You are on page 1of 78

TUGAS REMIDI BAHASA JAWA

“WAYANG”

Disusun Oleh
AHMAD NUR IKHSAN
KELAS : X-TKR 1
NO ABS : 03

SMK NEGERI 2 DEMAK
TAHUN AJARAN 2015 / 2016

1.

Anggada
Anggada
अअंगद

Anggada dalam kesenian wayang golek.
Tokoh dalam mitologi Hindu
Nama

Anggada

Ejaan Dewanagari

अअंगद

Ejaan IAST

Angada

Asal

Kerajaan Kiskenda

Golongan

Wanara

Anggada (Sanskerta: अअंगद; Angada) atau Hanggada adalah
seorang tokoh dalam wiracarita Ramayana. Ia adalah wanara muda yang
sangat tangkas dan gesit. Kekuatannya sangat dahsyat, sama seperti
ayahnya, yakni Subali. Dalam kitab Ramayana disebutkan bahwa ia dapat
melompat sejauh sembilan ratus mil. Anggada dilindungi oleh Rama dan
akhirnya membantu Rama, berperang melawan Rahwana merebut kembali
Dewi Sita, istri Rama.
Anggada juga merupakan nama salah satu putera Laksmana dalam
wiracarita Ramayana.
Keluarga
Ayah Anggada adalah Raja Wanara bernama Subali, ibunya adalah Tara.
Anggada memiliki paman bernama Sugriwa, yaitu adik Subali. Subali dan
Sugriwa memiliki kakak perempuan bernama Anjani. Hanoman adalah
putera Anjani, maka Anggada bersaudara sepupu dengan Hanoman. Saat

masih muda, Subali tewas karena panah Rama. Setelah itu, Anggada dirawat
oleh Sugriwa.
Petualangan mencari Sita
Saat Sugriwa mengerahkan ksatria wanara pilihan untuk mencari Dewi Sita,
Anggada turut serta bersama para ksatria wanara lainnya
seperti Hanoman,Jembawan, Nila, Dwiwida, Gandamadana, dan lain-lain.
Mereka menjelajahi wilayah India Selatan, sampai tiba di sebuah gua,
kediaman arsitek Mayasura. Setelah menjelajahi gua, Anggada dan para
wanara bertemu dengan Swayampraba. Atas bantuannya, Anggada dan
para wanara tiba di sebuah pantai. Di pantai tersebut, para wanara bertemu
dengan Sempati. Kemudian Anggada menuturkan maksud perjalanannya
dan ia meminta bantuan Sempati. Atas petunjuk Sempati, para wanara tahu
bahwa Sita masih hidup dan sedang ditawan di Alengka oleh Raja Rahwana.
Perang di Alengka[sunting | sunting sumber]
Sebelum peperangan di Alengka meletus, Rama mengutus Anggada agar
memberi kabar kepada Rahwana untuk segera menyerahkan Dewi Sita.
Setelah mendengar pesan Rama yang panjang lebar, Anggada mohon pamit
lalu pergi ke tempat Rahwana. Di hadapan Rahwana, Anggada memperingati
agar Sita segera dikembalikan jika tidak ingin peperangan meletus. Rahwana
yang keras kepala, tidak menghiraukan peringatan Anggada namun
mencoba mengerahkan pasukannya untuk menangkap wanara tersebut.
dengan sigap, Anggada melompat ke udara sehingga ia lolos. Setelah itu, ia
merobohkan menara istana. Dengan sekali lompatan, ia terbang kembali ke
tempat Rama.
Saat pertempuran pertama berlangsung, Anggada bertemu dengan Indrajit,
putera Rahwana. Dua prajurit tersebut bertempur dengan jurus-jurus yang
mengagumkan. Para wanara bersorak-sorak kegirangan karena kagum
dengan ketangguhan Anggada, sebab panah-panah yang
dilepaskan Indrajit tidak membuat Anggada gentar. Namun kemudian Indrajit
mengalihkan serangannya kepadaRama. Pertempuran pada hari itu pun
diakhiri sebab Rama tak berkutik. Setelah Rama pulih kembali, para wanara
melanjutkan penyerangannya. Pada pertempuran kedua, Anggada bertemu
dengan Bajradamstra. Setelah pertarungan sengit terjadi dalam waktu yang
lama, Bajradamstra gugur di tangan Anggada.
Ketika peperangan di Alengka usai, Anggada dan para wanara lainnya
diundang ke Ayodhya untuk menerima penghargaan atas jasa-jasa mereka
karena telah menolong Rama menyelamatkan Sita.

Anggada kemudian mengamuk dan berbalik akan membunuh Rama. Di dalam lakon “Anggada Balik”. Anggada yang terkenal sakti diberi gelar Jaya yang berarti unggul oleh Rama. ia diutus Rama pergi ke Alengka untuk mengukur kekuatan bala tentara Alengka. Tetapi Hanoman kemudian dapat menaklukkan dan menginsyafkan serta menyadarkannya. .Anggada dalam Pewayangan Jawa[sunting | sunting sumber] Dalam cerita pewayangan Jawa. Akhirnya Anggada kembali menyerang Alengka dan berhasil membawa mahkota Rahwana dan dipersembahkan kepada Rama. Karena hasutan Rahwana. sehingga disebut Jaya Anggada. yang mengatakan bahwa pembunuh ayahnya adalah Sri Rama. Dalam pewayangan sering digambarkan sebagai kera berbulu merah.

Selama masa petualangan mencari Sita. terutama dalam pembangunan jembatan Situbanda karena struktur jembatan tersebut dirancang oleh Nila. Nila bersama para wanara yang lain bertarung mengalahkan para rakshasa. Nīla) alias Anila (Sanskerta: अततिल. Nila adalah seekor kera berwarna gelap yang berada di kubu Sri Rama dalam perang melawan Rahwana.Nila (Ramayana) Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Saat Nila berhadapan dengan Prahasta yang menggunakan senjata gada besi. ensiklopedia bebas (Dialihkan dari Anila) Belum Diperiksa Nila ततिल Lukisan Nila versi pewayangan Bali Tokoh dalam mitologi Hindu Nama Nila Ejaan Dewanagari ततिल Ejaan IAST Nīla Nama lain Anila Asal Kerajaan Kiskenda Golongan Wanara Nila (Sanskerta: ततिल. Anīla) adalah seorang tokoh dalam wiracarita Ramayana. . Dalam pertempuran besar di Alengka. Namanya secara harafiah berarti "nila" atau "biru tua". Nila berperan penting. pertarungan berlangsung dengan sengit karena keduanya sama-sama sakti.

Di Kerajaan Gua Kiskenda. Kapi Menda. Batara Narada tertawa sambil menyindir Batara Guru. Kapi Anggeni pujaan Batara Brahma. Akhirnya Batara Narada mau mengakui kera tersebut sebagai putranya. .Akhirnya Nila mengangkat sebuah batu yang besar sekali. Kera-kera tersebut lalu dikirim ke raja kera di Gua Kiskenda di bawah pimpinan Anila. Kemudian Batara Guru memberi tahu cara melepaskan kera itu dari punggung Batara Narada. Nila dalam pewayangan Jawa[sunting | sunting sumber] Tokoh Nila dalam versi pewayangan Jawa. Anila diangkat menjadi patih sekaligus ahli seni bersama Kapi Nala dan Kapi Anala. yaitu dengan mengakui kera tersebut menjadi anaknya. Adapun kerakera tersebut antara lain Kapi Sempati pujaan Batara Indra. dan Kapi Anala pujaan Batara Yamadipati dan sebagainya yang mencapai ratusan ekor. Saat itu Batara Narada yang sangat benci terhadap kera meminta ampun kepada Batara Guru agar kera tersebut lepas dari punggungnya. Daun nila tersebut menjadi seekor kera berbadan pendek dan berbulu biru tua yang menempel di punggung Batara Narada. Kapi Baliwisata. Batu tersebut kemudian dijatuhkan di atas kepala Prahasta sehingga rakshasa tersebut tewas seketika. Semua dewa yang hadir di dalam pertemuan tertawa melihat kejadian tersebut. Setelah tujuh hari kemudian akhirnya lahirlah kera-kera pujaan para dewa itu. Batara Narada menuntut kepadaBatara Guru untuk memerintahkan semua dewa yang lainnya untuk memuja keranya masingmasing saperti yang telah dilakukan Batara Narada. Batara Guru yang merasa disindir kemudian mengambil daun nila (sawo kecik) dan dilempar ke punggung Batara Narada. Saat Hanoman menghadap Batara Guru untuk diakui sebagai putranya.

Anila membebaskan Dewi Indrardi dari kutukannya. .Kapi Anila menjadi pahlawan setelah berhasil membunuh Patih Prahasta (patihnya Dasamuka) dari Alengka dengan cara mengadu kepalanya dengan tugu batu yang ada di perbatasan negeri Alengka (tugu tersebut adalah pujaan Dewi Indrardi yang terkutuk pada peristiwa Cupu Manik). Selain itu.

di kuil Anjani Mata. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Untuk kegunaan lain dari Anjani. Patung Anjani menimang Hanoman.Anjani Dari Wikipedia bahasa Indonesia. lihat Anjani (disambiguasi). di Chomu.India. . Rajasthan.

ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Bharata (Sanskerta: भरट. dan juga merupakan puteri saudara Raja Janaka yang bernama Kusadwaja. Ia memiliki tiga saudara lelaki. Bersama dengan saudaranya yang lain. ia menikah dengan Mandawi yang merupakan saudara sepupu Sita. Daftar isi [sembunyikan]  1Kelahiran dan keluarga  2Pembuangan Rama  3Pemerintahan o 3. Menurut pandangan Hindu. istri ketiga Raja Dasarata dari Ayodhya. Meskipun Ramayana mendeskripsikan bahwa keempat putera Dasarata tersebut saling menyayangi satu sama lain.1Pemerintahan di Ayodhya o 3. Dengan Mandawi. dan yang bungsu adalah si kembarLaksmana dan Satrugna dari permaisuri Sumitra. Bharata dididik oleh Resi Wasistha. yang sulung bernama Rama dari permaisuri Kosalya. Saat Bharata dewasa. umumnya Satrugna cenderung dekat dengan Bharata sementara Laksmana dekat dengan Rama. dan merupakan adik Rama.2Pemerintahan di Takshshila  4Kembalinya Rama  5Ahir riwayat Kelahiran dan keluarga[sunting | sunting sumber] Bharata merupakan putera dari Kekayi. Ia adalah putera prabu Dasarata dengan permaisuri Kekayi.Bharata (Ramayana) Dari Wikipedia bahasa Indonesia. . Bharata lahir dari aspek Sudarshana Chakra yang terletak di tangan kanan Dewa Wisnu. Bharaṭa) adalah tokoh protagonis dari wiracarita Ramayana. Bharata memiliki dua putera bernama Taksa dan Puskala. Konon Bharata adalah raja dari golongan Suryawangsa yang sangat baik dan bijaksana setelah Rama.

ia meletakkan sandal Rama sebagai lambang bahwa ia memimpin kerajaan atas nama Rama. Kemudian Bharata kembali ke istana sambil membawa sandal Rama. Ia meletakkan sandal Rama sebagai lambang bahwa ia memerintah atas nama Rama. Selama itu pula. Ia menasihati Bharata agar mau memerintahAyodhya dengan bijaksana. Bharata marah dan tidak bersedia untuk memerintah kerajaan ayahnya. Bharata memerintah dua wilayah di wilayah Asia Tengah. Pemerintahan[sunting | sunting sumber] Menurut catatan sejarah dalam susastra Hindu. ia bertanya kepada ibunya. Ketika Bharata pulang ke Ayodhya atas desakan para menterinya. Ayodhya menjadi makmur dan sejahtera. Ia masih tidak bisa mema'afkan Kekayi yang telah .Pembuangan Rama[sunting | sunting sumber] Dalam Ramayana diceritakan bahwa Dewi Kekayi memohon agar Prabu Dasarata menyerahkan tahta kerajaan kepada Bharata. Rama menolak untuk kembali ke istana sebagai pewaris kerajaan. Bharata merindukan kedatangan Rama. wilayah kekuasaannya berpusat di Takshshila atau Takshshiladesa. Di hutan. Bharata memerintah Ayodhya. walaupun sebenarnya Dasarata hendak menyerahkannya kepada Rama. dan berjanji setelah 14 tahun ia akan kembali lagi dan memerintah kerajaan. Kekayi kemudian menjelaskan bahwa Bharata-lah yang kini berhak menjadi raja setelah Dasarata wafat. yaitu Kekayi. Selama Bharata memerintah. Bharata tidak mengetahui hal tersebut dan sedang menginap di rumah pamannya di Kerajaan Kekaya yang jauh dari Ayodhya. Di Asia Selatan atau Anakbenua India. Mengetahui hal tersebut. ia mendapati bahwa Rama pergi meninggalkan kerajaan bersama Sita dan Laksmana. pusat pemerintahannya terkenal sebagai Ayodhya. Barat dan Selatan. Lalu ia menyusul Rama ke hutan. sedangkan di Asia Barat dan Tengah. Karena mengetahui usaha kejam yang dilakukan ibunya agar Dasarata mengusir Rama. Pemerintahan di Ayodhya[sunting | sunting sumber] Saat Rama mengasingkan diri di hutan selama 14 tahun. Di atas singasana.

membuang Rama. ia kembali ke Ayodhya bersama dengan Sita. Saat Rama hendak menobatkan Yuwaraja kepada Laksmana karena kesetiaannya selama mereka hidup di hutan. Konon ibukota Uzbekistan yang disebut Tashkent berasal dari kata "Takshishila. Kembalinya Rama[sunting | sunting sumber] Setelah Rama menjalani masa pembuangan selama 14 tahun. Afganistan. Rama mengutus Hanoman untuk memperingatkan Bharata agar segera menyiapkan upacara penyambutan. namun ia sangat menyayangi Kosalya dan Sumitra yang merupakan ibu tirinya. . Ahir riwayat[sunting | sunting sumber] Pada saat Rama hendak pensiun dari pemerintahannya sebagai Raja Ayodhya. Pakistan. Bharata dan Satrugna menyusulnya ke tengah sungai. Pemerintahan di Takshshila[sunting | sunting sumber] Menurut susastra Hindu. dan sebagian wilayahAsia Tengah. kemudian mereka bersatu dengan tubuh Mahawisnu. Laksmana menolak hadiah tersebut dan berkata bahwa Bharata lebih pantas mendapatkannya mengingat kebajikannya sangat tinggi untuk mewakili Rama memerintah di Ayodhya. Ketika Rama pergi ke tengah sungai Sarayu. kota di India yang bernama Takshila menjadi bukti pemerintahan Bharata. dan para wanara. Hanoman." Di zaman sekarang. Bharata menaklukkan suku Gandharwa dan membangun kerajaan baru yang mana pada masa sekarang meliputi wilayah Punjab. Bharata dan Satrugna mengikuti jejaknya. Laksmana. ia berubah wujud menjadiMahawisnu.

dan Satrugna Dasarata (Sanskerta: दशरथ. Ia adalah ayah Sri Rama dan memerintah di Kerajaan Kosala dengan pusat pemerintahannya di Ayodhya. Ramayana mendeskripsikannya sebagai seorang raja besar lagi pemurah. Bharata.Dasarata Dari Wikipedia bahasa Indonesia. seorang raja putera Aja. Kerajaan Kosala Dinasti Ikswaku Senjata Panah Anak Rama. Angkatan perangnya ditakuti berbagai negara dan tak pernah kalah dalam pertempuran Daftar isi [sembunyikan]  1Asal-Usul . keturunan Ikswaku dan berada dalam golongan Raghuwangsa atau Dinasti Surya. Laksmana. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Dasarata दशरथ Ilustrasi Kaikeyi menuntut Dasarata mengasingkan Rama dari Ayodhya Tokoh dalam mitologi Hindu Nama Dasarata Ejaan Dewanagari दशरथ Ejaan IAST Daśaratha Kitab referensi Ramayana Asal Ayodhya. IAST: Daśaratha) adalah tokoh dari wiracarita Ramayana.

1Masa muda o 1. Di suatu malam. mereka hendak meleburkan diri bersama-sama ke dalam api pembakaran.3Kehidupan selanjutnya dan kematian o 1. ia melihat seorang pertapa muda tergeletak tak berdaya. ia suka berburu dan memiliki kemampuan untuk memanah sesuatu dengan tepat hanya dengan mendengarkan suaranya saja. dan berkata bahwa kedua orang tuanya yang buta sedang menunggu dirinya membawakan air. kedua orang tua tersebut menyuruh Dasarata agar ia mengantar mereka ke tepi sungai untuk meraba jasad puteranya yang tercinta untuk terakhir kalinya.Dewa Wisnu mengabulkan permohonan mereka setelah Resi Kasyapa dan Dewi Aditi hidup kembali menjadi Dasarata dan Kosalya. mereka mengadakan upacara pembakaran yang layak bagi puteranya. Srawana menyuruh agar Dasarata membawakan air ke hadapan kedua orang tua si pemuda yang buta dan tua renta.5Lihat pula Asal-Usul[sunting | sunting sumber] Dasarata dipercaya dikehidupan sebelumnya adalah Rsi Kasyapa dan Kosalya dikehidupan sebelumnya adalah Dewi Aditi. Di tepi sungai Sarayu. Sebelum melompat. Pemuda tersebut bernama Srawana.Karena Resi Kasyapa dan Dewi Aditi sudah tua. Dasarata akan mati . Kemudian. ia mendengar suara gajah yang sedang minum.2Istri dan keturunan o 1. Sebelum meninggal. ayah si pemuda menoleh kepada Dasarata dan berkata bahwa kelak pada suatu saat.Mereka berdua memohon padaDewa Wisnu agar mereka diberikan seorang putera dari Dewa Wisnu. Dasarata juga meminta ma'af di hadapan mereka. Ia mencaci maki Dasarata yang telah tega membunuhnya. Tanpa melihat sasaran ia segera melepaskan anak panahnya.Dewa Wisnu pun turun di bumi untuk menjawab doa Resi Kasyapa dan Aditi dengan menjadi Sri Rama Masa muda[sunting | sunting sumber] Pada saat Dasarata masih muda dan belum menikah. Saat ia mendekati sasarannya.4Dasarata dalam Kakawin Ramayana o 1. Setelah mendengar penjelasan Dasarata. Dasarata berburu ke tengah hutan. Karena rasa cintanya. Namun ia terkejut karena tiba-tiba makhluk tersebut mengaduh dengan suara manusia.o 1. Dasarata menjalankan permohonan terakhir tersebut dan menjelaskan kejadian yang terjadi kepada kedua orangtua si pemuda.

yaitu Kosalya. Istri dan keturunan[sunting | sunting sumber] Dasarata memiliki tiga permaisuri. . suara tangis bayi menyemarakkan istana. dan Kekayi. Dasarata membenci Kekayi dan ia tidak sudi lagi jika wanita tersebut mendekatinya. Dasarata belum juga dikaruniai anak. yaitu membunuh pertapa muda yang kedua orangtuanya buta. Sumitra. melahirkan putera kembar dan diberi nama Laksmana dan Satrugna. Kehidupan selanjutnya dan kematian[sunting | sunting sumber] Dasarata yang sudah tua hendak menobatkan Rama sebagai raja. Atas tuntutan Kekayi.dalam kesedihan karena ditinggalkan oleh puteranya yang paling dicintai dan paling diharapkan. Yang ketiga adalah Sumitra. Dasarata memperoleh payasam berisi air suci untuk diminum oleh para permaisurinya. Yang kedua adalah Kekayi. Dasarata membuang Rama ke dalam hutan. Dari upacara tersebut. Dasarata jatuh sakit. yaitu Kekayi. Dalam masa-masa kritisnya. melahirkan putera mungil yang diberi nama Bharata. Dasarata meninggal dunia karena sakit hati. Dalam kesedihannya. Namun tindakannya tersebut ditentang oleh permaisurinya yang paling muda. Ia juga mengungkit kisah masa lalunya yang kelam di waktu muda kepada Kosalya. Yang pertama melahirkan putera adalah Kosalya. sebab Rama adalah putera sulung sekaligus yang paling diharapkan Dasarata. Tak beberapa lama kemudian. dan puteranya diberi nama Rama. sedangkan Sumitra meminum dua kali sampai habis. ia bersedih sambil mengenang kembali dosa-dosanya. Kosalya dan Kekayi minum seteguk. Akhirnya ia mengadakan yadnya (ritual suci) yang dipimpin Resi Srengga. Setelah membuang Rama ke tangah hutan. Beberapa bulan kemudian. Lama setelah pernikahannya.

sekaligus tokoh protagonis dalam wiracarita Ramayana yang paling terkenal. Anjaneya. Ia adalah seekor kera putih dan merupakan putera Batara Bayu dan Anjani. Hanumat. Marutsutha. saudara . juga disebut sebagai Anoman. adalah salah satu dewa dalam kepercayaan agama Hindu. Iri Golongan Wanara Senjata Gada  L  B  S Hanoman (Sanskerta: हननममानन.Hanoman Dari Wikipedia bahasa Indonesia. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Hanoman Ejaan Dewanagar हननममानन i Ejaan IAST Hanumān Nama lain Anoman. Hanumān) atau Hanumat (Sanskerta: हननमतिन. Bayusutha. Hanumat).

bernama Punjikastala. Kutukan tersebut bisa berakhir apabila ia melahirkan seorang putera yang merupakan penitisan Siwa.6Kematian  9Lihat pula  10Pranala luar Kelahiran[sunting | sunting sumber] Hanoman lahir pada masa Tretayuga sebagai putera Anjani. Karena Siwa terkesan dengan pemujaan yang dilakukan oleh Anjani dan . ia terlahir ke dunia sebagai wanara wanita.5Anggota Keluarga o 8. tokoh Hanoman sebenarnya memang asli dari wiracaritaRamayana. namun dalam pengembangannya tokoh ini juga kadangkala muncul dalam serial Mahabharata. Daftar isi [sembunyikan]  1Kelahiran  2Masa kecil  3Pertemuan dengan Rama  4Petualangan mencari Sita o 4. Namun karena suatu kutukan. seekor wanara perkasa.4Tugas untuk Hanoman o 8. hanoman dipuja sebagai dewa pelindung dan beberapa kuil didedikasikan untuk memuja dirinya. Dahulu Anjani sebetulnya merupakan bidadari.1Pergi ke Alengka o 4. Menurut kitab Serat Pedhalangan. Di India.1Kelahiran o 8.2Terbakarnya Alengka  5Pertempuran besar  6Kehidupan selanjutnya  7Tradisi dan pemujaan  8Hanoman dalam pewayangan Jawa o 8.dari Subali dan Sugriwa.3Melawan Alengka o 8. Bersama dengan Kesari.2Mengabdi pada Sugriwa o 8. Anjani menikah dengan Kesari. seekor wanara wanita. Anjani melakukan tapa ke hadapan Siwa agar Siwa bersedia menjelma sebagi putera mereka. sehingga menjadi tokoh antar zaman.

Laksmana. kemudian ia memeluknya.Kesari. Sebuah lukisan India. kemudian terbang ke arahnya dan hendak memakannya. Ia memeluk Anjani bukan di badannya. lalu lahirlah Hanoman. di tempat lain. namun di dalam hatinya. Atas kehendak dewata. Dewa Bayu melihat kecantikan Anjani. Bharata dan Satrugna. Namun Dewa Bayu menjawab bahwa Anjani tidak akan ternoda oleh sentuhan Bayu. yang di kemudian hari melahirkan Rama. Hasilnya. Anjani memakan makanan tersebut. yang secara harfiah berarti "lahir dari Anjani" atau "putera Anjani". seekor burung merenggut sepotong makanan tersebut. Anjani marah karena merasa dilecehkan. Salah satu versi mengatakan bahwa Hanoman lahir secara tidak sengaja karena hubungan antara Bayu dan Anjani. Bayu. ia mengabulkan permohonan mereka dengan turun ke dunia sebagai Hanoman. Melihat hal . Raja Dasarata melakukan Putrakama Yadnya untuk memperoleh keturunan. Sang dewa angin. mengantarkan makanan tersebut agar jatuh di tangan Anjani. Untuk mengantisipasinya. ia mengira matahari adalah buah yang bisa dimakan. Dewa Indra melihat hal itu dan menjadi cemas dengan keselamatan matahari. dan menjatuhkannya di atas hutan dimana Anjani sedang bertapa. Bayu juga berkata bahwa kelak Anjani akan melahirkan seorang putera yang kekuatannya setara dengan Bayu dan paling cerdas di antara para wanara. Salah satu versi menceritakan bahwa ketika Anjani bertapa memuja Siwa. Sebagai putera Anjani. Diceritakan bahwa pada suatu hari. Masa kecil[sunting | sunting sumber] Pada saat Hanoman masih kecil. Dalam gambar tampak Hanoman menghadap Rama bersama istrinya Sita. dan Laksmana (paling kanan). ia menerima beberapa makanan untuk dibagikan kepada tiga istrinya. ia melemparkan petirnya ke arah Hanoman sehingga kera kecil itu jatuh dan menabrak gunung. Hanoman dipanggil Anjaneya (diucapkan "Aanjanèya").

Pada saat melihat Rama dan Laksmana datang ke Kiskenda.itu. Hanoman. Kemudian Sugriwa memanggil prajurit andalannya. Para Dewa pun memohon kepada Bayu agar menyingkirkan kemarahannya. Mereka menceritakan riwayat hidupnya masing-masing. Pertemuan dengan Rama[sunting | sunting sumber] Patung Hanoman yang dibuat pada masa Dinasti Chola. Ia tidak melihat adanya tanda-tanda permusuhan dari kedua pemuda itu. Ia berpikir bahwa mereka adalah utusan Subali yang dikirim untuk membunuh Sugriwa. untuk menyelidiki maksud kedatangan dua orang tersebut. Rama dan Laksmana juga terkesan dengan etika Hanoman. Akibat tindakannya. Dewa Bayu menghentikan kemarahannya dan Hanoman diberi hadiah melimpah ruah. serta kematian akan datang hanya dengan kehendaknya sendiri. Hanoman menerima tugas tersebut kemudian ia menyamar menjadi brahmana dan mendekati Rama dan Laksmana. Hanoman merasakan ketenangan. Sugriwa merasa cemas. Rama juga menceritakan keinginannya untuk menemui Sugriwa. Dewa Brahma dan Dewa Indra memberi anugerah bahwa Hanoman akan kebal dari segala senjata. Dewa Bayu menjadi marah dan berdiam diri. abad ke-11. Hanoman menjadi makhluk yang abadi atau Ciranjiwin. Saat bertemu dengan Rama dan Laksmana. Hanoman kembali ke wujud asalnya dan mengantar Rama dan Laksmana menemui Sugriwa. . Maka dari itu. semua makhluk di bumi menjadi lemas. Kemudian mereka bercakap-cakap dengan bebas. Karena tidak curiga lagi kepada Rama dan Laksmana.

dan membawanya ke hadapan Rama kalau mampu. Hanoman dan wanara lainnya bertemu dengan Sempati. burung raksasa yang tidak bersayap. Mereka menempuh perjalanan berhari-hari dan menelusuri sebuah gua. Anggada menceritakan dengan panjang lebar kemudian meminta bantuan Sempati. kemudian tersesat dan menemukan kota yang berdiri megah di dalamnya. Pasukan wanara yang dikerahkan Sugriwa dipimpin oleh Hanoman. para wanara tahu bahwa Sita ditawan di sebuah istana yang teretak di Kerajaan Alengka. Anggada. Di pantai tersebut. dan lain-lain. Para wanara berterima kasih setelah menerima keterangan Sempati. Atas keterangan Swayampraba yang tinggal di sana. . kemudian mereka memikirkan cara agar sampai di Alengka. Sempati menjadi sedih dan meminta agar para wanara menceritakan kejadian yang sebenarnya terjadi.Petualangan mencari Sita[sunting | sunting sumber] Dalam misi membantu Rama mencari Sita. Atas bantuan Swayampraba yang sakti. Jembawan. Atas keterangan Sempati. kota tersebut dibangun oleh arsitek Mayasura dan sekarang sepi karena Maya pergi ke alam para Dewa. Lalu Hanoman menceritakan maksud perjalanannya dengan panjang lebar kepada Swayampraba. Kerajaan tersebut diperintah oleh raja raksasa bernama Rahwana. Ia duduk sendirian di pantai tersebut sambil menunggu bangkai hewan untuk dimakan. Hanoman dan wanara lainnya lenyap dari gua dan berada di sebuah pantai dalam sekejap. Karena ia mendengar percakapan para wanara mengenai Sita dan kematian Jatayu. Nila. Sugriwa mengutus pasukan wanara-nya agar pergi ke seluruh pelosok bumi untuk mencari tanda-tanda keberadaan Sita.

ia pernah melepaskan senjata Nagapasa yang keampuhannya mampu melumpuhkan Sri Rama. ia akhirnya tewas di tangan Laksmana adik Rama. Nagapasa Indrajit (Sanskerta: इनन‍दरन जजीति. Daftar isi [sembunyikan]  1Asal-usul  2Pertempuran di Alengka . ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Indrajit इनन‍दरन जजीति Kemenangan Indrajit. Setelah melalui pertempuran seru. Indrajit merupakan ksatria yang sakti mandraguna.Indrajit Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Dalam perang melawan pasukan Wanara. Lukisan karya Raja Ravi Varma. Méghanāda) adalah nama seorang tokoh antagonis dalam wiracaritaRamayana yang dikenal sebagai putra sulung Rahwana sekaligus putra mahkota Kerajaan Alengka. Indrajīt) atau Megananda (Sanskerta: ममेघनमाद. Tokoh dalam mitologi Hindu Nama Indrajit Ejaan Dewanagari इनन‍दरन जजीति Ejaan IAST Indrajīt Nama lain Meganada Asal Kerajaan Alengka Senjata Brahmastra (Brahma Astra).

raja bangsa Rakshasa dari Kerajaan Alengka. 3Kematian  4Versi pewayangan  5Pranala luar Asal-usul[sunting | sunting sumber] Indrajit adalah putra Rahwana. Indrajit menciptakan Sita palsu untuk dibunuhnya di hadapan para . Pertempuran di Alengka[sunting | sunting sumber] Perang besar di Alengka meletus karena ulah Rahwana menculik Sinta istri Sri Rama. Brahma juga memberikan julukan Indrajit kepada Megananda yang bermakna "Penakluk Indra". Kebangkitan Rama dan Laksmana membuat pertempuran berlanjut. Megananda pernah membantu ayahnya bertempur melawan para dewa kahyangan. Rama bekerja sama dengan bangsa Wanara yang dipimpin Sugriwamenyerbu istana Alengka. raja para dewa. Rama dan Laksmana roboh tak berdaya dililit ular-ular tersebut. Kematian[sunting | sunting sumber] Laksmana bangkit kembali setelah diobati Rama menggunakan tanaman yang dibawa Hanoman. Dewa Brahma muncul melerai. Indrajit diberi nama Megananda karena tangisan pertamanya diiringi suara petir menggelegar. Dalam pertempuran itu. Anggada berhasil menghancurkan kereta Indrajit sehingga pasukannya pun bersorak "Jaya Anggada! Jaya anggada". Ia bertarung melawan seorang Wanara muda bernama Anggada putraSubali. Ia melepaskan pusaka Brahmasta mengenai Laksmana sehingga roboh sekarat. tiba-tiba muncul Garuda mengusir ular-ular yang melilit kakak-beradik tersebut. pertanda kelak ia akan tumbuh menjadi seorang kesatria besar. Ibunya bernama Mandodari putri Asura Maya. Ketika dewasa. panglima-panglima Alengka semakin banyak yang tewas. Sebagai gantinya ia mendapatkan pusaka ampuh dari Brahma bernama Brahmasta. Sewaktu para Wanara berduka karena kehilangan pemimpin mereka. Akhirnya hanya tinggal Indrajit yang menjadi andalan Rahwana. Indrajit tampil sebagai andalan ayahnya. Pasukan Wanara kembali bergerak menyerbu istana Alengka. Satu per satu panglima Alengka terbunuh. Indrajit yang sangat malu mengerahkan pusaka Nagapasa yang mampu mengeluarkan ribuan ular berbisa. Megananda berhasil menangkap dan menawan Indra. Indra pun dibebaskan oleh Megananda. Sewaktu lahir.

Melihat istri Rama tewas.Wanara. Laksmana disertai para prajurit Wanara mendatangi tempat ritual Indrajit. Ia kemudian bertarung menghadapi Laksmana. Laksmana pun melepaskan panah Indrastra dengan mengucapkan doa atas nama Rama. Panah tersebut melesat memenggal kepala Indrajit. Wibisana (adik Rahwana yang memihak Rama) menyadari kalau Inrajit sedang menyelenggarakan ritual untuk mendapatkan kekuatan. . Ia meminta Laksmana untuk menggagalkan ritual Indrajit sebelum mencapai kesempurnaan. Mereka menganggap tujuan peperangan sudah tidak ada lagi. para Wanara kehilangan semangat bertempur. Konsentrasi Indrajit terganggu dan ritualnya pun dihentikan.

Sayap Jatayu ditebas oleh Rawana Tokoh dalam mitologi Hindu Nama Jatayu Ejaan Dewanagari जटमायय. sekarang dikenal sebagai . Ia adalah seekor burung yang melihat bagaimana Dewi Sita diculik oleh Rawana. lihat Jatayu (disambiguasi). IAST: Jatāyū) adalah tokoh protagonis dari wiracarita Ramayana. Ia merupakan saudaraSempati. diculik. putra Aruna dan keponakan Garuda. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Untuk kegunaan lain dari Jatayu. Purana Golongan burung Jatayu (Dewanagari: जटमायय. Tempat dimana Sri Rama menemukan Jatayu yang sedang sekarat dinamakan "Jatayumangalam". Ia berusaha melawan tetapi kalah bertarung dan akhirnya mati. Tetapi ketika belum mati dan masih sekarat masih bisa melaporkan kepada Sri Rama bahwa Dewi Sita istrinya. Jatayu जटमायय. Ejaan IAST Jatāyū Kitab referensi Ramayana.Jatayu Dari Wikipedia bahasa Indonesia.

"Chadayamangalam".1Pertolongan Jatayu o 1. Tempat itu dimanfaatkan sebagai obyek wisata. Ia melihat ke atas. diambil dari nama Jatayu.2Gugurnya Jatayu  2Silsilah  3Jatayu sebagai lambang  4Lihat pula Jatayu dalam Ramayana[sunting | sunting sumber] Pertolongan Jatayu[sunting | sunting sumber] Ketika Sita menjerit-jerit karena dibawa kabur oleh Rawana. Jatayu yang sedang berada di dahan sebuah pohon mendengarnya. Tubuhnya terjatuh ke tanah dan darahnya bercucuran. Jatayu bernasib naas. Jatayu yang bersahabat dengan Raja Dasarata. Kerala. puteri Prabu Janaka. Ketika ia sedang berusaha menyelamatkan Sita dari Rahwana. Dengan jiwa ksatria meluap-luap dan berada di pihak yang benar. Ia menyerang Rahwana dengan segenap tenaganya. . Sri Rama. Jatayu tidak gentar untuk melawan Rawana. dan tampak Rahwana terbang membawa Sita. Daftar isi [sembunyikan]  1Jatayu dalam Ramayana o 1. Batu besar di tempat tersebut dinamai "JatayuPara". merasa bertanggung jawab terhadap Sita yang merupakan istri putera sahabatnya. terletak di Distrik Kollam. sayapnya ditebas dengan pedang. Namun Jatayu sudah renta.

Ia memberikan permataSyamantaka kepada Kresna. adalah seekor beruang yang dipercaya hidup dari zaman Kertayuga sampai Dwaparayuga. Konon pada saat pengadukan "lautan susu". Jembawan adalah orang yang mengingatkan Hanoman. Kresna mengikuti jejak Jembawan sampai ke sebuah gua dan pertempuran pun terjadi. . Jembawan tunduk dan menyerah sebab ia sadar siapa Kresna sebenarnya. mengikuti jejak Prasena sampai ia tahu bahwa Prasena dibunuh oleh seekor singa dan singa tersebut dibunuh oleh seekor beruang. Permata itu berasal dari Prasena dan direbut oleh sang singa setelah membunuhnya. Ketika Jembawan dan para wanara berada di tepi pantai yang memisahkan pulau Alengka dengan daratan India. yaitu Jembawan. bahwa ia memiliki kekuatan untuk terbang dan melintasi lautan. Jembawan (Sanskerta: जमाम्बवमान. Sebelumnya Hanoman terkena kutukan bahwa ia akan melupakan semua kehebatannya. Setelah dua puluh satu hari. Jembawan bersama para wanara membantu Rama menemukan Sita. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Dalam mitologi Hindu. Jembawan pernah membunuh seekor singa yang memiliki sebuah permata bernama Syamantaka. Jembawan turut serta dan pernah mengelilingi dunia selama tujuh kali. dan juga mempersembahkan puterinya yang bernama Jembawati. yang pada akhirnya menjadi salah satu istri Kresna. sampai seseorang mengingatkannya kembali. Kresna yang curiga dengan kematian Prasena.Jembawan Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Dalam wiracarita Ramayana. Jāmbavāntha) alias Jambawanta atau Jamwanta. Jembawan membujuk Hanoman agar ia mau terbang ke Alengka dan bertemu dengan Sita.

Gandari dari Kerajaan Gandhara atau Pancali dari Kerajaan Pancala. ia juga dikenal dengan nama Raguwati. Mereka adalah:  Kausalya istri raja Kerajaan Kasi. Banaputra pun mengumumkan akan menikahkan Sukasalya kepada siapa saja yang mampu mengobati penyakit putrinya itu. Ternyata yang berhasil mengobati Sukasalya justru adik Banaputra sendiri yang bernama Resi Rawatmaja. putri dari Banaputra raja Kerajaan Ayodya. Selain itu. Kausalya disebut dengan nama Sukasalya. ensiklopedia bebas (Dialihkan dari Kosalya) Belum Diperiksa Kausalya (Sanskerta: ककौशल्यय. Kausalya yang lain[sunting | sunting sumber] Selain Kausalya permaisuri Dasarata. Dalam kesusastraan Hindu memang sering dijumpai adanya nama seorang putri yang merujuk kepada negeri asal-usulnya. Kausalya merupakan putri yang berasal dari Kerajaan Kosala. Kauśalyā). Ditinjau dari namanya. Misalnya. dalam mitologi Hindu terdapat pula beberapa tokoh lain yang juga bernama sama. Seluruh bulunya rontok terkena senjata Rahwana. Ia dikenal sebagai istri pertama Dasarata raja Kerajaan Kosala yang melahirkan Sri Rama. ibu dari Amba. Banaputra tewas dalam pertempuran itu. adalah nama seorang tokoh dalam wiracarita Ramayana. Sahabat Rawatmaja yang berwujud burung bernama Sampati juga dikalahkan oleh Rahwana.Kausalya Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Ia kemudian memberikan sehelai bulunya yang berserakan di tanah kepada . Ambika dan Ambalika  Kausalya istri Puru. Akibatnya. atau yang juga dieja Kosalya. Ia sempat menyuruh Sukasalya untuk berlindung kepada Dasarata sebelum akhirnya meninggal pula. Rawatmaja juga terluka parah. Semasa muda Sukasalya pernah menderita sakit lumpuh. ibu dari Janamejaya  Kausalya istri Janaka dari Mithila Versi pewayangan[sunting | sunting sumber] Dalam pewayangan yang berkembang di Jawa. Pada suatu hari Kerajaan Ayodya diserang oleh Rahwana raja raksasa dari Kerajaan Alengka. terjadilah perkawinan antara paman dan keponakan.

Namun kemudian terdengar petunjuk dewata bahwa Sukasalya akan menjadi istri Dasarata yang kelak akan melahirkan awatara Wisnu. Sebagai pengganti Sukasalya. Ketika pulang ke Alengka. Rahwana sangat gembira karena Sukasalya berwajah mirip dengan Widawati. Ia bahkan menyerahkan Kerajaan Ayodya yang telah ia kuasai kepada Dasarata. Dasarata pun menciptakan Sukasalya palsu dari sekuntum bunga yang menghiasi rambut janda Rawatmaja itu. Rahwana diberi tahu bahwa Widawati kelak akan lahir kembali sebagai putrinya sendiri. . Dasarata juga bersahabat dengan Jatayu adik Sampati. yang merupakan sepupu ayahnya dari pihak ibu.Sukasalya sebagai pusaka. Rahwana mendapatkan seorang bidadari putri Batara Indra yang bernama Dewi Tari. Sukasalya berlindung kepada seorang pendeta muda bernama Dasarata. wanita yang ia cintai namun telah mati bunuh diri. Rahwana marah dan naik ke kahyangan untuk menuntut para dewa agar menghidupkan kembali putri tersebut. Sukasalya palsu yang dibawa Rahwana pun meninggal dunia. Dengan membawa sehelai bulu Sampati. Ketika Rahwana datang. Semula ia menolak melindungi Sukasalya karena sudah menjadi hak bagi Rahwana untuk memiliki putri suatu negeri yang dikalahkannya. Sukasalya mampu berlari lebih cepat untuk menghindari kejaran Rahwana. Dasarata menyerahkan Sukasalya palsu kepadanya. Setelah melalui pertempuran seru akhirnya para dewa mengakui kehebatan Rahwana.

tetapi bersifat perwira dan sering menyadarkan perbuatan kakaknya yang salah. Ia memiliki suatu kelemahan. Kumbakarna (Sanskerta: कन म्भकरर. raja rakshasa dari Alengka. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Kumbakarna कन म्भकरर Kumbakarna versi pewayangan Jawa Tokoh dalam mitologi Hindu Nama Kumbakarna Ejaan Dewanagari कन म्भकरर Ejaan IAST Kumbhakarṇa Asal Kerajaan Alengka Golongan rakshasa Dalam wiracarita Ramayana. ia tidak mampu mengerahkan seluruh kekuatannya. yaitu tidur selama enam bulan. Kumbakarna merupakan seorang rakshasa yang sangat tinggi dan berwajah mengerikan. dan selama ia menjalani masa tidur. Kumbhakarṇa) adalah saudara kandung Rahwana.Kumbakarna Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Daftar isi [sembunyikan]  1Arti nama  2Keluarga  3Anugerah Brahma  4Peran di Alengka .

Dewa Brahma muncul karena berkenan dengan pemujaan yang mereka lakukan. menyadarkan bahwa tindakanya keliru. Pada saat ia menjalani masa tidur. Kumbakarna sering dilambangkan sebagai perwira pembela tanah tumpah darahnya. Brahma memberi kesempatan bagi mereka untuk mengajukan permohonan. tetapi demi membela Alengka tanah tumpah darahnya dia pun maju sebagai prajurit melawan serbuan Rama. Marica adalah pamannya. maka ia menyuruh Kumbakarna menghadapinya. Dewi Saraswati masuk ke dalam mulutnya untuk membengkokkan lidahnya. sementara Kubera. maka saat ia memohon "Indraasan" (Indrāsan – tahta Dewa Indra). Kumbakarna sebenarnya tahu bahwa kakaknya salah. Kedua puteranya itu gugur dalam pertempuran di Alengka. adalah saudara tirinya. ia mengucapkan "Neendrasan" (Nīndrasan – tidur abadi). Rahwana meminta Brahma agar membatalkan anugerah tersebut. Brahma tidak berkenan untuk membatalkan anugrahnya. secara harafiah nama Kumbhakarna berarti "bertelinga kendi". dan ibunya adalah Kekasi. 5Pertempuran dan kematian  6Lihat pula  7Pranala luar Arti nama[sunting | sunting sumber] Dalam bahasa Sanskerta. Kumbakarna memiliki putera bernama Kumba dan Nikumba. Kumbini. Keluarga[sunting | sunting sumber] Ayah Kumbakarna adalah seorang resi bernama Wisrawa. Dusana. Ketika Rahwana kewalahan menghadapi Sri Rama. saudara Sumali. Anugerah Brahma[sunting | sunting sumber] Saat Rahwana dan Kumbakrana mengadakan tapa. Wibisana danSurpanaka adalah saudara kandungnya. Rahwana. putera Tataka. puteri seorang Raja Detya bernama Sumali. Saat tiba giliran Kumbakarna untuk mengajukan permohonan. ia tidak akan mampu mengerahkan seluruh kekuatannya. Kara. Karena merasa sayang terhadap adiknya. sedangkan Nikumba gugur di tangan Hanoman. Peran di Alengka[sunting | sunting sumber] Kumbakarna sering memberikan nasihat kepada Rahwana. karena ia membela Alengka untuk segala kaumnya. Brahma mengabulkan permohonannya. namun ia meringankan anugrah tersebut agar Kumbakarna tidur selama enam bulan dan bangun selama enam bulan. bukan . Kumba menemui ajalnya di tangan Sugriwa.

Panah tersebut memisahkan kepala Kumbakarna dari badannya dan membawanya terbang. dan lain-lain. Kumbakarna benar-benar terbangun dari tidurnya. Laksmana Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Utusan Rahwana membangunkan Kumbakarna dengan menggiring gajah agar menginjak-injak badannya serta menusuk badannya dengan tombak. Rahwana sedih mendengar nasihat tersebut sehingga membuat Kumbakarna tersentuh. Namun dengan kakinya. Kumbakarna menggulinggulingkan badannya dan melindas pasukan wanara.untuk Rahwana saja. hanya semata-mata menjalankan kewajiban. Kumbakarna masih bisa menginjakinjak pasukan wanara. Rahwana memerintahkan pasukannya untuk membangunkan Kumbakarna yang sedang tertidur. utusannya segera mendekatkan makanan ke hidung Kumbakarna. Pertempuran dan kematian[sunting | sunting sumber] Saat Kerajaan Alengka diserbu oleh Rama dan sekutunya. Dengan panah saktinya. Hanoman. Tanpa tangan dan kaki. lalu jatuh di pusat kota Alengka. Ramamemutuskan kedua tangan Kumbakarna. kemudian saat mata Kumbakarna mulai terbuka. Rama merasa terkesan dan kagum. Kumbakarna banyak membunuh pasukan wanara dan banyak melukai prajurit pilihan seperti Anggada. Namun ia tidak ingin Kumbakarna tersiksa terlalu lama. Sugriwa. Melihat keperkasaan Kumbakarna. Sebelum bertarung Kumbakarna berbincang-bincang dengan Wibisana. dan ia berperang melawan Rama tanpa rasa permusuhan. Dalam peperangan. Setelah bangun. Nila. Kumbakarna menghadap Rahwana. Kumbakarna maju ke medan perang untuk menunaikan kewajiban sebagai pembela negara. Tanpa sikap bermusuhan dengan Rama. setelah itu ia berperang dengan pasukan wanara. Kemudian Rama memotong kedua kaki Kumbakarna dengan panahnya. adiknya. Akhirnya Rama melepaskan panahnya yang terakhir. Ia mencoba menasihati Rahwana agar mengembalikan Sita dan menjelaskan bahwa tindakan yang dilakukan kakaknya itu adalah salah. Setelah menyantap makanan yang dihidangkan. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Laksmana लक्ष्मर .

IAST: Lakṣmaṇa) adalah tokoh protagonis dalam wiracarita Ramayana. ia menitis kepada Baladewa. Laksmana merupakan penitisan Sesa. Kerajaan Kosala Senjata Panah Jika anda mencari istilah panglima tertinggi di laut.Laksmana dalam lukisan India abad ke-17. Shesha adalah ular yang mengabdi kepada Dewa Wisnu dan menjadi ranjang ketika Wisnu beristirahat di lautan susu. Namanya kadangkala dieja 'Laksmana'. ia menitis kepada Laksmana sedangkan dalam Mahabharata. putera Raja Dasarata dan merupakan adik tiri dariRama. atau 'Laxman'. pangeran kerajaan Kosala. Menurut kitab Purana. Daftar isi [sembunyikan]  1Keluarga  2Hubungan dengan Rama  3Masa pembuangan  4Laksmana Rekha  5Pertempuran besar  6Penakluk Indrajit  7Kehidupan selanjutnya . lihat Laksamana Laksmana (Dewanagari: लक्ष्मर. Dalam Ramayana. 'Lakshman'. Tokoh dalam mitologi Hindu Nama Laksmana Ejaan Dewanagari लक्ष्मर Ejaan IAST Lakṣmaṇa Asal Ayodhya. Shesha menitis pada setiap awatara Wisnu dan menjadi pendamping setianya.

Inggris. Kakak sulungnya bernama Rama. Laksmana juga menikahi adik Dewi Sita yang bernama Urmila. sedangkan Laksmana cenderung dekat terhadap Rama. Masa pembuangan[sunting | sunting sumber] . Laksmana turut serta dan menambah pengalaman bersama kakaknya. Laksmana memiliki hubungan yang sangat dekat terhadap Rama. Hubungan dengan Rama[sunting | sunting sumber] Patung Laksmana (kiri) bersama Rama(tengah). Mereka bagaikan duet yang tak terpisahkan. Watford. Di antara saudarasaudaranya. Ketika Rama menikah dengan Sita. namun Satrugna lebih cenderung dekat terhadap Bharata. Di hutan mereka membunuh banyak rakshasa dan melindungi para resi. Sita (kanan) dan Hanoman. dengan ibukota Ayodhya. kakak keduanya bernama Bharata. Bisa dikatakan bahwa Laksmana selalu berada di sisi Rama dan selalu berbakti kepadanya dalam setiap petualangan Rama dalam Ramayana. 8Laksmana lain  9Lihat pula  10Pranala luar Keluarga[sunting | sunting sumber] Laksmana merupakan putera ketiga Raja Dasarata yang bertahta di kerajaan Kosala. Saat Resi Wiswamitra datang meminta bantuan Rama agar mengusir para raksasa di hutan Dandaka. Meskipun keempat putera Raja Dasarata saling menyayangi satu sama lain. di Kuil Bhaktivedanta Manor Hare Krishna. dan adiknya sekaligus kembarannya bernama Satrugna.

Saat Rama memanah kijang kencana tersebut. Laksmana mencurigai kedatangan Bharata dan bersiap-siap untuk melakukan serangan. Laksmana menjadi sadar dan malu. Karena teguh dengan tugasnya untuk . Ketika Bharatadatang menyusul Rama ke dalam hutan dengan angkatan perang Ayodhya. Laksmana membuat pondok untuk Rama dan Sita. Setelah mendengar penjelasan Rama. Rama menyuruh Laksmana untuk melindungi Sita dan tidak membiarkannya berada di pondok sendirian. Laksmana Rekha[sunting | sunting sumber] Ketika Sita meminta Rama untuk menangkap kijang kencana yang diidamkannya. Laksmana. Ketika seorang raksasi bernama Surpanaka hendak menyergap Sita. Sita yang merasa cemas. dan mengerang dengan suara keras. dan Sitasaat menjalani kehidupan di hutan. Laksmana mengikutinya bersama Sita. Lukisan dari Museum Seni San Diego. Rama yang mengetahui maksud kedatangan Bharata menyuruh Laksmana agar menahan nafsunya dan menjelaskan bahwa Bharata tidak mungkin menyerang mereka di hutan. hewan itu berubah menjadi rakshasa Marica. Selama masa pembuangan. Ia juga melindungi mereka di saat malam sambil berbincang-bincang dengan para pemburu di hutan. Kemudian Surpanaka lari dan mengadu kepada saudara-saudaranya. menyuruh Laksmana agar menyusul kakaknya ke hutan. Kijang kencana tersebut merupakan penjelmaan rakshasa Marica. Laksmana bertindak dan pedangnya melukai hidung Surpanaka. yang memancing Rama agar ia menjauh dari pondok sehingga memudahkan Rahwana untuk menculik Sita.Rama. Saat Rama dibuang ke hutan karena tuntutan permaisuri Kekayi. malah sebaliknyaBharata ingin agar Rama kembali ke Ayodhya.

maka Laksmana akan menikahinya. selama ia tidak keluar dari garis tersebut. Saat Laksmana meinggalkan Sita sendirian. Selama masa pencarian tersebut. maka ia meminta agar Sita mengulurkan tangannya. Kemudian Sita berprasangka bahwa Laksmana memang ingin membiarkan kakaknya mati di hutan sehingga apabila Sita menjadi janda. Karena Rahwana tidak mampu meraih Sita yang berada dalam Lakshmana Rekha. . Garis pelindung tersebut bernama Laksmana Rekha. Rama yang sangat mencintai Sita. dan sangat ampuh melindungi seseorang yang berada di dalamnya. Mendengar perkataan Sita. rakshasa Rahwana yang menyamar sebagai seorang brahmana muncul dan meminta sedikit air kepada Sita. Laksmana dengan setia membantu Rama. Pada saat tangan Rahwana memegang tangan Sita. Pertempuran besar[sunting | sunting sumber] Lukisan dari kitab Ramayana versiIndia. ia segera menarik Sita keluar dari garis pelindung dan menculiknya. Laksmana menjadi sakit hati dan bersedia menyusul Rama. menelusuri hutan Dandaka demi mencari jejaknya.melindungi Sita. menggambarkan adegan pertempuran antara para wanara dengan para raksasa. Laksmana menolak secara halus. namun sebelumnya ia membuat garis pelindung dengan anak panahnya agar makhluk jahat tidak mampu meraih Sita.

Laksmana dan Rama beserta pasukannya tak berkutik oleh senjata Brahmastra yang dilepaskan Indrajit. namun ia menolak karena merasa Bharata lebih pantas menerimanya dibandingkan dirinya. Senjata tersebut memutuskan leher Indrajit dari badannya sehingga ia tewas seketika. Ia merupakan putera Duryodana dari Hastinapura. Jembawan kemudian menyuruh Hanoman agar membawa tanaman obat yang bernama Sanjiwani di gunung Dronagiri. Hanoman melesat ke tempat yang dimaksud tanpa bertanya terlebih dahulu. Kehidupan selanjutnya[sunting | sunting sumber] Setelah Rahwana berhasil dikalahkan. Ia turut serta dalam pertempuran besar yang terjadi di Kurukshetra. Laksmana hendak dianugerahi Yuwaraja oleh Rama. Pada pertempuran di hari ketiga belas. yang menggambarkan Laksmana tak berkutik akibat terkena senjata yang dilepaskan oleh Indrajit. Ketika tanaman Sanjiwani itu dioleskan.Lukisan dari Himachal Pradesh pada abad 18. putera Arjuna. Atas jasanya tersebut. Rama dan Laksmana beserta para wanara menjadi sembuh dan merasa lebih kuat. Rama memuji Laksmana serta para dewa dan gandarwa menjatuhkan bunga dari surga. di deretan pegunungan Himalaya antara puncak Risaba dan Kailasa. Rama. ia gugur di tangan Abimanyu. ada seorang tokoh yang bernama Laksmana alias Laksmanakumara. sebab Bharata memerintah Ayodhya dengan baik dan bijaksana selama Rama dan Laksmana tinggal di hutan. Penakluk Indrajit[sunting | sunting sumber] Ketika Indrajit melakukan ritual untuk memperoleh kekuatan. Indrajit menjadi marah kemudian perang terjadi. Laksmana yang tidak ingin perang terjadi begitu lama segera melepaskan senjata panah Indrāstra. Laksmana datang bersama pasukan wanara dan merusak lokasi ritual. Di sana mereka disambut oleh Bharata dan Kekayi. Laksmana dan Sita beserta para wanara pergi ke Ayodhya. . Rama dan Laksmana beserta pasukan wanara menggempur kerajaan tersebut. Laksmana lain[sunting | sunting sumber] Dalam wiracarita Mahabharata. Pada suatu pertempuran. Setelah mengetahui bahwa Sita dibawa oleh Rahwana ke Kerajaan Alengka. Hanoman memotong gunung tersebut dan membawanya ke kemah pasukan Rama. Karena tidak tahu persis bentuk tanaman yang dimaksud.

Pada saat pecah perang besar Alengka.Ia mempunyai kakak kandung bernama Kumbakumba. Mati oleh panah sakti Surawijaya. Aswanikumba tinggal bersama orang tuanya di kesatrian/negaraLeburgangsa. . Aswanikumba sangat sakti. negara Alengka diserang oleh balatentara kera Prabu Ramadi bawah pimpinan Prabu Sugriwa. Aswanikumba tewas dalam pertempuran melawan Leksmana. Memiliki sifat dan perwatakan. setia dan sangat patuh.Aswanikumba Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Aswanikumba maju ke medan perang karena ayahnya. pemberani. ensiklopedia bebas Aswanikumba adalah putra kedua Arya Kumbakarna dengan Dewi Aswani . Aswanikumba masih kanak-kanak. Atas perintah PrabuDasamuka. jujur. raja kera dari Gowa Kiskenda dalam upaya membebaskan Dewi Sita dari sekapan Prabu Dasamuka. wilayah negara Alengka. Kumbakarna sedang tidur dan tak bisa dibangunkan.

Nama lainnya adalah Bhargawayang bermakna "keturunan Maharesi Bregu". adalah nama seorang tokohCiranjiwin (abadi) dalam ajaran agama Hindu. IAST: Parashurāma Bhārgava) atau yang di Indonesia kadang disebut Ramaparasu. Rama Bhargawa Golongan Awatara Wisnu Senjata Kapak dan panah  L  B  S Parasurama (Dewanagari: परशनरमामभमागरव. nama Parashurama bermakna "Rama yang bersenjata kapak". Ia sendiri dikenal sebagai awatara Wisnu yang keenam dan hidup pada .Parasurama Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Secara harfiah. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Parasurama Awatara Wisnu sebagai brahmanabersenjata kapak Ejaan Dewanag परशनरमाम‍भमागरव ari Ejaan IAST Parashurāma Bhārgava Nama lain Bregupati.

sebagai seorang anak. untuk menumpas para kesatria tersebut. Hal itu disebabkan karena kesalahan Renuka dalam melayani kebutuhan Jamadagni sehingga menyebabkan suaminya itu marah. Maka. Meskipun demikian. ia pun mengajukan permintaan sesuai janji Jamadagni.zaman Tretayuga. Sewaktu muda Parasurama pernah membunuh ibunya sendiri. serta mengembalikan keempat kakaknya ke wujud manusia. seorang resi keturunan Bregu. Selain itu. Parasurama juga memiliki senjata lain berupa busur panah yang besar luar biasa. tidak ada yang bersedia melakukannya. Setelah dewasa. Sewaktu lahir Jamadagni memberi nama putranya itu Rama. Menumpas kaum kesatria[sunting | sunting sumber] . Jamadagni pun merasa bangga dan memenuhi semua permintaan Parasurama. Ia menjanjikan akan mengabulkan apa pun permintaan mereka. Wisnu sebagai dewa pemelihara alam semestalahir ke dunia sebagai seorang brahmana berwujud angker. yaitu Rama putra Jamadagni. Daftar isi [sembunyikan]  1Kisah masa muda  2Menumpas kaum kesatria  3Bertemu awatara Wisnu lainnya  4Versi Pewayangan  5Lihat pula Kisah masa muda[sunting | sunting sumber] Parasurama merupakan putra bungsu Jamadagni. Setelah kematian Renuka. Rama pun terkenal dengan julukan Parasurama karena selalu membawa kapak sebagai senjatanya. yang bernama Renuka. Jamadagni harus menghidupkan dan menerima Renuka kembali. Itulah sebabnya ia pun terkenal dengan julukan Bhargawa. Parasurama sebagai putra termuda dan paling cerdas ternyata bersedia membunuh ibunya sendiri. Permintaan tersebut antara lain. Jamadagni semakin marah dan mengutuk mereka menjadi batu. Pada zaman ini banyak kaum kesatria yang berperang satu sama lain sehingga menyebabkan kekacauan di dunia. kecuali Parasurama. Jamadagni kemudian memerintahkan putra-putranya supaya membunuh ibu mereka tersebut. putra-putra Jamadagni.

Kelak pada zaman berikutnya. yang tewas terkena kapak dan panah milik Rama putra Jamadagni. ketenteraman dunia dikacaukan oleh ulah kaum kesatria yang gemar berperang satu sama lain. tempat tersebut terkenal dengan nama Kurukshetra dan dianggap sebagai tanah suci yang menjadi ajang perang saudara besarbesaran antara keluarga Pandawa dan Korawa. Penyebab khusus mengapa Parasurama bertekad menumpas habis kaum kesatria adalah karena perbuatan raja Kerajaan Hehaya bernama Kartawirya Arjuna yang telah merampas sapi milik Jamadagni. baik itu raja ataupun pangeran. Parasurama marah dan membunuh raja tersebut. Ia bahkan dikisahkan telah mengelilingi dunia sampai tiga kali.Lukisan Parasurama yang sedang memotong seribu lengan Raja Arjuna Kartawirya (Arjuna Sahasrabahu). Pada zaman kehidupan Parasurama. Bertemu awatara Wisnu lainnya[sunting | sunting sumber] . Parasurama pun bangkit menumpas mereka. Tidak terhitung banyaknya kesatria. Namun pada kesempatan berikutnya. Konon Parasurama bertekad untuk menumpas habis seluruh kesatria dari muka bumi. Setelah merasa cukup. Kematian Jamadagni inilah yang menambah besar rasa benci Parasurama kepada seluruh golongan kesatria. Parasurama pun mengadakan upacara pengorbanan suci di suatu tempat bernama Samantapancaka. anak-anak Kartawirya Arjuna membalas dendam dengan cara membunuh Jamadagni. yang seharusnya berperan sebagai pelindung kaum lemah.

Sayembara yang digelar ialah yaitu membentangkan busur pusaka pemberian Siwa. yang bernama Arjuna. dalam perang di Kurukshetra. Peran Parasurama sebagai awatara Wisnu saat itu telah berakhir namun sebagai seorang Ciranjiwin. Meskipun jumlah kesatria yang mati dibunuh Parasurama tidak terhitung banyaknya. atau di dalam hutan belantara. Ini merupakan peristiwa bertemunya sesama awatara Wisnu. bahkan mematahkan busur tersebut. Kerajaan Kosala. Pada suatu hari ia berhasil memenangkan sayembara di Kerajaan Mithila untuk memperebutkan Sita putri negeri tersebut. namun tetap saja masih ada yang tersisa hidup. Kutukan tersebut menjadi kenyataan ketika Karna berhadapan dengan adiknya sendiri. . Salah seorang keturunan wangsa tersebut adalah Sri Rama putra Dasarata. Parasurama diyakini masih hidup pada zaman sekarang. Suara gemuruh akibat patahnya busur Siwa sampai terdengar oleh Parasurama di pertapaannya. Konon saat ini ia sedang bertapa mengasingkan diri di puncak gunung. Sri Rama dengan lembut hati berhasil meredakan kemarahan Parasurama yang kemudian kembali pulang ke pertapaannya. karena saat itu Wisnu telah menjelma kembali sebagai Rama sedangkan Parasurama sendiri masih hidup.Lukisan Parasurama bertemu Rama. Ia pun mengutuk Karna akan lupa terhadap semua ilmu kesaktian yang pernah dipelajarinya pada saat pertempuran terakhirnya. barulah Parasurama mengetahui kalau Karna berasal dari kaum kesatria. ia hidup abadi. Pada zaman Dwaparayuga Wisnu terlahir kembali sebagai Kresna putra Basudewa. Pada zaman tersebut Parasurama menjadi guru sepupu Kresna yang bernama Karna yang menyamar sebagai anak seorang brahmana. Ia pun mendatangi istana Mithila untuk menantang Rama yang dianggapnya telah berbuat lancang. Antara lain dari Wangsa Surya yang berkuasa di Ayodhya. Dari sekian banyak pelamar hanya Sri Rama yang mampu mengangkat. Setelah mengajarkan berbagai ilmu kesaktian.

.

Meskipun Sumali berwujud raksasa. Di bawah pemerintahan Rahwana. Prahasta akhirnya gugur membela negerinya ketika berperang melawan Anila dari bangsa Wanara. Nama asli Prahasta adalah Sukesa. namun Sukesi dan Sukesa terlahir berwujud manusia seperti ibu mereka. Perang tersebut meletus karena istri Rama yang bernamaSita diculik oleh Rahwana. Prahasta maju sebagai panglima menghadapi mereka. Nasihat-nasihat Prahasta agar Sita dikembalikan sama sekali tidak dituruti oleh Rahwana. Prahasta pun terpaksa maju perang demi membela tanah airnya yang diserang musuh. Ketika Kerajaan Alengka diserang oleh bangsa Wanara yang dipimpin oleh Sri Rama. Prahastha) adalah nama seorang tokoh dalam wiracarita Ramayana yang dikenal sebagai paman Rahwana sekaligus pembesar Kerajaan Alengka. Prahasta akhirnya gugur di tangan seorang perwira Wanara bernama Nila. ensiklopedia bebas Prahasta (bahasa Sanskerta: पपरहसप‍त. Versi pewayangan[sunting | sunting sumber] Dalam versi pewayangan.Prahasta Dari Wikipedia bahasa Indonesia. khususnya di Jawa. Pada suatu hari datang seorang resi sahabat Sumali bernama Wisrawa yang hendak melamar Sukesi sebagai menantunya. Wisrawa memiliki seorang putra bernama Danapati yang mendambakan Sukesi sebagai istrinya. Versi Ramayana[sunting | sunting sumber] Versi Ramayana menyebut Prahasta sebagai putra tertua Sumali. Prahasta bertindak sebagai pejabat senior yang sering memberikan nasihat-nasihat kepada keponakannya itu dalam menjalankan roda pemerintahan. . Ia memiliki saudara perempuan bernama Kaikesi yang melahirkan Rahwana. Keduanya lahir dari rahim putri Kerajaan Mantili bernama Danuwati yang dinikahi oleh Sumali raja Kerajaan Alengka. Ia memiliki kakak perempuan bernama Sukesi. bukan untuk membela Rahwana. Ia dikenal bijaksana namun kurang didengarkan nasihat-nasihatnya oleh keponakannya itu. Prahasta menjabat sebagai patih dalam pemerintahan Rahwana. raja bangsa Rakshasa dari Kerajaan Alengka. Melalui pertarungan sengit Nila berhasil menghancurkan tubuh Prahasta menggunakan sebongkah batu karang yang sangat besar. Ia merupakan tokoh bijaksana yang sering memberikan nasihat-nasihat berharga kepada Rahwana.

Di tengah jalan ia harus bertempur menghadapi barisan prajurit Wanara yang dipimpin oleh Anila. yaitu Danapati yang telah menjadi dewa bergelar Batara Kuwera. Sumali yang tertarik setelah mengetahui khasiat ilmu tersebut memohon agar dirinya diajari ilmu tersebut. Setelah melalui pertarungan seru akhirnya Rahwana berhasil merebut Kembang Dewaretna. Dari perkawinan itu lahir Rahwana. Dalam perang besar melawan Sri Rama.Namun Sukesi hanya mau menikah dengan orang yang bisa mengajarkan ilmu pencerahan bernama Sastrajendra Hayuningrat. Prahasta pun berangkat mengejar Pramuja. Prahasta yang ditugasi Rahwana menjaga Kembang Dewaretna berhasil diperdaya oleh ilmu sirep Pramuja sehingga sempat tertidur sejenak. Dalam pemerintahan Rahwana yang naik takhta menggantikan Sumali. Dalam sebuah sanggar tertutup Wisrawa mengajarkan ilmu Sastrajendra Hayuningrat kepada Sumali. Sejak saat itu ia memakai nama Prahasta. dan Wibisana. Prahasta diangkat sebagai patih. Karena mencuri dengar tanpa izin. raja kaum Wanara. Sukesi justru menikah dengan Wisrawa. Wisrawa mengaku menguasai ilmu tersebut namun tidak bisa sembarangan mengajarkannya. . karena suatu kesalahan. Ketika ia bangun Kembang Dewaretna telah hilang dicuri Pramuja. tubuhnya pun berubah wujud menjadi raksasa. Sementara itu Sukesa yang penasaran mengintai dari luar. Ia mencipta kumbang itu menjadi seekor Wanara bernama Kapi Pramuja. Anila juga berpangkat patih dalam pemerintahan Sugriwa. Kuwera hanya bisa mengambil seekor kumbang yang menghuni jambangan bunga pusaka tersebut. bukan dengan Danapati. Singkat cerita. Prahasta seringkali memberikan nasihatnasihat bijaksana namun tidak pernah diperhatikan oleh keponakannya yang bersifat angkara murka tersebut. Kumbakarna. Setelah itu ia pun menyusup ke dalam gedung pusaka di dalam istana Alengka tempat Rahwana menyimpan bunga tersebut. Sarpakenaka. Rahwana marah besar atas kelalaian Prahasta. Kuwera ditugasi Batara Guru untuk menjaga bunga pusaka bernama Kembang Dewaretna yang konon menjadi kunci kekalahan bangsa Wanara yang mendukung Sri Rama. Rahwana naik ke kahyangan menemui kakak tirinya. Sumali pun memperoleh pencerahan dan berubah wujud manjadi manusia. Pramuja kemudian turun ke dunia untuk meminta restu Sri Rama agar berhasil merebut kembali Kembang Dewaretna.

Tugu yang dijebol Anila dan digunakannya untuk membunuh Prahasta tersebut berubah menjadi seorang bidadari bernama Indradi. yang tidak lain adalah ibu kandung Sugriwa. Banyak prajuritnya yang tewas di tangan raksasa tua tersebut. Ia sendiri sudah kehabisan tenaga dan memilih melarikan diri menghindari amukan Prahasta. Kematian Prahasta oleh pukulan Anila telah membuat Indradi terbebas dari kutukan suaminya. Anila terdesak oleh Prahasta.Dalam pertempuran itu. . Prahasta pun tewas dengan tubuh hancur lumat. Ia merupakan istri seorang resi bernama Gotama yang telah mengutuknya menjadi tugu karena berselingkuh dengan Batara Surya. Di perbatasan kota Alengka Anila menjumpai tugu besar dan menggunakannya untuk memukul kepala Prahasta.

ensiklopedia bebas Rama Awatara Wisnu sebagai putra Dasarata. pembunuh Rahwana EjaanDewana रमाम gari Ejaan IAST Rāma Nama lain Ramacandra. Ramabhadra. Ragawa. Rāma) atau Ramacandra (Sanskerta: रमामचन्दनर. Bhatara Rama Golongan Awatara Wisnu Senjata Busur Kokanda Pasangan Sita  L  B  S Dalam agama Hindu. Rama (Sanskerta: रमाम.Rama Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Rāmacandra) adalah seorang raja legendaris yang terkenal dariIndia yang konon hidup pada zaman Tretayuga. . Rama Wijaya.

dengan nama keluarga Mārgaweya dan Aupataswini.keturunan Dinasti Surya atau Suryawangsa.4Rama diusir ke hutan o 4. ia dipandang sebagai Maryada Purushottama.7Persahabatan dengan Sugriwa o 4. Terlahir sebagai putera sulung dari pasangan Raja Dasarata dengan Kosalya. Rama yang lain muncul dengan nama keluarga Jāmadagnya yang dianggap sebagai . tersebar dari Asia Selatan sampai Asia Tenggara.3Mendapatkan Dewi Sita o 4.2Rama dan Wiswamitra o 4. Setelah dewasa. Daftar isi [sembunyikan]  1Asal-usul nama "Rama"  2Sumber literatur  3Awatara Wisnu  4Kehidupan Sang Rama o 4.1Kelahiran dan keluarga o 4. hitam". Ia berasal dari Kerajaan Kosala yang beribukota Ayodhya. Menurut pandangan Hindu. atau kata benda yang berarti "kegelapan". Sosok dan kisah kepahlawanannya yang terkenal dituturkan dalam sebuah sastra Hindu Kuno yang disebut Ramayana. Rama memenangkan sayembara dan beristerikan Dewi Sita. yaituKusa dan Lawa. bentuk feminim dari kata sifat tersebut adalah rāmī.6Petualangan menyelamatkan Sita o 4. inkarnasi dari Dewi Laksmi.9Rama menggempur Alengka  5Pemujaan dan festival untuk Rama  6Lihat pula  7Bacaan lebih lanjut  8Pranala luar Asal-usul nama "Rama"[sunting | sunting sumber] Rāmá dalam kitab Regweda dan Atharwaweda adalah kata sifat yang berarti "gelap.8Membangun jembatan Ramasetu o 4. ia merupakan awatara Dewa Wisnu yang ketujuh yang turun ke bumi pada zaman Tretayuga. Dua Rama muncul dalam pustaka Weda. yang artinya "Manusia Sempurna".5Peristiwa di Pancawati o 4. Rama memiliki anak kembar.

seorang Rama disebut di antara tujuh Resi dari Manwantara ke-8. Bala-rāma ("Rama yang kuat"). Dalam Wisnu sahasranama. Parashu-rāma ("Rama besenjata kapak"). Dan juga kisah Rama disebut dalam wiracarita lainnya. yaitu Mahabharata. putra Dasarata. dan Ramacharitamanasa. Ramayana memiliki berbagai versi di sepanjang wilayahIndia. Puttappa dalam bahasa Kannada. Ramayana versi bahasa Hindi pada abad ke-16 oleh penyair Tulsidas. awatara Wisnu yang kedelapan. yang diterjemahkan oleh Swami Tapasyananda dari Misi Ramakrishna.penulis himne Regweda. Menurut Monier-Williams. Dalam interpretasi dari komentar Adi Sankara. awatara Wisnu yang keenam. yang mana keduanya memperoleh penghargaan dalam Jnanpith Award. V. Berbagai versi yang berbeda juga ada dan muncul dalam bahasa-bahasa terkemuka di India. kakak sekaligus teman dekat Kresna. versi sederhana Ramayana yang menceritakan kehidupan dan filsafat ketuhanan Rama dituangkan dalam sajak kepahlawanan berjudul Kambaramayanam pada abad ke12 oleh penyair Kamban dalam bahasa Tamil. Versi lain yang penting dan lebih pendek adalah Ādhyātma Ramayana. 2. Wisnupurana juga menceritakan Rama sebagai awatara Wisnu yang ketujuh dan dalam Bayupurana. kadangkala dianggap sebagai Jāmadagnya. Namun. seorang "Chiranjiwin" atau makhluk abadi. K. keturunan Raghu dari Dinasti Surya. juga disebut Halāyudha (bersenjata bajak saat bertempur). Ramayana versi kontemporer meliputi Shri Ramayana Darshanam oleh Dr. tiga Rama dihormati pasca masa Weda. Sumber literatur[sunting | sunting sumber] Sumber utama mengenai kehidupan dan perjalanan Rama adalah wiracarita Ramayana yang disusun Resi Walmiki. Rāma-candra ("Rama-rembulan"). Sebagai contoh. 3. Sebagai contoh. sastra lain dalam bahasa Sanskerta juga merefleksikan riwayat dalam Ramayana. atau sebagai Bhārgawa Rāma (keturunan Bregu). putera Dasarata. yaitu: 1. dan Ramayana Kalpavrikshamu oleh Viswanatha Satyanarayana dalam bahasa Telugu. Wiracarita . 2) Ia (Wisnu) yang meninggalkan kahyangan untuk menitis kepada Rama. Rama adalah nama lain Wisnu yang ke-394. Rama memiliki dua pengertian: 1) Brahman yang maha kuasa yang menganugerahkan para yogi.

Kakawin Rāmāyana dari Jawa (Indonesia). Yama Zatdaw sebenarnya merupakan Ramayana versi Myanmar. Dewi bumi menghadap Brahma agar dia bersedia menyelamatkan alam beserta isinya.Ramayana tersebar di berbagai wilayah India. Laksmana (paling kanan). Setelah para dewa bersidang. dimana Rama dipanggil Yama. Rama dikenal sebagai Preah Ream. adalah reinkarnasi Dewa Wisnu yang ke-7 (di antara 10 awatara Wisnu. Ia berjanji akan turun ke dunia sebagai Rama.Ramakawaca dari Bali. yang telah memberikan anugerah kepada Rahwana sehingga raksasa tersebut menjadi takabur. Ramakien dari Thailand (yang menyebut Rama sebagai Phra Ram) merupakan karya-karya besar yang unik dan mengandung berbagai versi berbeda mengenai kehidupan Rama. Dalam Reamker dari Kamboja. yaitu Hanoman(kiri). cerita rakyat. dan diadaptasikan dengan kebudayaan. Awatara Wisnu[sunting | sunting sumber] Sri Rama (tengah) bersama istrinya Sita(sebelah kanan gambar). Wiracarita nasional Myanmar. Maradia Lawana dari Filipina. seorang raja raksasa bernama Rahwana telah meneror Triloka (tiga dunia) sehingga membuat para dewa merasa cemas. Para dewa juga mengeluh kepada Brahma. dan abdi setianya. turun kedunia sebelum Dewa Wisnu bereinkarnasi menjadi Dewa Kresna. atau yang ke-22 di antara 25 awatara Wisnu). . Legenda mengenai Rama dapat disaksikan dalam ukiran di kuil Wat Phra Kaew di Bangkok. dan kepercayaan masyarakat setempat. dan menonjolkan keunikan budaya masing-masing daerah. Ram atau yang dikenal di Jawa dengan sebutan Rama. Dalam wiracarita Ramayana diceritakan bahwa sebelum Rama lahir. Hikayat Seri Rama dari Malaysia. Dewa Wisnu menyatakan bahwa ia bersedia melakukannya. Atas hal tersebut. Kisah Rama juga menyebar ke wilayah Asia Tenggara. mereka memohon agar Wisnu bersedia menjelma kembali ke dunia untuk menegakkan dharma serta menyelamatkan orang-orang saleh.

serta Laksmi yang akan mengambil peran sebagai Sita. dan Laksmana. lahir dari Kekayi. Dari kiri ke kanan: Sita. Raja Dasarata sangat terkejut karena merasa tidak sanggup untuk mengabulkannya. yaitu meminta bantuan Rama untuk mengusir para rakshasayang mengganggu ketenangan para resi di hutan. Yang kedua adalah Bharata. lahir dari Kosalya. Dasarata tahu benar watak resi tersebut dan berjanji akan mengabulkan permohonannya sebisa mungkin. Ayah Rama adalah Raja Dasarata dari Ayodhya. Kehidupan Sang Rama[sunting | sunting sumber] Kelahiran dan keluarga[sunting | sunting sumber] Sebuah lukisan dari Himachal Pradesh. Keempat pangeran tersebut tumbuh menjadi putera yang gagah-gagah dan terampil memainkan senjata di bawah bimbingan Resi Wasista. Wisnu ditemani oleh Naga Sesa yang akan mengambil peran sebagai Laksmana.putera raja Dasarata dari Ayodhya. dan yang terakhir adalah Laksmanadan Satrugna. ketiga permaisuri Raja Dasarata melahirkan putera. lahir dari Sumitra. namun ia juga takut terhadap kutukan Resi Wiswamitra. Upacaranya diterima oleh para Dewa dan utusan mereka memberikan sebuah air suci agar diminum oleh setiap permaisurinya. Dalam Ramayana iceritakan bahwa Raja Dasarata yang merindukan putera mengadakan upacara bagi para dewa. namun Resi Wiswamitra menjamin . Dasarata merasa anaknya masih terlalu muda untuk menghadapi para rakshasa. Rama. sedangkan ibunya adalah Kosalya. upacara yang disebut Putrakama Yadnya. Resi Wiswamitra datang menghadap Raja Dasarata. Mendengar permohonan tersebut. Dalam penjelmaannya ke dunia. Rama dan Wiswamitra[sunting | sunting sumber] Pada suatu hari. Atas anugerah tersebut. Yang tertua bernama Rama. Akhirnya Sang Resi mengutarakan permohonannya.

Rama. Saat rakshasa Marica dan Subahu datang untuk megotori sesajen dengan darah dan daging mentah. Rama dan Laksmana tidak tinggal diam. Di hutan tersebut. Setelah Rama membunuh Subahu.keselamatan Rama. Rama membakar tubuh Subahu sampai menjadi abu. Dengan senjata Agneyastra atau Panah Api. Rama dan Laksmana melindungi para resi dan berjanji akan mengalahkan rakshasa yang ingin mengotori pelaksanaan yadnya yang dilakukan oleh para resi. Rama dan Laksmana memperoleh mantra sakti dari Resi Wiswamitra. pelaksanaan yadnya berlangsung dengan lancar dan aman. Di sana. Setelah itu. . Sebelum tiba di Sidhasrama. Dasarata mengabulkan permohonan Resi Wiswamitra dan mengizinkan puteranya untuk membantu para resi. Atas permohonan Rama. Di tengah hutan. nyawa Marica diampuni oleh Laksmana. Rama mengalahkan rakshasi Tataka dan membunuhnya. Rama tidak memberi ampun. Laksmana. Rama sampai di Sidhasrama bersama Laksmana dan Resi Wiswamitra. Setelah melewati hutan Dandaka. yaitu bala dan atibala. Setelah melalui perdebatan dan pergolakan dalam batin. dan Resi Wiswamitra melewati hutan Dandaka. mereka menempuh perjalanan menuju kediaman para resi di Sidhasrama. sedangkan untuk Subahu.

Prabhu Dasamuka (Devanagari: रमावर. IAST Rāvaṇa. Dalam kisah. ribuan tahun yang lalu. ia merupakan Raja Alengka. sekaligus Rakshasa atau iblis. ensiklopedia bebas (Dialihkan dari Rawana) Belum Diperiksa Rah र Lukisan Sang Rawana. Raja Tokoh dalam Nama Rah Ejaan Dewanagari रमावर Ejaan IAST Rāv Nama lain Raa Rav Das Das Asal Kera Golongan Rak Senjata Gad pan Dalam mitologi Hindu. . kadangkala dialihaksarakan sebagai Raavana danRavan atau Revana) adalah tokoh utama yang bertentangan terhadap Rama dalam Sastra Hindu.Rahwana Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Ramayana. Rahwana'. Prabhu Dasa.

namun Kekasi menerimanya meskipun diperingatkan demikian. menunjukkan kesombongan dan kemauan yang tak terbatas. Ia juga memiliki dua puluh tangan. berleher sepuluh) dan "Dasakanta" (दशकण्ठ. Wisrawa memperingati Kekasi bahwa bercinta di waktu yang tak tepat akan membuat anak mereka menjadi jahat. setengah rakshasa. bermuka sepuluh).Rawana dilukiskan dalam kesenian dengan sepuluh kepala. Ia juga dikatakan sebagai ksatria besar. Di antara para resi. Sumali berpesan kepada Kekasi agar ia menikah dengan orang yang istimewa di dunia. Sumali memperoleh anugerah dari Brahma sehingga ia mampu menaklukkan para raja dunia. Rahwana lahir dengan kepribadian setengah brahmana. Beberapa alasan menjelaskan bahwa sepuluh kepala tersebut adalah pantulan dari permata pada kalung yang diberikan ayahnya sewaktu lahir. Akhirnya.2Saudara 10Lihat pula Asal-usul[sunting | sunting sumber] Ibu Rahwana bernama Kaikesi. Rahwana diberi nama "Dasanana" atau "Dasagriwa". dan konon ia memiliki sepuluh kepala. Daftar isi [sembunyikan]  1Asal-usul  2Tapa kepada Brahma  3Raja Alengka  4Bakti kepada Siwa  5Raja di tiga dunia  6Istri dan wanita  7Penculikan Sita  8Pertempuran dan kematian  9Keluarga  o 9. Karena punya sepuluh kepala ia diberi nama "Dasamukha" (दशमनख. Saat lahir. atau ada yang menjelaskan bahwa sepuluh kepala tersebut adalah simbol bahwa Rahwana memiliki kekuatan sepuluh tokoh tertentu. . Kekasi memilih Wisrawa sebagai pasangannya. berkerongkongan sepuluh). seorang puteri Raja Detya bernama Sumali.1Putera o 9. "Dasagriva" (दशगनरजीव. menunjukkan bahwa ia memiliki pengetahuan dalam Weda dan sastra.

makhluk surgawi. Rahwana memohon agar ia kebal terhadap segala serangan dan selalu unggul di antara para dewa. Sebagai gantinya. . ia tidak memohon agar unggul terhadap mereka. danawa. Mendapat kesempatan tersebut.Tapa kepada Brahma[sunting | sunting sumber] Saat masih muda. Karena berkenan dengan pemujaannya. brahma muncul dan mempersilakan Rahwana mengajukan permohonan. segala naga dan makhluk buas. Brahma mengabulkannya. Mendengar permohonan tersebut. dan menambahkan kepandaian menggunakan senjata dewa dan ilmu sihir. namun permohonan tersebut ditolak oleh Brahma. Karena menganggap remeh manusia. Rahwana memohon agar ia hidup abadi. rakshasa. detya. Rahwana mengadakan tapa memuja Dewa selama bertahun-tahun.

Ketika Bharata memerintah Ayodhya. lahir dari permaisuri Sumitra. Saat Satrugna hendak membunuhnya. Ramayana mendeskripsikan bahwa keempat saudara tersebut saling rukun dan menyayangi. Ia memiliki tiga saudara bernama Rama yang lahir dari permaisuri Kosalya. Satrugna menikahi Srutakirti. IAST: ṣatrughna) adalah seorang tokoh daripada wiracarita Ramayana. sebab orang tersebut bertanggung jawab karena telah meracuni pikiran Kekayi agar memohon kepada Dasarata supaya Rama dibuang ke hutan sedangkan Bharata diangkat menjadi raja. Daftar isi [sembunyikan]  1Kelahiran dan keluarga  2Pembuangan Rama  3Penakluk Lawanasura  4Akhir riwayat  5Kuil Satrugna Kelahiran dan keluarga[sunting | sunting sumber] Satrugna lahir dari permaisuri Raja Dasarata yang bernama Sumitra. Saat menginjak dewasa. Mereka dididik oleh orang suci di keratonAyodhya yang bernama Resi Wasista. Satrugna menyeret pelayan permaisuri Kekayi yang bernama Mantara dan hendak membunuhnya. Bharata melarang keinginan tersebut karena merasa bahwa Rama tidak akan senang dengan pembunuhan itu. dan Laksmanayang merupakan saudara kembarnya. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Satrugna (Dewanagari: शतिनरुघ्न. Satrugna menemani Bharata sesuai dengan amanat Rama. Bharata yang lahir dari permaisuri Kekayi. Bharata tahu bahwa Rama sadar akan kewajibannya sebagai seorang anak dan ia tidak menaruh dendam kepada Kekayi dan orang yang menyebabkannya terbuang. Ia merupakan putera Raja Dasarata dari Kerajaan Kosala yang beribukota Ayodhya.Satrugna Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Ia memiliki saudara kembar bernama Laksmana dan ia adalah yang paling bungsu di antara para putera Dasarata. Pembuangan Rama[sunting | sunting sumber] Saat Rama dibuang ke hutan. Penakluk Lawanasura[sunting | sunting sumber] . saudara sepupu Sita.

Satrugna memohon kepada Rama dan kakak-kakaknya agar mengizinkannya melayani mereka dengan membunuh Lawanasura. . raja rakshasa dari Mathura.Kisah keberanian Satrugna yang paling terkenal adalah pembunuhan rakshasa Lawanasura. yang merupakan keponakan Rahwana. Lawanasura adalah putera Madhu. yakni raja rakshasa dari Alengka yang dibunuh oleh Rama. dan tak ada yang sanggup untuk mengalahkannya maupun mencegahya melakukan tindakan yang jahat. Ibu Lawanasura adalah Kumbini. Satrugna membunuh rakshasa tersebut dengan panah yang diberkati oleh Wisnu. yang memerintah Mathura. adik Rahwana. Lawanasura memiliki senjata Trisula dari Dewa Siwa.

Inti dari kisah Ramayana adalah penculikan Sita oleh Rahwana raja Kerajaan Alengka yang ingin mengawininya. Ramaa Asal Mithila. Untuk tokoh lain. Widehī. Menurut pandangan Hindu. untuk penyanyi lihat Sita Nursanti Sita सजीतिमा Sita dan Rama Tokoh dalam mitologi Hindu Nama Sita Ejaan Dewanaga सजीतिमा ri Ejaan IAST Sītā Nama lain Maithilī. Sita lebih sering dieja dengan nama Shinta. tokoh utama kisah tersebut.Sita Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Ia merupakan istri dari Sri Rama. Sita merupakan inkarnasi dari Laksmi. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Artikel ini mengenai tokoh Sita dari wiracarita Ramayana. dewi keberuntungan. juga dieja Shinta) adalah tokoh protagonis dalam wiracarita Ramayana. Penculikan ini berakibat dengan hancurnya Kerajaan Alengka oleh serangan Rama yang dibantu bangsa Wanara dari Kerajaan Kiskenda. Sītā. Janakī. Dalam tradisi pewayangan Jawa. Kerajaan Wideha Sita (Sanskerta: ससीतय. . lihat Sita Vermeulen. istri Dewa Wisnu.

ibu kota Wideha oleh Janaka dan Sunayana. Seperti tokoh terkenal dalam legenda Hindu lainnya. kata Sita bermakna "kerut". Nama Sita dalam Ramayana kemungkinan berasal dari Dewi Sita. Suatu ketika Kerajaan Wideha dilanda kelaparan. Janaka pun mengadakan sebuah sayembara untuk menemukan pasangan yang tepat bagi putrinya itu. Ternyata mata bajak Janaka membentur sebuah peti yang berisi bayi perempuan. ia dipanggil Ramaa. permaisurinya. yang pernah disebutkan dalam Rigweda sebagai dewi bumi yang memberkati ladang dengan hasil panen yang bermutu. sebagai puteri Mithila.Daftar isi [sembunyikan]  1Arti nama  2Asal-usul  3Masa pembuangan  4Penculikan oleh Rahwana  5Dalam istana Alengka  6Ujian kesucian  7Kehidupan selanjutnya  8Akhir riwayat  9Versi pewayangan  10Lihat pula Arti nama[sunting | sunting sumber] Dalam bahasa Sanskerta. Sita juga dikenal dengan banyak nama. Setelah usianya menginjak dewasa. ia pun juga dikenal dengan nama Waidehi. yang menggambarkan aroma dari kesuburan. Kata "kerut" merupakan istilah puitis pada zaman India Kuno. Sebagai puteri Raja Janaka. ia dipanggil Maithili. Bayi itu dipungutnya menjadi anak angkat dan dianggap sebagai titipan Pertiwi. sebagai istri Raama. dewi bumi dan kesuburan. Janaka sebagai raja melakukan upacara atau yadnya di suatu area ladang antara lain dengan cara membajak tanahnya. dan dimenangkan . Asal-usul[sunting | sunting sumber] Ramayana menceritakan bahwa Sita bukan putri kandung Janaka. ia dipanggil Janaki. Sayembara tersebut adalah membentangkan busur pusaka maha berat anugerah Dewa Siwa. Sita dibesarkan di istana Mithila. Karena berasal dari Kerajaan Wideha.

bukan Rama. begitu pula adik Rama yang lahir dari ibu lain. Setelah menikah. (Lukisan dari Museum Seni San Diego) Selanjutnya dikisahkan. Di dalam hutan belantara dan pegunungan. Sita yang setia mengikuti perjalanan Rama. Rama pun menjalani keputusan itu dengan ikhlas. Ketiganya meninggalkan istana Ayodhya untuk memulai hidup di dalam hutan. yaitu Laksmana. dan Laksmana banyak bergaul dengan para pendeta dan brahmana sehingga menambah ilmu pengetahuan dan kepandaian mereka. sebagai putra yang berbakti. Laksmana. ibu tiri Rama yang bernama Kaikeyi lebih menginginkan putra kandungnya. Rama. Sita. Penculikan oleh Rahwana[sunting | sunting sumber] . Dasarata yang terikat sumpah terpaksa menuruti permintaan istri keduanya itu. yaitu Bharata yang menjadi raja Ayodhya. seorang pangeran dari Kerajaan Kosala. dan Sita saat menjalani kehidupan di hutan. Masa pembuangan[sunting | sunting sumber] Rama. ibu kota Kosala. Sita pun tinggal bersama suaminya di Ayodhya.oleh Sri Rama. Kaikeyi pun mendesak Dasarata agar membuang Rama ke hutan selama 14 tahun.

Sita pun menyuruh Laksmana untuk menyusul suaminya itu. Tiba-tiba terdengar suara jeritan Rama di kejauhan. Rahwana adalah raja bangsa Rakshasa dari Kerajaan Alengka. Karena terus didesak. Namun ia tidak dapat memasuki pondok karena terhalang pagar gaib Laksmana. Tiba-tiba brahmana itu menarik lengan Sita dan membawanya kabur.Rahwana menculik Sita dan membunuh Jatayu . Setelah kepergian Laksmana muncul seorang brahmana tua yang kehausan dan minta diberi minum. Rama akhirnya mengejar dan berusaha menangkapnya. Laksmana tersinggung mendengar tuduhan Sita. Ia menggendong tubuh Sita dan membawanya terbang di udara. ia lebih dulu menciptakan pagar gaib berupa garis pelindung yang mengelilingi pondok tempat Sita menunggu. Sita yang merasa kasihan mengulurkan tangannya untuk memberi minum sang brahmana tua. Sita menjadi tertarik dan ingin memilikinya. . Rahwana pun melakukan pembalasan ditemani pembantunya yang bernama Marica. Sita marah mendengar jawaban Laksmana dan menuduh adik iparnya itu berkhianat dan memiliki maksud kurang baik. Namun Laksmana yakin kalau kijang tersebut adalah jelmaan raksasa yang sekaligus meniru suara jeritan Rama. Mula-mula Marica menyamar menjadi seekor kijang berbulu keemasan dan menampakkan diri di depan pondok Rama. Menyaksikan keindahan kijang tersebut.oleh Raja Ravi Varma. Pasukannya yang bertugas di Janastana habis ditumpas Ramakarena mereka gemar mengganggu kaum brahmana. Brahmana tersebut tidak lain adalah samaran Rahwana. Sebelum pergi.

Sita tetap dibawa kabur oleh Rahwana namun ia sempat menjatuhkan perhiasannya di tanah sebagai petunjuk untuk Rama. yang bersahabat dengan Dasarata ayah Rama. Dalam istana Alengka[sunting | sunting sumber] . Jatayu menyerang Rahwana namun ia justru mengalami kekalahan dan terluka parah.Suara tangisan Sita terdengar oleh seekor burung tua bernama Jatayu.

Ketika terjadi perselisihan antara kedua Wanara bersaudara itu. Valī). Subali akhirnya tewas di tangan pangeran dari Ayodhya tersebut.Subali Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Ilmu kesaktian tersebut diwariskannya kepada Rahwana. Ia merupakan kakak dari Sugriwa. adalah nama seorang raja Wanara dalam wiracarita Ramayana. Ia memiliki Aji Pancasunya (di daerah Sunda disebut Pancasona) yang membuatnya tidak bisa mati. Subali juga dikenal dalam dunia pewayangan Jawa sebagai seorang pendeta Wanara berdarah putih yang tinggal di puncak Gunung Sunyapringga. musuh besar Rama. Rama berada di pihak Sugriwa. sekutu Sri Rama. . atau yang di Indonesia lebih terkenal dengan sebutan Subali. ensiklopedia bebas Su Subali dalam ben Tokoh dalam Nama Ejaan Dewanagari Ejaan IAST Nama lain Kitab referensi Asal Golongan Anak Bali (Sanskerta: वमालजी.

Subali dan Sugriwa pada mulanya terlahir sebagai manusia normal. Tanpa . Gotama pun membuang benda itu jauh-jauh. Keduanya masing-masing bernama Guwarsi dan Guwarsa. sehingga diberi nama Bali atau Subali. Meskipun kehilangan ibu. Subali dan Sugriwa adalah sepasang Wanara kembar yang dilahirkan oleh seorang ibu. dan Guwarsa berselisih memperebutkan cupu milik ibu mereka yang luar biasa indahnya. ketiga anak Gotama tetap saja memperebutkan Cupu Astagina. Berbeda dengan versi aslinya. Konon ia dilahirkan melalui rambut ibunya. Gotama sebenarnya mengetahui kalau cupu itu adalah benda kahyangan milik Batara Surya yang bernama Cupumanik Astagina. Keduanya sama-sama putra dewa. Guwarsi. Ia lalu melemparkan tugu tersebut sejauh-jauhnya. Subali menjadi raja bangsa Wanara di Kerajaan Kiskenda. yang dalam bahasa Sanskerta bermakna "rambut". Indradi pun dipanggil dan ditanya dari mana cupu tersebut berasal. sedangkan Sugriwa bertindak sebagai wakilnya. dalam pewayangan Jawa.Daftar isi [sembunyikan]  1Asal-usul  2Penggabungan silsilah  3Perkawinan  4Hubungan dengan Rahwana  5Perselisihan dengan Sugriwa  6Kematian  7Reinkarnasi Subali  8Lihat pula Asal-usul[sunting | sunting sumber] Nama Subali berasal dari kata bala. sedangkan Sugriwa merupakan putra Surya. Indradi yang ketakutan diam tak mau menjawab. Subali adalah putra Indra. Ketiganya merupakan anak Resi Gotama dan Dewi Indradi yang tinggal di Pertapaan Agrastina. Pada suatu hari Anjani. Gotama yang marah karena merasa dikhianati mengutuk istrinya itu menjadi tugu. tetapi berbeda ayah. Setelah dewasa. Hal itu diketahui oleh Gotama. Mereka memiliki kakak perempuan bernama Anjani. sampai jatuh di perbatasan Kerajaan Alengka. Menurut versi Ramayana.

Anjani bertapa di Telaga Madirda. sedangkan Sugriwa mengangkat sebelah kakinya seperti seekor kijang. Cupu Astagina jatuh di sebuah tanah kosong dan berubah menjadi telaga. . Akibatnya. Anjani bertapa dengan gaya berendam telanjang seperti seekor katak. Sementara itu Guwarsi dan Guwarsa yang telah berganti nama menjadi Subali dan Sugriwa masing-masing bertapa di Gunung dan Hutan Sunyapringga. wajah dan lengannya berubah menjadi wajah dan lengan kera. Kelak ia bertemu Batara Guru dan memperoleh seorang putra bernama Hanoman. Anjani. dan Guwarsa menghadap Gotama dengan perasaan sedih. Ketiganya pun diperintahkan untuk bertapa menyucikan diri. Ketiga anak Gotama tersebut berangkat ke tempat tujuan masing-masing. Ia pun mencuci muka menggunakan air telaga tersebut. Guwarsi. Guwarsi dan Guwarsa begitu sampai di dekat telaga itu segera menceburkan diri karena mengira cupu yang mereka cari jatuh ke dalamnya. Subali menggantung di dahan pohon seperti seekor kelelawar.sepengetahuan siapa pun. Sesuai petunjuk ayah mereka. Sementara itu Anjani yang baru tiba merasa kepanasan. Seketika itu juga wujud keduanya berubah menjadi wanara atau kera.

Nama Sugriwa dalam bahasa Sanskerta (Sugrīva) artinya adalah "leher yang tampan". ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Sug स Sugriwa dalam sebuah lukis Tokoh dalam Nama Ejaan Dewanagari Ejaan IAST Asal Golongan Sugriwa (Sanskerta: सनगरन जीव.Sugriwa Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Ia adalah seorang raja kera dan merupakan seekorwanara. Ia adalah teman Sri Rama dan membantunya memerangi Rahwanauntuk menyelamatkan Sita. Ia tinggal di Kerajaan Kiskenda bersama kakaknya yang bernama Subali. Daftar isi [sembunyikan]  1Perebutan kekuasaan  2Persahabatan dengan Rama . Sugrīva) adalah seorang tokoh protagonis dalam wiracarita Ramayana.

Sugriwa mendengar suara teriakan diiringi dengan darah segar yang mengalir keluar. Karena mengira bahwa Subali telah tewas. karena ia berpikir . Melihat lawannya ada dua orang. Subali datang dan marah besar karena Sugriwa telah mengurungnya di dalam gua. Sugriwa dengan rendah hati minta ma'af kepada Subali. 3Usaha penyelamatan Sita  4Lihat pula Perebutan kekuasaan[sunting | sunting sumber] Pada suatu ketika. rakshasa bernama Mayawi datang ke Kiskenda untuk menantang berkelahi dengan Subali. Subali yang tidak pernah menolak jika ditantang berkelahi menyerang Mayawi dan diikuti oleh Sugriwa. Persahabatan dengan Rama[sunting | sunting sumber] Ukiran di kuil Banteay Srei di Kamboja. Sugriwa menutup gua tersebut dengan batu yang sangat besar agar sang raksasa tidak bisa keluar. namun permohonan ma’afnya tidak diterima Subali. dimana Subali tidak akan berani untuk menginjakkan kakinya di daerah itu. Beberapa lama kemudian. Di sebelah kanan. Subali mengikuti raksasa tersebut dan menyuruh Sugriwa menunggu di luar. Rama dan Laksmana menyeberangi sungai Pampa dan pergi ke gunung Resyamuka. Dalam masa petualangan mencari Sita. Saat Sugriwa menikmati masa-masa kekuasaannya. sampai akhirnya tiba di kediaman para wanara. Akhirnya Subali menjadi raja Kiskenda sedangkan Sugriwa beserta pengikutnya yang setia bersembunyi di sebuah daerah yang dekat dengan asrama Resi Matanga. Subali mengusir Sugriwa jauh-jauh dan merebut istrinya pula. Kemudian Sugriwa kembali ke Kiskenda dan didesak untuk menjadi raja karena Subali telah dianggap tewas. raksasa tersebut lari ke sebuah gua besar. Sugriwa takut saat melihatRama dan Laksmana sedang mencari-cari sesuatu. Merasa bahwa ia dikhianati. menggambarkan pertempuran antara Sugriwa danSubali. Rama bersiap-siap memanah Subali.

Di hadapan Rama. Panah sakti tersebut menembus dada Subali yang sekeras intan kemudian membuatnya jatuh tak berkutik. tentu panah yang dilepaskan Rama tidak akan menembus tubuhnya.bahwa mereka adalah utusan Subali yang dikirim untuk mencari dan membunuh Sugriwa. Saat sedang sekarat. Sugriwa makin terdesak sementara Subali makin garang. melainkan akan menjadi bumerang bagi Rama. Subali menghembuskan napas terakhirnya. Subali memarahi Rama yang mencampuri urusannya. Subali sadar akan dosa dan kesalahannya terhadap adiknya. Akhirnya ia merestui Sugriwa menjadi Raja Kiskenda serta menitipkan anaknya yang bernamaAnggada untuk dirawat oleh Sugriwa. Setelah petarungan sengit berlangsung beberapa lama. Sugriwa menceritakan masalah dan masa lalunya. Subali keluar dan bertarung dengan Sugriwa. mereka datang keKiskenda. Setelah menyusun suatu rencana. Setelah mengetahui bahwa Rama dan Laksmana adalah orang baik. Karena merasa marah. Hanoman mempersilakan mereka untuk menemui Sugriwa. Kemudian Sugriwa mengutus keponakannya yang bernama Hanoman untuk menyelidiki kedatangan Rama dan Laksmana. Di pintu gerbang istana Kiskenda. Setelah mendengar penjelasan Rama. Rama tersenyum mendengar penghinaan Subali kemudian menjelaskan bahwa andai saja Subali tidak bersalah. Sugriwa juga mengutarakan permohonannya untuk merebut istri dan kerajaannya kembali. Akhirnya Rama dan Sugriwa menjalin persahabatan dan berjanji akan saling membantu satu sama lain. Akhirnya Rama muncul untuk menolong Sugriwa dengan melepaskan panah saktinya ke arah Subali. Tak berapa lama kemudian. Sugriwa berteriak menantang Subali. . Ia juga berkata bahwa Rama tidak mengetahui sikap seorang ksatria.

.Sumitra Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Ia adalah salah seorang istri prabu Dasarata dan merupakan ibu dari Laksamana dan Satrugna. Sumitrā) adalah seorang tokoh dalam wiracarita Ramayana. ensiklopedia bebas Sumitra (bahasa Sanskerta: सनतमतिनरमा.

Nama Surpanaka dalam bahasa Sanskerta berarti "(Dia) Yang memiliki kuku jari yang tajam". ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Surp Laksmana melukai hidung Surpanaka dengan ped Tokoh dalam Nama Surpanaka Nama lain Sarpakenak Asal Kerajaan Ale Golongan Rakshasi Surpanaka (atau Bahasa Indonesia: Sarpanaka. dan merupakan seorang rakshasi atau rakshasa wanita. Saat Surpanaka melewati hutan. Surpanaka yang . Ia tinggal di Yanasthana. Setelah meninggalkan Rama. Bahasa Jawa: Sarpakenaka) adalah tokoh antagonis dari wiracarita Ramayana. Ia adalah adik kandungRahwana. Dengan mengubah wujudnya yang jelek menjadi seorang wanita cantik. ia mulai mendekati Rama dan meminta untuk dinikahi. dan lebih baik apabila Surpanaka menjadi istri kedua Rama dibandingkan menjadi istri pertama Laksmana. Kemudian Rama menyuruh Surpanaka agar merayu Laksmana yang lebih tampan.Surpanaka Dari Wikipedia bahasa Indonesia. ia berusaha menggoda Laksmana. Rama menolak karena ia melaksanakan Eka patnivrataa atau menikah hanya sekali. Tetapi cintanya ditolak karena Laksmana berkata bahwa ia adalah pelayan kakaknya. pos perbatasan para rakshasa di Chitrakuta. ia senang melihat Rama dan ingin dinikahinya.

Ciri-ciri[sunting | sunting sumber] . namun langsung menggoda Laksmana. Surpanaka versi pewayangan Jawa[sunting | sunting sumber] Dalam pewayangan Jawa. berusaha mencakar Sita yang memandangnya dengan sinis. terdapat versi berbeda mengenai cerita Surpanaka saat dilukai di tengah hutan. sampai menculik Dewi Sita. pedang Laksmana melukai hidung rakshasi tersebut. Saat Surpanaka menyerang Laksmana.mulai kesal. Akhirnya Surpanaka lari dan mengadu kepada Kara. Surpanaka tidak menemui Rama. Lalu ia marah dan hidungnya dilukai oleh Laksmana. Setelah Kara tewas di tangan Rama. Namun Laksmana menolak Surpanaka karena baunya agak amis bagi seorang wanita cantik. Lalu Rama melindungi Sita sementara Laksmana mengambil pedangnya. Akhirnya Surpanaka lari ke Alengka untuk memprovokasi kakaknya yang bernama Rahwana. ia memprovokasi Rahwana.

sebab Atikaya memakai baju zirah tak terdandingi yang didapat dari Dewa Brahma. Cara tersebut diberitahu oleh Dewa Bayu atas bujukan Dewa Indra. . ensiklopedia bebas (Dialihkan dari Trikaya) Dalam wiracarita Ramayana. Atikaya merupakan adik Indrajit dan bertenaga sangat kuat. Satusatunya cara untuk menghancurkan baju zirah tersebut adalah dengan menggunakan senjata Brahmastra.Atikaya Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Ia belajar segala rahasia dalam ilmu memanah dan mendapat senjata ilahi dari Dewa Siwa ketika ia menangkap Trisula Dewa Siwa di Gunung Kailasha. Meski kekuatannya sangat luar biasa. Kisah kematiannya dimuat dalam kitab Yuddhakanda. ia dibunuh oleh Laksmana dengan senjata Brahmastra. panah sakti pemberian Dewa Brahma. Atikayā) adalah putera Rahwana dengan istri keduanya. Danyamalini. Atikaya (bahasa Sanskerta: अततिकयमा.

Rahwana akhirnya marah dan mengutuk Trijata bahwa kelak ia akan menikah dengan seekor monyet tua.[1]Mereka berdua kemudian tinggal di pertapaan Gadamadana. [3] Setiap kali Rahwana ingin memaksa Shinta untuk segera menikah dengannya.[1] Kelak.[1] Ia mempunyai adik kandung bernama Dentawilukrama. Trijata dikaruniai seorang puteri yang kemudian diberi nama Dewi Jembawati. Ia memiliki watak setia. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Trijata adalah putri sulung Arya Wibisana dari negara Alengka.[1] Trijata termasuk dalam kisahRamayana. Dewi Jembawati diperistri oleh Prabu Kresna dari Dwarawati yang merupakan titisan dari Bathara Wisnu. [3] Rahwana menyekap Dewi Shinta di Taman Argasoka Negara Alengka. namun Dewi Shinta memohon kepada Dewata bahwa sekalipun bersuamikan kera tua Trijata akan mendapat anak perempuan cantik yang kelak akan diperistri oleh ksatria titisan Bathara Wisnu.Trijata Dari Wikipedia bahasa Indonesia.[3] Suatu kali ketika Rahwana ingin memaksa Shinta untuk mau menikah dengannya.[1] Kapi Jembawan adalah kera tua yang menjadi pengasuh Subali dan Anoman.[1] Trijata hidup sampai berusia lanjut yang kemudian dikuburkan di pertapaan Gadamadana ketika sudah meninggal. [3] Trijata merasa sedih dengan kutukan Rahwana. murah hati.[1] Dewi Trijata adalah perempuan yang sangat cantik.[1] Setelah perang Alengka berakhir Trijata diperistri oleh Kapi Jembawan. Trijata tetap menghalangi Rahwana. Trijata selalu menenangkah nafsu Rahwana.[1] Dari perkawinan mereka.[1] Trijata merupakan anak Wibisana dengan Dewi Triwati. Kisah[sunting | sunting sumber] Dewi Trijata dipercaya oleh Rahwana untuk menemani Dewi Shinta.[1] .[3] Kutukan itu akhirnya menjadi kenyataan. sabar dan selalu penuh dengan sopan santun. baik budi.[3] Akan tetapi.[1] [2] Dewi Tari dipercaya sebagai keturunan Sanghyang Taya.

[4]Kesaktian Trijata berasal dari titisan ayahnya Wibisana.Dewi Trijata Pergi ke Suwelagiri[sunting | sunting sumber] Rahwana melakukan bermacam-macam usaha untuk membuat Dewi Shinta mau menjadi istrinya.[4] Shinta terkejut mendengar hal itu sampai dia tak sadarkan diri.[4] Trijata bertemu dengan Rama dan Laksama kemudian menceritakan apa yang dilakukan Rahwana. [5] .[4] Trijata segera menghibur Dewi Shinta dan mengatakan bahwa itu hanya akal dari Rahwana saja.[5] Di sini pula akhirnya Trijata bertemu dengan Wibisana yang telah berpindah ke kubu Rama.[4] Malamnya Trijata yang juga memiliki kesaktian tinggi ini pergi ke Suwelagiri.[4] Salah satunya adalah dengan membuat tipuan bahwa Rama danLeksmana sudah mati dengan membawa dua kepala pria yang mirip dengan mereka.[5] Kabar ini membuat Rama terkejut dan marah namun juga tenang karena selama ini Dewi Shinta ditemani oleh penjaga yang setia.[5] Trijata segera bersujud kepada ayahnya dan kemudian segera kembali ke Taman Argasoka.

Trinetra
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Belum Diperiksa
Trinetra adalah nama salah satu anak Raja Alengka, Prabu Dasamuka,
selain Indrajit, Trisirah, Atikaya, Trigunung dan Trimurda. Kendati demikian,
Trinetra berlainan ibu dengan anak Dasamuka yang lain yang sebagian
besar dilahirkan oleh Dewi Tari. Ibu Trinetra adalah Dewi Sayempraba yang
kemudian diperistri oleh Raden Hanoman. Perkawinan Hanoman dengan
Sayempraba melahirkan adik tiri Trinetra, yakni Trigangga.
Sesuai namanya, Trinetra mempunyai tiga mata. Satu mata yang terletak
dikening bila marah bisa memancarkan api yang bisa membinasakan
musuhnya. Trinetra kelak tewas di tangan adik tirinya, Trigangga, ketika
pasukan kera dari Ayodya di bawah Prabu Rama dan Hanoman
menyerang Alengka.

Trisirah
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Belum Diperiksa
Trisirah (Sanskerta: ततिनरतसर; Trishira) merupakan anak Prabu
Dasamuka (Rahwana), Raja Alengka. Ia merupakan adik Indrajit. Namanya
dalam bahasa Sanskerta berarti "(Dia) Yang memiliki tiga kepala".
Ia bertarung dengan Rama dan menyerang dengan ratusan panah.
Menerima serangan itu, Rama berkata bahwa panah yang dilepaskannya
tidak terasa apa-apa melainkan seperti bunga yang ditaburkan ke tubuh
Rama. Kemudian pertarungan diakhiri, dan akhirnya Rama berhasil
membunuh Trisirah.

Wibisana
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Wibisana
तवभजीषर

Raja Wibisana dari Kerajaan Alengka
Tokoh dalam mitologi Hindu
Nama

Wibisana

Ejaan Dewanagari

तवभजीषर

Asal

Kerajaan Alengka

Golongan

Rakshasa

Senjata

Panah, Pedang

Ayah

Wisrawa

Ibu

Kaikesi

Istri

Prasatya

Wibisana (bahasa Sanskerta: वविभसीषण, Vibhīshaṇa) adalah nama seorang
tokoh protagonis dalam wiracarita Ramayana. Ia adalah adik
kandung Rahwanayang menyeberang ke pihak Sri Rama. Dalam perang
besar antara bangsa Rakshasa melawan Wanara, Wibisana banyak berjasa
membocorkan kelemahan kaumnya, sehingga pihak Wanara yang dipimpin
Rama memperoleh kemenangan. Sepeninggal Rahwana, Wibisana menjadi
raja Alengka. Ia dianggap sebagai salah satu Chiranjiwin, yaitu makhluk
abadi selamanya.
Dalam pewayangan Jawa, Wibisana sering disebut dengan nama
lengkap Gunawan Kuntawibisana. Tempat tinggalnya bernama Kasatrian
Parangkuntara.
Daftar isi
[sembunyikan]

1Silsilah keluarga

Versi lain. Menarik untuk dilihat bahwa Kumbakarna (yang juga masih saudara kandung dengan Wibisana dan Rawana) mengambil sikap yang berlawanan. Ia tidak minta diberi kekuatan. Ia justru meminta agar selalu berada di jalan kebenaran atau dharma. Hal ini berarti dia harus melawan kakaknya sendiri (Rahwana) demi membela kebenaran. walaupun menyadari bahwa . yaitu Rahwana dan Kumbakarna. Ia juga memuja Brahma bersama dengan kedua kakaknya. tetapi minta diberi kebijaksanaan. Wibisana bersikap lain. Kepribadian[sunting | sunting sumber] Meskipun berasal dari bangsa Rakshasa. Sementara ibunya adalah putri Sumali. Namun Wibisana terkenal berhati lembut dan hidup dalam kebijaksanaan. seorang raja Rakshasa dari Kerajaan Alengka. Istrinya itu juga bersifat bijaksana. setelah gagal membujuk kakaknya untuk mengembalikan Sita kepada Rama. Menurut versi kedua tersebut. yaitu Rahwana dan Kumbakarna. Wibisana menikah dengan seorang wanita dari bangsa Rakshasa bernama Sarama. Ayahnya seorang resi putra Pulastya. Wibisana menghabiskan masa mudanya dengan bertapa memuja Wisnu. dimana Kumbakarna tetap membela tanah air. yaitu Mahabharata menyebut Wibisana sebagai putra wisrawa dan Malini. Ketika Dewa Brahma turun untuk memberikan anugerah. Wibisana adalah putra bungsu pasangan Wisrawa dan Kaikesi. dan pemakan daging manusia. Peran di Alengka[sunting | sunting sumber] Dalam kisah Ramayana. 2Kepribadian  3Peran di Alengka  4Wibisana memihak Rama  5Raja Alengka  6Versi pewayangan  7Pranala luar Silsilah keluarga[sunting | sunting sumber] Menurut versi Ramayana. Kaikesi hanya melahirkan dua prang putra saja. Ia menjadi pelindung Sita istriRama ketika ditawan Rahwana. Biasanya para Rakshasa dikisahkan sebagai pembuat onar. Rahwana dan Kumbakarna mengajukan permohonan diberi kekuatan dan kesaktian untuk bisa menaklukkan para dewa. perusuh kaum brahmana. Wibisana memutuskan untuk berpihak pada Rama yang diyakininya sebagai pihak yang benar. namun Wibisana memiliki kepribadian yang berbeda.

Wibisana adalah orang yang tanggap dan mengetahui akal Indrajit yang licik. Wibisana pergi bersama empat rakshasa yang baik dan menghadap Rama. Saat pasukan wanara berhasil dikelabui oleh Indrajit. Wibisana banyak memberi tahu rahasia Alengka dan seluk-beluk setiap rakshasa yang menghadang Rama dan pasukannya. Wibisana juga pasrah apabila Kumbakarna hendak membunuhnya.dia berada di pihak yang salah. Wibisana mohon pamit dari hadapan Kumbakarna dan mempersilakannya maju untuk menghadapi Rama. Wibisana memohon agar Kumbakarna mengampuni kesalahannya sebab ia telah menyeberang ke pihak musuh. Kumbakarna juga berkata bahwa ia bertempur karena terikat dengan kewajiban. Wibisana memohon agar ia diberi kesempatan berbincang-bincang dengan kakaknya itu. Wibisana memihak Rama[sunting | sunting sumber] Karena merasa tidak mendapat tempat di Alengka. Dalam misi menghancurkan Rahwana. Dalam perjalanan ia dihadang oleh Sugriwa. Wibisana juga sadar apabila ada mata-mata yang menyusup ke tengah pasukan wanara. . Ketika Kumbakarna maju menghadapi Rama dan pasukannya. Setelah bercakap-cakap. Wibisana merupakan tokoh yang menunjukkan bahwa kebenaran itu menembus batas-batas nasionalisme. raja wanara yang mencurigai kedatangan Wibisana dari Alengka. Setelah Rama yakin bahwa Wibisana bukan orang jahat. Melihat ketulusan adiknya. Rama mengabulkan dan mempersilakan Wibisana untuk bercakap-cakap sebelum pertempuran meletus. dan melaporkannya kepada Rama. dan bukan semata-mata karena niatnya sendiri. Kumbakarna merasa terharu. Saat bertatap muka dengan Kumbakarna. Wibisana menjanjikan persahabatan yang kekal. bahkan ikatan persaudaraan. Kumbakarna tidak menyalahkan Wibisana sebab ia berbuat benar.

Pada waktu Hanoman terbang di atas pantai Alengka untuk mencari Sinta. Hanoman berhasil menewaskannya dengan cara merobek perutnya. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Wilkataksini adalah raksasa yang sangat besar yang menjaga pantai Alengka.Wilkataksini Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Wilkataksini menyedot Hanoman sampai kedalam perutnya. .