You are on page 1of 26

Hasil Wawancara Mendalam Terhadap Informan Utama

Pertanyaan

Informan Utama
A

B

C

D

Kesimpulan

Profesi sebagai Pria Pekerja Seks (Kucing)
1. Kapan menjadi
pria pekerja seks
(kucing)

… dari tahun 2012
tapi tidak sering,
kadang ada masa
jenuhnya kadang
pengen gitu…

…baru mbak mungkin
bisa dikira-kira sudah
3 bulan lebih lah…

…sudah dari tahun 90- …baru awal tahun ini
an sejak di Surabaya
sekitar bulan Januari

saya kenal sama nino
(mucikari)…tapi
mulai melayani
pelanggan bulan
Februari kemarin…

Separuh informan baru
menjadi pria pekerja seks
“kucing” pada awal tahun ini
sedangkan separuh informan
lainnya sudah lebih lama
menjadi pria pekerja seks
“kucing” yaitu dari tahun
2012 dan tahun 90-an.

2. Awal mula
menjadi seorang
homoseksual

…semenjak buat
facebook sih
sebenarnya, dulu
emang sering main
sama cowok tapi
gatau kalau hubungan
itu ternyata kok
banyak di fb… baru
sekitar tahun 2009
aku menyadari
sebenarnya perilaku
aku seperti ini…

...sejak tahun kemaren
bulan februari tahun
2015…dulu saya
punya om, dia sering
ngajakin saya begituan
ya pertamanya gamau
cuma dipaksa terus
apalagi saya masih SD
waktu itu jadi saya
nurut aja…akhirnya
kok ada pergaulan
suka cowok pengen
coba lagi jadi ya aku
terjun di dunia ini…

…dulu saya ki cowok
tulen mbak…waktu
kerja di Jakarta
sebagai pelayan kafe,
salah satu pelanggan
ada yang gay dia kerja
jadi pegawai bank…
terus dia ngiming –
ngimingi ekonomi
mau dibelikan motor,
mobil terus akhirnya
ya jadi gini…

Masing-masing informan
memiliki cerita yang berbeda
saat awal mula menjadi
seorang homoseksual, yaitu
semenjak membuat akun
facebook yang membuat
dirinya menyadari identitas
seksualnya, karena pergaulan
dan korban penyimpangan
seksual yang dilakukan orang
terdekatnya, karena tuntutan
ekonomi dan faktor
lingkungan yang mendukung,
serta rasa penasaran ingin
mencoba-coba.

…sebenarnya tu
enggak sih mbak, aku
cenderung biseksual
soalnya masih suka
sama cewek…aku
kan orangnya pengen
coba-coba pengen
tahu gitu lho…jadi
pas aku di Semarang
diajak temanku yang
kebetulan dia
pelanggannya Nino
buat gabung sama dia
…iseng aja sih aku
pengen tahu dunia

kayak gini…
3. Dari mana
mengetahui dunia
pria pekerja seks
(kucing)

… intinya gini kalau
dulu aku biasanya
ketemuan hanya fun
habis itu selesai nggak
dapat apa-apa, buangbuang waktu…nah
dari situ aku mencoba
seperti ini…

…awalnya dari teman,
dia bilang daripada
kamu nggak kerja
mending kamu jadi
kucing nanti kamu
dikasih tips…akhirnya
aku mencoba kok
benar yang dibilang
temenku akhirnya aku
terusin sampai
sekarang…

…ya dari
lingkunganku sendiri
… waktu kerja di
Jakarta sebagai
pelayan kafe…
namanya kerja di
dunia malem mbak…

…dulu masuk sini
awalnya dari teman
gitu… jadi pas aku di
Semarang diajak
temanku yang
kebetulan dia
pelanggannya Nino
buat gabung sama dia
…iseng aja sih aku
pengen tahu dunia
kayak gini…

Separuh informan mengetahui
dunia pria pekerja seks
“kucing” dari teman yang
mendukung mereka
sedangkan sebagian kecil
informan awalnya ingin
mencoba karena dampak dari
pengalaman pribadinya
sementara sebagian kecil
informan lainnya mengetahui
dari lingkungan tempat dia
bekerja sebelumnya.

4. Hal yang
mendorong
menjadi pria
pekerja seks
(kucing)

… intinya gini kalau
dulu aku biasanya
ketemuan hanya fun
habis itu selesai nggak
dapat apa-apa, buangbuang waktu…nah
dari situ aku mencoba
seperti ini…

…gimana ya,
pengenlah cari kerjaan
…kerjaan sekarang
kan susah jadi kerja
yang seadanya dulu…

…gara-gara duwit,
ekonomi berarti…

…penasaran karena
diajak teman katanya
menggiurkan mbak…
kan sebelumnya aku
kerja di karaoke jadi
bartender…

Separuh informan terdorong
menjadi pria pekerja seks
“kucing” karena motif
ekonomi sedangkan sebagian
kecil informan karena
pengalaman pribadinya ketika
melakukan hubungan seks
dengan orang lain tidak
mendapat apa-apa sementara
sebagian informan lain
penasaran dengan hasil yang
diperoleh.

Penggunaan media sosial dalam mencari pelanggan …yang pertama Facebook karena lebih umum lebih banyak…kalau Grindr aku pakai tapi kebanyakan itu fun. Hornet dan WhatsApp. Hornet kalau Facebook buat era sekarang ya udah ketinggalan kalau buat jualan… …iya mbak… biasanya pakai Grindr . yang lebih lakunya sih Hornet… …iklan di Suara Merdeka tapi sekarang itu mahal 50 ribu… terus sekarang pakai memo… …online mbak biasanya pakai Grindr . Grindr. kalau di Grindr nggak pakai foto asli nanti kalau tamunya minta pict kita sendiri. ntar kita kirim… …ya iya tetep. …yo ngertine paling yo kono iku Simpang …setauku sih paling di Hans Kopi sama Sebagian besar informan menjelaskan tempat . Cara mendapatkan pelanggan …biasa lewat sosmed. Facebook online semua…penawaran biasanya aku bikin kayak message gitu jadi pelanggan nanti inbok biar chat budgetnya berapa… Sebagian besar informan biasanya mendapatkan pelanggan dari media sosial yaitu Facebook. Grindr. tapi gimana ya kalau diliat temen atau komunitas ternyata orang ini jadi “kucing” kan agak malu. Tempat berkumpul …kalo yang buat jualan aku gatau tapi …ada sih pertamanya itu di Hans Kopi. Hornet dan WhatsApp sementara hanya sebagian kecil informan yang masih memanfaatkan media cetak yaitu dengan memasang iklan di surat kabar. WhatsApp. kalau untuk jualan nggak laku… …ya cuma pakai itu aja ( Grindr dan Hornet)…banyak yang order gitu di Facebook. WhatsApp. Facebook online semua… Semua informan tetap menggunakan media sosial dalam mencari pelanggannya yaitu dengan Facebook. 6.5. 7. Facebook terus kontak biasa lewat nomor handphone sama BBM…biasa foto sama teks… …aku promosi lewat aplikasi Grindr dan Hornet. pakai banyak ada Grindr.

di Paragon yang di kafe outdoor juga ada sih.. 9. selalu jadi bi (both)… …ya apa aja mbak… semua bisa…mau both atau top… …kalau aku selalu jadi top mbak… Separuh informan konsisten dalam perannya ketika berhubungan seksual yaitu menjadi top atau both saja. 80% di hotel setelah deal tempat sisanya di kos… aku telepon resepsionisnya menanyakan kamar yang sudah di reservasi apakah benar atas nama ini kalau benar aku berangkat… …yo di kos sini… kadang ya keluar ke hotel…tergantung pelanggan… …biasanya di hotel sama disini (kos)… kadangkan ada tamu yang gamau disini dia langsung nyediain sendiri nanti aku tinggal datang… Semua informan biasanya melayani pelanggan di hotel dan terkadang juga di kos tempat “kucing” tinggal. Dalam berhubungan seksual anda berperan menjadi …sebagai bi nya. 8. Simpang Lima serta di Taman Pandanaran.(hotspot) pria pekerja seks di Kota Semarang kalo buat nongkrong anak-anak banyak sih tempatnya… kebanyakan kafe buat nongkrong terus di depan Taman Pandanaran Unisbank. Sedangkan sebagian kecil informan tidak mengetahui tempat hotspot pria pekerja seks yang ada di Kota Semarang. Tempat melayani pelanggan …kebanyakan di hotel …di hotel biasanya sih. ada juga di RM Lestari Simpang Lima… Lima mbiyen iku… yang daerah Tembalang juga ada sih lupa namanya… Simpang Lima ada terus di depan gedung Gubernuran sama yang di Ciputra itu di Tongji… berkumpulnya (hotspot) pria pekerja seks di Kota Semarang antara lain Hans Kopi. depan gedung Gubernuran dan di Tongji Mall Ciputra. sementara separuh informan …kalau sama pelanggan aku jadi both kak…tapi kalo sama pacar aku jadi top yang mimpin… .

…ya kalau belum kenal biasanya …minta dp dulu transfer terus sisanya Semua informan menyatakan sistem pembayaran oleh …sistemnya transfer.yang lain mengaku bisa menjadi top ataupun both tergantung pasangan seksualnya.1. 10.000 lebih untuk setiap kali transaksi.000 hingga Rp. ngga mesti rame ngga bisa ditentukan…kadang puasa malah rame… …aku datang kemarin hari Minggu ini hari Rabu udah dapat 7 pelanggan… pernah sehari bisa 3 kali… durasi 2 jam… jadi kalau double tamu harus ngasih jeda kan aku juga capek… Sebagian besar informan mengaku sedang sepi pelanggan dalam seminggu terakhir ketika diwawancara.000. Sedangkan sebagian kecil informan mengaku dalam waktu 3 hari ini sudah melayani 7 (tujuh) pelanggan saat diwawancara. …sistemnya dp dp berapa kalau nggak ditransfer separo gitu . Sistem pembayaran oleh …sepi sebulan ini baru satu kali… biasanya sampai 9 pelanggan pernah… …sepi sekarang mbak ya biasanya sehari bisa 4 kali. …paling murah sih 150 ribu kalau paling mahal 250 ribu… …kalau anak-anak online 350 ribu. Pelanggan yang dilayani dalam 1 minggu terakhir …1 minggu ini belum sih tapi terakhir sekitar 10 hari yang lalu… 11.200 ribu pelanggan kalau fulltime 300 ribu…tapi kadang beda orang beda ngasihnya ada yang kasih lebih ada yang minta kurang… 12. harga ngga bisa ditentukan tergantung komunikasi kita…nanti mereka setornya kalau ditempat itu 60 ribu kalau keluar 75 ribu… …dikit sih kalau biasanya tamu kesini dibayar 250 ribu tapi kalau keluar 750 ribu itu yang area Semarang. Tarif yang …biasa kalau short dikenakan kepada time 150 .150. yang di Solo sama Cilacap biasanya sampai 1 jutaan… Semua informan menuturkan tarif yang dikenakan kepada pelanggan adalah sekitar Rp.

. hal ini berlaku bagi pelanggan yang belum dikenal.pelanggan ya aku nggak datang. Separuh informan menuturkan pasangan mereka sudah mengetahui profesinya sementara separuh informan lainnya masih tertutup terkait profesinya dengan …ya punya to ya (istri) di Surabaya… tapi sekarang udah pisah ranjang mau cerai… . Kebanyakan pelanggan bekerja sebagai wiraswasta. pegawai negeri dan ada juga yang masih mahasiswa. …maksutnya seumuran 40-an ke atas biasanya kalau melayani orang di bawahku jarang sih… PNS sama ya kayak pengusaha gitu… Semua informan menjelaskan deskripsi pelanggan adalah mereka berumur rata-rata 20 sampai 50 tahun. kecuali kalau udah pernah ketemu udah kenal lamalah di fb… 13.. tapi kalau pacaran ngga nyaman karena dilarang seperti ini… kak…kalau udah kenal transport misal ya biasanya langsung ketemuannya diluar… ketemu… kalau ada uangnya berani berangkat… aku biasanya minimal sekali pernah ketemu … …kebanyakan om om …ya gatau urusan dia sih kalau brondong mau kerja apa… kita mikir nggak ada macam-macam…anak uangnya buat apa… Undip akeh iku lho… kebanyakan mereka biseks terus pegawai negeri juga… pas ketemu disana… takutnya kalau nggak kayak gitu tiwas aku udah kesana terus gajadi rugi aku… pelanggan adalah DP yang ditransfer terlebih dulu dan sisanya setelah bertemu. …punya dia kerja di salon yang penting bisa nerima aku apa adanya… …iya baru kemarin 1 bulan jadian…dia kan designer…dia emang gay asli sih punya anak angkat… rumahnya di daerah waterblaster situ tapi tua sih BF-ku itu… Sebagian besar informan mengaku mempunyai pacar (laki-laki) sedangkan sebagian kecil informan sudah mempunyai istri (perempuan) di Surabaya. PNS ada juga yang mahasiswa …rata-rata usianya 20 sampai 50 tahun… 14. Deskripsi tentang pelanggan …kebanyakan mereka wiraswasta. Pasangan/ pacar dari pria pekerja seks (kucing) …punya sih mbak.

Pencegahan tentang HIV dan … ya selalu pakai kondom… …ya setauku paling …ya pakai sarung… pakai pengaman kak… nek mbiyen pas aku di …kalau pencegahannya pakai Semua informan memiliki pengetahuan yang cukup baik . sementara hanya sebagian kecil informan yang sudah terbuka dengan keluarganya. 2. 15. Pengetahuan tentang HIV dan AIDS 1. dari situ sih jadi tau kalau aku kerja gini… …nggak…rak ono sing weruh blas… ya taunya aku kerja di kehidupan malam di bar kafe jadi waitress … …nggak tahu…aku bilangnya kan kerja gitu…BF-ku juga ngga tahu aku diem – diem aja…cuma aku bilangnya kos di daerah Kedungmundu… Sebagian besar informan mengaku keluarganya belum mengetahui mengenai profesinya sebagai “kucing”. Pengertian tentang HIV dan AIDS …kalau HIV AIDS itu virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia yang ditularkan melalui hubungan seksual yang tidak aman seperti berganti-ganti pasangan tidak memakai alat pengaman terus dari jarum suntik… …nggak tahu…ya paling dengar tapi gatau detailnya… cuma ya penyakit menular gitu aja… …setau aku ya virus gitu aja…disebabkan bermacam-macam itu mah tergantung orangnya sih ngga selalu harus orang yang bertanda kutip… … HIV itu penyakit ganas. terus ditanya kok dapat uang banyak darimana. Pendapat keluarga tentang profesi “kucing” …nggak ada yang tahu…aku kan kalo di rumah jadi penjahit… …ibu nerima aku jadi gay…ya kan aku sering pulang malam.pasangannya. Sementara itu sebagian besar informan lainnya memiliki pengetahuan yang kurang baik. gak ada obatnya… nularnya dari hubungan seks… Sebagian kecil informan memiliki pengetahuan yang baik mengenai pengertian HIV dan AIDS.

Penularan tentang … ditularkan melalui HIV dan AIDS hubungan seksual yang tidak aman seperti berganti-ganti pasangan tidak memakai alat pengaman terus dari jarum suntik pemakai narkoba juga bisa terus tattoo. 4. …di Puskesmas atau pelayanan kesehatan yang lain… . mereka menuturkan di Puskesmas atau pelayanan kesehatan lainnya. kebanyakan di Puskesmas Halmahera…tapi kalau aku biasanya di Surabaya… …kalau yang aku browsing di Semarang tu sering nya di Puskesmas Halmahera… Semua informan memiliki pengetahuan yang baik mengenai tempat pemeriksaan HIV dan AIDS. 3. tidak pakai pengaman terus yang lainnya gatau mbak hehe… Sebagian kecil informan memiliki pengetahuan yang baik mengenai penularan HIV dan AIDS sedangkan separuh informan lainnya memiliki pengetahuan yang cukup baik sementara itu sebagian kecil informan memiliki pengetahuan yang kurang baik.AIDS Surabaya iku ada kayak obat yang dibagi-bagi jumlahnya 4…ya semacam antibiotik gitu… kondom kali ya… mengenai pencegahan HIV dan AIDS. dari ibu yang sudah terinfeksi HIV pada bayinya yang disusui… …seks bebas tanpa pengaman… …disebabkan bermacam-macam itu mah tergantung orangnya sih…jadi ngga harus selalu karena hubungan seks… …berganti-ganti pasangan. Tempat pemeriksaan HIV dan AIDS …Puskesmas Halmahera… …setau aku semua Puskesmas sudah bisa sekarang.

pas sehat ya pastinya risiko tetap ada… …ya merasa rentan berisiko tertular penyakit itu…ya sebenarnya sih juga takut… Semua informan merasa rentan atau berisiko terhadap infeksi atau penularan HIV dan AIDS. seperti berganti-ganti pasangan. ngga mesti sih kalau kita hubungan sama orang nakal terus terjangkit penyakit itu ngga benar…gitu tergantung fisik kita.. Sedangkan sebagian kecil informan merasa tidak selalu dengan hubungan seks menjadi terinfeksi HIV dan …melalui hubungan seks yang tidak aman. seperti ganti-ganti pasangan tanpa pakai kondom… … apa ya kak.hubungan sama orang HIV mungkin..5.. tidak memakai kondom… .. Risiko terhadap …sebenarnya masalah infeksi/ penularan penularan semua gay HIV dan AIDS berisiko menularkan tergantung dari kita polanya gimana… …ya berisiko bangetlah karena itu kan penyakit menular yang sangat berbahaya disebabkan seks bebas… …gitu tergantung fisik kita. nggak pakai pengaman… yang lain kurang tahu sih aku mbak… Sebagian besar informan merasa hal yang menyebabkan terinfeksi HIV dan AIDS karena perilaku seksual yang tidak aman.gatau .. pas sehat ya pastinya risiko tetap ada… …kalau menurut aku ya berganti-ganti pasangan terus nggak pakai pengaman… Separuh informan memiliki pengetahuan yang baik mengenai perilaku seksual yang berisiko sementara separuh informan lainnya memiliki pengetahuan yang kurang baik. Perilaku seksual yang berisiko tinggi terinfeksi HIV dan AIDS …perilaku seks yang tidak sehat.. 2. Keyakinan Akan Kerentanan Terinfeksi HIV dan AIDS 1. …apa ya. Hal yang menyebabkan terinfeksi HIV dan AIDS …dari sperma yang terinfeksi kak… … disebabkan bermacam-macam itu mah tergantung orangnya sih…jadi ngga harus selalu karena hubungan seks… …apa ya paling itu sih berganti-ganti pasangan.

2. Akibat yang dirasa jika terinfeksi HIV dan AIDS …mungkin tidak …ya dikucilkan terasa karena masih merasa dijauhi temantahap awal. baru teman… ketika kekebalan tubuh menurun mudah terinfeksi penyakit… terus dikucilkan dari masyarakat… …ya enggak sih aku biasa saja sudah risiko jadi harus ditanggung. Hal yang dilakukan jika positif terinfeksi HIV dan AIDS …konsultasi ke dokter/ pelayanan kesehatan yang menangani kasus HIV AIDS… dan yang utama menjaga kondisi psikologis agar tidak stress… …langsung periksa ke dokter pastinya… …ya periksa konsultasi ke dokter …berhentilah jadi “kucing”… Sebagian besar informan merasa jika terinfeksi HIV dan AIDS mereka akan konsultasi dan periksa ke dokter atau pelayanan kesehatan lainnya. dijauhi teman-teman dan merasa tertekan pikiran dan batinnya (drop). Separuh informan akan mengurangi aktivitas seksnya dengan berhenti menjadi “kucing”. …mengurangilah aktivitas seksnya… berhenti jadi “kucing” … Keyakinan Akan Manfaat Pencegahan HIV dan AIDS .AIDS. semua ada risikonya mbak…kalau dijauhi teman iku pasti tapi ya ngga semua seperti itu… …shock pasti yang pertama…mungkin langsung drop… Sebagian besar informan merasa jika terinfeksi HIV dan AIDS akan mengakibatkan mereka dikucilkan dari masyarakat. Sementara sebagian kecil informan merasa biasa saja karena sudah menjadi risiko yang harus ditanggung. Keyakinan Akan Keseriusan Terinfeksi HIV dan AIDS 1.

…dari media sosial itu tho…kalau teman di Semarang sih ngga ada paling yang ngasih solusi tante Nani (tetangga penjual pecel)… Separuh informan mengaku mendapatkan informasi tentang HIV dan AIDS dari LSM atau Komunitas mereka. Sedangkan sebagian kecil informan dari media sosial dan tetangga di dekat kosnya. Dari mana mengetahui tentang HIV dan AIDS … dari LSM jadi sering ikut acara di organisasi LSM Gapura… …dari teman di komunitas… …dari bu Sies biasanya kalo nyetok sekalian penyuluhan dia… . Sebagian kecil informan mendapat penyuluhan dari penjangkau lapangan.1. Isyarat Untuk Bertindak 1. Keyakinan Akan Hambatan Pencegahan HIV dan AIDS 1. Manfaat jika mengetahui upaya pencegahan HIV dan AIDS … keuntungannya ya buat kesehatan sendiri…dulu pernah sih terkena sifilis… …manfaatnya ya mungkin bisa terhindar dari penyakit HIV dan AIDS… …ya kita pengennya menjaga kesehatan jadi kalau tahu bisa meningkatkan kesehatan… …ya aman aja sih mbak pakai kd…buat pencegahan juga… Semua informan merasa manfaat mengetahui upaya pencegahan HIV dan AIDS adalah menjaga kesehatan dan rasa aman terhindar dari HIV dan AIDS. Hambatan dalam upaya pencegahan HIV dan AIDS …menahan diri dari hawa nafsu seks… sedangkan homoseks tidak mempunyai pasangan tetap… …ya ngurangi seksnya itu yang susah… terus ada perasaan malu juga kalau mau periksa gitu… …ya sebenernya diri sendiri mbak…emang dasarnya seneng ngeseks… …ya ada rasa malu saat mau periksa takut ketahuan identitasnya… Semua informan merasa hambatan dalam upaya pencegahan HIV dan AIDS adalah mengurangi aktivitas seksualnya dan adanya rasa malu ketika periksa ke pelayanan kesehatan.

Riwayat teman atau orang lain yang diketahui terkena HIV dan AIDS …nggak tahu mbak itu kan privacy mereka. Sedangkan sebagian besar informan mengaku adanya penjangkauan terhadap mereka.2. dia kan emang menjangkau khusus itu…biasanya ya stock kd sama minyak jelantah terus nganjurin buat periksa VCT sama ngobrol aja gitu… …iya ada Bu Sies pas waktu nyetok kd sama pelumas… ya ngajakin periksa VCT gitu mbak… Sebagian kecil informan mengaku bahwa selama ini belum pernah ada yang menjangkau dari petugas kesehatan ataupun LSM. tanda-tandanya sih iya tapi ya ngga ngerti juga ya… …dulu pernah ada yang meninggal disini karena HIV namanya DW… meninggal disini tu keluarganya nggak tahu…pulang udah tinggal mayat…orang Jawa Timur… seumuran aku… Separuh informan mengaku tidak mengetahui adanya teman atau orang lain yang terkena HIV dan AIDS. Kegiatan yang dilakukan penjangkau lapangan dari LSM atau tenaga kesehatan …ya kalau PL biasanya nawarin stock kondom… PL nya sendiri juga gay… …selama ini belum ada yang menjangkau terlebih aku juga nggak terbuka terkait profesiku… …ya iya ada Bu Sies. Kegiatan yang dilakukan adalah pembagian kondom dan pelicin secara gratis serta ajakan untuk rutin melakukan tes VCT. Sedangkan separuh informan mengaku pernah ada teman atau orang lain yang terinfeksi HIV hingga akhirnya meninggal. Perilaku “Kucing” dalam Upaya Pencegahan HIV dan AIDS . aku cuek… …belum pernah ada sih kak kalau temantemanku…ya semoga jangan sampe lah… …ya dulu sih. 3. awalnya nggak ngaku dia.

oral. Sementara itu pelanggan dari Separuh informan jarang atau tidak konsisten dalam menggunakan kondom saat melakukan hubungan seksual sedangkan separuh informan lainnya selalu menggunakan kondom saat melakukan hubungan seksual untuk menjaga kesehatan mereka. anal hingga mandi kucing. kissing. Penggunaan kondom saat berhubungan seksual … selalu menggunakan untuk keamanan juga sih mbak… … kalau akunya kadang pakai kondom kurang nyaman kak… …selalu lah tetep pakek sarung…biar aman juga… 3. petting. …ya pelanggan lebih nyaman mbak.1. Sikap pelanggan ketika menggunakan kondom saat berhubungan seksual … nggak cuma kamu yang pake aku. lagian kan yang pakai kd aku dia tinggal nikmatin aja… Separuh informan menuturkan sikap pelanggan yang permisif terhadap penggunaan kondom saat berhubungan seksual dengannya. gesek terus anal… …ya anal oral ya kerja kayak gitu melayaninya tergantung pelanggan … 2. mandi kucing… kadang gantian sih namanya juga orang kayak gini saling memuaskan… kalau aku spesialis rimming… …biasanya dia minta langsungan jadi kissing habis itu oral. . rimming. jadi gausah disuruh dia udah pakai sendiri… …ya biasa aja sih aku pakek atau enggaknya …kadang gak sempet pakek udah langsung gituan aja… …pelanggan sadar… iya kan dia juga mungkin udah tahu penyakit kayak gitu… …ciuman bibir terus njilatin puting gitu sama anal seks kalau tamunya minta aku yang ngefuck…kalau ngrimming sih paling beberapa cuma aku nggak terlalu suka… aku ngoral sama nganal…dia yang ngeluarin sendiri ke wajahku… …heem pakai…tapi nggak sering…yang pakai kebetulan aku sih mbak…yang pelanggan tinggal menikmati… Perilaku seksual yang dilakukan oleh semua informan bervariasi mulai dari kissing. masturbasi. oral. Perilaku seksual yang biasa dilakukan dalam melayani pelanggan …umum sih tetep anal.

6. Penggunaan pelicin saat berhubungan seksual … iya pakai pelicin biar gak lecet itunya mbak… …iya selalu pakai pelicin. Strategi apabila pelanggan tidak mau memakai kondom …ya aku bilang nggak cuma kamu yang pakek jadi gausah disuruh dia udah pakai sendiri… …nggak ada strategi kak yang penting kita jaga kebersihan terus …nggak pakai nggak masalah menurutku… …ya dirayu to… …ya pinternya kita to tergantung komunikasi mbak…harus dirayu kita… gitu mbak… Sebagian besar informan mengaku strategi yang mereka lakukan ketika pelanggan tidak mau memakai kondom adalah dengan merayu dan menjalin komunikasi yang baik. 4.separuh informan yang lain menunjukkan sikap tidak permisif terhadap penggunaan kondom. Banyak pelicin yang digunakan …berapa ya tergantung pelanggan …biasanya aku beli yang kotakan sachet …satu sachet bisa buat tiga kali …satu orang satu sih aku…kadang ya beli Sebagian besar informan menuturkan banyak pelicin . kan biar enak … …ya nggak semua selalu pakai tergantung pelanggannya… …iya selalu pakai udah ada jatahnya… Sebagian besar informan konsisten dalam menggunakan pelicin saat berhubungan seksual. 5. Sedangkan sebagian kecil informan mengaku tidak memiliki strategi khusus yang terpenting menurutnya menjaga kebersihan. Sementara sebagian kecil informan tidak konsisten dalam menggunakan pelicin tergantung pelanggannya.

Sedangkan sebagian kecil informan belum pernah melakukan tes VCT. Dari semua informan sebagian besar diantaranya mendapat penjangkauan kondom dan pelicin dari LSM dan KPAD Kota Semarang. Sementara hanya sebagian kecil informan yang bisa menggunakan pelicin satu sachet untuk tiga kali berhubungan seksual. Keikutsertaan melakukan tes VCT …kalo VCT yang tadi bilang pertamanya sering. biar maen satu sachet habis awet biar dapat kayaknya… banyak… durex sendiri di apotek…pelicin kan udah dijatah… makanya aku sediain sendiri di tas…kalau nggak banyak kadang si tamu kalau pas di anal sakit…makanya kadang satu kurang… yang digunakan setiap kali berhubungan seksual adalah satu sachet hingga lebih. 7. 8. Cara mendapatkan kondom dan pelicin … dari LSM kita minta… biasanya kan itu si PL nawarin masih ngga stocknya… kalau habis ya beli di indomaret… …beli sendiri biasanya …dari bu Sies (PL di apotek kalau gak ya dari KPAD Kota indomaret… Semarang)…ya kadang pas kita lupa tamu sudah bawa sendiri… …dari bu Sies kalau pas di kos…kalau ada tamu keluar aku beli sendiri di apotek kalau nggak mampir supermarket gitu… Semua informan mengaku mendapatkan kondom dan pelicin dengan membeli di apotek atau minimarket/ supermarket. karena sekarang dengardengar ada kebocoran jadi males… …belum…tapi rencana sih ada tapi belum tahu kapan… …pernah kemaren diajakin temen waktu maen ke Semarang terus sekalian deh VCT bareng… Sebagian besar informan mengaku pernah melakukan tes VCT.setiap kali berhubungan seksual sih beda-beda ada yang pengen ini ada yang suka ini ada yang nggak… biasanya satu habis… terus kalau sekali berhubungan. …pernah to ya kalau tes VCT… .

di Surabaya dan di Puskesmas Halmahera Semarang. Sementara hanya sebagian kecil informan lain yang belum pernah tes VCT. Tempat melakukan tes VCT …di situ juga di LSM …belum…tapi Gapura…ya kan rencana sih ada tapi sekomunitas jadi lebih belum tahu kapan… gampang aja… …terakhir ini di Surabaya…soalnya pas waktu aku pulang kemaren. 10. emang kayak khusus puskesmas buat orang mbelok gitu… Tempat melakukan tes VCT sebagian besar informan berbeda yaitu di LSM Gapura Demak. Terakhir melakukan tes VCT …udah lama sekitar setengah tahunan… …belum…tapi rencana sih ada tapi belum tahu kapan… …2 bulan terakhir ini di Surabaya… …terakhir bulan Maret kemaren… Separuh informan mengaku terakhir melakukan tes VCT pada awal tahun ini. Sementara hanya sebagian kecil informan yang belum melakukan tes VCT. sekalian aja jadinya… …di Puskesmas Halmahera…ya soalnya kata temen lebih nyaman di sana mbak.9. Sedangkan sebagian kecil informan mengaku terakhir setengah tahun yang lalu. Hasil Wawancara Mendalam Terhadap Informan Triangulasi (Pelanggan / Pasangan Tetap) Pertanyaan Informan Triangulasi Kesimpulan .

Cerita awal mula berkenalan …awal kenal ya dia dengan pasangan / “kucing” sering publish di group dan saya stalking terus ngobrol sama dia yang ngrespon dari situ lanjut…saya merasa kok orang ini care saya pun merasa peduli mencoba untuk mengubah jalan yang dia pilih… …awalnya kenal dari Grindr…kan aku orang baru di Semarang pengen cari temen deket aja yang perhatian kan disini aku gak ada kenalan siapasiapa… …awal mula berkenalan dengan “kucing” ya dari teman-teman…mulai ngerti “kucing” ya sekitar 5 tahunan yang lalu sesudah lulus kuliah… Sebagian besar informan berkenalan dengan pasangannya melalui media sosial. Namun ada sebagian kecil informan yang berkenalan dengan “kucing” melalui temannya. Hal yang dirasakan terkait profesi pasangan sebagai “kucing” - . 2. Bagaimana cara mengetahui ciri-ciri LSL - …bentuk – bentuk e yo Cara mengetahui ciri-ciri cara berpakaian resik rapi LSL dapat dilihat dari 1.Pasangan Informan A Pasangan Informan B Pelanggan Informan C …jujur untuk mengetahui pasangan saya adalah seorang “kucing” awalnya saya sedikit keberatan…tapi saat dia menjelaskan tujuannya pure hanya sebagai pekerjaan saya mencoba percaya… mencoba untuk menerimanya apa adanya… …kalau menurut pengalamanku yang dulu pernah di Bali jadi “kucing” juga hal itu cuma tuntutan gaya hidup aja…soalnya kalau aku dapat Bo-nan (Booking) gitu cuman kalau nggak ada uang kalau ada uang ya gamau… - Semua informan merasa profesi pasangannya sebagai “kucing” hanyalah sebuah pekerjaan dan tuntutan gaya hidup semata. 3.

Separuh informan sudah mengetahui profesi pasangannya sebagai “kucing” sejak awal berkenalan. Sedangkan sebagian informan lainnya hingga saat dilakukan wawancara belum mengetahui pasti profesi pasangannya. Kapan mengetahui profesi pasangan …ya dari awal saya tahu emang dia sebagai itu… sekitar tahun 2012 dari awal ketemu di sosmed kemudian komunitas hingga akhirnya saya memutuskan untuk jadian sama dia… …belum tahu pasti tapi kalau dia emang benar begitu ya saya menerima… namanya juga orang hidup nggak munafik mbak… 5. Tarif yang dikenakan “kucing” - - - cara berpakaian dan sikapnya yang suka cari perhatian terhadap sesame jenis. …kalau tarif ya liat-liat Tarif yang dikenakan dulu dari orangnya bagus “kucing” terhadap atau enggak…yang pelanggannya berkisar menentukan tarif pertama 150 hingga 350 ribu dari si “kucing”nya sesuai dengan sendiri…tapi tetep kesepakatan dengan kesepakatanku…biasane pelanggan. kuwi nginep opo ora nginep opo berapa jam kan dewe-dewe… maksimal 350 ribu nek wonge biasa yo 150 – .terus yo nek lewat ki senenge curi-curi pandang opo jenenge kuwi carper (cari perhatian)… 4.

9.200 ribu… 6. 8. Penggunaan kondom dan …ya setiap kali kami …jarang pakek mbak …yo tetep pakai kondom Sebagian besar informan . 7. Ketertarikan menjadi “kucing” …awalnya emang iya saya tertarik jujur… karena orang jaman sekarang semua mikirnya instan untuk mendapatkan uang…ya bayangin aja udah enak dapat uang lagi…cuman ya balik lagi niatan saya dari awal seperti apa… …enggak karena emang untuk terjun lagi ke dunia itu aku gamau…toh sekarang aku juga udah kerja enak di salon… Separuh informan mengaku ada ketertarikan untuk menjadi “kucing” karena akan mendapatkan uang banyak secara instan. Namun separuh informan lain mengaku tidak tertarik menjadi “kucing” karena sudah memiliki pekerjaan tetap. Perilaku seksual yang biasa dilakukan dengan “kucing” - - …biasane yo rujak lambe…yo blowjob…yo ngono – ngono kuwi… kadang nek sing 350 sampe full komplit yo “mandi kucing”… Perilaku seksual yang biasa dilakukan dengan “kucing” adalah blowjob (oral) hingga mandi kucing. Tempat melakukan hubungan seksual dengan “kucing” - - …ya biasanya habis kenalan di sms nek orak telfon terus ketemu ning omahku… kadang ya ning hotel kalo pas luar kota… Seorang informan menuturkan tempat melakukan hubungan seksual dengan “kucing” biasanya dirumah pelanggan atau di hotel.

Biasanya butuh satu hingga tiga sachet pelicin setiap berhubungan seksual. 11. dia menyediakan bahkan saya pun juga mempunyai persediaan sendiri…selalu untuk keamanan saya saat berhubungan dengan dia dan itupun dilakukan saat dia bekerja… sekali maen paling butuh 2 – 3 sachet. 10.pelicin saat berhubungan seksual dengan pasangan / “kucing” berhubungan.. Pengetahuan tentang HIV . Sedangkan hanya sebagian kecil informan yang mendapatkan kondom dan pelicin dari penjangkau lapangan komunitasnya..menurut saya HIV tu …kurang begitu tahu sih …apa ya rak begitu Hanya sebagian kecil . jadi setiap butuh kita tinggal kontak PL aja…biasanya saya minta langsung 1 dos… …ya beli sendiri… biasanya di apotek… tidak ada petugas kesehatan yang menjangkau karena tersembunyi status kita… …yo beli ning Indomaret biasa ning apotek yo ono sing mahal…dia “kucing” sing nggowo… penggunaan pelicin yo sithik (sedikit)… aku punyanya yang pelicin sing botolan… Sebagian besar informan mendapatkan kondom dan pelicin dari apotek dan minimarket terdekat. Sedangkan pemakaian pelicin semua informan mengaku selalu menggunakan pelicin. Namun ada sebagian kecil informan jarang menggunakan kondom. kalau 1 dos mungkin habis 1 bulan lebih sih… kalau kondom…kalau pelicin biasanya yang satu sachet itu nggak sampai habis deh…kalau sama dia aku jadi both… berhubungan seks buat aku paling sekali dua kali aja sih dalam seminggu jadi nggak sering tiap hari… kalau udah keburu-buru kan nggak sempet pakai kondom pengaman juga itu salahnya disitu… dikasih pelicin…nek kondom tok yo rak iso… nek rak nganggo yo wedi keno iku…maksute kan sing nganggo wong akeh… mengaku selalu menggunakan kondom saat berhubungan seksual dengan pasangan / “kucing”. Cara mendapatkan kondom dan pelicin …dari teman yang kebetulan dia seorang penjangkau lapangan di komunitas kita…untuk dijatah berkala sih enggak ya.

A yang pertama Abstein adalah dengan tidak melakukan hubungan seks sama …apa ya nggak usah ML…usahakan selalu pakai kondom tapi kalau ngga sempet ya selesai langsung pembersihan ……yo tetep pakai kondom dikasih pelicin…nek rak nganggo yo wedi keno iku… aku belum pernah Sebagian besar informan memiliki pengetahuan yang kurang baik mengenai upaya pencegahan dan . Upaya pencegahan penularan HIV dan AIDS virus yang menyebarkan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia dan untuk AIDS sendiri itu implikasi efek dari menurunnya sistem kekebalan imun itu sendiri…selama kita berhubungan seks dengan orang yang mungkin dia HIV negatif kita mungkin tidak akan tertular HIV tapi itu tidak ada yang tahu karena dia sering melakukan hubungan seks dengan bergantiganti pasangan…dari temen PL sih sering dapat informasi terkait HIV dan AIDS… mbak…ngertinya ya penyakit dari gaya hidup… biasanya seseorang itu nggak merasa ya. …ada lima tahapan ABCDE. Sedangkan sebagian besar informan lain memiliki pengetahuan yang kurang baik.dan AIDS 12. baru ngerasanya setelah 3 – 5 tahun gitu…sebenarnya seseorang itu udah ada jentik-jentik penyakit tapi dia mengabaikan yaudah maen bebas sama orang lain kan jadi bisa menularkan juga dari hubungan seks…tau tentang HIV dari LSM di Jawa Timur kana da LSM Waria kebanyakan dari mereka mengajak kaum LGBT untuk ayo ikut bareng jangan sampai kita terkena HIV… paham ngertine yo penyakit susah disembuhke… informan memiliki pengetahuan yang baik tentang HIV dan AIDS.

…jadi dia (informan A) tahu untuk tetap menggunakan kondom dan pelicin dimana kondom dan pelicin juga membantu dia dalam melakukan hubungan seks yang berisiko…jadi risikonya sedikit berkurang untuk tertular HIV…saya juga selalu bilang sama dia untuk menjaga kebersihan saat …biasanya sih kalau pake kondom dia kurang nyaman mbak…kalau pelicin sih selalu pakai dia…habis kita gituan ya pasti bersih-bersih… kadang juga mandi bareng…tes VCT kayaknya dia belum pernah mbak…ya nanti kalau aku ada waktu rencana mau tes bareng… …yo tetep pakai kondom dikasih pelicin… dia “kucing” sing nggowo… terus sing menganjurkan pakai pengaman atau pelicin ya biasanya dari dia yang jual… Semua informan menuturkan perilaku yang dilakukan pasangan / “kucing” dalam upaya pencegahan penularan HIV dan AIDS adalah cukup baik. hanya sebagian kecil yang memiliki pengetahuan sangat baik mengenai upaya pencegahan penularan HIV dan AIDS. kemudian B be faithful yaitu setia…kemudian C Condom using yaitu dengan menggunakan kondom setiap berhubungan… kemudian D drug dengan tidak konsumsi narkoba…kemudian E dari Education dengan kita sering mencari informasi terkait HIV… terus mandi… tes HIV kayak gitu…yo paling resikan wae nek bar ngono – ngono kuwi… penularan HIV dan AIDS. . Perilaku yang dilakukan pasangan / “kucing” dalam upaya pencegahan penularan HIV dan AIDS sekali dengan siapapun yang berisiko.13.

Pekerjaan 5. Nama 2.melayani pelanggan… Hasil Wawancara Mendalam Terhadap Informan Triangulasi (Penjangkau Lapangan) Karakteristik Informan Triangulasi 1. Hubungan dengan Informan : Penjangkau Lapangan KPAD Kota Semarang : PL kondom dan pelicin Jawaban Kapan mulai menjangkau kelompok pria …awalnya aku bergabung di LSM dulu tahun 2005 itu penjangkauan High Risk pekerja seks “kucing” Man/Laki-laki Risiko Tinggi terus 2007 mulai bergabung dengan KPA setelah pendidikan manajer kasus mendampingi ODHA dari situ mulai kenal dengan teman-teman LSL khususnya “kucing” sampai sekarang… . Pendidikan terakhir No 1. : Siesmeni : 48 tahun : S1 Pertanyaan 4. Umur 3.

Dimana saja dilakukan penjangkauan pria …rumah “kucing” yang dijangkau sekarang ada di Gajah. Wonodri dan Duku… pekerja seks di Kota Semarang sebenarnya ada lagi di daerah Tugumuda Cuma mereka belum terbuka…kalau dijalanan sangat susah…SGC pun susah kok melakukan pendekatan ke mereka… 6. Jumlah pria pekerja seks “kucing” yang …dari tiga rumah “kucing” yang dijangkau ada 2 germo di dalamnya…mereka sekarang masih dijangkau mempunyai beberapa anak buah…di GM F itu ada sekitar 9 orang.2. biasanya cuma transit nggak netep mereka… 7. …macam-macamlah riwayatnya itu ada yang sama coas itu. ada yang sama tetangganya sendiri terus akhirnya menjadi itu…mereka tu alasan seperti itu kadang karena merasa jengkel aslinya kan itu penyakit bisa disembuhkan…wes ngerti pernah jadi korban seks sodomi malah dia berkembang gitu kan ya karena mentalnya ajalah… 5. Cerita riwayat kelompok homoseksual 3. Pendapat tentang perilaku seksual dilakukan pria pekerja seks “kucing” 8. di GM N itu kan sekarang sedikit sekitar 4 orang. Pembagian kondom dan pelicin secara gratis yang …untuk pribadi aku jelas nggak senanglah…kalau dikatakan menyimpang jelas nanti mereka marah…kalau saya nasehatin mereka jawabnya judes…akhirnya aku untuk menasehati kearah situ emang sulit ya kalau bukan dari niat dia dari dalam untuk berubah ya susah… …iya ada dari KPA dan DKK…satu bulan sekali kita kunjungan monitoring jadi . Cerita awal mula mengetahui keberadaan pria …waktu itu ada pasien di rumah sakit yang positif bukan HIV lagi tapi udah pekerja seks “kucing” AIDS…ternyata dari kelompok LSL…setelah pendampingan dia terbuka banget tentang kelompoknya…akhirnya dari situ aku dikenalkan teman-temannya…dari kepercayaan yang udah terjalin akhirnya membuka jaringan mereka termasuk tentang “kucing”… Respon “kucing” saat pertama kali dilakukan …tertutup banget mbak…tapi lama-kelamaan setelah menjalin pertemanan ya penjangkauan terbuka sendiri…apalagi mereka melihat salah satu temannya yang sakit aku ikut merawat… 4.

kalau memang kurang sesuai kebutuhan mereka jadi kita stock kalau masih banyak kita tolak takutnya disalahgunakan…jadi pembagian kondom dan pelicin perbandingannya 1:2 kalau kondomnya 1 dos berarti pelicinnya 2 dos… 9. Praktik tes VCT dalam kegiatan penjangkauan 13. bahaya pola hidup seks bebas mereka tahu sebetulnya tapi kadangkadang mereka jawabnya ngawur…sebenarnya mereka masih nakal…katakan germonya bilang para kucing sudah pada pakai tapi kadang saya masih nemui ada yang ngga pakai…ya kurang baik padahal kita udah sosialisasi terus… 12. kembali ke kehidupan masyarakat yang sewajarnya” tapi kalau ngga bisa yaudahlah aku ngga memaksa daripada nanti omongannya mereka kan pedas ke kita… 10. HIV dan AIDS serta VCT…kalau situasinya memungkinkan ya tak selipin dengan kata-kata “Ayolah berhenti. Pengetahuan “kucing” terkait HIV dan AIDS …sebenarnya mereka udah tahu kok kita selalu setiap ketemu selalu mengingatkan dan upaya pencegahan yang dilakukan bahaya HIV. Penyuluhan tentang HIV dan AIDS …iya ada jadi bawa leafleat terus tak tunjukkan memberi contoh teman-teman mereka yang sudah terkena positif nanti efeknya seperti ini…kadang ya ada yang takut kadang cuek aja biasa… 11. rutin memeriksakan IMS. Hal yang dilakukan setiap kali penjangkauan …ya selain pembagian kondom dan pelicin saya juga mengajak mereka untuk pola hidup sehat. Kapan terakhir diadakan tes VCT bagi pria …terakhir VCT mobile bulan Juli tahun 2015… pekerja seks 14. Bagaimana hasil tes VCT terakhir pria pekerja …ada yang positif yang tadi aku ceritakan sampai sekarang masih kehilangan jejak …iya…kalau ada kegiatan dari DKK yaitu VCT mobile kita bekerjasama dengan puskesmas terdekat dan LSM kemudian kita datangi mereka (kucing)…kalau tidak mereka datang sendiri ke layanan puskesmas atau yankes lainnya…kadang ada yang mau tak anter kadang pergi sendiri… .

terus ada program ARV…jadi ARV itu bukan untuk menyembuhkan HIV dan AIDS tapi untuk mencegah perkembangan virus… . katanya terakhir pindah ke Surabaya…satu orang itu saja…akhirnya saya nanya siapa yang pernah pakai si A ini ternyata rata-rata udah pernah semua makanya kalau ketemu mereka saya selalu ingatkan “ayolah periksa” gitu. mengajak pencegahan penularan HIV dan AIDS pada mereka untuk pelayanan yankes. penyuluhan. jangan malu biar ketahuan secara dini daripada nanti sudah AIDS ya kan… Upaya yang sudah dilakukan KPAD terkait …adanya pembagian kondom dan pelicin secara gratis. kalau ada program VCT mobile ya silahkan pria pekerja seks “kucing” bergabung.seks “kucing” 15. apabila hasilnya positf kita ada pendekatan pendampingan yaitu pendampingan ke ODHA maupun OHIDAnya biar tidak ada penolakan.