You are on page 1of 5

NAMA

: DENY KURNIA

NIM

: 2013052247

RUANG

: 409

UTS

: MANAJEMEN RESIKO

UTS MANAJEMEN RESIKO

1.

Risiko itu tidak dapat dihilangkan namun dapat dikendalikan. Berpedoman
pendapat tersebut jika terjadi hal berikut :
Pembobolan uang nasabah prioritas BANK X senilai Rp 20 miliar yang dilakukan
senior marketing manajer (mawar) bank tersebut, selaku senior marketing
manager, mawar menarik dana nasabah tanpa sepengetahuan pemilik rekening
melalui slip penarikan kosong yang sudah ditandatangani nasabah.

Jelaskan secara lengkap :
a. Proses manajemen risiko yang harus dilakukan pimpinan bank untuk mencegah
pembobolan uang nasabah tersebut terulang kembali, termasuk langkah mitigasi
(pencegahan) ?

Jawab:
Proses yang harus dilakukan pimpinan bank agar tak terulang kembali

Identifikasi, pada tahap ini pimpinan bank harus meneliti bagian-bagian mana
saja yang memungkinkan terjadinya resiko dengan menggunakan kata tanya
5W+1H.

Mitigasi, setelah dilakukan identifikasi bagian mana saja yang memungkinkan
terjadinya resiko maka pimpinan bank harus mengeluarkan kebijakan untuk
meminimalisir resiko itu terjadi.

Monitoring, fungsi pengawasan dalam setiap transaksi harus ditingkatkan.
Terlebih jika transaksi dalam jumlah yang besar. Peran pengawasan harus
diperkuat. Seperti menggunakan akuntan independen untuk mengaudit.

Bila hal ini tidak diantisipasi. Penerapan manajemen risiko disebuah perusahaan akan memberi nilai tambah. Dari sisi pemilik rekening. maka tidak diragukan lagi. terlebih pada slip kosong. Jelaskan secara lengkap perihal event. Anda jelaskan mengapa perusahaan harus mengelola risiko sebaik-baiknya ! b. 2. Mencegah terjadinya resiko-resiko lain dan atau resiko yang sering terjadi. a. Dari pihak pemilik mengalami kerugian materil dari kejadian tersebut. Resiko pasti akan muncul . Sebutkan dan jelaskan manfaat pengelolaan risiko bagi perusahaan. Dalam hal pencairan dana seharusnya minimal 2 orang saksi dalam transaksi tersebut. cause dan impact (hubungkan dengan unexpected loss) terkait risiko operasional perbankan dalam kasus diatas ? Jawab: Peristiwa penarikan uang dari rekening nasabah oleh senior marketing tanpa sepengetahuan pemiliknya terjadi karena lemahnya pengawasan dan kewaspadaan dalam bertransaksi. b. melakukan evaluasi terhadap kebijakan yang dikeluarkan. Tahap ini memastikan bahwa setiap transaksi yang dilakukan aman dan meminimalkan resiko sekecil mungkin. hal itu sebagai salah satu penyebab utama runtuhnya kelangsungan hidup dinasti suatu perusahaan. Pihak bank akan mendapat pengaduan dan tercemarnya nama baik. Controling. bulan. Jika suatu perusahaan tidak memiliki yang disebut dengan manajemen resiko (risk management). ada beberapa keuntungan atau manfaat bagi perusahaan dalam menjalankan kegiatan usahanya. berikan sebuah contoh ilustrasi dalam penerapan manajemen risiko di sebuah perusahaan ! Jawab: a. Resiko bukan sesuatu yang bisa dikelola sekali dalam setiap tahun. maka masing-masing pihak akan mengalami kerugian. seharusnya tidak membubuhkan tandatangan secara sembarangan. atau minggu.

XYZ ? b. pengelolaan resiko seharusnya terintegrasi dengan setiap proses pengambilan keputusan. PT . b. Sebuah ilustrasi PT. Contohnya: perusahaan finance atau pemberi kredit menerapkan manajemen resiko disemua prosesnya. Terutama pada pemilihan nasabah yang akan diberi pinjaman. Identifikasi dari sumber-sumber risiko yang dihadapi PT. Sebagai Chief Risk Officer (CRO) di PT XYZ yang bertanggung jawab terhadap pengendalian risiko maka anda diminta menjelaskan hal-hal berikut : a. iterative.  Manajemen resiko mengatasi ketidakpastian secara ekplisit. penentuan dan implementasi strategis. Kategori kwadran apa dalam analisa Frekwensi dan Impact ? . Salah satu langkah dalam manajemen risiko adalah Identifikasi dan Pengukuran Risiko. Sehingga. PT. serta pengelolaan kinerja setiap elemen perusahaan. XYZ memiliki alat produksi mesin senilai 200 milyar rupiah. XYZ berada diluar kota dengan pengiriman melalui pelabuhan laut dengan jarak tempuh dari pabrik ke pelabuhan selama 8 jam. mendirikan pabrik di daerah Bronx – State West dengan karakteristik kota yang memiliki curah hujan sedang dan saluran irigasi yang belum tertata baik bisa dikatakan buruk.  Manajemen resiko adalah bagian dari setiap proses pengambilan-keputusan. XYZ yang memiliki usaha garment / tekstil. Melakukan survey dan mengecek keaslian jaminan yang diagunkan. dan responsif terhadap perubahan. 3.  Manajemen resiko adalah dinamis. Konsumen PT. Manfaat manajemen resiko  Manajemen resiko menciptakan dan melindungi nilai (value). Hal ini dilakukan untuk menghindari jaminan fiktif dan kredit bermasalah.dan harus dikelola sepanjang waktu.  Manajemen resiko berdasarkan pada informasi terbaik.  Manajemen resiko merpakan bagian tidak terpisahkan dari setiap proses yang ada dalam perusahaan (organisasi).

maupun faktor lain yang bisa mempengaruh kinerja perusahaan.Jawab: a. Kebangkrutan Barings Bank dilatari oleh kecerobohan Nick Lesson. baik dalam hal proses pengerjaan maupun proses pengiriman yang akan terhambat. Kesalahan mitigasi risiko operasional dapat menyebabkan kerugian ataupun kebangkrutan sebuah lembaga bisnis. SDM. teknologi. dalam operasional sehari-hari. Risiko operasional merupakan sebuah potensi penyimpangan shareholder perusahaan dari hasil dan rencana yang diharapkan karena tidak berfungsinya suatu sistem kerja. Jelaskan keterkaitan proses manajemen risiko dalam kasus internal fraud Bank Baring Cabang Singapore ? Jawab: Pada dasarnya. risiko adalah sebuah ketidakpastian di masa mendatang yang bisa mendatangkan kerugian.  Lokasi pabrik yang terlalu jauh dari pasar membuat biaya pengiriman menjadi tinggi. Diantara lembaga keuangan raksasa yang dinyatakan bangkrut karena risiko operasional ialah Barings Bank Barings Bank merupakan salah satu bank tertua di Inggris pada tahun 1995. Hal ini bisa diminimalisir dengan membangun pabrik dekat dengan konsumen. Tata cara pengelolaan risiko operasional diatur dalam Basel Accord II tahun 2004. b. kepala unit investasi Barings Bank di Singapura. Dia melakukan kontrak derivatif tanpa hedging pada pasar future singapura. Lesson memberikan kontribusi keuntungan fantastis bagi Barings Bank . Oleh karenanya. Termasuk pada kategori Low Frekwensi. perusahaan dihadapkan pada berbagai macam risiko. Identifikasi sumber resiko  Dengan kondisi alam yang curah hujannya sedang dan dengan irigasi yang buruk berpotensi terjadinya banjir yang akan sangat membuat kerugian. High Impact 4.

Ia leluasa melakukan manipulasi data keuangan karena memegang kendali atas operasional back office dan front office Barings bank di Singapura. unit yang dipimpin Lesson menyumbangkan keuntungan sebesar 8. Lesson adalah menciptakan akun 88888 untuk memanipulasi kerugian pada laporan keuangan Barings Bank akibat transaksi di pasar future.83 juta poundsterling dan pada tujuh bulan pertama mencatatkan laba 19.6 juta poundsterling atau sepertiga dari total keuntungan perusahaan Barings Bank diseluruh dunia (Shelfina. £208 juta di akhir tahun1994 dan £827 juta pada tanggal 27 Februari 1995 setelah Barings Bank dalam pengawasan kurato . Dari hasil transaksinya.000 poundsterling pada tahun 1994 (Stein (2000) dalam Drennan. et al. 2004: 260)..000 poundsterling pada tahun 1993 dan 450. Kerugian yang disembunyikan dalam rekening tersebut antara lain berjumlah £2 juta di tahun 1992. 2010: 3).secara keseluruhan. £23 juta di tahun 1993. Sehingga Lesson mencatatkan bonus personal sebesar 115.