You are on page 1of 26

PROGRAM KERJA

Ketua Kompetensi Keahlian
TEKNIK KENDARAAN RINGAN

Disusun Oleh :
Ahmad Faozi, S.Pd

DINAS PENDIDIKAN MENENGAH & KEJURUAN

SMK NEGERI 1 SUNGAI LILIN
Jl. Palembang – Jambi Km. 135 Kec. Sei. Lilin  (0751)-7051030 Kab. MUBA
SUMSEL 30755

HALAMAN PENGESAHAN

Program Kerja Ketua Kompetensi Keahlian untuk semua Jurusan di SMK Negeri 1 Sungai Lilin
Tahun Pelajaran 2014 – 2015 telah disyahkan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan
Kepala Sekolah pada :

Hari

: ………………………..

Tanggal : ………………………..

Penyusun,

Ahmad Faozi, S.Pd

Disahkan oleh :

Wakil Kepala Sekolah
Kepala Sekolah

Bidang Kurikulum

Zaidan Jauhari, S.Pd, MT

Ades Pamungkas, S.Pd

NIP. 19690506 199512 1 001

NIP. .......................................

KATA PENGANTAR
i

kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam proses penyelesaian penyusunan program kerja ini dalam bentuk bantuan moral maupun material dan langsung maupun tak langsung. S. mudah – mudahan program kerja ini bermanfaat dan kami selalu terbuka dengan saran dan kritik dari seluruh warga SMK Negeri 1 Sungai Lilin sehingga dapat menjadi pengalaman yang lebih baik di masa mendatang demi sempurnanya dalam penyusunan Program Kerja Ketua Kompetensi Keahlian untuk Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Sungai Lilin tahun berikutnya. Wb Sungai Lilin. Wassalamu’alaikum Wr.Pd ii . Dengan telah selesainya laporan ini. 03 November 2014 Penyusun. Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya. Wb. sehingga kami dapat menyelesaikan Program Kerja Ketua Kompetensi Keahlian untuk Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Sungai Lilin Tahun Pelajaran 2014 – 2015 sesuai dengan rencana.Assalamu’alaikum Wr. semoga amal perbuatan saudara mendapat pahala dari Allah SWT. Ahmad Faozi. Akhirnya.

.......... i Kata Pengantar..................................................... 11 BAB III Penutup ......................................................................................................... Latar Belakang............ Tujuan Pembuatan ........................ 9 E.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................DAFTAR ISI Halaman Judul ......................................................................................................... Tata Tertib Kompetensi Keahlian..................................... 2 BAB II Program Kerja............ Halaman Pengesahan............. 1 A................................................................................................................................................................................................................................................................................................. Visi Misi dan Tujuan Kompetensi Keahlian................................................................................................................................................................................. 12 Lampiran iii ... 4 C........................................................................ Struktur Organisasi ....................... ii Daftar Isi..... 3 A.................. Pogram Kerja ........... 3 B.......................................... 7 D......................... iii BAB I Pendahuluan ............................................................... Uraian Tugas ................................................ 1 B......................... 2 C.............................................................................................. Kode Etik Kompetensi Keahlian..........................................................................

Untuk mencapai hal itu maka proses pendidikan dan pembelajaran harus mengacu dan sesuai dengan kurikulum yang berlaku sesuai dengan VISI. Tujuan Sekolah dan Tujuan Kompetensi Keahlian Visi : Menghasilkan tenaga terampil siap pakai yang beriman bertaqwa dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta siap berkompetensi memasuki dunia kerja global. misi dan tujuan sekolah 2. bengkel – bengkel otomotif atau dapat membuka usaha sendiri dengan mengembangkan ilmu yang telah didapatkannya. yaitu : Siswa/siswi terampil dalam bidang mesin otomotif baik yang manual maupun elektronik. Musi Banyuasin Sumsel. Tujuan Kompetensi Keahlian Tujuan dari Kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Penyusunan program kerja juga merupakan pendukung kelengkapan administrasi SMK Negeri 1 Sungai Lilin dalam menerapkan sistem manajemen mutu sebagai prasyarat sekolah untuk dapat di Akreditasi. Tujuan Sekolah : Mempersiapkan tamatan-tamatan yang kreatif. Sungai Lilin Kab. Visi. Misi. Untuk mendukung tercapainya visi. Misi : Mendidik Sumber Daya Manusia yang disiplin. pelaksanaan dan evaluasi program kerja yang sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing – masing. berdedikasi tinggi mempunyai skill sesuai perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi menuju terwujudnya Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT) kejuruan berstandar Nasional dan Internasional. Tujuan Pembuatan Program Kerja 1. B. misi dan tujuan sekolah maka semua Kompetensi Keahlian harus senantiasa mengikuti perkembangan kurikulum yang selalu disesuaikan dengan situasi dan kondisi sekolah serta perkembangan dunia kerja atau dunia pendidikan.BAB I PENDAHULUAN A. Sebagai acuan dalam menerapkan kurikulum guna kelancaran proses kegiatan belajar mengajar maka Ketua Kompetensi Keahlian yang merupakan salah satu unit kerja dibawah Kepala Sekolah yang ada di SMK Negeri 1 Sungai Lilin harus menyusun program kerja mulai dari perencanaan. Akutansi dan Multimedia. energig. Sebagai pedoman kerja Ketua Kompetensi Keahlian 1 . Latar Belakang SMK Negeri 1 Sungai Lilin adalah salah satu Sekolah Negeri yang ada di Kec. dimana merupakan sekolah yang sedang berkembang dan memiliki kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan. MISI dan TUJUAN SEKOLAH. Dalam mewujudkan visi. C. sehingga setelah tamat siswa dapat bekerja di perusahaan otomotif. dan berwirausaha yang tinggi.

A. S. MT NIP. Struktur Orgasnisasi KEPALA SEKOLAH ZAIDAN JAUHARI.Pd.Md KETUA KAPRODI EDY PURWANTO. A.Md 2 DU/DI .3. Sebagai evaluasi kerja Ketua Kompetensi Keahlian BAB II PROGRAM KERJA A. 19690506 199512 1 001 KABENG TKR SLAMET MUHLISON.

C. 2. Wali Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan 1 5. 5. Menyusun Program Kerja pada Kompetensi Keahlian yang dipimpinnya (Bulanan. Mengevaluasi hasil analisa kurikulum dari masing-masing Guru sesuai dengan tugasnya.Pd. S. Wali Kelas X Teknik Kendaraan Ringan 2 3. Wali Kelas XII Teknik Kendaraan Ringan 3 A. Semester. S. 4. Wali Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan 2 6. B. D. S.WALI KELAS X TKR 1 WALI KELAS X TKR 2 WALI KELAS X TKR 3 WALI KELAS XI TKR 1 WALI KELAS XI TKR 2 WALI KELAS XII TKR 1 WALI KELAS XII TKR 2 WALI KELAS XII TKR 3 SISWA Kepala Sekolah Waka Kurikulum Ketua Kompetensi Keahlian Wali Kelas 1. MT : Ades Pamungkas. 3. Mengkoordinir penggunaan ruang praktek / laboratorium 3 . Mengkoordinir tugas Guru pada Kompetensi Keahlian yang dipimpinnya. Wali Kelas X Teknik Kendaraan Ringan 1 2. Tahunan). Wali Kelas XII Teknik Kendaraan Ringan 1 7.Pd : Ahmad Faozi.Pd : : : : : : : : B. Mendalami dan menganalisis serta mengembangkan kurikulum sesuai dengan Kompetensi Keahlian yang dipimpinnya. 6. Uraian Tugas URAIAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI PERSONEL KOMPETENSI KEAHLIAN SMK NEGERI 1 SUNGAI LILIN NO 1 JABATAN KETUA KOMPETENSI KEAHLIAN URAIAN TANGGUNG JAWAB DAN TUGAS  Tugas 1. Mengkoordinir tugas MGMP dalam mengoreksi serta mengembangkan kurikulum sesuai dengan Kompetensi Keahlian. Wali Kelas XII Teknik Kendaraan Ringan 2 8. : Zaidan Jauhari. Wali Kelas X Teknik Kendaraan Ringan 3 4.

Membantu melaksanakan dan memelihara hubungan dengan DU/DI atau instansi terkait. Guru. jadwal penggunaan bengkel. 12. Mengatur penggunaan ruang praktek / laboratorium 4. 9. 13.  Wewenang 1. Supervisi dan evaluasi kegiatan belajar mengajar dan tugas lainnya pada Kompetensi Keahliannya. Mengatasi urusan administrasi sesuai dengan Kompetensi Keahliannya. Inventarisasi peralatan (Sarana prasarana) di Kompetensi Keahlian. Mengkoordinir Guru dan siswa dalam kegiatan perawatan dan pemeliharaan peralatan praktikum dalam program keahlian/ jurusannya Membuat laporan berkala dan insidentil kepada Kepala Sekolah Membantu pelaksanaan 5K – 7K di Kompetensi Keahliannya Menyusun kebutuhan bahan praktik. Mengatur urusan administrasi yang meliputi : Catatan kewajiban Siswa. peralatan dan keperluan untuk perawatan/ perbaikan di Kompetensi Keahlian yang dipimpinnya. 4 . 14. URAIAN TANGGUNG JAWAB DAN TUGAS Membantu Kepala Sekolah dalam peningkatan Professional Guru sesuai dengan Kompetensi Keahlian. Bertanggung jawab terhadap pelaksanaan program pada Kompetensi Keahliannya 2. 8. Membantu pelaksanaan disiplin siswa serta pelaksanaan Praktik Industri. Membantu memecahkan masalah yang timbul pada Kompetensi Keahliannya  Tanggung Jawab 1. 17. 15. Membantu pelaksanaan Bimbingan Kejuruan dalam Kompetensi Keahlian. taraf serap dll bersamasama Guru. Membantu kelancaran pelaksanaan KBM 6.NO JABATAN 7. Menyusun serta membuat papan-papan informasi. Membuat daftar program peningkatan profesi Guru sesuai dengan Kompetensi Keahliannya 5. 10. 16. Mengembangkan kurikulum sesuai dengan Kompetensi Keahliannya 3. Bertanggung jawab atas terciptanya iklim kerja yang sehat / kondusif di Kompetensi Keahliannya. 7. 11. Menyusun daftar tugas Guru kejuruan sesuai dengan Kompetensi Keahliannya 2. kemajuan siswa.

Membuat laporan berkala dan insidentil tentang siswa yang menjadi asuhannya  Tanggung Jawab 1. Bertanggung jawab atas terlaksananya KBM dengan baik di Kompetensi Keahliannya. Membantu Guru BP/BK dalam menangani siswa yang menghadapi masalah 10. Mengatur tempat duduk siswa di kelas dan membuat lay out kelas 3. Mengumpulkan nilai hasil evaluasi dari tiap-tiap pengajar dan memasukkannya ke dalam buku daftar kumpulan nilai 8. WALI KELAS  Tugas 1. Mengisi serta membagikan raport 9. Membina kelas yang menjadi asuhannya 5 . Menghubungi orang tua / wali siswa (home visit) untuk lebih mengetahui keadaan siswanya 5. Menjalin hubungan dengan orang tua siswa 4. Memahami karakter siswa yang menjadi asuhannya 7. Bertanggung jawab atas disiplin siswa yang berada di Kompetensi Keahliannya 5. Mengecek dan merekap daftar kehadiran siswa dalam kegiatan belajar mengajar dan ekstra kurikuler 14. Membina budi pekerti dan disiplin siswa 11. Bertanggung jawab terhadap pelaksanaan bimbingan dan pembinaan kelas yang menjadi asuhannya 2. Bertanggung jawab atas kebersihan / ketertiban di lingkungan Kompetensi Keahliannya 4. Membantu siswa dalam memecahkan masalah yang dihadapinya 12. Memotivasi dan mengawasi siswa dalam pelaksanaan kegiatan 5K 13. Bertanggung jawab atas kebenaran dan ketertiban dalam penyelenggaraan administrasi kelas 3. Membantu bendaharawan sekolah dalam memperlancar kewajiban pembayaran iuran siswa 6.NO 2 JABATAN URAIAN TANGGUNG JAWAB DAN TUGAS 3. Menyusun program kerja wali kelas 2. Bertanggung jawab atas kebersihan kelas dan suasana belajar yang nyaman  Wewenang 1.

7. URAIAN TANGGUNG JAWAB DAN TUGAS Mengisi daftar kumpulan nilai Mengisi dan menandatangi buku raport siswa Mengatasi siswa yang bermasalah bekerja sama dengan Guru BP / BK Mengadakan kunjungan (home visit) dan memanggil orang tua siswa yang bermasalah Menilai budi pekerti dan tingkah laku siswa yang diasuhnya Membantu siswa dalam memecahkan permasalahan yang sedang menghadapinya 6 . 5. 3. 4.NO JABATAN 2. 6.

Kegiatan Pembelajaran dan Jenis Penilaian 7 8 Rencana Pelaksanaan (bulan) 9 10 11 12 1 2 3 4 5 6 √ √ √ √ √ √ Adanya IHT tentang Mengkaji substansi SK/ KD pada Standar Isi √ √ Adanya IHT tentang pemetaan Standar Isi untuk analisis SK/ KD √ √ Adanya IHT tentang penjabaran SK/KD menjadi Indikator. Materi Pembelajaran. Program Kerja NO 1 2 Program Peningkatan pengembangan Kurikulum Peningkatan pengembangan Silabus Uraian Kegiatan Indikator Kinerja Menyusun kurikulum yang akan diterapkan tahun pelajaran 2014/2015 Adanya penyusunan draf. TU. Kegiatan Pembelajaran dan Jenis Penilaian √ √ 7 √ √ Ket .C. dan pemantapan kurikulum Sosialisasi kurikulum ke warga sekolah Terlaksananya sosialisasi kurikulum yang berlaku kepada seluruh warga sekolah (Guru. finalisasi. Materi Pembelajaran. revisi. dan Siswa) Monitoring dan evaluasi keterlaksanaan kurikulum Terlaksananya kegiatan monitoring dan evalusi keterlaksanaan kurikulum dengan menggunakan instrument monitoring dan evalusi yang berlaku Mengkaji substansi SK/ KD pada Standar Isi Melakukan pemetaan Standar Isi untuk analisis SK/ KD Melakukan penjabaran SK/KD menjadi Indikator. review.

dan Siswa) 8 √ √ √ √ √ √ 5 6 √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ Ket . TU. Adanya program pengayaan untuk mata diklat tertentu yang dianggap sulit b. revisi. Adanya upaya peningkatan motivasi belajar siswa c. dan pemantapan kurikulum muatan lokal Sosialisasi kurikulum muatan lokal ke warga sekolah Terlaksananya sosialisasi kurikulum muatan lokal yang berlaku kepada seluruh warga sekolah (Guru.NO Program Uraian Kegiatan Peningkatan pembinaan siswa dalam mengikuti LKS 3 Peningkatan prestasi bidang akademik Melaksanakan bimbingan belajar mandiri untuk siswa kelas XII 4 Peningkatan pengembangan kurikulum muatan local Indikator Kinerja 7 8 Terlaksananya program peningkatan pembinaan siswa dalam mengikuti LKS. finalisasi. reviu. Terlaksanya program pengayaan/ tambahan jam tatap muka untuk mata diklat tertentu yang dianggap sulit Menyusun kurikulum muatan lokal yang akan diterapkan tahun pelajaran 2014/2015 Adanya penyusunan draf. yang meliputi:  Intensifikasi program pembinaan/ latihan  Seleksi internal  Pembinaan calon peserta  Mengikuti seleksi tingkat Kota Padang dan Propinsi 9 Rencana Pelaksanaan (bulan) 10 11 12 1 2 3 4 √ √ a.

NO Program Uraian Kegiatan Monitoring dan evaluasi keterlaksanaan kurikulum muatan lokal 5 6 Peningkatan Penyiapan Perangkat Pembelajaran Mengembangkan RPP untuk tiap mata pelajaran dari silabus oleh setiap Guru melalui forum MGMP Sekolah Mengembangkan bahan ajar untuk mata pelajaran produktif Indikator Kinerja 7 8 Terlaksananya monitoring dan evalusi keterlaksanaan kurikulum muatan lokal dengan instrument monitoring dan evalusi yang berlaku 9 Rencana Pelaksanaan (bulan) 10 11 12 1 2 3 4 √ √ √ √ √ √ √ √ √  Adanya RPP yang dikembangkan dari silabus oleh setiap Guru paling luas mencakup satu KD yang terdiri atas satu atau beberapa indicator untuk satu kali pertemuan atau lebih √ √  Penyusunan RPP sudah memperhatikan prinsip perbedaan individu siswa. mendorong partisipasi aktif siswa dan menerapkan TIK √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √  Adanya hasil pemetaan bahan ajar berdasarkan peta kompetensi sesuai dengan kompetensi keahlian  Tersusunnya bahan ajar sesuai kompetensi keahlian  Tersusunya bahan ajar produktif berbasis multimedia 9 √ √ 5 6 √ √ Ket .

NO Program Peningkatan Pelaksanaan proses pembelajaran 7 Uraian Kegiatan Indikator Kinerja 7 8 Mengembangkan perangkat pembelajaran Terlaksananya pengembangan perangkat pembelajaran yang menerapkan 4 (empat) persyaratan. yaitu: perencanaan. pelaksanaan. penilaian dan tindak lanjut melalui forum MGMP Sekolah √ √ Pembagian tugas tenaga pendidik Tersusunnya jadwal Pembagian tugas tenaga pendidik dibidang pengajaran √  Analisis kebutuhan peralatan dan bahan praktik tiap kompetensi keahlian Terwujudnya standar 8 sarana prasarana untuk praktikum siswa Pemenuhan kebutuhan peralatan praktik 9 Rencana Pelaksanaan (bulan) 10 11 12 1 2 3 4 √ 5 √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √  Penyusunan dan pengajuan proposal kebutuhan ke instansi terkait  Pemenuhan keterersediaan peralatan praktik sesuai dgn kebutuhan  Pemenuhan ketersediaan bahan praktik sesuai kebutuhan 9 Pemenuhan kebutuhan fasilitas penunjang pembelajaran  Analisis kebutuhan peralatan penunjang pembelajaran  Penyusunan dan pengajuan proposal kebutuhan ke instansi terkait 10 6 Ket .

Pengembangan Struktur Organisasi Sekolah yang meliputi:  Struktur organisasi SMK Teknologi Plus Padang  Struktur organisasi Program Keahlian 11 5 6 √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ Ket . Penataan peralatan di lab/bengkel d. Penataan peralatan kantor a.NO Program Uraian Kegiatan Merelay out peralatan 10 11 Terwujudnya kelengkapan prasarana dan sarana Struktur organisasi dan mekanisme kerja sekolah Pemeliharaan dan perawatan fasilitas pendidikan dan pelatihan Pengembangan struktur organisasi Indikator Kinerja Rencana Pelaksanaan (bulan) 10 11 12 1 2 3 4 7 8 9  Penambahan peralatan media pembelajaran √ √ √  Pengadaan alat-alat tulis kantor √ √ √  Pengadaan alat-alat Olah raga √ √ √ √ √ √  Penambahan buku-buku literatur kepustakaan  Membangun Website sebagai sarana promosi & informasi a. Penataan lay out laboratorium b. Pemeliharan dan perbaikan infrastruktur  Pemeliharaan dan perbaikan instalasi air  Pemeliharaan dan perbaikan instalasi listrik  Pemeliharaan dan perbaikan pertamanan a. Penyesuaian fungsi lay out c.

Deskrisi tugas  Uraian tugas  Wewenang  Tanggungjawab Melaksanakan rencana operasional 12 Pelaksanaan kegiatan Sekolah Pengembangan sistem pelaksanaan dokumentasi dan kearsipan 13 Terlaksananya rencana kerja bidang kesiswaan Pengembangan sistem penerimaan siswa baru √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ 5 6 a. Tersusunnya laporan pelaksanaan kegiatan √ √ √ √ √ √ √ √ √ a. Administrasi Sertifikasi g. Adanya persiapan pelaksanaan kegiatan berdasarkan program √ √ √ b. Administrasi Sarana Prasarana √ √ √ √ √ f. Administrasi Keuangan √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ e. Terlaksananya kegiatan sesuai rencana/ program √ √ √ c. Administrasi persuratan dan kearsipan b. Administrasi Kerjasama Industri (DU/DI) √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ a.NO Program Uraian Kegiatan Indikator Kinerja 7 8 9 Rencana Pelaksanaan (bulan) 10 11 12 1 2 3 4  Struktur Organisasi Tata Usaha Sekolah  Struktur Organisasi IPM  Struktur Organisasi Komite Sekolah b. Administrasi Kesiswaan d. Adanya pengembangan perangkat seleksi PSB 12 Ket . Tersusunnya pedomaan PSB b. Administrasi Kepegawaian c.

NO Program Uraian Kegiatan Indikator Kinerja 7 8 9 Rencana Pelaksanaan (bulan) 10 11 12 1 2 3 4 5 6 √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ c. dan peraturan pelaksanaannya. Standar Isi. Adanya peningkatan upaya promosi pengembangan sekolah d. Pelaksanaan Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) Terlaksananya program peningkatan pembinaan prestasi unggulan siswa yang meliputi: Peningkatan pembinaan prestasi unggulan 14 Terwujudnya pelaksanaan rencana kerja ran bidang kurikulum dan kegiatan pembelajaran Kegiatan pembelajaran  Intensifikasi program pembinaan/ latihan  Seleksi internal  Pembinaan calon peserta  Mengikuti seleksi tingkat Kota Padang dan Propinsi Terlaksananya kegiatan pembelajaran didasarkan pada Standar Kompetensi Lulusan. Terlaksananya seleksi PSB e. serta Standar Proses dan Standar Penilaian 13 √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ Ket . Daftar ulang calon siswa yang diterima f.

dan dokumentasi Peningkatan Iklim Kerja a. dan membuat catatan keseluruhan. klarifikasi capaian ketuntasan yang direncanakan. untuk menjadi bahan program remedial. pertimbangan kenaikan kelas atau kelulusan. Mengembangkan suasana keterbukaan.NO 15 Program Terlaksananya rencana kerja budaya dan lingkungan sekolah Uraian Kegiatan Indikator Kinerja 7 8 9 Rencana Pelaksanaan (bulan) 10 11 12 1 2 3 4 5 6 Penilaian hasil belajar Terlaksananya pelaksanaan penilaian hasil belajar untuk seluruh kelompok mata pelajaran. laporan kepada pihak yang memerlukan. kekeluargaan. kebersamaan. dan kegembiraan √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √  Membudayakan tadarus Al Qur’an pada awal pembelajaran selama ± 15 menit √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √  Membudayakan pelaksanaan Sholat Dhuhur berjamaah √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ Pembinaan IMTAQ  Menyelenggarakan semacam pesantren kilat pada bulan Ramadlan 14 √ √ Ket .

Adanya usaha penjajagan kerjasama dengan DU/DI pada tingkat lokal dan Nasional maupun International b. Meningkatkan jalinan hubungan kerjasama dengan masyarakat. Penyusunan data DU/ DI yang menyelenggarakan program diklat √ √ a.NO Program Uraian Kegiatan Pengintegrasian PLH dalam proses pembelajaran 16 Terlaksananya peran serta masyarakat dan kemitraan sekolah Pemetaan Potensi Wilayah Meningkatkan dukungan masyarakat dalam pengembangan dan peningkatan kualitas SMK Peningkatan hubungan kerjasama dengan DU/DI Indikator Kinerja Rencana Pelaksanaan (bulan) 10 11 12 1 2 3 4 7 8 9  Menyelenggarakan kegiatan peringatan hari besar keagamaan √ √ √ √ √ √ √ √ √ a. Penyediaan referensi tentang pengelolaan lingkungan √ √ √ √ √ √ a. Pengintegrasian PLH dalam pelaksanaan ekstrakurikuler √ √ √ √ √ √ √ c. Pengintegrasian PLH dalam proses pembelajaran √ √ √ √ √ √ √ √ b. komite sekolah dalam peningkatan kualitas sekolah √ √ √ √ √ √ √ √ a. Penyusunan data dunia usaha dan dunia industri yang relevan √ √ b. orang tua/ wali. Peningkatan konsolidasi dengan pengurus Komite Sekolah √ √ √ √ √ b. Adanya jalinan hubungan dgn DU/DI melalui MOU 15 5 6 √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ Ket .

Adanya guru pembimbing/ instruktor di industri √ √ √ f. Adanya upaya terpenuhinya tempat prakerin siswa d. Adanya usaha penjajagan pemasaran lulusan 17 Terlaksananya Pengembangan sistem informasi managemen Pengadaan prasarana dan sarana pendukung 18 Pengembangan Perangkat Penilaian Penyusunan program kerja penilaian Sosialisasi program kerja penilaian √ √ √ √ √ √  Terlaksananya pengembangan Paket Aplikasi Sekolah √ √ √ √ √ √ √ √  Adanya pengembangan sistem evaluasi pembelajaran  Tersedianya format-format penilaian pembelajaran  Tersedianya perangkat evaluasi pembelajaran  Adanya penggandaan program kerja penilaian 16 √ √ √ √ √ √ √ √ √ √  Terlaksananya pengembangan kompetensi personal melalui kegiatan pelatihan  Terlaksananya Pengadaan prasarana dan sarana pendukung pengelolaan sistem informasi managemen (majalah dan software) 6 √ √ e.NO Program Uraian Kegiatan Indikator Kinerja 7 8 9 Rencana Pelaksanaan (bulan) 10 11 12 1 2 3 4 c. Adanya usaha penjajagan kerjasama magang siswa dan guru dengan DU/DI Pengembangan Paket Aplikasi √ 5 √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ Ket .

NO Program Uraian Kegiatan Indikator Kinerja  Terlaksananya sosialisasi program kerja penilaian ke seluruh Guru Uji Kompetensian Akhir Semester (UAS)tertengah semester gasal Ujian Nasional (UN) Ujian Akhir Sekolah 7 8 9 Rencana Pelaksanaan (bulan) 10 11 12 1 2 3 4 √ √ √ 5 √ 6 √  Adanya tim pokja uji kompetensi beserta uraian tugasnya √ √  Tersedianya perangkat kegiatan uji kompetensi √ √  Terlaksananya uji kompetensi yang diselenggarakan bersama DU/ DI yang relevan √ √  Adanya tim pokja Ujian Nasional beserta uraian tugasnya √ √ √ √  Tersedianya perangkat kegiatan Ujian Nasional √ √ √ √  Terlaksananya kegiatan Ujian Nasional secara baik dan tertib mengacu pada peraturan perundangan yang berlaku √ √ √ √ √ √ √ √ √ √  Adanya tim pokja Ujian Akhir Sekolah beserta uraian tugasnya  Tersedianya perangkat kegiatan Ujian Akhir Sekolah 17 Ket .

NO Program Uraian Kegiatan Indikator Kinerja 7 8 9 Rencana Pelaksanaan (bulan) 10 11 12 1 2 3 4 5 6 √ √ √ √ √ √  Terlaksananya kegiatan Ujian Akhir Sekolah secara baik dan tertib mengacu pada peraturan perundangan yang berlaku 19 Peningkatan Hasil Penilaian Ujian Prakerin  Sekolah melakukan pengujian pelaksanaan praktek kerja industry (prakerin) secara baik dan akuntabel Pembelajaran remedial dan pengayaan  Terlaksananya pembelajaran remedial dan pengayaan secara terprogram pada seluruh mata pelajaran Sosialisasi Pedoman Teknis Ujian nasional  Terlaksananya sosialisasi Pedoman Teknis Ujian nasional secara baik kepada seluruh warga sekolah dan orang tua/ wali siswa kelas 3 Pemetaan Standar Kompetensi Lulusan  Terlaksananya Pemetaan Standar Kompetensi Lulusan dari tiap kompetensi keahlian Perangkat Ujian Nasional dan sekolah  Terwujudnya Perangkat Ujian Nasional dan ujian sekolah secara lengkap 18 √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ Ket .

dan Dasi) Menggunakan pakaian seragam yang sesuai selama berada di lingkungan sekolah 3. C. Halaman. Pasal Seragam 1. Minimum jumlah kehadiran per bulan adalah 90 % 2. Pasal Kerapihan dan ketertiban 1. Kuku tangan harus bersih dari pewarna dan rapi. Rambut harus bersih dari pewarna. kecuali anting untuk siswi 19 . Seluruh siswa – siswi wajib mentaati peraturan yang berlaku. 2. dan Sepatu Safty). Sekolah (Kelas. Kecuali keadaan darurat dan mendapat izin dari guru mata pelajaran.5 cm 2. (tidak ketat. Rambut harus di potong rapih. celana tidak pinsil. Helm.D. panjang maximum 1. 4. Ikat Pinggang warna hitam 2. Jika ditambah dengan Izin dan Sakit Maksimum 5x. tidak untuk siswa. 3. dll) Pakaian Seragam siswa wajib di masukkan kedalam celana ( tidak keluar) Bagi Siswi dilarang mengendurkan/melepas jilbab di tempat terbuka pada lingkungan 5. Tidak menginjak bagian belakang sepatu. 4. Pasal Absensi 1. (misal : telp penting dari orang tua). Koridor Sekolah. Tidak ada toleransi atas keterlambatan masuk jam pelajaran. tali sepatu hitam. 3. Dilarang memakai perhiasan atau membawa barang berharga ke lingkungan sekolah. kaus kaki putih pada hari senin – kamis dan sepatu bebas warna hitam untuk hari jum’at dan sabtu 6. Seluruh anggota badan Bebas dari tato (Permanent atau Temporary) 5. Sekolah tidak bertanggung jawab atas hilangnya barang tersebut. Pasal Umum 1. Handphone hanya digunakan pada waktu istirahat. B. rok diatas mata kaki. Bebas dari tindikan. E. Aksesoris wanita hanya di izinkan untuk siswi. Maksimum terlambat atau masuk sekolah tanpa keterangan adalah 3x pada setiap semesternya. Tata tertib siswa program keahlian A. dengan kepala standar. 3. Menggunakan seragam sekolah lengkap (Attribut Sekolah. Sarung tangan. D. dll) Menggunakan sepatu model warrior warna hitam. Pasal Aksesoris 1. Untuk mata pelajaran produktif Siswa/siswi diwajibkan menggunakan seragam praktik dan menggunakan perlengkapan yang sesuai standart SOP (Baju. 7.

Pasal tambahan 1. puskesmas. Hanya boleh ada max 1 orang yang izin keluar kelas pada saat jam pelajaran berlangsung. Pasal obat-obatan dan zat psikotropika 1. Dan pada saat keluar kelas harus menggunakan tanda izin keluar kelas. Dilarang keras untuk tidak merokok dan membawa rokok selama berada di lingkungan sekolah dan selama masih menggunakan seragam sekolah diluar sekolah. Tindakan penanganan siswa 20 . Tidak mengkonsumsi zat adiktif / narkoba selama menjadi siswa SMK Negeri 1 Sungai Lilin. Keterangan sakit harus resmi dari instansi yang berwenang (rumah sakit. perampokan. Pasal Perizinan 1. Siswi wajib membawa peralatan sholat. Tidak terlibat menjadi anggota sindikat kejahatan apapun (pencurian. 7. klinik. H. Khusus pelanggaran pada seluruh pasal kriminal ini langsung di tangani pada butir 4 tindakan penanganan siswa dan bila memungkinkan akan berlanjut oleh pihak kepolisian. Pasal kriminal 1. di luar lingkungan sekolah.6. dll). Keterangan sakit tanpa surat resmi dari instansi yang berwenang. 5. 3. 2. G. dll) Tidak terlibat menjadi anggota geng motor. I. Tidak membawa senjata tajam. Siswa wajib melaksanakan sholat duhur berjamaah di sekolah. Siswa wajib membawa peci warna hitam setiap hari Jum’at. Jika ketahuan atau tertangkap tangan siswa bersedia untuk diproses sebagaimana mestinya. dll) F. 3. Tidak terlibat dalam perkelahian ataupun tawuran. VCD. 2. Khusus kasus ini langsung ditangani oleh pihak berwajib dan butir 5 tindak lanjut pelanggaran. 4. Siswa dianjurkan untuk membawa bekal makanan. Tidak membawa barang-barang yang tidak diperlukan untuk kegiatan sekolah (CD. 3. senjata api dan senjata berbahaya ke dalam lingkungan sekolah dan selama masih menggunakan seragam sekolah. Komik. 2. Peraturan ini akan selalu update secara periodik dan pemberlakuan langsung. harus menyertakan surat resmi dari orang tua dan dibawa pada saat masuk sekolah serta surat harus dapat di pertanggung jawabkan. Orang tua dapat menghubungi wali kelas atau sekolah pada saat siswa tidak masuk sekolah. baik di lingkungan sekolah maupun 2.

tata tertib sekolah. dan tata tertib program keahlian untuk membentuk kedisiplinan diri 8. Bersungguh-sungguh dalam menuntut Ilmu 5. Dalam realisasi pelaksanaannya membutuhkan kerja sama personal tim dalam urusan kurikulum dan seluruh warga di SMK Negeri 1 Sungai Lilin sesuai dengan tupoksi masing-masing maka akan mendukung kelancaran proses KBM dan tercapainya Visi. Mengembalikan siswa kepada orang tua. Kode Etik program Keahlian Kami siswa SMK Negeri 1 Sungai Lilin Berjanji: 1. Senantiasa akan menjalankan peraturan akademik. 5. Menjunjung tinggi nama baik Program Keahlian masing-masing 7. Pemanggilan Orang tua sebanyak 2x dan Perjanjian perbaikan sikap. Bekerja keras. pelaksanaan dan evaluasi di Kompetensi Keahlian. Teguran keras terhadap siswa yang bersangkutan. Misi dan Tujuan Sekolah. Senantiasa akan mengembangkan diri di bidang Teknologi dan Informasi Komunikasi dalam rangka membentuk calon tenaga madya di bidang masing-masing 9. 4. E. Tindakan fisik terhadap siswa yang bersangkutan. Teguran langsung terhadap siswa yang bersangkutan. Mengamalkan Pancasila dan UUD 1945 di kehidupan sehari-hari 3. 3.1. Berjuang Menegakkan ajaran Islam 2. Siap menjadi kader Sekolah dan bangsa BAB III PENUTUP Program Kerja Ketua Kompetensi Keahlian SMK Negeri 1 Sungai Lilin yang telah tersusun ini akan dapat menjadi acuan dalam perencanaan. 21 . Hormat Terhadap Orang Tua dan Guru 4. 2. mandiri dan berprestasi 6.

perencanaan. 22 . pelaksanaan dan evaluasi pogram kerja ini diucapkan banyak terima kasih dan semoga Allah SWT selalu membimbing dan meridhoi usaha serta ibadah kita. amin. atas kerja sama semua pihak dalam penyusunan.Akhirnya.