You are on page 1of 19

BAB II

LANDASAN TEORI, PENELITIAN YANG RELEVAN, DAN
KERANGKA BERFIKIR
A. Landasan Teori
1. Aplikasi dan Sistem
a. Definisi Aplikasi
Aplikasi berasal dari kata application yang artinya penerapan,
lamaran, penggunaan. Secara istilah aplikasi adalah program siap pakai
yang dibuat suatu fungsi bagi pengguna atau aplikasi yang lain dan
dapat digunakan oleh sasaran yang dituju.
Menurut Jogiyanto (1992:12), "Penggunaan dalam suatu komputer,
instruksi (instruction) atau pernyataan (statement) yang disusun dengan
sedemikian rupa sehingga komputer dapat memproses input menjadi
output."
Menurut kamus besar bahasa Indonesia (1998:52), "Penerapan dari
rancangan sistem untuk mengolah data yang menggunakan aturan atau
ketentuan bahasa pemerograman tertentu. Aplikasi adalah suatu
program komputer yang dibuat untuk mengerjakan atau melaksanakan
tugas khusus dari pengguna."
b. Definisi Sistem
Menurut Jogiyanto (2005:2), "Sistem adalah kumpulan dari elemenelemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Sistem
ini menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan yang nyata.
kesatuan yang nyata adalah objek nyata. seperti tempat, benda, dan
orang-orang yang betul-betul ada dan terjadi."
Menurut Mc Leod (2001), "Sistem adalah sekelompok elemen yang
terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan."

keadaan dan sebagainya yang direkam dalam bentuk angka. c. "sistem adalah kumpulan dari bagian/komponen apapun baik fisik maupun non fisik yang saling berhubungan satu sama dengan yang lainnya dan bekerja sama secara harmonis untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Elemen Sistem terdiri dari : 1) Perangkat Keras (Hardware) Hardware/perangkat keras adalah peralatan di sistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat dipegang. 2) Perangkat Lunak (software) Software/perangkat lunak adalah program yang berisi perintahperintah untuk melakukan pengolahan data. peristiwa. gambar. Elemen Sistem Elemen sistem adalah kumpulan komponen yang saling berkaitan dan bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan tertentu. atau kombinasinya. Karakteristik Sistem Suatu sistem mempunyai karakteristik atau sifat yang tertentu yaitu : 1) Komponen Sistem (Components) Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi dan bekerja sama membentuk . bunyi. d. huruf simbol. 3) Teknisi (Brainware) Manusia yang terlibat di dalam mengoprasikan serta mengatur sistem komputer. teks. hewan. Basis dapat diartikan sebagai markas atau gudang.Sedangkan menurut Susanto (2007). tempat berkumpul sedangkan Data adalah representasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia. 4) Basis Data (Database) Basis Data terdiri dari 2 kata. yaitu Basis dan Data. barang.

6) Keluaran Sistem (Output) Keluaran adalah hasil dari energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna dan sisa pembuangan. Keluaran dapat merupakan masukan untuk subsitem yang lain. 3) Lingkungan Luar Sistem (Environments) Lingkungan luar sistem adalah segala sesuatu yang berada di luar sistem yang berpengaruh terhadap operasi sistem. Melalui penghubung ini memeungkinkan sumber-sumber daya mengalir dari satu subsistem ke subsistem lainnya. sedangkan informasi adalah keluarn yang dibutuhkan.satu kesatuan. panas yang dihasilkan adalah keluaran yang tidak berguna dan merupakan hasil sisa pembuangan. Komponen-komponen sistem atau elemen-elemen sistem dapat berupa suatu subsistem atau bagian-bagian dari system. 4) Penghubung Sistem (Interface) Penghubung Sistem merupakan media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem lainnya. . 2) Batas Sistem (Boundary) Batas sistem merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem lainnya atau dengan lingkungan luarnya. Batas sistem ini memungkinkan suatu sistem dipandang sebagai suatu kesatuan. Batas suatu sistem menunjukan ruang lingkup dari suatu sistem tersebut. Misalnya untuk sistem komputer. 5) Masukan Sistem (Input) Masukan Sistem adalah data ataupun energi yang dimasukan ke dalam sistem baik berupa masukan perawatan (maintenance input) maupun masukan sinyal (signial input). dimana setiap subsistem tersebut memiliki fungsi khusus dan akan mempengaruhi proses sistem secara keseluruhan.

Suatu sistem dikatakan saling berkaitan bila mengenai sasaran atau tujuan. sistem produksi. Interaksi diantara bagian-bagiannya dapat dideteksi dengan pasti. 3) Sistem diklasifikasikan sebagai sistem tertentu dan sistem tentu. 8) Sasaran Sistem (Objectives) Suatu sistem pasti mempunyai sasaran (objective). Sistem buatan manusia adalah sistem rancangan manusia yang dirancang dan diproses untuk menghasilkan sesuatu sesuai dengan keinginan perancang sistem. . maka operasi sistem tidak akan ada gunanya. sehingga keluaran dari sistem dapat diramalkan. Suatu sistem produksi akan mengolah masukan berupa bahan-bahan baku menjadi keluaran berupa barang jadi. diantaranya adalah sebagai berikut : 1) Sistem diklasifikasikan sebagai sistem abstrak dari sistem fisik. sistem akutansi. Sistem fisik merupakan sistem yang ada secara fisik. f. Sistem abstrak adalah sistem yang berupa pemikiran atau ide-ide yang tidak tampak secara fisik. Klasifikasi Sistem Sistem dapat diklasifikasi dari beberapa sudut padang. 2) Sistem diklasifikasikan sebagai sistem alamiah dan sistem buatan manusia. tidak dibuat manusia. Kalau suatu sistem tidak mempunyai sasaran. Sasaran dari sistem sangat menentukan sekali masukan yang dibutuhkan sistem dan keluaran yang akan dihasilkan sistem. Misalnya sistem komputer.7) Pengolahan Sistem (Process) Pengolahan akan mengubahn masukan menjadi keluaran. Sistem tertentu beroperasi dengan tingkah laku yang sudah dapat diprediksi. Sistem alamiah adalah sistem yang terjadi melalui proses alam.

karena informasi yang sudah usang tidak akan mempunyai nilai lagi. Relevan. Dengan kata lain.Sistem tak tentu adalah sistem yang kondisi masa depannya tidak dapat diprediksi karena mengandung unsur probabilitas. “Informasi adalah hasil analisis dan sintesis terhadap data. Sistem ini menerima masukan dan menghasilkan keluaran untuk lingkungan luar atau subsistem lainnya. Pengertian Informasi Menurut Abdul Kadir (2003 : 7).” Berdasarkan definisi diatas dapat disimpulkan bahwa informasi adalah suatu hasil yang diperoleh dari proses pengolahan data sehingga bermanfaat bagi seseorang (pengguna informasi). c. Akurat. berarti informasi tersebut mempunyai manfaat untuk pemakaianya. dan juga berarti informasi harus jelas mencerminkan maksudnya. berarti informasi yang datang pada penerima tidak boleh terlambat. Sistem ini bekerja secara otomatis tanpa adanya turut campur tangan dari pihak luarnya. Tepat pada waktunya. dan relevansi informasi untuk tiap-tiap orang satu dengan yang lainnya berbeda. . Sistem tertutup merupakan sistem yang tidak berhubungan dengan lingkungan luarnya. informasi dapat dikatakan data sebagai yang telah diorganisasikan ke dalam bentuk yang sesuai dengan kebutuhan seseorang. berarti informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak bias atau menyesatkan. 4) Sistem diklasifikan sebagai sistem tertutup dan sistem terbuka. 2. yaitu : a. Sistem terbuka adalah sistem yang berhubungan dan terpengaruh dengan lingkungan luarnya. Kualitas informasi sangat dipengaruhi dan ditentukan oleh tiga hal. b.

DFD ini sering disebut juga dengan nama Bubble cahrt. dimana data tersimpan. Leitch / K. fasilitas. model proses. media. khususnya bila fungsi-fungsi sistem merupakan bagian yang lebih penting dan kompleks dari data yang dimanipulasi oleh sistem. memproses tipe transaksi rutin tersebut. DFD ini adalah satu alat pembuatan model yang sering digunakan. atau model fungsi.” Sistem informasi dapat didefiniskan seebagai suatu sistem didalam suatu organisasi yang merupakan kombinasi dari orang-orang-orang. mendukung operasi. Diagram Alir Data Data Flow Diagram (DFD) menurut Andri Kristanto (2003 : 55) menjelaskan “Data Flow Diagram adalah suatu model logika data atau proses yang dibuatk untuk menggambarkan dari sistem. teknologi. bersifat manajerial dan kegiatan stategi dari suatu organisasi dan menyediakan bagi pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan. Menurut Robert A. Bubble diagram. Tingkat atau level DFD terdiri dari : .3. prosedur-prosedur dan pengendalian yang ditujukan untuk mendapatkan jalur komunikasi penting. diagram alur kerja. Pengertiaan Sistem Informasi Informasi merupakan komponen penting dalam suatu sistem informasi dibutuhkan bagi manajemen untuk pengambilan keputusan atau kebijakan. memberi sinyal kepada manajemen dan yang lainnya terhadap kejadian-kejadian internal dan eksternal yang penting dan menyediakan suatu dasar informasi untuk pengambilan keputusan yang cerdik. Roscoe dalam Jogiyanto hartono M (2011 : 11) mendefinisikan sistem informasi sebagai berikut : “Sistem informasi adala hsuatu sistem didalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian. proses apa yang menghasilkan atau tersebut dan interaksi antara data tersimpan dan proses yang dikenalkan pada data tersebut”. 4.

Normalisasi merupakan peralatan yang digunakan untuk melakukan proses untuk pengelompokan data menjadi tabel-tabel yang menunjukan entitas dan relasinya. serta bagaimana data yang satu berhubungan dengan data yang lain. Entity Relationship Diagram (ERD) Menurut Hanif Al Fatta (2007 : 121) “Entity Relationship Diagram (ERD) adalah model konseptual yang mendeskripsikan untuk memodelkan struktur data dan hubungan antar data. a. Dalam proses normalisasi. Model ERD dapat duji dengan mengabaikan proses yang harus dilakukan. karena hal ini relative kompleks”. Tujuan normalisasi 1) Untuk meminimalkan kerangka data . 5. Diagram Rinci Merupakan diagram paling bawah. dan dilakukan proses normalisasi kembali sampai di peroleh tabel yang optimal. juga diketahui data apa yang diperlukan. Diagram Nol Merupakan diagram antar konteks dan diagram rinci yang menggambarkan proses utama dari DFD yang sedang dikembangkan.a. Diagram Konteks Merupakan diagram yang tingkatannya paling tinggi. b. persyaratan sebuah tabel masih harus dipecahkan menjadi beberapa lagi. yang merupakan penguraian dari proses yang ada pada diagram nol. yang terdiri dari suatu proses dan menggambarkan ruang lingkup sistem. 6. c. Normalisasi Menurut jogiyanto (2006 : 403) mengatakan "normalisasi adalah proses untuk mengorganisasikan file untuk menghilangkan gruoup elemen yang berulang-ulang".

normalisasi tahap 1. sehingga dalam membaca diagram alir dapat langsung mencarinya dengan di kamus data". normalisasi tahap 2. Kamus Data Menurut Jogiyanto dalam bukunya Analisa dan Desain Sistem informasi (2005 :725) "Kamus data merupakan katalog fakta. Pada tahap ini harus diusahakan tidak ada field dalam suatu tabel yang berulang. 3) Memaksimalkan stabilitas struktur data. 3) Normalisasi tahap 2 Pada tahap ini dilakukan penentuan field kunci dari masing-masing tabel. dan normalisasi tahap 3. dan delete yang menimbulkan anomali yang terjadi eror. data bisa jadi mengalami duplikasi.2) Untuk menghindarkan terjadinya insert. 2) Meminimalkan resiko data yang tidak konsisten. c. Kamus data merupakan suatu daftar elemen yang terorganisir dengan definisinya tetap dan sesuai dengan sistem. 2) Normalisasi Tahap 1 Pada tahap ini dibentuk tabel-tabel yang menampung data yang ada dan dikelompokan berdasarkan sesuatu karakteriktis tertentu. Manfaat normalisasi 1)Meminimalkan terjadinya anomali pada operasi record. Tingkatan normalisasi Secara umum proses normalisasi dibagi menjadi empat tahap yaitu tahap bentuk tidak normal. 4) Normalisasi tahap 3 Pada tahap ini dilakukan penentuan relasi antar tabel. update. sehingga user dan analisa . b. 7. Kunci tersebut harus unik dan dapat mewakili tabel. 3) Terjadinya struktur data yang konsisten. sehingga akan ditentukan adanya field kunci sekunder pada tabel-tabel tertentu. 1) Bentuk Tidak Normal Pada tahap ini semua data yang ada direkam tapa format tertentu.

d. Maka nama arus dat juga dicatat di kamus data. yaitu : 1) Dari satuan luar proses. 3) Hasil dari proses yang direkam. Nama Arus Data Karena kamus data dibuat berdasarkan arus data yang mengalir di DFD. Alias Alias atau nama lain dari data yang ditulis bila nama lain tidak ada. data yang mengalir ini biasanya berbentuk suatu field (item data). dan komponen data store. c. b. data yang mengalir ini biasanya terdapat media laporan atau query tampilan layar atau dokumen hasil cetakan komputer. output. Kamus data berisikan data sebagai berikut : a. Untuk menunjukan struktur dari alur data secara rinci maka dibentuklah kamus data. Menguraikan hubungan yang terinci antara data store dalam suatu ERD. Menguraikan komposisi paket data pada alur data ke dalam alur yang lebih kecil. Pembentukan kamus data didasarkan pada alur data yang terdapat pada DFD bersifat global. . Mengspesifikasikan nilai dan unit informasi dalam alur data dan data store.sistem mempunyai pengertian yang sama tentang input. Menguraikan arti alur data dan data store dalam DFD b. Menurut Kristanto (2003 : 66) "Kamusdata adalah kumpulan elemen- elemen atau simbol-simbol yang digunakan untuk membantu dalam pengembangan atau pengindentifikasian setiap field atau file didalam sistem". data yang mengalir biasanya tercatat di suatu dokumen atau formulir. Bentuk Data Bentuk data dibentuk melalui proses atau arus data yang mengalir. 2) Hasil dari suatu proses ke proses yang lain. c. kemudian disimpan. Kamus data mendefinisikan data elemen dengan cara : a.

Kelas terdiri atas metode-metode mengembalikan informasi yang melakukan pekerjaan dan setelah melakukan tugasnya.d. Volume Yang perlu dicatat dalam kamus data adalah tentang rata-rata puncak dari arus data. Arus Data Arus data menunjukan darimana data mengalir dan kemana data menuju. Sekilas tentang JAVA a. Java API telah menyediakan fungsionalitas yang memadai untuk menciptakan applet dan aplikasi canggih. Struktur Data Struktur data menunjukan arus data yang perlu dicatat di kamus data yang terdiri dari item data. Kelas-kelas ini diorganisasikan menjadi sekelompok yang disebut paket (package). e. Periode Periode ini menunjukan kapan terjadinya arus data ini. Pengertian JAVA Java adalah bahasa pemerograman tingka tinggi yang berorientasi objek dan program java tersusun dari bagian yang disebut kelas. Penjelasan f. g. Kelas merupakan satu-satunya cara untuk menyatakan bagaimana eksekusi program. Pada . Para pemerogram java banyak mengambil keuntungan dari kumpulan kelas di pustaka kelas java. 8. tidak ada cara lain. Jadi ada dua hal yang harus dipelajari dalam java yaitu. h. yang disebut dengan java application programming interface (API). mempelajari bahasa java dan bagaimana mempergunakan kelas pada java API.

disebut objek. interpreter merupakan modul utama sistem java yang digunakan aplikasi java dan menjalankan program bytecode java. Deskripsi ringkas OOP adalah mengorganisasikan program sebagai kumpulan komponen. Java merupakan bahasa pemerograman berorientasi objek (OOP) yaitu cara ampuh dalam pengorganisasian dan pengembangan perangkat lunak. Ini merupakan keunggulan java yaitu statically typed. Bagi pemrogram yang sudah mengenal bahasa C++ akan cepat belajar susunan bahasa java namun arus waspada karena mungkin java mengambil arah (semantiks) yang berbeda dibanding C++. Kelas bertindak sebagai modul sekaligus tipe. Sebagai tipe pada saat jalan. Objek-objek ini ada secara independen. Java dirancang agar mudah dipelajari dan digunakan secara efektif. mempunyai aturanaturan berkomunikasi dengan objek lain dan memerintahkan objek lain guna meminta informasi tertentu atau meminta objek lain mengerjakan sesuatu. Pemaksaan ini memungkinkan kompilator java menentukan dan . Seluruh objek diprogram harus dideklarasikan lebih dulu sebelum digunakan.java. Pada OOP. program komputer sebagai kelompok objek yang saling berinteraksi. Beberapa keunggulan java yaitu java merupakan bahasa yang sederhana. serta banyak pekerjaan pemerograman yang mulanya harus dilakukan manual. program java untuk mengkompilasi file kode sumber java menjadi kelas-kelas bytecode. namun sekarang digantikan dikerjakan java secara otomatis seperti dealokasi memori.java. Java tidak mengijinkan pewarisan jamak namun menyelesaikan kebutuhan pewarisan jamak dengan fasilitas antar muka yang lebih elegan. File kode sumber mempunyai ekstensi *. Kelas dapat mewarisi kelas lain. Java tidak menyediakan fiutr-fitur rumit bahasa pemerograman tingkat tinggi. Kompilator java menghasilkan file bytecode kelas dengan ekstensi *.class. program menciptakan suatu objek-objek yang merupakan instan-instan kelas.

Begitu telah tercipta file .melaporkan kejadian pertentangan (ketidakkompatibelan) tipe yang merupakan brikade awal untuk mencegah kesalahan yang tidak perlu (seperti mengurangkan variabel bertipe integer dengan variabel bertipe string).class dengan menggunakan kompilator java di platform manapun. manajer keamanan menangani keamanan tingkat aplikasi dengan mengendalikan apakah program berhak mengakses sumber daya seperti sistem file. dimanapun dijakankan". Java menggunakan model pengamanan tiga lapis (three-layerscurity model) untuk melindungi sistem dari untrustied java code. Platform independence adalah kemampuan program bekerja di sistem operasi berbeda. Kedua. Bahasa java merupakam bahasa yang secara sempurna tidak bergantung platform.class tersebut dapat dijalankan di platform manapun jadi "dimanapun dibuat. port jaringan. Ketiga. Tipe variabel java mempunyai ukuran sama di semua platform sehingga variabel bertipe integer berukuran sama tidak peduli dimana program java dikompilasi. slogan ini biasa diringkas sebagai Write Once. run anywehre (WORA). . Thread adalah untuk menyatakan program komputer melakukan lebih dari satu tugas di satu waktu yang sama. maka file . program mempunyai lebih dari satu thread eksekusi pada saat yang sama sehingga memungkinkan program menangani beberapa tugas secara konkuren. Kebaikan lain fitur ini adalah kode program lebih dapat dioptimasi untuk menghasilkan program berkinerja tinggi. bytecode verifier membaca bytecode sebelum dijalankan dan menjamin bytecode memenuhi aturan-aturan dasar bahasa java. Pencegahan sedini mungkin diharapkan menghasilkan program yang bersih. Java termasuk bahasa Multitreading. proses eksternal. Java menyediakan kelas untuk menulis program multithreaded. Tipe variabel java mempunyai ukuran sama di semua platform. dan sistem window. class loader menangani pemuatan kelas java ke runtime interpreter. Pertama.

Dan mudah dijalankan diberbagai platform. menghilangkan keperluan aritmatika pointer yang berbahaya dan mudah menjadi salah. Native method secara dinamis akan di-link ke program java. Dukungan native method memungkinkan p emrogram menulis fungsi yang dapat di eksekusi lebih cepat dibandingkan fungsi ekivalen di java. Memori pada java secara otomatis dilengkapi dengan garbage collector yang berfungsi mendealokasi memori yang tidak diperlukan. Program java mendukung native method yaitu fungsi dibahasa lain.Program Java melakukan garbage collection yang berarti program tidak perlu menghapus sendiri objek-objek yang tidak digunakan lagi. Tampilan grafis yang akan ditampilkan terhubung dengan program . Java menerapkan array sebenarnya. Kita tidak lagi dibebani urusan korupsi memori. Ketika kesalahan yang serius ditemukan. Java mempunyai mekanisme exception-handling menyediakan cara untuk memisahkan antara bagian penanganan kesalahan dengan bagian kode normal sehingga menuntun ke struktur kode program yang lebih bersih dan menjadikan aplikasi lebih tegar. Tidak ada lagi upaya yang dilakukan pemrogram untuk melakukan dispose(). Exception dapat ditangkap dan dikelola program tanpa resiko membuat sistem yang menjadi turunan. Fasilitas ini mengurangi beban pengelolaan memori oleh pemrogram dan mengurangi atau mengeliminasi sumber kesalahan terbesar yang terdapat di bahasa yang memungkinkan alokasi dinamis. program java menciptakan exception. menghilangkan pewarisan jamak (multiple inheritance) diganti fasilitas antarmuka. Grafical User Interface (GUI) adalah salah satu kmampuan java dalam mendukung dan manajemen antar muka berbasis grafis. biasanya C/C++. yaitu dialokasikan dengan program saat berjalan. Selain itu keuntungan menggunakan bahasa pemerograman java antara lain.

dan sebagainya. windows. yaitu suatu cara pengembangan komponen dengan pemisahan penyimpanan dan penanganan data dari representasi visual data. JTextArea. sehingga dengan mereka yang sudah terbiasa dengan C/C++ tidak akan mengalami kesulitan dalam mempelajari bahasa pemrograman . Dengan AWT. scrollbar. dapat membuka window. Penggunaan komponen AWT ditandai dengan adanya instruksi : import java. Komponen swing berdasarkan modelview. Elemen dasar di java untuk penciptaan tampilan berbasis grafis adalah dua pake yaitu AWT dan Swing. Swing lebih memiliki banyak komponen. Fasilitas Swing Look and feel : metal. swing merupakan perbaikan kesalahan AWT. dan menu pull-down. Bahasa pemrograman java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang umum digunakan untuk mengembangkan aplikasi basis data yang diubat menggunakan MySQL. Beberapa perbedaan AWT dan Swing.*.serta tempat penyimpanan data.awt. Kelebihan dan Karakteristik Java Sintaks bahasa pemrograman java adalah pengembangan dari bahasa pemrograman C/C++. Sementara. dan komponen seperti button. pengguna komponen swing ditandai dengan adanya instruksi : import javax. motif.. Selain itu komponen swing umumnya diawali dengan huruf "J". JPanel. Teknologi swing menggunakan dan memperluas gagasan-gagasan AWT. textfield. menggambar. Banyak kelas swing menyediakan komponen alternatif terhadap AWT.swing. JFrame. misalnya JButton. JTextField.*. atau disebut juga "Another Windowing Toolkit". Contohnya kelas Jbutton swing menyediakan fungsionalitas lebih banyak di bandingkan kelas button. manipulasi gambar. Abstract Windowing Toolkit (AWT). adalah pustaka windowing bertujuan umum dan multiplatform serta menyediakan sejumlah kelas untuk membuat GUI di java. AWT merupakan komponen heavyweight (kelas berat) sedangkan Swing lightweight (kelas ringan). JLabel.

dan juga batasan-batasan data yang akan disimpan. Berkinerja tinggi. Basis data merupakan aspek yang sangat penting dalam sistem informasi dimana basis data merupakan gudang penyimpanan data yang akan diolah lebih . Interpreted. pemrograman java dapat melakukan sesuatu tindakan yang ditentukan pada saat eksekusi program dan pada saat kompilasi program. Byte code java telah teroptimasi dengan baik sehingga eksekusi program dapat dilakukan dengan cepat. Java adalah bahasa pemrograman yang sederhana dan tangguh. java telah menerapkan proses pemrograman berorientasi object yang modern dalam implementasinya Robust. aplikasi yang dibuat dengan bahasa java lebih dapat dijamin keamanannya terutama untuk aplikasi internet. java java tidak terkait pada suatu mesin atau mesin operasi tertentu. Netral secara arsitektur. Terdistribusi. java mendorong pemrograman yang bebas dengan kesalahan yang bersifat strongly typed dan memiliki run time checking. Pengertian Database Database atau basis data adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer dan dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (program aplikasi) untuk menghasilkan informasi. java telah di desain untuk berjalan pada lingkungan yang terdistribusi seperti halnya internet. java mendukung pemrograman multithreading dan teritegrasi secara langsung ke dalam bahasa java. Aman. pemrograman java berjalan pada system oprasi apapun yang memiliki java virtual machine. java menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah untuk dipelajari. b. Sederhana. aplikasi java bisa di eksekusi pada platform yang berbeda-beda karena melakukan interpretasi pada byte code. Berorientasi Objek. Mutithreading. Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi berupa tipe data.java. Berikut ini adalah beberapa karakteristik dan java sesuai dengan white paper dari SUN. Portabel. struktur. Dinamis.

dan juga update yang rumit. DBMS merupakan sistem perangkat lunak yang memungkinkan user untuk memelihara. Penelitian yang Relevan Peneliti melakukan penelusuran terhadap penelitian-penelitian terdahulu guna mempelajari beberapa masalah serta solusinya sesuai dengan penelitian yang dilakukan penulis. Dengan kata lain semua akses ke basis data akan ditangani oleh DBMS. organisasi data. Jadi sistem menyembunyikan informasi tentang bagaimana data disimpan.lanjut. Penulis juga menggunakan penelitian skripsi diantaranya sebagai berikut : 1. Pertimbangan efisien di sini adalah bagaimana merancang struktur data yang kompleks tetapi masih tetap bisa digunakan oleh pengguna awam tanpa mengetahui kompleksitas strukturnya. hubungan antar data yang tidak jelas. dan mengakses data secara praktis dan efisien. penelitian pertama adalah penelitian yang dilakukan oleh Siska dan Lili Syafitri (2012) dengan judul "ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN PERSEDIAN BARANG DAGANG PADA PT. Proses memasukkan dan mengambil data ke dan dari media penyimpanan data memerlukan perangkat lunak yang disebut dengan sistem manajemen basis data (database management system | DBMS). SUNGAI BUDI DI PALEMBANG". dan tetap dapat diambil (akses) secara efisien. Penelitian ini bertujuan untuk . dapat menangani permintaan pemakai untuk mengakses data. c. Ada beberapa fungsi yang harus ditangani DBMS yaitu mengolah pendefinisian data. memeriksa sekuriti dan integriti data yang didefinisikan oleh DBA (Database Administrator). menangani kegagalan dalam pengaksesan data yang disebabkan oleh kerusakan sistem maupun disk. Tujuan utama dari DBMS adalah untuk memberikan tinjauan abstrak data kepada user (pengguna). Basis data menjadi penting karena dapat menghidari duplikasi data. dan menangani unjuk kerja semua fungsi secara efisien. mengontrol. dipelihara.

mengetahui sistem pengendalian persediaan barang dagang pada PT. Sistem yang digunakan semuanya berbasis program Komputer Lunak . Sungai Budi di Palembang. Sistem pencarian yang mudah 3. guna mendapatkan gambaran yang jelas mengenai pengendalian intern persediaan barang dagang yang di terapkan. Dokumen Berita Acara Perjanjian 3. 2. Server Kondisi yang diharapkan : 1. Sulit untuk mencari dokumen 3. Penelitian yang kedua yang dilakukan oleh Tengku Nurmaliza (2009) dengan judul "ANALISIS PENGENDALIAN INTERN ATAS PERSEDIAAN BARANG DAGAN PADA PT. Perangkat Kerjasama 2. Kerangka Berfikir Kondisi saat ini : 1.data : 1. Dokumen Formulir Faktor pendukung : 1. Pelaporan yang kurang rinci 2. 9. Dokumen 2. Java Dekstop 5. Sistem pemberkasan masih ada ada yang manual Data . Perangkat 4. Sistem Analisa sistem Transform dan Adjusment Yang sedang berjalan Operasi 3. SABDA CIPTA JAYA" bertujuan untuk menjaga persediaan barang tersebut dari halhal buruk yang mungkin tidak diinginkan dapat terjadi. Sistem pelaporan yang terinci 2.

Sistem permberkasan masih ada yang manual Dokumen yang ada selama ini yang di simpan dan telah dijadikan menjadi file hanya disimpan di dalam Filling Cabinet dan sebagian di harddisk. Kondisi yang diharapkan a.1. maka pelaporan dapat diketahui semua oleh semua pihak internal yang berwenang untuk mengetahuinya. tidak bisa di perinci selain nama file. 2. c. b. Sulit dalam pencarian dokumen Dokumen yang dicari hanya terbatas nama file saja. Sistem pencarian yang mudah . b. Kondisi saat ini a. Pelaporan yang terinci Dengan adanya sistem pemberkasan secara terprogram. Pelaporan yang kurang rinci pelaporan yang masih manual dan harus menggabungkan rekapan data untuk dijadikan menjadi satu laporan.

c. .Dokumen yang dicari lebih mudah dan lebih cepat dikarenakan pencarian bisa dilakukan tidak hanya dengan satu kata kunci atau tidak berdasarkan nama filenya saja. Sistem pemberkasan berbasis program Dokumen yang sebelumnya hanya dapat di simpan kedalam filling cabinet sekarang sudah dapat di simpan kedalam program JAVA.