You are on page 1of 13

PEMERINTAH KABUPATEN BULELENG

DINAS PENDIDIKAN
SMP NEGERI 1 SERIRIT
Alamat : Jalan Udayana 25 A TELP : (0362)92331 Seririt
E-mail : smpn1seririt@yahoo.co.id

MENAIKKAN AIR SUMUR KE TOWER
MENGGUNAKAN SISTEM PEMANASAN UDARA

OLEH :
PUTU GUPTA ARYA GUMILANG
A.A. PUTRI NADIA PARAMITHA

SMP NEGERI 1 SERIRIT
2010

130 760 401 Gupta Arya Menyetujui Kepala SMP Negeri 1 Seririt Drs. Cening Joni NIP. 131 628 856 .Bidang Ilmu 3.Karya Tulis ini telah disetujui umtuk diikutsertakan dalam Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR) Tahun 2010 Guru Pembimbing 2010 Seririt.Judul Pemanasan : Menaikkan Air Sumur ke Atas Tower Menggunakan Sistim Udara : Teknologi 2. Ni Luh Pasmiati Gumilang NIP. 25 juli Ketua Tim Penulis Dra.Penulis : Kelompok Gupta Arya Gumilang Putri Nadia Paramitha 4.LEMBAR PENGESAHAN 1.

ii Abstrak…………………………………………………………………………………………………… …. BAB II Latar Belakang Masalah ………………………………………… 1 Pembahasan dan Rumusan Masalah ……………………….... .iii BAB I : Pendahuluan 1..... ... Pemanasan ………………………………………………………….. Kesimpulan ……………………………………………………….4 BAB IV : Pembahasan …………………………………………………………………………5 BAB V : Penutup 1...2 : Kajian Teori 1. Saran ………………………………………………………………… 6 Daftar Pustaka ………………………………………………………………………………………….. 2.... i Daftar isi ………………………………………………………………………………………………………. Tekanan ………………………………………………………………. 6 2. 4... Tower yang Dicat Hitam …………………………………………3 BAB III : Metode Penulisan ………………………………………………………………….. 2 Manfaat Penulisan ………………………………………………...DAFTAR ISI Halaman Pengesahan Kata Pengantar ……………………………………………………………………………………………….3 3......... 3 2.7 . 2 Tujuan ……………………………………………………...... 3.

Bapak/Ibu guru Pembina KIR ( Karya Ilmiah Remaja ) SMP Negeri 1 Seririt atas tuntunannya dalam menyelesaikan karya tulis ini . A . Akhirnya kami berharap semoga karya tulis ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca dan bagi perkembangan ilmu pengetahuan . dan melalui pengantar ini kami menyampaikan terima kasih kepada : 1. Panitia Lomba Peneliti Belia-Bali yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk mengembangkan wawasan keilmuan . Karya tulis ini dapat tercipta karena didorong rasa ingin tahu dan motivasi yang senantiasa diberkan atau dihidupkan oleh Bapak/Ibu guru khususnya para pengjar mata pelajaran Ilmn Pengetahuan Alam ( IPA) di sekolah kami SMP Negeri 1 Seririt .KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmatNyalah karya tulis ini dapat diselesikan dalam waktu yang relatif singkat . 4. 22 Oktober 2010 Tim Penulis Putu Gupta Arya Gumilang A . 3. Hasil penulisan ini sangat disadari masih banyak kekurangan . Oleh karena itu kritik dan sran yang bersifat memebangun sangat diharapkan untuk hasil yang lebih baik . Putri Nadia Paramitha . yang telah memberikan izin dan menyetujui karya tulis ini diikutkan dalam lomba Peneliti Belia-Bali 2010 . Terselesaikannya karya ini tidak terlepas dari adanya bantuan dari berbagai pihak. Seririt. Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Seririt . Bapak/Ibu guru pengajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA) di SMP Negeri 1 Serirt atas motivasi yang diberkan kepada kami 2.

Di dalam kehidupan sehari-hari konsep ini dapat diterapkan dengan menggunakan pemanas matahari . Mengapa masyarakat lebih memilih mesin sebagai sumber tenaga dalam menaikkan air sumur ke atas tower padahal ada cara yang lebih mudah dan hemat yaitu dengan sistem pemanasan udara . karena alat-alatnya sudah banyak ada di pasaran dan sebagian besar alatnya juga sudah ada di alam . kita tidak harus menggunakan alat yang rumit atau lebih dikenal dengan nama teknologi modern karena alat yang seperti itu juga mempunyai kekurangan . Untuk menutupi semua kekurangan tersebut. efisien. Selain alatnya yang mudah didapat . kita harus menggunakan alat yang lebih sederhana dengan biaya yang lebih murah . Sebagian besar masyarakat belum mengenal konsep ini . Sehingga masyarakat harus mengenal konsep ini . dan juga memberikan dampak positif bagi pekerjaan masyarakat . semua peralatan serba canggih sehingga masyarakat merasa diuntungkan karena mereka mampu mengerjakan pekerjaan dengan cepat . mudah didapat . Di dalam menguji konsep ini . kita dapat menggunakan pemanas spritus untuk memanaskan gelas erlenmeyer ternyata air yang ada di bawah yaitu di dalam gelas kimia dapat naik ke gelas Erlenmeyer. di dalam mengerjakan sesuatu. dan juga dapat menghemat sumber daya alam (SDA) yang kita miliki dan letak wilayah NKRI tepat di atas garis khatulistiwa itu menyebabkan Negara kita tidak pernah kehilangan panas sinar matahari yang . jadi teknologi sederhana jauh lebih menguntungkan dari pada mesin . Air dapat naik ke atas karena menggunakan suatu sistem .1 Latar Belakang Di zaman modern seperti sekarang ini. dan ramah lingkungan . teknologi sederhana pun memerlukan biaya sedikit dan perawatannya pun sangat mudah. Teknologi sederhana sangat menguntungkan bagi masyarakat dalam melakukan pekerjaannya.BAB I PENDAHULUAN 1. sederhana. Karena itulah. karena konsep ini mudah. Salah satu pekerjaan rumah tangga dalam kehidupan sehari-hari yang banyak menggunakan tenaga mesin adalah menaikan air sumur ke atas tower. Tetapi dibalik keuntungan itu ada pula kerugiannya . yaitu dengan sistem pemanasan udara yang dipanaskan langsung oleh sinar matahari . Sedangkan teknologi modern seperti mesin yang memerlukan biaya besar dan perawantannya sangat rumit . Yang sering menjadi permasalahan dalam penggunaan teknologi modern adalah faktor biaya dan kadang barang yang kita butuhkan sulit didapatkan.

4 Manfaat Penelitian 1. Manfaat Bagi Penulis Dengan melakukan penelitian ini dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman peneliti dalam menulis karya ilmiah . adapun tujuan penulisan dari karya ilmiah ini . Bagaimana cara kerja konsep pemanasan udara ini ? 1. dan efisien . 1. sebagai berikut : 1.3 Tujuan Penelitian Berdasarkan rumusan masalah di atas . .2. Untuk mengetahui faktor yang mendukung konsep pemanasan udara ini 1.2 .4. kami berusaha untuk menindaklanjuti permasalahan tersebut dengan membuat suatu karya tulis yang berjudul “Menaikkan Air Sumur ke Tower Menggunakan Sistim Pemanasan Udara“ sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat di dalam memenuhi kebutuhannya seharihari untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di dalam penggunaan sumber daya alam di zaman modern seperti sekarang ini . cepat.1 .2. Konsep pemanasan udara ini sangat menguntungkan karena sistem kerjanya sangat sederhana dan sumber tenaga dari konsep ini sangat mudah didapat bahkan sumber tenaga konsep ini menjadi sumber energi utama dalam kehidupan dimuka bumi ini yang tidak lain adalah matahari .3.3 .sangat mendukung konsep ini . Untuk mengetahui pengaruh panas sinar matahari terhadap kelangsungan kerja konsep ini 1.2 Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang di atas .1 .1 .3 . Untuk mengetahui bahwa pada malam hari konsep ini dapat dilakukan .2 . Manfaat Bagi Masyarakat Memberikan informasi kepada masyarakat . sehingga ruangan tersebut menjadi bertekanan udara minimum yang dapat menyebabkan berpindahnya air dari sumur ( bertekanan udara maksimum ) ke suatu ruangan / tower ( bertekanan udara minimum ). 1.3. Manfaat Bagi Pemerintah dan Pihak Pihak yang Terkait Dengan dilakukannya penelitian ini . Apakah pada malam hari konsep ini dapat berjalan ? 1.4. diharapkan memberikan masukan kepada pemerintah dan pihak pihak terkait khususnya di dalam rumah tangga dalam hal menaikkan air sumur menuju tower dengan menggunakan sistim pemanasan udara . Konsep pemanasan udara adalah pemanasan suatu ruangan oleh suatu sumber panas.2.2 .4. Faktor apa saja yang mendukung konsep pemanasan udara ini ? 1.3 .3. 1. Berdasarkan latar belakang di atas. sehingga dapat menambah cakrawala berfikir . adalah sebagai berikut : 1. 1. maka dapat dirumuskan masalah . agar dapat menaikkan air sumur ke atas tower dengan menggunakan sistem pemanasan udara agar lebih mudah.

Angin darat terjadi pada malam hari karena pada malam hari suhu di darat lebih rendah / dingin dari pada di laut sehingga tekanan udara di darat menjadi bertekanan udara maksimum sedangkan di laut bertekanan udara minimum sehingga bertiuplah angin darat ( Muh. dkk ) Konsep tekanan inilah yang akan membantu masyarakat dalam kehidupan sehari-hari tepatnya sat menaikkan air sumur ke tower yang dipanaskan langsung oleh sinar matahari karena dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang berkaitan dengan air . Angin laut terjadi pada siang hari karena pada siang hari suhu di laut lebih rendah / dingin dari pada suhu di darat sehingga tekanan udara di laut menjadi bertekanan udara maksimum sedangkan pada siang hari darat bertekanan udara minimum sehingga bertiuplah angina laut .2 . Bila tidak ada matahari maka konsep ini tidak akan berjalan . Karena itulah pemanasan sangat penting di dalam berjalannya konsep ini . Tekanan Tekanan merupakan faktor terpenting dari konsep pemanasan udara ini . konsep pemanasan udara dapat berjalan dengan sangat baik . contohnya dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari yaitu adanya angin laut dan angin darat .Nurdin . karena dengan adanya tekanan ini . 2. Pemanasan Matahari merupakan sumber dan faktor utama dari konsep pemanasan udara ini .BAB III KAJ IAN TEORI 2. Kita sangat beruntung tinggal di Negara Indonesia karena setiap hari kita mendapat panas sinar matahari yang sangat mendukung konsep pemasan udara . Pada umumnya semua benda itu dapat bergerak karena adanya tekanan maksimum dan tekanan minimum .1 .

relevan dengan topik. Jurnal ilmiah edisi cetak dan non-cetak. Penulisan diupayakan saling berhubungan.1 PENULISAN Sumber dan Jenis Data Data – data yang dipergunakan dalam penyusunan karya tulis ini berasal dari berbagai sumber informasi yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas. Jenis data yang diperoleh variatif. Tetapi bila kita menggunakan warna putih konsep pemanasan udara ini tidak akan berjalan baik . 2. Maka dari itulah kita harus menggunakan warna hitam di dalam memberikan warna pada tower .2 Pengumpulan Data Metode penulisan bersifat studi pustaka. bersifat kualitatif maupun kuantitatif. penerapan konsep ini harus menggunakan tower yang berwarna hitam karena pada umumnya warna hitam itu menyerap panas sehingga di dalam penerapan konsep ini tower lebih mudah menyerap panas atau konduktor . BAB III METODE 3. Di dalam pewarnaan tower kita boleh menggunakan warna yang lain seperti putih. Kemudian dilakukan penyusunan karya tulis berdasarkan data yang telah dipersiapkan secara .ini . karena seperti yang sudah kita ketahui bahwa warna putih itu sulit menyerap panas atau isolator. Informasi didapatkan dari berbagai literatur dan disusun berdasarkan hasil studi dari informasi yang diperoleh. Dan warna hitampun dapat mengubah tekanan udara di tower lebih cepat rendah . 3. 2). Matahari berfungsi sebagai pemanas di dalam konsep ini karena mampu mengubah tekanan udara pada tower dan juga sumur yang mengakibatkan naiknya air dari sumur ke tower karena adanya perbedaan tekanan udara . Konduktor adalah benda-benda dapat yang dapat atau mudah mengantarkan panas atau kalor . Isolator adalah benda-benda yang tidak dapat atau sulit menghantarkan panas atau kalor . Beberapa jenis petunjuk utama yang digunakan adalah : 1).3 . 3. Sehingga air di sumurpun lebih cepat naik ke tower . Artikel ilmiah yang bersumber dari internet.3 Analisis Data Data yang terkumpul diseleksi dan diurutkan sesuai topik kajian. serta tidak menimbulkan bias. Tower Yang Dicat Hitam Di dalam kehidupan sehari-hari .

.1. karena sumur merupakan sumber mata air yang menjadi salah satu faktor terpenting dalam konsep ini . 4. BAB IV PEMBAHASAN 4. Tower berfungsi sebagai tempat menyimpan air yang sudah berpindah tempat dari sumur ke tower .2 . Tower merupakan salah satu faktor yang tidak kalah pentingnya dengan faktor-faktor lainnya . serta pembahasan yang tertuang dalam analisis dan sintesis.4 Penarikan Simpulan Simpulan didapatkan setelah merujuk kembali pada rumusan masalah. tujuan penulisan. Faktor-faktor yang Mendukung Konsep Pemanasan Udara 4. karena matahari merupakan pemanas dan juga sebagai kemudi dari berjalannya konsep pemanasan udara ini 4. Air merupakan sumber daya alam yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat di dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang berkaitan langsung dengan air . Simpulan yang ditarik merepresentasikan pokok bahasan karya tulis.4 .1 . 3.1.1 .logis dan sistematis. 4.1. Teknik analisis data bersifat deskriptif argumentatif.3 .1. Sumur merupakan faktor penting di dalam konsep pemanasan udara ini . serta didukung dengan saran praktis sebagai rekomendasi lanjut. Matahari merupakan faktor terpenting dari konsep ini . selain itu tower juga berfungsi untuk mengalirkan air dari tower menuju kesalah satu bagian rumah yang membutuhkan air .

Konsep ini tidak hanya dapat digunakan untuk menaikkan air sumur ke atas tower . 4. lalu pada siang hari tower dipanaskan oleh sinar matahari sampai suhu di dalam tower cukup tinggi dan tekanan udaranya rendah . tower dirancang agar dapat menyimpan air bila belum digunakan oleh anggota keluarga . Pipa air merupakan faktor pendukung dari konsep pemanasan udara ini . Di dalam konsep pemanasan udara ini . Cara Kerja Konsep Pemanasan Udara Cara kerja konsep ini sangat sederhana. 4. Tetapi faktor ini juga berperan penting dalam proses pengaliran air dari tower menuju bagian dalam rumah yang membutuhkan air . Karena pada malam hari suhu di tower tetap tinggi dan tekanan udaranya tetap rendah bila dibandingkan dengan tekanan udara di sumur yang tekanan udaranya tetap tinggi .4. . PENGGUNAAN Konsep pemanasan udara ini dapat digunakan kapanpun .5 . yaitu tower di cat hitam dan di taruh di atas tepatnya di atas sumur yang jarak sekitar 2 meter . baik siang hari maupun malam hari . nantinya akan dialirkan ke dalam rumah seperti keran yang ada di dapur bila dibutuhkan . tetapi konsep ini juga dapat digunakan untuk menaikkan helicopter ( Jan Bahyl ) Dengan kemudahan yang di terima ini akan mempercepat dan mempermudah kegiatan rumah tangga khususnya dalam menaikkan air sumur ke atas tower . Setelah ada perbedaan tekanan udara antara sumur dan tower maka air yang ada di sumur dapat naik menuju tower . Setelah air sumur sampai tower .1. sehingga pada malam hari konsep ini dapat berjalan seperti halnya pada siang hari .2 .3 .

Bagi sipapun yang ingin menerapkan konsep ini akan mendapat kemudahan dalam kehidupan rumah tangga yang berhubungan dengan konsep pemanasan udara ini . Kesimpulan Dari hasil pembahasan yang telah dilakukan . maka dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut .1.1. 5.2 .1 . 5. Alat yang digunakan untuk konsep pemanasan udara ini sangat sederhana dan sangat mudah di dapat .BAB V PENUTUP 5. Cara penggunaan konsep ini begitu sederhana karena lebih banyak menggunakan tenaga alam dan berpedoman pada teori-teori yang sudah dikemukakan oleh para ahli .1 .

2. baik siang maupun malam hari .1. 5. Konsep pemanasan udara dapat digunakan kapanpun .5.2 . Masyarakat disarankan memanfaatkan konsep pemanasan udara sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dengan cara yang mudah . cepat . maka dapat kami sarankan . dan biaya murah 5. sehingga tidak memungkinkan udara masuk ke dalam tower dan tekanan udara di tower tetap rendah sehingga proses menaikkan air sumur ke atas tower dapat berjalan seperti pada siang hari yang selalu ada panas sinar matahari . Pemerintah diharapkan mensosialisasikan pemanfaatan konsep pemanasan udara dalam upaya menghemat sumber daya alam ( SDA ) dan pengembangan sumber daya manusia ( SDM ) .3 .1 .2 . 5.2.3 . Karena pada malam hari suhu di tower tetap hangat karena tidak ada rongga udara sedikit pun .2. . 5. SARAN Dari hasil kesimpulan yang telah didapatkan . Para peneliti dan pengamat teknologi diharapkan melakukan penelitian lebih lanjut mengenai pemanfaatan pemanasan udara untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga . sbagai berikut .