You are on page 1of 4

Sotalol

Dosis Bentuk & Kekuatan
Dewasa

Pediari
tablet

80mg
120mg


160mg
240mg

Ventrikel & supraventrikular Aritmia
Betapace atau Sorine: 80 mg PO q12hr awalnya; meningkat PRN untuk 120-160 mg q12hr (2-3 hari
antara bertahap)
IV (pengganti PO): 75 mg selama 5 jam q12hr awalnya; disesuaikan jika perlu (atas dasar
pemantauan kemanjuran klinis, Interval QTc, dan efek samping) setiap 3 hari; tidak lebih dari 150 mg
q12hr

Refraktori yang Membahayakan Hidup Aritmia ventrikel

larutan oral

Betapace atau Sorine: 80 mg PO q12hr awalnya; meningkat PRN untuk 120-160 mg q12hr (2-3 hari
antara kenaikan) ke 160-320 mg / hari dibagi q8-12hr; sampai 480-640 mg / hari mungkin diperlukan
jika manfaat lebih besar daripada peningkatan efek samping
Penurunan ginjal pada ventrikel Aritmia (Betapace, Sorine)

5mg / mL

larutan injeksi

15mg / mL

CrCl> 60 mL / menit: Berikan q12hr


CrCl 30-59 mL / menit: Beri sekali sehari
CrCl 10-29 mL / menit: Berikan q36-48hr

CrCl <10 mL / menit: individualize dosing

supraventrikule
r Takikardia
<2 tahun: Mengurangi 
dosis; melihat paket 
produsen insert untuk 
rincian
berusia ≥2 tahun: 30
mg / m² PO q8hr
awalnya; dapat dititrasi

dosis Modifikasi
Penurunan ginjal pada Atrial Fibrillation / Flutter (Betapace AF)
CrCl> 60 mL / menit: Berikan q12hr
CrCl 40-60 mL / menit: Beri sekali sehari
CrCl <40 mL / menit: Kontraindikasi

Sotalol meskipun kelas III
agen antiarrhythmic, juga
memiliki aktivitas -blocker
selektif β ampuh
blok sotalol yang cepat
luar kalium saat ini, dikenal
sebagai penyearah
tertunda. Blokade ini
memperpanjang baik
repolarization dan durasi
potensial aksi, sehingga
memperpanjang periode
refrakter efektif.
terapi jangka panjang
untuk mengurangi tingkat
kematian mendadak
menyusul infark miokard
akut. β blocker memiliki
kemampuan sederhana
untuk menekan denyut
ektopik dan untuk
mengurangi kebutuhan
oksigen miokard. Mereka
memiliki efek
antifibrillatory kuat,
khususnya di miokardium
iskemik.

hingga 180 mg / m² / hari PO Atrial Fibrilasi / Flutter Ventrikel Aritmia (Orphan) sebutan yatim untuk pengobatan aritmia ventrikel yang mengancam jiwa pada pasien pediatrik 75 mg IV selama 5 jam q12hr awalnya. 1-2 hr.4 L / kg Obat ini juga memiliki tingkat terendah dari efek merugikan jangka-panjang akut atau. meningkat PRN untuk 120-160 mg q12hr Mekanisme aksi Antiaritmia: Kelas II (beta blokade) dan kelas III (tindakan potensial perpanjangan) sifat Memiliki adrenoseptor-blocking efek dan nyata memperpanjang potensial aksi dan repolarisasi Penyerapan Bioavailabilitas: 90-100% Onset: IV.2-2. Seperti semua obat yang memperpanjang interval QT. 5-10 menit untuk VT berkelanjutan Waktu puncak plasma: 2. . disesuaikan jika perlu setiap 3 hari.5-4 jam Distribusi Protein terikat: Tidak ada Vd: 1. tidak lebih dari 150 mg IV q12hr Betapace AF: 80 mg PO q12hr.

Sotalol menekan denyut ventrikel ektopik.5 jam. juga memiliki aktivitas -blocker selektif β ampuh blok sotalol yang cepat luar kalium saat ini. Sotalol meskipun kelas III agen antiarrhythmic. 12 jam. dikenal sebagai penyearah tertunda. Efek proaritmik sotalol.Metabolisme tak satupun penyisihan Paruh: Dewasa. khususnya di miokardium iskemik. berkepanjangan pada kerusakan ginjal Ekskresi: Urin (tidak berubah) dapat memperpanjang interval QT dan menyebabkantorsades de pointes. sehingga memperpanjang periode refrakter efektif. Namun. dan digunakan untuk profilaksis pada aritmia supraventrikel paroksismal. 9. adalah suatu beta bloker nonkardioselektif dengan tambahan aktivitas antiaritmia kelas III. Mereka memiliki efek antifibrillatory kuat. sotalol dapat menginduksi torsades de pointes pada pasien yang sensitif. terutama pada anak-anak dengan sindrom ’sick sinus’ terapi jangka panjang untuk mengurangi tingkat kematian mendadak menyusul infark miokard akut. Sotalol. Sotalol lebih efektif dari lidokain dalam mengakhiri takikardi ventrikel terus-menerus spontan akibat penyakit koroner atau kardiomiopati. Blokade ini memperpanjang baik repolarization dan durasi potensial aksi. β blocker memiliki kemampuan sederhana untuk menekan denyut ektopik dan untuk mengurangi kebutuhan oksigen miokard. Obat ini juga menekan denyut ektopik ventrikel dan takikardi ventrikel yang tidak terus-menerus. anak-anak. .

sel – sel pacemaker mampu membuat impuls sendiri. sedangkan sel – sel kontraktil otot jantung meneruskan impuls yang dicetuskan oleh pacemaker. inflamasi dan pengaruh obat – obatan (termasuk obat antiaritmia) dapat menyebabkan terjadinya aritmia jantung melalui berbagai mekanisme diatas. Hambatan impuls menyebabkan takiarimia melalui mekanisme reentri. yang disebut sel pacemaker. Nodus SA mampu mencetuskan impuls lebih cepat dibandingkan sel – sel pacemaker lain. iskemia. Secara normal.Obat ini juga memiliki tingkat terendah dari efek merugikan jangka-panjang akut atau. tidak dapat keluar. Secara umum aritmia dapat terjadi akibat pengaruh persarafan simpatis – parasimpatis. dan adanya blok konduksi yang memghalangi atau memperlambat impuls. Kalium dan Calsium mempunyai peranan penting di dalamnya. Sel – sel tersebut adalah nodus SA. hipoksia. Pengaruh hormonal. atau mengalami hambatan dalam perjalannanya. bila impuls dari nodus SA tidak dapat terbentuk. atau tempat lain lebih aktif sehingga mengambil alih nodus SA. infark. sehingga mengendalikan irama jantung secara keseluruhan. Selain itu. berkas his dan serabut purkinje. Seperti semua obat yang memperpanjang interval QT. mekanisme afterdepolarization. Potensial aksi adalah perubahan potensial membran yang terjadi pada sel – sel jantung terhadap waktu. akan terjadi aritmia. yang dapat menimbulkan bardikardia maupun takikardia. Secara umum potensial aksi mempunyai 4 fase. gangguan elektrolit dan asam basa. Sistem konduksi jantung merupakan kumpulan sel – sel khusus jantung yang mampu mencetuskan impuls sendiri tanpa eksitasi dari luar. dimana diperlukan adanya blok unidireksional dan konduksi lambat melalui jalur reentri. dimana ion – ion Natrium. Secara rinci aritmia dapat akibat dari pembentukan impuls yang terganggu. nodus AV. . yang terletak dalam suatu jalur. supresi nodus SA sehingga fokus diambil alih oleh tempat lain. Potensial aksi yang terjadi pada otot jantung (sel kontraktil) berbeda dengan beberapa sel – sel khusus di jantung. yang disebut jalur konduksi jantung.