezeki dan kebaikan Ta’mir : Meramaikan . SHALAHUDDIN WADI : Kebaikan agama yang menentramkan T Tahsin : Perbaikan. SAFWAN HASNAWI : Anak laki-laki dari keturunan mulia yang bersih dan penuh keikhlasan 5. SAKHI KAFIL HUSAIN : Majikan yang murah hati dan baik 10. Orang yang kuat Tamir : Yang banyak memiliki buah kurma. Yang takut kepada Allah Ta’rif : Pengertian . Pemrosesan Tahsin Ahwali : Perbaikan keadaanku Tahsin Dziaulhaq : Perbaikan cahaya kebenaran Taisir : Kemudahan Tajuddin : Mahkota agama Tajuddin al Lami : Mahkota / pelita agama yang berkilau Tajuddin Nafis : Mahkota agama yang berharga Tajuddin Sururullah : Mahkota agama ini adalah kegembiraan Alloh Tajun : Mahkota Tamam : Kesempurnaan Tamam Ni’amillah : Kesempurnaan anugerah / nikmat Allah Tamim : Sempurna . SAFARAZ AKMA FADHIL : Anak laki-laki yang terhormat sebagai pemimpin yang mulia 4.2. SAHLAN IMRAN JAZLI : Anak laki-laki yang memiliki kemudahan budi bahasa dan fasih 6.

Keadaan yang baik Thalal Jiyad : Keindahan yang baik Thalib : Pelajar . Bebas. Manfaat Thalal : Keindahan. Kesuksesan Taufiq : Taufiq limpahan Alloh Taufiq Al-Hakim : Taufik (Allah) yang hakim (bijaksana) Taufiq Ar-Rahman : Taufik (Allah) Maha Kasih Taufiqulhakim : Taufiq Alloh yang bijaksana Taufiqur Rahman Shalih : Pertolongan Allah Yang Maha Pengasih (bagi) orang yang shaleh Taufiqurrahman Rusydi : Limpahan taufiq Alloh yang berupa petunjuk Tauhid : Kemurnian iman (Keesaan Allah) Tawaddud : Cinta kasih Tawaddud Shahibuddin : Cinta kasih teman seagama Tayammum : Mengandung keberkahan Thaha : Nama sanjungan atau panggilan Rasul . Berseri-seri. Yang menuntut ilmu Thalibulhuda Assuja’ : Penuntut Ilmu yang berani Thalq : Fasih. TSAMIN FARID ADDIN : Permata agama yang sangat bernilai 6. THARIQ ANWAR KARIM : Bintang fajar yang memancarkan cahaya kemuliaan 4. Kemampuan. TSANY ASMAR BANU : Putra kedua yang hitam manis 7. Utama. Nama surat dalam Al Quran Thaha : Dua huruf permulaan surat Thaha Ahmad Jayid : Thaha yang terpuji dan bagus Thahir : Suci . TUFAIL HARIRI JADID : Kain suteraku yang lembut dan baik U 1. Tidak terbatas 1. TAHSIN AGHA AFKAR : Anak laki-laki pemimpin yang mampu melakukan perubahan kebijakan 3. ULWAN ASSYAKUR FAWWAZ : Anak laki-laki yang memiliki rasa syukur yang tinggi akan selalu beruntung . Penerjemah Taufiq : Keberhasilan. Bersih Thahir Khabiruddin : Orang suci yang memahami agama Tha’i : Orang yang taat Tha’il : Kekuasaan. TSABIT HASNAIN HAMLAN : Dua kebaikan yang kokoh dan berdiri sendiri 5. UKASYA ALIF : Laba-laba yang lembut dan ramah 2.Tarjuman : Juru bicara . TAHFIZ ILMAN KHATAB : Ahli pidato yang hafal akan ilmu 2.

Latin) Rosie = Mawar yang indah (Inggris) Vanio Tristan Ardhani = Laki-laki yang dianugerah kesejatian dengan gagah berani dan suci Vanio = Anugerah yang sejati Tristan = Gagah berani Ardhani = Suci Vasco Vala Aryasatya = Laki-laki yang seperti Vasco Da Gama yang terpilih menuju jalan kemuliaan Vasco Da Gama = Keliling di Afrika. Latin) Vincent Hadi Wijaya = Laki-laki penakhluk yang memimpin untuk mendapat kemenangan Vincent = Panakluk Hadi = Yang memimpin Wijaya = Unggul. menang W . USYAIR FAHMI AHSAN : Suami yang pengertian dan baik hati V Vadin Valdis = Pembicara (bagus) yang lincah di medan perang Vadin = Pembicara (Hindi) Valdis = Lincah di medan perang (Teutonic) Valda Athena = Laki-laki bijaksana dan punya semangat juang tinggi Valda = Semangat berjuang Athena = Bijaksana Valentino Rosie = Mawar yang indah dan kuat Valantino = Kuat. USAID DAFFA NAJID : Singa kecil penjaga yang gagah berani 6. pemenang (Italia. sehat (Italia. pengusaha (Latin) Vicenzo = Penahluk. UMAR MUSLIM FAWWAZ : Pemimpin muslim yang selalu beruntung 4. menemukan jalan menuju ke India Vala =Yang terpilih Aryasatya = Kemuliaan Vick Vicenzo = Raja penahluk Vick = Raja. UMRAN SAID FAUZAN : Anak laki-laki yang tumbuh dengan penuh kebahagiaan dan kemenangan 5.3.

YAFIQ ANNADIM RAFIF : Pendamping yang mulia dan berakhlak baik 3 YAQDHAN RAKHA ASSAID : Anak laki-laki waspada yang memiliki kehidupan yang enak dan bahagia Yaman : Arah kanan . WALID RIJAL SABAT : Anak laki-laki yang dilahirkan di hari ke tujuh 8. Nama surat dalam Al Quran Yasin Habibullah : Yasin kekasih Allah Yasir : Orang yang mudah Yasir Arafat : Yang memudahkan urusan lagi berpengetahuan luas Yasir Ibadillah : Yang memudahkan urusan hamba-hamba Allah . WALIDAN AMIN : Anak laki-laki yang dapat dipercaya 9. Panggilan Rasul . WAFRIE BANU AKMAL : Kekayaanku adalah anak yang sempurna 3. WALI ADDIN KHALID : Pembela agama yang setia 7. WAHAB ABDULLAH NAFI : Pemberian Hamba Allah yang bermanfaat 4. WABIL TAMAM ASSADIQ : Anak laki-laki pemurah yang sempurna dan tulus dalam setiap ucapannya 2. WASHIF EL-HAMAM : Anak laki-laki yang memiliki karakter yang unik dan ambisi yang kuat 11. WAZIFUL KHALIL : Anak laki-laki kesayangan yang tekun dan gigih 12. WAHID HUMAM HABIBIE : Singa pertama kesayanganku 5. WAZNI HAKAM : Haikim bijaksana yang menimbang secara adil Y 1. Kebaikan Yaqdhan : Orang yang terjaga. Sadar Yaqin : Yakin .1. YAALA FARID BAHAR : Kemuliaan batu permata yang berkilau 2. WARDIE MABKHUT : Bunga mawarku yang penuh dengan keberuntungan 10. Tidak ragu-ragu Yaqut : Permata Yaqzhan : Yang waspada Ya’rub : Orang yang berbicara dengan bahasa Arab Ya’rub al Fashih : Yang berbahasa Arab dengan lancar Yasin : Nama sanjungan . WAHNAN AMIN : Anak laki-laki yang mudah untuk dipercaya 6.

Berterimakasih Yassar : Banyak kemudahan.Yaskur : Bersyukur . Bersih. Berlebih Yazid Amal Shalih : Amal kebaikan yang terus bertambah Yusran : Mudah Yusran Shalih : Yang mudah lagi shaleh 4. Berkilau Zahy : Wajah yang elok dan berseri-seri Zaid : Tambahan Zaidan : Tambahan. Bening Zahiruddin al Munir : Cahaya terang yang menyinari agama Zahiruddin Munawwar : Cahaya agama yang terus bersinar / tersinari Zahiruddin Nurullah : Kecemerlangan agama cahaya dari Alloh Zahran : Elok dan berseri. Raja lebah Ya’sub al Hakim : Pemimpin yang arif dan bijaksana Yasykur : Bersyukur Yazid : Bertambah . Tumbuh dengan baik . Keindahan. Kedudukan dalam militer Za’im Muhtadi : Pemimpin yang memperoleh petunjuk Zain : Perhiasan . YASYKUR ARIEF : Anak laki-laki yang pandai bersyukur dan bijaksana 5. Warna cerah. Cemerlang. Bagus Zainal Abidin : Perhiasan para pengabdi (hamba) Allah Zainal Arifin : Perhiasan bagi orang-orang berilmu Zainuddin : Keindahan agama Zainul Muttaqin : Perhiasan bagi orang-orang takwa Zainul-Abidin : Kebagusan para penyembah Allah Zainul-Arifin : Kebagusan orang-orang arif Zainul-Arifin Askarullah : Kebaikan orang-orang arif yang menjadi tentara Alloh Zainul-Fatah Fathuna : Hiasan kemenangan ini adalah kemenangan kami Zainul-Mutaqin : Kebagusan orang-orang yang bertaqwa Zainul-Muttaqin Shafwanul Ibad : Kebaikan orang-orang bertakwa yang menjadi teman para hamba Alloh Zaizafun : Semacam pohon dengan bunga putih dan harum baunya Zaki : Bagus . Suci. ZAHRAN SHABIR : Indahnya kesabaran Zahir : Cahaya yang bersih. Kelebihan Zaidun : (Diminutif Zaid) Tambahan banyak Zaidun : Kelebihan Zaidun Zada Zuhduh : Kelebihan Alloh ini bertambah terus zuhudnya Za’im : Pemimpin kaum. Banyak harta Yassar Amril Umam : Yang memudahkan urusan umat Ya’sub : Pemimpin kaum. YAZID SYARIEF UMRAN : Anak laki-laki yang bertambah mulia dan makmur Z 1. YAZDAN SHAHIB RAKI : Belas kasih sahabat yang menundukkan kepala 6.

Orang yang kuat punggungnya Zharif : Cerdik. Rupawan Zuhair Akif Shalih : Pemuda rupawan. ZULFAN AZHAR RAIHAN : Taman yang penuh bunga-bunga mewangi 8. Air yang banyak / berkumpul Zaqhlul : Nama tokoh Mesir Zari’ : Orang yang menanam Zayyan : Wajah rupawan Zayyan Muhammad Murtadha : Pemuda rupawan terpuji lagi diridhoi Zayyan Zainul Muttaqin : Yang berwajah rupawan dan hiasan bagi orang yang bertakwa Zayyat : Pembuat minyak atau penjualnya Zhaahir : Nyata. ZULMI IKHWAN KHAIRI : Anak laki-laki yang sabar dan sopan adalah saudara yang baik . ZIKRIE YAZID BARA : Zikirku yang menambah ketaatan 5. Zuhud 2. pemberani. dan shaleh Zuhairuddin Tamim : Cahaya agama yang tangguh Zuhdi : Rendah hati. Keberuntungan Zhafir : Menang . tekun. ZAHWAN SAID MUSLIM : Anak laki-laki yang bangga dan bahagian menjadi muslim 3.Zaki Mubarak : Orang yang suci lagi diberkahi Zaki Zainal Muttaqin : Orang yang suci perhiasan orang yang bertakwa Zamir : Anak kecil yang ganteng Zamir : Anak kecil yang cantik Zamiruddunya Syababuljinan : Anak kecil yang ganteng di dunia dan menjadi pemuda tampan di akherat Zamzam : Air zamzam . Bagus Ziya’ Ibnu Khaldun : Pancaran Ibnu Khaldun Ziyad : Suatu kelebihan Ziyadullah Allamah : (orang ini) adalah kelebihan dari Alloh yang sangat pandai (alim) Zufar : Singa. Keindahan. Terang Zhabyi : Kijang Zhafar : Kemenangan. Pemurah Zuhair : Bercahaya. ZAMIL SAIDAN KHALID : Orang yang berjalan cepat menuju kebahagiaan yang kekal 4. ZULFADHLI FAYYADH : Anak laki-laki dermawan yang mempunyai banyak kelebihan 7. ZUBAIR MALIK ANNAJMI : Raja bintang yang gagah perkasa 6. Unggul Zhafran : Orang yang selalu beruntung atau menang Zhahir : Penolong.