You are on page 1of 6

TUGAS

KONTROL DIRI (SELF-CONTROL)
Mata Kuliah :
Modifikasi Perilaku Self-Control
Dosen Pengampu :
Kondang Budiyani, M.A, Psikolog

Disusun Oleh:
ABDURRAHMAN
15511025

PROGRAM PASCA SARJANA
MAGISTER PSIKOLOGI PROFESI
UNIVERSITAS MERCU BUANA
YOGYAKARTA
2016

II. Kebiasaan ini diakui klien. setelah dia hitung-hitung jika digunakan untuk makan dan minum saja sudah sangat berlebih. dan klien beralasan bahwa setiap makan di luar. selama di Yogyakarta. Klien mendapatkan kiriman dana setiap satu minggu sekali sebesar enam ratus ribu rupiah. klien sering pergi bersama dengan teman-temannya. tapi serasa ada yang .LAKI Umur : 25 Tahun Pendidikan : S1 Pekerjaan : Mahasiswa KASUS Klien merupakan seorang mahasiswa magister di salah satu universitas di kota Yogyakarta. setelah ditanyakan penyebabnya klien menyatakan habis karena keperluan sehari-hari seperti makanan. klien terbiasa untuk makan di tempat makan sejenis Café atau restoran cepat saji dan bukan hanya untuk dirinnya sendiri. Setelah di wawancara lebih lanjut. Klien menyatakan. Klien memiliki keluhan dengan pengeluaran harian yang besar. klien mulai mengenali pengeluarannya.I. itu sifatnya dalam rangka membuat tugas yang memakan waktu lama. Klien merasa pengeluarannya sangat boros. dan tinggal di sebuah koskosan di kota Yogyakarta. oleh sebab itu klien sering melakukan repeat order dan juga memesankan buat teman-teman karena merasa tidak enak jika memesan sendiri. sumber penghasilannya dari orang tua. Klien sehari-hari menyebutkan bahwa kegiatannya seharihari banyak dihabiskan di luar kos dan di kampus. dan tidak jarang klien memesan makanan dan minuman untuk teman-temannya. IDENTITAS Nama/Inisial : AR Jenis Kelamin : LAKI . Klien berumur 25 tahun. Menurut klien fasilitas dan pengeluaran ini untuk membuat dia bisa nyaman dan tenang selama melakukan aktifitas. uang itu selalu habis terpakai setiap minggu nya. Dan berdasarkan cerita klien. Selain itu klien juga menceritakan tentang kebiasaannya membeli sesuatu yang belum penting sekali atau kebutuhan untuk internet. berasal dari luar kota.walaupun jika tidak ada fasilitas tersebut. Klien mulai merasa bahwa pengeluaran nya ini terlalu besar yaitu sebanyak hampir seratus ribu sehari. biaya makan dan keseharian klien semua dari orang tua.klien juga mengatakan bahwa kegiatannya tetap bisa dilakukan.

klien juga merasa tidak nyaman jika tidak melakukan hal yang sama terhadap teman-temannya dalam kasus ini adalah dengan mentraktir teman-temannya.30.6000 Rp. seperti membuat tugas. . III.6000 Rp. Setelah klien hitung-hitung pengeluaran terbesarnya adalah berhubngan dengan makanan dan minuman. Oleh sebab itu Klien ingin bisa lebih efisien dalam pengeluaran yang berhubungan dengan makanan dan minuman. klien berusaha menyamankan diri dengan membuat tugas di luar kos.6000 RANCANGAN MODIFIKASI Dalam kasus ini targetnya adalah mengubah perilaku belanja klien disaat makan dan minum dengan membatasi pengeluaruan maksimal khusus untuk makan dan minum sebesar Rp.000 Rp25. 18.000 Rp.30.50.000 Rp. BASELINE PERILAKU HARI PERILAKU Makan 1 2 3 IV. Berdasarkan wawancara perilaku klien ini disebabkan oleh keinginan klien untuk merasa nyaman dalam melakukan aktifitas.000 Rp. Bentuk perilaku klien ini juga terlihat ketika klien dikos.000. namun di satu kondisi. pada setiap kali mengerjakan tugas. selama 7 hari.kurang.000 Rp. Minum Cemilan/Jajanan Pulsa/internet Makan Minum Cemilan/Jajanan Pulsa/internet Makan Minum Cemilan/Jajanan Pulsa/internet WAKTU TEMPAT Sian Pagi Malam Pagi Siang Malam g √ √ Caf kos e √ √ cafe kos √ √ √ √ cafe cafe √ √ cafe cafe √ √ √ √ kos Kos √ √ kos kos √ √ √ KETERANGAN Rp55. walaupun sebenarnya dengan tidak adapun fasilitas itu dia tetap bisa melakukan aktifitas dengan baik.000 Rp. total. yang selalu menyediakan segala sesuatu yang menbuat dia merasa nyaman dikos.10.

000 3. Tabel Prosedur HARI 1 2 3 4 5 6 7 MAKAN/MINUM Pagi Siang Malam Pagi TEMPAT Siang Malam √/X KETERANGAN . NO. JUMLAH HARI HADIAH 1. 7 hari berturut-turut Voucher Makan 50. maka selisih biaya (N) tersebut dapat di akumulasikan ke hari berikutnya dan menjadi taambahan batas biaya maksimal pengeluaran dalam sehari (Rp 18. Jika pengeluaran pada hari tersebut lebih dari ketentuan perhari. d. PROSEDUR PELAKSANAAN 1.18.000/hari untuk makan dan minum c. reward semakin baik.9. Klien bersedia dan berusaha dengan sungguh-sungguh selama proses terapi b. 2 hari berturut-turut Voucher Makan 10. Klien akan mendapatkan reward pada setiap keberhasilannya pada jangka waktu tertentu. Jika Klien berhasil memenuhi pengeluaran sesuai batas maksimal pengeluaran dalam sehari. maka klien wajib memberikan sebesar Rp.000 2.000/orang pada teman-teman kelompok belajar klien yang berjumlah empat orang. maka klien mendapatkan reward e. Jika klien berhasil menekan pengeluaran dibawah ketentuan pengeluaran harian.000 + N). Kontrak Selama Terapi a. semakin lama jangka waktu keberhasilan.000 2. f. Klien selama terapi hanya diperbolehkan untuk mengeluarkan dana sebesar Rp.V. 4 hari berturut-turut Voucher Makan 20.

VI. Alasan yang sama juga disampaikan untuk kegagalan di hari selanjutnya.000 Pengeluaran Café 6 √ √ Cafe Kos √ sebesar Rp.- 7 VII. Dengan kata lain program pembatasan biaya pengeluaran ini kurang efektif bagi klien. Kegagalan di hari tersebut di akui klien karena harus mengerjakan tugas dalam jumlah yang banyak dan butuh nutrisi dan makanan yg sesuai dan dia tidak tega melihat teman-temannya sementara dia memesan makanan lain. dari total tujuh hari. Dibutuhkan program selanjutnya dengan . intervensi yang diberikan tidak berhasil dalam menekan jumlah pengeluaran klien. Klien berhasil lima hari dan keadaan tersebut ketika klien berada di kos. Untuk program selanjutnya. Klien berhasil mengontrol pengeluaran makan nya ketika berada di kos. setelah melalui pengukuran sebelumnya maka. √ √ Kos Kos √ EVALUASI Berdarkan hasil pengukuran perilaku yang telah dilakukan. yaitu perilaku nya yang tidak tegaan terhadap teman sekelompok.000 4 √ √ Kos Kos √ 5 √ √ Cafe Kos X Pengeluaran Café Sebesar 50.terlihat penyebab terbesar yang mempegaruhi perilaku booros klien. HASIL PENGUKURAN MAKAN/MINUM TEMPAT √/X HARI Pagi Siang Malam 1 √ 2 3 Pagi Siang Malam √ Kos Kos √ √ √ Kos Kos √ √ √ Cafe Kos X KETERANGAN Pengeluaran Café sebesar 30. Dari tujuh hari pengukuran klien gagal pada hari ke tiga dan ke 5. 0.

.target treatmen adalah perilaku tidak tegaan klien. Diharapkan dengan terkontrolnya perilaku tidak tegaan klien akan mempengaruhi perilaku boros klien pada pengeluaran makanan dan minuman.