You are on page 1of 16

KARYA TULIS ILMIAH

PENGARUH SINAR MATAHARI UNTUK KESEHATAN KULIT
KARYA TULIS INI DISUSUN SEBAGAI SYARAT MENGIKUTI UJIAN
NASIONAL

Disusun Oleh :
KHOTIJAH
KELAS XI IPA

MA DARUL MUJAHADAH
PRUPUK MARGASARI TEGAL
2015/2016

KARYA TULIS ILMIAH PENGARUH SINAR MATAHARI UNTUK KESEHATAN KULIT KARYA TULIS INI DISUSUN SEBAGAI SYARAT MENGIKUTI UJIAN NASIONAL Disusun Oleh : KHOTIJAH KELAS XI IPA MA DARUL MUJAHADAH PRUPUK MARGASARI TEGAL 2015/2016 .

SS .PENGESAHAN Karya Tulis Berjudul “Pengaruh Sinar matahari Untuk Kesehatan Kulit” selesai disusun dan disahkan pada : Hari : Tanggal : Tempat : Yang Mengesahkan Guru Pembimbing Kepala MA Rodiyah S.Pd Ismail Marzuki.

Pd selaku guru pembimbing. Junainah Masa S.PdBio selaku Wali Kelas XI IPA 4. Drs. Oleh karena itu Penulis memohon kritik dan saran untuk perbaikan karya tulis ini. Margasari. Juli 2016 Penulis . Penulis mengucapkan terima kasih atas kritik dan saran yang masuk. Penilis yakin bahwa karya tulis ini jauh dari sempurna. Dan pihak yang tidak bisa disebut satu persatu. 2. KH. Ismail Marzuki SS selaku kepala MA Darul Mujahadah.KATA PENGANTAR Penulis mengucapkan puji syukur kehadirat Alloh SWT Karena berkat rahmat dan hidayah-Nya maka penulis mampu menyelesaikan karya Tulis berjudul “Pengaruh Sinar Matahari Untuk Kesehatan Kulit”. Rodiyah S. Assrori Muhtarom selaku pimpinan Pondok Pesantren Darul Mujahadah. 3. Tidak lupa Penulis menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu menyelasaikan karya tulis ini. terutama kepada : 1.

............................................................................................................................. 7 C.......................................................................................... Metode Penelitian .................................................................................................................................................................................................................................... iv BAB I Pendahuluan...............DAFTAR ISI Pengesahan........................................................................ 8 BAB IV Penutup..................... Tujuan ..... 3 A............................. iii Daftar Isi........................................................................................................ 1 D.......... Manfaat ...................................................................... Identifikasi Masalah ................................... Kerangaka Teori .................................................................................................................................................................................................................... Batasan Masalah ........................................................................................................................................ 2 BAB II Metodologi Penelitian..................................................... 2 F............................ ii Kata pengantar............ 1 A.............................................................................................................................................................................................. Rumusan Masalah ........ Jadwal Penelitian ....................... 1 C....................................................................................... 2 E.................................................................. 7 BAB III Pembahasan........................................................................................................................................................... 1 B............................................. 9 ..................... Latar Belakang Masalah .......................................... 3 B...........................................................

.......................................................... Saran ............................................................................................................................................................A....................... 9 Daftar Pustaka.................. 10 ........................................... 9 B................................................ Simpulan ...............................

Sinar matahari yang seperti apa yang baik ? 3. Pukul berapa sinar matahari yang berbahaya ? C. permaslah itu tentang manfaat sinar matahari bagi kesehatan kulit dan dampak negatif sinar matahari bagi kesehatan kulit. Tujuan Penulis ini ditulis dengan tujuan : a. Rumusan Masalah Penulis akan berusaha agar penelitian ini berjalan secara objektif dan focus. Penyakit yang ditimbulkan dari sinar matahari ? 5. B. Juga masih kalah jauh dalam hal ukuran maupun energi dibandingkan beberapa bintang di rasi Bima Sakti. Terlepas dari ini semua banyak yang beranggapan bahwa manfaat matahari hanya sebagai sumber vitamin D. Bintang ini diciptakan-Nya unik. Selain itu banyak orang berhati-hati untuk melindungi diri dari sinar matahari karena beranggapan bahwa sinar matahari hanya akan mempergelap kulit. hubungan dengan pelanet-pelanet yang bergerak mengelilinginya. Sebagai acuan pada penelitian berikutnya. Tapi. Dan manifestasi utama dari bintang ini ada pada cahaya yang terpancar darinya. Pukul berapa sinar matahari yang baik ? 6. Menyelasaikan tugas b. Menyebabkan Kanker Kulit. pada penelitian kali ini penulis akan membatasi penelitian hanya pada permaslahan nomor 1 dan 3. menjadikan matahari bintang terpenting dijagat raya bagi manusia.BAB I PENDAHULUAN A. Identifikasi Masalah Berdasarkan latar belakang diatas munculah berbagai permasalahanpermasalahan tersebut diantaranya adalah: 1. Apa dampak negative sinar matahari bagi kesehatan kulit ? 4. Apa manfaat sinar matahari bagi kesehatan kulit ? 2. Sebagai salah satu sumber referensi . Unik dalam hal ukuran. Maka dari itu didalam makalah ini penulis akan membahas tentang pengaruh Sinar Matahari untuk kesehatan kulit dari segi manfaat dan dampak negatifnya. D. Batasan Masalah Berdasarkan identifikasi masalah diatas. Latar Belakang Masalah Matahari memang hanyalah salah satu dari miliaran bintang-bintang yang ada di jagat raya. Penulis merumuskan masalah menjadi “ Apa Manfaat dan Dampak Negatif Sinar Matahari untuk Kesahatan Kulit” E. c.

Sebagai acuan pada penelitian berikutnya b. Sebagai salah satu sumber refernsi c. Manfaat a.F. Menambah wawasan .

Secara Astronomis matahari adalah pusat tata surya di galaksi Bima Sakti yang menjadikannya objek terbesar (98%) dari total massa tata surya. Namun untungnya UVC langsung diserap oleh lapisan Ozon di Atmosfer. bahkan sinar UV juga dapat digunakan untuk memurnikana air untuk digunakan oleh manusia dan masih banyak lagi. Sinar matahari juga baik untuk menyembuhkan Vitilligo. eksim dan psoriasis. dan Jhon Jacob Cannell. Semakin panjang pendek gelombang maka akan semakin dapat menembus lapisan kulit. pendiri vit D Council menyatakan sinar matahari merupakan sumber vitamin D yang berguna sebagai protektif pada kasus jantung. Banyak penyakit kulit seperti Psoriasis (radang menahun pada kulit). Selain itu manfaat sinar matahari lainnya untuk kesehatan kulit diantarannya :  Memperbaiki kulit Berjemur dengan aman telah terbukti memperbaiki kondisi kulit kronis seperti jerawat. Dengan adanya sinar matahari. yaitu Ultraviolet. Sinar tampak. Matahari Matahari merupakan sumber kehidupan yang terbukti luar biasa. Salah satu gelombang cahaya yang akan memberikan efek terhadap kesehatan adalah gelombang ( sinar ) Ultraviolet. sehingga sinar ini tidak mencapai Bumi. meningkatkan usia harapan hidup risiko toksisitasnya sangat minimal. Hampir semua makhluk hidup yang ada di planet kita membutuhkan sinar matahari. UVB dan UVC. Sinar UVA merupakan cahaya Ultraviolet dengan panjang gelombang paling panjang. Sinar matahari mempunyai berbagai spectrum panjang gelombang. yakni suatu kondisi yang menyebabkan Depiymentasi kulit. Eczema (eksim) dan infeksi jamur lainnya dapat disembuhkan dengan radiasi matahari. dan sinar Inframerah.BAB II METODOLOGI PENELITIAN A. Pembuluh Darah. Dari ketiga jenis sinar Ultraviolet. yaitu UVA. Dari panjang gelombang yang dapat terlihat hinga panjang gelombang yang tidak dapat ditangkap mata. Sedangkan UVC paling pendek. Terpapar sinar matahari juga dapat . dan berbagi kasus lainnya. memperbaiki Mood. Toruan. Phaidon L. Kehidupan di Bumi menjadi seimbang dan teratur. Kemungkinan besar UVC dapat mencapai bumi. Kanker. Kerangka Teori 1. Berbeda jika lapisan Ozon rusak. Matahari mempunyai tiga jenis radiasi. UVC merupakan cahaya yang paling merusak. Sinar Ultraviolet (UV) terdiri dari 3 jenis.

panjang gelombang Ultraviolet jika datang dengan sudut miring akan lebih panjang.  Mencegah Multiple Selerosis Sinar matahari telah terbukti mampu mencegah pengerasan jaringan tubuhyang dapat menyebabkan Aterosklerosis.00.00.  Mencegah infeksi Jamur Radiasi matahari yang efektif dapat membantu mengurangi infeksi jamur kulit dengan membunuh jamur yang tumbuh dilingkungan yang lembab. diatas jam itu sinar matahari tidak baik untuk kesehatan.00 . Belum lagi dengan intensitas yang lebih besar.00 pada saat itu sinar matahari datang dengan sudut lebih tegak panjang gelombang UV jugamenjadi lebih pendek. terutama jika terpapar sinar matahari antara pukul 09. Efek ini tidak bisa menembus kaca. Sinar matahari memiliki efek yang dapat membuat jarinagan tubuh rileks sehingga penyakit multiple selerosis pun dapat dicegah. berjemurlah di pagi atau sore hari. Meski bermanfaat. Perlu diingat. Jadi. Pada pagi dan sore hari sudut datang matahari lebih miring. Manfaat sinar matahari untuk kesehatan adalah sinar matahari pagi sampai pukul 09. mengapa ? karena hal ini berkaitan dengan sudut datang sinar matahari tersebut. karena itu untuk mendapatkan manfaat dari sinar Ultraviolet matahari.15.menurunkan manifestasi dari tanda peregangan bekas luka dan ketidaksempurnaan kulit lainnya.  Menyembuhkan penyakit kulit Paparan sinar matahari selama sekitar empat minggu dapat menyembuhkan kulit seperti psoriasis. namun efek merugikan yang didaapat jika terpapar sinar matahari pada jangka waktu tersebut. efek positif dari sinar matahari hanya didapat secara langsung. kita tak bisa menikmatinya dengan hanya duduk dan menikmati sinar matahari dari mobilatau dari balik kaca ruangan. Daya tembus pada kulit juga akan lebih besar sehingga bukan manfaat. Berbeda halnya pada pukul 09. karena itu tidak membahayakan kulit. Dari sekian banyak manfaat sinar matahari. . ada beberapa efek buruk pada kesehatan. tidak setiap saat sinar matahari bersahabat dengan kesehatan.00 – 15.

kulit menjadi kasar dan kelembaban juga hilang sehingga terbentuk kerutan. Sinar Ultraviolet dapat menembus sel kulit yang hidup. ternyata dapat timbul karena disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebih. memilik SPF alami antara 15-30 dan menurut penelitian jika kita menggunakan SPF 8 akan mengurangi kemampuan kulit dan tubuh kita dalam membentuk vitamin D sebanayak 95% Jadi.  Komedo Komedo yang sering mengganggu kehalusan dan keindahan kulit wajah.  Menyebabkan kanker melanoma Paparan ultraviolet A dan ultraviolet B berlebihan dan data M tahap yang lebih tinggi dapat menyebabkan kanker melanoma ganas. Makin gelap makin lama orang itu harus berjemur dibawah terik.Perbedaan dalam lamanya berjemur tersebutdilihat dari warna kulit. sangat direkomendasikan keluar dari keterkungkungan kita di dalam ruangan. Rasionalisasi factor ini terutama pada sisi perlindunagan terhadap matahari (Sun Protection factor/SPF) Ras Afro – Amerika. Kanker tipe ini berasal dari melaposi kulit yang telah berubah menjadi sel kanker.  Kulit menjadi kasar Terlalu lama dibawah sinar matahari dapat membuat kulit menjadi kasar. kerutan ini sebagai salah satu proses penuaan dini. Kerutan ini disebabkan karena kolagen yang ada dalam lapisan kulit mengalami kerusakan. akibat kerusakan kolagen. ketika kolagen rusak. nikmati matahari pagi 5-30 menit. Cukup diwajah atau tanagan (6-10%) dari tubuh.  Kanker kulit . kemudian bila diperlukan baru berikan proteksi pada kulit seperti krim SPF Adapun dampak negatif dan bahaya sinar matahari pada kulit diantaranya:  Kulit menjadi berkerut Kulit yang berkerut merupakan salah satu efek akibat terpapar sinar matahari yang berlebih.  Kulit terbakar Sinar Ultraviolet pada matahari adalah yang menyebabakan kulit terbakar.

Kulit Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) kulit adalah pemalut paling luar tubuh (manusia. seperti berikut : a. sehat adalah perwujudan individu yang diperoleh melalui kepuasan dalam berhubungan dengan orang lain(aktualisasi). d. Sehat Pender (1982). Menurut UU no 23 tahun 1992 tentang kesehatan menyatakan bahwa sehat adalah keadaan sejahtera dari badan jiwa dan sosial yang memungkinkan hidup produktif B. Segi societal. yang dikutip oleh A. 2. binatang dan sebagainya) Menurut para ahli biologi kulit adalah suatu organ terluar dari tubuh yang melapisi seluruh tubuh manusia. 3. Segi Emosional kemampuan untuk mengenal emosi dan untuk mengekspresikan emosi-emosi secara tepat. Secra umum kulit memiliki dua lapis yaitu epidermis dan dermis.Dumatubun dalam jurnal Antropologi Papua 2002. Metode Penelitian Metode penelitian yang digunkan adalah kajian pustaka dilakukan dengan mencari literatur di internet dan buku-buku panduan.E. yaitu dimensi-dimensi sehat yang paling nyata karena perhatiannya pada fungsi tubuh. salah satu organ ekskresi.Umumnya kanker kulit hanya diduga disebabkan oleh sinar UVB. e. untuk alat indra peraba. f. C. Fungsi kulit diantaranya sebagai berikut : pelindung tubuh dari suatu hal yang dapat membahayakan. Tapi beberapa penemuan terakhir menunjukan bahwa berpotensi dan berpartisipasi menyebabkan kanker . Segimental yaitu kemampuan berfikir jernih dan Koheren c. Berat kulit kira-kira sekitar 7 % dari tubuh total. Konsep sehat yang dikemukakan oleh Linda Ewles dan Ina Simmer (1992). Aspek spiritual berkaitan dengan kepercayaan dan praktek agama. yang berkaitan dengan kesehatan individual yang terjadi pada tingkat individual. Jadwal Penelitian No 1 Tanggal 19 Mei 2016 Kegiatan Penentuan Judul Keterangan . Konsep sehat dilihat dari jasmani. pengatur suhu tubuh dan lain-lain. b. Segi sosial untuk membuat dan mempertahankan hubungan dengan orang lain.

2 3 5 27 Juni 2016 s/d 30 Juni 2016 03 Juli 2016 s/d 09 Juli 2016 11 Juli 2016 Pencarian Data Penulisan Data dan Penyususnan Data Pengetikan .

mencegah infeksi jamur dan lain sebagainya. Jadi. Kita bisa mendapatkan manfaat sinar matahari secara langsung. Dibalik banyaknya manfaat yang bisa kita dapat ada beberapa dampak negatif ini di dapat jika kita terpapar sinar matahari berlebih dan bukan pada waktu ideal. Jadi.BAB III PEMBAHASAN Matahari merupakan satu dari miliaran bintang di Galaksi Bima Sakti uang mempunyai banyak manfaat dari sinar yang dipancarkannya. menyembuhkan penyakit kulit. makin gelap makin lama. tanpa da pembatas seperti kaca misalnya. membersihkan kulit dan tubuh. Perbedaan lamanya berjemur dilihat dari warna kulit. terutama bagi kesehatan kulit yang merupakan organ vital yang mempunyai peranan penting. kita tak bisa menikmatinya dengan hanya duduk dan menikmati sinar matahari dari mobil atau dari balik kaca ruangan. maka manfaatnya jauh lebih banyak dari pada bahayanya. Diantara manfaat yang dapat kita dapat adalah dapat memperbaiki kuit. . jika paparan sinar matahari masih dalam tingkat atau tahap sedang.

 Terapi sinar matahari dapat diwakili oleh paparan sebagian kulit saja. Simpulan Sinar matahari mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan kulit selama tidak berlebihan dalam pemaparan sinarnya terhadap kulit. Saran Bagi pembaca yang ingin mendapatkan manfaat sinar matahari maka harus perhatikan hal-hal sebagai berikut :  Pastikan tidak ada kondisi yang membuat seseorang tidak dapat menggunakan sinar matahari  Lakukan terapi pada jam yang ideal  Tidak direkomndasikan terapi pada cahaya yang terlalu terang. B.  Jangan lupa perbanyak minum air putih . tidak perlu membuka bagian tubuh yang seharusnya tertutup. saat terik matahari menyengat  Lakukan terapi sinar matahari setiap hari dalam kadar secukupnya.BAB IV PENUTUP A.

Ega Zainur.kolomsehat.seputarilmu.web. Yogyakarta : Pro-U Media.834 http://www.com/2016/02/pengertian-bagian-dan-fungsi-1.wordpress. Sehat dan Bugar Berobat dengan Alam.thesimplehealthy. 2012.specialis.teguhiw.blogspot.info?kerusakan-kulit-akibat-sinar-matahari.id http://kbbi.com Ramadani.co.me/efek-berjemur-di-bawah-sinar-matahari/ http://www.html http://www.com/manfaat-dan-bahaya-sinar-matahari/ http://www.DAFTAR PUSTAKA http://cllopeq.id/kulit http://www. .