You are on page 1of 12

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)
Nama Sekolah
Mata Pelajaran
Kelas / Semester
Alokasi Waktu

:
:
:
:

SMK SEMESTA Bumiayu
Simulasi Digital
X/2
6 JP (6 x 45 menit)

A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3. Memahami,

menerapkan

dan

menganalisis

pengetahuan

faktual,

konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
B. Kompetensi Dasar
1.

Kompetensi Dasar pada KI 1
a. Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan
keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang
b.

menciptakannya
Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai

c.

sumber energi di alam
Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama

RPP Simulasi Digital X SMK Semesta Bumiayu

Page 1

atau smartphone 2. video. Fungsi dan Tujuan Buku Digital RPP Simulasi Digital X SMK Semesta Bumiayu Page 2 . 4. hati-hati. gambar. objektif. teliti. Materi Pembelajaran Pertemuan 13 1. Pengertian Buku Digital Buku digital atau buku elektronik. 3. cermat. bertanggung jawab. Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta didik tentang buku digital dalam kehidupan sehari-hari. dan percobaan di laboratorium lingkungan Kompetensi Dasar pada KI 3 Memahami buku digital Kompetensi Dasar pada KI 4 Menyajikan hasil pemahaman tentang buku digital C. yang dapat dibaca di komputer. D. tekun. inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas seharihari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan b. atau ebook. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu. Meningkatkan sifat solidaritas dan persaudaraan peserta didik dalam kehidupan sehari-hari melalui aplikasi materi pelajaran buku digital. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan peserta didik kepada ALLAH SWT melalui pemahaman materi pelajaran tentang buku digital bagi kehidupan manusia. buku elektronik memiliki informasi digital yang dapat berisi teks. audio. dan berdiskusi Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan 3. 4. disingkat e-book. Indikator Pencapaian Kompetensi 1. jujur. 2. tablet. Menigkatkan keterampilan peserta didik dalam menggunakan buku digital di kehidupan sehari-hari. terbuka. dalam kehidupan sehari-hari Kompetensi Dasar pada KI 2 a. laptop.2. kritis. kreatif.

MOBI – Format MobiPocket. Fungsi 1) Sebagai salah satu alternatif media belajar. 2) Sebagai media berbagi informasi. Dalam perangkat lunak buku digital. kelas maya.Palm Resource File. pengguna dapat dengan mudah mencari penggantinya baik dari internet maupun meminta kembali pada pembuat buku. dengan cara yang lebih menarik dan interaktif. ditampilkan menggunakan perangkat lunak membaca sendiri. b. Andaikata data hilang. b. HTML . f.Hyper Text Markup Language adalah tulang punggung dari World Wide Web. PRC . d. Sering menyertakan alat baca Mobipocket tetapi kadang-kadang menyertakan eReader atau alat baca AportisDoc. g. kita dapat menampilkan file multimedia (audio dan video) 3.Palm File Database. Tujuan 1) Memberikan kesempatan bagi pembuat konten untuk lebih mudah berbagi informasi. email. PDB . untuk buku digital berformat PalmDOC (AportisDoc) dan format eReader juga. mengacu kepada standar XHTML dan XML c. PDF . e. AZW – Amazon World untuk Kindle Amazon. 3) Mempermudah proses memahami materi ajar. baik melalui media seperti website. KF8 -Format Kindle Fire dari Amazon disusun dalam pembungkus Palm File Database (PDB) dengan Digital Right Management (DRM) milik Amazon.a. h. RPP Simulasi Digital X SMK Semesta Bumiayu Page 3 .Portable Document Format yang diciptakan oleh Adobe untuk produk Acrobat mereka. buku digital dapat memuat konten multimedia. 2) Melindungi informasi yang disampaikan. Jenis Format Buku Digital a. buku digital dapat disebarluaskan secara lebih mudah. EPUB – Electronic Publication.

versi khusus dari HTML dirancang agar sesuai dengan aturan konstruksi XML. 5. html5. Aplikasi Pemformatan Buku Digital Electronic publication (ePub) merupakan salah satu format buku digital yang disepakati oleh International Digital Publishing Forum (IDPF) pada Oktober 2011. Format yang didukung secara luas. k. hal yang perlu dipertimbangkan adalah penggunaan format yang mendapat dukungan secara luas. Pemilihan Format Buku Digital Pertimbangan pemilihan format buku digital yang akan digunakan mengacu kepada beberapa hal sebagai berikut. CHM . Epub terdiri atas file multimedia. b. namun karena ditujukan untuk perangkat bergerak/telepon seluler yang memiliki ukuran layar yang bervariasi. baik untuk pembuatannya maupun aplikasi alat bacanya. sering digunakan untuk file bantuan Windows. xhtml. Ini adalah format standar untuk data epub. XHTML . RPP Simulasi Digital X SMK Semesta Bumiayu Page 4 .tujuan umum markup language untuk pertukaran data. XML .i. maka diperlukan format yang dapat menyesuaikan dengan tampilan layar c.Compressed HTML. Pertemuan 14 4. Ukuran tampilan aplikasi alat baca buku digital Format PDF tidak akan menjadi masalah apabila dibaca menggunakan komputer maupun laptop. j. a. Memanfaatkan ketersediaan perangkat Ketersediaan perangkat pendukung (seperti telepon seluler) yang beredar di Indonesia dan jumlah penggunanya yang sangat besar. Penggunaan format yang hanya mendukung satu perangkat tertentu akan membuat ketergantungan pada satu teknologi pendukung saja. css. xml yang dikemas dalam satu file.

 aplikasi ePub editor yaitu Sigil. Linux dan Mac  Multiple view: Book view.  dukungan untuk Digital Rights Management (DRM).  berbagai perangkat lunak pembuat ePub telah tersedia. Aplikasi Alat Baca Buku Digital Format ePub membutuhkan aplikasi alat baca .  Gratis dan Open Source dengan lisensi GPLv3  Multiplatform: dapat dijalankan di Windows.  berbagai alat baca ePub yang telah tersedia di pelbagai perangkat.  aplikasi pengolah gambar yaitu GIMP atau Adobe Photoshop. plugin firefox. iOS (ireader). Aplikasi yang digunakan untuk menyusun buku digital dengan format ePub adalah:  aplikasi pengolah kata yaitu Libre Office atau MS Office. Fitur-fiturn ePub:  format terbuka dan gratis. Calibre. Aplikasi ePub editor Sigil Beberapa fitur dari Sigil (https://code.com/p/sigil/. Blackberry playbook.  aplikasi audio editor yaitu Audacity/format factory. dan pengaturan ukuran teks. Android (FBReader.ePub dapat dibaca di pelbagai perangkat. seperti: komputer (AZARDI. aplikasi alat baca buku digital dapat diurutkan berdasarkan platform dan sistem operasinya.)adalah sebagai berikut. Sony Reader. RPP Simulasi Digital X SMK Semesta Bumiayu Page 5 .  aplikasi video editor yaitu Avidemux/format factory. plugin google chrome).google. Ideal Reader). Barnes and Noble Nook.  dukungan (support) untuk video dan audio. Code View dan Preview  Dapat langsung mengedit tampilan epub di book view  Generator daftar isi dengan support untuk heading multi-level Editor meta data 6. dan berbagai perangkat lainnya. dan styling Cascading Style Sheet (CSS). Kobo eReader.  reflowable (word wrap).

dan FBReader. dan Azardi. E. Mengucapkan salam pembuka dilanjutkan berdoa bersama. Telepon Seluler  Pada telepon seluler dan feature phone tersedia aplikasi Albitreader. Aldiko. Calibre eBook Viewer. Komputer/laptop Aplikasi berdasarkan sistem operasi:  Microsoft Windows dapat menggunakan perangkat lunak seperti Calibre eBook Viewer. 2.  Linux dapat menggunakan perangkat lunak Okular. Mengabsen peserta didik. Kegiatan awal : 35 menit 1. Kegiatan Pembelajaran Pertemuan 13 : 3 JP (3 x 45 menit) a. sebuah format ePub rata-rata berjalan stabil dan banyak digunakan pada perangkat alat baca Tablet dibandingkan dengan perangkat alat baca lainnya. Mendengarkan uraian singkat tentang materi pelajaran yang akan disampaikan serta mengaitkannya dengan aplikasi dalam kehidupan RPP Simulasi Digital X SMK Semesta Bumiayu Page 6 . Calibre eBook Viewer . c.  Apple MacOs dapat menggunakan perangkat lunak seperti iBooks. b.  Idealnya.  Google Android dapat menggunakan perangkat lunak Moon+Reader. Tablet dan Smartphone Aplikasi berdasarkan sistem operasi:  Apple iOS dapat menggunakan perangkat lunak iBooks. Azardi. Ideal reader. 3.a.dan Azardi.  Blackberry OS dapat menggunakan perangkat lunak EPub reader yang bisa diunduh di Blackberry.

Peserta didik dalam setiap kelompok diarahkan untuk Menyampaikan hasil tentang Buku Digital dan Manfaatnya. b. kelas. Mengumpulkan informasi / mencoba : . Guru melakukan penilaian secara klasikal terhadap pemahaman dan RPP Simulasi Digital X SMK Semesta Bumiayu Page 7 .Masing-masing kelompok menyajikan hasil diskusi di depan 5. Kegiatan Inti : 85 menit 1. 4. Buku Digital dan Manfaatnya. Guru melakukan penilaian secara klasikal khususnya untuk aspek sikap yang tercermin selama kegiatan pembelajaran. kesimpulan akhir dari hasil diskusi seluruh kelompok. Memberikan penjelasan mengenai manfaat materi pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan. Menalar / Mengasosiasi : . Mengamati : . sehingga bisa menambah motivasi peserta didik dalam 4. selanjutnya mengaitkan pertanyaan tersebut dengan materi pelajaran Buku 6. 5.Peserta didik Membuat kesimpulan tentang Buku Digital dan Manfaatnya yang dilakukan setiap anggota kelompok. Peserta didik mendengarkan penjelasan dari guru mengenai 2. . mengikuti pelajaran selanjutnya.sehari-hari. seputar materi pelajaran yang telah diberikan.Peserta didik mendengarkan penjelasan mengenai pengertian 2. kegiatan diskusi kelompok. . Menanya : .Peserta didik dari kelompok lain diberi kesempatan untuk bertanya pada kelompok penyaji. Kegiatan Akhir : 15 menit 1.Kelompok penyaji menanggapi pertanyaan kelompok lain. terutama 4. .Peserta didik mendokumentasikan hasil 3. Mengeksplorasi eksplorasi yang dilakukan setiap anggota kelompok. c. Mengkomunikasikan : . Menyampaikan ketentuan penilaian yang akan diberlakukan. Digital dan Manfaatnya. Memberikan stimulus kepada peserta didik dengan sebuah pertanyaan tentang Buku Digital dan Manfaatnya. Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya 3.Peserta didik diberikan kesempatan untuk pengertian Buku Digital dan Manfaatnya.

6. Mengumpulkan informasi / mencoba : .Peserta didik diberikan kesempatan untuk Software Pemformatan Buku Digital.Peserta didik dalam setiap kelompok diarahkan untuk Menyampaikan hasil tentang Software Pemformatan Buku Digital. Mengamati : . Pemformatan Buku Digital . Menalar / Mengasosiasi : . selanjutnya mengaitkan pertanyaan tersebut dengan materi pelajaran Software 6. Salam penutup Pertemuan 14 : 3 JP (3 x 45 menit) a. Menanya : RPP Simulasi Digital X SMK Semesta Bumiayu Page 8 . Menyampaikan ketentuan penilaian yang akan diberlakukan. mengikuti pelajaran selanjutnya. 4. Mengabsen peserta didik. Mengkomunikasikan : . Memberikan stimulus kepada peserta didik dengan sebuah pertanyaan tentang Software Pemformatan Buku Digital. kelas. . Mendengarkan uraian singkat tentang materi pelajaran yang akan disampaikan serta mengaitkannya dengan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari. Guru memberikan tugas kelompok kepada peserta didik.Peserta didik Membuat kesimpulan Mengeksplorasi eksplorasi tentang yang Software Pemformatan Buku Digital yang dilakukan setiap anggota kelompok.penguasaan peserta didik terhadap penjelasan yang telah disampaikan dengan memberikan pertanyaan secara lisan. 2.Peserta didik mendengarkan penjelasan mengenai Software 2. Kegiatan Inti : 85 menit 1. 5. 5. Memberikan penjelasan mengenai manfaat materi pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan. sehingga bisa menambah motivasi peserta didik dalam 4. 3.Masing-masing kelompok menyajikan hasil diskusi di depan 5. . Mengucapkan salam pembuka dilanjutkan berdoa bersama. hasil dilakukan setiap anggota kelompok. Pemformatan Buku Digital.Peserta didik mendokumentasikan 3. b. Kegiatan awal : 35 menit 1.

18 – 1. namun RPP Simulasi Digital X SMK Semesta Bumiayu Skor 4 3 Page 9 . Peserta didik mendengarkan penjelasan dari guru mengenai 2. kegiatan diskusi kelompok. dengan menggunakan rentang nilai berikut : Nilai Ketuntasan Pengetahuan dan Keterampilan Rentang Angka Huruf 3.00 A 3. terutama 4.. 6.50 D+ 1. Guru melakukan penilaian secara klasikal khususnya untuk aspek sikap yang tercermin selama kegiatan pembelajaran.84 C1. Peserta didik dianggap telah menacapai KKM (Kriteria Ketuntasan Belajar) jika telah mencapai nilai 2. Guru melakukan penilaian secara klasikal terhadap pemahaman dan penguasaan 5.18 – 2.85 – 2. Aspek pengetahuan. . Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya 3.17 B 2. kesimpulan akhir dari hasil diskusi seluruh kelompok.51 – 2. dilakukan dengan tes tertulis. seputar materi pelajaran yang telah diberikan.Kelompok penyaji menanggapi pertanyaan kelompok lain. Salam penutup F.51 – 3.00 – 1.85 – 4.18 – 3. serta hasil tugas kelompok maupun individu.Peserta didik dari kelompok lain diberi kesempatan untuk c.17 D Adapun rubrik penilaian aspek pengetahuan sebagai berikut : Nomor 1 2 Uraian Jawaban betul sempurna Sebagian besar jawaban betul. terutama hasil ulangan harian.17 C 1.84 (B-).84 B2.50 C+ 1.51 – 2. Penilaian Penilaian peserta didik dilakukan terhadap aspek-aspek berikut : a.84 A3. bertanya pada kelompok penyaji. peserta didik terhadap penjelasan yang telah disampaikan dengan memberikan pertanyaan secara lisan. Kegiatan Akhir : 15 menit 1.51 – 1.50 B+ 2.85 – 3. Guru memberikan tugas kelompok kepada peserta didik.

dilakukan dengan melakukan pengamatan secara komprehensif terhadap seluruh peserta didik selama pelajaran berlangsung. menghargai pendapat teman yang lain. Peserta didik tidak sepenuhnya aktif 3 dalam kelompok. dibuktikan dengan duduk bersama RPP Simulasi Digital X SMK Semesta Bumiayu Page 10 . namun 2 masih ada sebagian kecil jawaban 4 yang betul Jawaban sama sekali salah. selanjutnya konversikan ke dalam huruf sebagaimana tercantum dalam tabel di atas. tetapi peserta didik mengerjakan 5 telah dibuktikan 1 mencoba dengan menuliskan jawabannya Peserta didik tidak menjawab sama 0 sekali Ketentuan penilaiannya = jumlah skor di bagi jumlah soal. dibuktikan dengan sering memberikan masukan. Peserta didik cenderung tidak aktif dalam kerja sama 2 kelompok. serta 3 menghargai pendapat teman. giat dalam melakukan pekerjaan kelompok.masih ada sebagian kecil jawaban 3 yang salah Sebagian besar jawaban salah. Aspek sikap. b. dibuktikan dengan sesekali terlihat bekerja sama dan membantu pekerjaan kelompok. Adapun rubrik penilaiannya adalah sebagai berikut : Nomor 1 Uraian Peserta didik aktif bekerja sama dalam Skor 4 kelompok. 2 dan seterusnya. khususnya pada saat diskusi kelompok.

namun 5 acuh terhadap pekerjaan kelompok. Media/Alat.kelompok dan memperhatikan pekerjaan kelompoknya. Bahan tayangan/lembar balik. namun bisa 3 sedikit tidak 2 melakukan prosedurnya. d. Peserta didik tidak sepenuhnya terampil. Peserta didik belum terampil sama 1 sekali. e. G. Media/Alat : LCD Projector. Skor 4 serta mampu menujukkan cara kerjanya 2 secara tepat kepada guru. Peserta didik cenderung terampil. c. 3 masih terdapat kesalahan dalam prosedurnya. laptop. Peserta didik tidak terlibat sama sekali dalam pekerjaan dibuktikan dengan 0 kelompok. dilakukan dengan mengamati keterampilan peserta didik dalam menggunakan alat ukur suatu besaran. Adapun rubrik penilaian keterampilan sebagai berikut : Nomor 1 Peserta didik keterampilan Uraian dapat menguasai sepenuhnya. serta masih 4 menghargai pendapat teman yang lain. Peserta pasif dalam kelompok. screen (layar). walaupun masih terdapat 4 banyak kesalahan. Bahan dan Sumber Belajar a. Modul / literatur Bahan tayangan / lembar balik LCD dan laptop untuk kegiatan diskusi dan presentasi Perangkat penilaian RPP Simulasi Digital X SMK Semesta Bumiayu Page 11 . tidak duduk bersama kelompoknya. sound system. Aspek keterampilan. tetap 1 duduk bersama kelompoknya. c. b.

Guru Pengampu Mata Pelajaran. M.SKM.Pd.Bumiayu. S. Kom RPP Simulasi Digital X SMK Semesta Bumiayu Page 12 . Kepala Sekolah.I Zaenal Abidin. Juli 2014 Mengetahui.S. Nur Sidiq.