You are on page 1of 13

LAPORAN PRAKTIK LABORATORIUM KLINIK KEPERAWATAN KOMUNITAS

I TENTANG RUMAH SEHAT DI DUSUN PARE 2 SIDOREJO GODEAN DI
WILAYAH KERJA PUSKESMAS GODEAN II

Disusun oleh :

Endang Sunarni

P07120112057

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN YOGYAKARTA
JURUSAN KEPERAWATAN
2015

Kp. 5. Dalam laporan ini. dapat terselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya. SKM. .KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan berkah dan karunia-Nya.Kep selaku pembimbing lapangan yang telah banyak memberi bimbingan. Penulis menyadari bahwa dalam penulisan laporan ini masih banyak kekurangan. Wahyu Ratna. S. 2. 6. MS selaku direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk menyusun laporan ini. 4. penulis mengucapkan terimakasih kepada : 1.Godean. Kepala Desa Sidorejo. Laporan ini disusun untuk memenuhi tugas Praktik Laboratorium Klinik Keperawatan Komunitas I. Kecamatan Godean 7. Semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu-persatu.Sc selaku ketua jurusan keperawatan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk menyusun laporan ini. M. sehingga penulisan laporan dengan judul “Laporan Praktik Laboratorium Klinik Keperawatan Komunitas I tentang rumah sehat di dusun Pare 2 Sidorejo.Kes selaku pembimbing dalam praktik laboratorium klinik keperawatan komonitas I. Sri Mumpuni. Abidillah Mursyid. Oleh karena itu penulis menerima saran dan kritik dari pembaca yang bersifat membangun. yang telah banyak memberi bimbingan. 3. SKM. Tri Prrabowo. terima kasih banyak atas segala bantuan dan dukunganya. M. Dr Desi Arijadi Kepala Puskesmas Godean II yang telah membantu dalam memberikan tempat untuk menyelesaikan laporan ini. Amd. Penulis berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa jurusan keperawatan pada umumnya dan penulis khususnya.Sleman”.

saling mengenal serta mempunyai minat dan interest yang sama. area atau lokasi yang sama dimana mereka tinggal. 2007). Komunitas adalah kelompok sosial yang tinggal dalam suatu tempat. ditujukan kepada individu keluarga dan masyarakat baik sehat maupun sakit mencakup siklus hidup manusia (Riyadi. 2009). sikap. Rumah dapat dikatakan sebagai pusat kesehatan keluarga karena: . social dan spiritual secara komprehensif. Pembelajaran di lapangan mata kuliah Keperawatan Komunitas I merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses belajar mengajar. Asuhan keperawatan yang dipelajari pada mata kuliah ini adalah asuhan keperawatan pada masyarakat dan pada kelompok khusus. Kesehatan lingkungan menurut WHO merupakan bagian dari ilmu kesehatan masyarakat yang menitik beratkan pada pengaturan atau pengendalian semua faktor yang ada pada lingkungan manusia yang diperkirakan ada hubungan dengan kesehatan dan kelangsungan hidup manusia. 2007).BAB I PENDAHULUAN A. kelompok sosial yang mempunyai interest yang sama (Riyadi. Keperawatan komunitas ditujukan untuk mempertahankan dan meningkatkan kesehatan serta memberikan bantuan melalui intervensi keperawatan sebagai dasar keahliannya dalam membantu individu. keluarga. dan keterampilan yang telah diperoleh di pendidikan. Komunitas adalah kelompok dari masyarakat yang tinggal di suatu lokasi yang sama dengan dibawah pemerintahan yang sama. psikologi. Peserta didik akan memperoleh pengalaman praktik keperawatan komunitas I di Puskesmas Godean II agar dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan.Mata kuliah Keperawatan Komunitas I menguraikan tentang keperawatan komunitas dengan menggunakan pendekatan proses keperawatan. saling berinteraksi satu sama lain. kelompok dan masyarakat dalam mengatasi barbagai masalah keperawatan yang dihadapinya dalam kehidupan sehari-hari (Efendi. Latar Belakang Keperawatan adalah suatu bentuk pelayanan professional sebagai bagian integral pelayanan kesehatan berbentuk pelayanan biologi.

yaitu: 1. Mampu mengidentifikasi Standart Indikator Rumah Sehat di Kabupaten Sleman. Rumah sehat yang diajukan oleh Winslow harus memenuhi 4 kriteria. 2. c.00 WIB. Rumah yang ideal adalah sehat. untuk itu rumah dan pengaturannya harus memenuhi syarat-syarat kesehatan. Rumah merupakan tempat untuk mendapatkan kesenangan. Mampu menganalisis kriteria rumah sehat berdasarkan indikator/format yang ada. Harus dapat menghindarkan terjadinya kecelakaan 4.30 sampai dengan pukul 14.a. C. b. Rumah merupakan tempat berkumpulnya anggota-anggota keluarga dan saling berhubungan b. Harus dapat menghindarkan terjadinya penyakit B. Harus memenuhi kebutuhan fisiologis 2. D. d. Waktu Praktik laboratorium klinik mata kuliah keperawatan komunitas I di Puskesmas Godean II dilaksanakan selama 4 hari pada hari Rabu. Tujuan umum praktik Untuk mengetahui kesesuaian keadaan rumah warga Dusun Pare 2 Sidorejo Godean Sleman dengan indikator Rumah Sehat. kecintaan dan mendapatkan kebahagiaan Itulah sebabnya kesehatan harus dimulai dari rumah. efisien dan murah. Tujuan khusus praktik a. Untuk mengetahui keadaan rumah warga di Dusun Pare 2 Sidorejo Godean Sleman dengan indikator Rumah Sehat. Dapat mengkategorikan Rumah Sehat dan Rumah Tidak Sehat sesuai dengan indikator. Tujuan Praktik 1. Harus memenuhi kebutuhan psikologis 3. 17 Januari 2014 pukul 07. Tempat .14 Januari 2014 sampai dengan Sabtu.

tidak lembab 4. bersi dan tidak rawan kecelakaan. tinggi > 2. 90 m2 Komponen rumah 1.Sleman). Jendela 6. 2. Hasil identifikasi tersebut kemudian dilaporkan dalam bentuk makalah laporan. Langit-langit >50% luas rumah. Proses Mahasiswa praktikan diberi pengarahan dan bimbingan oleh pembimbing pendidikan dan pembimbing lapangan.Puskesmas Godean II dan rumah warga Dusun Pare 2 Sidorejo . Lantai Kedap air. F. sirkulasi udara lancar.Godean . Item pemeriksaan Persyaratan minimal Umum 1. Ventilasi (alam/buatan) Ada setiap ruangan tidur. bersih. Dinding Kuat. Indikator rumah sehat dari kabupaten Sleman : No.Sleman E. lokasi/letak Tidak di daerah rawan bencana ata kecelakaan.Godean. Pintu/daun pintu 7. A. Luas lahan B. Atap Tidak bocor 2. Standar / Indikator Rumah Sehat 1. ventilasi alam . tidak lembab 5. luas 10% da luas ruangan dan 50% dapat dibuka Ada di setiap ruangan Ada.75 m. Kemudian mahasiswa praktikan melakukan identifikasi rumah sehat di wilayah kerja Puskesmas Godean II (Dusun Pare 2 Sidorejo. 3.

Kepadatan penghuni > 8 m2 per orang 11. dapur. luar rumah ada luban . jauh dari sumber a bersih 4. kedap air. 2. Lubang asap dapur Ada 10. Pencahayaan Di setiap ruangan cukup terang. Jamban Ada. 3m kebawah da jeramba juga sudah kedap ai pembuangan limbah ± 10m dari sumu tidak ada genangan air disekitar sumu sumur diberi atap dan ember yan tergantung. Pengaturan ruangan Ada ruang tamu. Sarana Pembuangan Sampah/Dalam rumah ada tempat sampah d Tempat Sampah. Tida mencemari air permukaan (sungai da kolam). dapa untuk membaca huruf koran denga normal 9. PMA) disekeliling sumur. Sarana sanitasi lingkungan 1. Bor. milik sendiri. mencemari air tanah. minimal. lantainya sudah d semen dan kedap air. 3. memenuhi digunakan oleh syara anggot keluarga. Sarana air bersih (SGL. dapu KM/WC dan gudang C. Bibir sumur dikelilingi tembok tinggi 1m PAM. ruang tidur. Sarana pembuangan air limbahTidak rumah tangga.dilengkapi dengan kasa nyamuk 8.

Harus cukup mendapatkan pertukaran hawa (ventilasi) 4. baik terhadap suara-suara yang berasal dari luar maupun dalam. Kandang ternak (jika ada) Terpisah dari rumah. b. tidak satu dinding.sampah/tempat penampungan sampa sementara Ada. 3. Harus cukup mendapat penerangan Harus cukup mendapatkan penerangan baik siang maupun malam hari. 2. 5. Drainase 6. 2. Pertukaran hawa yang cukup menyebabkan hawa ruangan tetap segar. Harus cukup mempunyai isolasi suara 6. Rumah sehat menurut Winslow Rumah sehat yang diajukan oleh Winslow : a. Keadaan rumah dan sekitarnya. Harus memenuhi kebutuhan fisiologis 1. pergerakan udara. menuntaskan air hujan 5. Serangga dan binatangPenampungan air bebas jentik pengganggu 7. cara pengaturannya harus memenuhi rasa keindahan sehingga rumah tersebut menjadi pusat kesenangan rumah tangga yang sehat. . Diusahakan agar ruangan-ruangan mendapatkan sinar matahari terutama pagi hari. Suhu ruangan Suhu ruangan harus dijaga kelembaban udara. Dinding ruangan harus kedap suara. suhu benda-benda sekitar. Harus memenuhi kebutuhan psikologis 1.

Adanya jaminan kebebasan yang cukup. kolam dan tempat-tempat lain terutama untuk anak-anak 3. cukup kualitas maupun kuantitas 2. 3. bagi setiap anggota keluarga yang tinggal di rumah tersebut. Harus cukup luas. lalat. Harus dapat menghindarkan terjadinya penyakit 1. Harus dapat menghindarkan terjadinya kecelakaan 1. Harus ada tempat pembuangan kotoran. konstruksi rumah dan bahan-bahan bangunan harus kuat sehinga tidak mudah ambruk 2. adanya alat pemadam kebakaran terutama yang mempergunakan gas d. sampah. diusahakan agar tidak mudah terbakar 4.2. Adanya sumber air yang sehat. Luas kamar tidur ± 5 m2 per kapita per luas lantai. Untuk tiap anggota keluarga. Harus ada ruangan untuk hidup bermasyarakat. air limbah yang baik 3. tikus dan sebagainya 4. . nyamuk. sarana pencegahan terjadinya kecelakaan di sumur. terutama yang mendekati dewasa harus mempunyai ruangan sendiri-sendiri sehingga privasinya tidak terganggu 4. Harus dapat mencegah perkembangbiakan vektor penyakit seperti. jadi harus ada ruang untuk menerima tamu c. Harus ada ruangan untuk menjalankan kehidupan keluarga dimana semua anggota keluarga dapat berkumpul 5.

bersih √ dan tidak rawan kecelakaan Kuat dan tidak lembab √ √ Kedap air. Atap 2. lantainya sudah di semen dan kedap air. Pencahayaan 9.BAB II HASIL DAN PEMBAHASAN A. Bp. lokasi/letak Tidak di daerah rawan bencana atau√ 2. A B Kecamatan : Godean Desa : Sidorejo Dusun : Pare 2 Nama KK : 1. Pengaturan ruangan C Hasil Persyaratan minimal √ Tidap bocor >50% luas rumah. Luas lahan kecelakaan.Hadi Item pemeriksaan M T Umum 1. Ventilasi (alam/buatan) 8. Langit-langit 3. luas 10% luas √ ruangan dan 50% dapat dibuka √ Ada di setiap ruangan Ada. Kepadatan penghuni 11. 90 m2 √ Komponen rumah 1.tidak lembab Ada disetiap ruang tidur.bersih. PMA) disekeliling sumur. Hasil No. Dinding 4. Jendela 6. ruang tidur. Lubang asap dapur 10. dapur. Sarana air bersih (SGL. Lantai 5. tinggi 2. Bor. Pintu (daun pintu) 7. √ √ √ kamar mandi/WC dan gudang √ Sarana sanitasi lingkungan 1. pembuangan limbah ± 10m dari sumur. dapat √ membaca huruf koran dengan normal Ada > 8m2 per orang Ada ruang tamu. 3m kebawah . sirkulasi udara akan tetapi belum √ dilengkapi kasa nyamuk Di setiap ruang cukup terang.75 m. Bibir sumur dikelilingi tembok tinggi 1m PAM.

kedap air.Hadi terletak di pinggir jalan kecil dan berbatasan dengan dan rumah warga lainnya. Ibu Margo Wiyono a. dan binatang pengganggu Kandang ternak (jika ada) √ Ada dan dapat menuntaskan air hujan √ Penampungan air bebas jentik √ Terpisah dari rumah. SPAL Rumah tangga kolam). jauh dari sumber air √ bersih Dalam rumah ada tempat sampah di dapur. Pembahasan 1. Drainase 6. sumur diberi atap dan ember yang tergantung. milik sendiri. tidak ada genangan air disekitar sumur. Sarana 5. Lokasi rumah Rumah Bp. memenuhin syarat 2. luar rumah ada lubang pembuangan sampah/tempat penampungan sampah sampah/Tempat sampah sementara 4. b. Lokasinya relatif aman karena tidak terletak di daerah rawan bencana atau kecelakaan. Tidak mencemari air permukaan (sungai dan 3. digunakan oleh semua √ anggota keluarga Tidak mencemari air tanah. Jamban minimal . Serangga 7. Luas lahan .dari jeramba juga sudah kedap air. Ada. tidak satu dinding √ B.

nampak bersih. . f. Atap Atap rumah Bp. Pintu/ daun pintu Tidak terdapat pada setiap ruangan. 1 gudang dan 1 kamar tamu. Lantai Lantai pada area dapur masih berupa tanah. terdapat genting kaca pada dapur.beberapa ruangan menggunakan gorden sebagai pengganti pintu i. Tinggi atap ± 2.Hadi terdapat lubang untuk mengeluarkan asap l. tidak ada sarang laba-laba. e. 1 kamar mandi. sirkulasi udara lancar dan tidak dilengkapi dengan kasa nyamuk.Hadi kokoh dan tidak lembab. Pencahayaan Pencahayaan di rumah Bp. g.75 m2.Hadi ±50% dari luas rumah. Ventilasi alam/ buatan Ventilasi di rumah Bp.Hadi cukup baik. 1 dapur. Dinding Dinding rumah Bp.dan terdapat jendela yang terbuka pada setiap ruaangan sehingga jika siang hari dapat digunakan untuk membaca koran tanpa penerangan tambahan. Terdapat genting yang berlubang. Langit-langit Langit-langit rumah Bp.Hadi cukup baik.Hadi terdiri dari 3 kamar tidur. Kepadatan penghuni Rumah Bp.Luas lahan rumah Bp. h. k.Hadi dihuni oleh 7 orang dengan luas bangunan ±100m2.Lantai pada bagian rumah lainnya berupa keramik dan semen. Jendela Terdapat jendela di setiap ruangan dan jendela pada rumah setiap hari dibuka. d. c.hadi pada area dapur ada yang berlubang. Lubang asap dapur Dapur milik Bp. Pengaturan ruangan Ruangan di rumah Bp. j.Hadi sekitar 100 m2.tidak kedap air dan tampak lembab. m.

Kesimpulan Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan terhadap rumah milik Bp. air diambil menggunakan pompa. Sarana air bersih Sumber air di rumah Bp. Jamban Rumah Bp.Drainase Terdapat talang hujan di atap rumah Bp. SPAL rumah tangga Saluran pembuangan air limbah di rumah Bp. o.Hadi menggunakan sumur dengan kedalaman ±10 meter.Hadi Rumah tersebut ke dalam kategori rumah tidak sehat karena belum memenuhi 100% indikator minimal rumah sehat Kabupaten Sleman.Hadi aspek yang tidak memenuhi rumah sehat yaitu atap. lantai.n. Di rumah Bp. . bak air pada WC tampak bersih karena dibersihkan tiap 2 hari sekali . WC yang digunakan yaitu WC jongkok p.Hadi terdapat 1 WC milik sendiri.Hadi berupa pipa sepanjang 10 meter dan dialirkan ke belakang rumah. luar rumah tempat untuk membuang sampah namun tidak dibuatkan lubang dan tidak diberi penutup sehingga sampah tampak berserakan r. . Kandang ternak Bp.Hadi sehingga dapat menuntaskan air hujan.Hadi mempunyai ternak yaitu ayam yang letaknya berada di belakang rumah BAB III KESIMPULAN DAN SARAN A. dan pintu. t. Air tampak jernih dan juga bersih. q. s. Serangga dan binatang pengganggu Tidak terdapat jentik-jentik di semua bak maupun tempat penampungan air. Sarana pembuangan sampah/ tempat sampah Dalam rumah ada tempat sampah di dapur.

Tidak terdapat pada setiap ruangan.Atap rumah Bp. 2. . 3. Bagi praktikan Sebaiknya praktikan memanajemen waktu dengan baik sehingga penggunaan waktu antara pengumpulan data dan penulisan laporan dapat digunakan secara optimal. Lantai pada area dapur masih berupa tanah. Saran 1. Bagi puskesmas Sebaiknya puskesmas mensosialisasikan indicator rumah sehat Kabupaten Sleman kepada masyarakat karena sebagian besar masyarakat tidak mengetahui aspek-aspek apa saja yang termasuk dalam rumah sehat. 4.beberapa ruangan mengguna-kan gorden sebagai pengganti pintu. Bagi institusi pendidikan Sebaiknya waktu untuk praktik Keperawatan Komunitas 1 diperpanjang.tidak kedap air dan tampak lembab.Lantai pada bagian rumah lainnya berupa keramik dan semen. karena waktu 4 hari dirasa kurang untuk memperoleh data yang lengkap. B. Bagi warga Sebaiknya warga lebih memperhatikan kondisi rumah dan aspek-aspek yang terdapat di indikator rumah sehat sehingga dapat terwujud rumah sehat yang baik untuk dihuni. Terdapat genting yang berlubang. Selain itu puskesmas sebaiknya juga melaksanakan pemeriksaan rumah sehat secara berkala sehingga menjadi motivasi warga untuk memiliki ruah sehat.hadi pada area dapur ada yang berlubang.