You are on page 1of 25

ZOOPLANKTON

COPEPODA, CLADOCERA, OSTRACODA
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Planktonologi
Disusun Oleh :
Kelompok 2
Teguh Firmansyah

230110140001

Melinda Fauziah

230110140003

Fikri Khairi N

230110140008

Melinda Iriani

230110140024

Arief Hidayatullah

230110140041

M. Julian Alfath

230110140051

Freddy Aditya D

230110140046

Sukma Wdyawati

230110140067

Perikanan A

UNIVERSITAS PADJADJARAN
FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN
PROGRAM STUDI PERIKANAN
JATINANGOR
2015

DAFTAR ISI
DAFTAR ISI ............................................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN...................................................................................................
1.1 Latar Belakang .......................................................................................
1.2 Tujuan ....................................................................................................
1.3 Manfaat...................................................................................................
BAB II
PEMBAHASAN ....................................................................................................
2.1 Sistematika Copepoda, Cladocera, Ostracoda .......................................................
2.1.1 Sistematika Copepoda ............................................................................
2.1.2 Sistematika Cladocera ............................................................................
2.1.3 Sistematika Ostracoda............................................................................
2.2 Morfologi Copepoda, Cladocera, Ostracod...........................................................
2.2.1 Morfologi Copepoda .............................................................................
2.2.2Morfologi Cladocera ..............................................................................
2.2.3 Morfologi Ostracoda..............................................................................
2.3 Sistem Reproduksi ................................................................................................
2.3.1 Reproduksi Copepoda ...........................................................................
2.3.2 Reproduksi Cladocera ...........................................................................
2.3.3 Reprodukasi Ostracoda..........................................................................
2.4 Peranan Copepoda, Cladocera, Ostracoda ............................................................
2.4.1 Peranan Copepoda .................................................................................
2.4.2 Peranan Cladocera .................................................................................
2.4. 3 Peranan Ostracoda.................................................................................

... DAFTAR PUSTAKA ........................BAB III KESIMPULAN ............................................................................................................................ ........................................

dan fitoplankton (plankton nabati). Plankton yang digolongkan sebagai zooplankton adalah plankton yang tidak mempunyai klorofil. Ostarcoda mengandung gizi yang tinggi sehingga sering digunakan sebagai pakan alami. Nantinya. Pada paper ini akan dibahas secara mendalam mengenai zooplankton yaitu Opepoda.Untuk mendapat makanan zooplankton harus mengkonsumsi fitoplankton(sebagai produsen primer). dimana muara tersebut memiliki sifat sebagai pencampuran air tawar dan air darat asin dari air laut. Air payau memiliki salinitas 0.BAB I PENDAHULUAN 1. sehingga ia tidak bisa membuat makanannya sendiri. zooplankton akan dikonsumsi oleh organisme yang lebih besar seperti larva ikan. Terdapat dua kelompok plankton yaituzooplankton (plankton hewani).1 Latar Belakang. Zooplankton dalam subkelas copepoda didalam perairan lebih dimanfaatkan dalam bidang budidaya dan sebagai rantai makanan di perairan laut. Plankton merupakan jasad renik yang melayang-layang di dalam airdan tidak terikat oleh pantai dan dasar. Sehingga tetntu ekosistem air payau. Namun tetap saja plankton lah yang menjadi produsen utama perairan. Karena Copepoda. Laut merupakan cadangan air terbanyak karena merupakan tempat penangpungan air dari air darat. Antara lautan dan air yang mengalir dari daratan dihubungkan oleh suatu muara. sehingga zooplankton berperan sebagai primary consumer di perairan.5 ppt) berbeda. 1.5-30 ppt (Part PreTThausand).2 Tujuan . Cladocera. Cladocera. Dengan mencampurkan kedua. Luas lautan yang mencapai sekitar 70% dari luas permukaan bumi. air laut dan air tawar (salinitas 0-0. Ostracoda dengan baik dari segi morfologi maupun reproduksi. disebutlah air daerah muara tersebut sebagai air payau. Sementara air laut memilii salinitas > 30 ppt.

2.3 1.4 Ostracoda Dapat mengetahui jenis-jenis ordo dari kedua subkelas tersebut. BAB II .2. Cladocera.2 1.2.3 Manfaat Diharapkan mahasiswa dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dalam hal yang berkaitan dengan budidaya dan dapat menunjang praktikum mata kuliah planktonologi. dan 1.1.1 Mampu mengidentifikasi jenis-jenis subkelas Copepoda.2. Dapat mengetahui morfologi dan reproduksi dari kedua filum yang dibahas Untuk memenuhi nilai tugas planktonologi 1.

asam amino esensial yang dapat mempercepat pertumbuhan. Copepoda tersebut kelompok harpacticoid dan calanoid. Ada beberapa spesies yang dapat hidup di habitat danau dan tempat-tempat basah lainnya. Banyak pula jenis yang menangap organisme lebih besar disamping sebagai filter feeder.1. 2002). dan merupakan mata rantai yang sangat penting dalam rantai makanan dan ekonomi laut rantai (wickstead 1976 ).oleh karena itu copepod yaitu berdayung kaki. Contoh genus dari arthropoda antara lain (wickstead 1976). bahkan beberapa spesies merupakan predator.PEMBAHASAN 2.. karena kandungan dha-nya yang tinggi. Copepoda merupakan organisme laut yang sangat beragam dan melimpah. microsetella (hutabarat dan evans. Copepoda kaya akan protein. Copepoda juga mempunyai kandungan lemak polar yang lebih tinggi dibandingkan dengan artemia sehingga dapat menghasilkan pigmentasi yang lebih baik bagilarva ikan (mcevoy dkk. kolam dan genangan air. pseudocalanus. dapat menyokong perkembangan mata dan meningkatkan derajat kelulus hidupan larva. Cladocera.1 Sistematika Copepoda. Beberapa jenis copepoda telah dikembangkan untuk dibudidayakan khususnya di manca negara. oithona. lemak. Kebanyakan harpacticoida benti memakan bakteri dan detritus. lumut lembab. 1986). acartia. Cadangan makanan dalam bentuk butir-butir minyak merupakan penyebab utama merah cerah pada beberapa spesies diatomus. Contohgenus dari arthropoda antara lain paracalanus. meningkatkan daya tahan tubuh serta mencerahkan warna p ada udang danikan.1 Sistematika Copepoda Copepoda kope (yunani) untuk "dayung" podos adalah "kaki" . Copepoda planktonik umumnya bersifat filter feeder dan memakan fitoplankton.calanus. seperti rawa-rawa. Calanoida merupakan copepoda yang jimlahnya paling banyak di linkungan pelagis baik lautan maupun air tawar (Bradford-grieve. Keunggulan copepoda juga telah diakui oleh beberapa peneliti lain. yang menggunakan pada sepasang kaki. Beberapa genera cyclopoidea sepeti beberapa spesies cyclops juga predator. euchaeta. Ostracoda 2. 1998 dalam umar. 2002) . mata air.

benthos dan parasit. maxila pertama dan maxila kedua. 2002). gelyelloida (spesies parasit). sepasang antena kedua.67 ppt (Levinton. pada ruas thorax terakhir terdapat sepasang kaki renang yang mengecil. misophrioida (spesies parasit). 1996) menurut Anindiastuti dkk (2002). Copepoda hidup bebas. Endoparasit ada yang tidak memiliki mulut. Copepoda bentuknya silindris. kami membahas dua ordo yang hidup di laut. mandibel. Copepoda yang hidup sebagai parasit lebih dari 1000 spesies. Pada ruas thorax yang menyatu dengan kepala terdapat sepasang maksiliped dan masing-masing dari empat atau lima ruas thorax berikutnya terdapat sepasang kaki renang yang biramus. 1982 dalam Umar. yaitu ordo calanoida dan cyclopodia. monstrilloida (monstrilla sp). Dari 10 ordo copepoda. namun banyak juga sebagai komensial atau endoparasit dalam tubuh poolychaeta. Sementara itu copepoda di perairan umum dapat hidup pada salinitas antara 26. usus lely laut. Pada kepala terdapat sepasang antena pertama yang uniramus panjang dan tampak jelas.Copepoda membentuk subclass dan memiliki subphylum . siphono stomatoida (spesies parasit). Copepoda mempunyai sebuah mata nataplius median (di tengah) yangterdiri atas 3 buah ocelli yaitu 2 lateral dan sebuah median (hegner. pendek. dan poecilostomatoida (spesies parasit). dan makanan diabsorbsi langsung dari inang. namun pada salinitas10 ppt tidak didapatkan copepoda yang bertelur. bahkan pada crustacea lain. Hasil penelitian lain menyataka n bahwacopepoda dapat dikultur di air laut dengan salinitas 25-30 ppt (Lavens dan Sorgeloos. salinitas yang optimum untuk perkembangan copepoda laut belum diketahui secara pasti. untuk mengkultur copepoda pada skala laboratoriumsebaiknya menggunakan air laut yang steril bersalinitas 25 ppt. kepala agak membulat mempunyai 7 ruas thorax. 1968). copepoda laut jenis tigriopus brevicornis. Dengan demikian. Menurut Sutomo (2003). Kebanyakan sebagai ektoparasit. cyclopoida (cyclops sp). Copepods dibagi menjadi sepuluh ordo. harpacticoida (hapacticus).50 dan 35. calanoida (finmarchicus). dapat hidup padakisaran salinitas yang cukup luas yakni mulai dari 10 sampai 40 ppt.3-5 ruas abdomen. marmonilloida (spesies parasit). saluran pencernaan tunika dan kerang. . platycopioida ( spesies parasit).

Antena geniculate pada lakilaki. Distribusi Di seluruh dunia. tubuh biasanya ramping. biasanya melebihi semua taksa Penghuni lainnya di zooplankton laut terutama sedimen. Antennules panjang. beberapa spesies planktonik sementara . leg kelima adalah unira mous. Kelima biramous kaki. Di seluruh Hewan dalam kelompok ini dunia. Memiliki rah ang untuk menggigit damengunya h. Tagmosis Gymnoplean (batas antarakelima pedigerous somite dan somite genital). ari medium length. Thorax lebih lebih lebar dari pada perut Antikulasi antara segmen torax 5 dan 6. Me skipun.Calanoida Ciri-ciri Cyclopodia Memiliki 43 keluarga dan sekitar 2000 Memiliki spesies (laut dan air tawar) Antennules d Panjang.

Pengumpan suspensi. melesat ke atas dilakukan oleh Embrio thoracopods. . makan Beberapa saat terus menerus diciptakan spesies para oleh kepala pelengkap. dilakukan Banyak spesies telah diamati sebagai untuk menjalani migrasi pasangan vertikal pola makan. melekat Dapat menanggapi bahaya sedimen cepat dengan melompat butir. predator. Panjang. Telur juga dapat disimpan secara eksternal. makan di atau lapisan permukaan pada kantung malam hari dan migrasi lebih tunggal siang hari.dan hanya beberapa yang benarbenar holopnktonic Ekologi Drift di kolom air sering Terutama menggantung bergerak. Larva metamorf pembangunan . Penggerak dengan perlahan- Terutama lahan tenggelam atau berenang memakan d dengan lancar di lingkaran etritus dan atau spiral dengan cepat protista bergetar antena kedua. melekat so Sebagian besar herbivora. Embrio dilakukan dalam satu atau dipasangkan kantung. mite perut. sit.

dan bagian dari urosome ( ekor ). warna merah dapat prominant pada antena . . Kasifikasi calanus. Habitat di laut utara dan laut norwegia dan di seluruh perairan dingin atlantik utara.08-0. Ordo calanoida Calanoida adalah ordo copepoda yang memiliki 43 famili dengan sekitar 1200 spesies yang hidup bebas baik copepoda laut maupun air tawar. Calanoida mempunyai jantung semacam kantung. Contoh: calanus glacialis. Makanan suspension " filter" pengumpan pada fitoplankton dan protista lipid besar penyimpanan akumulasi untuk musim dingin.16). pelagis. paracalanus parvus. 1955) Calanus glacialis dianggap menjadi copepoda besar.tubuh biasanya ramping. yang biasanya 2-4 milimeter (0. Lipid kantung prominant . Warna karakteristik tubuh hampir sepenuhnya transparan .dan juga copepoda calanoid penting dalam rantai makanan. dan upto 40 % dari volume tubuh urosome ( ekor ) panjang khas ( ~ 25 % dari prosome ). 1. Antena sama dengan atau lebih lama dari panjang total bagian mulut dan antena typcial dari filter feede . herbivora. bagian mulut . terutama di lepas pantai kanada dan di teluk maine. Kingdom : Animalia Phylum : Arthropoda Kelas : Maxillopoda Subkelas : Copepoda Ordo : Calanoida Family : Calanidae Genus : Calanus Spesies : Calanus glacialis (Jaschnov. Calanoida bedasarkan bentuk dan anatomi.

6-1. 1863) Dapat ditemukan di zona tropis dan subtropis dari semua lautan.terutama pesisir- neritik. cyclops sp.Klasifikasi paracalanus. epipelagic. jantan 0. sedangkan antenna pertamanya pendek lebih pendek dari tubuhnya.3mm.8-1. Klasifikasi oithona. benthos.Spesies di air laut contohnya adalah oithona sp . prosome perempuan dengan 4 segmen dan urosome dengan 4 segmen. Kingdom : Animalia Phylum : Arthropoda Kelas : Maxillopoda Subkelas : Copepoda Ordo : Calanoida Family : Paracalanidae Genus : Paracalanus Spesies : Paracalanus indicus (Claus.ukuran betina 0. mampu menoleransi berbagai konsentrasi air garam. Ordo cyclopoida Hidup bebas sabagai plankton. Phylum : Arthropoda Kelas : Crustacea Sub Kelas : Copepoda Ordo : Cyclopoida Family : Oithonidae Genus : Oithona . Sendi terdapat antara ruas dada kelima dan keenam . antenna pertama dan kedua uniramus. Karateristik tubuhnya memiliki sepasang antena 1 dan memiliki panjang lebih dari prosome tersebut. Artikulasi antara ruas dengan kaki empat dan kelima tampak jelas. 2.4 mm makananya fitoplankton. dan menjadi predator ikan dan lain-lain.

Saat ini oithona termasuk jenis copepoda yang digunakan sebagai pakan.Spesies : Oithona sp. Pada bagian ini terletak bagian-bagian penting tubuhseperti antenna. individu Individu oithona menjadi dewasa setelah melalui 6 tahapan nauplii dan 5 tahapan co[pepodit. Bagian metamosa merupakan bagan anterior yang terdiri dari kepala. Klasifikasi cyclops Kelas : Crustaceasub Kelas : Copepoda Ordo : Cyclopoida Family : Cyclopidae Genus : Cyclops Spesies : Cyclops sp. Merupakan copepoda yang mendiami hampir di seluruh perairan indonesia. antenna kedua dan mandibula. Perumbuhan dan perkembangan oithona dari telur sampai dewasa memerlukan waktu sampai 7 sampai 14 hari. bagian mulut dan kaki renang. segmen abdomenial dn cabang ekor. walaupun kebaeradaanya sering digantikan oleh pakan impor yang harganya cukup mahal karena kegiatan kultur massalnya sehingga gagal yang dilakukan . . Tubuh oithona tersusun atas dua bagian besar yaitu metamosa dan urosoma. Bagian urosoma merupakan bagian posterior tubuh yang terdiri dari segmen genital. Ciri-ciri hidup secara kosmopolitan (dapat hidup disemua perairan laut. dapat bertahan hidup dalam kondisi yang tidak cocok dengan membentuk penutup lendir dan memiliki 5 pasang kaki. Larva oithona yang baru menetas disebut nauplii yang berukuran sangat kecil dan memiliki tiga anggota badan yaitu antenna pertama. dada dan anggota badan. Habitatnya di perairan tawar dan laut. maupun payau). tawar. karenanya oithona sangat mudah di budidaya dan di koleksi.

Klasifikasi Daphnia sp. oval. Yang paling umum dikenal adalah genus Daphnia (air tawar air fleas). Kelompok Cladocera adalah bagian dari kelas arthropod air besar. artinya kaki yang juga berfungsi seperti insang jumlahnya sedikit. yang crustacea. Mereka membentuk grup monophyletic. memanjang atau persegi. dan sekitar 400 spesies. 80 genera. Sebenarnya karapas tersebut bukan 2 keping tetapi hanya 1 helai yang melipat dan terbuka dibagian ventral bervariasi dari bundar. Sub-ordo: Anomopoda. hanya 5 sampai 6 pasang. yang merupakan sebagian besar penelitian di grup ini. Family: a) Daphniidae b) Moinidae . yang saat ini dibagi dalam empat suborders. ruas-ruas tubuh tidak jelas. Permukaan cangkang berukir seperti garis-garis.2. Kebanyakan Cladocera berukuran 0.2 Sistematika Cladocera Cladocera merupakan zooplankton yang berasal dari nenek moyang Euphyllopoda yang berubah menjadi neotenic.2 sampai 3 mm. Cladocera atau cladocerans kecil biasa disebut air fleas. biasanya thorax dan abdomen tertutup karapas yang tampak seperti 2 keping. Daphnia umumnya digunakan untuk menguji bahan kimia racun dalam solusi atau pencemaran air. Phylum : Arthropoda Class : Branchiopoda Order : Cladocera Family : Daphniidae Genus : Daphnia Spesies : Daphnia sp. (Laterille. 11 keluarga. 1828) Cladocera ini terdiri dari 4 sub-ordo: 1.cladocera merupakan subsumed dalam grup yang disebut Phyllopoda. kotak-kotak atau bentuk lain.1.

misalnya Cyprinida. Ostracoda hidup di air tawar maupun air laut. Kelompok Ostracoda yang sudah dikenal kurang lebih 200 jenis. berukuran umumnya kurang dari 1mm . Sub-ordo: Onychopoda. . scavenger dengan memakan bangkai dan detritus. Sub-ordo: Haplopoda. subfilum Crustacea. Ostracoda berperan dalam keseimbangan ekosistem sebagai: herbivora dengan memakan ganggang. tapi kisarannya mulai dari 0. Hewan ini umumnya berukuran sekitar 1 mm.2 – 30 mm. Ostracoda hidup sebagai zooplankton. hewan ini hidup di laut sebagai zooplankton. Family: a) Polyphemidae b) Cercopagidae c) Podonidae 4. tetapi sebagian besar hidup sebagai bentos yang melekat di dasar perairan. Sub-ordo: Ctenopoda. karnivora dengan memakan Crustaceakecil dan Annelida.c) Bosminidae d) Macrothricidae e) Chydoridae 2. meskipun ada juga yang hampir 2cm.1. Alat geraknya berupa antena.3 Sistematika Ostracoda Ostracoda adalah kelas dari anggota hewan tak bertulang belakang yang termasuk dalam filum Arthropoda. Bergerak dengan dua pasang antenna . Family: a) Leptodoridae 2. Family: a) Sididae b) Holopedidae 3.

mandibel. Siklus hidup copepoda jantan pada umumnya lebih kecil dibandingkan copepoda betina. Podocopa. Telur-telur umumnya lebih dekat ke bagian kantung telur. dan meletakan spermatofora pada bukaan seminal.2 Morfologi Copepoda. larva akan menjadi copepodit. Setelah copepodit kelima. 1968). Copepoda yang bersifat planktonik pada umumnya suspension feeders (lavens dan sorgeloos. Ostracoda 2. Pada kepala terdapat sepasang antena pertama yang uniramus panjang dan tampak jelas. Telur-telur ditetaskan sebagai nauplii dan setelah melewati 5-6 fase nauplii (molting). Platycopa. organ jantan berhubunga dengan betina dengan adanya peranan antemma. maxila pertama dan maxila kedua. Klasifikasi Cyprinida Filum : Arthropoda Kelas : Crustasea SubKelas : Ostracoda Famili : Cyprinidae Genus : Cyprinida Spesies : Ciprys sp.Ostracoda merupakan subkelas dari Arthropoda. 1996). yang diletakan oleh lem semen khusus.3-5 ruas abdomen. pada ruas thorax berikutnya terdapat sepasang kaki renang yang mengecil.2. Perkembangan ini membutuhkan waktu tidak . kepala agak membulat mempunyai 7 ruas thorax. yaitu Myocopoda. Copepoda mempunyai sebuah mata nataplius median (di tengah) yangterdiri atas 3 buah ocelli yaitu 2 lateral dan sebuah median (hegner. Subkelas Ostracoda ini memiliki 5 ordo. Copepoda bentuknya silindris. Cladocera. akan molting lagi menjadi lebih dewasa. pendek.1 Morfologi Copepoda Zooplankton yang memiliki panjang 1 mm hanyalah coppepoda. Copepoda dewasa berukuran antara 1 dan 5 mm. Cladocopa. sepasang antena kedua. Palaeocopida. Pada ruas thorax yang menyatu dengankepala terdapat sepasang maksiliped dan masing-masing terdapat sepasang kaki renang yang birambus. Selama melakukan reproduksi atau kopulasi. 2.

kurang dari satu minggu hingga satu tahun. Ciri khusus copepoda antara lain :     Copepoda jantan umumnya lebih kecil dibandingkan copepoda betina. Tubuh bersegmen. 2.2 Morfologi Cladocera . Ada yang bersifat filter feeder dan predator. dan kehidupan copepoda berlangsung selama enam bulan sampai satu tahun (lavens dan sorgeloos. memiliki ekor yang membulat. memiliki antenna. Anatomi copepoda :      Tubuhnya berbuku-buku. 1996). Ciri umum copepoda antara lain :    Planktonik. Hidup pada suhu 17-300c dan ph 8.dan laut. Memiliki tubuh yang pendek dan silinder. Kebanyakan kelompok meroplankton Warna umum berwarna keabu-abuan dan kecoklatan. memiliki cephalosome: perisai atas kepala dan beberapa segmen yang terhubungkan. Memiliki cadangan telur di bawah abdomennya. Tergolong sebagai udang renik yang biasanya ada yang menyerang tubuh       ikan bagian insang dan luar. benthic. Reproduksi menggunakan antena untuk menempel pada betina. Hidup pada salinitas 25 sampai 35 ppt.2. ukuran sekitar 0.5 – 2 mm. payau. Hidup di air tawar. parasite.

yaitu tersendat-sendat(intermittently). Pada setiap ramus terdapat setae berbulu. Bentuk abdomen tidak jelas. Mata majemuk hanya ada pada ordo myodocopido. . 2. Semua kaki Cladocera lebar dan pipih serta dilengkapi banyak rambut dan setae. Terdapat 6 atau 7 pasang apendik yang beruas – ruas yaitu antenna pertama. antenna kedua. Biasanya pasangan kaki pertama dan kedua berfungsi seperti tangan. mandible. namun di bagian posterior terdapat postabdomen yang besar dan dilengkapi 2 helai setae abnominal. keduanya berfungsi untuk menentukan arah terhadap sumber cahaya dan intensitas cahaya. Antenna pertama(antenul) kecil dan terletak dibagian ventral kepala. Antena kedua panjang berfungsi sebagai alat renang. Pada tepi kuku terdapat sederetan gerigi. mengandung setae olfaktori(penciuman). Di ujung abdomen terdapat sepasang kuku(claw).maksila kedua.3 Morfologi Ostracoda Ruas – ruas tubuh tidak tampak jelas. Antenna kedua berfungsi sebagai alat renang dan cara renang cladocera sangat khas. Postabdomen berfungsi untuk membersihkan sampah dan kotoran yang menempel pada kaki serta membantu pergerakan. masingmasing terdiri atas sebuah pangkal ruas yang kuat dan bercabang dua menjadi sebuah ramus dorsal(ramus superior) dan sebuah ramus ventral(ramus inferior). Beberapa spesies tidak dapat berenang.2. Antenna kedua besar.Bentuk tubuh Daphnia Pada kepala terdapat sebuah mata majemuk dan ada kalanya sebuah ocellus. sepasang. serta dapat digunakan untuk berpegang pada substrat. tidak mulus dan gemulai seperti Branchiopoda yang lain. tetapi merayap karena mereka telah beradaptasi untuk hidup di hamparan lumut dan sampah daun(serasa) yang basah dinaungan hutan tropis(tropical forest floor). Dibagian anterior terdapat sebuah mat nauplius. apendik thorax dan caudal furca. digunakan untuk identifikasi spesies kelompok.

Stadia nauplius sebanyak 5 atau 6 instar. ada instar copepodid atau dewasa melakukan estivasi dengan membungkus diri dengan selubung organic yang keras dan menjadi siste. maka kantung telur hancur dan keluarlah larva yang disebut nauplius. . Jenis air tawar yang lain. Perkembangan dari telur sampai dewasa memakan waktu antara satu minggu sampai satu tahun. copepod jantan memegang yang betina dengan antenna pertama atau kaki renang keempat atau kelima yang berbentuk capit.1 Reproduksi Copepoda Betina mempunyai sebuah atau sepasang ovary dan sepasang seminal receptacle. dan melekatkan spermatofora pada betina pada pembuahan seminal receptacle.3.2. Cyclops mengerami telur sampai selama 12 jam sampai 5 hari. kemudian menjadi copepodidi sebanyak 5 instar. Cladocera.3 Reproduksi Copepoda. Tiap kantung telur berisi antara 5 sampai 50 butir telur.copepod hidup bebas berumur antara 6 bulan sampai satu tahun lebih. Copepod dewasa tidak mengalami pergantian kulit. beberapa caponoid dan harpaticoid air tawar menghasilkan telur dengan cangkang tipis dan telur dorman dengan cangkang tebal. Untuk mempertahankan diri terhadap lingkungan buruk. Selain untuk mempertahankan diri terhadap lingkungan buruk. Copepod jantan yang hidup bebas biasanya mempunyai sebuah testes dan membentuk spermatofora. Telur yang telah dibuahi dierami dalam sebuah atau sepasang kantung telur. telur dorman atau siste juga merupakan sarana penyebaran keturunan. Kemudian copepod betina tersebut akan menghasilkan kantung baru dan kelompok telur baru. Ostracoda 2. dan akhirnya menjadi dewasa. Sekali kopulasi dapat digunakan untuk membuahi 7 sampai 13 kelompok telur. Pada waktu kopulasi.

3.2 Reproduksi Cladocera Mekanisme reprodusi cladocera “anomopoda” pada umumnya adalah dengan cara aseksual parthenogenesis. Cladocera dioecious “anomopoda”. tetapi umumnya antara 10 – 20 butir. Menjelang dan setelah molting (pertumbuhan ukuran panjang mengeluarkan kelompok telur baru dari ovari ke kantung pengeraman). Umur Cladocera sejak telur masuk ke kantong pengeraman. di musim dingin ada beberapa telur di musim panas berkembang menjadi jantan. Telur di erami sekitar 2 hari. Pada Cladocera terjadi 4 pristiwa yang berurutan dan berlangsung dengan cepat. dan dewasa 10 sampai 25 instar tergantung jenisnya. Selama juvenil terdapat sekitar 2 sampai 5 instar. antara beberapa menit sampai beberapa jam. ukuran tubuh menjadi hampir 2 kali lipat. juventil. dewasa sampai mati bervariasi tergantung spesies dan lingkungan. Jika kondisi tidak ideal. induk betina melepas anak – anaknya keluar sudah dalam stadia juvenil pertama. yaitu : melepaskan anak – anaknya dari kantung pengeraman. Biasanya sekelompok telur masuk ke dalam kantung pengeraman terjadi tiap usai pergantian kulit. Tidak ada stadia larva. di mana setiap kali setelah molting. Satu atau lebih individu muda dirawat dengan menempel pada tubuh induknya. sekali bertelur antara 2 – 42 butir. anak yang dihasilkan selalu betina. menetas. Panjang umur Daphnia antara 28 – 33 hari. Pertumbuhan tercepat terjadi pada stadium juvenil ini. telur dierami dalam kantung pengeraman. Dengan menggerak-gerakan postabdomen ke belakang. Di musim dingin dinding telurnya lebih tebal . 2. dalam lingkungan yang baik sepanjang tahun berkembang biak secara parhenogenesis.Umumnya dinding telur lebih tipis tanpa adanya pembuahan.Daur hidup calanus. Proses reproduksi ini akan berlanjut jika kondisi lingkungannya mendukung pertumbuhan.

Pada individu jantan terdapat organ tambahan pada bagian abdominal untuk memeluk betina dari belakang dan membuka carapace betina. kering. 1960). kekurangan makanan dan lingkungan yang keras lainnya. Seksual : a) Tergantung pada tempat mereka tinggal melalui fertilisasi b) Telur dilindungi oleh ephipium Ephipium ini biasanya lebih besar dari pada karapax dan biasanya berwarna lebih gelap karena hasil dari pigmentasi melamin . kemudian akan dilindungi lapisan lapisan yang bernama ephipium untuk mencegah dari ancaman lingkungan sampai kondisi ideal untuk menetas (mokoginta. Cara reproduksinya tergantung pada kondisi lingkungan namun kebanyakannya melakukan aseksual. Daphnia jantan lebih kecil ukurannya dibandingkan yang betina. Aseksual: a) Telur tidak dibuahi oleh jantan.dikelilingi sadel. b) Pada Chydorids hanya mereproduksi dua telur sedangkan non chydorids bentuk clutch menyebabkan peningkatan pada bentuk tubuh. bisa menahan suhu rendah. Di kondisi tidak ideal akan dihasilkannya individu jantan agar terjadi reproduksi seksual (waterman. 2003).

Copepoda tersebut termasuk kelompok harpacticoid dan calanoid. 3. atau gonopores pada perempuan .Daur hidup Dhapnia sp. telur menetes menjadi larva nauplius . sperma uncoiled bisa sampai enam kali panjang ostracoda laki-laki itu sendiri. atau melekat pada vegetasi atau subtract tersebut. dengan sejumlah besar perempuan berenang untuk bergabung dengan laki-laki. dalam beberapa kasus. Telur menetes menjadi larva nauplius yang juga mempunyai 2 keping cangkang seperti induknya. telur merenung di dalam shell.3. Cladocera. telur baik diletakan langsung ke dalam air sebagai plankton.4 Peranan Copepoda. Perairan indonesia kaya akan kehadiran berbagai jenis copepoda. memberi mereka tingkat yang lebih besar perlindungan . dan pada beberapa spesies tidak pernah terdapat jantan. Namun. Ostracoda pria memiliki dua penes . memiliki peluang besar untuk memilih jenis pakan yang . sperma individu sering besar. yang sudah memiliki cangkang keras. Kawin biasanya terjadi selama dipenuhi.3 Reproduksi Ostracoda Telur yang telah dibuahi dierami dibawah karapas atau dilekatkan pada subtrat atau tumbuhan air .1 Peranan Copepoda Peranan menguntungkan :  Beberapa jenis copepoda telah dikembangkan untuk membudidayakan khusus di manca negara. Dalam kebanyakan pstracods. 2. Ostracoda 3.dalam beberapa spesies. Benerapa spesies yang sebagian atau seluruhnya parhenogenesis. sesuai dengan dua bukaan genital. satu persatu atau berkelompok. Cypridae air tawar biasanya berkembang biak secara parthenogenesis.4. dan melingkar dalam testis sebelum kawin.

Usus leli laut. namun banyak juga endoparasit dalam tubuh polychaeta. 2002. dan  makananya langsung di absorbsi dari inang. Copepoda kaya akan protein.unggul sebagai pakan alternatif atau pengganti artemia yang sekarang ini harganya kian melambung. Sehingga mengurangi kapasitas kecepatan kapal sampai 30%. sedangkan cladocera di air tawar. 1998 dalam Umar. karena kandungan DHA-nya yang tinggi. oleh sebab itu cladocera sebagai pakan alami memiliki prospek yang baik untuk dibudidayakan. bahkan pada crustacea lain. dkk. Hewan ini juga ada mengganggu seperti teritip. Keunggulan copepoda juga telah diakui oelh beberapa peneliti lain. selain karena nilai gizinya bagus juga karena pergerakan cladocera yang lambat sehingga mudah ditangkap oleh larva ikan (Suwignyo. Copepod lebih dominan sebagai makan ikan laut.. 3. asam amino esensial yang dapat mempercepat  pertumbuhan. lemak. Endoparasit tidak memiliki mulut. Besarnya peranan krustasea bagi sumberdaya peraian karena mendominasi peairan. peningkatan daya tahan tubuh serta mencerahkan warna pada udang dan ikan. Copepoda dan rebon sebagai zooplankton laut mempunyai kedudukan sangat penting dalam rantai makanan di laut sebagai penghubung antara fitiplnkton dengan predator. 2005). dapat mengotori lunas kapal. saluran pencernaan tunica dan kerang. . Copepoda juga mempunyai kandungan lemak poar yang lebih tinggi dibandingakan dengan artemiasehinnga dapat menghasilkan pigmentasi yang lebih baik bagi larva  ikan (Mcevoe dkk.4. Peranan merugikan :  Kebanyaka sebagai ektoparasit.2 Peranan Cladocera Cladocera memegang peranan penting dalam mata rantai makanan di perairan tawar sebagai penghubung antara produsen primer (phytoplankton) dengan larva ikan dan hewan air lain yang karnivor. pelampung dan tiang di laut.. dapat menyongkong perkembangan mata dan meningkatka derajat keseluruhan hidup larva. karena selain memiliki nilai nutrisi yang tinggi  jugaena tubuh yang bervariasi sesuai tingkat perkembangan larva ikan.).

3. dan benang syaraf tidak melewati thorax. BAB III KESIMPULAN Salah satu jenis zooplankton yang hidup di bumi ini adalah kelompok Copepoda. Ordo Poecilostomaida Copepoda mengalami metamorphosis. dan sebagai pakan alami untuk ikan-ikan kecil. Cladocera merupakan zooplankton yang berasal dari nenek moyang Euphyllopoda yang berubah menjadi neotenic.Cladocera bermanfaat sebagai pakan utama ikan dan juga sebagai pemelihara kualitas air dalam kolam peternakan ikan. apendik saluran pencernaan. Memiliki panjang tubuh2-3 mm. Pengelompokkan ordo pada Copepoda didasari oleh perbedaan morfologi. Darah beredar dalam hemocoel karenaadanya gerakan otot. Ordo Calanoida memiliki antenna yang panjangnya hampir menyamai panjang tubuhnya.Copepoda hidup bebas. Hidup di air laut dan tawar.4.Dari 10 ordo Copepoda. bakteri. Kelenjar makila merupakan alatekskresi. . Makanan Copepoda adalah tumbuhan bersel satu. Susunan syaraf terpusat. Hanya calanoid yang mempunyai jantungsemacam kantung. Cladocera atau cladocerans kecil biasa disebut air fleas. benthos dan parasit. artinya kaki yang juga berfungsi seperti insang jumlahnya sedikit.78 persen.Copepod hidup bernafas dengan permukaan tubuh. dapat di budidayakan sebagai pakan ikan berkualitas tinggi karena jasad pakan ini mengandung air 90. hewan kecil dan detritus.3 Peranan Ostracoda Ostracoda peranan penting dalam mata rantai makanan di perairan tawar sebagai penghubung antara produsen primer (phytoplankton) dengan larva ikan dan hewan air lain yang karnivor. Tidak ada jantung ataupun pembuluh darah. kami membahas dua ordo yang hidup di laut. yaitu OrdoCalanoida dan Poecilostomatoida.

ac. http://www. dan sekitar 400 spesies. 2002.bagus S. Anonimus.sbg. Yang paling umum dikenal adalah genus Daphnia (air tawar air fleas).id/materi/sma/kelas-x-biologi/jenis-ciri-ciristruktur-jaringan-tubuh-crustacea. Kadek Ari W. Kelautan dan perikanan. HM. Seri budidaya laut 9 : 78-96.at. Ostracoda hidup di air tawar maupun air laut. JP. 80 genera. Aquatic Invertebrates of Alberta : Copepod. Cladocopa. yang saat ini dibagi dalam empat suborders. Potential of using Daphnia (crustacea). Ostracoda merupakan subkelas dari Arthropoda. meskipun ada juga yang hampir 2cm. Platycopa. . Anindiastuti. DAFTAR PUSTAKA Adi. Daphnia umumnya digunakan untuk menguji bahan kimia racun dalam solusi atau pencemaran air. Subkelas Ostracoda ini memiliki 5 ordo.web.2011. 2011. Dalam budidaya fitoplanktondan zooplankton.(online)http://budisma. Ostracoda berperan dalam keseimbangan ekosistem sebagai: herbivora dengan memakan ganggang. Habitat. scavenger dengan memakan bangkai dan detritus. L. Mnf. Dep. (Online) Kelas Crustacea http://www. Podocopa. Bergerak dengan dua pasang antenna . 11 keluarga. adn Thome. yang merupakan sebagian besar penelitian di grup ini.dirjen perikanan budidaya. Diakses pada 1 Mei 2015.hanya 5 sampai 6 pasang. Budidaya massal zooplankton. Copepods (Copepoda) Ciri umum. Budi. & Spriya. 2007. Aquakulture Clifford. Mereka membentuk grup monophyletic. Ciri khusus. berukuran umumnya kurang dari 1mm .Diakses pada 1 Mei 2015 Cauchie. Palaeocopida.artikelbagus. Diakses tanggal 1 Mei 2015.Jasper Versal.com. Hugh F. 2002. Hoffmann. Kelompok Cladocera adalah bagian dari kelas arthropod air besar.. Penyakit. Balai budidaya laut lampung.cladocera merupakan subsumed dalam grup yang disebut Phyllopoda. karnivora dengan memakan Crustaceakecil dan Annelida. yaitu Myocopoda.2011.. yang crustacea.

M. Hal.S. Grasindo :Jakarta .Pengarus Salinitas Dan Jenis Mikroalga (chaetoceros gracilis dan nannochloropsis oculata) terhadap perkembangan naupli dan pertumbuhan copepoda (tigriopus brevicornis) Wibisono. (2005) Pengantar Ilmu Kelautan. 1955. 155-161. Dalam: Plankton. United state of america. Sutomo.Davis. The Marine And Fresh Water Plankton. Michigan state university press.2003.