You are on page 1of 10

Analisa Manusia dan tanggung jawab

“Tasripin, Kisah Seorang Anak Yang Membiayai Kebutuhan Hidup Keluarganya”
Rumahnya yang tak layak, direnovasi oleh anggota Kodim 0701 Banyumas. Atap bocor sudah
diperbaiki, kamar yang kumuh telah dipercantik. Dapur yang kumuh juga telah diperbaiki, serta
ruang terbuka di belakang rumahnya pun telah ditutup untuk ruang keluarga lengkap dengan kamar
mandi.

Perlengkapan perabotan rumah tangga seperti alat masak, televisi 14 inci, dan lemari pun telah
dimiliki. Baju yang sudah tidak layak diganti dengan baju baru. “Klambi sing ganu karo lemek turu
wis di buang anu wis ora pantes di nggo [baju yang dulu serta alas tidur yang dulu telah dibuang
karena sudah tidak layak],” kata Tasripin.

Publikasi kisahnya membuat warga memberikan perhatian. Bahkan, Presiden Susilo Bambang
Yudhoyono juga ikut prihatin dan memerintahkan staf khusus untuk memberikan bantuan untuk
Tasripin. Uang tunai Rp100 juta pun masuk kantong Tasripin.

Semakin lengkap karena ayahnya, Kuswito, kini telah pulang dari Kalimantan dan dapat
membantunya untuk mengurus ketiga adiknya. Setelah apa yang diimpikannya terwujud, Tasripin
memulai usahanya beternak kambing di dekat rumahnya. Sambil mengurus ketiga adiknya, Tasripin
punya kesibukan baru, mengurus kambing. Tentunya sambil menunggu pendaftaran sekolah
kembali dibuka. Tasripin akan melanjutkan sekolah dasar yang pernah di tinggalkan pada saat kelas
3.

Kuswito ayah Tasripin mengaku sangat terharu dengan adanya simpati dari masyarakat luas
terhadap putranya Tasripin. Kuswito berjanji tidak akan meninggalkan anak-anaknya. Kuswito akan
mencari kerja di dekat rumahnya dan mengurus buah hatinya.

Kuswito menuturkan, pergi ke Kalimantan untuk mencari nafkah, bukan bermaksud untuk
menelantarkan anak-anaknya. Sebab, di daerahnya, tidak ada pekerjaan yang bisa memenuhi
kebutuhan keluarga.

Analisa manusia dan Tanggung Jawab A. Keluarga terdiri dari suami-istri. B. Pengertian dari tanggung jawab menurut kamus umum bahasa Indonesia adalah keadaan dimana seseorang wajib menanggung segala sesuatu yang terjadi terhadap sesuatu. Untuk itu ia manghadapi manusia lain dalam masyarakat atau menghadapi lingkungan alam. pengorbanan pada pihak lain. Jadi sebagai manusia haruslah mempunyai suatu beban yang mengacu kepada keadaan dimana kesadarannya dapat mempertanggung jawabkan perbuatannya kepada dirinya agar menjadi jiwa yang sadar terhadap perkembangan dan pengetahuannya agar menjadi pribadi yang berhasil dimasa yang akan datang. Macam macam tanggung jawab Manusia itu berjuang memenuhi keperluannya sendiri atau untuk keperluan pihak lain. artinya adalah sudah menjadi bagian kehidupan manusia. Tanggung jawab merupakan sifat terpuji dalam diri manusia yang mendasar. Kuswito pun berharap ada pihak yang dapat mempekerjakanya agar ke depan Kuswito tidak kesulitan mengurus anak-anaknya. bahwa setiap manusia di bebani tanggung jawab Tanggung jawab mempunyai kaitan yang erat dengan perasaan. Tanggung jawab dapat dilihat dengan dua sisi.Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Dalam usahanya itu manusia juga menyadari bahwa ada kekuatan lain yang ikut menentukan yaitu kekuasaan Tuhan.Meski sudah bekerja di Kalimantan. Tanggung Jawab kepada Diri sendiri Tanggug jawab terhadap diri sendiri menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi. karena tanggung jawab adalah sesuatu yang harus kita tanggung ketika kita mendapatkan kesalahan. Seseorang tidak bisa menghindari sebuah tanggung jawab dengan berbagai alasan. Dengan tidak mengedepan nafsu sesaat. 1. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujutan kesadaran akan kewajibannya. . Pengertian Tanggung Jawab Tanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah. Tanggung jawab itu bersifat kodrati. 2. Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang di sengaja maupun yang tidak disengaja. yaitu dari sisi pihak yang berbuat dan dari sisi kepentingan lain. tetap belum bisa memenuhi semua kebutuhan keluarganya. Kuswito mengaku. ayah-ibu dan anak-anak. Tanggung Jawab kepada Keluarga Keluarga merupakan masyarakat kecil. Tangung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya. Apabila dikaji lebih jauh tanggung jawab itu adalah kewajiban atau bisa juga disebut beban yang harus dipenuhi sebagai akibat dari perbuatan pihak yang berniat atau sebagai akibat dari perbuatan pihak lain atau sebagai suatu pengabdian. keadaan wajib menanggung segala sesuatunya.

Tanggung Jawab Kepada Masyarakat Pada hakekatnya manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan manusia lain. Bahwa pada cerpen diatas Ika dimarahi oleh ibu nya karena ia merupakan bentuk rasa tanggung jawab yang diberikan oleh ibunya. Pengabdian dan pengorbanan adalah perbuatan baik untuk kepentingan manusia itu sendiri.sampai di sana kami berdoa dan memohon kepada nya dan setelah itu waktu terus berlalu kami lalu bergegas meninggalkan tempat suci itu seusai berdoa dan berjalan pulang. hati-hati di jalan ya sampai jumpa kembali “kata kami”. Tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarganya. Tiba-tiba ika yang tadinya mau ikut ngobrol dan istirahat ternyata dapat telpon dari ibunya dan dia di suruh pulang.soalnya ibu aku nyuruh saya pulang karena ada sutu keperluan mendadak’’ Iya ika engga papa lain kali kan bisa ketemu lagi.dan dia bilang ke kami. Sehingga jika ada kesulitan. sesuai dengan kedudukannya sebagai mahluk sosial. Oleh karena itu sebagai makhluk sosial andi bergaul dengan teman-temannya sehingga mereka mendapatkan aktivitas sosial yang baik dan terarah. Terlihat pada cuplikan cerita berikut: ““boleh kok ayo kita jalan bareng ke masjid (kata ku). Dalam berpikir. Sebagai seorang yang bertanggung jawab kepada negara juga wajib melindungi negara dari ancaman musuh yang semena-mena terhadap bangsa kita. keselamatan. melainkan untuk mengisi kehidupannya manusia mempunyai tanggung jawab langsang terhadap Tuhan. Tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga. Yang merupakan perwujudan terhadap suatu tanggung jawab kepada masyarakat. Karena takut di marahin ibunya akhirnya ika memutuskan untuk pulang. Pengabdian dan Pengorbanan Wujud tanggung jawab juga berupa pengabdian dan pengorbanan. Sehingga tindakan manusia tidak bisa lepas dari hukuman-hukuman Tuhan yang dituangkan dalam berbagai kitab suci melalui berbagai macam agama. Seperti petikan berikut : “Selagi masih ada doni di sini aku ingin membahas pembicaraan kami yang tadi dan ingin mencari tahu bagaimana mencintai negeri ini (Indonesia).dan juga orang lain yang menjadi anggota keluarga. bertingkah laku manusia terikat oleh norma-norma atau ukuranukuran yang dibuat oleh negara. bahwa tiap manusia. sebagai teman dapat memberikan dukungan baik moril maupun tenaga. Oleh karenanya kita wajib untuk menjaganya.” 3. Tanggung Jawab Kepada TUHAN Tuhan menciptakan manusia di bumi ini bukanlah tanpa tanggung jawab. Tetapi tanggung jawab juga merupakan kesejahteraan. 5. berbuat. .” C. Tanggung Jawab Kepada Bangsa dan Negara Suatu kenyataan lagi. dan juga mencintai produk-produk dalam negeri. dan kehidupan. tiap individu adalah warga negara suatu negara. “teman-teman maaf ya saya ga bisa berlama-lama sama kalian nih. bertindak. 4. Sebagai seorang yang bernegara kita punya tanggung jawab kepada bangsa dan negara sebagai contohnya adalah rasa cinta tanah air yang tinggi. pendidikan.

Pengabdian Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran. Dalam pengabdian selalu dituntut pengorbanan. atau satu ikatan dan semua itu dilakukan dengan ikhlas. bersikap dan bertanggung jawab. pikiran. kita semestinya memahami posisi kita masing-masing dalam berperan. sulit dikatakan pengabdian. Pengorbanan Pengorbanan berasal dari kata korban atau kurban yang berarti persembahan. karena kata pengabdian mengandung arti lebih rendah tingkatannya. Suatu pemberian yang didasarkan atas kesadaran moral yang tulus ikhlas semata-mata. Namun diantara itu semua.Pengabdian lebih banyak menunjuk kepada perbuatan sedangkan. pendapat ataupun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan. tetapi pengorbanan belum tentu menuntut pengabdian. saya mengambil kasus Tasripin sebagai contoh dari ‘Manusia dan Tanggung Jawab terhadap keluarga’ serta ‘Manusia dan Tanggung Jawab terhadap masyarakat’.wordpress.Perbedaan antara pengertian pengabdian dan pengorbanan tidak begitu jclas. biaya. Karena adanya pengabdian tentu ada pengorbanan. Sebagai bagian dari anggota keluarga. tetapi saling tanggap ketika ada sebuah tanggung jawab yang belum diselesaikan. Antara sesama kawan. waktu. pengorbanan lebih banyak menunjuk kepada pemberian sesuatu misalnya berupa pikiran. tanpa ada perjanjian. perasaan. Dari pengertian tentang tanggung jawab diatas. tenaga. Dengan demikian pengorbanan yang bersifat kebaktian itu mengandung unsur keikhlasan yang tidak mengandung pamrih. Pengorbanan dapat berupa harta benda. perasaan. tanpa ada transaksi. Tetapi untuk kata pengorbanan dapat juga diterapkan kepada sesama teman. Pengorbanan merupakan akibat dari pengabdian. Masa anggota DPR yang terhormat yang sudah memiliki gelar di dunia pendidikan tidak bisa berkaca pada kasus seperti ‘Tasripin’ dan kasus-kasus lainnya. sehinggaa pengorbanan berarti pemberian untuk menyatakan kebaktian. SUMBER: http://ivaninternisti. kasih sayang. cinta.com/2013/05/13/tasripin-kisah-seorang-anak-yangmembiayai-kebutuhan-hidup-keluarganya/ . honnat. Pengorbanan diserahkan secara ikhlas tanpa pamrih.1. 2. bahkan dapat juga berupa jiwanya. Seorang ‘Tasripin’ yang baru berusia 13 tahun dan belum menyelesaikan pendidikannya di tingkat SD saja bisa berperan dan bertanggung jawab melebihi kemampuan yang ada pada anakanak seusianya. kapan saja diperlukan. yang terpenting ialah bukan saling menyalahkan ataupun bukan saling membanggakan diri sendiri karena sudah memenuhi tanggung jawabnya.

47 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas (PP TJSL) khususnya bagi Perseroan Terbatas. . UU PT dan PP TJSL. Salah satu kerancuan tersebut adalah adanya perbedaan istilah yang digunakan dalam membatasi ruang lingkup tanggung jawab sosial dan lingkungan. Dari hasil penelitian. 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal (UU PM).ANALISIS YURIDIS MENGENAI RUANG LINGKUP TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN LINGKUNGAN PERSEROAN TERBATAS DALAM HUKUM POSITIF DI INDONESIA Tisya Setia Restiti ABSTRACT ABSTRAK Penulis mengangkat permasalahan Ruang Lingkup Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas. perlu adanya konsep yang tepat untuk membatasi ruang lingkup tanggung jawab sosial dan lingkungan. analisis yuridis pengaturan mengenai ruang lingkup tanggung jawab sosial dan lingkungan (selanjutnya disebut TJSL) bagi perseroan terbatas berdasarkan aspek subjek terdapat kekaburan norma mengenai subjek TJSL bagi perseroan terbatas dalam UU PT dan PP TJSL dan tidak ada pengaturan yang lebih khusus (lex specialis) specialis Dari aspek objek terdapat kekosongan norma mengenai objek kegiatan TJSL dalam UU PM. adanya kerancuan dalam pengaturan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan dalam UU No. Oleh karena itu. Perbedaan istilah yang digunakan akan berdampak pada pembatasan mengenai ruang lingkup tanggung jawab sosial dan lingkungan. UU No. Pilihan tema tersebut dilatarbelakangi oleh. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (UU PT) dan PP No.

Banyumas. Tasripin susah payah mengurus ketiga adiknya. masa kecilnya untuk bekerja keras demi menghidupi ketiga adiknya. Inilah yang dirasakan Tasripin. . Kecamatan Cilongok. 2013 by ivaninternisti VIVAnews – Jika seseorang bersungguh-sungguh melakukan sesuatu pasti akan mendapatkan hasil. Sampai-sampai dia harus mengorbankan sekolahnya. Jawa Tengah. Di tengah keterbatasan. bocah 13 tahun asal Dusun Pesawahan.“Tasripin. Kisah Seorang Anak Yang Membiayai Kebutuhan Hidup Keluarganya” Posted on Mei 13. Desa Gununglurah.

Atap bocor sudah diperbaiki. Bahkan. Kuswito. direnovasi oleh anggota Kodim 0701 Banyumas. Usaha ternak kambing. Tasripin punya kesibukan baru. . Baju yang sudah tidak layak diganti dengan baju baru. Tasripin memulai usahanya beternak kambing di dekat rumahnya. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga ikut prihatin dan memerintahkan staf khusus untuk memberikan bantuan untuk Tasripin. dan Daryo (4) membuat iba warga yang melihatnya. Publikasi kisahnya membuat warga memberikan perhatian. Yang tak kalah penting.Kini. mengurus kambing. Banyak orang bersimpati. Perlengkapan perabotan rumah tangga seperti alat masak. serta ruang terbuka di belakang rumahnya pun telah ditutup untuk ruang keluarga lengkap dengan kamar mandi. serta pakaian yang sudah tidak layak membuat bantuan pun datang mengalir.” kata Tasripin. yang sempat diidamkan Tasrpin pun terkabul. Setelah apa yang diimpikannya terwujud. Kisah ketegaran dan kesabaran Tasripin mengurus Dandi (7). dan lemari pun telah dimiliki. Dapur yang kumuh juga telah diperbaiki. televisi 14 inci. Tentunya sambil menunggu pendaftaran sekolah kembali dibuka. Riyanti (6). “Klambi sing ganu karo lemek turu wis di buang anu wis ora pantes di nggo [baju yang dulu serta alas tidur yang dulu telah dibuang karena sudah tidak layak]. lengkap dengan berbagai fasilitas. Sambil mengurus ketiga adiknya. Rumahnya yang tak layak. Semakin lengkap karena ayahnya. sebentar lagi Tasripin dan adik-adiknya dapat melanjutkan sekolah. makanan seadanya dan sangat terbatas. kamar yang kumuh telah dipercantik. Tasripin akan melanjutkan sekolah dasar yang pernah di tinggalkan pada saat kelas 3. Tasripin telah mendapatkan rumah yang layak. Kondisi rumah yang kumuh. Uang tunai Rp100 juta pun masuk kantong Tasripin. kini telah pulang dari Kalimantan dan dapat membantunya untuk mengurus ketiga adiknya.

Seseorang tidak bisa menghindari sebuah tanggung jawab dengan berbagai alasan. Tanggung jawab merupakan sifat terpuji dalam diri manusia yang mendasar. Kuswito akan mencari kerja di dekat rumahnya dan mengurus buah hatinya. Pengertian dari tanggung jawab menurut kamus umum bahasa Indonesia adalah keadaan dimana seseorang wajib menanggung segala sesuatu yang terjadi terhadap sesuatu. Kuswito berjanji tidak akan meninggalkan anakanaknya. tidak ada pekerjaan yang bisa memenuhi kebutuhan keluarga. Tanggung jawab terhadap diri sendiri. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujutan kesadaran akan kewajibannya. Tanggung jawab dapat dilihat dengan dua sisi. Tanggung jawab itu bersifat kodrati. di daerahnya. yaitu dari sisi pihak yang berbuat dan dari sisi kepentingan lain. Kuswito pun berharap ada pihak yang dapat mempekerjakanya agar ke depan Kuswito tidak kesulitan mengurus anak-anaknya. bukan bermaksud untuk menelantarkan anak-anaknya. Kuswito menuturkan. Kuswito mengaku. Dikenal juga beberapa jenis tanggung jawab : 1.Kuswito ayah Tasripin mengaku sangat terharu dengan adanya simpati dari masyarakat luas terhadap putranya Tasripin. bahwa setiap manusia di bebani tanggung jawab Tanggung jawab mempunyai kaitan yang erat dengan perasaan. tetap belum bisa memenuhi semua kebutuhan keluarganya. pengorbanan pada pihak lain. artinya adalah sudah menjadi bagian kehidupan manusia. karena tanggung jawab adalah sesuatu yang harus kita tanggung ketika kita mendapatkan kesalahan. menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam menggembangkan kepribadian sebagai . Sebab. Apabila dikaji lebih jauh tanggung jawab itu adalah kewajiban atau bisa juga disebut beban yang harus dipenuhi sebagai akibat dari perbuatan pihak yang berniat atau sebagai akibat dari perbuatan pihak lain atau sebagai suatu pengabdian. Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang di sengaja maupun yang tidak disengaja. pergi ke Kalimantan untuk mencari nafkah. Meski sudah bekerja di Kalimantan.

tenaga. Sebuah bentuk tanggung jawab lebih diartikan sebagai perbuatan sebab – akibat. 2. baik itu yang berupa pikiran.. anggota keluarga memiliki kewajiban bertanggung jawab terhadap keluarganya sendiri. pendapat. Pengabdian adalah perbuatan manusia. Dari pengertian tentang tanggung jawab diatas. 2. saya mengambil kasus Tasripin sebagai contoh dari ‘Manusia dan Tanggung Jawab terhadap keluarga’ serta ‘Manusia dan Tanggung Jawab terhadap masyarakat’.manusia pribadi. keluarga adalah masyarakat kecil. bahkan mungkin nyawa demi cinta. sebelumnya manusia adalah mahluk sosial yang tidak bisa hidup sendirian. kita di ciptakan di dunia ini tak lepas dari tanggung jawab. 5. Tanggung jawab terhadap Tuhan. Manusia sebagai mahluk Tuhan. kesetiaan atau suatu ikatan. Dimana perbuatan yang dilakukan selama hidup didunia. kita semestinya memahami posisi kita masing-masing dalam berperan. Pada hakikatnya manusia dalam hidupnya membutuhkan bantuan orang lain. dengan demikian dapat memecahkan masalah mengenai dirinya sendiri. bersikap dan bertanggung jawab. Sebagai bagian dari anggota keluarga. maupun rasa hormat yang dilakukan secara ikhlas. maka ia wajib menerima akibatnya dan bertanggung jawab menjalani hukuman yang telah di tetapkan sebelumnya. Wujud dari sebuah tanggung jawab terbagi atas 2 macam : 1. 4.kasih sayang. Terdri dari beberapa anggota yang saling melengkapi. pendapat. Manusia yang merupakan anggota dari suatu masyarakat yang tentunya mempunyai tanggung jawab seperti anggota masyarakat lainnya agar dapat melanjutkan hidupnya dalam masyarakat tersebut. kebenaran. Tanggung jawab terhadap bangsa dan negara. tenaga. Tanggung jawab terhadap masyarakat. Sebab suatu tingkah atau perbuatan menjadi melanggar peraturan negara. harta. diakhirat kita akan dimintai pertanggung jawaban dari perbuatan kita selama hidup didunia. Pengorbanan adalah pemberian secara ikhlas berupa pemikiran. Tanggung jawab terhadap keluarga. dan bisa juga esetiakawanan. 3. .

Masa anggota DPR yang terhormat yang sudah memiliki gelar di dunia pendidikan tidak bisa berkaca pada kasus seperti ‘Tasripin’ dan kasus-kasus lainnya. tetapi saling tanggap ketika ada sebuah tanggung jawab yang belum diselesaikan.co. yang terpenting ialah bukan saling menyalahkan ataupun bukan saling membanggakan diri sendiri karena sudah memenuhi tanggung jawabnya.id/news/read/407564-kerja-keras-bocah-tasripin-  mengurus-3-adiknya-berbuah-manis http://ariffirmansyahh.com/2012/04/26/manusia-dan-tanggung-jawab/ . Namun diantara itu semua.news.viva.Seorang ‘Tasripin’ yang baru berusia 13 tahun dan belum menyelesaikan pendidikannya di tingkat SD saja bisa berperan dan bertanggung jawab melebihi kemampuan yang ada pada anak-anak seusianya.wordpress. Sumber :  http://nasional.