You are on page 1of 9

LEMBAR KERJA

PENERAPAN PENDEKATAN TEMATIK TERPADU
Oleh
Peserta kab Tap Selatan
1. Drs.SUTAN SIREGAR
2. MADDIAN LUBIS.S.Pd
3. Hj.DARMAWATI NASUTION .S.Pd I

Petunjuk Pengisian Lembar Kerja Keterpaduan (Tematik Terpadu)
1. Bukalah Buku Siswa Tema, Subtema, dan Pembelajaran tertentu
2. Cermatilah dan lakukan identifikasi pada bagian-bagian yang
menunjukkan keterpaduan pengetahuan, keterampilan, dan sikap.
3. Cermatilah dan lakukan identifikasi bagian-bagian yang menunjukkan
keterpaduan muatan mata pelajaran.
4. Tuliskan halaman yang memuat keterpaduan yang Anda temukan dan
tuliskan penjelasan keterpaduannya.
Kelas
Tema
Subtema
Pembelajaran

:
:

VI
1. Selamatkan Makhluk Hidup

:
:

1. Tumbuhan Sumber Kehidupan

Pembelajaran
PB 1

Penjelasan Keterpaduan
halaman 10
Pada kegiatan ini,
Ada keterpaduan sikap, pengetahuan dan ketrampilan.
Sikap : rasa ingin tahu, kemandirian, kecermatan dan
ketelitian
Pengetahuan : Bagian-bagian tumbuhan
Ketrampilan : Menggambar
Hal 4-5
Pengetahuan : bagian-bagian bunga dan cara
penyerbukan tanaman.
Keterampilan : Keterampilan mengamati dan
menyajikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan.
Kegiatan ini memadukan kompetensi IPA tentang cara
perkembangbiakan tanaman jagung dan Bahasa
Indonesia tentang teks investigasi.

fungsi lingkungan) .3.(artikel).BI (artikel surat kabar.Pengetahuan (bagian-bagian teks. tanaman tropis. kerjasama) .Pengetahuan (dataran tinggi dan dataran rendah.Sikap (bekerjasama) .Ketrampilan: Membaca artikel .Sikap (peduli dan menghormati orang tua).1. Hal 26 .IPS/KD 3. membuat laporan invertigasi. laporan investigasi) Hal 27 . .3 (letak geografis. tanaman daerah tropis) . bagian- .Pengetahuan (syarat tumbuh tanaman teh. laporan investigasi.BIN/KD 3. menulis bagian-bagian teks) .IPS (Dataran tinggi. 4. manfaat. Indonesia hal 20 Sikap : gotong royong dan tanggung jawab untuk membersihkan tempat masak Pengetahuan : Nilai-nilai pancasila dalam kegiatan gotong royong Ketrampilannya : Melakukan kegiatan mencuci.PB 2 PB 3 hal 16 Pengetahuan: Mengetahui perbedaan dan persamaan teks investigasi dan teks deskripsi Ketrampilan : Membuat diagram venn hal 17-19 sikap percaya diri.Sikap (Diskusi.Keterampilan (Presentasi. seluk beluk pohon teh) BI (artikel surat kabar. kecermatan dan ketelitian Pengetahuan : Memeroleh pengetahuan cara membuat kreasi makanan olahan dari umbi-umbian Keterampilan: membuat produk olahan dari bahan umbi-umbian hal 19 Keterpaduan mupel: SBdP dan Bhs.Keterampilan (membaca artikel) . tanaman teh. jenis tumbuhan dataran tinggi dan rendah. memasak dan membersihkan peralatan Keterpaduan mupel: SBdP dan PPKn Hal 25 . sebaran tanaman teh.1 dan 4. etnis di Indonesia) . .

gambar tumbuhan sumber kehidupan di berbagai wilayah Indonesia) BI (keterampilan membaca teks) Hal 29 . menarik kesimpulan) Hal 31 . Indonesia negara kepulauan) .Keterampilan (mengamati peta. ekonomi. . membandingkan) . Indonesia negara kepulauan.Keterampilan (mencari informasi. mata pencaharian. kerjasama kelompok. tanggung jawab) . disiplin. ketelitian) . menjawab. membuat peta Fikiran) . mengidentifikasi dan membaca tabel.IPS (peta sebaran ketinggian. menulis laporan. geografis. tumbuhan sumber kehidupan) . rasa ingin tahu. membaca data.Pengetahuan (Posisi geografis Indonesia.Pengatahuan (kondisi geografis.bagian teks) IPS (teh dan tanaman daerah tropis lainnya) Hal 28 . media informasi) BI (laporan.IPS (geografis.Keterampilan (membaca teks.Pengetahuan (Peta sebaran ketinggian. tabel.Sikap (Tanggung jawab. kehidupan masyarakat dataran tinggi/rendah) BI (Teks bacaan. merumuskan kesimpulan. jenis tumbuhan. Dataran rendah dan tinggi dan jenis tumbuhannya. peta fikiran) .IPS (Posisi geografis Indonesia. ekonomi. menjawab pertanyaan) Hal 30 .Sikap (Peduli lingkungan. Dataran rendah dan tinggi dan jenis tumbuhannya. wawancara.Pengetahuan (tumbuhan dan bentang alam. wawancara. membaca teks) . pantai.Sikap (mengamati. teliti) . lingkungan tempat tinggal.

manfaat tumbuhan. keadilan) . kosa kata baku) PJOK (Makanan sbg sumber energi dan kesehatan. tanca baca.Keterampilan (terampil menggebok dan menghindari sentuhan bola. bermain rounders dan kasti. lapangan kasti. bermain boyboyan. mata pencaharian) BI (membuat peta fikiran.Sikap (sportif.Pengetahuan (tatacara bermain rounders.Keterampilan (membuat peta fikiran. melempar dan menangkap bola) . teknik dan taurannya) .Sikap (Tanggung jawab.BI (membuat laporan. olahraga untuk kesehatan) Hal 33 . berimajinasi ttg kondisi geografis lingkungan) . menghargai orang lain. kerjasama.Sikap (bersukur kpd Tuhan atas ciptaanNya) . manfaat tumbuhan.Sikap (kerja kelompok.Keterampilan (Bermain rounders dan Boy-boyan) . jenis tumbuhan. lapangan rounders. bermain boy-boyan.IPS (kondisi geografis. PJOK (permainan rounders dan kasti) Hal 35 . mata pencaharian) . kekompakan). membuat laporan.Keterampilan ( mempresentasikan hasil kerja. kerja kelompok. terampil menggunakan tanda baca) . kosa kata) . disiplin) PJOK (tatacara bermain rounders. peralatan permainan rounders) .Pengetahuan (pengertian dan teknik bermain rounders.Pengetahuan (tanda baca. teknik dan taurannya) Hal 34 .Pengetahuan (jenis-jenis lemparan dalam permainan rounders) . mendeskripsikan kondisi geografis dan pengaruh bagi manusia) Hal 32 .

terampil bermain rounders sesuai aturan) .Keterampilan (keterampilan melempar dan menangkap bola) .: Membaca grafik IPA: Vitamin . terampil bermain rounders sesuai aturan.Keterampilan (Terampil menangkap dan melempar bola.Pengetahuan (Cara melakukan lemparan.Keterampilan (terampil melempar bola dalam permainan rounders) . teknik menangkap bola) .Sikap (disiplin dan sportif) PJOK (keterampilan melempar bola dalam permainan rounders) Hal 36 . sportif. kerjasama) PJOK (Teknik melempar dan menangkap bola) Hal 37 . presentasi. menulis hasil wawancara) IPS (hubungan antara kondisi geografis dan jenis tumbuhan di lingkungan tempat tinggalmu) PB 4 Hal 39-46 Pengetahuan: manfaat tumbuhan bakau Sikap Sosial: peduli lingkungan Pengetahuan: Kondisi geografis daerahnya Sikap Spiritual: syukur Keterampilan: membuat poster Keterampilan: membaca grafik Pengetahuan: Angka Kebutuhan Gizi Keterampilan: membuat tabel Keterampilan: membaca tabel IPA: Tumbuhan bakau BI: Menulis IPS: Aktifitas masyarakat untuk lingkungan BI/SBdP: membuat poster Mat.. jujur. wawancara. wawancara) .PJOK (cara menangkap bola. tanggung jawab. percaya diri.Sikap (Toleransi.BI (Wawancara. menangkap dan melempar bola.Sikap (disiplin. menulis hasil wawancara) .Pengetahuan (cara menangkap bola. disiplin. tanggung jawab) .

56 Mengumpulkan dan mengolah data. dan bertanggung jawab Pengetahuan Halaman : 49.: Membaca grafik IPA: Vitamin 45 Mat/IPA: Menghitung kebutuhan vitamin 45 Mat. mengasosiasi.: Membuat Tabel 46 Mat/IPA: membaca dan mengolah data dalam tabel 52 PB 5 Sikap Halaman: 51.: Membuat Tabel Mat/IPA: membaca dan mengolah data dalam tabel 39-40 IPA: Tumbuhan bakau 42 BI: Menulis IPS: Aktifitas masyarakat untuk lingkungan 43 BI/SBdP: membuat poster 44 Mat. 57 Daun cocor bebek yang berkembang biak secara vegetatif alami Nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari. 53. 54. melakukan percobaan. 55. 52. teliti. 53. 50. kegiatan ini memadukan kompetensi IPA tentang cara . 55 Peduli. 56. menghitung. 57 Keterpaduan antar mata pelajaran. 52. operasi hitung. 53.Mat/IPA: Menghitung kebutuhan vitamin Mat. 53. 51.bentuk pecahan biasa. 52. desimal dan persen Ketrampilan Halaman : 51. mecipta serta mengomunikasikan Keterpaduan antar mata pelajaran: Halaman : 52. 56.

yaitu bahasa Indonesia. Kita harus saling menyayangi. Tampak pada keluarga ini ada penghayatan yang dalam untuk mengamalkan rasa peduli dan tanggung jawab terhadap hewan dengan memberi makan pada unggas dan sapi peliharaannya. dan manusia dengan lingkungan alam perlu menjalin hubungan yang harmonis. Melihat dan memerhatikan gambar-gambar di halaman ini. kita langsung mendapat kesan betapa senangnya kita melihat keluarga ini.perkembangbiakan cocor bebek secara vegetatif alami. mengembangkan keterpaduan tiga mata pelajaran. 68. Dia bikinkan kandangnya sapi dan ayam. dan 69 Tampak pada halaman 67 ini keterpaduan sikap. keempat dan sila kelima serta kompetensi matematika dalam operasi hitung campuran. Begitu pula. kompetensi PPKn nilai yang terkandung pada pancasila ( sila ketiga . Dengan hewan pun begitu. Keluarga ini patut diteladani. dia menjual sapinya. Mereka memberkan makanannya. Dalam gambar ini pula. Keluarga ini adalah keluarga yang rajin bekerja dalam memenuhi kebutuhan keluarganya. Apabila mereka hendak menyekolahkan anaknya. PB 6 Pada halaman 67. Manusia harus bersyukur dan berterima kasih kepada TUHANnya melalui peribadahannya. Kita tidak boleh saling mengganggu atau mengejek yang teman satu dengan teman lainnya. dan keterampilan dalam pembelajaran 1 ini. desimal dan persen. Kegembiraan dan rasa bahagia di keluarga ini ketika kita melihat anak dan orangtua tersenyum dan tertawa sambil mengangkat kedua tangannya kepada ibunya yang mlihat kakaknya sedang memberi makan ayamnya. hubungan orang tua dengan anak perlu dibangun sedemikian rupa. Hubungan harmonis antara manusia dengan manusia pun penting. IPA. Inilah keluarga . Manusia dan TUHAN. dan bekerja sama untuk kebaikan kita bersama. pengetahuan. dan matematika. Begitu hubungan teman kelas dengan teman lain juga perlu lakukan dengan baik. Dia bisa menjual susu yang diperah dari sapinya. dia melihat ayahnya yang telah melakukan hal yang sama terhadap sapinya. manusia dan manusia. saling membantu. Betapa bersahabatnya keluarga ini dengan hewan-hewan peliharaannya.

kita bisa tahu bahwa teks ini tdak mungkin dapat hadir di depan kita kalau tidak ditulis seorang penulis yang baik hati. Meski ini tidak mudah dilakukan. Kita bisa makan sup ayam atau telur mata sapi sebagai konsumsi makanan sehat dan bergizi dari ayam yang kita pelihara. ayam. Pengetahuan dan ilmulah yang membekali keluarga ini sehingga terampil dan senang memelihara hewan-hewan peliharaannya. Hanya keluarga yang beriman. Tampatk di sini ada keterpaduan mapel Bahasa Indonesia. dan lele pada paragraf satu dan dua. IPA. Inilah kompetensi yang mengantar keluarga ini memiliki kecakapan hidup dalam membangun rumah tangganya yang baldatun warabbulgafar gemah ripa rohjenawi yang kita semua inginkan dan dambakan bersama. berilmu. dan Matematika. percaya diri. Semoga keluarga ini adalah keluarga yang patuh dan taat beribadah kepada TUHAN-nya. Kita harus mempunyai pikiran bagaimana cara mendapat uang sebagai modal usaha. Dia bisa menyaksikan kesibukan pamannya bekerja sebagai petani yang beternak sapi. Dia pasti hendaknya pesan kepada kita betapa rajin bekerja untuk mendapatkan penghidupan yang layak dan bahagia. Kita menjumpai di dalam teks ini betapa baiknya keponakan yang tahu berziarah ke pamannya. AMIN RA. dan bertanggungjawablah yang dapat melakukan dengan baik dan bersama-sama dalam membangun keluarga sakinah mawaddah warahmah untuk mencapai kesejahteraan di dunia dan kebahagiaan pula di akhirat nanti. Dengan memelihara hewan ini kita dapat mendapatkan kesejahteraan keluarga dan rumah tangga. .yang rajin dan bahagia. Pada halaman 68 dan 69 Begitu membaca teks di halaman 68 ini. berakhlak muila.