You are on page 1of 7

BAB II

SIFAT SIFAT UMUM AKTIVITAS MANUSIA
PERHATIAN
A. Perhatian.
A. Pengertian.
Pengertian mengenai perhatian yang diberikan oleh para ahli
psikolgi ada dua macam. Perhatian adalah perumusan tenaga psikis
tertuju pada suatu objek.
Perhatian adalah banyak sedikitnya kesadaran yang menyertai
suatu aktivitas yang dilakukan. Dapat disimpulkan bahwa dan qout:
perhatian adalah pengarahan aktivitas pemusatan kesadaran jiwa
terhadap suatu objek, baik dalam dirinya maupun diluar dirinya.
Perhatian timbul dengan adanya pemusatan kesadaran terhadap
sesuatu tetapi tidak semua objek yang bersamaan timbul menjadi sasaran
kesadaran tetapi ada dua unsure unsure objek yang dikesampingkan.
Kata perhatian, tidaklah selalu digunakan ndalam arti yang sama.
Beberapa contoh dapat menjelaskan hal ini:
a. Dia sedang memperhatikan contoh yang di berikan oleh gurunya.
b. Dengan penuh perhatian dia mengikuti kuliah yang di berikan oleh
dosen baru itu.
Kedua contoh di atas mempergunakan kata perhatian. Arti kata
tersebut, baik dalam masyarakat dalam hidup sehari hari mapun dalam
bidang psikologi kira kira sama. Karena itulah maka definisi mengenai
perhatian itu yang di berikan oleh para ahli psikolgi juga dua macam
yaitu kalau di ambil intinya saja dpat dapat di rumuskan sebagai
berikut:
a. Perhatian adalah pemusatan tenaga psikis tertuju kepada suatu objek.

Jika tingkat perhatian ialah: a.psikologi pendidikan. Daerah pinggir sekali (samar betul. ada satu orang pakai baju merah).  Pertentangan atau kontras dari stimulus (seluruh siswa pakai baju putih.h. 1 Sumadi Suryabrata. c. Daerah pinggir focus perhatian (membayang).h. b.b. yaitu dari tempat sunyi berubah ke tempat hiruk pikuk. 9. ada pula daerah yang sama sekali. Untuk dapat menangkap maksudnya hendaklah pengertian tersebut tidak di lepaskan dari konteksnya. (Langsa 2013). (Jakarta: RajaGrafindo Persada. 2 B.  Perubahan stimulus. tetapi ada yang menjadi daerah konsentrasi (sepenuhnya disadari). dengan syarat sbb:  Stimulus mempunyai kekuatan yang lebih lainnya.  Stimulus itu berulang ulang (suara beduk). (kalimatnya). Psikologi Umum Sari Perkuliahan. Sebab Terjadinya Perhatian. .  Stimulus mempunyai ukurannya lebih besar dari yang lain. Daerah tengah yaitu fokus perhatian (sadar sepenuhnya). Faktor Stimulus. 2 Abdullah Arya. tidak disadari lagi). 14. Perhatian tidak akan menjangkau seluruh wilayah stimulus. 1 Kata perhatian juga di sebut dengan adanya kesediaan ndividu untuk mengadakan perhatian dengan konsentrasi terhadap stimulus. 1. 1984). Perhatian adalah banyak sedikitnya kesadaran yang menyertai sesuatu aktivitas yang dilakukan. Dalam tulisan kedua ini pengertian (inti) itu di pakai keduanya secara bertukar tukar. Stimulus yang diamati oleh indera melalui sensori motorik diteruskan kepusat saraf yaitu otak dan setelah terjadi proses kejiwaan akhirnya menjelma dalam bentuk tingkah laku. Stimulus dapat membangkitkan perhatian. ada daerah yang kurang disadari.

2. maka perhatian tertuju pada mendapatkan sesuatu itu. maka dalam mengemukakan pehatian ini dapat aditempuh cara dengan menggolong golongkan perhatian tersebut menurut cara tertentu. 2. Perhatian terusat (konsentratif). Perhatian sekehendak (perhatian disengaja. perhatian di bedakan menjadi: 1. Perhatian tidak intensif. Atas dasar luasnya objek yang dikenai perhatian. d. Macam Macam Perhatian. b. Ada beberapa faktor penyebab:  Sifat kebiasaan individu yang senang memerhatikan sesuatu. muncul dengan sendirinya (main bola). Perhatian spontan. Faktor pada individu. Perhatian terpencar (distributif). Individu menentukan sendiri mana stimulus yang di perhatika.  Sedang membutuhkan sesuatu. h. Untuk memudahkan persoalan. maka di bedakan menjadi: 1. Atas dasar intensitasnya. opcit. Adapun golongan golongan atau macam macamnya perhatian itu adalah sebagai berikut: a. missal: lagi marah.9 . perhatian refleksi). 2. perhatian tak disengaja). c. Waktu muncul: 1. 2.3 C. perhatian di bedakan menjadi: 1. 3 Abdullah Arya. Perhatian Intensif. Atas dasar timbulnya.. yaitu banyak sedikitnya kesadaran yang menyertai sesuatu aktivitas atau pengalaman batin.  Sifat temporer dari individu. Perhatian spontan (perhatian tak sekehendak.

1. yaitu dari segi objek yang diperhatikan dan dari segi subjek yang memperhatikan. sedikit objek yang dapat diperhatikan. Kelainan atau perbedaan dari yang lain ini dapat bermacam macam yaitu: 1. 2. Banyak objek yang dicakup: 1. dapat tetap memperhatikan satu objek. 4 Surmadi Suryabrata. Perhatian sengaja. D. 1. f. opcit. 2. Di dalam mempersoalkan hal ini kita dpat melihatnya dari dua segi. a. maka dapat dirumuskan bahwa “hal yang menarik perhatian adalah hal yang keluar dari konteksnya” atau kalau dikatakan secara sederhana “hal menarik perhatian adalah hal yang lain dari lain lainnya. Dalam sebuah barisan salah seorang di antara yang berbaris itu memakai baju merah. Perhatian terpusat. lincah bergerak dari satu objek ke objek 4 yang lain. Perhatian dinamis. maka yang mondar mandir itu menarik perhatian. Di pandang dari segi praktis adalah sangat penting untuk mengetahui hal hal apa yang menarik perhatian itu. 2. sedang lain lainnya berbaju putih. dapat memperhatikan hanya satu objek. Di pandang dari segi objek. e. 2. maka si baju merah itu tentu menarik perhatian.. g. perhatian yang sengaja ditimbulkan. dapatt memperhatikan banyak objek.kecuali seorang yang masih mondar mandir. Perhatian statis. Perhatian luas. Perhatian terbagi. 14-16 . dapat memperhatikanbanyak objek. Dalam suatu pertemuan hamper semua tamu telah duduk. h. Hal Hal Yang Menarik Perhatian. Fluktuasi. Perhatian sempit.2. Konsentrasi.

5 E. 2. pengumuman untuk mahasiswa program S2 tidak menarik perhatian mahasiwa program S1. 5 Sumadi Suryabrata. Hal hal yang bersangkur paut dengan kebutuhan itu menarik perhatian. dan sebagainya. petunjuk main catur bagi penggemar catur. iklan tentang obat obatan menarik perhatian orang yang butuh membeli obat. dan sebagainya. Dan lain sebagainya. hasil penyelidikan psikologi bagi ahli psikologi. 5. h. Hal yang bersangkut paut dengan pekerjaan atau keahlian itu menarik perhatian. 4.. 4. Di pandang dari subjek yang memerhtikan maka dapat dirumuskan bahwa: Hal yang menarik perhatian adalah yang sangat bersangkut paut dengan pribadi si subjek. Iklan di suarat kabar yang di pasang terbalik menarik perhatian karena berbeda dai yang lain.16-18 . 3. penemuan benda bagi ahli sejarah. Hal yang bersangkut paut dengan kegemaran itu menarik perhatian.3. Dan lain lainnya lagi. Lampu dalam etalase took yang sebentar menyala sebentar padam menarik perhatian. Beberapa Kesimpulan Praktis. dan sebagainya. Hal yang bersangkut paut dengan pribadi si subjek itu juga dapat bermacam macam misalnya: 1. siaran panggung wayang orang bagi pengemar wayang orang.. karena lampu yang lain lain menyala terus. ceramah tentang merawat bayi bagi para bidan. iklan rumah yang butuh menyewa rumah. misalnya berita tentang pertandingan bulu tangkis bagi penggemar bulu tangkis. opcit. b.

BAB III PENUTUP . c. Dalam kenyataannya sebagian besar pelajaran justru diterima oleh murid dengan perhatian yang disengaja. Alangkah baik nya kalau tiap tiap pelajaran dapat diterima oleh murid muted dengan perhatian yang cukup intensif.a. karena itu guru atau pendidik seharusnya selalu berusaha mkenarik perhatian anak anak didiknya. Aktivitas yang disertai dengan perhatian intensif akan lebih sukses. b. Perhatian spontan atau perhatian tak disengaja cenderung untuk berlangsung lebih alma dan lebih intensif dari pada perhatian yang disengaja. perhatiannya lebih tinggi. Alangkah baik nya kalau pelajaran pelajaran dapat diterima oleh murid murid dengan perhatian yang spontan. Pengetahuan mengenai hal hal yang menarik perhatian yang telah di ketengahkan di muka dapat sangat membantu tugas ini.

Kesimpulan. Saran. . saya menyadari bahwa makalah yang kami buat ini tentu masih ada kekurangan untuk itu kritik dan saran yang konstruktif sangat saya harapkan untuk kesempurnaan makalah yang saya buat ini.A. B.