You are on page 1of 10

TAK PERNAH ADA KATA CINTA

cahaya mentari pagi menyelinap masuk dari celah ventilasi kamarku dan tepat mengenai
mataku hingga aku terbangun akan kesilauannya
aku menguap lebar dengan merentangkan tangan dan memutar sedikit kepala sehingga otototot leherku sedikit berbunyi
aku berniat beranjak dari tempat tidur ini namun sebuah tangan memeluk dan menahan
tubuhku untuk pergi
ya,.aku memang tidak tidur sendiri
ada dia yang selalu menemani hari-hariku di apartement yang kami sewa ini
dia Amirullah
sosok yang tampan yang selalu menjagaku,menghiburku dan melindungi setiap harihariku,termasuk teman tidurku,.
''jangan pergi dulu,ini kan hari libur,aku masih ingin di tempat tidur ini denganmu..''ujarnya
seraya menarikku dan menyimpan tubuhku erat di dalam pelukannya,
''hey,aku mau bikin kopi buat kamu,lagian kamu juga mesti kerja kan rul,ini udah pagi,ayo
bangun,nanti rejeki kamu dipatok ayam''aku melepas tangan dan kakinya yang memeluk erat
aku diatas tempat tidur ini
''bukannya aku sudah sering di patok kamu,tidak apa-apalah sekali kali kamu berbagi dengan
ayam''dia tertawa kecil namun sama sekali tidak membuka matanya,ia malah membalikkan
badan memunggungiku
''maksud kamu..?
''sudah jangan dibahas,atau kamu akan aku perkosa di atas ranjang ini''jawabnya masih
dengan nada lucu baginya
''bukankah setiap hari kamu selalu memperkosaku rul''
''bukannya itu sama-sama ikhlas''
''itu menurutmu,tapi itu sama saja perkosaan bagiku,kamu tidak pernah memberiku arti
rul,kamu tidak pernah menganggapku,.kamu nggak pernah memberi kesimpulan yang jelas
dengan hubungan kita''
''cukup..''matanya melotot tajam dan terbangun dari tidurnya
''sudah ku katakan,kau bagian penting di hidupku,jangan pernah bahas ini lagi dhy,atau aku
akan marah padamu''

apa itu yang dia anggap penting ''aku tidak mau jawaban itu lagi.karena bagian penting bisa diartikan aku penting di apartementnya.aku bingung dengan apa yang dia lakukan padaku.penting untuk membantu kegiatannya sehari-hari penting untuk dijadikan penyalur nafsunya.sebenarnya aku dia anggap apa.air hangatnya setiap pagi namun tidak ada kata cinta yang mengalir dari mulut manisnya aku tahu cinta tidak butuh kata-kata tapi aku ingin mendengar sendiri.setiap apa yang dia inginkan aku selalu mengabulkan aku sudah seperti wanita di apartementnya ini.melihat wajah maranya. saat di tanya mirul hanya menjawab.aku tidak suka dengan kalimat yang penuh istilah dan mempunyai banyak arti yang aku sendiri mungkin salah mengartikannya ''aku mau kopi.tapi aku sudah tidak mau menanyakan apa aku dimatamu rul.?tanyanya saat segelas kopi aku sajikan bersama burger telur ikan kesukaannya.menyiapkan sarapannya setiap pagi.aku tunggu di tempat biasa''dia mengecup bibirku sebelum pergi meninggalkanku.iya dia sangat menjaga makanannya maka tidaklah heran jika bodynya menggiurkan banyak wanita diluar sana ''sangat penting.aku memasak.membuatku selalu bungkam dengan ciumannya *** ''apa status sangat penting buat kamu.aku mau jawaban yang kompleks rul'' aku memang ingin jawaban yang kompleks.membuatkannya kopi setiap pagi.dia memang marah walaupun tidak sampai mengeluarkan kata kasar ataupun memukulku jika dia ditanya seperti itu pastilah ia segera melarikan topik dan pasti juga mencumbuku.dan semakin cinta dengan laki-laki ini.karna aku sudah tau jawabannya'' ''sungguh''ujarnya dengan mata yang berbinar-binar.aku sama sekali tidak takut melainkan aku semakin kagum.setiap apa yang ia butuhkan aku selalu menyiapkan..meskipun kata-kata cinta tidak pernah keluar dari mulutnya dan mulutku.tampak sorot bahagia dari kedua bola matanya yang tajam .penting untuk membereskan rumahnya.di apartement ini kami hidup bagaikan sepasang suami istri.kau makna di hidupku ataupun kau bagian penting dihidupku aku tidak puas dengan jawaban itu.dan itulah yang tidak dapat aku terka tentang dia jika ditanya seperti itu.semakin sayang..

''teriaknya menggelegar dan aku sendiri tertawa cekikikan mendengarnya..itulah kebiasaanku aku selalu menghabiskan kopinya yang membuatnya berlari mengejar dan menangkapku di pelukannya dan seperti kemarin.teman yang selalu mendengarkan keluhan dan curhatanmu....itu saja kan''tiba-tiba sorot matanya redup.aku hanya jablay pemuas nafsu kamu..''iya.hatiku sakit mendengarnya.dia sedikit menunduk dan melepaskan tangannya yang menggenggam tanganku ''tapi tidak apa-apa rul.aku cukup bahagia bisa mencintaimu.padahal sebelumnya kamu tidak pernah menuntut ini dariku''mirul meneguk kopi di gelasnya dan memandang kearah kolam renang yang terlihat indah dari sini.. ''hanya beberapa minggu''tambahnya lagi .jadi kamu tidak perlu membalas cintaku'' ''kenapa kamu selalu membahas ini dhy..aku tau aku bukan siapa-siapa di mata kamu.pembantu yang menyiapkan kebutuhan makanmu....itulah kenapa aku dan dia memfavoritkan tempat ini.udara sejuknya dengan banyak pepohonan kelapa ditambah lagi lautan biru yang jauh dari sini tapi terlihat dari lantai 5 apartement yang kami tempati ini ''sudah jangan dibahas lagi rul..hal itu terulang lagi dia memeluk dan menggelitiki membuatku meronta-ronta di pelukannya dan aku sudah hapal dengan apa yang ia akan lakukan mirul pasti menarikku dan menjatuhkan tubuh ini di atas sofa lalu menindihnya dan menciumiku sepuasnya ''kamu manis sekali'' ''dari dulu''ujarku dan saat seperti itulah dia mencumbuku hingga hasratnya terpuaskan ''aku ingin ke belanda''ujar mirul lirih ''ada pekerjaan yang harus kuselesaikan disana.aku janji tidak akan memaksamu untuk menjawab semua pertanyaan yang ada dikepalaku''aku menarik gelas yang ia pegang lalu menyeruput habis kopi didalam gelas itu ''habisi gelasnya''aku meninggalkannya sendiri ''adhy.perusahaan mengutusku''tambahnya lagi ''kamu meninggalkanku''bagai disayat sayat.

dan aku mulai membenci laki-laki ini sepanjang perjalanan tak henti-hentinya kenangan-kenangan indah bersamanya mengalir muncul bersamaan dengan mengalirnya air dari kedua bola mataku aku teringat hidung mancungnya teringat bulu halus di tangannya yang selalu ia gunakan untuk mengelus pipiku saat kami bercinta aku teringat mata tajamnya yang seolah ingin menerkam tubuhku aku teringat bibir merahnya yang selalu mengecup dan melumat bibirku .aku janji tidak akan menuntut status..ia dosen muda di universitasku dan juga seorang eksecutif muda di sebuah perusahaan internasional.laki-laki yang membuat aku jatuh cinta dan laki-laki yang tidak bisa ditebak jalan pikirannya.''aku tidak bisa rul''aku menangis.AMIRULLAH.tapi itu nggak bisa'' ''kumohon batalkan.kulepaskan pelukanku dari tubuh telanjangnya.tapi tolong jangan pergi'' ''aku berangkat besok'' ''besok''aku tercengang dengan ucapannya.baiklah pergi saja rul..sekarang sudah jelas.kamu berangkat besok dan kamu nggak pernah memberitahuku sebelumnya.dan mempererat pelukanku ''kamu bisa dhy.kamu bisa'' ''tolong bawa aku..aku tidak tahu harus kemana.aku begitu sangat mencintainya ''maaf dhy.mirul terduduk menatap kepergian taxi yang ku kendarai.kupakai semua pakaianku ''kamu jahat rul.aku memang berasal dari panti asuhan yang harus berusaha mandiri saat umurku beranjak 17 tahun karena peraturan panti yang mengharuskan anak-anaknya keluar saat dirasa sudah cukup dewasa untuk menentukan pilihan hidupnya sendiri hingga akhirnya aku berhasil mendapatkan beasiswa dan kuliah di universitas ternama di kota ini.tidak pantas aku mencintai lelaki yang tidak mencintaiku'' ''tunggu dhy'' namun aku tidak perduli dengan panggilannya. laki-laki keturunan arab yang mengajakku tinggal bersamanya..dan laki-laki yang saat ini membuatku merasakan sakit yang teramat sangat.aku janji tidak akan memaksakan diriku lagi untuk meminta cinta dari mulutmu rul..aku semakin tidak mau kehilangan dia.bahwa kamu memang tidak butuh aku.hingga akhirnya aku bertemu dengannya.aku juga akan pergi.!! sekali lagi aku semakin mempererat pelukanku.yang berkali kali meneriakkan namaku dan menggedor-gedor lift yang ku masuki untuk menuruni lantai apartement ini ''taxi''panggilku saat aku telah ada di luar apartement ''adhy.aku sebatang kara di dunia ini yah....''kulihat di kaca spion taxi ini.adhy.

ini bayarannya''aku mengulurkan uang pada supir itu ''tidak usah mas..aku teringat keringat tubuhnya yang membasahiku saat bercinta aku teringat tubuh kekarnya aku teringat semuanya dan aku benci ingatan-ingatan tentangnya yang muncul tiba-tiba di otakku ''kita kemana mas ? Pertanyaan supir itu mengagetkanku dan buru-buru kuhapus air mataku dan berpura-pura tegar ''entah...ini bayarannya'' ''sebentar mas.pak tomy tersenyum dan melajukan mobilnya kencang meninggalkan tempat sunyi ini .kebetulan dia teman saya.apa mas mau saya bantu untuk bertemu dengan beliau'' ''bapak serius..maklum sudah tua jadi bapak lupa kalau di baju ini ada nama''ujar bapak taxi yang baik ini bapak itu kemudian mengajakku ke rumah paling besar di antara penginapan kecil ini ''kenalkan mas.tomy jatmoko ''pak tomy''ujarku ''kok mas tau nama saya'' ''dari nama di baju bapak'' ''oh iya......maka penumpang pertama saya..ini pak jarwo dia pemilik kos-kossan disini''ujar pak supir itu lagi ''makasih pak.kebetulan tadi di jalan tol saya kehabisan bensin..''pak tomy bercerita panjang lebar dan meninggalkanku yang masih bengong dengan kejadian barusan.aku tidak tahu pak.bawa saya kesana''supir itu mengantarku hingga ke suatu tempat yang lumayan jauh dan sedikit terpencil ''terima kasih pak.terima kasih pak.jika saya dapat penumpang.masih ada orang sebaik pak tomy di dunia ini ''makasih pak''teriakku kencang.apa bapak tahu penginapan murah disini.aku tidak meyangka.saya kenal dengan pemilik penginapan disini..akan saya bantu mas.untung ada orang yang berbaik hati menolong memberi bensin pada saya kemudian saya bernadzar.''kulirik nama di kerah bajunya..?aku balik bertanya ''saya tahu mas'' ''ya sudah.

dan juga teman akrabku.jangan terlalu dipikirkan.aku benci kembali mengingat amirullah itu ''kenapa kamu bisa di sini.yang ada hanya uang mirul...nak adhy di rumah bapak saja.nicko''panggilnya ''ya yah''sahut suara laki-laki yang di panggil nicko itu ''antarkan nak adhy ke kossan yang kosong dibelakang''ujar pak jarwo ''adhy'' ''nicko.tidak aku tidak mau memanggilnya mirul..dia temen nicko di kampus''terang nicko ''ya sudah.mengingat sesuatu di dalam hidupnya ''sudahlah yah.'' ya.jadi.nicko sudah mengikhlaskan ummy..saat melihatnya aku sungguh tidak meyangka jika itu nicko teman satu kampusku.'' ''adhy pak''potongku ''nak adhy.aku akan memanggilnya amir seperti orang-orang lain yang memanggilnya ''itu masalah gampang.''bagaimana nak.sebentar saya panggilkan anak saya untuk mengajak nak.bagaimana pembayarannya pak''tanyaku langsung sebab sangat jelas aku tidak mempunyai uang untuk itu.bukannya kamu tinggal sama''aku menyipitkan mataku melarang nicko bicara di depan ayahnya ''maaf''ujar nicko tak bersuara ''yah.soalnya semenjak kepergian umi nya nicko jadi sendiri''pak jarwo menerawang dalam..kamu ajak adhy'' ''dhy ke kamarku dulu.jangan buat nicko mengenang semuanya.mari silahkan masuk''oh iya...kamu benar-benar mau tinggal di kossan ini.temani nicko..''ujar nicko ''ya sudah.aku mau kamu cerita semua padaku''pinta nicko ..aku tersadar jika ada bapak yang bernama jarwo disini ''iya pak.kamar disini kan masih kosong.''tambah pak jarwo ''nicko.adhy tinggal di sini aja yah.dia tahu semua tentangku termasuk hubunganku dengan mirul..

.aku bertambah yakin jika amir tidak menginginkan aku.aku bingung.jadi kamu tidak perlu cuti kuliah'' ''terima kasih nick...aku mau cari kerja nick'' ''besok kamu akan bekerja di cafe temanku..buktinya dia tidak mencariku aku saja yang bodoh.dia kelihatan cemas dan buruburu mengajakku ke kamarnya dan menunjuk layar laptopnya.dia saudara nicko yang pernah kuliah juga ditempatku..disana ada mirulmu.50 tewas lainnya luka-luka''aku membaca kesimpulan dari tulisan panjang yang dikirimkan derrys ''apa hubungannya denganku nick''tanyaku heran ''kamu tahu dhy...akukalut.kejadiannya tepat 1 minggu yang lalu..dimana mirulmu pergi ke belanda meninggalkanmu.soalnya aku sering mendengar dosen-dosen kita yang membicarakan mirulmu yang akan ke belanda''jelas nicko panjang lebar tidak terasa aku meneteskan air mataku.!! ''kecelakaan pesawat indonesia tujuan belanda.*** aku menceritakan semuanya pada nicko sampai kepergian mirul ke belanda ''lalu apa keputusanmu.disitu kubaca e-mail dari derrys.?aku sama sekali tidak mengerti dengan apa yang ingin dijelaskan nicko ''dhy.aku memang masih mencintainya.terlalu mengharapkan cinta darinya sepulang kuliah aku bekerja di cafe milik temannya nicko pagi itu nicko membangunkanku dengan wajah yang berbeda.?tanya nicko seraya memberi 1 pack tissue yang segera kugunakan untuk menghapus air mataku ''aku ingin cuti kuliah dulu.bahkan sangat mencintainya disela tangisku pintu rumah nicko diketuk .aku mulai benci dengan ingatan yang selalu terbayang tentangnya ''maksudnya apa nick.mengingat belanda aku teringat amir.kamu memang sahabatku yang paling baik''aku tersenyum dan terbesit di pikiranku jika aku mampu berdiri tanpa mirul *** sudah satu minggu setelah kepergianku dari apartement yang tidak akan kuingat lagi itu.namun sekarang ia ada di belanda..dan pesawatnya pasti pesawat itu.kamu baca apa yang ditulis derrys..

sebelumnya perkenalkan.amirullah sedang kritis di Rumah Sakit di belanda.kalau aku boleh kasih saran.jenguk dia dhy.mirul''ujarkau menangis di pundak nicko ''dhy.kamu masih cinta dia kan.tolong dengarkan kata hati kamu...kami sudah mengurus visa untuk kepergian anda. ''iya saya sendiri'' ''teman anda..walaupun aku menginginkan berlibur disini..mirul nick..baru kali ini aku merasakan perjalanan yang amat sangat panjang saat keluar dari bandara.''maaf.apa disini ada yang bernama pak adhy praksa utama.jenguk dia untuk terakhir kalinya ''iya nick'' *** hari itu juga aku berangkat ke belanda..perjalanan yang lama bagiku.ada seorang yang menjemputku dengan membawa sebuah papan yang bertuliskan namaku ia orang indonesia juga dan membawaku menuju tempat mirul dirawat ''apakah mirul baik-baik saja pak..apalagi perusahaan itu perusahaan international ''mirullllll''jeritku.?tanya laki-laki bertubuh tegap seperti polisi itu..tapi pikiranku hanya mirul dan mirul .aku menangis sejadi-jadinya ''nick..aku tidak perduli belanda sebagus apa.nikmati saja dulu keindahan kota ini''sopir ini benar-benar gila.bisa-bisanya dia menyuruhku menikmati kota ini sedangkan orang yang aku cintai tengah ada diantara hidup dan mati.aku takut hal yang buruk menghampirinya ''lebih baik nak adhy liat sendiri.teman anda meminta anda untuk menjenguknya..?tanyaku tidak sabar aku memang tidak sabar melihat mirulku.karena aku sudah tidak sanggup lagi ingin melihat keadaan lelaki tercintaku hingga akhirnya aku tertidur dalam kesedihan dan ketakutan akan kehilangan mirul aku terbangun ketika suara bel dan suara seorang wanita dalam bahasa inggris yang mengatakan jika pesawat yang ditumpangi telah sampai.dia tidak kenapa-napa kan pak...kami polisi perusahaan tempat teman anda bekerja''aku memang pernah mendengar mirul bercerita tentang polisi-polisi penjaga orang-orang di perusahaannya yang dibayar mahal untuk keselamatan orang-orang yang mempunyai jabatan besar di perusahaan tampatnya bekerja karena bisa saja sewaktu-waktu ada yang ingin berbuat tidak fear untuk membuat perusahaan itu menjadi bangkrut.aku takut terjadi apa-apa padanya.

jika ingin marah.kamu menyakitiku lagi rul..dan hari ini aku menikah dengan laki-laki yang sekarang memberi status yang jelas padaku. dan saat kedua penjaga membukakan pintu besar ini aku disambut bunga-bunga yang berjatuhan dan tepuk tangan orang-orang yang langsung berdiri melihatku dan ujung sana kulihat mirul memaki pakaian pengantin serba putih ala orang-orang kerajaan.kamu penting untuk menjaga hatiku itu yang kumaksudkan atas semua perkataanku dulu..ya itu nicko dan derrys.mobil yang kutumpangi berhenti di sebuah bangunan besar yang arsitektur bangunan ini hampir mirip dengan gereja.'' ''sssst'' ''mirul merapatkan jarinya di bibirku ''kenapa kamu terus-terussan mengamib kesimpulan yang salah..derryyysss''teriakku saat upacara pernikahan sudah dilangsungkan dan kudengar gelak tawa mendekati kami.yang jelas aku sangat bahagia.dia yang menyuruh kami menipumu''ujar derrys dan nicko bersamaan ''kakak''jawabku heran .!!'' Entah apa yang harus kujawab..sangat mencintaimu kamu makna di cintaku.sekarang aku sadar.'' ''mau kah kamu menikah denganku.dengarkan aku dulu ini pernikahan kita.kamu jahat..katanya kamu kritis.aku berlari memeluknya ''katanya kamu kecelakaan.aku mencintaimu dhy.rumah sakit yang aneh ini benar-benar membuatku semakin kalut.. Aku segera berlari menuju pintu besar bangunan itu. ''awas kalian''bentakku ''sabar dhy.aku ingin kamu menjadi milikku seutuhnya &selamanya.dan aku kebelanda memang ingin menikah dengan kamu.aku memang tidak memberimu status yang jelas karena aku akan membuatnya sangat jelas hari ini..tapi kamu buruburu pergi sebelum mendengar penjelasanku..dia tersenyum manis padaku..marahlah pada kakak kami..tapi nyatanya kamu mau menikah rul..cinta tidak butuh kata-kata tetapi tindakan seseorang sudah menunjukan betapa besarnya cinta ia pada kita ''nickoooo.aku tahu ini salah tapi cinta telah membuat buram semuanya..memang tidak ada kata cinta yang dulu ia ucapkan.aku memeluk erat mirul.

aku merindukannya the end .dia kakak sepupu kami yang sekarang menjadi suamimu''gelak tawa nicko dan derrys kembali menggelegar ''mirul'' namun belum sempat aku meluapkan kemarahanku.''iya.mirul sudah mengecup dan melumat bibirku hingga akhirnya aku tidak kuasa untuk menolak itu..