You are on page 1of 4

KORUPSI DI INDONESIA

Mata Kuliah Agama MU 113 K

Oleh :
Aberson Cesar Widiatmoko
Ardhikajaya Wahyu Prasetya
Agus Sulistiyono
Benedicta Yolanda K
Dona Bella
Lerlina Adolfina Manowally
Khanifa Nurul Khaq

41201311
412013013
41203016
412013015
412013014
412013018
412013017

Fakultas Biologi
Universitas Kristen Satya Wacana
Salatiga
2014

PENDAHULUAN

dan pemerintahan akan tetapi di dalam lingkup konteks agama juga ada kasus korupsi. RUMUSAN MASALAH 1. Mengapa menghubungkan korupsi dengan kekristenan ? karena kekristenan sendiri memiliki sudut pandang sendiri dalam melihat korupsi di kehidupan nyata saat ini .Pada zaman ini kita telah mengetahui korupsi. Jadi perundang-undangan Republik Indonesia mendefenisikan korupsi sebagai salah satu tindak pidana. Disini akan membahas korupsi dengan sudut pandang korupsi dalam iman kekristenan. dan pada kenyataannya tingkat korupsi di Indonesia telah meningkat setiap tahun . Kolusi dan Nepotisme. Korupsi merupakan permasalah yang mendesak yang harus segera diatasi. tergambar adanya peningkatan dan pengembangan berbagai model-model korupsi. pasal 1 menjelaskan bahwa tindak pidana korupsi sebagaimana maksud dalam ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang tindak pidana korupsi. Kasus korupsi itu sendiri merupakan kasus yang tidak hanya ada di umum saja secara khususnya di DPR. Apa penyebab orang-orang melakukan korupsi ? PEMBAHASAN Korupsi adalah suatu permasalahan global yang harus menjadi keprihatinan semua orang. Praktik korupsi biasanya sejajar dengan konsep pemerintahan totaliter. Bahkan telah menjadi peringkat nomor 2 didunia dengan demikian tingkat korupsi di Indonesia ini sudah meningkat sangat drastis . bahkan di gereja pun ada di naungi kasus korupsi. agar tercapai pertumbuhan serta geliat ekonomi yang stabil dan benar. diktator yang . Bagaimana korupsi dari sudut pandang iman kristen ? 2. Berbagai catatan tentang korupsi yang setiap hari diberitakan oleh media massa baik cetak maupun elektronik. Pada sekarang ini korupsi telah merajalela. maka ini yang akan di bahas dalam pandangan kristen dalam korupsi. MPR. Bagaimana membangun iman kristen yang teguh ? 3. Dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas dari Korupsi.

baik secara hukum maupun sosial telah dijelaskan pula sebab dan . Dengan adanya perkembangan pengetuan kita diajarkan untuk memahami dunia namun iman kita berguna untuk mengendalikan diri dari pemahaman dunia yang berlebihan . perlunya kita mengerti perkembangan kekristenan di Indonesia . Korupsi selalu menyebabkan situasi sosial-ekonomi tak pasti (uncertenly). Ketidakpastian ini tidak menguntungkan bagi pertumbuhan ekonomi dan peluang bisnis yang sehat. Namun perkembangan Pengetahuan ini Memisahkan Manusia dari Imannya karena diajarkan secara logis . Seharusnya kita Mengabaikan argumen para rasionalis dan mempercayai insting kita . Selalu terjadi asimetris informasi dalam kegiatan ekonomi dan bisnis. Korupsi merupakan tindakan yang buruk pada pembahasan pertama telah dijelaskan arti korupsi dari penjelasan tersebut telah dimengerti bahwa tindakan korupsi tersebut adalah tindakan yang tidak baik . bahkan bisa lebih parah praktek korupsinya. Dimana bahwa Investigasi harus di batasi pada bidang –bidang dimana pengetahuan dimungkinkan untuk diketahui . disimpulkan oleh Poerwadaminta dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia “Korupsi ialah perbuatan yang buruk seperti penggelapan uang. hal ini terbukti dengan banyak nya sumber – sumber di luar Indonesia yang merupakan asal-usul Kekristenan. Agar kita dapat memisahkan pengetahuan dari iman kita. Sebelum memasuki hal tersebut agar lebih rinci .bukan pengetahuan. tidak berarti dalam sistem sosialpolitik yang demokratis tidak ada korupsi. Mungkin ada beberapa yang masih memiliki iman yang teguh .theologi dan etika harusnya di hindari . penerimaan uang sogok dan sebagainya. hal ini membuat Iman Kristen di goyahkan . misalnya matematika .Kekristenan di Indonesia adalah Kekristenan yang tidak dapat dianggap homogen . Klaim-klaim spekulatif tentang topik-topi tertentu di dalam metafisika .meletakkan kekuasaan di tangan segelintir orang. hal-hal seperti ini seharusnya diterima atas dasar Iman . maka menunjukan bahwa iman merupakan kekuatan dan kepercayaan yang ada pada nurani manusia . Pada alkitab di Ibrani 11 :1 tertulis bahwa Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat. Seiring berkembangnya zaman modern yang di mana pengetahuan berkembang pesat. Maka dari itu adanya kesadaran diri dalam menciptakan iman dan keteguhan dalam iman kristen . Namun. Arti kata korupsi yang telah diterima dalam pembendaharaan kata Bahasa Indonesia itu .

Namun pada modern ini manusia lebih mementing kepentingan individualismenya . mengumpulkan harta tetapi memaknai firman Allah yaitu menjalan kan perintahnya.akibat yang ditimbulkan korupsi bahwa akibat yang ditimbulkan dari korupsi tidak penah berdampak positif melainkan berdampak negatif . karena korupsi termasuk mencuri yaitu mencuri uang rakyat. Hak seorang pejabat pemerintah telah ada yaitu menerima pendapatan sesuai yang ditentukan oleh negara. Pada sudut pandang iman kristen jelas bahwa korupsi merupakan tindakan yang salah karena pada Keluaran 20 : 15 pada Kesepuluh Firman dimana menjelasakan “Jangan mencuri” mengapa timdakan korupsi ini berhubungan dengan firman Allah “jangan mencuri”. . namun masih saja kurang dan korupsi maka pejabat tersebut mencuri uang rakyat yang dimana seharusnya uuang rakyat itu di seharusnya untuk membantu rakyat-rakyat yang miskin . tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah” artinya bahwa manusia hidup bukan untuk makan. Mengapa terjadi nya korupsi ? karena iman yang dianut tidak teguh. Seharusnya perlu direnungkan atau dimaknai pada Matius 4: 4 tertulis bahwa “manusia hidup bukan dari roti saja. mendapat fasilitas dari negara.