You are on page 1of 5

KASUS : CORONA BEER

1. Apa saja karakter ekonomi yang berpengaruh terhadap industri bir global?
a. Besarnya pasar/ ukuran pasar dan tingkat pertumbuhan
Berkespansi di pasar internasional terutama diluar Amerika, dan terus mengikuti praktik
dalam berkontrak atau membuat kesepakatan dengan distribusi lokal yang telah terbukti
berhasil.
b. Kompetitor
Kurang nya jaringan transportasi membuat kegiatan pengeksporan tidak memungkinkan
dan membuat industri bir (brewers) hanya menjadi usaha lokal.
c. Lingkup persaingan
Ketika bersaing di pasar global sangat penting bahwa perusahan harus memperhatikan
resiko dari penurunan dari mata uang.
d. Jumlah pembeli
Pangsa pasar sangat luas karena banyak konsumen di seluruh dunia yang mengkonsumsi
bir.
e. Tingkat diferensiasi produk
Produsen besar membuat berbagai jenis bir.
f. Inovasi/Pengembangan Produk
Mengembangkan bir untuk usia 21 sampai 27 tahun.
2. Apa yang menjadi kunci kesuksesan bagi para industry bir global?
a. Iklan yang jelas
Group Modelo menggunakan filosofi “fun the sun” dalam iklannya dan membuat angka
penjualan Corona di seluruh bar dan restaurant Amerika meningkat tajam.
b. Kualitas Produk
Rasa yang berciri khas dan lain dari yang lain merupakan kualitas produk yang paling
penting untuk diperhatikan perusahaan.
3. Bagaimana strategi industry bir global yang terlihat? Seberapa kuat posisi Group Modelo
dalam industry global? Seberapa digemari produk Group Modelo dibandingkan dengan
pesaing lokalnya, FEMSA? Seberapa kuat posisi Group Modelo dibandingkan dengan
Heineken?

Produk dari Group Modelo sudah memiliki reputasi internasional. Corona sudah memiliki reputasi internasional. 4. Penjualan bersih Group Modelo meningkat 7. Corona Extra menempati peringkat ke empat dalam penjualan bir di - seluruh dunia. Carlos - Fernandes. Corona memiliki jaringan distribusi yang sangat luas. Group Modelo memiliki kemampuan dalam memanfaatkan kekuatan dari pemilik - parsial. Secara kuantitas.Group Modelo melakukan diversifikasi produk dan menwarkan keunikan produkdan produk yang ditawarkan dari Group Modelo lebih sedikit dibandingkan dengan para competitor nya.Group Modelo memiliki sumber daya yang berpengalaman termasuk CEO nya. .8% dalam sepuluh tahun terakhir. Group Modelo adalah salah satu industry bir terbesar di dunia. Apa yang menjadi keunggulan dan kelemahan dari sumber daya Group Modelo? Apa yang menjadi daya saing dan kemampuan yang tidak dimiliki oleh para pesaing? Apa peluang pasar yang dimiliki Group Modelo? Apa ancaman bagi perusahaan? Kesimpulan apa yang bisa diambil dengan menggunakan analisis SWOT untuk Group Modelo? o Kekuatan . Anhauser-Busch. Kondisi keuangan yang cenderung stabil.

meliputi persaingan terhadap banyak negara di belahan dunia. Apa pendapat anda terhadap kondisi keuangan Group Modelo dari tampilan 6? Apakah kondisi keuangannya baik atau buruk. satu perusahaan akan mulai bersaing dengan cara memasuki satu atau lebih pasar asing. . Meningkatnya keinginan konsumen untuk melakukan Gaya Hidup Sehat. . Ini membuktikan bahwa dari prestasi tersebut secara tidak langsung menggambarkan kondisi keuangan Group Modelo secara keseluruhan. 5. . o Peluang . Produk Inovasi baru untuk wanita. Sedangkan dalam persaingan global. Act Local” . mengapa? Gunakan rasio keuangan pada tabel 4. o Group Modelo menggunakan strategi “Think Global. Devaluasi mata uang Peso. Banyak produk lokal merk premium yang menjual dengan harga yang lebih murah. Kengganan konsumen untuk memayar harga yang tinggi. Tapi hanya bisa dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang pada awalnya telah melakukan persaingan internasioanal dan perusahaan sudah mempunyai posisi pasar nasioanal yang sangat kuat. FEMSA memiliki strategi rantai pada convenience store nya.Pasar yang hanya berkonsentrasi di Amerika Latin.1 pada bab 4 untuk menghitung dan mendukung pendapat anda mengenai kinerja keuangan perusahaan? Group Modelo secara konsisten termasuk ke dalam 10 besar produsen bir terbesar di dunia. Memperluas pasar international diluar Amerika.Harga yang tinggi di beberapa negara lain.o Kelemahan . . Ancaman Sangat bergantung pada situasi ekonomi.menggunakan kesempatan pada saat ini dimana meningkatnya popularitas dari o - minuman ringan. Meningkatnya biaya advertising.Penjualan domestik cenderung mengalami penurunan.Semua Produksi dilakukan di Mexico. Apakah kompetisi industri bir global ini termasuk dalam karakter global atau multi-country? Kenapa? Yang manakah strategi internasional yang digunakan Group Modelo dalam operasionalnya? Bagaimana jika dibandingkan dengan FEMSA dan Heineken? Apa kekuatan dan kelemahan dari strategi Group Modelo dibandingkan dengan pesaingnya? o Dalam persaingan internasional. 6.Waktu kirim yang lama.

.Membutuhkan dana lebih untuk akuisisi. bea cukai.Corona Extra – memiliki reputasi. laporan tahunan.Pemasaran dan Promosi yang baik. Group Modelo masih akan memegang posisi yang memuaskan di negara-negara diluar Mexico setelah menggeser Heineken. .Jaringan distribusi yang luas. Berdasarkan analisis anda mengenai industry bir global dan situasi Group Modelo. mengurangi error. Group Modelo harus mempertahankan posisi sebagai produsen bir nomor satu dan menguasai sekitar 58% pasar di Mexico. dan yang terpenting biaya dan strategi pengiklanan.Harga yang tinggi untuk Corona di beberapa negara asing. 2009) Dilihat dari segmen pasar luar negeri. . Group Modelo berhasil dalam memposisikan dirinya di penjualan Corona Extra. Importir bertanggung jawab terhadap logistik.Ketika memasuki pasar international Group Modelo memilih strategi aliansi dengan perusahaan yang lebih berpengalaman dalam seluruh aktivitas yang berhubungan dengan penjualan produk secara global. o Kelemahan .Pengawasan yang baik. 7. o Dengan akuisisi Heineken dengan FEMSA. o Dengan transaksi penjualan baru-baru ini dari FEMSA ke Heineken. Group Modelo akan lebih fokus dalam mencari supplier terbaik di dalam industri bir dan akan merencanakan. asuransi. Heineken menggunakan jaringan yang dimiliki FEMSA dalam memperluas pemasaran bir Heineken di wilayah Mexico. . Group Modelo akan menjadi industry bir terbesar di Mexico.Waktu pengiriman yang lama. o Kekuatan .Manajemen yang baik. Group Modelo akan mulai mengkampanyekan Corona Extra sebagai simbol kebanggan Mexico ke seluruh dunia (Groupo Modelo. liquor store. . mengembangkan. Model bisnis internasional yang dilakukan mereka terbukti sukses dan berhasil dalam mengkespor Corona bir di 150 atau lebih negara.Keuangan yang cenderung stabil dan kuat. dan memberikan kesempatan pertama bagi distributor mereka termasuk pop store.Semua Produksi dilakukan di Mexico. . . masalahmasalah apa yang harus diperhatikan oleh para top manajemen? Mana yang harus di prioritaskan? Bagaimana jika Group Modelo melakukan merger dengan Inbev dan Anheuser-Busch? . .Pengekspor. dan bar. .

ini bukan lah menjadi prioritas utama lagi. regulasi dari masingmasing negara seperti Amerika memberlakukan pajak yang tinggi dalam penjualan alcohol. karena FEMSA dapat membantu Modelo dalam memperluas ekspansi nya ke pasar international. o Merger potensial antara Inbev dan Anheuser-Bush akan mengakibatkan perubahan strategi kompetitif. Mungkin FEMSA dan Modelo dapat melakukan akuisisi.o Group Modelo memiliki kekurangan dalam mempertahankan permintaan konsumen. terutama dalam operasi internasional and kinerja keuangan jangka panjangnya? o Group Modelo harus dengan semangat mempertahankan keuntungan nya di Mexico dibandingkan dengan FEMSA. 8. Hal ini jelas harus menjadi prioritas karena permintaan global dapat menyebabkan kekurangan dalam produk dan dapat menyebabkan kerugian potensial. dan memanfaat kan posisi nya dengan distributor utama. Langkah apa yang harus di rekomendasikan kepada Carlos Fernandes untuk menolong Group Modelo mempertahankan atau mengimprovisasi posisi kompetitifnya. Mahasiswa harus merekomendasikan Modelo agar meningkatkan jumlah varian dari produknya atau membuat convenience store juga. Kekuatan pasar dari 2 perusahaan ini dapat meraup keutungan yang besar dan lebih mengefesiensikan distribusi. Sejak Group Modelo menanggung hanya sebagian pajak ketika distributor mereka yang menanggung sisanya. Perusahaan harus mampu meramalkan tingkat pertumbuhan dan selalu menyesuaikan produknya dengan keadaan ekonomi. merger akan melahirkan pemain yang lebih berpengaruh/utama dalam industry ini. Pada dasarnya. . Corona Extra menjadi bir impor nomor satu di Amerika dan Group Modelo menerima $300 juta untuk proyek ekspansi. Perusahaan ini akan memiliki nilai pasar dua kali lipat dari para pesaingnya. Juga. FEMSA ingin mengambilalih penjualan Group Modelo di pasar domestic karena varian rasa dari produk FEMSA sebanyak convenience store nya.