You are on page 1of 6

BAB I

PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dalam setiap kedudukan kehidupan perekonomian yang sangat dbutuhkan
oleh setiap Negara, baik Negara-negara maju dan Negara-negara berkembang
menginginkan kelancaran jalannya proses perekonomian. Sehingga membutuhkan
ketaatan-ketaatan dalam setiap proses ekonomi. Dengan adanya aspek hukum
dalam ekonomi yang mengatur setiap jalannya ekonomi, akan memperlancar dan
mengatur perekonomian dengan aturan-aturan yang telah ditentukan dan dibuat
secara kesepakatan.
Banyak orang yang menyalahgunakan aturan hukum ekonomi. Yang
seharusnya dijalankan sesuai dengan aturan yang ditentukan, tetapi karena ingin
kemudahan atau kelancaran yang lebih cepat sehingga ia mengubah aturan
tersebut. Disinilah sebenarnya bagaimana aturan dalam ekonomi itu harus di
laksanakan.
B. Tujuan
Makalah ini bertujuan untuk menambah pengetahuan tentang aspek hukum
dalam ekonomi dan mengulas kembali pelajaran mata kuliah aspek hukum dalam
ekonomi. Diharapkan juga agar dapat bermanfaat bagi kita semua.

1

Dengan adanya aspek hukum dalam ekonomi yang mengatur setiap jalannya ekonomi. tetapi karena ingin kemudahan atau kelancaran yang lebih cepat sehingga ia mengubah aturan tersebut. ekonomi dan masyarakat dalam berbagai cara dan bertindak. Pengertian Hukum Hukum adalah sistem yang terpenting dalam pelaksanaan atas rangkaian kekuasaan kelembagaan dari bentuk penyalahgunaan kekuasaan dalam bidang politik. B. sebagai perantara utama dalam hubungan sosial antara masyarakat terhadap kriminalisasi dalam hukum pidana.BAB II PEMBAHASAN A. Disinilah sebenarnya bagaimana aturan dalam ekonomi itu harus di laksanakan. Aspek Hukum Dalam Ekonomi Negara-negara maju dan Negara-negara berkembang menginginkan kelancaran jalannya proses perekonomian. akan memperlancar dan mengatur perekonomian dengan aturan-aturan yang telah ditentukan dan dibuat secara kesepakatan bersama. Sehingga membutuhkan ketaatanketaatan dalam setiap proses ekonomi. hukum pidana yang berupayakan cara negara dapat menuntut pelaku dalam konstitusi hukum menyediakan kerangka kerja bagi 2 . Banyak orang yang menyalahgunakan aturan hukum ekonomi seharusnya dijalankan sesuai dengan aturan yang ditentukan.

Sumber-sumber Hukum ada 2 jenis yaitu: 1. Tujuan Hukum Keadilan Kepastian Kemanfaatan Jadi hukum bertujuan untuk mencapai kehidupan yang selaras dan seimbang. mencegah terjadinya perpecahan dan mendapat keselamatan dalam keadilan. C. yakni UU. 3 . 2. Pengertian ekonomi dan hukum ekonomi Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. E. kebiasaan. 3. traktat dan doktrin. Sumber-sumber hukum materiil. yakni sumber-sumber hukum yang ditinjau dari berbagai perspektif. Permasalahan itu kemudian menyebabkan timbulnya kelangkaan. perlindungan hak asasi manusia dan memperluas kekuasaan politik serta cara perwakilan di mana mereka yang akan dipilih. 1. D. 2. Sumber-sumber hukum formiil. Peraturan tersebut biasanya bersifat memaksa. Inti masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan sumber daya yang jumlahnya terbatas. Sumber-sumber hukum Sumber-sumber hukum adalah segala sesuatu yang dapat menimbulkan terbentuknya peraturan-peraturan. jurisprudentie.penciptaan hukum.

sesuai dengan hak asasi manusia Misal : hukum perburuhan dan hukum perumahan Contoh hukum ekonomi : 1. Hukum ekonomi pembangunan. Turunnya harga elpiji akan menaikkan jumlah penjualan kompor gas baik buatan dalam negeri maupun luar negeri. 4 . Misal : hukum perusahaan dan hukum penanaman modal Hukum ekonomi sosial. 3. yaitu seluruh peraturan dan pemikiran hukum mengenai cara-cara pembagian hasil pembangunan ekonomi secara adil dan merata. Hukum ekonomi terbagi menjadi 2. yaitu: 1. 2. yaitu seluruh peraturan dan pemikiran hukum mengenai cara-cara peningkatan dan pengembangan kehidupan ekonomi 2. Jika harga sembako atau sembilan bahan pokok naik maka harga-harga barang lain biasanya akan ikut merambat naik. Jika nilai kurs dollar amerika naik tajam maka banyak perusahaan yang modalnya berasal dari pinjaman luar negeri akan bangkrut.Hukum ekonomi adalah suatu hubungan sebab akibat atau pertalian peristiwa ekonomi yang saling berhubungan satu dengan yang lain dalam kehidupan ekonomi sehari-hari dalam masyarakat. 4. Apabila pada suatu lokasi berdiri sebuah pusat pertokoan hipermarket yang besar dengan harga yang sangat murah maka dapat dipastikan toko-toko kecil yang berada di sekitarnya akan kehilangan omset atau mati gulung tikar.

Dengan kelancaran kegiatan ekonomi dapat memberikan hasil yang maksimal dan berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. Agar tidak ada penyalah aturan dalam jalannya kegiatan ekonomi. Saran Setiap hokum harus dilaksanakan dengan bersifat tegas. agar memberikan kelancaran dalam setiap jalannya kegiatan ekonomi. tegas dan adil menciptakan kegiatan ekonomi yang memberikan selaras dengan pertumbumbuhan perkembangan perekonomian perekonomian. adil dan jelas juga tidak memihak. B. Kesimpulan Bahwa setiap kegiatan ekonomi memerlukan kepastian hokum dalam menagatur setiap kegiatan ekonomi. Sehingga dapat berjalan dengan lancar. yang sesuai sehingga dengan yang diharapkan. Kepastian hokum yang jelas . 5 .BAB III PENUTUP A.

com/2013/06/hukum-perjanjian.com/materi-hukum/dasar-dasar-hukum-perjanjian/ http://artikelilmiahlengkap.html http://legalbanking.com/2013/05/hukum-dagang_21.wordpress.html http://nurulaini8.wordpress.html 6 .com/2012/12/pengertian-hukum-dagang.DAFTAR PUSTAKA http://odebhora.blogspot.com/2011/05/17/hak-kekayaan-intelektual/ http://srirahayu-myblog.blogspot.blogspot.