You are on page 1of 40

TUGAS MESIN KALOR

Perbedaan Karburator dan EFI
D
I
S
U
S
U
N
OLEH ;
NAMA ; ARNIUS DAELY
NIM

; 1005012114

KELAS ; ME-4H

Karburator

adalah sebuah alat yang mencampur udara dan

bahan bakar untuk sebuah mesin pembakaran dalam. Karburator masih digunakan dalam mesin kecil
dan dalam mobil tua atau khusus seperti yang dirancang untuk balap mobil stock . Kebanyakan mobil
yang diproduksi pada awal 1980-an telah menggunakan injeksi bahan bakar elektronik
terkomputerisasi. Mayoritas motor masih menggunakan karburator dikarenakan lebih ringan dan
murah, namun pada 2005 sudah banyak model baru diperkenalkan dengan injeksi bahan bakar.

Sejarah dan Pengembangan
Karburator pertama kali ditemukan oleh karl benz pada tahun 1885 dan dipatenkan pada
tahun 1886. Pada tahun 1893 insinyur kebangsaan Hungaria bernama János Csonka dan
Donát Bánki juga mendesain alat yang serupa. Adalah Frederick William Lanchester dari
Birmingham, Inggris yang pertama kali bereksperimen menggunakan karburator pada mobil.
Pada tahun 1896 Frederick dan saudaranya membangun mobil pertama yang menggunakan
bahan bakar bensin di Inggris, bersilinder tunggal bertenaga 5 hp (4 kW), dan merupakan
mesin pembakaran dalam inernal kombution. Tidak puas dengan hasil akhir yang didapat,
terutama karena kecilnya tenaga yang dihasilkan, mereka membangun ulang mesin tersebut,
kali ini mereka menggunakan dua silinder horisontal dan juga mendisain ulang karburator
mereka. Kali ini mobil mereka mampu menyelesaikan tur sepanjang 1.000 mil (1600 km)
pada tahun 1900. Hal ini merupakan langkah maju penggunaan karburator dalam bidang
otomotif
Karburator umum digunakan untuk mobil berhahan bakar bensin sampai akhir 1980-an.
Setelah banyak kontrol elektronik digunakan pada mobil, penggunaan karburator mulai
digantikan oleh sistem injeksi bahan bakar karena lebih mudah terintegrasi dengan sistem
yang lain untuk mencapai efisiensi bahan bakar. ĿĿ
Desain
Karburator dapat dikelompokan menurut arah aliran udara, barel dan tipe venturi. Tiap-tiap
karburator mengkombinasikan ketiganya dalam desainnya.
Arah aliran udara
1. Aliran turun (downdraft), udara masuk dari bagian atas karburator lalu keluar melalui
bagian bawah karburator.
2. Aliran datar (sidedraft), udara masuk dari sisi samping dan mengalir dengan arah
mendatar lalu keluar lewat sisi sebelahnya.

3. Aliran naik (updraft), kebalikan dari aliran turun, udara masuk dari bawah lalu keluar
melalui bagian atas.

Barel

A high performance 4-barrel carburetor.
Barel adalah saluran udara yang didalamnya terdapat venturi.
1. Single barel, hanya memiliki satu barel. Umumnya digunakan pada sepeda motor atau
mobil dengan kapasitas mesin kecil.
2. Multi barel, memimiliki lebih dari satu barel (umumnya dua atau empat barel), untuk
memenuhi kebutuhan akan aliran udara yang lebih besar terutama untuk mesin
dengan kapasitas mesin yang besar.
Venturi
1. Venuturi Tetap, pada tipe ini ukuran venturi selalu tetap. Pedal gas mengatur katup
udara yang menentukan besarnya aliran udara yang melewati venturi sehigga
menentukan besarnya tekanan untuk menarik bahan bakar.
2. Venturi bergerak, pada tipe ini pedal gas mengatur besarnya venturi dengan
menggunakan piston yang dapat naik-turun sehingga membentuk celah venturi yang
dapat berubah-ubah. Naik-turunnya piston venturi ini disertai dengan naik-turunnya
needle jet yang mengatur besarnya bahan bakar yang dapat tertarik serta dengan aliran

Bahkan sempat menjadi trend modifikasi sepeda motor di Indonesia penggunaan multi-carbu (banyak karburator) namun biasanya hal ini hanya digunakan sebagai hiasan saja tanpa ada fungsi teknisnya. Prinsip Kerja Pada dasarnya karburator bekerja menggunakan Prinsip Bernoulli: semakin cepat udara bergerak maka semakin kecil tekanan statis-nya namun makin tinggi tekanan dinamisnya. namun ada pula yang menggunakan satu karburator untuk tiap silinder yang dimiliki. Pedal gas pada mobil sebenarnya tidak secara langsung mengendalikan besarnya aliran bahan bakar yang masuk kedalam ruang bakar. Keuntungan desain ini adalah dapat menghindari terjadinya mesin banjir. . Udara bergerak dalam karburator inilah yang memiliki tekanan untuk menarik serta bahan bakar masuk kedalam ruang bakar. karburator aliran kebawah (downdraft) dan aliran kesamping (sidedraft) mulai popouler digunakan untuk otomotif. keuntungan lainnya adalah bagian bawah karburator dapat disambungkan dengan saluran oli supaya ada sedikit oli yang ikut kedalam aliran udara dan digunakan untuk membasuh filter udara. Operasional Pada setiap saat beroperasinya. Mulai akhir 1930-an. Mesinmesin generasi awal menggunakan karburator aliran keatas (updraft). karburator harus mampu: . Kebanyakan mesin berkarburator hanya memiliki satu buah karburator. namun dengan menggunakan filter udara berbahan kertas pembasuhan menggunakan oli ini sudah tidak diperlukan lagi sekarang ini. Pedal gas sebenarnya mengendalikan katup dalam karburator untuk menentukan besarnya aliran udara yang dapat masuk kedalam ruang bakar. karena kelebihan bahan bakar cair akan langsung tumpah keluar karburator dan tidak sampai masuk kedalam intake mainfold. Tipe ini disebut juga "tekanan tetap" karena tekanan udara sebelum memasuki venturi selalu sama. dimana udara masuk melalui bagian bawah karburator lalu keluar melalui bagian atas.udara.

tapi kenyataannya. Mengatur besarnya aliran udara yang masuk kedalam ruang bakar  Menyalurkan bahan bakar dengan jumlah yang tepat sesuai dengan aliran udara yang masuk kedalam ruang bakar sehingga rasio bahan bakar/udara tetap terjaga. Karburator harus mampu beroperasi dalam keadaan:  Start mesin dalam keadaan dingin  Start dalam keadaan panas  Langsam atau berjalan pada putaran rendah  Akselarasi ketika tiba-tiba membuka gas  Kecepatan tinggi dengan gas terbuka penuh  Kecepatan stabil dengan gas sebagian terbuka dalam jangka waktu yang lama Karburator modern juga harus mampu menekan jumlah emisi kendaraan . gaya gesek fluida. dan sebagainya karbrator menjadi sangat kompleks dalam mengatasi keadaan tidak ideal ini. dengan sifat alami mereka. yaitu adanya viskositas. tekanan udara. Juga karburator harus tetap mampu memproduksi campuran bensin/udara yang tepat dalam kondisi apapun. putaran mesin. karena karburator harus beroperasi dalam temperatur. dan gaya sentrifugal yang sangat beragam. inersia fluida.  Mencampur airan udara dan bahan bakar dengan rata dan sempurna Hal diatas bakal mudah dilakukan jika saja bensin dan udara adalah fluida ideal.

yaitu dari satu ujung permukaannya lebar lalu menyempit dibagian tengah kemudian melebar lagi di ujung satunya. Banyaknya campuran udara/bahan bakar inilah yang menentukan besar tenaga dan/atau kecepatan gerak mesin. keberadaan katup ini tidak ditemukan karena yang mengatur besarnya aliran udara/bahan bakar adalah ukuran venturi itu sendiri yang dapat berubah-ubah. Namun pada tipe venturi bergerak. grip gas dihubungkan langsung dengan katup ini melalui kabel. dalam pipa ini udara bergerak menuju intake mainfold menuju kedalam mesin/ruang bakar. yaitu semacam cakram yang dapat berputar untuk menutup dan membuka pergerakan aliran udara sehingga dapat mengatur banyaknya campuran udara/bahan bakar yang masuk dalam ruang bakar. Pada tipe venturi tetap. Bentuk ini menyebabkan kecepatan aliran udara meningkat ketika melewati bagian yang sempit. Tekanan rendah dari udara yang bergerak dalam venturi .Dasar Skema potongan melintang sebuah karburator tipe aliran turun venturi tetap single barel Karburator pada dasarnya merupakan pipa terbuka dikedua ujungnya. Pipa ini berbentuk venturi. diujung karburator dilengkapi dengan katup udara berbentuk kupukupu yang disebut sebagai throttle valve (katup gas). atau pada sepeda motor. Pedal gas. Pedal atau grip gas dihubungkan dengan piston yang mengatur celah sempit dalam venturi Bahan bakar disemburkan kepada aliran udara melalui saluran-saluran kecil yang terdapat dalam ruang sempit dalam venturi.

elektronik atau campuran dari keduanya. dan juga memberikan tenaga keluaran yang lebih. . Kebanyakan mobil yang diproduksi pada awal 1980-an telah menggunakan injeksi bahan bakar elektronik terkomputerisasi. baik dalam proporsi dan keseragaman. Buka gas dari langsam Ketika handle gas dibuka sedikit dari posisi tertutup penuh. Pada bagian ini karburator menyediakan jet yang lebih banyak dari bagian lainnya untuk meratakan distribusi bahan bakar dalam aliran udara. ada bagian venturi yang memiliki tekanan lebih rendah akibat tertutup katup yang sedang berputar. ECU) untuk menghitung jumlah bahan bakar yang diperlukan. Injeksi bahan bakar dapat berupa mekanikal. Karburator Karburator adalah sebuah alat yang mencampur udara dan bahan bakar untuk sebuah mesin pembakaran dalam.menarik bahan bakar dari mangkuk karburator sehingga bahan bakar ini tersembur dan ikut aliran udara. Saluran-saluran ini disebut jet. Sistem elektronik modern menggunakan banyak sensor untuk memonitor kondisi mesin. Mayoritas motor masih menggunakan karburator dikarenakan lebih ringan dan murah. Sistem awal berupa mekanikal namun sekitar 1980 mulai banyak menggunakan sistem elektronik. Oleh karena itu injeksi bahan bakar dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi polusi. Penggunaan injeksi bahan bakar akan meningkatkan tenaga mesin bila dibandingkan dengan penggunaan karburator. dan sebuah unit kontrol elektronik (electronic control unit. namun pada 2005 sudah banyak model baru diperkenalkan dengan injeksi bahan bakar. 3. Injeksi Injeksi bahan bakar adalah sebuah teknologi digunakan dalam mesin pembakaran dalam untuk mencampur bahan bakar dengan udara sebelum dibakar. Dan injeksi bahan bakar juga dapat mengontrol pencampuran bahan bakar dan udara yang lebih tepat. 1. 2.

mendapat masukkan/input dari sensor-sensor mengolahnya kemudian memberi keluaran/output untuk saat dan jumlah injeksi. . Fuel Pump Menghasilkan tekanan BBM yang siap diinjeksikan.4. kondisi mesin dingin membutuhkan BBM lebih banyak. Pressure Regulator Mengatur kondisi tekanan BBM selalu tetap (55~60psi). ECU – Electrical Control Unit Pusat pengolah data kondisi penggunaan mesin. Temperature Sensor Memberi masukan ke ECU kondisi suhu mesin. saat pengapian. Karburator EFI BBM dihisap oleh mesin BBM diinjeksikan/disemprotkan ke dalam mesin Pengapian Terpisah Sistem Pengapian menyatu Komponen-komponen dasar EFI Setiap jenis atau model sepedamotor mempunyai desain masing-masing namun secara garis besar terdapat komponen-komponen berikut.

hanya langkah hisap yang membutuhkan buka INJECTOR. Throttle Sensor Memberi masukan ke ECU posisi dan besarnya bukaan aliran udara. bukaan besar membutuhkan buka INJECTOR yang lebih lama. pada dataran rendah (pantai) O2 lebih padat. membutuhkan BBM lebih banyak. Camshaft Sensor Memberi masukan ke ECU posisi langkah mesin.Inlet Air Temperature Sensor Memberi masukan ke ECU kondisi suhu udara yang akan masuk ke mesin. putaran tinggi membutuhkan buka INJECTOR yang lebih cepat. . membutuhkan BBM lebih banyak. membutuhkan BBM lebih banyak. Crankshaft Sensor Memberi masukan ke ECU posisi dan kecepatan putaran mesin. udara dingin O2 lebih padat. Atmospheric Pressure Sensor memberi masukan ke ECU kondisi tekanan udara lingkungan sekitar sepedamotor. Inlet Air Pressure Sensor Memberi masukan ke ECU kondisi tekanan udara yang akan masuk ke mesin. udara bertekanan (pada tipe sepedamotor ini hulu saluran masuk ada diantara dua lampu depan) O2 lebih padat.

Software yang dapat masuk ke dalam memory ECU – hanya dimiliki oleh ATPM atau dealer. buka INJECTOR berbeda. walaupun ada pengukur tekanan udara (inlet air pressure sensor) pasokkan BBM hanya berubah sedikit. jika motor terjatuh dengan kondisi mesin hidup maka ECU akan menghentikan kerja FUEL PUMP. INJECTOR. Tabel ECU standar biasanya tidak dapat dirubah. . Vehicle-down Sensor Memberi masukan ke ECU kondisi sepedamotor. Piggyback alat tambahan diluar ECU . 2.Jika ada perubahan dari kondisi standar misalnya filter udara diganti atau dilepas. karena dapat menyesuaikan takaran BBM sesuai kebutuhan mesin standar. hal ini dapat dilakukan dengan: 1. untuk keamanan dan keselamatan. Speed Sensor Memberi masukan ke ECU kondisi kecepatan sepedamotor. membuka dan menutup berdasarkan perintah dari ECU. di dalam ECU terdapat tabel BBM yang akan dikirim melalui Injector sesuai kondisi mesin standar.Fuel Injector / Injector Gerbang akhir dari BBM yang bertekanan. fungsi utama menyemprotkan BBM ke dalam mesin. akhirnya sepedamotor akan berjalan tidak normal karena O2 terlalu banyak (lean mixture). Electronic Fuel Injection memang lebih unggul dibanding karburator. memainkan gas di lampu merah dibanding kecepatan 90km/jam.bekerja dengan cara memanipulasi sinyal yang dikirim ke Injector untuk membuka lebih lama. Untuk mesin modifikasi memerlukan modifikasi tabel dalam ECU. karena tujuan utama EFI adalah pengurangan kadar emisi gas buang beracun.ECU diprogram untuk kondisi mesin standar sesuai model sepedamotor. IGNITION.

perawatannya susah dll. Sementara karburator masih mengandalkan hisapan yang diperoleh dari pergerakan piston pada silinder. sesuai modifikasi. mending kita cari tahu apa beda karburator dengan injeksi. Ternyata karburator atau injeksi mempunyai tugas yang sama yaitu mencampurkan bahan bakar dengan udara untuk kemudian menyalurkannya kedalam ruang bakar. yang tugasnya menyemprotkan bensin ke ruang bakar. . sesuai kondisi sirkuit. Tapi dengan bantuan mbah google kita bisa cari info yang layak dipercaya. motor injeksi itu cepet rusaklah. Injeksi. sudah menggunakan peranti elektronik seperti injektor. kemudian terjadi pembakaran pada mesin. spare partnya mahal.3. So daripada berspekulasi. Tukar ECU aftermarket yang dapat diprogram tabel memory-nya. boroslah. Pada proses penghisapan bensin ke ruang bakar. tentu muncul keraguan ketika mendengar motor injeksi. Yang terbayang dalam benak kita (biasanya hasil bisikan temen). BEDA INJECSI DAN KARBURATOR Bagi kita yang bisa dibilang awam tentang teknologi motor. Nah bedanya ada beberapa biji yaitu : 1.

4. dan ramah lingkungan. Cukup membuka saringan udara. Siap-siap nih ganti mio Soulku dengan Yamaha Mio J yang sudah pake sistem injeksi. hisapan ini membuat udara dari luar masuk ke dalam karburator. Karena sudah menggunakan peranti elektronik. Sistem injeksi jauh lebih sederhana. . tergantung dari pergerakan piston tersebut. Gas ini akan masuk ke dalam ruang bakar di mesin untuk kemudian dibakar.Cara Kerja Karburator Mesin Terlengkap Label: mesin Pada waktu sepeda motor dihidupkan piston dalam silinder melakukan langkah hisap. sehingga mengakibatkan tekanan udara mejadi rendah. karena pembakaran selalu sempurna. perawatan jadi sederhana karena semua diatur perangkat elektronik. Sehingga kita gak harus bolak-balik ke SPBU apalagi ukuran tangki bahan bakarnya lebih besar (4. Bensin yang naik keluar bercampur dengan udara menjadi kabut/gas yang merupakan campuran udara dengan bensin. bensin disedot dengan pergerakan naik-turun piston. sehingga didapat hasil pembakaran yang efisien. Pada sistem penyaluran bensin ke ruang bakar karburator masih menggunakan bukatutup skep. Sementara karburator. Mesinnya masih 115cc.8 liter). efisien.2. berpendingin udara tapi sudah ada YMJet Fi. jadi lebih efisien dan ramah lingkungan. terutama saat melakukan servis. jadi berapa volume bensin yang dikeluarkan. harus membongkar badan karbu untuk membersihkannya. kayaknya kita gak perlu ragu lagi dengan motor injeksi. Sedangkan karburator. 4-tak SOHC. Kecepatan udara mengalir melewati spuyer kecil. Prinsip kerja karburator sebenarnya hampir mirip dengansemprotan obat nyamuk. So. akibatnya bensin dalam ruang pelampung ikut terhisap naik keluar melalui spuyer kecil. Sistem injeksi bisa menyeimbangkan volume bensin yang disemprotkan ke ruang bakar dengan kebutuhan mesin. Katanya sih konsumsi bahan bakarnya sangat irit 55kpl. maka volume bensin yang masuk ruang bakar sudah presisi. Tingkat kecepatan putaran mesin dapat dibagi atas 4 tahap yaitu . kemudian dibersihkan. sementara sistem injeksi sudah menggunakan injektor secara elektronik. 3.

Bila putaran mesin tidak normal. yang berpengaruh adalah besarnya lubang spuyer besar/ main jet. namun pada 2005 sudah banyak model baru diperkenalkan dengan injeksi bahan bakar. Pada putaran ini pula yang bekerja adalah spuyer kecil atau pilot jet. pada putaran ini yang berpengaruh adalah sekrup penyetel udara dan coakan pada skep.Putaran stasioner (langsam) : Pada posisi ini handle gas tidak diputar atau lepas gas. sementara spuyer kecil lebih sedikit memancarkan bensinnya. Kebanyakan mobil yang diproduksi pada awal 1980-an telah menggunakan injeksi bahan bakar elektronik terkomputerisasi. sedangkan main jet sama sekali tidak bekerja. Pilot jet / spuyer kecil masih tetap bekerja untuk memancarkan bensin. 2. . Karburator adalah sebuah alat yang mencampur udara dan bahan bakar untuk sebuah mesin pembakaran dalam. pada putaran ini dipengaruhi oleh sekrup penyetel udara dan sekrup penyetel gas. maka penyebabnya adalah kedua sekrup penyetelan itu.1. Mayoritas motor masih menggunakan karburator dikarenakan lebih ringan dan murah. Bensin hanya memancar keluar melalui pilot jet untuk Bercampur Dengan udara. Pada saat ini yang memancarkan bensin adalah spuyer besar atau main jet. Sementara spuyer kecil tidak bekerja memancarkan bensin.Putaran rendah : Pada saat ini posisi handle gas diputar sampai 1/8 putaran. yang berpengaruh pada putaran ini adalah coakan skep dan posisi jarum skep. sementara spuyer besar / main jet ikut memancarkan bensin namun masih dalam jumlah yang lebih sedikit. Pada putaran ini spuyer besar atau main jet bekerja lebih banyak memancarkan bensin .Putaran menengah : Pada putaran ini posisi handle gas pada putaran 1/8 sampai 3/4.Putaran tinggi : Posisi handle gas pada putaran 3/4 sampai penuh. Karburator masih digunakan dalam mesin kecil dan dalam mobil tua atau khusus seperti yang dirancang untuk balap mobil stock. 4. 3.

Prinsip Kerja Pada dasarnya karburator bekerja menggunakan Prinsip Bernoulli: semakin cepat udara bergerak maka semakin kecil tekanan statis-nya namun makin tinggi tekanan dinamis-nya. Bahkan sempat menjadi trend modifikasi sepeda motor di Indonesia penggunaan multi-carbu (banyak karburator) namun biasanya hal ini hanya digunakan sebagai hiasan saja tanpa ada fungsi teknisnya. dimana udara masuk melalui bagian bawah karburator lalu keluar melalui bagian atas. Mesinmesin generasi awal menggunakan karburator aliran keatas (updraft). Pedal gas pada mobil sebenarnya tidak secara langsung mengendalikan besarnya aliran bahan bakar yang masuk kedalam ruang bakar. keuntungan lainnya adalah bagian bawah karburator dapat disambungkan dengan saluran oli . Kebanyakan mesin berkarburator hanya memiliki satu buah karburator. Udara bergerak dalam karburator inilah yang memiliki tekanan untuk menarik serta bahan bakar masuk kedalam ruang bakar. namun ada pula yang menggunakan satu karburator untuk tiap silinder yang dimiliki. Keuntungan desain ini adalah dapat menghindari terjadinya mesin banjir. karena kelebihan bahan bakar cair akan langsung tumpah keluar karburator dan tidak sampai masuk kedalam intake mainfold. Pedal gas sebenarnya mengendalikan katup dalam karburator untuk menentukan besarnya aliran udara yang dapat masuk kedalam ruang bakar.

tapi kenyataannya. Karburator harus mampu beroperasi dalam keadaan: * Start mesin dalam keadaan dingin * Start dalam keadaan panas * Langsam atau berjalan pada putaran rendah * Akselarasi ketika tiba-tiba membuka gas * Kecepatan tinggi dengan gas terbuka penuh * Kecepatan stabil dengan gas sebagian terbuka dalam jangka waktu yang lama Karburator modern juga harus mampu menekan jumlah emisi kendaraan . namun dengan menggunakan filter udara berbahan kertas pembasuhan menggunakan oli ini sudah tidak diperlukan lagi sekarang ini. karena karburator harus beroperasi dalam temperatur. yaitu adanya viskositas. karburator harus mampu: * Mengatur besarnya aliran udara yang masuk kedalam ruang bakar * Menyalurkan bahan bakar dengan jumlah yang tepat sesuai dengan aliran udara yangmasuk kedalam ruang bakar sehingga rasio bahan bakar/udara tetap terjaga. dengan sifat alami mereka. karburator aliran kebawah (downdraft) dan aliran kesamping (sidedraft) mulai popouler digunakan untuk otomotif Saat Beroperasi Pada setiap saat beroperasinya. dan sebagainya karbrator menjadi sangat kompleks dalam mengatasi keadaan tidak ideal ini. putaran mesin. inersia fluida. dan gaya sentrifugal yang sangat beragam.supaya ada sedikit oli yang ikut kedalam aliran udara dan digunakan untuk membasuh filter udara. * Mencampur airan udara dan bahan bakar dengan rata dan sempurna Hal diatas bakal mudah dilakukan jika saja bensin dan udara adalah fluida ideal. Juga karburator harus tetap mampu memproduksi campuran bensin/udara yang tepat dalam kondisi apapun. gaya gesek fluida. Mulai akhir 1930-an. tekanan udara.

Piston pertama kali berada di posisi atas (atau disebut Titik Mati Atas). Untuk membuka. Camshaft sendiri digerakan oleh rantai keteng yang disambungkan antara camshaft ke crankshaft. Intake Disebut langkah intake karena langkah pertama adalah menghisap melalui piston dari karburator. Yakni. Lalu piston menghisap bahan bakar yang sudah disetting/dicampur antara bensin dan udara di karburator. Cara kerjanya adalah sbb. Berikut adalah detail dari setiap proses. 1. camshaft mengatur besaran bukaan klep dengan cara menekan tuas klep. . Piston lalu mundur menghisap bahan bakar.Mengapa mesin disebut 4 tak. karena memang ada 4 langkah. lihat gambar berikut. Gerakan valve atau inlet diatur oleh camshaft secara mekanis. Pasokan bahan bakar tidak cukup hanya dari semprotan karburator. diperlukan klep atau valve inlet yang akan membuka pada saat piston turun/menghisap ke arah bawah. Untuk detilnya.

2. Jika pada titik 0 derajat busi meledak. bahan bakar yang sudah ada di ruang bakar dimampatkan. Dengan demikian. Oleh karena itu. lalu valve intake tertutup. 4. Ruangan sudah tertutup rapat karena kedua valve (intake dan exhaust) tertutup. A akan menutup sampai batas tertentu sebelum langkah kedua : kompresi. maka A terbuka sekaligus bahan bakar ditarik masuk ke ruang bakar. Combustion(Pembakaran) Tahap berikut adalah busi pada titik tertentu akan meledak setelah PISTON BERGERAK MENCAPAI TITIK MATI ATAS DAN MUNDUR BEBERAPA DERAJAT. Jadi. maka gas buang akan terdorong masuk ke lubang Exhaust Port (atau kita bilang lubang sambungan ke knalpot). tetapi crankshaft (P) terhubung dengan camshaft (I). Rantai keteng tidak terlihat karena akan sulit digambarkan di atas. tetapi umumnya di mobil Jepang menggunakan belt yang kita kenal sebagai timing belt. bukan memutar roda ke depan). atau disebut Titik Mati Bawah. rantai. bisa jadi piston mundur tetapi mengengkol crankshaft ke arah belakang (motor mundur ke belakang. dan dilakukan proses kompresi. Exhaust (Pembuangan) Langkah terakhir ini dilakukan setelah pembakaran. Setelah piston mencapai titik terbawah di tahapan intake. Piston akibat pembakaran akan terdorong hingga ke titik yang paling bawah. 3. Kompresi Langkah ini adalah lanjutan dari langkah di atas. Dengan demikian. Setelah itu. maka piston memiliki energi untuk mendorong crankshaft yang nantinya akan dialirkan melalui gearbox dan sproket. piston akan mendorong ke depan dan klep exhaust membuka sementara klep intake tertutup. masih ada energi laten (yang tersimpan akibat dorongan proses kompresi). Proses ini terus berjalan sampai langkah berikut yakni meledaknya busi di langkah ke 3. pada saat piston turun.Perhatikan bahwa A adalah Intake Valve (klep masuk bahan bakar) dan klep ini ditekan (membuka) karena I (camshaft) menekan valve A. tetapi piston mundur dulu. Beberapa mobil Eropa seperti Mercedez menggunakan rantai sebagai penghubung antara crankshaft dan camshaft. Hal ini karena untuk menghindari adanya energi yang terbuang sia-sia karena pada saat piston di titik mati atas. Setelah proses pembakaran. dan terakhir ke roda. busi tidak meledak pada saat piston di titik paling atas (disebut titik 0 derajat). baru meledak. Yakni. maka kita bisa membuang semua .

Kalau membuat sendiri. Yang termasuk jenis Regulator Bertekanan diantaranya adalah Regulator LPG untuk kompor. yaitu Regulator Bertekanan dan Regulator Zero Governoor Pada Regulator Bertekanan. tekanan output gas lebih rendah sedikit dari tekanan udara (atmosfitr). Kalau kita buka di udara terbuka naple dari Regulator ini. ATAU sebaliknya. Ada dua jenis Regulator yang dibedakan berdasarkan tekanan output terhadap tekanan udara (atmosfir). Banyaknya gas yang keluar tergantung dari pengaturan tekanan dan besar lubang output (debit gas) pada Regulator. JENIS REGULATOR yang digunakan dalam sebuat KONVERTER KIT tergantung dari JENIS KARBURATOR yang digunakan. Gas akan keluar jika ada penurunan tekanan di luar regulator (kita sebut dihisap). tekanan output gas lebih tinggi dari tekanan udara (atmosfir). Dan setelah bersih kembali. gas akan selalu keluar. ya sama saja mahal jatuhnya . SANGAT tergantung dari JENIS REGULATOR yang digunakan. Jadi kalau kita buka di udara terbuka naple (output gas) dari Regulator ini. lalu kita akan masuk lagi mengulangi langkah ke 1 lagi. Pada Konverter Kit yang menggunakan Karburator Venturi Harus Menggunakan jenis regulator zero governoor Harga Regulator Zero Governoor cukup mahal dan itupun sulit didapat. Pada Konverter Kit yang menggunakan sisem injeksi haru menggunakan jenis regulator bertekanan Pada Regulator Zero Governoor. Memahami Prinsip Dasar Kerja Karburator LPG (Mixer) Dalam sebuah KONVERTER KIT cara kerja Karburator gas (LPG atau CNG) tidak semuanya sama. gas tidak akan keluar.sisa gas buang akibat pembakaran. Banyaknya gas yang keluar tergantung dari besarnya penurunan tekanan luar dan besarnya lubang (orifice) pada Regulator ini.

Kita Modifikasi Regulator LPG bertekanan agar bekerja seperti (atau mendekati) sebuah Regulator Zero Governoor. Modifikasi Karburator Venturi menjadi Karburator LPG karena menggunakan regulator LPG bertekanan rendah (setelah modifikasi) gas yang keluar mutlak harus diatur (dikonrol) menggunakan alat pengatur pada karburator LPG kita. kalau tak ada gas pengatur. akan ada gas liiar tak terkontrol jumlahnya (walaupun jumlahnya sedikit) yang membuat mesin abnormal. Karburator LPG mensuplai udara dan gas pada saat Putaran Idle ataupun saat Load Running. ALAT PENGATUR udara dan gas untuk Putaran Idle 2. Kembali lagi ke pembahasan di atas maka pada karburator LPG harus ada : 1. dan ALAT PENGATUR udara dan gas untuk Putaran Load Running .Pertanyaan??? Apa bisa karburator venturi menggunakan regulator bertekanan??? ya jelas tidak jadi bagaimana solusinya adalah…… Kita Modifikasi Karburator Venturi agar bekerja seperti (atau mendekati) sebuah Injektor gas LPG. Ini adalah jalan tengah agar Konverter Kit kita dapat berfungsi dengan baik.

Skema Dasar Karburator LPG Perhatikan skema dasar kerja Karburator LPG di atas.Gambar 1. Udara dan Gas yang masuk ke dalam Karburator LPG kemudian diatur masing-masing oleh alat pengaur untuk menghasilkan campuran udara dan gas yang kemudian digunakan untuk puaran idle dan putaran load running. Jadi sebuah Karburator LPG (harus) memiliki: Alat pengatur udara untuk putaran idle (gambar 2) Alat pengatur gas untuk putaran idle (gambar 2) Alat pengatur udara untuk putaran load running (gambar 3) Alat pengatur gas untuk putaran load running (gambar 3) .

Gambar 2.Alat pengatur putaran load running Jadi pastikan bahwa keempat alat pengatur ini ada dalam Karburator LPG kita. Cara kerja mesin efi MOBIL TANPA KARBURATOR DAN PLATINA . Alat pengaturan putaran idle Gambar 3.

sistem rem. serta trouble shooting dan penanganannya. pembongkaran. Sedangkan alat yang elakukan nya dinamakn karburator. sistem pemindahan tenaga. sistem bahan bakar. Mobil trainer ini dirancang lengkap meliputi sistem kelistrikan bodi. Juga berguna untuk praktek diagnosa. Juga berguna untuk praktek diagnosa. Proses pemasukan bahan bakar kedalam silinder dinamakan karburasi. pembongkaran. HB-S0015K-LO CAR TRAINER STAND KONVENSIONAL Mobil trainer ini sangat bermanfaat untuk pembelajaran mengenai konstruksi. Untuk itu fungsi dari karburator antara lain: Untuk mengatur udara dan bahan bakar ke dalam saluran isap. sistem bahan bakar. HB-S0017K-LO CAR TRAINER STAND EFI 7K Mobil trainer mesin system EFI ini sangat bermanfaat untuk pembelajaran mengenai konstruksi. perakitan dan pengetesan sistem kendaraan. cara kerja dan pengenalankomponen-komponen kendaraan. Mobil trainer ini dirancang lengkap meliputi sistem kelistrikan bodi. Mobil trainer ini cocok untuk uji kompetensi keahlian dasar mekanik. sistem pemindahan tenaga. Untuk mengatur perbandingan bahan bakar-udara pada berbagai beban kecepatan motor. cara kerja dan pengenalan komponen-komponen kendaraan.Sensor-sensor pada ECU Karburator merupakan bagian dari mesin yang bertugas dalam sistem pengabutan(pemasukan bahan bakar ke dalam silinder). serta trouble shooting dan penanganannya. Mobil trainer ini cocok untuk uji kompetensi keahlian mekanik mesin EFI. Mencampur bahan bakar dan udara secara merata. perakitan dan pengetesan sistem kendaraan. sistem rem. .

meliputi overhaul carburator. volume injector dan komponen-komponen start dingin. Juga cocok untuk uji kompetensi mekanik spesialis mesin EFI. sistem pengapian. sistem pengapian. sistem pelumasan. komponen-komponen dan sistem kerja dari masing-masing komponen mesin bensin. sistem stater serta sistem pengisian. HB-T001D4-LO DIESEL ENGINE TRAINER STAND Trainer ini sangat bermanfaat untuk praktik pengenalan. konstruksi komponen-komponen dan sistem kerja masing-masing komponen mesin diesel. tekanan bahan bakar. sistem pelumasan. meliputi overhaul EFI. HB-T0017K-LO GASOLINE ENGINE STAND 7K EFI Trainer ini sangat cocok untuk praktik pengetesan Electronic Fuel Injection System meliputi. sistem stater serta sistem pengisian HB-T0015K-LO GASOLINE ENGINE TRAINER STAND Trainer mesin ini sangat sesuai untuk pelatihan mekanik dasar dalam mengenal konstruksi.HB-T0015A-LO GASOLINE ENGINE STAND 5A FE (EFI) Trainer mesin ini sangat sesuai untuk pelatihan mekanik Mesin Sistem EFI dalam mengenal konstruksi. komponen-komponen dan sistem kerja dari masing-masing komponen mesin bensin. kontrol pompa bahan bakar. Juga sesuai untuk praktik overhaul mesin bensin. injector start dingin. rangkaian bahan bakar. Juga sesuai untuk praktik overhaul mesin bensin. Juga berguna untuk pengenalan .

perakitan pengetesan sistem bahan bakar. HB-T002T4-LO GASOLINE ENGINE STAND+TRANSMISSION (4 SPEED) Trainer mesin ini sangat sesuai untuk pelatihan mekanik dasar dalam mengenal konstruksi. pembongkaran. HB-T002T5-LO GASOLINE ENGINE STAND+TRANSMISSION (5 SPEED) . meliputi overhaul carburator. sistem pelumasan. trouble shooting dan pemecahan permasalahan mesin diesel. sistem stater serta sistem pengisian.kontruksi. komponen-komponen dan sistem kerja dari masing-masing komponen mesin bensin dan system transmisinya. Juga berguna untuk pengenalan kontruksi. sistem pengapian. perakitan pengetesan sistem bahan bakar. HB-T002DT-LO DIESEL ENGINE STAND+TRANSMISSION Trainer ini sangat bermanfaat untuk praktik pengenalan. konstruksi komponen-komponen dan sistem kerja masing-masing komponen mesin diesel besrte transmisinya. Juga sesuai untuk praktik overhaul mesin bensin. pembongkaran. trouble shooting dan pemecahan permasalahan mesin diesel dan transmisinya.

sistem pelumasan. Juga sesuai untuk praktik overhaul mesin bensin. komponen-komponen dan sistem kerja dari masing-masing komponen mesin bensin dan system transmisinya. sistem pelumasan. sistem stater serta sistem pengisian. HB-T002TA-LO GASOLINE ENGINE STAND 5A FE (EFI)+AUTOMATIC TRANSMISSION Trainer mesin ini sangat sesuai untuk pelatihan mekanik Mesin Sistem EFI beserta system transmisi dalam mengenal konstruksi. sistem stater serta sistem pengisian.Trainer mesin ini sangat sesuai untuk pelatihan mekanik dasar dalam mengenal konstruksi. sistem pengapian. meliputi overhaul EFI. meliputi overhaul carburator. Sistem Injeksi . sistem pengapian. komponen-komponen dan sistem kerja dari masingmasing komponen mesin bensin. Juga sesuai untuk praktik overhaul mesin bensin.

sistem EFI harus dapat mensuplai sejumlah bahan bakar yang disemprotkan agar dapat bercampur dengan udara dalam perbandingan campuran yang tepat sesuai kondisi putaran dan beban mesin. Sedangkan sistem injeksi elektronis atau yang lebih dikenal dengan Electronic Fuel Injection (EFI). Istilah sistem EFI pada Honda adalah PGM-FI (Programmed Fuel Injection) atau sistem bahan bakar yang telah terprogram. Prinsip Kerja Sistem EFI Istilah sistem injeksi bahan bakar (EFI) dapat digambarkan sebagai suatu sistem yang menyalurkan bahan bakarnya dengan menggunakan pompa pada tekanan tertentu untuk mencampurnya dengan udara yang masuk ke ruang bakar. Penggunaan sistem bahan bakar injeksi pada sepeda motor komersil di Indonesia sudah mulai dikembangkan.1. PGM-FI (Programmed Fuel Injenction) dan Engine Management. yaitu pada langkah hisap. Pada sistem EFI dengan mesin berbahan bakar bensin. yaitu pada Supra X 125. Sistem injeksi mekanis disebut juga sistem injeksi kontinyu (K-Jetronic) karena injektor menyemprotkan secara terus menerus ke setiap saluran masuk (intake manifold). dan menghasilkan kandungan racun (emisi) gas buang yang lebih sedikit sehingga bisa lebih ramah terhadap lingkungan. kelebihan dari mesin dengan bahan bakar tipe injeksi ini adalah lebih mudah dihidupkan pada saat lama tidak digunakan. serta tidak terpengaruh pada temperatur di lingkungannya. dimulai dari sistem injeksi mekanis kemudian berkembang menjadi sistem injeksi elektronis. Secara umum. pemakaian bahan bakar yang ekonomis (iriit). penggantian sistem bahan bakar konvensional ke sistem EFI dimaksudkan agar dapat meningkatkan unjuk kerja dan tenaga mesin (power) yang lebih baik. Sistem Bahan Bakar Injeksi Sistem bahan bakar tipe injeksi merupakan langkah inovasi yang sedang dikembangkan untuk diterapkan pada sepeda motor. Pada saat inlet valve terbuka. Selain itu. Salah satu contohnya adalah pada salah satu tipe yang di produksi Astra Honda Mesin. Sistem EFI kadang disebut juga dengan EGI (Electronic Gasoline Injection). EPI (Electronic Petrol Injection). 2. udara yang masuk ke ruang bakar sudah bercampur dengan bahan bakar. Secara ideal. akselarasi yang lebih stabil pada setiap putaran mesin. pada umumnya proses penginjeksian bahan bakar terjadi di bagian ujung intake manifold/manifold masuk sebelum inlet valve (katup/klep masuk). volume dan waktu penyemprotannya dilakukan secara elektronik. Tipe injeksi sebenarnya sudah mulai diterapkan pada sepeda motor dalam jumlah terbatas pada tahun 1980-an. kondisi suhu kerja mesin dan .

Sistem harus dapat mensuplai jumlah bahan bakar yang bervariasi. pompa bahan bakar (fuel pump). a) sistem bahan bakar (fuel system). b) sistem kontrol elektronik (electronic control system). agar perubahan kondisi operasi kerja mesin tersebut dapat dicapai dengan unjuk kerja mesin yang tetap optimal. tentu kerja sistem EFI akan lebih baik sehingga bisa menghasilkan unjuk kerja mesin yang lebih optimal pula. maka pengaturan koreksi yang diperlukan untuk mengatur perbandingan bahan bakar dan udara yang sesuai dengan kondisi kerja mesin akan semakin sempurna. Ketiga sistem utama ini akan dibahas satu persatu di bawah ini. saringan bahan bakar (fuel filter). 3. Semakin lengkap komponen sistem EFI yang digunakan. pipa/slang penyalur (pembagi). Dengan semakin lengkapnya komponen-komponen sistem EFI (misalnya sensor-sensor). Sistem Bahan Bakar Komponen-komponen yang digunakan untuk menyalurkan bahan bakarke mesin terdiri dari tangki bahan bakar (fuel pump). Konstruksi Dasar Sistem EFI Secara umum. Gambar di bawah ini memperlihatkan contoh skema rangkaian sistem EFI pada Yamaha GTS1000 dan penempatan komponen sistem EFI pada Honda Supra X 125. dan c) sistem induksi/pemasukan udara (air induction system). dan injektor/penyemprot bahan bakar. membersihkan. yaitu.suhu atmosfir saat itu. Sistem bahan bakar ini berfungsi untuk menyimpan. menyalurkan dan menyemprotkan . konstruksi sistem EFI dapat dibagi menjadi tiga bagian/sistem utama. Gambar Penempatan Komponen Sistem EFI Honda Supra X 125. pengatur tekanan bahan bakar (fuel pressure regulator). Jumlah komponen-komponen yang terdapat pada sistem EFI bisa berbeda pada setiap jenis sepeda mesin.

0 kgf/cm2. Fuel pump module. Adapun fungsi masing-masing komponen pada sistem bahan bakar tersebut adalah sebagai berikut: 1. biasanya sebelum katup masuk. menyemprotkan bahan bakar ke saluran masuk (intake manifold) sebelum. menyaring kotoran agar tidak terisap pompa bahan bakar. Slang dirancang harus tahan tekanan bahan bakar akibat dipompa dengan tekanan minimal sebesar tekanan yang dihasilkan oleh pompa. Gambar Konstruksi Fuel Pump Module 3. memompa dan mengalirkan bahan bakar dari tangki bahan bakar ke injektor. Fuel suction filter. Fuel Injector. 43 psi). namun ada juga yang ke throttle body. Contohnya pada Honda Supra X 125 PGM-FI tekanan dipertahankan pada 294 kPa (3.0 kgf/cm2. Lama dan banyaknya penyemprotan diatur oleh ECM (Electronic/Engine Control Module) atau ECU (Electronic Control Unit). Gambar Konstruksi Injektor Terjadinya penyemprotan pada injektor adalah pada saat ECU memberikan tegangan listrik ke solenoid coil injektor./menginjeksikan bahan bakar. 4. 2. Volume penyemprotan disesuaikan oleh waktu pembukaan nozel/injektor. Sistem Injection Pada Mobil . Bila bahan bakar yang dipompa menuju injektor terlalu besar (tekanan bahan bakar melebihi 294 kPa (3. Fuel pressure regulator. mengatur tekanan bahan bakar di dalam sistem aliran bahan bakar agar tetap/konstan. Dengan pemberian tegangan listrik tersebut solenoid coil akan menjadi magnet sehingga mampu menarik plunger dan mengangkat needle valve (katup jarum) dari dudukannya.Gambar Komponen EFI Honda Supra X 125 . Penyaluran bahan bakarnya harus lebih banyak dibandingkan dengan kebutuhan mesin supaya tekanan dalam sistem bahan bakar bisa dipertahankan setiap waktu walaupun kondisi mesin berubah¬ubah. 5. 43 psi)) pressure regulator mengembalikan bahan bakar ke dalam tangki. sehingga saluran bahan bakar yang sudah bertekanan akan memancar keluar dari injektor. Fuel feed hose. slang untuk mengalirkan bahan bakar dari tangki menuju injektor.

merupakan pengembangan lebih lanjut dari teknologi karburator. PENGERTIAN EFI (ELECTRONIK FUEL INJECTION) Mesin dengan karburator konvensional. electronic fuel injection juga dilengkapi electronic control unit yang berfungsi mengatur suplai bahan bakar pada mesin mobil setiap putaran mesin EFI Lebih akurat dan efisien dibandingkan karburator karena mampu menghasilkan campuran bahan bakar dan udara yang tepat dengan kondisi yang mudah terbakar pada ruang bakar.posisi katup throttle pengembunan oxygen di dalam exhaust pipe.Pada mesin modern dengan menggunakan sistem EFI maka jumlah bahan bakar di atur (dikontrol)lebih akurat oleh komputer dengan mengirimkan bahan bakarnya kesilinder melalui injktor.temperatur air pendingin. bedanya karburator bekerja secara mekanis sedangkan electronic fuel injection bekerja secara digital dengan pengaturan sinyal sinyal elektrik. EFI memiliki fungsi yang sama seperti halnya karburator.dan kondisi penting lainnya.jumlah bahan bakar yang diperlukan oleh mesin diatur oleh karburator.Komputer EFI mengatur jumlah bahan bakar untuk dikirim ke mesin pada saat penginjeksian dengan perbandingan udara dan bahan bakar yang optimal berdasarkan kepada karakteristik kerja . Sistem EFI menentukan jumlah bahan bakar yang optimal(tepat)disesuaikan dengan jumlah dan temperatur udara yang masuk.kecepatan mesin.EFI Electronic Fuel Injection pada mobil EFI Electronic Fuel Injection.

Sistem EFI terdiri dari sistem injeksi bahan bakar(fuel injection system) dan sistem koreksi injekdi ( injection corrective system).Tekanan dalam saluran bahan bakar(fuel line)dikontrol oleh preassure regulator. 3) SUSUSNAN DASAR SISTEM EFI Sistem EFI dapat dibagi menjadi 3 sistem fungsional yaitu: sistem bahan bakar(fuel system).sistem D-EFI tidak begitu akurat dibandingkan dengan sistem L-EFI. dan sistem pengontrol elektronik (electronic control system).  SISTEM BAHAN BAKAR Bahan bakar dihisap dari tangki oleh pompa bahan bakar yang dikirim dengan tekanan ke saringan bahan bakar yang tela disaring dikirim ke injektor dan cold starter injetor. airflow meter langsung mengukur jumlah udara yang mengalir melalui intake manifold.Bahan bakar diinjeksikan oleh injektor kedalam intake manifold sesuai .kelebihan bahan bakar dialirkan kembali ketangki melalui return line.mesin. Airflow meter mengukur jumlah udara dengan sangat akurat. Besarnya udara yang dihisap siukur langsung dengan tekanan udara dalam intake manifold (D-EFI sistem) atau dengan airflow meter pada sistem L-EFI 1) Sistem D-EFI (Manifold Pressure Control Type) Sistem D-EFI Mengukur Tekanan udara dalam intake manifold dan kemudian melakukan perhitungan umlah udara yang masuk. 2) Sistem L-EFI Dalam Sistem L-EFI.getaran pada baan bakar yang disebabkan oleh adanya penginjeksian diredam oleh pulsation damper.Sistem EFI menjamin perbandingan udara dan bahan bakar yang ideal dan efisiensi bahan bakar yang tinggi pada setiap saat. sistem induksi udara( air induction system).Tetapi karena tekanan udara dan jumlah dalam intake manifold tidak dalam konvensi yang tepat. MACAM MACAM SISTEM EFI Sistem EFI dirancang untuk mengukur jumlah udara yang dihisap dan untuk megontrol penginjeksian baan bakar yang sesuai. aiatem L-EFI dapat mengontrol penginjeksian bahan bakar lebih tepat dibandingkan sistem D-EFI.

air valve megalirkan udara langsung keintake camber dengan membypass throttle. Komputer menghitung dengan tepat jumla penginjeksian bahan bakar atas dasar signal tadi.Jumlah udara yang masuk dideteksi oleh airflow meter (LEFI) atau dengan manifold preassure sensor(D-EFI)  SISTEM PENGONTROL ELEKTRONIK (ELECTRONIC CONTROL SYSTEM) Sistem Pengontrol Elektronik ( Electronic Control System) termask sensor.Aliran udara masuk ke intake manifold kemudian keruang bakar(combustion chamber)bila mesin dalam keadaan dingin. Electronikc injektion System pada beberapa mesin dilengkapi dengan tahanan (resistor) dalam injektion sircuitnya untuk mencegah terjadinyapanas dan menstabilkan kerjanya injektor.besarnya pembukaan ini tergantung pada kecepatan aliran udara yang masuk ke intake chamber.Cold star injector menginjeksikan bahan bakar langsung ke air intake chamber saat cuaca dingin sehingga mesin dapat dihidupkan dengan mudah. dan mengirimkan signal penginjeksian yang diperlukan ke injektor-injektor.besarnya udara yang masuk kintake chamber ditentukan oleh lebarnya katup throttle terbuka. tempertaur udara..  SISTEM INDUKSI UDARA(AIR INDUCTION SISTEM) Udara bersih dari saringan udara (air cleaner)masuk ke airflow meter dengan membuka measuring plate. temperatur air pendingin. . saat akselerasi atau deselerasi kemudain mengirim signal ke komputer. beban mesin.sensor ( untuk mendeteksi kondisi kerja mesin) dan komputr yang menentukan ketetapan jumlah penginjeksian bahan bakar sesuai dengan signal yang diterima dari sensorsensor. Sensor-sensor ini mengukur jumlah udara yang dihisap.tanpa memperhatikan apakah throttle dalam keadaan membuka atau tertutup.dengan injection signal dari EFI komputer.Air valve mengirimkan udara secukupnya keintake chamber untuk menambah putaran sampai fast idle.

. 2. 3. Komponen-komponen dasar EFI Setiap jenis atau model sepedamotor mempunyai desain masing-masing namun secara garis besar terdapat komponen-komponen berikut : 1. Fuel Pump Menghasilkan tekanan BBM yang siap diinjeksikan.Sistem pompa bahan bakar pada sistem EFI juga dilengkapi dengan relay. kondisi mesin dingin membutuhkan BBM lebih banyak. Inlet Air Temperature Sensor Memberi masukan ke ECU kondisi suhu udara yang akan masuk ke mesin. 5. membutuhkan BBM lebih banyak.Pada sircuit komputer pada system EFI dilengkapi dengan maen relay untuk mencegah turunnya tegangan. Relay ini ahkan bekerja ketika mesin berputer dan mematikan pompa pada saat mesin mati.Colt star injektor bekerja ketika mesin di star pada saat dingin dan lamanya dikontrol oleh timer switch. ECU – Electrical Control Unit Pusat pengolah data kondisi penggunaan mesin. saat pengapian. udara dingin O2 lebih padat. 4. Inlet Air Pressure Sensor .Pressure Regulator Mengatur kondisi tekanan BBM selalu tetap (55~60psi). 6. mendapat masukkan/input dari sensor-sensor mengolahnya kemudian memberi keluaran/output untuk saat dan jumlah injeksi. Temperature Sensor Memberi masukan ke ECU kondisi suhu mesin.

INJECTOR. fungsi utama menyemprotkan BBM ke dalam mesin. bukaan besar membutuhkan buka INJECTOR yang lebih lama. Atmospheric Pressure Sensor memberi masukan ke ECU kondisi tekanan udara lingkungan sekitar sepedamotor. 8. Tentang Mesin Electronic Fuel Injection . Camshaft Sensor Memberi masukan ke ECU posisi langkah mesin. 7. pada dataran rendah (pantai) O2 lebih padat. untuk keamanan dan keselamatan. membutuhkan BBM lebih banyak. buka INJECTOR berbeda. Crankshaft Sensor Memberi masukan ke ECU posisi dan kecepatan putaran mesin. memainkan gas di lampu merah dibanding kecepatan 90km/jam. Vehicle-down Sensor Memberi masukan ke ECU kondisi sepedamotor. 10. hanya langkah hisap yang membutuhkan buka INJECTOR. IGNITION. 12. Fuel Injector / Injector Gerbang akhir dari BBM yang bertekanan. 9. jika motor terjatuh dengan kondisi mesin hidup maka ECU akan menghentikan kerja FUEL PUMP. 11. Throttle Sensor Memberi masukan ke ECU posisi dan besarnya bukaan aliran udara. Speed Sensor Memberi masukan ke ECU kondisi kecepatan sepedamotor. putaran tinggi membutuhkan buka INJECTOR yang lebih cepat.Memberi masukan ke ECU kondisi tekanan udara yang akan masuk ke mesin. membutuhkan BBM lebih banyak. membuka dan menutup berdasarkan perintah dari ECU. udara bertekanan (pada tipe sepedamotor ini hulu saluran masuk ada diantara dua lampu depan) O2 lebih padat.

sehingga campuran ideal antara bensin dan udara akan terpenuhi sesuai dengan kondisi beban dan putaran mesin. kinerja mesin lebih maksimal (optimal engine performance). Generasi terbaru EFI dikenal dangan sebutan Engine Management System (EMS). Bensin dengan tekanan tertentu (2-4 kali tekanan dalam sistem karburator) telah dibangun oleh pompa bensin elektrik dalam sistem dan siap diinjeksikan melalui injektor elektronik. beberapa produsen kendaraan di Indonesia telah lama mengaplikasikan Mesin EFI (Electronic Fuel Injection) pada produknya. Selanjutnya ECU menentukan jumlah bahan bakar yang harus masuk ke dalam silinder mesin. . Selanjutnya bensin masuk ke mesin melalui lubang jet dalam ruang venturi (ruang untuk menambah kecepatan aliran udara masuk ke mesin). Sehingga jumlah bensin yang masuk tergantung pada kecepatan aliran udara yang masuk dan besar lubang jet. kemudian informasikan ke ECU (Electronic Control Unit). menggantikan sistem karburator. termasuk merek Astra Group. yang mengontrol sistem bahan bakar sekaligus juga mengatur sistem pengapian (duration. bensin dari tangki disalurkan ke ruang pelampung dalam karburator melalui pompa bensin (mekanis/elektrik) dan saringan bensin. bensin diinjeksikan ke dalam mesin menggunakan injektor dengan waktu penginjeksian (injection duration and frequency) yang dikontrol secara elektronik. timing. Mesin EFI adalah mesin yang dilengkapi piranti EFI atau Elecronic Fuel Injection.7 gram udara masuk diinjeksikan 1 gram bensin dan disesuaikan dengan kondisi panas mesin dan udara sekitar serta beban kendaraan. pengendalian/pengoperasian mesin lebih mudah (easy handling).Seperti diketahui. serta emisi gas buang lebih rendah (low emissions). apa kelebihannya. and frequency of ignition). Namun kita yang masih awam barangkali hanya sedikit tahu tentang apa itu EFI. Injeksi bensin disesuaikan dengan jumlah udara yang masuk. Lantas bagaimana prinsip kerja sistem EFI? Jumlah aliran/massa udara yang masuk ke dalam silinder melalui intake manifold diukur oleh sensor aliran udara (air flow sensor). Idealnya untuk setiap 14. memperpanjang umur/lifetime dan daya tahan mesin (durability). Pada karburator. Tujuan pengaplikasian sistem EFI adalah meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar (fuel efficiency). Pada EFI.

Kemudian. beban kerja mesin dan kondisi lingkungan (suhu dan tekanan) yang variatif akan memerlukan pengaturan relatif kompleks. Campuran ideal siap dibakar. Sebuah Luxury Crossover SUV yang kabarnya menjadi pionir di kelasnya. Sistem EFI lebih mampu mengatasi kondisi variatif ini secara optimal dibandingkan sistem karburator Intip Fitur-Fitur Hebat di lexus RX350 Pasar mobil premium kembali ramai. pembakaran tidak sempurna. Jika perbandingan udara dan bahan bakar tidak ideal (tidak dikendalikan) menjadikan bensin boros pada campuran yang terlalu banyak bensin. mengapa campuran bensin dan udara harus dikendalikan? Kalau tidak dikendalikan. Kerusakan mesin pada jangka pendek maupun jangka panjang lebih cepat terjadi. akibatnya emisi gas buang berlebihan dan tenaga tidak optimal karena energi kinetis yang dihasilkan pun tidak maksimal. Kali ini datang dari Lexus RX350. akan menimbulkan kerugian.ECU akan mengatur lama pembukaan injektor. sehingga bensin yang masuk ke dalam pipa saluran masuk (intake manifold) melalui injektor telah terukur jumlahnya. Bensin dan udara akan bercampur di dalam intake manifold dan masuk ke dalam silinder pada saat langkah pemasukan. Seperti apa sih kehebatan sang pionir ini? . Selain itu. Kemudian.

Bila selama ini mungkin Anda menganggap Lexus RX sama dengan Toyota Harrier.Lexus Seri RX diklaim sebagai pionir dalam segmen Luxury Crossover SUV. Bentuk muka masih mengandalkan grill trapesium terbalik seperti generasi sebelumnya. lebar 1. gagah. kendaraan sang pangeran juga harus punya kemampuan menerjang semua medan jalan.700 rpm. maka hal itu hilang pada RX350 ini.770 mm." ungkap Johnny. daya sebesar 277 ps pada 6. Saat itu yang hadir RX300. desain lampu kristal membuat bagian ini terlihat lebih seksi dari sebelumnya.32 pada kecepatan 245 km/jam. Meski sosoknya besar. Lexus hanya memerlukan waktu setahun untuk dapat duduk di posisi 3 besar kendaraan premium Nasional. namun glamor bak kendaraan kerajaan sangat melekat pada RX350. Sejak dikenalkan pertama kali di Indonesia melalui Lexus Indonesia pada 2007.3 kgm pada 4. Sangat menggoda bagi siapa saja yang melihat.885 mm. dan tinggi 1. ini menampakkan ciri khas model RX.5 liter V6 DOHC Dual VVT-i dengan transmisi otomatis multi-mode 6 tingkat kecepatan. Walau begitu. maka Lexus menambahnya dengan kesan kemewahan dan glamor. "All New Lexus RX350 ini diharapkan dapat meneruskan keberhasilan generasi sebelumnya.690 mm. Meski target marketnya segmen terbatas. Begitu pula tarikan garis bodi melengkung pada mobil dengan panjang 4. Sukses mendongkrak penampilan. Indonesian Lexus Principal. Seri RX mendapat perhatian yang sangat baik di pasar kendaraan premium Tanah Air. Akibatnya. Jika crossover maupun SUV lain menghadirkan hanya dari sisi kehebatan mesin. namun faktor aerodinamis tetap diperhatikan oleh Lexus. namun diakui Johnny Darmawan. tetap tampil gagah dengan balutan velg aluminium 19 inci dan ban ukuran 235/55.200 rpm dan torsi maksimum sebesar 35. Di sisi belakang. Karena itu RX350 dibekali mesin 3. Kesan tegap. Hal ini terbukti dari pencapaian uji coba aerodinamika Shinkansen yang menghasilkan tingkat coefficient of drag sebesar 0. sanggup dihasilkan SUV mewah ini. .

menghasilkan tampilan mewah dan ekslusif. MPV yang mengambil platform Daihatsu Grand Max ini memiliki kapasitas 8 penumpang. dan ditujukan buat kalangan keluarga mapan menengah atas.” ujar Suparno Djasmin. Body Luxio berbentuk boxy dengan long wheel-base yang membuatnya stabil. diakomodasi lewat Elegant Sliding Door di kedua sisi. amat pantas jika Lexus RX dianggap sebagai pionir Luxury Crossover SUV. Mobil yang ditargetkan terjual 1. Traction Control (TRAC). “Kehadiran Daihatsu Luxio semakin melengkapi jajaran produk Daihatsu. Kami ingin menghadirkan suatu kesempurnaan baru untuk berbagai aktifitas keluarga Indonesia. . VVT-i yang sama dengan mesin Terios yang sudah teruji dan irit.500cc. Daihatsu Luxio didesain dengan konsep “New Generation Luxury Wagon Style”. dan bonnet depan yang sedang trendy. desain front grille. hingga penggunaan 10 airbags di kabin. Dengan melihat semua kelebihan yang dimilikinya ini. Penggunaan Double Wedge Windows pada kedua sisi Luxio serta retractable mirror sewarna body akan mempermudah pengemudi melipat spion saat melewati jalan kecil atau parkir di tempat sempit. CEO PT AI-DSO.Sederet fitur teknologi tinggi juga sudah dijejalkan pada mobil seharga Rp1. Sementara itu. Brake Assist.000 unit/bulan ini mengusung mesin 3SZ-VE 1. Luxio. Adaptive Front-lighting System (AFS). Hal ini dapat terlihat dari tampak depan yang menggunakan lampu dual multireflector. Dilengkapi dengan turning lamp LED sehingga lebih terlihat saat hendak berbelok. MPV Lux 8 Penumpang PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meluncurkan Daihatsu Luxio kemarin di Jakarta (26/2). Hill-start Assist Control. Vehicle Stability Control (VSC). Semuanya difungsikan guna meningkatkan pengendalian agar lebih dinamis dan aman. Sebut saja misalnya ABS.1 miliar ini. Vehicle Dynamic Integrated Management (VDIM). kenyamanan penumpang saat keluar masuk. DOHC.

X MT dan X AT. Semuanya semakin menguatkan kesan mewah dan elegan di dalam kabin. Sonic Blue (Luxio D. Sementara untuk varian dengan optional ABS ada tambahan harga Rp 3 juta. sekaligus memberikan kenyamanan ekstra. Luxio D dibanderoli harga Rp 136 juta. kendaraan ini dilengkapi dengan AC double blower (tipe M & X). Luxio menyediakan 30 buah ruang penyimpanan barang yang mudah diakses dari bagian depan sampai belakang kendaraan. Interior Daihatsu Luxio mengaplikasi 2-tone color pada dasbor. Kabinnya memungkinkan seorang anak berganti pakaian sambil berdiri di dalamnya dan mudah untuk akses ke baris ke-3. dan console box yang unik. tersedia optional fitus ABS. meter combination yang elegan.Interior Daihatsu Luxio memiliki ruang kabin yang luas dan tinggi 1. Daihatsu Luxio juga dilengkapi suspensi terbaru dan new stabilizer. . under seat tray. Midnight Black (Luxio D. cargo net. dan Luxio AT Rp 162 juta. Semua ini didesain untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda dari setiap anggota keluarga. headrest di semua kursi. Luxio M. Desain lantai yang rendah juga berperan mendukung kestabilan kendaraan. Semuanya banderol tersebut adalah harga on the road (OTR) DKI Jakarta. front console box. Dari sisi safety. M. dan Meteor Grey (Luxio M. Daihatsu Luxio hadir dalam 4 varian.288 mm. Sand Gold (Luxio M. Khusus untuk varian M dan X. dan double din audio set.300 mm serta panjang 1. Crypton Green (Luxio M. Luxio M Rp 146 juta. Luxio M M/T dan A/T). dan cargo tray. Luxio M M/T dan A/T). safety belt juga terpasang pada semua kursi penumpang hingga baris ketiga. yakni D. Luxio M M/T dan A/T) Untuk harga. Luxio M M/T dan A/T). arm rest di baris ke-2 dan ke-3. Daihatsu Luxio didukung juga High Intensity Discharge (HID) headlamp yang memberikan pencahayaan lebih terang. Luxio M M/T dan A/T).Perangkat-perangkat lainnya. Selain itu. Daihatsu Luxio memberikan 6 pilihan: Classic Silver (Luxio D. Luxio M. Luxio M M/T dan A/T). sliding seat di baris ke-2 (tipe M & X). Sementara dari segi kelengkapan. in-dash transmission. Daihatsu Luxio didukung fasiliras Anti-lock Breaking System (ABS) pada varian M dan X. wooden panel center cluster (tipe X). Luxio X MT Rp 151 juta. Luxio M.