You are on page 1of 10

Asuhan Keperawatan Stase Maternitas

Disusun Oleh :
MERY JASMORO S.KEP

PROGRAM PROFESI KEPERAWATAN
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN
MUHAMMADIYAH SAMARINDA
2016

S : 19 tahun Diagnosis Medis : G2P0A1 (Usia beresiko hamil) Agama : Islam Pendidikan : SMP Pekerjaan Alamat DATA UMUM : Ibu Rumah Tangga : Jln.5.113082. S DENGAN USIA BERESIKO UNTUK HAMIL Nama Mahasiswa : MERY NPM : 14.ASUHAN KEPERAWATAN PADA NY.74 . Samanhudi Gang An. Noor No.0059 Puskesmas : Puskesmas Sambutan Inisial Klien Usia : Ny.

Tekad Usia : 41 tahun Pendidikan terakhir : SMP Agama : Islam Suku : Jawa Pekerjaan : Swasta 1. a Sarinten 36 Shinta 19 M.Nama KK : Tn. 2. 7 Pendidika Pekerjaa Hubunga n n n n dgn P P L SMP SMP SD IRT IRT Pelajar KK Istri Anak Anak P L SMA Swasta Anak Menantu Abiansy 4. 5.5 30 Abdi 2. 3. GENOGRAM . a Naura Nur 2. KOMPOSISI KELUARGA N Nama Usi Jenis o Anggot a Kelami 1.

Keterangan Genogram: : Laki-laki : Perempuan : Laki-laki Meninggal : Perempuan Meninggal : Pasien (Riwayat abortus pada kehamilan ke 3) : Tinggal serumah 3. Jenis Keluarga Multigenerational Family (keluarga dengan beberapa generasi atau kelompok umur yang tinggal bersama dalam satu rumah) .

000. Sedangkan pekerjaan suami adalah sebagai karyawan swasta dengan penghasilan per bulan sebesar 2. 6. peran. hubungan sexual. Adapun tugas perkembangannya yaitu membina hubungan intim dan memuaskan. Adapun tugas perkembangannya yaitu persiapan menjadi orang tua.000. Tahap Perkembangan a. Status sosial ekonomi Pekerjaan klien saat ini menjadi IRT.4. adaptasi dengan perubahan anggota keluarga. dan . serta mendiskusikan rencana memiliki anak. dan kelompok sosial. b. Tahap dan tugas perkembangan keluarga saat ini Pasangan Baru Pada keluarga ini adanya bentukan keluarga baru. teman. Praktik budaya yang mempengaruhi kesehatan Saat ini pasien tidak menggunakan praktik budaya apapun yang dapat mempengaruhi kesehatan 5. Tahap dan tugas perkembangan yang belum terpenuhi Pada keluarga ini tahapan dan tugas perkembangan yang belum terpenuhi adalah tugas perkembangan yang akan datang ketika anak mereka baru lahir yang disebut dengan tugas perkembangan keluarga “child bearing” kelahiran anak pertama. membina hubungan dengan keluarga lain. interaksi.

Fasilitas kesehatan yang tersedia . Denah rumah Dapur WC Kamar 2 Kamar 1 Ruang Tamu 8. 7.kegiatan. sehingga sirkulasi udara tidak cukup dengan ukuran rumah. b. Ketika musim hujan. Lantai rumah pasien tidak licin. memiliki ventilasi udara namun hanya pintu dan jendela dibagian depan rumah. Karakteristik rumah Kondisi rumah pasien di tengah pemukiman padat. Lingkungan a. ukuran rumah kecil dan sempit. rumah sering terendam banjir. tempat penampungan air tertutup. mempertahankan hubungan yang memuaskan dengan pasangan. Sinar matahari hanya masuk melewati pintu rumah pasien dan hanya pada pagi hari saja.

Stress / masalah jangka panjang yang berkaitan dengan kesehatan . 10. Mengambil keputusan : Keluarga sudah memeriksakan kehamilannya di Bidan Praktik secara rutin bersama dengan suaminya.Fasilitas kesehatan yang tersedia saat ini adalah Puskesmas Sambutan dan Bidan Praktik 9. c. Memelihara lingkungan: Keluarga belum mampu untuk memelihara lingkungan dengan baik e. Struktur keluarga Pola komunikasi keluarga yang berkaitan dengan kesehatan Pola komunikasi dalAm keluarga berjalan dengan baik. Stress dan koping keluarga a. dimusyawarahkan bersama. dibawa ke Puskesmas Sambutan d. Merawat anggota keluarga : Jika ada anggota keluarga yang sakit. Fungsi keluarga a. Menggunakan fasilitas kesehatan: Keluarga sudah dapat menggunakan fasilitas kesehatan 11. jika ada permasalahan. Mengenal masalah kesehatan : Keluarga belum mengetahui bahwa hamil pada usia muda (19 tahun) dapat menimbulkan masalah kesehatan pada bayi yang akan dilahirkan atau mengalami BBLR (Berat Bayi Lahir Rendah) b.

sehingga pasien takut jika akan keguguran dan kehamilannya saat ini menunjukkan TFU yang rendah 19 cm yang tidak sesuai dengan usia kehamilannya saat ini yaitu 28 minggu c. Riwayat kesehatan No 1. Amggota Riwayat Kesehatan Kondisi kesehatan Keluarga Ayah (KK) saat ini Terdeteksi DM dan DM sedang menjalani pengobatan terapi diit dan . suaminya selalu menemani saat pasien melakukan pemeriksaan kehamilannya. karena pasien pernah mengalami keguguran pada calon anak pertamanya dulu. 12. Harapan keluarga terhadap petugas kesehatan Harapan keluarga terhadap petugas kesehatan adalah mampu menyelesaikan masalah kesehatan yang sedang dialami 13.Klien mengatakan tidak memiliki masalah jangka panjang yang harus segera diselesaikan b. Respon keluarga terhadap masalah / stress – strategi koping Pasien mengatakan. Stress / masalah jangka pendek yang berkaitan dengan kesehatan Pasein mengatakan sempat memiliki strss pada awal kehamilannya.

14. Pasien mengatakan rutin melakukan pemeriksaan kehamilan. Masalah keperawatan sesuai prioritas a. HPHT : 13 11 2015 Tafsiran Persalinan : 20 agustus 2016 TTV :  TD : 120/80 mmHg  Nadi : 88 x/mnt  TB : 144 cm  BB : 45 kg  TFU: Presentasi bayi di fundus adalah bokong Presentasi punggung berada di sebelah kanan Presentasi di atas simpisis pubis adalah kepala. belum masuk PAP . memakan-makanan yang bergizi seperti buahbuahan dan sayuran b. Memotivasi pasien untuk tetap memeriksakan kehamilannya secara teratur di pelayanan kesehatan c. Menjelaskan tentang komplikasi persalinan b. Keluarga tidak mengetahui jika usia 19 tahun akan beresiko terjadi komplikasi c. Tindakan yang telah dilakukan a. Evaluasi a. Melakukan pemeriksaan ANC 16. Resiko terjadinya komplikasi persalinan berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga mengenal masalah kesehatan 15.

DJJ : 140 x/menit .