You are on page 1of 5

GAMBARAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) SEKOLAH

PADA SISWA SEKOLAH DASAR GMIM LEMOH
IMAGE OF CLEAN LIVING AND HEALTHY BEHAVIOR OF SCHOOL IN
ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS GMIM LEMOH
Sendy Wowor, Ricky C. Sondakh, Dina Rombot
Bidang Minat Administrasi Kebijakan Kesehatan,
Fakultas Kesehatan Masyarakat
Universitas Sam Ratulangi Manado
ABSTRACT
Background: Health status of the child at this time can’t be said to be either because there are
still many health problems especially among school children . Behavioral health problems in
children of primary school age are usually associated with personal hygiene, environment and the
emergence of a variety of diseases that often affects school age children, turns are generally
associated with Clean and Healthy Lifestyle. Health problems that occurring school age children
increasingly clear that values of clean and healthy lifestyle behaviors in schools is still minimal
and has not reached the expected level. Therefore, we need an intervention to increase knowledge,
attitudes and actions of clean and healthy lifestyle on the child school. The behavior of living clean
and healthy schools is a set of behaviors that are practiced by learners, teacher and school
environment based on public awareness, so as to prevent diseases improve health, as well as play
an active role in creating healthier environment. This research aims to know the image clean and
healthy lifestyles in elementary school students GMIM Lemoh. Methods: The study was a
qualitative method. Number of samples in the study as many 150 respondents. Data collection
through interviews using questionnaire. Results: an overview of knowledge 96.1% categorized
very well, 90.8% attitude representation categorized very well and 76.8% action picture
categorized either. Conclusion: The absence of continuity knowledge, attitudes and actions to
establish a good behavior. Knowedge level and attitude is very good but the actions of the students
have only been on either category.
Keywords: the behavior of living clean and healthy schools, elementary school students
RINGKASAN
Latar Belakang: Derajat kesehatan anak pada saat ini belum bisa dikatakan baik karena masih
banyak terdapat masalah kesehatan khususnya pada anak sekolah. Permasalahan perilaku
kesehatan pada anak usia Sekolah Dasar biasanya berkaitan dengan kebersihan perorangan,
lingkungan dan munculnya berbagai penyakit yang sering menyerang anak usia sekolah, ternyata
umumnya berkaitan dengan PHBS. Masalah kesehatan yang terjadi pada anak usia sekolah
semakin memperjelas bahwa nilai-nilai PHBS di sekolah masih minimal dan belum mencapai
tingkat yang diharapkan. Oleh Karena itu diperlukan suatu kegiatan intervensi yang dapat
meningkatkan pengetahuan,sikap dan tindakan tentang PHBS pada anak sekolah. Perilaku Hidup
Bersih dan Sehat Sekolah adalah sekumpulan perilaku yang di praktekkan oleh peserta didik, guru
dan masyarakat lingkungan sekolah berdasarkan kesadaran, sehingga mampu mencegah penyakit,
meningkatkan kesehatannya, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat. Penelitian
ini bertujuan mengetahui Gambaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Siswa Sekolah Dasar
GMIM Lemoh. Metode penelitian: Penelitian ini adalah suatu penelitian yang bersifat deskriptif.
Jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 150 responden. Pengumpulan data melalui wawancara
dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian: Gambaran pengetahuan 96,1% dikategorikan
sangat baik, gambaran sikap 90,8% dikategorikan sangat baik, dan gambaran tindakan 76,8%
dikategorikan baik. Kesimpulan: belum adanya kesinambungan dari pengetahuan, sikap, dan
tindakan untuk membentuk suatu perilaku yang baik. Tingkat Pengetahuan dan sikap sudah sangat
baik tetapi tindakan siswa hanya berada pada kategori baik.
Kata kunci : Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Sekolah, Siswa Sekolah Dasar

Populasi dan Sampel dapat meningkatkan GMIM Lemoh Kecamatan pengetahuan. Jumlah anak yang cukup Latar Belakang besar yakni 30% dari jumlah penduduk Derajat kesehatan anak pada saat ini Indonesia atau sekitar 73 juta orang belum bisa dikatakan baik karena masih merupakan banyak menanamkan nilai-nilai PHBS sehingga terdapat khususnya masalah kesehatan anak sekolah. keluarga perorangan. pada bulan Februari- itu diperlukan suatu kegiatan intervensi Mei 2013 yang C. ternyata Penelitian ini adalah suatu penelitian umumnya yang bersifat deskriptif. Desain Penelitian penyakit yang sering dan menyerang anak usia sekolah. sehingga mampu mencegah (pengambilan penyakit. meningkatkan kesehatannya.sikap dan tindakan tentang Populasi target pada penelitian ini PHBS pada anak sekolah. berkaitan dengan PHBS. pada PHBS semua dapat golongan sampel secara acak). Oleh Karena Sulawesi Utara. penghapus. yang digunakan Sekolah merupakan generasi penerus bangsa yang perlu dijaga. Anak pensil. lingkungan D. Perilaku adalah seluruh siswa di Sekolah Dasar Hidup Bersih dan Sehat Sekolah adalah GMIM sekumpulan perilaku yang di praktekkan berjumlah oleh peserta didik. Tempat dan Waktu Penelitian anak usia sekolah semakin memperjelas Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah bahwa nilai-nilai PHBS di sekolah Dasar masih minimal dan belum mencapai Tombariri Kabupaten Minahasa Provinsi tingkat yang diharapkan. dengan kebersihan sekolah. guru dan masyarakat pengambilan sampel yang digunakan lingkungan yaitu dengan cluster random sampling sekolah berdasarkan Lemoh tahun 240 2013 yang siswa.Metode kesadaran. 1. Instrumen Penelitian diterapkan sehat. baik di anak usia Sekolah Dasar biasanya lingkungan berkaitan masyarakat. Terdiri dari buku tulis. ditingkatkan dan dilindungi untuk mencatat informasi yang . Masalah kesehatan yang terjadi pada B. pada masa berpotensi keemasan sebagai agen untuk perubahan Permasalahan perilaku kesehatan pada untuk mempromosikan PHBS. lingkungan dan munculnya METODE PENELITIAN berbagai A. ballpoint. Besar sampel yang digunakan adalah serta berperan aktif dalam mewujudkan sebanyak 150 siswa (responden).PENDAHULUAN kesehatannya. Perangkat alat tulis masyarakat termasuk anak usia Sekolah.

baik 61%-80%. Jenis dan Cara Pengumpulan Data Untuk sikap responden. dari hasil 1179/1500x100% = 78. yang telah diuji untuk pengetahuan validitas dan realibilitas. cukup 41%- . Gambaran Pengetahuan Untuk pengetahuan responden. 1442/1500x100% = 96. baik 61%-80%. Gambaran Sikap E. dikumpulkan dengan melakukan pengambilan data berupa profil sekolah yaitu identitas sekolah. dari hasil Pengumpulan 2 skoring yang didapatkan yaitu 1362 sumber data. kurang 21%-40%.20%. b. data jumlah siswa dan lain-lain.dianggap penting untuk keperluan X/1500x100% = Y penelitian di lapangan. dan sangat memberikan jawaban sesuai dengan kurang 0% . cukup 41%- responden bersedia 60%. Data primer. dan sangat kurang 0% .20%.8% Sikap dikategorikan sangat baik 81%100%. HASIL PENELITIAN Untuk tindakan responden dari hasil skoring yang didapatkan yaitu 1179 maka digunakan rumus (Riduwan. X/1500x100% = Y a. Kuesioner Kuesioner merupakan daftar Pengetahuan dikategorikan sangat baik pertanyaan yang diberikan kepada 81%-100%. 2009) 81%-100%. dikumpulkan dengan melakukan wawancara kepada responden langsung dengan menggunakan kuesioner. dan tindakan. 2009) DAN PEMBAHASAN X/1500x100% = Y A. 2009) data menggunakan sekunder. 1362/1500x100% = 90. yaitu data primer dan data maka digunakan rumus (Riduwan. Gambaran Tindakan Responden secara deskriptif.1% 2. Deskripsi dan Analisis Data Analisis data dilakukan C. kurang 21%-40%. untuk menentukan kategori pada pengetahuan. Komputer Perilaku Hidup Sekolah Dasar GMIM Lemoh adalah Komputer sebagai alat pengolah data sangat baik dan penyusunan laporan B.6% skoring yang didapatkan yaitu 1442 Tindakan dikategorikan sangat baik maka digunakan rumus (Riduwan. Dapat disimpilkan untuk sikap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Sekolah di Sekolah Dasar GMIM Lemoh adalah sangat baik E. sikap. baik 61%-80%. Data sekunder. Bersih dan Sehat (PHBS) Sekolah di yang 3. cukup 41%-60%. Dapat disimpilkan permintaan peneliti.

Gambaran Tindakan GMIM Lemoh. Yogyakarta: Nuha Medika. 2006. Perilaku Negatif Anak //available from adriwindrardi. Hal 21-22 kesehatan anak didiknya.com/2009/09/12/perilakunegatif-anak sekolah-dasar/). DAFTAR PUSTAKA dan Azmi. kurang 21%-40%. Pihak sekolah diharapkan dapat adriwindrardi.com/2009/09/12/studi- terus intervensi-peningkatan-PHBS-bagi- meningkatkan dan mengembangkan kegiatan kurikuler dan ekstrakulikuler berorientasi dapat kesehatan sehingga meningkatkan derajat Pengukuran tinggi (http : //available from anak/). 2012.1%) 2. Studi Intervensi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Penigkatan Perilaku Hidup Bersih dan (PHBS) Sekolah di Sekolah Dasar Sehat Bagi Anak SDN Cisalak I Depok GMIM Lemoh adalah baik (78.Diakses tanggal 07 Januari 2012 yang badan Proverawati. (http : (96.6%) Tahun 2009. Anonim.8%) 3. Lemoh Adri. Profil Sekolah Dasar Sekolah Dasar . Hubungan Antara penimbangan berat badan siswa Pengetahuan dengan Sikap Tentang dilakukan setiap bulan agar dapat Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada .60%. 2009. (Online). ditingkatkan 4. maka ditarik kesimpulan dengan baik dan efektif. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Saran (Online). pertumbuhan Pendidikan kesehatan kepada siswa Sehat (PHBS) Sekolah di Sekolah Dasar tentang GMIM Lemoh adalah Baik. dan sangat mengetahui kurang 0%. N. 2. FKM UI Jakarta.Diakses tanggal 07 Januari 2012 tentang Anggrahitha R. Dapat disimpulkan untuk perkembangan siswa. T. A 2012. Skripsi. PENUTUP Berdasarkan hasil penelitian PHBS Sekolah perlu Melaksanakan kerjasama dengan pihak Kesimpulan dan puskesmas dan dinas yang kesehatan terkait tentang PHBS dilakukan pada siswa Sekolah Dasar Sekolah sehingga dapat berjalan GMIM Lemoh. sebagai berikut: 1. Gambaran Pengetahuan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Sekolah di Sekolah Dasar GMIM Lemoh adalah sangat baik Gambaran Sikap tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Sekolah di Sekolah Dasar GMIM Lemoh adalah sangat baik (90. 2009. tindakan Perilaku Hidup Bersih dan 3. 1.

Skripsi. Pengolahan dan Hal 14-33 Analisis Data Kesehatan. 2007. 2008. FKM 23-26 Universitas Negeri Semarang.01/No. S. Jakarta : Rineka Cipta Hal 50 Notoatmodjo.2003. A. Metodologi Penelitian Jakarta: PT Index. Kesehatan. E. Semarang Nuryanti. 2009. 2009. Jurnal tanggal 07 Januari 2013 Psikobuana Vol. S. Sripsi FKM UI Notoatmodjo. 2007. Jakarta : ECG Riduwan. Gambaran Perilaku Jajan Murid Sekolah Dasar di Jakarta. 2009. L. S. Bandung: Kesehatan Di Sekolah. Budiarto.01/2009 Hal 9Habeahan J. Jakarta : Rineka Cipta Hal 89 Notoatmodjo. Yogjakarta: Depkes RI. dan Promosi Aplikasinya.com/). Riyanto. S. Jakarta : Rineka Cipta.promosikesehatan. Promosi Kesehatan di Jazamedia Hal 39 Sekolah (Online). 2010. Hal Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang. 2005. Teori 2005. E. Pusat Promosi CV Alfabeta Kesehatan Departemen Kesehatan RI. Ilmu Perilaku Pelatan Kesehatan. Hal 61-65 Kedokteran. Metodologi Penelitian Kesehatan. 2009. 2006 Panduan Promosi variable-variabel penelitian. Psikologi Anak. (http//available from ch. Sikap dan Tindakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat anak-anak di Yayasan Panti Asuhan Rapha-EI Simalingkar Kecamatan Medan Tuntungan Kota Medan. Pengetahuan. 127-128 38 . Jakarta : Rineka Cipta Hal.Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Negeri 1 Notoatmodjo. Diakses Suci. Skala pengukuran Depkes RI. Ilmu Kesehatan Masyarakat.