You are on page 1of 17

UKM PERS MAHASISWA AKADEMIKA

UNIVERSITAS UDAYANA

Kelahiran Pers Mahasiswa Akademika diawali dengan kegelisahan mahasiswa
Unud pada pertengahan tahun 1980-an akan kehadiran sebuah media yang
bisa menyalurkan minat jurnalistik mahasiswa. Sekelompok mahasiswa yang
dikoordinir oleh IGP Wirawan, Pembantu Rektor (PR) III periode 2009-2013
Unud mengganggas terbentuknya sebuah komunitas pers mahasiswa.
Setelah melalui pergulatan panjang selama hampir 3 tahun, pada tanggal 17
Maret 1983 lahirlah pers mahasiswa di Unud. Kala itu, Akademika masih
bernama Pers Kampus Akademika. Berdasarkan keputusan Musyawarah
Kerja (Musker) 2001 Pers Kampus Akademika resmi berubah nama menjadi
Pers Mahasiswa Akademika. Sebelum Akademika, Unud pernah mengenal
media mahasiswa yang bernama Suara Mahasiswa. Namun karena
pemberitaannya dianggap membahayakan pemerintah, Suara Mahasiswa
pun dibredel.

Lalu apa saja kegiatan Akademika?

Sebagai sebuah pers mahasiswa, kegiatan utama Akademika adalah
melakukan penerbitan media. Tahun ini, Akademika memiliki beberapa
agenda terkait penerbitan yang sesuai dengan amanat Musker yaitu,
menerbitkan 3 buletin bulanan, 2 majalah dan buletin insidetal. Buletin
bulanan Akademika yang terbit setiap 2 bulan merupakan media yang
menyajikan berbagai isu popular sekitar kehidupan mahasiswa maupun isu
popular luar. Mulai tahun ini penerbitan buletin bisa dinikmati secara online
melalui web resmi Akademika pada alamat www.persakademika.com.

Universitas tanpa pers kampus bukanlah rumah yang bermartabat! PELINDUNG: : Prof. Akademika juga mengadakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional (PJTN) yang diberi nama dengan Bali Journalist Week (BJW) yang diakan setiap dua tahun sekali. Rektor Universitas Udayana Pembantu Rektor III Universitas Udayana Dr. MS . Biasanya PJM dilakukan pada bulan Oktober. Akademika juga memiliki agenda kerja non redaksional. untuk meningkatkan solidaritas dengan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) dari daerah lain di Indonesia. Akademika juga menjalin hubungan dengan organ-organ ekstra luar kampus untuk memperkuat jaringan sesama organisasi kemahasiswaan. Dr. pengetahuan informasi kampus dan luar kampus terkini akan menjadi hadiahnya. Ada juga kegiatan diskusi. dr. bisa mengikuti PJM sebagai pintu masuk ke Akademika dan tentu saja tanpa ada penggojlokan secara fisik. Selain PJM. SH. Ketut Suastika. I Nyoman Suytna. I Wayan Batan. Menguasai informasi adalah hal mutlak dewasa ini. Ingat. Sp. baik itu sifatnya internal organisasi maupun eksternal organisasi dengan menghadirkan pembicara dari luar Akademika. Bagi teman-teman mahasiswa yang berminat menekuni bidang jurnalistik. Program kerja PSDM ini yakni mengadakan up grading penulisa. PEMBINA : Dr . Tentunya. Kemampuan manajemen organisasi dan redaksional akan terasah beriringan di Akademika. penguatan materi penulisan terus dilakukan untuk meningkatkan kualitas penulisan. PD-KEMD. Misalnya dari divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM). MH. drh. Akademika mengadakan Pelatihan Jurnalistik Mahasiswa (PJM) sebagai awal perekrutan anggota baru. fotografi dan layout dan manajemn organisasi. Tak ketinggalan.Selain kegiatan redaksional. Untuk kaderisasi. PENASEHAT: .

Gedung Fakultas Kedokteran Universitas Udayana menjadi saksi bisu berdirinya sebuah badan pers.com lpm fk unud LEMBAGA PERS MAHASISWA PRESS AND CYBER COMMUNITY (LPM PCYCO) “BE THE FIRST TO KNOW” Latar Belakang Berdirinya Organisasi November 2006.persakademika.PEMIMPIN UMUM : Santia Yokita Pramana Putri (FSB/Sastra Jepang) SEKRETARIS UMUM : ASISTEN SEKUM : I Gusti Ayu Mita Cestalia BENDAHARA UMUM : Ni Made Sasmita Dwi Utami (FEB/Akuntansi) ASISTEN BENDUM : Tri Astuti Maya Ananthi Putri (FISIP/Ilmu Kom) (FSB/Sastra Inggris) (FSB/Sastra Inggris) Contact Person: Santia (085792277638) Wirat (08977119108) Jejaring Sosial : Instagram : persakademika twitter @persakademika : www. Badan pers ini berdiri karena prihatin melihat banyaknya majalah yang terbit dengan kepentingan masingmasing. Badan pers pertama milik civitas akademika FK UNUD ini kita beri .

pernah temen-temen baca komik doraemon. segala tetek bengek tentang per-layout-an telah dkuasainya. Sehingga bapak Dekan semakin memberi kepercayaan pada PCYCO untuk menerbitkan majalah-majalahnya kedepannya. pasti grafik dan alur ceritanya makin bagus. PCYCO sukses menerbitkan Injeksi setiap dua bulan sekali. tiga orang yang telah lama malang melintang di dunia maya didaulat untuk menjadi penanggung jawab website www. Istri Dian Adnya Swari. kemampuannya sebagai seorang sekretaris tak diragukan lagi sehingga PCYCO mempercayakan penanganan arsip padanya.nama Press and Cyber Community (PCYCO). Desak Made Widiastiti Arga.sehingga tak berlebihan jika PCYCO merekrut dia sebagai penanggung jawab layout majalah. Walaupun belum bisa dibilang bagus. Januari 2007. Putu Arya Suryanditha. berita semakin berbobot.A. Gede Putra Kartika Wijaya. Harry Wicaksana dan Aditya Leonard Tandio. (2005) ini berhasil membuat beberapa gebrakan baru seperti Injeksi Post. Untuk pertama kalinya PCYCO mempersembahkan hasil karyanya. Kepenegurusan yang dipimpin oleh Dian A. penghargaan dari . ditemani arsip-arsip yang berserakan. Belajar dari kegagalan sebelumnya. A. semua majalah edisi februari habis dijadikan rebutan oleh para mahasiswa.P. kita berikrar untuk mendirikan dan mepertahankan PCYCO minimal selama setahun kedepan. Koordinasi semakin bagus. Prototype untuk majalah-majalah PCYCO edisi selanjutnya. Satu per satu anggota PCYCO bertambah. Putu Ayunda Trisnia. Ni Luh Sukma Pratiwi Murti. Kirana Dyah Larasati Budiartha. Desember 2006.bemfkunud. mereka semua adalah mantan aktivis badan pers di SMA masingmasing sehingga PCYCO dengan bangga menempatkan mereka sebagai staf redaksi. PCYCO menempatkan mereka sebagai editor untuk setiap karya sebelum diterbitkan. Mana ada karya pertama yang langsung sempurna betul to? Kalo mau bukti. Desak Gede Mustika Dewi. Walaupun kekurangan dana. Ni Made Dwi Ayu Martini. Februari 2007. Sebuah majalah sederhana. design semakin mantap. dan detektif conan edisi pertama? Bandingkan dengan edisi-edisi selanjutnya. dengan kemampuannya di bidang tata bahasa. Dalam hitungan jam. Ananditha Paramaningrum Sudibya. dragon ball.com. PCYCO daapt mempersembahkan sebuah masterpiece. Dewi Samantha. Dian Ariyanti Putri. Di dalam ruang BEM yang sempit. AA Diah Citra Dewi. Putu Gde Hamsa dan IB Oka Widya Putra. itulah hasil kerja pertama kali. IGN Adhi Laksaman SW.

G. A. Istri Suryakencanawati (2011) Kepemimpinan LPM PCYCO di bawah Ni Putu Ayu Elistya Ning Purwani (2012) Kepemimpinan LPM PCYCO di bawah Ni Nyoman Yuliantini (2013) VISI DAN MISI Visi Menjadikan LPM Pcyco sebagai lembaga pers yang menyelaraskan aspek informasi. dan menyalurkan informasi melalui www. Pada tahun ini.com sebagai website berita kesehatan sekaligus website resmi LPM PCYCO. dan rekreasi dalam kancah jurnalistik kedokteran sehingga mampu menjadi pintu gerbang informasi.injeksionline.ISMKI untuk www. Kepemimpinan LPM PCYCO dibawah Kirana B. .Sg. Aditya Saputra (2008). fotografi. dan broadcasting sehingga dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia LPM Pcyco. Memperoleh. Menerbitkan Majalah Injeksi secara rutin setiap dua bulan sekali.com website dan media sosial terkait serta memperbaharuinya secara rutin.A. edukasi.A Jayanthi Wulan Utami(2010) Kepemimpinan LPM PCYCO di bawah A. Klinik Jurnalistik 2008 dengan format baru.com sebagai website BEM FK terbaik senasional. media. Yunita Paramita (2009). Melakukan pelatihan-pelatihan jurnalistik.bemfkunud. relasi. rencananya cover majalah Injeksi PCYCO akan selalu merupakan hasil jepretan divisi fotografi. Kt. fotografi.injeksionline. Kepemimpinan LPM PCYCO dibawah Ni Luh Putu Ayu Maha Iswari (2007) Kepemimpinan LPM PCYCO dibawah Pt. Pada tahun ini terdapat produk baru kami. mengelola. website.A. website dan broadcasting. media. khususnya di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Misi Melakukan perekrutan anggota yang memiliki minat dan bakat di bidang jurnalistik. Kepimpinan LPM PCYCO dibawah A. (2006). yaitu www. Kepemimpinan LPM PCYCO di bawah I. dan masih banyak lagi.

Setiap tahun penampilan majalah injeksi selalu berkembang berkat kreativitas yang tak kenal lelah dari divisi ini. poster kesehatan. pencarian narasumber. dan staf injeksi online (IO) yang langsung terjun ke lapangan untuk melakukan peliputan kegiatan kampus.com dan official account Line LPM Pcyco FK Unud (@rpn8598f). Hasil peliputan tersebut nantinya akan dipublikasikan melalui website injeksionline. Selain itu. fotografi dan broadcasting. setiap mahasiswa FK Unud yang memiliki minat di bidang jurnalistik dan ingin bergabung dengan LPM PCYCO akan mendapatkan pelatihan mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan dunia jurnalistik dan penerbitan.Mengoptimalkan dan memberikan inovasi terhadap program kerja sebelumnya. Divisi Injeksi Online Divisi injeksi online terdiri dari kepala divisi. website. Selain mendapatkan pemberian materi tentang cara dan teknik menulis berita. penulisan. editor. dan poster hari tematik di FK Unud agar menarik untuk dibaca. salah satu program rutin yang dilaksanakan oleh Divisi Redaksi adalah perekrutan anggota baru melalui kegiatan Klinik Jurnalistik (Klitik). wakil kepala divisi. divisi ini juga aktif melakukan peliputan bagi mahasiswa berprestasi serta pembuatan artikel dan poster kesehatan yang disesuaikan dengan hari-hari kesehatan nasional maupun internasional. dan penyuntingan artikel atau berita yang akan dimuat dalam majalah Injeksi. dan staf redaksi. Merekalah yang membuktikan bahwa dunia jurnalistik tidak hanya berkutat pada bidang tulis- . peserta Klitik juga akan diberikan pelatihan dasar-dasar desain. Dalam kegiatan ini. Divisi Desain dan Percetakan Divisi desain dan percetakan terdiri dari kepala divisi dan beberapa staf yang bertanggung jawab terhadap penyusun desain dan penampilan majalah injeksi. Selain bertanggung jawab dalam pembuatan majalah. DIVISI DI LPM PCYCO Divisi Redaksi Divisi ini terdiri dari pemimpin redaksi. redaktur. Mempererat hubungan kekeluargaan intern LPM Pcyco dan kerjasama ekstern antar organisasi di civitas akademika Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Divisi inillah yang memegang tugas mulai dari penyusunan konsep.

Divisi Teknologi Informasi Divisi ini merupakan motor penggerak yang bertanggung jawab dalam maintenance portal www. Mulai kepengurusan tahun 2013. salah satu program tahunan yang berada di bawah divisi ini adalah penyelenggaraan acara Pekan Jurnalistik (Petik) dan Talkshow Nasional.injeksionline. biasanya seorang dokter ataupun praktisi kesehatan lain. Divisi Fotografi Divisi ini bertanggung jawab dalam hal mengabdikan berbagai momen yang terjadi di lingkungan FK Unud yang nantinya dapat dijadikan berita dalam Injeksi dan Injeksi Online. dan dipandu oleh beberapa orang staf LPM PCYCO secara bergiliran. Selain itu. Dalam website ini terdapat profil berbagai organisasi yang merupakan gerbang masuk menuju berbagai website resmi yang ada di lingkungan FK Unud. .fkunud. Divisi Pemasaran dan Pendanaan Divisi terakhir ini bertanggung jawab dalam menjalin kerjasama dengan berbagai pihak yang bermanfaat untuk pengembangan kualitas organisasi.com. Dengan kerjasama ini. cover majalah injeksi secara original adalah hasil karya dari divisi fotografi dengan bekerjasama dengan divisi desain LPM PCYCO FK Unud. semenjak tahun 2012 divisi TI PCYCO telah meluncurkan web portal www.menulis saja. dan lembaga mahasiswa beserta setiap event besar yang dilaksanakan di lingkungan FK Unud. khususnya radio.com. Tugas penting dalam divisi ini adalah untuk mendukung Divisi Injeksi dan Injeksi Online dalam pengadaan foto-foto kegiatan yang diperlukan. baik dari segi sumber daya manusia maupun dari segi finansial (periklanan). Melalui website tersebut diharpkan LPM Pcyco dapat menjadi pintu gerbang informasi di lingkungan FK Unud. LPM PCYCO juga mulai memasuki dunia jurnalistik dalam media elektronik. Selain itu. Saat ini LPM PCYCO sudah menjalin kerja sama tetap dengan Radio Pemerintah Kota Denpasar (RPKD) untuk mengisi program dialog interaktif kesehatan. Acara diformat dalam bentuk talkshow interaktif dengan menghadirkan seorang narasumber. Website ini memuat berbagai informasi seputar kesehatan serta kegiatan di lingkungan FK Unud. Desain yang cantik disertai penyajian foto-foto yang apik juga merupakan faktor penting bagi kenyamanan pembaca dalam meyimak isi berita.

Pers mahasiswa yang ikut dalam memperjuangkan nilai keadilan dan kemanusiaan bangsa ini beberapa kali coba melawan dengan keras keadilan yang dibuat oleh sistem. Tirto pernah mengatakan secara tegas kepada mereka kalau media itu harus berpihak pada pembacanya dan mampu menyuarakan hak-hak yang harus didapatkan oleh pembacanya. Pada tahun 1920-an. Medan Prijaji namanya. “Tidak hanya tuan-tuan yang bersuara di sini. Tujuannya adalah menyuarakan suara-suara sumbang Rakyat Indonesia kepada Dunia Internasional demi kemerdekaan seperti yang dicita-citakan oleh rakyat Indonesia saat itu. Setelah kemerdekaan bangsa Indonesia. dan broadcasting. Pers Mahasiswa telah banyak mengukir sejarah Bangsa Indonesia. website. LPM PCYCO juga menyediakan lahan kreativitas yang luas bagi rekan-rekan mahasiswa yang memiliki bakat dan minat di bidang desain. lpm fh LPM KERTHA AKSARA. . Selain itu. Tidak hanya berkutat di bidang tulis-menulis. Pada suatu pertemuan dengan Sang Tuan Kolonial Belanda. Raden Mas Djokokusumo Tirto Adhi Soerjo mencoba mendirikan sebuah Koran Nasional guna menyurakan suara rakyat pribumi di Indonesia.Dari pemaparan di atas dapat dilihat bahwa aktivitas jurnalistik yang diwadahi oleh LPM PCYCO sangatlah luas. MENULIS UNTUK KEABADIAN Salam Persma!!! “Tidak hanya tuan-tuan yang bersuara di sini. tapi mereka pun patut disuarakan” Raden Mas Djokokusumo Tirto Adhi Soerjo. Pers mahasiswa pun masih memiliki idealisme yang sama dengan para pendahulunya. tapi mereka pun patut disuarakan”. Hatta bersama beberapa orang mahasiswa Indonesia yang berada di Belanda mencoba membuat suatu Lembaga Pers Mahasiswa. fotografi.

objektif. Dan Salah satunya adalah bergabung dalam Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) sejak tahun 2002 hingga sekarang. Beberapa pandangan dari para perintis LPM Kertha Aksara menginginkan bahwa Kertha Aksara mampu menjadi pers mahasiswa yang simultan dengan fungsi mahasiswa (sebagai intelektual yang kritis. Beberapa pandangan dan harapan ditumpukan pada organisasi ini untuk memperteguh visi dan misi gerakan pers mahasiswa di Indonesia LPM Kertha Aksara mencoba hadir dengan semangat kultural di tingkatan basis pers mahasiswa di berbagai perguruan tinggi dengan membangun jaringan komunikasi. namun pers mahasiswa diharapkan mampu mengkaji permasalahan sosial yang diberitakan dengan analisis keilmuan dan kemasyarakatan secara kritis.Lembaga Pers Mahasiswa Kertha Aksara adalah sebuah wadah alternatif dan satu-satunya wadah pers mahasiswa di Fakultas Hukum Udayana sejak tahun 1970. forum-forum diskusi. Ia akan hilang dalam masyarakat dan dari sejarah. Pramoedya Ananta Toer pernah mengatakan ”Orang boleh pandai setinggi langit. dan etis). tapi selama ia tidak menulis. Menulis adalah bekerja untuk keabadian” Struktur LPM Kertha Aksara . akademis serta objektif. terbuka. Pers mahasiswa bukanlah sama dengan pers umum yang mengcover beritaberita yang bersifat informatif saja. penyikapan terhadap berbagai kasus pers-jurnalistik dicoba diakomodir dalam berbagai pertemuanpertemuan pers mahasiswa yang kita bangun kembali. Sebuah sandaran bagi pemupukan arah gerakan pers mahasiswa yang juga diharapkan mampu merespon fenomena sosial politik yang berkembang serta menegaskan sikap sebagai bagian dari elemen gerakan mahasiswa. Pers mahasiswa harus berani memberitakan fakta yang benar dan jujur kepada masyarakat dengan tidak meninggalkan kandungan nilai-nilai humanitas yang harus tetap dipegangnya. Berbagai permasalahan pers mahasiswa seperti halnya pendidikan jurnalistik. yang diharapkan mampu mengakomodir dan menyikapi setiap persoalan dan perkembangan yang menyangkut kehidupan mahasiswa di kampus Hukum Udayana dan masyarakat pada umumnya.

dan Demokratis MISI Mewujudkan cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia .Pimpinan Umum : I Putu Yoko Sunarma Yasa Biro umum : Dinar nareswari Pempinan redaksi Divisi SDM & Sirkulasi Usaha Peliput : Arya Mukti Maruti : I Putu jayantara : Seluruh personalia Kertha Aksara Program Kerja: Majalah tahunan Bulletin bulanan Pengelolaan Website: kerthaaksara. Independen.org Pelatihan Jurnalistik From Movie to Movement VISI Menciptakan Pers Mahasiswa yang bersifat Kritis.

dan bertanggungjawab untuk membangun masyarakat. dan hiburan dan Ikut serta memajukan Fakultas Hukum Universitas Udayana. menjunjung tinggi nilai keadilan dan kebenaran Mempersiapkan kader yang kritis. . Pernbelajaran. juga menjadi wadah segenap civitas akademika FISIP Unud untuk menuangkan gagasannya. bangsa dan negara Memberikan penerangan. lembaga pers fakultas dapat memberi informasi yang bukan saja penting bagi mahasiswa internal di lingkungan FISIP. Peminat yang ingin masuk di fakultas ini setiap tahunnya juga meningkat. Selain itu. Bangsa dan Negara Republik Indonesia Membentuk komitmen. obyektif. konstruktif. analitis. Keterlibatan FISIP Unud tersebut juga dibarengi dengan peraihan beberapa prestasi akademik dan non akademik dalam beberapa kompetisi. Meskipun masih seumuran jagung. Untuk menginventarisasi pencapaian-pencapaian FISIP itu. tetapi juga bagi semua yang ingin mengenal lebih dekat dinamika di Fakultas Maroon ini. Media inilah yang nantinya dapat menjadi penyambung lidah mahasiswa FISIP Unud dalam hal beraspirasi. tulus ikhlas. bahkan internasional. diperlukan media yang selain dapat mewartakan perkembangan fakultas. nasional. bertanggungjawab kepada Tuhan Yang Maha Esa. Ini membuktikan FISIP Udayana adalah salah satu fakultas yang dapat diperhitungkan di Bali. fakultas ini telah banyak terlibat dalam agenda berskala lokal. kontrol. lpm fisip SELAYANG PANDANG LPM LINIMASSA Kurang lebih empat tahun sudah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Udayana berdiri.Membentuk masyarakat ilmiah serta mengarahkan pendapat umum di kalangan mahasiswa dengan berorientasi kerakyatan.

Dengan demikian. Revolusi akhirnya dibayar dengan era baru. Puncaknya tahun 1998 ketika mahasiswa menyulut api revolusi untuk menuntut lengsernya rezim represif yang selama tiga puluh dua tahun berkuasa. Tapi beri aku 10 orang pemuda. tidak boleh dipungkiri bahwa kampus atau bahkan negara-bangsa hari ini masih memerlukan pemikiran-pemikiran besar mahasiwa. Begitu pula perjalanan pers mahasiswa ketika masa-masa itu. niscaya akan ku cabut semeru hingga ke akar-akarnya. jeritan-jeritan rakyat yang dimuat dalam media pers kampus ketika itu mampu membuat pemerintah tercengang. Media pers mahasiswa di era reformasi memang dipandang telah kehilangan arah. Banyak mahasiswa yang pada akhirnya terlibat aksi-aksi di jalan untuk menumbangkan rezim Orde Baru yang membungkam rakyatnya terutama dalam hal kebebasan berpendapat. Pembredelan menjadi pilihan bagi media yang dianggap membahayakan pemerintah. dengan menduduki gedung MPR. mahasiswa tentu tidak bisa hanya diam menyikapi kebijakan-kebijakan represif seperti itu. Jalanan dikuasai mahasiswa di seluruh pelosok pertiwi Indonesia. peran pemuda melalui . pers mahasiswa di Indonesia di masa lalu menjadi salah satu basis perjuangan dan pergerakan mahasiswa. Tri Sakti. Soekarno berkata “Beri aku 1000 orang tua. Pers mahasiswa hari ini berbeda dengan masa-masa pergerakan seperti itu. Ratusan nyawa mahasiswa melayang berhadapan dengan aparat yang menjadi kekuatan pemerintah. Pemerintah yang tidak terima sudah pasti tidak tinggal diam. niscaya kan ku guncang dunia”. Idealisme sebagai berlian terakhir yang hanya dimiliki pemuda menjadi ‘alat’ untuk mengkritisi kebijakan-kebijakan pemerintah yang melenceng. Tercatat beberapa media kampus dan juga media umum yang dibredel pemerintah kala itu. Berpredikat sebagai agent of change. Terutama ketika masa Orde Baru. Maka terjadilah peristiwa Semanggi. Namun demikian. Berbekal nalar yang kuat dan pola pikir kritis. Kita teringat kala itu pergerakan mahasiswa begitu serentak di seluruh pertiwi Indonesia. Mahasiswa menjadi tulang punggung untuk mengkritisi kebijakan-kebijakan pemerintah yang represif ketika itu.Bila menengok sejarah perkembangan pers. yaitu era keterbukaan yang disebut sebagai reformasi atau masa transisi.

maka akan diperoleh SDM yang handal. kritis. . atau internasional sekalipun. Jl. Berangkat dari itulah Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Linimassa hadir di tengah-tengah kerinduan warga FISIP akan media kontrol. Dengan demikian. Hal ini menginspirasikan LPM KHLOROFIL yang ingin memberikan arti penting bagi Pertanian dalam arti luas. Melalui suatu sistem pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik seperti diklat.pers mahasiswa dalam perjalanannya masih cukup relevan dalam kaitannya sebagai media kontrol di kampus maupun pada isu-isu masyarakat. Sekretariat LPM KHLOROFIL FP UNUD di Kampus Universitas Udayana. Hal itu mengantarkan berdirinya lembaga ini pada 10 Januari 2013 dengan nama Lembaga Pers Mahasiswa “Linimassa”. yang menjadi bagian terpenting pada tumbuhan dan berfungsi untuk proses fotosintesis. kreatif. LPM seiring dengan terbentuknya kepengurusan Badan Eksekutif mashasiswa FISIP periode 2013-2014. lpm faklts pertanian LEMBAGA PERS MAHASISWA KHLOROFIL FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS UDAYANA LPM KHLOROFIL Fakultas Pertanian UNUD didirikan pada tanggal 1 Mei 2001 di Denpasar untuk waktu yang tidak ditentukan dan selanjutnya diperingati sebagai hari jadi LPM KHLOROFIL. nasional. Keberadaan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. KHLOROFIL adalah zat hijau daun. Linimassa diharapkan dapat menjalankan fungsi kontrol di tingkatan fakultas. berintegritas dan berwawasan luas. universitas. pembelajaran demokrasi dapat diaplikasikan dalam kehidupan kampus dan lingkungan sekitar. bahkan terkait isu-isu skala lokal. idealis. namun dalam pelaksanaan kegiatannya bersifat idependen. PB. Motto LPM KHLOROFIL FP UNUD adalah “Media PertanianTanpa Batas”.Sudirman– Denpasar. secara struktural dibawah naungan institusi FISIP UNUD. seminar dan sharing antar anggota atau antar LPM. Ke depannya.

Tata cara penerimaan Anggota LPM KHLOROFIL FP UNUD ditentukan dalam Rapat Anggota. Rencana Program kerja Wajib LPM Khlorofil tahun 2015 Perayaan 14 tahun LPM Khlorofil (Sudah Terlaksana Mendaki Gunung Batur 23 Mei 2015) Pelantikan Pengurus LPM Khlorofil 2015 (SudahTerlaksana 5-Juni-2015) Rapat Umum satu Bulan sekali setiap hari senin minggu pertama Rapat divisi dan Redaksi satu minggu sekali PJTD MAHASISWA 2014 (Intern pengurus lpm khlorofil) Pengelolaan media online (Web. Fb. Penerimaan anggota dilakukan sekurang-kurangnya sekali setahun dalam masa kepengurusan.) Nonton Bareng Penerbitan majalah 2015 Pengelolaan kebun Percobaan pegok (urban farming) Sosialisasi lpm khlorofil Ke Mahasiswa Baru 2015 PJTD Mahasiswa 2015 (Umum semua mahasiswa Baru 2015) .Organisasi LPM KHLOROFIL FP UNUD secara fungsional bekerja sama dengan OKFP lainnya PenerimaanAnggota : Penerimaan anggota dilakukan dengan open rekruitmen dan telah memenuhi persyaratan menjadi anggota KHLOROFIL dengan persetujuan dari Rapat Anggota.Organisasi LPM KHLOROFIL FP UNUD secara structural berkoordinasi langsung kepada Dekan Fakultas Pertanian Universitas Udayana berdasarkan SK Dekan. Twiter.

Open rekrutmen anggota baru lpm khlorofil (seluruh mahasiswa baru 2015 ) PJTL Musyawarah Anggota Lpm Khlorofil Rencana Program Kerja Isidental LPM Khlorofil 2015 Pengabdian Masyarakat Diskusi isu isu kampus dan isu publik Struktur Kepengurusan LPM Khlorofil 2015 Pemimpin Umum : Dewa Putu Artajaya Sekretaris : Ni Luh Riska Wiryantini Bendahara : Taufik Pemimpin Redaksi : Mohammad Birrul Walidaen Sekretaris Redaksi : Luky Aisyah Andriani Redaktur Pelaksana : I Wayan Sui Suadnyana .

Reporter : Vivi Anita Achmad Wayan Noly Kurnyanti Minius Komba Ardika Fahrizaharvianto Ahmad Rofiq Indra Zaki Safroni Fotografer : Arif Arya Fradana Windi Arihta Br Ginting Divisi Desain dan Percetakan Koordinator : Fitri Puji Lestari Produksi : Ngurah Adi Putra Mandala Cyber Ninda Irmayanti : Abdul Solichin .

Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) dan Penelitian Pengembangan (Litbang) Koordinator : Baiq Ria Askina Silabus : Mita Putri Fitrasari Kaderisasi : I Putu Darma Wiasa Divisi Dana dan Usaha Koordinator Siekulasi &Markerting Iklan dan Usaha : Rida Melani : Siti Ainur Rohmah : Yulianto Setyo Wibowo .