You are on page 1of 8

Ringkasan Etika Bisnis Bab 3 - Velasquez

BAGIAN II PASAR DAN BISNIS
BAB 3 SISTEM BISNIS
Pendahuluan
Perekonomian Amerika mengalami penurunan, sebagian disebabkan oleh menurunnya
kemampuan bersaing dengan negara-negara lain dalam pasar-pasar penting. Kontroversi
seputar “kebijakan industri” hanyalah salah satu dari episode besar perdebatan tentang sistem
bisnis Amerika yang telah berlangsung selama berabad-abad:
1. Apakah pemerintah perlu mengatur dan mengoordinasi aktivitas-aktivitas usaha bisnis, atau
apakah usaha bisnis bebas mengusahakan kepentingan mereka sendiri dalam pasar yang tidak
teregulasi?
2. Apakah sistem bisnis seharusnya menjadi sistem ekonomi “terencana”, atau ekonomi “pasar
bebas”?
Ideologi
Ideologi adalah sebuah sistem keyakinan normatif yang dimiliki para anggota
kelompok sosial tertentu, sedangkan ideologi bisnis adalah sistem keyakinan normatif atas
masalah-masalah di dalam bisnis khususnya yang diyakini oleh kelompok-kelompok bisnis
tertentu, misalnya para manajer.
Ideologi bisnis ini punya arti penting, ideologi bisnis seseorang kerap kali
menentukan keputusan bisnis yang dibuatnya, melalui keputusan ini, ideologi memengaruhi
perilakunya.
Sistem Pasar vs Sistem Perintah
Pasar bertujuan untuk menyelesaikan masalah-masalah ekonomi dasar ynag dihadapi semua
masyarakat: mengkoordinasi berbagai aktivitas ekonomi dari para anggota masyarakat.
Dalam sistem perintah, satu otoritas (seseorang atau komisi) membuat keputusan tentang apa
yang akan diproduksi, siapa yang akan memproduksi, dan siapa yang akan mendapatkannya.
Dalam sistem pasar bebas, semua perusahaan yang masing-masing dimiliki oleh individu
yang berbeda dan dan mencari keuntungan dengan cara yang berbeda membuat keputusan
atas apa yang mereka produksi dan bagaimana memproduksinya.

Menurut Locke.3. dianggap sebagai pengembang gagasan bahwa manusia memilki “hak alami” atas kebebasan dan “hak alami” atas properti pribadi. Asumsi individualistik yang dibuat Locke serta konfliknya dengan kewajiban untuk memberikan perhatian. saat individu dibiarkan bebas mencari kepentingannya sendiri di pasar bebas. . mengasumsikan bahwa kekuatan-kekuatan impersonal persediaan dan permintaan akan mendorong turunnya harga sampai pada tingkat paling rendah karena penjual sangat banyak dan masing-masing usaha bisnis ukurannya sedemikian kecil sehingga tidak ada satupun penjual yang mampu mengendalikan harga sebuah produk. Konflik antara hak menurut Locke dengan prinsip-prinsip keadilan 4. pertama. Kritik paling umum adalah argumen utilitarian tersebut didasarkan pada asumsi-asumsi yang tidak realistis. hukum alam “mengajarkan” setiap manusia bahwa dia memiliki hak atas kebebasan. seorang filsuf politik Inggris. Smith juga mengatakan bahwa sistem pasar kompetitif mengalokasikan sumber daya secara efisien di antara berbagai industri dalam sebuah masyarakat. namun sejumlah penulis abad ke-20 menggunakan teorinya untuk tujuan tersebut. 3. Pandangan Lokce tentang hak atas properti pribadi memiliki pengaruh signifikan pada institusi Amerika atas properti. Kritik terhadap Adam Smith Para kritikus argumen utilitarian Adam smith tentang pasar bebas dan properti pribadi dan menyatakan pendapat mereka dalam berbagai cara.2 Utilitas Pasar Bebas: Adam Smith Adam Smith (1723-1790). mereka akan diarahkan menuju kesejahteraan publik oleh sebuah “tangan tak terlihat”. Adam Smith mengasumsikan bahwa suatu masyarakat yang memiliki sistem pasar bebas berarti juga memiliki sistem properti pribadi. Meskipun Locke tidak secara eksplisit menggunakan teori hak alami untuk mendukung sistem pasar bebas. Asumsi bahwa individu memiliki “hak alami” seperti yang dinyatakan Locke 2. Konflik antara hak negatif dan hak positif 3. Kritik atas Hak Locke Para kritikus atas pandangan Locke tentang pasar bebas memfokuskan argumen mereka pada 4 kelemahan utama pandangan Locke: 1. Argumen Smith. Menurut Smith.1 Pasar Bebas dan Hak: John Locke John Locke (1632-1704). sang “bapak ekonomi modern” adalah pencetus argumen utilitarian pasar bebas.

Kedua. yang dalam hal ini menurunkan permintaan dan menciptkan pengangguran. menurut para kritikus. Pengasingan Menurut Marx. dan pemerintah. Dengan demikian. Utilitas Survival of the Fittest: Darwinisme Sosial Doktrin Darwinisme sosial dibentuk dari Charles Darwin (1809-1882). berkebalikan dengan pandangan Smith. intervensi pemerintah dalam bidang ekonomi merupakan instrumen yang diperlukan untuk memaksimalkan utilitas masyarakat. ekonomi kapitalis menghasilkan 4 bentuk “pengasingan” pekerja atau 4 bentuk pemisahan dari apa yang seharusnya menjadi milik mereka. Kritik Keynes Keynes menyatakan bahwa permintaan total atas barang dan jas adalah permintaaan dari tiga sektor ekonomi: rumah tangga. pemerintah dapat mempengaruhi secara langsung jumlah yang bisa diperoleh rumah tangga dengan menaikkan atau menurunkan pajak.3 Kritik Marx Karl Marx (1818-1883) tidak diragukan lagi merupakan kritikus paling keras dan paling berpengaruh terhadap kesenjangan yang diperkirakan terbentuk dari sistem properti pribadi dan pasar bebas. Marx mengklaim bahwa contoh-contoh eksploitasi terhadap para pekerja ini hanyalah gejala dari ketidakadilan besar yang diciptakan kapitalisme. analisis Smith salah mengasumsikan bahwa manusia hanya tertmotivasi oleh keinginan “alami” untuk mendapatkan keuntungan. yang menyatakan bahwa berbagai spesies makluk hidup berkembang akibat proses lingkungan yang mendukung kelangsungan hidup makluk hidup tertentu dan menghancurkan ynag lain. bisnis. 3. pengeluaran pemerintah bisa menutup perbedaan antara jumlah permintaan dan jumlah persediaan dengan meningkatkan permintaan dari rumah tangga dan bisnis (dan secara tidak sengaja menciptakan inflasi). kata para kritikus. argumen-argumen Smith mengasumsikan bahwa semua sumber daya yang digunakan untuk memproduksi sesuatu akan dibayar oleh produsen dan bahwa produsen akan berusaha untuk memaksimalkan keuntungan. Ketiga. Pemerintah mampu mempengaruhi kecenderungan untuk menabung atau menghemat. Individu-individu yang agresif dalam bisnis sehingga memungkinkan mereka berhasil dalam dunia persaingan bisnis adalah “yang terkuat” dan otomatis juga ynag terbaik. . Ketiga. Kedua.

Keadilan sesungguhnya berarti distribusi berdasarkan kontribusi (sumbangan). namun dibiarkan bergantung pada kepemilikan pribadi dan pasar bebas. . 4. Kapitalisme menghasilkan orang-orang dari diri mereka sendiri dengan menanamkan pandangan keliru atas apa yang mereka butuhkan dan mereka inginkan. Terhadap kritikan yang menyatakan bahwa pasar bebas menciptakan perbedaan yang tidak adil adalah. 2. meskipun perbedaan semacam ini mungkin selalu ada dalam sistem kepemilikan pribadi dan pasar bebas. namun arti tersebut harus mendukung pasar bebas. Marx menamakan kontrol sosial yang digunakan dalam memproduksi barang (atau dengan kata lain control sosial di mana masyarakat mengatur dan mengendalaikan para pekerja) sebagai hubungan produksi. Masyarakat kapitalis mengasingkan manusia satu sama lain dengan memisahkan mereka ke dalam kelas-kelas sosial yang bertentangan dan tidak sederajat serta menghancurkan komunitas dan hubungan perhatian. Fungsi Pemerintah Fungsi pemerintah sesungguhnya seperti dalam sejarah. Tanggapan 1. menurut Marx adalah untuk melindungi kepentingan-kepentingan kelas penguasa. Masyarakat kapitalis memberikan penguasaan atas hasil usaha para pekerja pada orang lain. Kapitalisme mengasingkan pekerja dari aktivitasnya sendiri. 3. Para pendukung sistem pasar bebas pada umumnya menjawab kritik bahwa pasar bebas menciptakan ketidakadilan dengan menjawab: kritik tersebut salah mengasumsikan tentang keadilan yang hanya berarti kesamaan atau distribusi menurut kebutuhan. 2. maka hasilnya tidak akan lebih dari serangkaian bencana yang seumanya cenderung merugikan kelas pekerja. Menurut Marx semua masyarakat dapat di analisis dalam kaitannya dengan 2 komponen utamanya : substruktur ekonomi dan superstruktur sosial.1. namun keuntungan-keuntungan yang diberikan pasar bebas dan kepemilikan pribadi jauh lebih penting. Bahwa keadilan dapat diberi satu arti yang jelas. 3. Pemiskinan Pekerja Mark juga mengklaim bahwa sejauh produksi dalam perekonomian modern tidak direncanakan.

Pada dasarnya. Para pengikut Smith dan Locke terus bersikeras bahwa tingkat intervensi pemerintah yang ditolerir sistem ekonomi campuran lebih banyak merugikan dibandingkan menguntungkan. pasar bebas parsial dan kepemilikan pribadi terbatas adalah apa yang umumnya yang disebut ekonomi campuran. atau lebih sempurna: Seluruh dunia sekarang setuju bahwa sitem terbaik adalah kapitalisme. ekonomi campuran mempertahankan sistem pasar dan kepemilikan pribadi namun sekaligus bergantung pada kebijakan pemerintah untuk mengatasi kekurangan-kekurangannya.3. kepemilikan pribadi dan intervensi pemerintah.4 Kesimpulan: Ekonomi Campuran Perpaduan antara peraturan pemerintah. Untung rugi penerapan kebijakan ekonomi campuran juga tetap menjadi bahan perdebatan yang berlangsung seputar konsep pasar bebas. . Pihak-pihak yang mengajukan pandangan sosialis atau Mark yang mendukung kepemilikan kolektif atas properti intelektual mnegklaim bahwa kreativitas intelektual tidak memerlukan insentif finansial ataupun sistem properti pribadi. perdebatan ini lebih difokuskan pada krisis produktifitas yang masih dialami Amerika saat bersaing dengan negara-negara lain di pasar global Sistem Properti dan Teknologi Baru Pihak-pihak yang menggunakan pandangan Locke atau utilitarian menyatakan bahwa properti intelektual haruslah dipe perlakukan seperti properti pribadi. semenjak tahun 1980-an. tidak ada lagi “kemajuan” menuju sistem ekonomi yang lebih baik. Akhir Marxisme? Dengan berakhirnya komunisme. Namun reformasi komunis tidak menunjukkan “penghapusan sama sekali” atas pandangan-pandangan Mark ataupun sosialisme.

Jumlah pembeli dan penjual relatif banyak 2. dan Hak Pasar monopoli adalah pasar yang menyimpang dari tujuan-tujuan keadilan kapitalis. Biaya dan keuntungan memproduksi sepenuhnya ditanggung pihak-pihak ynag membeli dan menjual barang-barang tersebut. Utilitas. 4. 4.1 Persaingan Sempurna Karakteristik pasar bebas persiangan sempurna: 1. Semua pembeli dan penjual bebas masuk atau meninggalkan pasar. (b) memaksimalkan utilitas pembeli dan penjual dengan mendorong mereka mengalokasikan. Setiap pembeli dan penjual mengetahui sepenuhnya apa yang dilakukan oleh pembeli dan penjual lainya. utilitas ekonomi. kuantitas atau kualitas dari barang-barang yang diperjualbelikan dalam pasar. Barang-barang yang dijual di pasar sangat mirip satu sama lain. Tidak ada pihak luar yang mengatur harga. 4. Semua pembeli dan penjual adalah ‘pemaksimal’ utilitas. Etika dan Pasar Kompetitif Sempurna Pasar dikatakan mampu mencapai tiga nilai moral utama: (a) mendorong pembeli dan penjual mempertukarkan barang dalam cara yang adil (dalam artian adil tertentu). Kurva persediaan menunjukkan seberapa besar biaya yang dibebankan produsen untuk menutup biaya produksi atas barang dalam jumlah tertentu. 5. Pasar monopoli tidak membentuk kesetimbangan. 6. menggunakan. bukan oleh pihak lain.2 Persaingan Monopoli Persaingan Monopoli: Keadilan. 7. dan mendistribusikan barang-barang dengan efisiensi sempurna. dan tidak menghormati hak-hak kebebasan. dan hak-hak negatif. dan (c) mencapai tujuan-tujuan tersebut dengan suatu cara yang menghargai hak pembeli dan penjual untuk melakukan pertukaran secara bebas. 3.BAB 4 ETIKA DAN PASAR 4. tidak memaksimalkan efisiensi. Kesetimbangan dalam Pasar Kompetitif Sempurna Kurva permintaan adalah sebuah garis yang menunjukkan jumlah paling besar yang bersedia dibayar konsumen untuk sebuah unit produk saat membeli dalam jumlah berbeda untuk produk-produk tersebut.3 Persaingan Oligopolistik .

Perjanjian eksklusif. Selanjutnya. Perjanjian Eksplisit Tindakan-tindakan tidak etis dalam pasar oligopoli melalui perjanjian eksplisit: 1.Dalam pasar oligopoli tidak banyak penjual. Pasar oligopoli didominasi beberapa perusahaan besar sehingga dikatakan pasar yang sangat terkonsentrasi. Pandangan Antimonopoli Harga dan keuntungan dalam industri-industri yang terkonsentrasi memang cenderung lebih tinggi dibandingkan yang seharusnya. pengaruh utamanya adalah turunnya persaingan pasar. dengan mengetahui bahwa semua perusahaan lain juga akan melakukan hal yang sama. Penetapan harga 2. 6. suap politik juga bisa menimbulkan gangguan ekonomi dalam operasi pasar. Apabila suap digunakan untuk mengamankan pembelian suatu komoditas. Suap Apabila dilakukan untuk mengamankan penujalan produk. 4. Sebagian menyatakan bahwa kekuasaan perusahaan oligopoli sebenarnya tidak sebesar yang terlihat.4 Oligopoli dan Kebijkan Publik Pandangan Tidak Melakukan Apa-apa Sejumlah ekonom menyatakan bahwa tidak ada yang perlu dilakukan tentang kekuasaan ekonomi yang dimiliki perusahaan-perusahaan oligopoli. sejumlah industri oligopoli secara tidak resmi mengakui salah satu perusahaan sebagai “penentu harga”. Perjanjian mengikat 5. Pemecahnya adalah dengan menetapkan kembali . Hal ini mengakibatkan sangat mudah bagi para manajer dari perusahaan-perusahaan tersebut untuk memadukan kekuatan dan bertindak sebagai satu kesatuan. yang ada hanya beberapa penjual besar dan penjual baru sulit memasuki indutri tersebut. Manipulasi persediaan 3. masing-masing perusahaan secara diam-diam menetapkan harganya sesuai dengan harga yang ditetapkan oleh perusahaaan “penentu harga” tersebut. Jika perusahaan yang melakukan suap berhasil mencegah masuknya pesaing lain dalam pasar pemerintah. Perjanjian penetapan harga eceran. maka ada kemungkinan perusahaan terlibat dalam tindakan-tindakan yang menjadi karakteristik monopoli. Diskriminasi harga Perjanjian Tersembunyi Untuk mengkoordinasi harga. 4.

Konsentrasi memberikan kekuatan ekonomi pada perusahaan-perusahaan besar yang memungkinkan mereka untuk menetapkan harga dan terlibat dalam perilaku-perilaku yang bukan merupakan kepentingan publik. . Pandangan Regulasi Perusahaan-perusahaan oligopoli tidak perlu dipecah karena ukuran yang besar memberikan akibat-akibat yang menguntungkan dan keuntungan ini akan hilang apabila mereka dipecah.tekanan-tekanan kompetitif dengan mewajibkan perusahaan-perusahaan besar untuk melakukan divestasi dan memecahnya ke dalam beberapa perusahaan kecil.