You are on page 1of 3

Ular

Ular adalah reptil yang tak berkaki dan bertubuh panjang. Ular memiliki sisik seperti
kadal dan sama-sama digolongkan ke dalam reptil bersisik (Squamata). Perbedaannya adalah
kadal pada umumnya berkaki, memiliki lubang telinga, dan kelopak mata yang dapat dibuka
tutup. Ular merupakan salah satu reptil yang paling sukses berkembang di dunia. Di gunung,
hutan, gurun, dataran rendah, lahan pertanian, lingkungan pemukiman, sampai ke lautan,
dapat ditemukan ular. Hanya saja, sebagaimana umumnya hewan berdarah dingin, ular
semakin jarang ditemui di tempat-tempat yang dingin, seperti di puncak-puncak gunung, di
daerah Irlandia dan Selandia baru dan daerah daerah padang salju atau kutub.
Ular memakan mangsanya bulat-bulat; artinya, tanpa dikunyah menjadi kepingkeping yang lebih kecil. Gigi di mulut ular tidak memiliki fungsi untuk mengunyah,
melainkan sekedar untuk memegang mangsanya agar tidak mudah terlepas. Agar lancar
menelan, ular biasanya memilih menelan mangsa dengan kepalanya lebih dahulu. Beberapa
jenis ular, seperti sanca dan ular tikus, membunuh mangsa dengan cara melilitnya hingga tak
bisa bernapas. Ular-ular berbisa membunuh mangsa dengan bisanya, yang dapat
melumpuhkan sistem saraf pernapasan dan jantung (neurotoksin), atau yang dapat merusak
peredaran darah (haemotoksin), dalam beberapa menit saja. Bisa yang disuntikkan melalui
gigitan ular itu biasanya sekaligus mengandung enzim pencerna, yang memudahkan
pencernaan makanan itu apabila telah ditelan.
Unta

Unta memiliki beberapa keistimewaan yang memungkinkan bagi unta bertahan hidup
berhari-hari tanpa air dan makanan. Selain itu, unta mampumengangkut beban ratusan
kilogram selama berhari-hari. Bulu mata unta memiliki sistem pengaitan. Dalam keadaan
bahaya, bulu ini secara otomatis menutup. Bulu mata yang saling berkait ini mencegah
masuknya debu ke mata. Hidung dan telinga ditutupi oleh bulu panjang agar terlindungi dari
debu dan pasir. Unta memiliki punuk, yaitu gundukan lemak yang terdapat di punggung.
Punuk unta menyediakan sari makanan bagi hewan ini ketika ia mengalami kesulitan
makanan dan kelaparan. Dengan demikian, unta dapat hidup hingga tiga minggu tanpa air.
Kaki unta memiliki ukuran besar. Bentuk kaki seperti ini secara khusus "diciptakan" untuk
membantunya berjalan di atas pasir tanpa terperosok. Kaki unta memiliki telapak yang luas
dan menggembung. Selain itu, kulit tebal khusus di bawah telapak kaki merupakan
perlindungan terhadap pasir yang sangat panas.

dan derajat . Sedangkan domba betina tidak memiliki tanduk. Semut juga bisa berkomunikai dengan semut lain melalui bau. Keunggulan lainnya adalah penghasil daging yang sangat baik dan mudah dipelihara. bagaimana cara mereka hidup. Kadang-kadang dijumpai adanya domba tanpa daun telinga. tapi isi dan kulitnya berwarna putih. Lantas. dan menyentuh. melengkung ke belakang berbentuk spiral.Domba Bertubuh besar dan lebar. selain itu dengan leher yang kokoh dan tubuh yang besar.700 hektare. bukan? Nah. dan telah banyak diusahakan di Indonesia. Dengan mengecap. membau. Lobak Lobak adalah tumbuhan yang masuk ke dalam famili Cruciferae. sedangkan betina 30-40 kg. Semut mengeluarkan bau khusus sebagai tanda bahaya. Pacet. Tahukah kalian bahwa beberapa jenis semut bermata buta? Semut juga tidak memiliki telinga. Cipanas. Domba priangan jantan memiliki tanduk besar dan kuat. Semut memiliki dua buah antena di kepalanya. dan pangkal tanduk kanan dan kiri hampir menyatu. kuat. Domba jantan mempunyai berat 4080 kg. membau. Antena digunakan untuk menyentuh. mulut semut di gunakan untuk mengecap. dan Bedugul. Tanaman lobak berasal dari Tiongkok. dan terletak di belakang tanduk. semut-semut itu sedang mengikuti bau yang diciuminya. Semut berinteraksi dengan sesamanya menggunakan sentuhan antena. semut dapat menemukan benda di sekitarnya. Tanah yang baik untuk tanaman lobak adalah tanah gembur. Kalian pernah melihat barisan semut panjang. Luas areal tanaman lobak di Indonesia saat ini berkisar 15. semut keluar dari sarangnya. mengandung humus (subur). Semut juga mengeluarkan bau untuk menunjukan keberadaan makanan. panjang telinga sedang. Saat ini daerah yang banyak ditanami lobak adalah dataran tinggi Pangalengan. Sementara itu. Untuk mencari makan. dahi konveks. domba ini sesuai untuk domba aduan. lapisan atas tanah yang tidak mengandung kerikil (batu-batu kecil). Tanaman yang mudah ditanam baik di dataran rendah maupun pegunungan. Bentuk umbi lobak seperti wortel. Keunggulan domba priangan ini adalah kulitnya merupakan salah satu kulit dengan kualitas terbaik di dunia. dan merasakan getaran bunyi. SEMUT Semut merupakan serangga yang bersarang di dalam tanah. lehernya kuat.

Kubis Kubis. Batangnya biasanya berduri. Kelompok Capitata ini dimanfaatkan daunnya untuk dimakan. Kubis berasal dari Eropa Selatan dan Eropa Barat dan. dan lebih besar lagi untuk jenis yang ditanam. Tumbuhan dengan nama ilmiah Brassica oleracea L. dengan mahkota yang memiliki lima lobus. di Pulau Jawa lebih dikenal sebagai terong) adalah tumbuhan penghasil buah yang dijadikan sayur-sayuran. Ukurannya 10– 20 cm (4-8 inci) panjangnya dan 5–10 cm (2-4 inci) lebarnya. Warna bunganya antara putih hingga ungu. Tanaman ini tumbuh hingga 40–150 cm (16-57 inci) tingginya. kop atau kepala (capitata berarti “berkepala”). Terung ialah terna yang sering ditanam secara tahunan. Untuk penanaman pada musim kemarau. kobis. Buah tepung berisi. dianggap sebagai hasil pemuliaan terhadap kubis liar B. Waktu penanaman yang cocok adalah saat musim hujan atau awal musim kemarau. tanaman harus cukup air. Terung berkerabat dekat dengan kentang dan leunca.) adalah tanaman dari suku Solanaceae yang memiliki umbi batang yang dapat dimakan dan disebut "kentang" pula. Kentang Kentang (Solanum tuberosum L. walaupun tidak ada bukti tertulis atau peninggalan arkeologi yang kuat. dengan daun yang melebihi 30 cm (12 inci) dan 15 cm (6 inci) panjangnya. Daun ini tersusun sangat rapat membentuk bulatan atau bulatan pipih. Asalnya adalah India dan Sri Lanka. yang disebut krop. oleracea var. Jenis-jenis setengah liar lebih besar dan tumbuh hingga setinggi 225 cm (7 kaki). Benang sarinya berwarna kuning. sylvestris. Terung (Solanum melongena. dengan diameter yang kurang dari 3 cm untuk yang liar. dengan lobus yang kasar. kol. . Daunnya besar. atau kobis bulat adalah nama yang diberikan untuk tumbuhan sayuran daun yang populer.keasaman tanah 5-6. dan agak jauh dari tomat. Umbi kentang sekarang telah menjadi salah satu makanan pokok penting di Eropa walaupun pada awalnya didatangkan dari Amerika Selatan.