Program Studi

: Kimia

Nama Mata Kuliah

: Kimia Terapan

Pertemuan

:1

Jumlah SKS

: 2 SKS

Pengajar

: Prof. Dr. Abd. Wahid Wahab M.Sc
Djabal Nur Basir, S.Si, M.Si

1. Pendahuluan
1.1 Cakupan atau ruang lingkup materi pembelajaran
Bahan ajar ini akan dibahas tentang pengertian, ruang lingkup dan aplikasi
ilmu kimia, serta memprediksi strategi dan arah perkembangan teknologi
industri kimia.
1.2 Sasaran Pembelajaran (dari GBRP)
Sasaran dari pembelajaran ini yaitu mahasiswa memiliki pengetahuan
tentang dasar-dasar ilmu kimia dan peranannya di berbagai bidang.
1.3 Perilaku awal mahasiswa
Mahasiswa memiliki pengetahuan dasar tentang ilmu kimia.
1.4 Manfaat
Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang kegunaan ilmu kimia di
berbagai bidang.
1.5 Urutan Pembelajaran
a. Pengertian, ruang lingkup dan aplikasi ilmu kimia
b. Perkembangan dan strategi dalam teknologi industri kimia.
1.6 Petunjuk Belajar
Mahasiswa diharapkan selain mempelajari materi pada bahan ajar ini juga
diharapkan memperhatikan secara seksama penjelasan dari dosen sehingga
mampu memahami dan membahasakan kembali tentang ilmu kimia dan
penerapannya.

2. Penyajian
2.1 Pengertian, ruang lingkup dan aplikasi ilmu kimia
2.1.1 Pengertian
Kimia berasal dari bahasa Arab ‫“ كيمييياء‬Seni transformasi” dan bahasa
Yunani Khemeia “Alkimia” adalah ilmu yang mempelajari mengenai komposisi

dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau
transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan
sehari-hari.
Kimia juga mempelajari pemahaman sifat dan interaksi atom individu
dengan

tujuan

untuk

menerapkan

pengetahuan

tersebut

pada

tingkat

makroskopik. Menurut kimia modern, sifat fisik materi umumnya ditentukan oleh
struktur pada tingkat atom yang pada gilirannya ditentukan oleh gaya antara atom.
Kimia sering disebut sebagai “ilmu pusat” karena menghubungkan
berbagai ilmu lain, seperti fisika, ilmu bahan, nanoteknologi, biologi, farmasi,
kedokteran, bioinformatika dan geologi. Koneksi ini timbul melalui berbagai
subdisiplin yang memanfaatkan konsep-konsep dari berbagai disiplin ilmu.
Sebagai contoh, kimia fisik melibatkan penerapan prinsip-prinsip fisika terhadap
materi pada tingkat atom dan molekul.
Ilmu kimia tergolong ilmu pengetahuan alam yang secara khusus
mempelajari perubahan materi, baik perubahan secara kimia maupun perubahan
secara fisika. Untuk memahami perubahan materi, dapat dikaji berdasarkan
perubahan energi yang menyertainya dan diperlukan teori yang disebut
termodinamika kimia, yang diturunkan dari hukum-hukum mekanika.
2.1.2

Ruang Lingkup
Kimia umumnya dibagi menjadi beberapa bidang utama. Terdapat pula

beberapa cabang antar-bidang dan cabang-cabang yang lebih khusus dalam kimia
yaitu:
1. Kimia Analitik
Kimia analitik

adalah studi

tentang

pemisahan,

identifikasi, dan kuantifikasi komponen kimia dari bahanbahan alami dan buatan. Analisis kualitatif memberikan
indikasi identitas spesies kimia dalam sampel, dan
analisis

kuantitatif

menentukan

jumlah

tertentu

komponen dalam substansi. Pemisahan komponen sering
dilakukan sebelum analisis.

dan distilasi dan analisis kualitatif dengan warna. dan analisis bahan.Metode analisis dapat dipisahkan menjadi klasik dan instrumental. Analisis berperan pertama spektrometri nyala memancarkan dikembangkan oleh Robert Bunsen dan Gustav Kirchhoff yang menemukan rubidium (Rb) dan cesium (Cs) pada tahun 1860. Kimia analitik telah penting sejak awal kimia. Selama periode ini analisis instrumental . Selama periode ini kontribusi yang signifikan untuk analisis kimia meliputi pengembangan analisis unsur sistematis oleh Justus Liebig dan analisis organik sistematis berdasarkan reaksi spesifik kelompok fungsional. Pemisahan bahan dilakukan dengan menggunakan kromatografi. analisis lingkungan. Metode klasik (juga dikenal sebagai metode kimia basah) menggunakan pemisahan seperti curah hujan. atau titik leleh. Analisis kuantitatif klasik dicapai dengan pengukuran berat atau volume. analisis klinis. Sebagian besar perkembangan utama dalam analisis kimia berlangsung setelah 1900. menyediakan metode untuk menentukan elemen dan bahan kimia yang hadir dalam objek tersebut. bioanalysis. dan penciptaan alat pengukuran baru untuk memberikan informasi kimia yang lebih baik. kemometrika. atau konduktivitas. fluoresensi. elektroforesis atau lapangan metode aliran fraksinasi. Kimia analitik juga difokuskan pada perbaikan dalam desain eksperimental. Metode Instrumental menggunakan suatu alat untuk mengukur kuantitas fisik dari analit seperti penyerapan cahaya. Kimia analitik memiliki aplikasi di forensik. bau. ekstraksi.

Penemuan hadiah kimia dalam darah yang meningkatkan risiko kanker akan menjadi penemuan yang seorang ahli kimia analitis mungkin terlibat dalam.menjadi semakin dominan di lapangan. lingkungan. Akademisi cenderung baik fokus pada aplikasi baru dan penemuan atau metode baru analisis. Sebuah upaya untuk mengembangkan metode baru mungkin melibatkan penggunaan laser merdu untuk meningkatkan spesifisitas dan sensitivitas dari Metode . industri dan medis pertanyaan. Akhir abad ke-20 juga melihat perluasan penerapan kimia analitik dari pertanyaan kimia agak akademis untuk forensik. Khususnya banyak spektroskopi dan spektrometri teknik dasar ditemukan pada awal abad ke-20 dan disempurnakan pada akhir abad ke-20. seperti di histologi. Pada 1970-an banyak teknik ini mulai digunakan bersama-sama untuk mencapai karakterisasi lengkap sampel. Dimulai pada sekitar tahun 1970-an ke dalam hadir hari kimia analitik telah semakin menjadi lebih inklusif pertanyaan biologis sebelumnya telah molekul organik (kimia sebagian anorganik bioanalytical). Kimia analitik modern didominasi oleh analisis instrumental. Ilmu pemisahan mengikuti garis yang sama waktu pengembangan dan juga menjadi semakin berubah menjadi instrumen kinerja tinggi. Laser pada telah semakin digunakan dalam kimia sebagai probe dan bahkan untuk memulai dan mempengaruhi berbagai reaksi. besar atau padahal difokuskan kecil. Banyak ahli kimia analitis fokus pada satu jenis instrumen.

yang pada gilirannya berhubungan besar terhadap studi dan pemahaman organisme keseluruhan. disimpan sengaja statis sehingga data dapat dibandingkan selama periode waktu yang panjang.spektrometri. kadang-kadang disebut kimia biologi. digunakan dalam penemuan calon obat baru dan dalam aplikasi klinis di mana memahami interaksi antara obat dan pasien sangat penting. Biokimia berkaitan erat dengan biologi molekuler. Dengan mengontrol arus informasi melalui sinyal biokimia dan aliran energi kimia melalui metabolisme. Selama dekade terakhir abad ke-20. selain dari QA. proses biokimia menimbulkan kompleksitas kehidupan. Tergantung pada definisi yang tepat . Hari ini. studi tentang mekanisme molekuler dimana informasi genetik dikodekan dalam DNA mampu menghasilkan proses kehidupan. forensik dan aplikasi lingkungan. 2. Banyak metode. Kimia analitik memainkan peran yang semakin penting dalam industri farmasi di mana. sekali dikembangkan. Biokimia Biokimia. adalah ilmu yang mempelajari proses kimia di dalam dan berkaitan dengan organisme hidup. biokimia telah menjadi begitu sukses di menjelaskan proses hidup yang sekarang hampir semua bidang ilmu kehidupan dari botani untuk obat untuk genetika yang terlibat dalam penelitian biokimia. Hal ini terutama berlaku di industri jaminan kualitas (QA). fokus utama biokimia murni adalah dalam memahami bagaimana molekul biologis menimbulkan proses-proses yang terjadi dalam sel-sel hidup.

. seperti protein. nutrisi. Di bidang pertanian. biologi molekuler dapat dianggap sebagai cabang biokimia. dan mencoba untuk menemukan cara-cara untuk meningkatkan budidaya tanaman. biokimia sebagai suatu disiplin ilmu tertentu memiliki awal beberapa waktu di abad ke-19. yang menyediakan struktur sel dan melakukan banyak fungsi yang terkait dengan kehidupan. Ini dapat anorganik. fungsi dan interaksi makromolekul biologis. asam nukleat. atau sedikit lebih awal. ahli biokimia menyelidiki penyebab dan obat penyakit. ahli biokimia menyelidiki tanah dan pupuk. Dalam pengobatan. dan pertanian. mereka belajar bagaimana untuk menjaga kesehatan dan mempelajari efek dari kekurangan nutrisi. tergantung pada aspek biokimia sedang terfokus pada. biokimia dapat dilihat sebagai studi tentang komponen dan komposisi makhluk hidup dan bagaimana mereka datang bersama-sama untuk menjadi hidup.dari istilah yang digunakan. Banyak penawaran biokimia dengan struktur. misalnya air dan ion logam. misalnya asam amino yang digunakan untuk mensintesis protein. atau organik. Namun. Kimia sel juga tergantung pada reaksi molekul kecil dan ion. atau biokimia sebagai alat untuk menyelidiki dan mempelajari biologi molekuler. dan sejarah biokimia karena itu dapat kembali sejauh Yunani kuno. penyimpanan tanaman dan pengendalian hama. Pada definisi yang paling luas. karbohidrat dan lipid. Dalam nutrisi. Temuan biokimia diterapkan terutama dalam kedokteran. Mekanisme yang sel memanfaatkan energi dari lingkungan mereka melalui reaksi kimia yang dikenal sebagai metabolisme.

Beberapa mungkin juga menunjukkan sebagai awal kepada berpengaruh 1. kimia organik dalam aplikasi untuk fisiologi dan patologi. Kimiawan Jerman Carl Neuberg namun sering dikutip telah diciptakan kata pada tahun 1903. Pada tahun 1877. . diastase (hari ini disebut amilase). pada tahun 1833 oleh Anselme Payen. atau bahkan lebih awal untuk studi abad ke-18 pada fermentasi dan respirasi oleh Antoine Lavoisier. Banyak perintis lain di lapangan yang membantu untuk mengungkap lapisan kompleksitas biokimia telah menyatakan pendiri biokimia modern. Gowland Hopkins pada enzim dan sifat dinamis dari biokimia. misalnya Emil Fischer untuk karyanya pada kimia protein.ekstrak bebas pada tahun 1897 menjadi kelahiran biokimia. atau.842 karya Justus von Liebig. dan F. sementara yang lain dianggap demonstrasi pertama Eduard Buchner yang dari fermentasi alkohol proses biokimia yang kompleks di sel. yang disajikan teori kimia metabolisme. Istilah "biokimia" sendiri berasal dari kombinasi biologi dan kimia. sementara beberapa dikreditkan ke Franz Hofmeister. Felix Hoppe-Seyler menggunakan istilah (Biochemie di Jerman) sebagai sinonim untuk kimia fisiologis dalam kata pengantar untuk edisi pertama dari Zeitschrift für Physiologische Chemie (Journal of Physiological Chemistry) di mana ia berpendapat untuk mendirikan lembaga yang didedikasikan untuk bidang studi ini. kimia Hewan.Beberapa berpendapat bahwa awal biokimia mungkin penemuan enzim pertama.

Peristiwa bersejarah lain yang signifikan dalam biokimia adalah penemuan gen dan perannya dalam transfer informasi dalam sel. dengan pengembangan teknik baru seperti kromatografi. Rosalind Franklin. Teknik ini memungkinkan untuk penemuan dan analisis rinci dari banyak molekul dan jalur metabolik sel. pada tahun 1828. George Beadle dan Edward Tatum menerima Hadiah Nobel untuk pekerjaan di jamur yang menunjukkan bahwa satu gen memproduksi satu enzim.Hal ini pernah umumnya percaya bahwa hidup dan bahan yang memiliki beberapa properti penting atau substansi (sering disebut sebagai "prinsip penting") berbeda dari apapun yang ditemukan di non-hidup materi. biokimia telah maju. Pada tahun 1950 James D. Friedrich Wöhler menerbitkan sebuah makalah tentang sintesis urea. radioisotop. seperti glikolisis dan siklus Krebs (siklus asam sitrat). terutama sejak pertengahan abad ke-20. Sejak itu. dan Maurice Wilkins berperan dalam memecahkan struktur DNA dan menyarankan hubungannya dengan pengalihan genetik informasi. Watson. Pada tahun 1988. Ini bagian dari biokimia sering disebut biologi molekuler. dan simulasi dinamika molekul. Colin Pitchfork adalah orang pertama yang dihukum karena pembunuhan dengan bukti . mikroskop elektron. Kemudian. difraksi sinar-X. dual polarisasi pelabelan interferometri. Pada tahun 1958. Francis Crick. dan ia berpikir bahwa makhluk hanya hidup bisa menghasilkan molekul hidup. spektroskopi NMR. yang membuktikan bahwa senyawa organik dapat dibuat secara artifisial.

ilmu material. Pengecualian untuk teori. dan ada banyak tumpang tindih. Bidang ini meliputi semua senyawa kimia kecuali senyawa organik segudang (senyawa berbasis karbon. Baru-baru ini. Api dan Craig C. obatobatan. pigmen. metodologi perkiraan dipekerjakan. Ini memiliki aplikasi dalam setiap aspek industri-termasuk kimia katalisis. yang merupakan subjek dari kimia organik. biasanya mengandung ikatan CH). berekspansi ke ikatan dalam molekul sederhana dan kemudian lebih kompleks. Precise deskripsi mekanik kuantum untuk spesies multielectron. yang menyebabkan pertumbuhan ilmu forensik . . coating. Sejalan dengan ini deskripsi teoritis. provinsi kimia anorganik. termasuk teori kerapatan fungsional. dengan menggunakan alat-alat dan model kimia teoritis dan kimia komputasi. kualitatif dan kuantitatif. Andrew Z.DNA. dalam membungkam ekspresi gen. sangat penting dalam pengembangan lapangan. Tantangan ini telah melahirkan banyak pendekatan semi-kuantitatif atau semi-empiris termasuk orbital teori teori dan ligan bidang molekul. surfaktan. sulit. Mello menerima 2006 Hadiah Nobel untuk menemukan peran interferensi RNA (RNAi). Kimia Anorganik Kimia anorganik berkaitan dengan sintesis dan perilaku senyawa anorganik dan organologam. Perbedaan antara dua disiplin jauh dari mutlak. Perspektif alternatif pada bidang kimia anorganik dimulai dengan model Bohr dari atom dan. dan pertanian. yang paling penting di sub-disiplin kimia organologam. bahan bakar. 3.

Kimia Organik Kimia organik adalah subdiscipline kimia yang melibatkan studi ilmiah tentang struktur. serta studi terfokus pada reaktivitas molekul organik individu. Studi tentang reaksi organik termasuk menyelidik lingkup mereka melalui penggunaan dalam persiapan senyawa sasaran (misalnya. sifat. produk alami. polimer. yaitu. Studi struktur mencakup banyak fisik dan metode kimia untuk menentukan komposisi kimia dan konstitusi kimia senyawa organik dan bahan." Model-model ditingkatkan menyebabkan perkembangan dari bahan magnetik baru dan teknologi baru. baik dalam laboratorium dan melalui teoritis studi (in silico). Ketidaksepakatan antara teori kualitatif (paramagnetik) dan observasi (diamagnetik) menyebabkan pengembangan model untuk "kopling magnet. campuran . bahan dengan organik tujuan dalam untuk bentuk memahami murni (bila mungkin). dan dibuat bentuk. tetapi juga dalam solusi. masalah dalam berbagai bentuknya yang mengandung atom karbon. dll) oleh sintesis kimia. obat. 4. CuII2(OAc)4(H2O)2 hampir diamagnetik bawah suhu kamar sedangkan kristal Bidang Teori memprediksi bahwa molekul akan memiliki dua elektron tidak berpasangan. Kisaran bahan kimia dipelajari dalam kimia organik termasuk hidrokarbon (senyawa yang mengandung . dan reaksi senyawa organik dan bahan organik. Studi sifat meliputi sifat fisik dan sifat kimia. dan menggunakan metode yang serupa serta metode untuk mengevaluasi reaktivitas perilaku kimia.Misalnya.

tetapi juga mengandung unsur-unsur lainnya. Sekitar 1. ahli kimia umumnya percaya bahwa senyawa yang diperoleh dari organisme hidup yang diberkahi dengan kekuatan vital yang membedakan mereka dari senyawa anorganik. serta komposisi berbagai berdasarkan selalu karbon. banyak produk komersial termasuk obat-obatan. fosfor (ini. Menurut konsep vitalisme (teori kekuatan vital).816 Michel Chevreul memulai studi sabun . belas. Sebelum abad kesembilan belas. termasuk dalam banyak bahan kimia organik dalam biologi) dan unsur-unsur radiostable dari halogen. Selama paruh beberapa studi sistematis pertama senyawa organik yang dilaporkan. plastik. pelarut. tetapi juga dengan obat kimia. sulfur . senyawa organik membentuk dasar dari semua kehidupan duniawi dan merupakan bagian penting dari upaya manusia dalam kimia. nitrogen.hanya karbon dan hidrogen). dll Seperti yang ditunjukkan. Akhirnya. petrokimia dan produk yang dibuat dari mereka (termasuk pelumas. bahan bakar dan bahan peledak. dll). serta banyak aspek ilmu material. serta berbagai struktur dengan terdelokalisasi elektron-membuat array senyawa organik struktural beragam. terutama oksigen. kimia polimer. Pola ikatan terbuka untuk karbon. ganda. dan jangkauan mereka aplikasi besar. dengan valensi nya ikatan tunggal. studi kimia organik tumpang tindih dengan kimia organologam dan biokimia. atau konstituen penting dari itu. dan triple empat formal. Mereka juga membentuk dasar. bahan organik itu diberkahi pertama dengan abad "kekuatan kesembilan vital".

Pada tahun 1828 Friedrich Wöhler menghasilkan urea organik kimia (carbamide). tanpa "kekuatan vital". dikembangkan secara mandiri dan secara bersamaan oleh Friedrich August Kekulé dan Couper Archibald Scott pada tahun 1858. sengaja diproduksi pewarna organik sekarang dikenal sebagai mauve Perkin. Melalui kesuksesan finansial yang besar. dan bahwa pola rinci ikatan atom dapat dilihat oleh interpretasi terampil dari reaksi kimia yang sesuai. Kedua orang menyarankan bahwa atom tetravalen karbon bisa link ke satu sama lain untuk membentuk kisi karbon. penemuan ini sangat meningkat minat dalam kimia organik. Terobosan penting untuk kimia organik adalah konsep struktur kimia. dalam kombinasi dengan alkali. menghasilkan sabun. ketika mencoba untuk memproduksi kina. ia menunjukkan bahwa adalah mungkin untuk membuat perubahan kimia di berbagai lemak (yang secara tradisional berasal dari sumber organik). Karena ini semua senyawa individu. Dia memisahkan asam yang berbeda yang. dianggap sebagai titik balik. memproduksi senyawa baru. dalam apa yang sekarang disebut sintesis Wöhler. Pada tahun 1856 William acara Henry ini sering Perkin. Meskipun Wöhler selalu berhati-hati tentang mengklaim bahwa ia telah menyangkal teori kekuatan vital.terbuat dari berbagai lemak dan alkali. Industri farmasi dimulai pada dekade terakhir abad ke-19 ketika pembuatan asam asetilsalisilat (lebih sering disebut sebagai aspirin) di Jerman dimulai oleh Bayer. dari anorganik amonium sianat NH4CNO. . merupakan konstituen dari urin.

000 ton indigo sintetik yang dihasilkan dari petrokimia. Yang terakhir setengah dari abad ke-19 namun menyaksikan studi sistematis senyawa organik. Total sintesis senyawa alami yang kompleks meningkat dalam kompleksitas menjadi glukosa dan terpineol.000 ton pada tahun 1897 menjadi 1. Contoh awal dari reaksi organik dan aplikasi yang sering kebetulan. 5.Pertama kali obat secara sistematis ditingkatkan adalah dengan arsphenamine (Salvarsan) . Sintesis tahapan senyawa organik kompleks yang disebut sintesis total. Kimia Fisik . Pada bagian awal abad ke-20. 17. Produksi indigo dari sumber tanaman turun dari 19. Sebagai contoh. Ilustrasi adalah pengembangan indigo sintetis. Pada tahun 2002. senyawa dengan efektivitas dan toksisitas terbaik karakteristik dipilih untuk produksi. polimer dan enzim yang terbukti molekul organik besar. Meskipun banyak turunan dari atoxyl beracun berbahaya diperiksa oleh Paul Ehrlich dan kelompoknya.000 ton pada 1914 berkat metode sintetik yang dikembangkan oleh Adolf von Baeyer. Sejak awal abad ke-20. kompleksitas total sintesis telah ditingkatkan untuk menyertakan molekul kompleksitas tinggi seperti asam lysergic dan vitamin B12. dan minyak bumi terbukti menjadi asal biologis. senyawa-kolesterol terkait telah membuka cara untuk mensintesis hormon manusia yang kompleks dan turunannya dimodifikasi.

termodinamika. dan fenomena partikel dalam sistem kimia dalam hal hukum dan konsep fisika. kinetika kimia dan mata pelajaran lainnya. mekanika statistik dan dinamika. Dalam Pembukaan ceramah ini ia memberikan definisi: "kimia fisik adalah ilmu yang harus menjelaskan di bawah ketentuan percobaan fisik alasan untuk apa yang terjadi di dalam tubuh yang kompleks melalui operasi kimia". Makalah ini memperkenalkan beberapa pilar kimia fisik. Misalnya. potensi kimia. praktek dan konsep fisika seperti gerak. ketika ia menyajikan kuliah saja berjudul "A Course in True Physical Chemistry" di Universitas Petersburg. Kimia fisik. elektrolit dalam solusi. berbeda dengan fisika kimia. seperti energi Gibbs. Ini berlaku prinsipprinsip. waktu. kesetimbangan kimia. Salah satu tonggak adalah publikasi pada tahun 1876 oleh Josiah Willard Gibbs dari kertas. didominasi (tetapi tidak selalu) ilmu makroskopik atau supramolekul. energi. atom. fase Gibbs aturan. Tonggak lain termasuk penamaan berikutnya dan akreditasi . Pada Equilibrium dari heterogen Substances. Kimia fisika modern berasal pada 1860-an untuk tahun 1880-an dengan bekerja pada termodinamika kimia. dan koloid. Istilah "kimia fisik" diciptakan oleh Mikhail Lomonosov tahun 1752. kekuatan. kimia kuantum. subatom.Kimia fisik adalah studi tentang makroskopik. keseimbangan. seperti sebagian besar prinsip-prinsip yang kimia fisik didirikan secara konsep yang berkaitan dengan curah bukan pada molekul / struktur atom saja .

didirikan pada tahun 1887 oleh Wilhelm Ostwald dan Jacobus Henricus van 't Hoff. penemuan yang lebih baru dalam astrokimia. mungkin pengembangan abad ke-20 yang paling penting. tangan eksperimental. di mana Irving Langmuir membuat banyak kontribusi. di mana Linus Pauling adalah perkembangan salah telah perkembangan penggunaan spektroskopi spektroskopi satu bergandengan metode berbagai dan terkemuka. Perkembangan dalam dekade berikut mencakup penerapan mekanika statistik untuk sistem kimia dan bekerja pada koloid dan kimia permukaan. Pengembangan lebih lanjut dalam kimia fisik mungkin disebabkan penemuan dalam kimia nuklir. Langkah penting lainnya adalah pengembangan mekanika kuantum ke dalam kimia kuantum dari tahun 1930-an. Jurnal ilmiah pertama yang khusus di bidang kimia fisik adalah jurnal Jerman. serta pengembangan algoritma perhitungan dalam bidang aditif sifat fisikokimia . EPR nama spektroskopi dengan dimana spektroskopi.entalpi untuk Heike Kamerlingh Onnes dan proses makromolekul. Bersama dengan Svante Arrhenius Agustus. . Ketiga diberikan dengan Hadiah Nobel Kimia antara 1901-1909. terutama di pemisahan isotop (sebelum dan selama Perang Dunia II). Zeitschrift für Physikalische Chemie. ini adalah tokoh terkemuka dalam kimia fisik pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. bentuk inframerah. spektroskopi Teori seperti microwave. NMR.

Contohnya. Adapun untuk menanggulangi hama dan penyakit tanaman. Petani menggunakan pupuk untuk meningkatkan kesuburan tanah dan memberi nutrisi yang diperlukan tanaman. Semen. pertanian. biologi. lemak. dll. dan beton dihasilkan melalui riset yang berdasarkan ilmu Kimia. Mesin-mesin benar di industri membutuhkan logam yang baik dengan sifat tertentu yang sesuai dengan kondisi dan bahan-bahan yang digunakan. Bidang Biologi Proses kimia yang berlangsung dalam tubuh makhluk hidup membutuhkan penjelasan Kimia. arkeologi. etanol atau alkohol digunakan dalam proses pelarutan obat-dan sebagai pensteril alat-alat kedokteran. Bidang Pertanian Ilmu Kimia berperan penting dalam bidang pertanian. digunakan pestisida. Penggunaan pupuk dan pestisida yang benar dapat meningkatkan produktivitas pertanian yang menguntungkan produsen dan konsumen. 2. Obat dibuat berdasarkan basil penelitian terhadap proses dan reaksi kimia bahanbahan yang berkhasiat secara medis terhadap suatu penyakit.2. protein. Adapun penerapannya di berbagai bidang yaitu: 1. . enzim. Hal ini dipelajari dalam cabang ilmu Kimia Farmasi. industri. Proses pencernaan makanan.1.3 Aplikasi Ilmu Kimia Berbagai macam yang dapat diterapkan oleh ilmu kimia. seperti karbohidrat. dan fotosintesis merupakan proses kimia yang dipelajari dalam Biologi. ilmu Kimia seringkali sangat dibutuhkan. Kain sintetis yang Anda gunakan juga merupakan hasil penerapan ilmu Kimia. 3. pipa PVC. Bidang Industri Penerapan ilmu Kimia di bidang industri. 4. Bidang Kesehatan Bahan-bahan kimia sering digunakan sebagai obat-obatan. pernapasan. cat. baik di bidang kesehatan. dan vitamin. kayu. Untuk mempelajari hal tersebut diperlukan pengetahuan tentang struktur dan sifat senyawa. metabolisme.

300. Fosil yang ditemukan dapat ditentukan usianya dengan radioisotop karbon-14. 2. Kegagalan Praktek Pembuatan Uang. Hal ini berguna untuk membuktikan tindak kejahatan seseorang. pemanfaatan proses kimia seperti pembuatan alkohol dari proses fermentasi. perunggu. tembaga. Tahukah Anda yang dimaksud radioisotop. Mesir memanfaatkan banyak logam untuk keperluan seharihari. 6. para ahli Kimia mencoba untuk menciptakan emas dengan cara mengubah logam biasa menjadi emas. Bagian tubuh manusia seperti rambut dan darah dapat diperiksa struktur DNA-nya. Zat yang dipakai untuk percobaan ini disebut Philosopher's Stone. menyatakan bahwa di alam ini hanya ada empat elemen: api.1 Perkembangan dalam teknologi industri kimia Perkembangan ilmu kimia dibagi menjadi empat kategori yaitu: 1. membuat zat warna. 430 SM. terinspirasi dari teori Aristoteles. air dan bumi. Aristoteles. 3400 SM. akan tetapi . 2.5. mengolah bijih logam. Paus Yohanes XXII mengeluarkan larangan terhadap praktek pembuatan emas. Awal Era Kristen – akhir abad ke-17 (alkimia) 300 SM . Bidang Hukum Pemeriksaan alat bukti kriminalitas oleh tim forensik menggunakan ilmu Kimia di dalamnya. Semua materi terdiri dari atom 300 SM. membuat gelas dan keramik.2 Perkembangan dan Strategi dalam teknologi industri kimia 2. Awal Perkembangan Alkimia.2. pembuatan racun. Bidang Arkeologi Penentuan usia fosil yang bisa dilakukan saat ini merupakan salah satu hasil penerapan ilmu Kimia. Democritus (460-370 SM) menyatakan atom menjadi materi yang paling sederhana. Zaman Prasejarah – awal era kristen (ilmu hitam) Perkembangan ilmu Kimia 4000 – 2500 SM Bangsa Sumeria telah mampu membuat barang-barang yang terbuat dari emas. udara. Struktur DNA setiap individu akan berbeda sehingga dapat digunakan untuk identifikasi seseorang. dan besi. 13-15.

Teori Atom John Dalton. yang kecil dan tak terpisahkan. 4. Beecher mempercaya suatu zat yang bernama Phlogiston. 1803. yakni garam yang menjadi kalsium dan natrium. Johann J. Sanggahan dari teori Aristoteles dan peluncuran buku The Skeptical Chemist. para ahli AlKimia tidak hanya berambisi untuk mengubah logam bisa menjadi Emas. Pertengahan Abad ke-19 – sekarang (Kimia Modern) Pada tahun 1854. Matinya Praktek Alkimia. Teori Phlogiston dan Hukum Coulomb. Sebuah zat yang tercipta dari proses pembakaran. 1520. 3. oleh Robert Boyle.para ahli Alkimia pada zaman itu tetap melakukan praktek tersebut walaupun tidak ada satupun yang berhasil. tetapi mereka juga berambisi untuk menciptakan sebuah ramuan yang dapat memperpanjang umur dan dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Teori ini masih digunakan pada mereka yang menggeluti bidang keilmuan kimia. menghancurkan era alkimia. . Tetapi percobaan ini pun tidak berhasil. Heinrich Geissler menciptakan tabung vakum pertama. Penyanggahan Teori Phlogiston oleh Antoine Lavoisier. Ramuan Kehidupan. Pada tahun 1807 M Humphry Davy melakukan percobaan pemisahan elektrolisis pertama. Pada tahun 1803 M John Dalton mengusulkan model atomnya. John Dalton menyatakan bahwa semua materi terdiri dari atom. Antoine Lavoisier disebut sebagai "Bapak Kimia Modern". 1520. Tetapi percobaan ini pun tidak berhasil. 1744-1794. tetapi mereka juga berambisi untuk menciptakan sebuah ramuan yang dapat memperpanjang umur dan dapat menyembuhkan berbagai penyakit. para ahli AlKimia tidak hanya berambisi untuk mengubah logam bisa menjadi Emas. Pada tahun 1828 M Friedrich Wöhler sintesa resin organik dari reaktan anorganik. Akhir Abad 17. Ramuan Kehidupan. Pertengahan Abad ke-19 (Kimia Tradisional) 1700an.

Perkembangan ilmu Kimia 1932. sebagian dibelokkan untuk pelat negatif. susunan. Beberapa radioaktivitas itu dibelokkan ke plat positif. . Pada tahun 1885. dan sisanya masuk melalui medan magnet tanpa defleksi. Pada era kimia modern ini ilmu kimia didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang komposisi. Eugene Goldstein menemukan partikel positif dengan menggunakan tabung diisi dengan gas hidrogen (tabung ini mirip dengan tabung Thomson). menetapkan Wilayah Pengembangan Industri (WPI). interaksi antarsubstansi. Ernest Rutherford mengirimkan sumber radioaktif melalui medan magnet. Dan pada tahun 1939 Linus Pauling C. dan dampak dari substansi penambahan atau penghilangan energi pada berbagai bentuk. 4. James Chadwick menemukan neutron. memperkenalkan teori modern ikatan organik.Pada tahun 1860 M Robert W. mengembangkan industri hulu dan industri antara berbasis sumber daya alam. 2. Pada tahun 1911. Dengan adanya penemuan-penemuan ini. JJ. Bunsen dan Gustav R. maka semakin jelas pula hakekat dari ilmu kimia. menemukan bahwa sinar katoda bermuatan negatif. Thomson menempatkan tabung Crookes dalam medan magnet.2 Strategi Dalam Teknologi Industri Kimia Strategi yang ditempuh untuk mencapai visi dan misi pembangunan industri nasional adalah sebagai berikut: 1.2. Masa modern sejarah kimia dimulai tahun 1920 dimana struktur kristal mulai diselidiki dengan menggunakan X-ray. 3. Pada tahun 1937M Emilio Sergré membuat sintesa dari unsur pertama buatan manusia yang dikenal dengan technecium. meningkatkan penguasaan teknologi dan kualitas sumber daya manusia (SDM) industri. dan sifat dari substansi materi. Pada tahun 1897. pengendalian ekspor bahan mentah dan sumber energi. 2. Kirchhoff menemukan elemen pertama (cesium) dengan menggunakan spektroskopi.

pembangunan industri strategis. Ilmu kimia tergolong ilmu pengetahuan alam yang secara khusus mempelajari perubahan materi. menyediakan langkah-langkah kebijakan. 10. Kimia terbagi atas 5 cabang khusus yaitu. peningkatan penggunaan produk dalam negeri. kimia fisika. 3. penguatan kapasitas afirmatif berupa kelembagaan dan perumusan pemberian fasilitas kepada industri kecil dan menengah. Untuk memahami perubahan materi. baik perubahan secara kimia maupun perubahan secara fisika.2 Daftar Pustaka . 8.1 Kesimpulan Kimia berasal dari bahasa Arab ‫“ كيمييياء‬Seni transformasi” dan bahasa Yunani Khemeia “Alkimia” adalah ilmu yang mempelajari mengenai komposisi dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan sehari-hari. kimia organik. dan Sentra Industri Kecil dan Menengah. pembangunan sarana dan prasarana Industri. 6. kimia anorganik. biokimia dan kimia analitik. 11. kerjasama internasional bidang industri. Kawasan Peruntukan Industri. Penutup 3. 9. 3. 7. mengembangkan Wilayah Pusat Pertumbuhan Industri (WPPI). dapat dikaji berdasarkan perubahan energi yang menyertainya dan diperlukan teori yang disebut termodinamika kimia. Kawasan Industri.5. pembangunan industri hijau. Tiap cabang dari kimia mempunyai arah masing-masing. yang diturunkan dari hukum-hukum mekanika.

2014. Jakarta. Coles. Kimia Untuk Universitas. Kimia Dasar Prinsip-prinsip dan Aplikasi Modern. Bandung. 1995. Jakarta. 1996. Sutresna. Gama Exact. Jakarta. Ilmu Pengetahuan Populer. 1996. Rineka Cipta. Soepono. L. Zat dan Energi.Petrucci. Cecilia. Widyadara Grolier Internasional Inc. Erlangga. Harwood. PT.. Herring. dan Madura. . 1999. Kimia Dasar II. Jakarta. Depdikbud.