You are on page 1of 14

Agribisnis Ternak Unggas

BAB 20
PEMELIHARAAN AYAM PETELUR JANTAN
Nama mata pelajaran

:

Pemeliharaan ayam petelur jantan

Kelas /semester

:

XI/4

Standar kompetensi

:

Memelihara ayam petelur jantan

Kompetensi dasar

:






Alokasi waktu

:

100 jam

Kegiatan
pemelajaran

indikator

Memelihara
ayam starter

Ayam fase
starter
kondisinya
baik

Memelihara fase
grower/finisher

Pertubumhan
ayam sesuai
target

Direktorat Pembinaan SMK 2008

penilaian

Memberi makan dan minum
Mempersiapkan kandang
Mengendalikan penyakit
Memilih bibit
Mengelola harian
Memanen ayam

Alokasi waktu

Sumber belajar

TM

PS

PI

Tes
tertulis,
praktek,

30

30

Modul, ayam
pejantan, pakan
dan obat

Evaluasi
tertulis,
praktek

20

20

Modul, ayam
pejantan, pakan
dan obat

Tahapan . pengendalian penyakit dan pemeliharannya. sedangkan ayam jantan dipelihara sebagai penghasil daging. potensi genetis strain ayam relatif sama antara satu strain dengan lainnya. Pemeliharaan Ayam Periode Indukan (Fase Starter) Periode dari ayam umur sehari sampai awal bertelur pertama merupakan waktu yang sangat penting bagi produksi telur. potensi genetik dan ketersediaan DOC dipasaran adalah faktor-faktor yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan strain ayam petelur. pakan yang baik.  pusarnya sudah kering. tercatat pada bulan Desember 2008 Rp.  tidak kelihatan adanya gangguan pernafasan.2. 1. Keberhasilan pada fase ini dipengaruhi oleh kualitas DOC. dan pemeliharaan yang baik pula. Pada masa ini kapasitas fisiologi ayam berkembang. Tujuan pemeliharaan. lohman brown dll. Periode starter dimulai dengan kegiatan pemilihan strain DOC. Namun demikian dengan perkembangan genetik yang baik dan persaingan bisnis yang sangat ketat. DOC yang baik adalah DOC yang:  mempunyai bobot sesuai dengan standar masingmasing strain ayam. bulu dan mata cerah. cukup sering besuara. pengendalian kesehatan yang baik. Pemilihan Strain Ayam Pemilihan strain ayam merupakan langkah awal yang harus ditentukan agar pemeliharaan berhasil. dan mencapai berat badan perekor 910 – 1.000 per kg. Kesusesan pemeliharaan pada periode ini sangat menentukan pertumbuhan berat badan yang optimal. Harga ayam pejantan hidup bervariasi. Pakan. Jenis ayam betina diperlihara sebagai penghasil telur.Agribisnis Ternak Unggas Ayam petelur tipe sedang memiliki tipe ganda (dwi guna).035 gram.  lincah serta tidak mengalami cekaman stress dan dehidrasi (lihat standar ayam pada GMP Layer). persiapan kandang dan peralatan. Direktorat Pembinaan SMK 2008 1.10. Kandang dan Peralatan Persiapan kandang membutuhkan waktu yang relatif lama karena kandang dibersihkan dan diistirahatkan.1. sebagai pengasil telur dan daging. Jenis strain ayam petelur telah dijelaskan pada bab 2. Harga DOC juga bervariasi anara Rp500-1. pengaturan cahaya. Proses pemeliharaan seperti pemeliharaan ayam petelur.500 per ekor. perlakuan saat DOC datang.  kaki berisi . Tujuan pemeliharaan adalah untuk memperoleh daging sehingga dipilih strain yang dwiguna misal ISA Brown. permintaan pasar. pemotongan paruh dan pencegahan penyakit. hanya jenis kelamin DOC-nya jantan. pemberian pakan dan minum. Untuk mencapai pertumbuhan yang standar maka harus didukung dengan kualitas DOC yang baik. penimbangan. Ayam diperlihara sekitar 8-9 minggu. yang dilakukan agar siklus penyakit terputus sebelum pemeliharaan ayam dimulai.  ukuran seragam (ukuran keseragaman minimum 80%). 1.

1. kawat atau dinding dan atap yang rusak segera diperbiki. Perbaikan bisa menggunakan jasa tukang profesional atau dikerjakan sendiri untuk menekan biaya.5. Litter dimasukan dalam karung dan dikeluarkan dari kandag untuk ditempatkan ditempat yang disediakan. Tempat pakan dan minum diletakkan di dalam chick guard yang telah dialasi Koran.2. Empat jam sebelum DOC datang. 1. Pencucian kandang dengan air dan deterjen. Dalam chick guard (lingkar pembatas) dipasang sebuah gasolek pada ketinggian 1. Tempat makan. Pembersihan dapat dilakukan dengan menyemprokan air dan deterjen dengan pompa bertekanan tinggi sehingga kotoran yang menempel bisa lepas. Tempat pakan yang digunakan yaitu feeder tray dan tempat minum berbentuk galon. Merek dagang desinfektan ada bermacam-macam.2. koran sebagai alas.4. pemanas dan peralatan lainnya dibersihkan diluar kandang sebelum dimasukkan. pemanas sudah dinyalakan sehingga pada saat DOC datang suhu sudah stabil yaitu 35°C. Dosis penyemprotan disesuaikan dengan Direktorat Pembinaan SMK 2008 1.2. Ketebalan litter berkisar 7. Pembersihan Peralatan Penyemprotan kandang dengan obat kutu serangga kedalam kotoran. Kegiatan ini bertujuan untuk membunuh serangga yang lolos atau tidak mati pada penyemprotan pertama 1. kemudian dicelupkan kedalam larutan desinfektan yang tidak membahayakan ayam. Pencucian dilakukan dengan air. Kapasitas satu chick guard untuk 500-750 ekor.0-1.2. alat pemanas (gasolek) dan chick guard (lingkar pembatas). minum. kayu. Peralatan harus dalam keadaan bersih agar anak ayam terhindar dari penyakit. Tujuannya agar serangga mati dan tidak pindah tempat pada saat litter dan peralatan kandang di angkat.Agribisnis Ternak Unggas persiapan kandang yang harus dilakukan sbb anjuran dosis yang tertera pada label produk.2. Sanitasi 1. Penyemprotan ulang kandang dengan obat kutu (serangga).3. Tempat pakan dan .2. lantai. pemanas dan pembatas ( chick guard). Peralatan yang digunakan pada periode starter yaitu tempat pakan. Pembersihan Kandang Litter bekas dan peralatan kandang dikeluarkan dari dalam kandang. dan bagian bangunan kandang lainnya. minum. Penyemprotan Dengan Desinfektan.6. kawat kandang. Pemasangan Peralatan Pemasangan tempat pakan. tempat minum.5 cm 1. 1. dan setelah itu dicuci kembali dengan air bersih sebelum digunakan.2.2.1. Bagian kandang yang rusak. Pemberian Litter Pemberian litter dengan menggunakan sekam atau serbuk gergaji yang telah difumigasi digudang penyimpanan.7. Perbaikan Fisik Kandang.2 m dengan kemiringan 45°.

Fumigasi harus dilakukan dengan hati-hati denga menggunakan mangkuk yang tahan panas. Fumigasi Table .7 m3 hour / kg Kepadatan ayam Tempat Air minum Tempat Pakan ekor / m2 30 cm2 / Bird ekor / tempat minum 75 20 ekor / tempat minum 75 75 ekor / nampan 50 cm of trough feeders Birds / Round feeder 4 4 35 35 lapisan Koran dibuat rangkap 7. . Masing-masing strain memerlukan temperatur yang berbeda. Misal untuk ayam ISA brown temperatur pada 13 hari 33*C.8. Air minum yang digunakan air dengan campuran gula 5 g/l air. kemudian diambil tiap hari satu lembar 1. namun demikian kontrol yang paling baik adalah dengan mengamati kondisi DOC. Fumigasi dengan tiga kali kekuatan.Agribisnis Ternak Unggas tempat minum disusun secara selang-seling dan melingkar mengikuti chick guard.2.7 m 0. Pengaturan Temperatur Anak ayam umur sehari (DOC) memerlukan temperatur yang mirip dengan temperatur induknya.3. Bahan untuk fumigasi tersedia berbagai pilihan.  Anak ayam menggerombol dibawah indukan menandakan temperatur terlalu dingin  Anak ayam yang menjauh dari brooder (berada disisi kandang) mengindikasi terlalu panas  Kondisi ideal adlah DOC menyebar diseluruh kandang yang dibatasi dengan vhick guard. sedang untuk hyline brown sekitar 35-37*C. 1. Direktorat Pembinaan SMK 2008 Indikasi dari kenyamanan DOC dapat dilihat dari posisi DOC terhadap brooder (pemanas). sesuikan dengan ketersediaan dilokasi peternak.. kebutuhan Kandang dan Peralatan Kandang Lantai Umur minggu 0-2 2-5 3 Ventilasi Minimum per 0. sebaiknya dalam pengaturan temperatur mengikuti petunjuk dari perusahaan produsen DOC.

Pemberian Pakan dan Minum Pemberian pakan pada periode starter dilakukan ad libitum hingga ayam berumur 3-4 minggu. Perlakuan Saat DOC Datang DOC dihitung dan dibagi ke dalam chick guard dengan jumlah yang sama.5-7. Table …. Tujuan dilakukan penimbangan adalah untuk mengetahui bobot badan rata-rata anak ayam. warnanya jernih serta temperatur antara 18*C-25*C  Kuantitasnya tersedia dalam jumlah tidak terbatas. Setelah dihitung. tergantung kondisi temperatur diluar kandang dan pertumbuhan ayam. DOC yang berada di dalam chick guard dapat langsung minum dan makan yang telah dipersiapkan sebelumnya. Pemberian pakan dengan jalan ini selain untuk mengejar target bobot badan juga akan membuat ukuran tembolok akan lebih besar sehingga akan mendorong pencapaian feed intake pada waktu memasuki fase produksi.Agribisnis Ternak Unggas  Anak ayam yang menggerombol disuatu sudut mengidikasikan bahwa adanya hembusan angin yang cukup kuat dari arah lain/ adanya tirai yang terbuka. Pemberian minum untuk periode starter dilakukan ad libitum dengan penambahan vitamin dan antibiotik. Keuntungan dengan cara ini maka DOC akan sesegera mungkin mengoptimalkan fungsi-fungsi organ pencernaan sehingga kandungan kuning telur sebagai cadangan makanan akan segera terserap .. Pada saat DOC datang usahakan temperatur kandang mencapai 3133*C. Tujuan pengambilan sampel ini yaitu untuk mengetahui apakah anak ayam terjangkit suatu penyakit. pH netral (6. Standar Temperatur 0 – 4 minggu Umur Temperatur (hari) Ruangan (0C) 0–3 35 4–7 33 8 – 14 31 1. Untuk mengkondisikan DOC supaya cepat beradaptasi dengan lingkungan maka dapat dilakukan dengan cara langsung memberikan pakan pada DOC yang baru ditebar.4. Kebutuhan pemanas bervariasi antara 2 – 3 minggu. dilakukan penimbangan secara acak dengan mengambil sampel 10% dari jumlah DOC yang ada. 1. Adapun pengaturan temperatur seperti tertera pada tabel …. Selain itu. Pakan yang digunakan dapat berbentuk mash atau crumble. air yang diberikan harus memiliki bebarapa syarat yaitu:  Kualitas air bebas dari pencemaran berbagai jenis logan berat dan mikrorganisme patogen. tidak berbau. Pemeliharaan jantan dan betina dipisahkan agar pengontrolan pakan dan pemeliharaan mudah dilakukan untuk mencapai bobot badan Direktorat Pembinaan SMK 2008 standar. dilakukan pengambilan sampel darah terhadap anak ayam yang kondisi fisiknya lemah.2). dalam kondisi segala cuaca Pada kandang postal maka pemberian pakan bisa diberikan adlibitum (habis langsung diisi) bisa lebih dari 8 kali perhari.5. pemanas harus dihidupkan beberapa jam sebelum DOC datang.

. Formula pakan yang digunakan pakan adalah jenis starter dan grower. Faktor tersebut misal jenis strain DOC. Tabel . Namun demikian jika membeli pakan jadi maka masing-masing merek pakan yang tersedia pasaran juga sedikit berbeda kandungan nutrisinya.Agribisnis Ternak Unggas habis. Pedoman tersebut hanya sebagai perkiraan saja karena banyak faktor yang berpengaruh yang perlu dipertimbangkan. dll. kualitas pakan. menunjukkan kebutuhan pemberian pakan dari umur 1 sampai 9 minggu.. Kandungan nutrisi pakan yang dibutuhkan pada berbagai fase untuk masing-masing strain berbeda-beda.. karena jika kuning telur tidak segera terserap habis maka akan mengganggu pertumbuhan DOC itu sendiri. temperatur sekitar lokasi di luar kandang. Jadi pemberian pakan lebih mempertimbangkan target pertumbuhan sesuai dengan umur ayam.. Direktorat Pembinaan SMK 2008 Beberepa perusahaan pembibitan membuat panduan pemberian pakan.

.6. pemberian pakan dan berat badan jantan Umur Pakan Berat (Mg) (gram/hari/ekor) badan (gram) 1 11 85 2 18 170 3 25 275 4 33 390 5 39 520 6 44 660 7 48 785 8 52 910 9 56 1035 Sumber: ISA Brown 2007 1. tempat air minum dan memacu pertumbuhan.. pada jam 22 malam lampu dimatikan.. 2008 Penambahan cahaya diberikan dapat dilakukan dengan cara terputusputus atau intermitten dari umur 1 sampai 10 hari. Intensitas cahaya yang diberikan antara 20-40 lux. Memasuki hari ke 11 penambahan cahaya seperti biasa. besarnya intensitas cahaya dan kapan pencahayaan tersebut dilakukan. kemudian jam 24 malam dihidupkan kembali.. Pengaturan Cahaya Umur (minggu) 1 2 3 4 5 Lama Penerangan (jam/hari) 24 20 18 16 14 Direktorat Pembinaan SMK 2008 Pemberian cahaya pada periode starter bertujuan untuk memacu pertumbuhan dan agar ayam dapat mengenal lingkungannya dengan baik. dengan tujuan agar anak ayam mudah mengenali tempat pakan. Misal setelah hari gelap lampu dihidupkan. Faktor yang penting dalam program penacahayaan adalah lama waktu penyinaran. Program pencahayaan untuk ayam periode starter disajikan pada Tabel .Agribisnis Ternak Unggas Tabel.Program Pencahayaan periode starter Sumber: Dony Farm. Pada minggu pertama diberikan cahaya selama 24 jam. Table …. demikian seterusnya sampai hari ke sepeluh....

Pemotongan paruh yang kurang baik akan mengganggu ayam pada saat makan. Distribusi tempat pakan dan minum juga perlu dikaji. Tabel . Apakah jumlahnya cukup. jika distribusi tidak merata maka ayam akan berebut dalam makan dan minum. Anak ayam yang berbobot badan kecil dan lemah dipisah pada brooder yang berbeda untuk diberi perlakuan yang intensif. Kondisi ini dapat mengganggu pertumbuhan ayam. yang mengakibabtkan ayam kurus. Kepadatan yang terlalu tinggi akan menyebabkan ayam berdesakan sehingga tidak nyaman dan pertumbuhan terganggu. Tujuan penimbangan ini adalah untuk mengetahui bobot badan anak ayam sehingga pengontrolan bobot badan dan tingkat keseragaman ayam pada periode starter dapat dicapai.Agribisnis Ternak Unggas Pengaturan penambahan cahaya seperti tertera pada tabel…. Hal ini sesuai dengan pernyataan Rasyaf (2001).. maka harus dilakukan evaluasi terhadap beberapa hal  Jumlah dan distribusi tempat pakan dan minum. dalam arti semua ayam mempunyai kesempatan makan dan minum.7. Penimbangan dilakukan sebelum ayam diberi makan.  Terjadinya stress pada ayam akibat lingkungan yang kurang .  Konsumsi pakan juga harus dievaluasi apakan cara pemberian pakan baik.  Kualitas ransum. Mengontrol Pertubuhan Ayam Penimbangan ayam dilakukan setiap minggu secara acak dengan sampel 10% dari jumlah ayam. bahwa penimbangan dilakukan secara acak dengan jumlah sampel kurang lebih 10% dari populasi ayam..  Kepadatan ayam dalam kandang. Dan segera dipisahkan untuk ayam yang beratnya dibawah standar untuk dilakukan treatment perpanjangan pemakaian pakan starter. Direktorat Pembinaan SMK 2008 Pencapaian berat badan standar agar target penjualan dapat tercapai.. Jika terjadi ketidak seragaman pertumbuhan ayam.  Adanya serangan penyakit. dengan penyimpangan berat ayam ± 10%. Kepadatan yang teralu longgar juga menyebabkan ayam terlalu banyak bergerak. Pengaturan Pemberian Cahaya Periode Starter Umur (mingg u) 1 Lama (Jam) Lampu hidup Lampu mati 24 6 sore 6 pagi 2 23 7 malam 6 pagi 3 22 8 malam 6 pagi 4 21 9 malam 6 pagi 1. Ransum dengan energi dan kandungan protein yang terlalu rendah dari standar dapat menyebabkan pertumbuhan yang lambat. Memasuki minggu ke-4 maka dapat dilakukan penimbangan secara random kurang lebih 20% untuk mengetahui uniformity ayam. Pertumbuhan yang terlalu kecil juga tidak baik karena menggambarkan konversi pakan yang tidk baik. Keseragaman berat ayam minimal 70% pada umur 3-10 minggu.  Kualitas potong paruh. jumlahnya cukup dan apakah nafsu makan ayam baik.

DOC dipuasakan minum selama dua jam dan pakan lima jam. Program pengobatan . Paruh dipotong hingga sepertiga bagian dengan menggunakan electric debeaker. Setelah potong paruh selesai dilakukan. Pemotongan paruh harus dilakukan oleh orang yang tampil. maka kita dapat memberikan perlakuan untuk mengontrol pertumbuhan dengan akurat. Program kesehatan pada ayam akan menunjang kesehatan ayam dan memberikan ketenangan bagi peternak. Kesalahan evaluasi menyebabkan diagnosa penyebab yang tidak tepat. Setelah pemuasaan. Keuntungan pemotongan paruh pada ayam umur muda adalah ayam mudah dipegang. efisiensi pakan dengan mengurangi pakan yang tumpah dan memacu pertumbuhan. 1. pegang denga lembut dengan posisi telunjuk dibawah paruh. Pengendalian Penyakit Pengendalian penyakit bertujuan agar ayam dalam kondisi sehat. Sebelum pemotongan paruh. Program kesehatan terdiri dari program pengobatan. menghilangkan sumber timbulnya penyakit dan vaksinasi 1. Pemotongan paruh dilakukan pada ayam dilakukan pada anak ayam umur 4 hari. Jika ayam sakit dapat disembuhkan agar sehat kembali. dapat mengurangi pendarahan dan cekaman serta daya hidup anak ayam lebih baik dan biayanya rendah/murah. sehingga pemotongan paruh untuk setiap ayam seragam  Jangan buru-buru untuk mencapai target pemotongan tinggi. Tujuan pemuasaan ini untuk mengurangi pendarahan pada mulut ayam. Pemotongan Paruh Tujuan potong paruh adalah menghilangkan sifat kanibal. sehingga potensi genetik dari ayam bisa berproduksi maksimal.9. Dengan mengetahui penyebab keterlambatan pertumbuhan. kemudian esok Direktorat Pembinaan SMK 2008 harinya diberi vitamin C dan vitamin K juga lewat air minum. karena akan menyebabkan banyak kesalahan  Bersihkan pisau setelah dipakai 5000 ekor dengan amplas  Harus menjamin lidah anak ayam tidak terbakar 1. sehingga dapat memotong pada posisi 2 mm dari lubang hidung  Pegang anag auam dengan satu tangan.1.  Potong paruh dengan sudut kemiringan 15*  Kontak dengan besi pemanas selama 2-2. ibu jari dibeakang kepala. Kesalahan pada pemotongan paruh akan menyebabkan ayam kesulitan makan minum dan pertumbuhan dalam kelompok tidak seragam. DOC diberi vitamin K dan antibiotik lewat air minum.5 detik Saran untuk operator potong paruh  Posisi duduk harus nyaman.Agribisnis Ternak Unggas nyaman atau perlakuan yang kurang sesuai dari peternak.9.8. Metode potong paruh  Pilih diameter lubang alat potong paruh (debeaker) yang sesuai. anak ayam diberi minum dengan campuran vitamin K. Program perbaikan yang salah tidak memperbaki pertumbuhan bahkan dapat memperparah pertumbuhan ayam.

Tabel .. Colibasilosis dll. Vaksinasi Direktorat Pembinaan SMK 2008 Program vaksinasi merupakan salah satu cara yang paling sering digunakan untuk mencegah timbulnya penyakit.2.. mengobati dan mempercepat penyembuhan. Di daerah yang jumlah peternak ayamnya banyak cenderung lebih rentan penyakit daripada daerah yang terisolir (terpencil) yang jarang jumlah peternak ayamnya. Vaksinasi disetiap daerah bia berbeda tergantung dari jenis penyakit mana yang sering timbuh wabah. Peternak dapat memberikan sesuai dengan pengalaman.  Percepatan penyembuhan Program pemberian obat-obatan untuk mempercepat penyembuhan penyakit atau kondisi ayam tetap terjaga baik. misalnya dengan memberi Klor pada air minum atau sterilisasi dengan sinar ultra violet.9. vitamin anti stress 2 Vaksin IBD A Air minum . Air minum antibiotika. Program vasinas. bakteri. Coccidiosis serta Avian Influenza (AI). harga obat dll. Contoh pada kasus kolibasilosis.. emeria dan parasit. Masing-masing dijelaskan sbb:  Mencegah program pemberian obat-obatan untuk tujuan mencegah terjadinya infeksi yang disebabkan oleh mycoplasma. Jenis dan merek obat dan merek dipasaran untuk setiap jenis penyakit sangat banyak.  Menghilangkan sumber/faktor pendukung timbulnya penyakit Timbulnya penyakit harus dipelajari untuk mengetahui penyebabnya. Infectious Bronchitis (IB).. Jenis obat yang diberikan tergantung dari hasil diagnosa penyakit yang menyerang. Sebagai pedoman program vaksinasi lengkap seperti tertera pada Tabel .. ketersediaan obat. Newcastle Disease (ND). Vaksinasi yang dilakukan pada periode starter terutama untuk mencegah penyakit Infectious Bursal Disease (IBD).Agribisnis Ternak Unggas Tujuan pemberian obat adalah mencegah. 1. Faktor-faktor pemicu penyebab penyakit perlu diperhatikan agar dapat diberikan tindakan yang sesuai..  Mengobati penyakit program pemberian obat-obatan untuk menyembuhkan ayam yang terserang penyakit. kebanyakan disebabkan oleh air minum yang percemar bakteri koli. Apakah ayam terserang CRD.. Pemberian Obat dan vitamin Umur Vaksin Metode (Mg) applikasi 1 ND-IB Tetes mata ND-kill subcutan pangkal leher Sorbitol. Jenis obat yang diberikan biasanya vitamin dan asam amino.

Jenis sanitasi ini biasanya digunakan untuk cuci tangan dan celup kaki sebelum masuk ke dalam kandang. Biosecurity yang dilakukan perusahaan yaitu menggunakan satu pintu untuk keluar masuk perusahaan yang dilengkapi dengan ruang semprot untuk mencegah terbawanya bibit penyakit. amnium quartener 20%. Pencegahan masuknya bibit penyakit kedalam areal usaha peternakan merupakan upaya untuk menjaga Direktorat Pembinaan SMK 2008 kesehatan ayam kita. pencelupan kaki dan cuci tangan ke dalam air desinfektan sebelum masuk ke dalam kandang.5 liter air. Beberapa langkah yang dapat dilakuakan adalah:  Sanitasi dengan memelihara kebersihan di dalam dan sekitar kandang dengan larutan khlorine dengan dosis 5 ml per 5 liter air.9. Upaya ini harus dilakukan secara nyata dan konsisten atau terus menerus. Kendaraan yang berasal dari lokasi yang terjangkit penyakit sedapat mungkin dihindari. Pengamanan Bilogik (Bio Security) Program pencegahan penyakit dilaksanakan dengan biosecurity yang ketat dan program vaksinasi. melewati ruang sanitasi pada setiap pintu unit kandang.Agribisnis Ternak Unggas 3 4 Vitamin antistress desinfectan desinfectan Vitamin anti Air minum Vaksin IBD B Anti coccidiosis Vaksin ND Lassota Vitamin anti stress Air minum Air minum Air minum Air minum Air minum stress 5 6 Air minum Air minum 1. pegawai kandang menggunakan pakaian khusus yang diganti pada ruang sanitasi utama. terutama orang luar dan juga menghimbau serta memberikan pengertian pada operator kandang yang menagani ayam sakit agar tdak masuk kandang ayam yang sehat atau melakukan kontak langsung dengan operator lainnya  Memisahkan pemelihraan ayam fase produksi dengan ayam remaja guna mencegah penularan penyakit dari ayam yang lebih tua kepada ayam yang masih muda dan sebaliknya . sedangkan untuk peralatan dengan dosis yang dipakai adalah 1 ml air dalam 2. karena hewan tersebut dapat membawa bibit penyakit  Melakukan kontrol terhadap semua kendaraan yang masuk kepeternakan kita dengan melakukan penyemprotan. Cara mengencerkan yaitu dengan dosis 1 ml dalam 4 liter air. isopropanol 5%. Tujuan sanitasi adalah menekan semaksimal mungkin populasi dan tingkat keganasan kuman penyakit  Melakukan desinfeksi untuk membunuh kuman sehingga populasi dan tingkat tantangan kuman penyakit dapat dikendalikan  Hindari masuknya pullet yang berasal dari lokasi yang problem penyakitnya komplek atau tidak diketahui sumbernya  Menjaga hewan lain tidak memasuki usaha peternakan kita.  Membatasi lalulintas orang yang keluar masuk areal peternakan. Bahan sanitasi yang digunakan dari jenis bahan septi guard semacam lysol dengan bahan aktif glutaraldehyde 30%.3.

1. Teknik Pemberian Pakan Teknik pemberian pakan antara umur 5-10 minggu dirancang untuk menghindari residu partikel kecil dan merangsang pertumbuhan tembolok dengan konsumsi pakan secara cepat 2. dan manajemen pemberian pakan yang baik. catatan pengelolaan kesehatan.. keseragaman dan saluran pencernaan. tetapi dapat diperpanjang sampai umur 5-6 minggu. kematian. pakan yang diberikan dan berat ayam. mereka akan muali makan partikel yang lebih besar pada pakan. Adapun data-data yang dicatat meliputi: jumlah ayam. Kebutuhan Kandan dan Peralatan umur 4 – 8 Minggu Unsur (Unggas) 5 – 10 Kepadatan (ekor/m2) 12 Direktorat Pembinaan SMK 2008 Pakan starter diberikan dari umur sehari sampai umur 4 minggu. untuk mencapai pertumbuhan yang optimal. Pakan Grower Perjuangan untuk mencapai performa produksi daging berlanjut pada fase grower.1. Pakan grower disarankan untuk diberikan antara umur 4 minggu. Tabel. berat badan. Pakan Starter 12. Tujuan pada fase grower adalah pengembangan kerangka. Pakan fase grower kandungan energinya tinggi untuk mempercepat pertumbuhan. pengaturan cahaya. Seleksi Ayam Suplai Air (ekor/ 75 Suplai Pakan (ekor/tempat 25 pakan bulat Cm tempat pakan through 5 Sumber Manual ISA Brown. Pada setiap akhir minggu dilakukan seleksi ayam. cacat dan ukuran terlalu kecil dapat dipisahkan dari ayam yang sehat dan normal.. Program Pemberian Pakan Batasan diet pakan yang disarankan disesuaikan dengan evalusi perkembangan kerangka tubuh dan berat badan pullet. Jika pakan yang halus tidak dikonsumsi maka ayam akan kurang pakan. contoh untuk strain ISA Brown tertera pada tabel.1. Seleksi bertujuan untuk memilih ayam yang baik dan memisahkan ayam yang tidak baik. Kandang dan Peralatan Pengaturan dan kebutuhan tempat pakan-minum fase grower untuk masing-masing strain berbeda. Tujuan ini dapat dicapai melalui pengaturan kepadatan ayam yang sesuai. kondisi kandang.1. 2.Agribisnis Ternak Unggas 10.2. untuk itu usahakan tempat ...2.2. Rekording Data pemeliharaan ayam pada masa starter dicatat dalam buku recording. 2. ayam yang sakit. Fase Grower/Finisher 2. 2.. 2008 2. 11. Menjamin Tidak ada Residu Pakan Ayam lebih suka makan biji-bijian.1. sampai 10 minggu.. dan partikel halus tertinggal di tempat pakan.

Karakteristik tersebut mata sayu. Pengaturan Cahaya Pemeliharaan grower memerlukan cahaya terang dan gelap.2. lemah. tidak nafsu kaman. . Recording Data pemeliharaan ayam pada masa starter dicatan dalam buku recording. tergantung dengan perkembangan tembolok. 15 3 pagi 6 pagi 6. seleksi ayam Seleksi ayam pda fase grower bertujuan memilih ayam yang baik dan mengeluarkan (mengafkir) ayam yang jelek.Pengaturan Pemberian Cahaya tambahan Grower Tembolok adalah organ penyimpan makanan. Makan Dengan Cepat Tabel. Hal ini memungkinkan ayam makan cukup pada sore hari untuk menyediakan energi pada malam hari. 8. Cara ini dapat dilakukan secara rutin pada umur 4-8 minggu. 17 1 pagi 6 pagi 9. 19 11 malam 6 pagi 7. Dan pada fase ini kalsium yang diberikan sebagian berbentuk granular kurang lebih 3 mm. Pakan grower mengandung protein 16 – 18 % dengan level energi sebesar 2750 – 2800 kkal. Untuk memacu makan dengan cepat disarankan pemberian pakan 2-3 jam sebelum gelap.. 3. catatan pengelolaan kesehatan.Agribisnis Ternak Unggas pakan sampai kosong baru diisi dengan pakan yang baru. 2. Peningkatan konsumsi pada masa pre layer. Kecepatan makan ayam tergantung dari jenis dan bentuk pakan. Sehingga pada fase inipun harus disesuaikan pakan yang akan diberikan. Pada umur 10 minggu jarak pemberian pakan diatur dengan memberi pakan berikutnya setelah 23 jam tempat pakan kosong. Setelah DOC mulai tumbuh besar mencapai bobot 500 gram pada umur 6 minggu untuk strain Hyline brown maka ayamayam tersebut telah dikelompokkan pada fase grower dimana pada fase ini mulai dominan pembentukan otototot tulang yang akan membentuk “frame” dari ayam layer tersebut. 18 12 malam 6 pagi 8. tidul di litter terus. perkembangan gizzard yang lebih baik. Pemanenan pada umur 8 minggu akan diperoleh bobot 8 ons sedang pada 10 minggu beratnya 1 kg (19 ons). Adapun data-data yang dicatat meliputi: jumlah ayam. pakan yang diberikan dan berat ayam. 20 10 malam 6 pagi 6... kematian.. 16 2 pagi 6 pagi 10.2. Ayam-ayam yang tidak menunjukan karekaterisitik ayam yang sehat dapat diafkir. tergantung permintaan pasar.. 7. Efek pencahayaan akan memacu pertumbuhan ayam. Pemanenan Ayam Ayam petelur jantan dipelihara selama 8-10 minggu. Pemberian sumber kalsium dengan ukuran tersebut bermanfaat untuk Umur (minggu) Direktorat Pembinaan SMK 2008 Lama (Jam) Lampu hidup Lampu mati 5. sehingga pada pagi hari ketika mulai terang ayam akan makan partikel halus sisa pakan malam.

Lembar Pemecahan Masalah Ayam petelur jantan tidak memberi respon pertumbuhan yang cepat jika diber pakan ayam broiler. 7. 1 kg 2. Menyuntik kedalam daging b. 5 sm b.5 cm b. 2 kg b. Temperatur kandang untuk DOC ayam petelur jantan sebaiknya a.000. dan harganya agak murah. perkirakan berapa beratnya dan harga jual ayam hidupnya. c. 33-25*C c. Lembar Pengayaan 1. b. Lembar Aplikasi Konsep Pernahkan sauhara makan daging ayam di warung makan kaki lima (Warteg)?. 1. 15 ekor c. 10 cm 4. menyuntik dibawah kulit c. Diskusikan dengan teman-yemanmu kira-kira ayam tersebut jenis ayam apa. dagingnya empuk sekali. Coba diskusikan dengan teman-temanmu bagaimana sebaiknya pemberian pakan ayam petelur jantan tersebut.5 kg c. tetapi coba perhatikan kondisi ayam tersebut: ukuran ayam besarnya seragam. Sebagai contoh ayam goreng utuh 1 elor di Cianjur Rp24.Agribisnis Ternak Unggas Pemeliharaan ayam petelur Jantan/Itik jantan/Ayam Kampung 3. Ayam petelur jantan dipelihara selama 2 bulan. 2 kg Kepadatan pemeliharaan ayam petelur jantan per meter persegi adalah a. 27*C 5. Waktu kita tanya penjual akan menjelaskan bahwa ayam yang dijual adalah ayam kampung. tets mata . berap rata-rata mencapai: a. 12 ekor Direktorat Pembinaan SMK 2008 Ketebalan litter pada pemeliharaan ayam petelur jantan sebaiknya a. 20*C Vaksinasi subcutan dilakukan dengan a.